57 Kuliner Malam Jogja Yang Terkenal Enak Dan Murah Meriah

0 12,893

Kuliner Malam Jogja – Sobat traveler, berikut ini daftar rekomendasi tempat wisata kuliner malam hari di Jogja yang terkenal enak dan wajib dicoba. Dari mulai makanan tradisional legendaris khas Yogyakarta hingga menu kekinian, ada semua disini. Soal harga tak usah kuatir, Anda tinggal pilih sesuai budget, mau yang murah meriah harga kaki lima atau pun bintang lima, ada semua di sini.

Menjelajahi aneka wisata Jogja tentu belum lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya bukan? Ada banyak sekali tempat makan enak yang bisa Anda kunjungi, baik saat pagi, siang, atau pun malam hari. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi tentang kuliner enak malam hari di Kota Gudeg.

Namun, sebelumnya perlu saya jelaskan bahwa review kuliner ini saya tujukan untuk kalangan umum. Jadi, bagi Anda yang muslim, wajib memilih makanan halal ya! Kalau perlu, tanya dulu ke penjualnya apakah ada sertifikat halalnya dari MUI. Kira-kira, ada makanan enak apa saja ya? Yuk, simak ulasannya berikut!

Kuliner Malam Jogja
Ilustrasi Tempat Wisata Kuliner Malam Di Jogja Yang Enak Dan Murah Meriah

Daftar Kuliner Malam Jogja Yang Terkenal Enak Dan Murah Meriah

1. Soto Sampah

Kita awali review kuliner malam Jogja kali ini dengan mengulas Soto Sampah. Warungnya memang tampak sederhana, hanya berupa tenda kaki lima pinggir jalan. Tapi, racikan sotonya benar-benar enak menggoyang lidah. Harganya juga murah meriah banget lho, sekitar 8 ribu rupiah per porsinya.

Seporsi soto di sini berisi nasi putih, bihun, kobis, kecambah, seledri, bawang goreng, lalu disiramkan dengan kuah segar nan gurih kaya akan bumbu rempah. Untuk lauk, tersedia sate ati, sate usus, telur dadar, gorengan, dan lainnya. Mengingat soto ini begitu lezat, pantas rasanya memasukkannya ke dalam list soto paling enak di Yogyakarta.

Buat Anda yang suka makan banyak, sepertinya harus pesan ekstra double karena porsi sotonya tak terlalu banyak. Lokasi warung Soto Sampah terletak di Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka sekitar pukul 20.00 – Habis.

2. Wedang Ronde Lek Dhie

Wedang ronde nampaknya sudah melekat banget dengan Kota Yogyakarta. Minuman hangat ini memang pas disantap saat malam hari atau pun cuaca dingin. Seperti halnya gudeg dan angkringan, ada banyak sekali penjual wedang ronde enak di Jogja yang bisa Anda temui setiap malam. Satu diantaranya adalah Wedang Ronde Lek Dhie.

Wedang ronde racikan Lek Dhie berisi kolang kaling, potongan roti tawar, candil, kacang tanah goreng, dan kuah jahe hangat kaya rempah. Rasanya begitu lezat dan bikin hangat tubuh, pas banget buat pengusir dingin. Harga seporsinya pun murah meriah, sekitar 8 ribu rupiah.

Lek Dhie orangnya ramah dan milenial banget, dia memakai laptop untuk memutar musik dangdut dari Youtube. Asyik banget bukan? Lokasi Wedang Ronde Lek Dhie cukup dekat dengan kawasan Jalan Malioboro, tepatnya di Jl. Dagen No.7-12, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 17.00 – 00.00 WIB.

3. Nasi Campur Teri Gejayan

Bingung mencari tempat makan enak dan murah di Jogja? Datang saja ke warung pinggir jalan Nasi Campur Teri Gejayan. Di sini, Anda bisa makan sepuasnya dengan pilihan aneka lauk dari mulai teri, tahu, tempe, telur, gorengan, hingga petai. Harganya pun nyaman dikantong mahasiswa / pelajar, sekitar 10 – 15 ribu rupiah (tergantung lauk).

Nasi Campur Teri Gejayan berlokasi di Jl. Affandi (dulu bernama Jl. Gejayan) No.5, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai malam hari pukul 21.00 – 03.30 WIB. Hampir setiap malam, warung ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Biasanya, mereka duduk lesehan di trotoar atau emperan toko.

4. Nasi Goreng Papua Mbak Amel

Nah, kalau kuliner malam Jogja yang satu ini, wajib banget deh dikunjungi buat anak-anak kos / pelajar / mahasiswa. Pasalnya, makanan di sini punya porsi banyak banget dengan harga murah meriah. Bisa dibilang porsi kuli atau super jumbo. Namanya, Nasi Goreng Papua Mbak Amel.

Warung nasgor kaki lima ini menyediakan nasi goreng, capcay rebus / goreng, dan bakmi rebus / goreng. Mengingat porsi makanannya yang ekstra banyak, maka Anda bakalan membutuhkan waktu lebih lama untuk menghabiskannya.

Saran saya, sebelum datang ke sini, sebaiknya kosongkan dulu isi perut Anda. Tapi, bisa juga dibungkus kalau misalnya tak mampu menghabiskannya langsung. Harga dibanderol sekitar 12 – 15 ribu rupiah per porsi. Pas banget buat tempat makan saat tanggal tua alias isi dompet sedang menipis.

Alamat Nasi Goreng Papua Mbak Amel terletak di Jl. Godean No.2, Kembang, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Mirota Godean Ke Barat Sedikit Di Depan / Halaman Ruko-Ruko). Jam buka mulai pukul 16.30 – 00.00 WIB.

5. Lumpia Lestari Mataram

Selain Lumpia Samijaya, ada satu lagi lumpia enak di Jogja yang wajib dicoba, yaitu Lumpia Lestari Mataram. Seporsi lumpianya berisi rebung, wortel, bumbu, dan toping tambahan seperti daging ayam, uritan, ati, ampela, telor puyuh, atau udang sesuai pesanan.

Walaupun hanya berjualan memakai gerobak, namun rasa lumpianya benar-benar lezat. Sekali gigit, sepertinya bakal membuat Anda ketagihan ingin nyoba lagi. Kulit lumpianya cukup renyah, isiannya pun melimpah, pas banget buat camilan saat malam hari. Harganya pun murah meriah sekitar 4 – 7 ribu rupiah per buah (tergantung toping isian).

Lokasinya berada di Jl. Urip Sumoharjo (NB : dikenal juga dengan nama Jalan Solo) No.38, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (Samping Depan Gardena / Depan Toko Stars). Jam buka mulai pukul 17.00 – 21.00 WIB.

6. Dimsum Uma Yum Cha

Dimsum Uma Yum Cha termasuk kuliner enak Jogja yang lagi hits banget dikalangan para pecinta kuliner. Kedai dimsum ini menyediakan dimsum berbahan dasar daging ayam dengan isian / toping daging asap, lobster, udang, jamur, wortel, dan kepiting.

Rasa dimsumnya bercita rasa gurih, semakin nikmat disantap bersama saos asam manis. Harganya pun ramah dikantong, sekitar 3 ribu rupiah per satuan. Kedai dimsum enak di Jogja ini hampir selalu ramai dikunjungi pembeli tiap malam, bahkan kabarnya belum buka saja sudah pada antri.

Lokasi Dimsum Uma Yum Cha terletak di dalam Pasar Condronegaran, tepatnya Jl. Kp. No.980, Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 18.00 – 21.00 WIB.

7. Warmindo Bu Siti

Menikmati kuliner malam Jogja yang enak dan murah meriah, nampaknya belum lengkap tanpa mampir ke Warmindo Bu Siti. Hidangannya memang cuma mie instant, tapi pembelinya ramai banget harus rela antri saat jam strategis.

Cita rasa mie nyemek Bu Siti cenderung manis, khas Jogja banget. Tapi, buat Anda penyuka pedas, tak usah kuatir. Anda juga bisa memesan mie dengan rasa pedas. Untuk telornya, Anda pun bisa memilih mau pakai telor ayam atau telor bebek. Tersedia lauk tambahan seperti sate ati, sate usus, sate bakso, serta gorengan.

Berbeda dengan warung indomie pada umumnya yang menyajikan mie instan dengan cara direbus lalu diberi bumbu dalam kemasan, Bu Siti memasaknya dengan tambahan bumbu sendiri dan sayuran sehingga terasa special. Harga seporsinya berkisar 10 – 18 ribu rupiah, tergantung toping dan lauk.

Lokasi Warmindo Bu Siti terletak di Jl. Sisingamangaraja No.35, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 17.00 – 02.00 WIB. Bila ingin berkunjung ke sini, sebaiknya datang pas awal buka atau agak malam untuk menghindari antrian.

8. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Ngomongin kuliner malam Jogja yang murmer tentu saja tak akan bisa lepas dengan angkringan. Warung gerobak kayu / pikulan pinggir jalan ini biasanya menjadi langganan mahasiswa / anak kost saat budget sedang menipis. Nah, salah satu angkringan Jogja paling terkenal adalah Angkringan Kopi Jos Lik Man.

Seperti angkringan pada umumnya, Angkringan Lik Man menawarkan menu dari mulai nasi kucing (nasi bungkus ukuran kecil), aneka sate-satean (sate ati, sate usus, sate telur puyuh), aneka gorengan, hingga aneka minuman panas / dingin. Namun, ada satu menu unik di sini, yaitu Kopi Joss / Kopi Jos.

Kopi Joss merupakan minuman kopi hitam yang diseduh dengan air panas, lalu dimasukkan bongkahan bara api dari arang ke dalamnya. Suara jossss pun terdengar begitu arang panas merah menyala menyentuh air kopi. Cita rasanya benar-benar khas, beda dengan kopi pada umumnya.

Lokasi warung Angkringan Kopi Jos Lik Man terletak di utara Stasiun Tugu Yogyakarta, tepatnya Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 17.00 – 03.00 WIB. Hampir setiap malam, angkringan ini selalu ramai pengunjung anak muda untuk sekedar nongkrong sambil ngobrol bareng teman-teman.

9. Angkringan Pak Jabrik

Selain Angkringan Kopi Jos Lik Man, ada satu lagi angkringan enak di Jogja yang sering dijadikan tempat nongkrong, yaitu Angkringan Pak Jabrik. Lokasinya berada di depan kantor SKH Kedaulatan Rakyat, tepatnya Jl. Margo Utomo (dulu bernama Jl. P. Mangkubumi), Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta.

Menu makanan Angkringan Pak Jabrik sangatlah beragam. Tersedia nasi kucing aneka lauk, dari mulai nasi sambal, nasi oseng tempe, nasi teri, nasi ayam balado, nasi langgi, nasi rica-rica ayam, nasi ayam lombok ijo, nasi bali, nasi goreng, nasi bandeng, nasi tuna, hingga nasi usus ayam.

Sedangkan untuk lauk, Anda bisa memilih sate usus ayam, sate bakso, sate ayam, sate keong, sate jamur, sate udang, tahu bakso, atau pun gorengan. Ada juga jajanan pasar buat camilan dan berbagai minuman hangat / es. Range harga sekitar 5 – 10 ribu rupiah, tergantung jenis dan banyaknya makanan yang Anda ambil.

Lokasinya cukup strategis, sehingga mudah ditemukan. Dari Tugu Jogja, Anda tinggal arahkan kendaraan ke arah selatan, nanti liat sisi timur jalan persis di halaman kantor redaksi Kedaulatan Rakyat. Jam buka mulai pukul 17.00 – 01.00 WIB.

10. The House Of Raminten

Buat Anda yang ingin menikmati menu angkringan dengan tempat nyaman ala restoran, bisa datang ke The House Of Raminten. Lokasinya terletak di Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Tempat makan di Jogja yang buka selama 24 jam ini menyuguhkan aneka menu makanan enak, dari mulai sego kucing (baca : nasi kucing) ala angkringan, sego liwet, sego gudeg, sego goreng, pecel Raminten, bakmi jawa, ayam koteka, tempe, telur, garang asem, mangut lele, pepes telur asin, pepes ikan tuna, telur asin, hingga nasi bakar.

Minumannya pun tak kalah lezat, Anda bisa mencoba es monster, wedang uwuh, wedang serai, dan es kelapa muda jumbo. Konsep yang diusung oleh The House Of Raminten adalah budaya Jawa. Jadi, Anda tak perlu kaget bila pelayan disini memakai pakaian adat Jawa.

Baca Juga :

11. Nasi Goreng Sapi Padmanaba

Menikmati dinginnya malam udara kota Yogyakarta tentu paling pas ditemani sepiring nasi goreng. Nah, salah satu warung nasi goreng recommended yang bisa Anda kunjungi adalah Nasi Goreng Sapi Padmanaba. Kedai kaki lima pinggir jalan ini menyajikan nasi goreng sapi nan lezat.

Sepiring nasi gorengnya berisi nasi goreng, telur ceplok / mata sapi, potongan daging sapi, acar timun, emping, dan taburan bawang goreng. Saat pertama kali mencobanya, saya merasakan aroma rempah kuat, mirip nasi kebuli. Harga seporsinya dibanderol sekitar 15 – 16 ribu rupiah.

Lokasi warung Nasi Goreng Sapi Padmanaba berada di trotoar sisi selatan SMA N 3 Kota Yogyakarta. Tepatnya Jl. Yos Sudarso, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 18.00 – 00.00 WIB.

12. Nasi Goreng Sapi Depan Notaris

Satu lagi warung nasi goreng paling enak di Jogja yang tak boleh dilewatkan, yaitu Nasi Goreng Sapi Depan Notaris. Hampir sama dengan nasgor Padmanaba, sepiring nasi gorengnya berisi nasi goreng, potongan daging, acar timun, emping, telor goreng, dan taburan bawang goreng.

Rasanya benar-benar enak, kaya aroma rempah, nendang banget deh! Harganya pun lumayan murah nyaman di kantong, sekitar 13 – 16 ribu rupiah. Saking larisnya, Anda harus siap-siap antri kalau mau makan di sini. Alamatnya terletak di depan Kantor Notaris Jl. Atmosukarto No.11, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 18.00 – 22.00 WIB (Selasa tutup).

13. Nasi Goreng Kambing Samsat

Selain nasgor sapi, ada juga warung nasi goreng kambing enak di Jogja, diantaranya yaitu Nasi Goreng Kambing Samsat. Lokasinya berada di Jl. Tentara Pelajar No.28, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 17.30 – 22.00 WIB.

Berbeda dengan nasi goreng kambing pada umumnya yang dimasak sekaligus banyak, nasi goreng di sini masaknya jika ada orderan. Hal ini menjadikan rasa nasi gorengnya terasa enak dan hangat, fresh dari wajan penggorengan. Harga seporsinya berkisar 12 – 18 ribu rupiah.

14. Nasi Goreng Kambing Pak Gito

Nasi Goreng Kambing Pak Gito juga bisa dibilang recommended buat makan malam di Jogja. Hampir setiap hari, warung kaki lima ini ramai dikunjungi pembeli. Satu porsi nasi goreng racikan kedai Pak Gito berisi nasi goreng, potongan daging kambing dengan ukuran lumayan besar, telur ceplok, acar timun, dan emping.

Lokasi warung nasgor kambing Pak Gito berada di dekat kampus AA YKPN dan ATA YKPN, tepatnya Jl. Langensari No.1, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB (Kamis tutup). Range harga berkisar 13 – 16 ribu rupiah.

15. Mie Ayam Kamehame

Dari beberapa warung mie ayam Jogja tengah malam, Mie Ayam Kamehame bisa dibilang mie ayam dengan rasa paling enak. Apalagi bagi penyuka makanan pedas, di sinilah tempatnya. Pasalnya, warung pinggir jalan ini menawarkan menu mie ayam dengan level kepedasan berbeda-beda.

Untuk level pedasnya terdiri dari level 2 (cabai 12), level 4 (cabai 24), level 6 (cabai 36), dan level 10 (cabai 80). Jika tak suka pedas, Anda bisa memesan mie ayam biasa tanpa cabai / sambal. Ukuran mienya cukup besar namun terasa kenyal dan lembut saat dimakan. Kuahnya cenderung manis gurih, khas Jogja banget deh.

Lokasi Mie Ayam Kamehame terletak di trotoar / emperan toko Jalan Urip Sumoharjo No.64, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 22.00 – 03.00 WIB. Range harga 12 – 22 ribu rupiah. Jika Anda akan mampir ke sini, sebaiknya pada awal-awal jam buka karena hampir setiap malam selalu ramai pengunjung.

16. Wedang Bajigur

Selain wedang ronde, wedang bajigur juga nampaknya cocok buat menemani malam Anda di Kota Yogyakarta. Minuman khas Jawa Barat yang terbuat dari ula aren dan santan ini rasanya manis gurih. Biasanya disajikan dalam kondisi hangat dengan tambahan kolang kaling di dalamnya. Pas banget diminum saat udara dingin atau musim hujan.

Di Jogja sendiri, ada beberapa warung wedang bajigur yang bisa Anda sambangi. Satu diantaranya yaitu Wedang Bajigur milik Mas Chandra di Jl. Magelang dekat Batas Kota. Rasa wedang bajigur di sini terbilang enak, harganya pun murah meriah, seporsi 6 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 17.30 – Habis.

17. Gudeg Mbak Pirang (Gudeg Bu Mardjo)

Menjelajahi aneka kuliner malam Jogja tentu belum lengkap tanpa nyobain gudeg bukan? Makanan khas Jogja ini mudah banget ditemukan di seluruh penjuru Kota Yogyakarta, baik saat pagi, siang, atau pun malam. Nah, satu diantara penjual gudeg pedas dengan cita rasa enak adalah Gudeg Mbak Pirang (Gudeg Bu Mardjo).

Warungnya memang sederhana, hanya lesehan kaki lima pinggir jalan. Tapi, kelezatan gudegnya juara banget gaes, bintang lima! Berani deh diadu dengan gudeg lain yang sudah terkenal legendaris. Rasa gudegnya tak terlalu manis, gurih, dan maknyus. Apalagi ditambah oseng mercon pedasnya, hmmm… bikin nagih lho.

Lokasi Gudeg Mbak Pirang terletak di Jalan Magelang No.190, Karangwaru, Tegalrejo, Kota Yogyakarta (Utara Batas Kota Yogyakarta / Samping Toko Arsys Lighting). Jam buka mulai pukul 21.30 – Habis. Range harga sekitar 15 – 25 ribu rupiah.

18. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak merupakan salah satu kuliner khas Jogja khususnya daerah Pleret, Imogiri, Kabupaten Bantul. Satenya berupa sate daging kambing muda yang ditusuk memakai jeruji sepeda bukan bambu. Potongan dagingnya lebih besar dari pada sate pada umumnya. Bumbu sate ini biasanya hanya berupa sedikit garam dan merica.

Nah, dari sekian warung sate klathak enak di Yogyakarta yang legendaris, warung Sate Klathak Pak Bari lah yang bisa dibilang paling recommended. Warung sate ini semakin terkenal lantaran menjadi tempat shooting Film AADC 2. Seporsi sate klatak racikan Pak Bari berisi 2 buah tusuk sate, nasi putih, dan kuah gulai.

Meskipun ukuran potongan dagingnya cukup besar, namun tetap terasa empuk, matangnya merata hingga bagian dalam daging. Kuah gulainya juga gurih, pas banget disantap bersama sepiring nasi putih hangat. Menu makanan lain di sini antara lain sate goreng, tongseng, tongseng kicik (tongseng dengan sedikit kuah), nasi goreng, dan nasi godog.

Lokasi Sate Klathak Pak Bari berada di dalam Pasar Jejeran / Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam bukanya setiap malam hari dari pukul 18.30 – 01.00 WIB. Harga seporsi sate klathak sekitar 20 ribu rupiah.

19. Gudeg Pawon

Ngomongin gudeg Jogja yang paling enak tentu saja tak bisa dilepaskan dari Gudeg Pawon. Cita rasa gudeg basahnya sungguh lezat, apalagi daging ayam kampungnya, hmmm… empuk bikin nagih deh! Tapi, untuk mencicipi seporsi Gudeg Pawon, Anda harus siap-siap antri panjang lho!

Selain rasanya maknyus, keunikan gudeg yang menjadi ikon kuliner malam Jogja legendaris ini terletak pada cara penyajiannya yaitu langsung di dalam dapur (bahasa jawa : pawon = dapur). Jam bukanya pun terbatas hanya malam hari dari mulai mulai pukul 21.30 – 00.00 WIB. Lokasinya terletak Jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Harganya sekitar 30 – 40 ribu rupiah.

20. Serabi Bandung Kang Sena

Soerabi / Serabi termasuk salah satu kuliner Bandung dengan cita rasa enak dan gurih, pas banget disantap saat masih hangat. Nah, buat Anda warga Jogja yang ingin menikmati kue soerabi ini, tak perlu jauh-jauh pergi ke Kota Kembang, mampir saja ke warung Serabi Bandung Kang Sena Gejayan.

Meskipun hanya berupa warung tenda kaki lima pinggir jalan (baca : street food), namun varian toping serabinya sangatlah lengkap. Menu yang disediakan berupa serabi manis dan asin dengan toping dari mulai keju, susu, cokelat, nangka, pisang, durian, taro, tiramisu, lemon, green tea, abon, telur, oncom, sosis, ayam, jagung, kornet, dan beef.

Lokasi kedai Serabi Bandung Kang Sena terletak di Jl. Affandi (dulu bernama Jl. Gejayan) No.20, Soropadan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai setiap malam hari mulai pukul 18.00 – 23.00 WIB. Range harga sekitar 6 – 18 ribu rupiah (tergantung toping).

Baca Juga :

21. Martabak KumKum

Bingung mencari kedai martabak enak di Jogja untuk camilan malam hari? Datang saja ke Martabak KumKum. Kedai martabak hits kekinian ini menawarkan menu martabak / terang bulan manis dan martabak telor.

Pilihan topingnya cukup banyak, untuk martabak manis tersedia cokelat, keju, kacang, creamcheese, oreo, milo, wijen, nutella, ovomaltine, white cokelat, toblerone, strawberry cokelat, tiramisu, dan silverqueen. Anda bisa juga memilih berapa rasa, bisa martabak premium 8 rasa, 10 rasa, 12 rasa, hingga 16 rasa.

Jenis dasaran / adonan Martabak Kumkum terdiri atas basic (original), pandan, red velvet, dan takesumi. Sedangkan untuk martabak telornya tersedia martabak telor ayam dan bebek dengan isian / toping daging ayam, daging sapi, kornet, smoke beef, tuna, keju, jagung, mozzarella, samyang, dan bon cabe.

Cita rasanya sungguh lezat, pas banget buat teman ngobrol saat malam hari bareng keluarga atau pun sahabat. Lokasi / Alamat kedai Martabak KumKum terletak di Jl. Prof. Herman Yohanes No.1060, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 16.00 – 23.00 WIB, range harga sekitar 50 – 100 ribu rupiah (tergantung toping).

22. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Buat Anda yang ingin makan gudeg tapi tak suka manis, Gudeg Bromo Bu Tekluk bisa menjadi pilihan. Pasalnya cita rasa gudeg malam Jogja ini cenderung asin dan gurih. Namun, untuk mencicipinya Anda harus rela antri lama, bisa hampir 1 jam lho kalau pas ramai banget.

Harga seporsi Gudeg Bromo sekitar 18 – 25 ribu rupiah, tergantung lauk. Lokasinya terletak di Jalan Affandi No.2-A (Ex. Jalan Gejayan), Caturtunggal, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 23.00 – 03.00 WIB. Jika ingin ke sini, saya sarankan datang lebih awal saat baru buka untuk menghindari antrian panjang.

23. Gudeg Mbak Sasha

Satu lagi gudeg malam enak di sekitaran gejayan Yogyakarta, yaitu Gudeg Mbak Sasha. Lokasinya berada di halaman Mirota Gejayan, Jl. Affandi No.43 (Ex. Jl. Gejayan), Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gudeg racikan Mbak Sasha terbilang enak dan tidak terlalu manis, cocok buat Anda yang baru mengenal gudeg. Seporsinya dibanderol sekitar 20 ribu rupiah (tergantung lauk). Jam buka mulai pukul 22.00 – 03.00 WIB. Tersedia tempat duduk lesehan di atas tikar.

24. Gudeg Mercon Bu Tinah

Jika Anda pecinta makanan pedas, Gudeg Mercon Bu Tinah sangat cocok Anda kunjungi saat kulineran malam hari di Kota Yogyakarta. Di sini, tersedia oseng mercon super pedas sebagai tambahan gudeg. Lauknya juga cukup lengkap, ada gorengan, telur, ayam, sate, tahu, dan tempe.

Walaupun warung Gudeg Mercon Bu Tinah hanya berupa tenda kaki lima pinggir jalan (street food), namun rasanya terbilang lezat, pengunjungnya pun ramai hampir setiap hari. Bahkan, kabarnya artis hingga youtuber pun pernah antri makan di sini lho.

Lokasi Gudeg Mercon Bu Tinah terletak di Jalan Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 21.00 – 01.00 WIB. Range harga sekitar 15 – 25 ribu rupiah (tergantung lauk).

25. Legend Coffee

Selain warung gudeg, aneka cafe di Jogja juga bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan malam bareng sahabat atau pun keluarga. Salah satunya adalah Legend Coffee yang mengusung tema konsep yang retro, minimalis dan industrial.

Cafe ini mempunyai desain cozy untuk nongkrong anak muda, misalnya outdoor dengan konsep garden. Tersedia juga ruangan untuk dinner atau pun meeting. Asyiknya lagi, di sini kini lebih menonjolkan open bar sehingga pengunjung bisa melihat bagaimana para barista lincah meracik kopi.

Lokasi Legend Coffee tak jauh dari kawasan Malioboro, tepatnya di Jl. Abu Bakar Ali No.24-26, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 03.00 WIB.

26. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti termasuk salah satu tempat wisata kuliner malam Jogja yang wajib dicoba bagi para pecinta pedas. Pasalnya, warung lesehan ini menyediakan oseng mercon super pedas. Oseng mercon biasanya terbuat dari campuran daging sapi, tetelan, kulit dll lalu di masak super pedas dengan cabe dan bumbu rempah.

Kabarnya, Bu Narti ini sebagai pelopor pertama masakan oseng mercon lho. Harga seporsi nasi dan oseng mercon lumayan mahal, sekitar 27 ribu rupiah. Tersedia juga menu lauk lainnya seperti ayam, bebek, burung puyuh, dan lele dengan pilihan digoreng atau pun dibakar.

Lokasi warung Oseng-oseng Mercon Bu Narti terletak di Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 17.00 – 24.00 WIB.

27. Oseng-Oseng Bu Endang

Bagi Anda penyuka masakan oseng-oseng, wajib deh mampir ke warung Lesehan Gudeg & Oseng-oseng Bu Endang. Di sini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam oseng-oseng, seperti oseng tempe, oseng pete, oseng cumi, oseng udang, oseng bunga pepaya, oseng jengkol, dan lainnya. Benar-benar deh, surga oseng-oseng gaes!

Agar tak kaget dengan harga, sebaiknya tanya dulu harganya sebelum pesan ya! Lokasi warung Bu Endang terletak di Jalan Laksda Adisucipto No.264, Ambarukmo, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 19.00 – 04.30 WIB.

28. Mie Gacoan

Mie Gacoan termasuk salah satu kuliner malam Jogja kekinian yang paling hits dan laris. Hampir setiap hari, resto mie ini selalu ramai pengunjung. Menu utamanya berupa olahan mie dengan level kepedasan tertentu sesuai pesanan. Nama-nama mienya juga unik lho, ada mie angel, mie iblis, dan mie setan.

Selain mie, tersedia juga camilan dan minuman dari mulai pangsit goreng, siomay, lumpia, ceker ayam, es genderuwo, es pocong, es sundelbolong, hingga es tuyul. Range harga sekitar 5 – 10 ribu rupiah. Murah meriah banget bukan? Pantas saja selalu ramai ya gaes, kayaknya bakal jadi incaran mahasiswa / pelajar deh.

Lokasi kedai Mie Gacoan terletak di Ruko Raflesia B5-6, Babarsari, Depok, Sleman (Depan SMP N 4 Depok) dan Jl Colombo (Sebelah Timur Indomaret Point). Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

29. Warung Pak Paino

Spot kuliner malam Jogja yang enak dan murah berikutnya adalah Warung Pak Paino. Tempat makan kaki lima ini menawarkan makanan enak khas Yogyakarta seperti bakmi jawa (rebus / goreng), capcay (rebus / goreng), nasi goreng, magelangan, dan rica-rica ayam.

Proses memasaknya masih memakai tungku arang (baca : anglo) sehingga cita rasanya lebih sedap. Dengan porsi lumayan banyak dan harga seporsinya hanya 10 ribu rupiah, warung ini hampir selalu ramai dikunjungi pembeli setiap malam.

Lokasinya terletak di Jl. Timoho No.121A, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta (UIN ke selatan sebelum perlintasan kereta api). Jam buka mulai pukul 18.00 – 23.00 WIB.

30. Gudeg Lesehan Bu Sastro

Gudeg Lesehan Bu Sastro termasuk salah satu kuliner Malioboro Yogyakarta yang lumayan recommended. Pasalnya, makanannya terasa enak dengan harga tak terlalu mahal. Menu andalan di sini biasanya nasi gudeg ceker.

Gudegnya tak terlalu manis, sedangkan cekernya gurih lezat. Harga sekitar 15 – 25 ribu rupiah (tergantung lauk). Sebelum makan dan memilih lauk, sebaiknya tanya harganya dulu ya gaes! Lokasinya persis di sebelah utara Toko Arloji Gunung Mas, Jl. Margo Mulyo (Dulu bernama Jalan Jendral Ahmad Yani), Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 22.30 – 03.00 WIB.

31. Bakmi Jawa Mbah Mo

Menikmati malam di Yogyakarta memang paling pas sambil menyantap sepiring Bakmi Jawa Mbah Mo. Cita rasanya sungguh gurih dan lezat, pas banget deh buat pengisi perut dikala dingin. Apalagi proses memasaknya masih memakai tungku api tradisional, semakin terasa sedap!

Berbeda dengan bakmi jawa pada umumnya, racikan bakmi jawa legendaris ini tidak menggunakan kecap, merica, tomat, dan bihun. Jadi, dalam seporsi bakmi jawanya, Anda hanya akan menemukan mie kuning, potongan kubis, telur bebek, suwiran daging ayam kampung, potongan seledri, dan taburan bawang goreng.

Tersedia bakmi goreng atau pun godog dengan harga per porsi sekitar 21 – 27 ribu rupiah. Lumayan mahal memang, tapi mungkin akan sebanding dengan rasa yang didapatkan. Lokasinya terletak di Jl. Parangtritis No.KM, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB.

32. Bakmi Mbah Gito

Selain Mbah Mo, ada satu lagi warung bakmi jawa enak di Jogja yang cukup terkenal sebagai ikonnya kuliner malam Jogja, yaitu Bakmi Mbah Gito. Menu makanan di sini cukup bervariasi, ada bakmi, nasi goreng, magelangan, capcay, dan ayam rica-rica.

Bakmi godognya mempunyai cita rasa gurih lezat. Berisi mie kuning, daun bawang, telur, suwiran daging ayam, seledri, kol dan bawang goreng.

Harga makanan di warung Bakmi Jowo Mbah Gito dibanderol sekitar 20 – 25 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Nyi Agengnis No.9, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 11.00 – 23.00 WIB.

33. Bakmi Jawa Pak Pele

Apabila Anda kebetulan sedang berada di Kawasan Alun-Alun Utara Yogyakarta, maka bisa mampir mencicipi Bakmi Jawa Pak Pele. Di sini, tersedia menu bakmi goreng, bakmi godog (rebus), bakmi nyemek (kuahnya lebih sedikit dari bakmi rebus), nasi goreng, dan magelangan (nasi goreng dicampur mie).

Ciri khas Bakmi Jawa Pak Pele terletak pada penggunaan telor bebek dalam memasaknya, sehingga terasa lebih gurih dan enak. Tapi, untuk mendapatkan seporsi bakminya, Anda harus rela antri gaes karena biasanya ramai pengunjung. Harga seporsinya sekitar 20 – 25 ribu rupiah.

Lokasi Bakmi Jawa Pak Pele cukup strategis, yaitu di pojok timur bagian selatan Alun-alun Utara Yogyakarta, atau di depan SD Keputran. Alamat lengkapnya Jl. Pojok Tenggara Alun-Alun Utara, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB.

34. Bakmi Kadin

Ingin menikmati bakmi jawa di tempat yang lumayan nyaman? Datang saja ke Bakmi & Bajigur Kadin Mbah Hj. Karto Pak Rochadi. Di sini, biasanya ada live alunan musik keroncong saat menyantap bakminya. Bangunannya memang tampak sederhana, tapi rasa bakminya sungguh lezat menggoyang lidah.

Mengingat warung ini cukup populer, jadi apabila Anda akan berkunjung ke sini wajib siap-siap bersabar menunggu pesanan ya. Hal ini tentu karena pembelinya lumayan ramai. Lokasi Bakmi Kadin terletak di Jl. Bintaran Kidul No.6, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.30 – 23.30 WIB. Range harga 20 – 25 ribu rupiah.

35. Gudeg Permata Bu Narti

Menikmati kuliner Malam Jogja tentu tak akan lengkap tanpa mampir ke warung Gudeg Permata Bu Narti yang terkenal legendaris. Kabarnya, warung gudeg ini sudah berdiri sejak tahun 1951 lho. Nama Permata disematkan karena lokasinya berada di sisi barat gedung bekas bioskop Permata.

Warungnya memang hanya berupa tenda pinggir jalan dan lesehan sederhana, tapi rasa gudegnya sungguh lezat layaknya bintang lima. Tak ayal, hampir setiap malam hingga dini hari, warung ini selalu ramai dikunjungi pembeli, bahkan sampai memakai nomor antrian lho.

Seporsi gudeg Bu Narti berisi nasi putih, gudeg, kecek, daun pepaya, dan lauk (telur atau ayam sesuai pesanan) lalu disiram dengan kuah areh nan gurih. Alamat lengkapnya terletak di Jalan Gajah Mada, PurwoKinanti, Pakualaman, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 21.00 – 02.00 WIB. Range harga sekitar 25 – 30 ribu rupiah (tergantung lauk).

36. Gudeg Sagan

Buat Anda yang ingin menikmati gudeg di tempat yang nyaman, maka Gudeg Sagan bisa menjadi pilihan tepat. Tersedia pilihan indoor atau pun outdoor dengan meja kursi bersih. Asyiknya lagi, setiap malam biasanya ada live musicnya.

Dengan area lumayan luas serta cita rasa gudeg nan lezat, Gudeg Sagan recommended buat tempat buka puasa di Jogja bareng keluarga atau pun sahabat. Bisa juga buat sekedar santai atau pun nongkrong malam hari. Lokasinya terletak di l. Prof Dr. Herman Yohanes No. 53, Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 00.00 WIB.

37. Sate Taichan Senayan Yogya

Salah satu kuliner enak kekinian yang lagi ngehits akhir-akhir ini adalah sate taichan. Tak seperti sate pada umumnya, varian sate ayam ini dibakar tanpa bumbu kacang atau kecap, tapi hanya dikasih bumbu garam, jeruk nipis, dan sedikit cabai.

Nah, salah satu tempat makan sate taichan enak di Jogja yaitu Sate Taichan Senayan Yogya. Lokasinya berada di Jl. Kolonel Sugiyono No.19C, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai sore hari pukul 17.00 hingga malam hari 00.00 WIB.

Cita rasa sate taichan cenderung gurih dan asin, biasanya disajikan dengan sambal, jeruk nipis, nasi putih, atau pun lontong. Sambalnya yang enak, membuat warung Sate Taichan Senayan Yogya hampir selalu ramai pembeli setiap malam.

38. Ayam Geprek & Susu (Preksu)

Olahan ayam geprek akhir-akhir ini sedang banyak digemari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Tak ayal, di berbagai kota termasuk Yogyakarta, muncul berbagai restoran ayam geprek. Satu diantaranya adalah Ayam Geprek & Susu (Preksu).

Keistimewaan ayam geprek Preksu berupa banyaknya pilihan toping dari mulai keju parut, saus keju, mozarella, bawang goreng, jamur, terong, hingga kremes. Tak hanya itu, Anda pun bisa memesan jumlah cabai sesuka hati sesuai selera. Bahkan, kabarnya rekor sementara hingga 150 cabai lho, pedas banget bukan?

Untuk menu minuman, tersedia susu murni yang bisa membantu meredakan rasa pedas. Lokasi warung Preksu terletak di Jl. Colombo No.1C, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Seberang UNY atau Sebelah Timur Mie Gacoan / Indomaret Point Colombo). Jam buka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB.

39. Sop Kaki Kambing Bang Udin

Gak kalah dengan aneka kuliner di Jakarta dan sekitarnya, Jogja juga punya sajian sop kaki kambing enak lho. Namanya Sop Kaki Kambing Bang Udin. Warung kaki lima ini berlokasi di Jl. Cik Di Tiro No.29, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta (sekitar SMP N 1 Yogyakarta). Jam buka mulai pukul 17.00 – 00.00 WIB.

Meskipun hanya berupa warung tenda kaki lima pinggir jalan, namun cita rasa sopnya sungguh menggugah selera. Aromanya kaya rempah, jauh dari prengus atau pun amis. Isiannya pun bisa memilih sendiri sesuai selera, dari mulai daging, bagian kepala, jeroan, hingga kaki kambing. Harga sekitar 30 ribur rupiah per porsi.

40. Tongseng Pak Kribo

Kawasan utara Jogja yang dekat dengan kaki Gunung Merapi ternyata menyimpan sejumlah kuliner malam nan lezat. Satu diantaranya adalah Tongseng Pak Kribo. Lokasinya berada di emperan toko Pasar Pakem, Jl. Kaliurang km 18, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menu yang ditawarkan di sini berupa olahan daging kambing yaitu tongseng, tengkleng, dan gulai. Tongsengnya mempunyai rasa agak manis, gurih, dengan daging nan empuk. Tengklengnya bercita rasa gurih dan dagingnya mudah dilepas dari tulang-tulangnya. Sedangkan gulainya juga terasa gurih menggoyang lidah.

Dinamakan tongseng Pak Kribo karena memang penjualnya berambut kribo. Warungnya memang sederhana hanya berupa lesehan emperan toko, tapi rasa masakannya juara banget gaes! Pantas banget deh dimasukkan ke dalam list kuliner malam Jogja yang wajib dicoba. Range harga sekitar 20 – 25 ribu rupiah per porsi.

41. Bakmi Jowo Sabar Menanti

Satu lagi sajian kuliner malam Jogja bagian utara yang wajib dicoba yaitu Bakmi Jowo Sabar Menanti. Lokasinya terletak di Jl. Cangkringan KM.1, Kregan, Pakembinangun, Kec. Pakem, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 16.00 – 01.00 WIB.

Sesuai namanya, saat Anda memesan makanan di sini, memang harus benar-benar sabar menanti bakmi jawanya matang. Meskipun harus lama menunggu, tapi rasa bakmi jawanya sungguh enak, pas banget disantap saat malam hari yang dingin.

42. Bakmi Jawa Mbah Hadi

Bakmi Jawa memang menjadi salah satu ikon kuliner Malam Jogja yang cukup mudah ditemukan. Hampir di setiap sudut kota, Anda bisa menemukan penjual bakmi jawa. Salah satu diantaranya adalah Bakmi Jawa Mbah Hadi.

Bakmi godog racikan warung Mbah Hadi memiliki cita rasa gurih dan lezat. Menu lainnya yang bisa Anda pesan antara lain bakmi goreng, bakmi nyemek, nasi goreng, magelangan, dan tongseng ayam.

Lokasi Bakmi Jawa Mbah Hadi terletak di Jl. C. Simanjuntak No.1, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Tepatnya berada di dalam area pom bensin Terban, di pojok utara. Jam buka mulai pukul 18.00 – 22.00 WIB. Range harga sekitar 20 – 25 ribu rupiah.

43. Roti Bakar AA

Selain martabak, roti bakar biasanya menjadi camilan favorit dikala malam hari. Untuk menemukan penjual roti bakar enak di Jogja terbilang mudah. Pasalnya, hampir di setiap pinggir jalan strategis dekat kampus ada penjual roti bakar. Salah satunya tentu saja Roti Bakar AA.

Roti bakar kaki lima ini terkenal mempunyai varian toping kekinian dengan jumlah banyak, dari mulai rasa nanas, coklat, keju, strawberry, melon, rasa blueberry, pisang, kacang, kiwi, durian, green tea, cappucino, srikaya, nutella, vanila, lemon, tiramisu, taro, oreo, hazelnut, hingga chocomaltine.

Tak hanya itu, pemberian topingnya juga tak tanggung-tanggung, bahkan parutan kejunya hingga tumpah-tumpah. Mantap batul deh pokoknya! Apalagi tekstur rotinya terasa lembut dan memiliki aroma harum, semakin lezat saat disantap.

Lokasinya terletak di Samping Terminal Condongcatur, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB. Harga per buahnya dibanderol sekitar 11 – 30 ribu rupiah, tergantung toping.

44. Roti Bakar Khas Bandung TOWER

Selain Roti Bakar AA, Roti Bakar Khas Bandung TOWER juga layak Anda coba sebagai camilan malam di Yogyakarta. Varian toping rasanya pun tak kalah banyak, tersedia cokelat, keju, nanas, strawberry, vanilla, green tea, srikaya, durian, kacang, chocomaltine, atau pun nutela.

Meskipun hanya berjualan memakai gerobak, namun cita rasa roti bakarnya sungguh enak menggoyang lidah. Tekstur rotinya empuk dengan tingkat kematangan merata, aromanya pun wangi sehingga menggugah selera makan. Apalagi toping kejunya, hemm… banyak banget gaes!

Harga seporsi Roti Bakar Tower berkisar antara 10 – 28 ribu rupiah (tergantung isian / topping). Lokasinya terletak di Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Belakang Dunkin’ Donuts Jalan Kaliurang km 5,5). Jam buka mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB.

45. Sate Kambing dan Ayam Samirono

Sate Samirono termasuk salah satu warung sate enak legendaris di Jogja yang buka hingga malam dini hari. Menu yang disajikan pun beragam, dari mulai sate kambing, sate ayam, sate sapi, sate goreng, tengkleng, tongseng, atau pun nasi goreng.

Lokasinya cukup strategis, terletak dekat dengan kampus UNY dan UGM, tepatnya di Jl. Colombo No.105/38, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 03.00 WIB. Range harga sekitar 16 – 40 ribu rupiah.

46. Nasi Godog Pak Pethel / Sego Godog Pak Pethel

Kuliner malam Jogja yang satu ini terbilang unik anti mainstream, mangapa? Tentu saja karena olahan masakannya berbeda dari umumnya, yaitu Nasi Godog Pak Pethel. Jika nasi biasanya diolah dengan cara digoreng, maka di warung Pak Pethel ini nasinya direbus dengan kuah kaya rempah.

Nasi rebus tersebut lalu diberi bahan tambahan telur, ayam suwir, kubis, wortel dan bawang seledri. Cita rasanya sungguh lezat, khas banget deh! Anda pun bisa menambahkan sambal bila ingin rasa pedas. Untuk mencicipi seporsi “Sego Godog” atau “Nasi Godog” di sini, Anda harus siap-siap antri lama, mungkin 1 – 2 jam saat ramai pengunjung.

Warung sederhana Nasi Godog Pak Pethel terletak di Ngaglik, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 19.00 – 00.00 WIB. Harga sekitar 12 ribu rupiah per porsi, murah bukan? Ada juga menu lain seperti bakmi jowo, magelangan, dan nasi goreng. Jika akan ke sini, sebaiknya telp dulu untuk pesan nomor antrian.

47. Sego Koyor Bu Parman

Sego koyor merupakan menu makanan berupa nasi putih dengan lauk koyor (urat sapi). Koyor tersebut berasal dari urat pada persendian tulang sapi lalu dimasak memakai bumbu seperti gulai bersantan. Cita rasanya cenderung gurih dan enak menggoyang lidah.

Nah, jika Anda ingin mencicipi sego koyor, bisa mampir ke warung Sego Koyor Bu Parman. Lokasinya terletak di Jl. Brigjen Katamso No.111, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. Jam buka setiap malam hari mulai pukul 22.00 – 02.00 WIB. Harga sekitar 14 ribu rupiah per porsi.

48. Nasi Langgi Pak Man

Ngomongin kuliner Yogyakarta tentu saja tak akan ada habisnya. Ada banyak sekali makanan enak yang bisa Anda temui di sini dari mulau hidangan kaki lima, rumahan, hingga restoran bintang lima. Nah, satu diantara kuliner kaki lima dengan cita rasa lezat menggugah selera adalah Nasi Langgi Pak Man.

Nasi Langgi sebenarnya termasuk kuliner khas Solo yang berupa olahan nasi dengan bahan rempah, santan, dan asam Jawa. Nasi ini biasanya dilengkapi lauk seperti telur dadar, bistik, kentang, daging, serundeng, kerupuk udang, sambal goreng hati, dan mentimun.

Nasi Langgi di warung Pak Man telah dimodifikasi lauknya agar bisa dinikmati semua orang dengan harga murah terjangkau. Seporsi nasi langginya berisi nasi putih dengan pilihan lauk aneka oseng-oseng, jengkol, gorengan, telur, dan rica-rica tulang ayam.

Cita rasa Nasi Langgi Pak Man cenderung pedas, bila kurang pedas tersedia juga tambahan sambal. Harga seporsinya sekitar 10 ribu rupiah (tergantung lauk). Lokasi warung Pak Man terletak di Jl. Magelang No.214, Rogoyudan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 18.00 – 22.00 WIB (Minggu Tutup).

49. Sego Sambel Surabaya Iwak Pe

Warung makan yang lagi hits bernama Sego Sambel Surabaya Iwak Pe, kini telah hadir di Yogyakarta. Sesuai namanya, sajian utama makanan di sini berupa nasi sambal dengan lauk ikan pari (Iwak Pe).

Harga seporsi kuliner legendaris Surabaya ini dibanderol sekitar 15 ribu rupiah. Lokasinya terletak di Jalan Seturan Raya (Depan STIE YKPN), Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 21.00 – 02.00 WIB.

50. Gudeg Cakupan Batas Kota

Tak salah bila Yogyakarta diberi nama Kota Gudeg, pasalnya makanan dari nangka muda ini mudah sekali ditemukan di sini baik pagi, siang, atau pun malam hari. Nah, salah satu warung gudeg Jogja yang buka tengah malam adalah Gudeg Cukupan Batas Kota.

Gudeg kaki lima ini memiliki rasa gurih, enak, dan tak terlalu manis. Tersedia juga aneka lauk tambahan seperti tempe goreng, sate ati ayam, sate usus, sate telur, dan lainnya. Datanglah lebih awal ketika baru buka jika Anda ingin mendapatkan menu komplit.

Lokasi / alamat Gudeg Cakupan Batas Kota terletak di Jl. Laksda Adisucipto No.41 (seberang Lippo Plaza), Demangan, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 23.00 – 03.00 WIB. Harga nasi gudeg telur krecek sekitar 18 ribu rupiah.

51. Gudeg Ibu Kota Jogja

Tak kalah enak dengan Gudeg Cakupan Batas Kota, Gudeg Ibu Kota juga patut Anda cobain saat kulineran malam hari di Yogyakarta. Variasi lauknya juga lumayan lengkap, ada telur ceplok, gorengan, sate usus, krupuk, dan lainnya.

Harga seporsinya sekitar 18 – 25 ribu rupiah (tergantung lauk). Saya sarankan, Anda sebaiknya tanya harganya terlebih dahulu sebelum makan di sini. Lokasinya berada di halaman pertokoan Jl. Urip Sumoharjo No.88, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 21.00 – 05.00 WIB.

52. Gudeg Wawawa

Buat Anda yang ingin mendapatkan makanan gudeg murah meriah, bisa mampir ke Gudeg Wawawa. Cocok banget buat para anak kost atau pun mahasiswa saat dompet menipis. Dengan modal sekitar 15 – 20 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati sepiring nasi gudeg dan minuman.

Rasa Gudeg Wawawa cenderung gurih, lebih mirip sebagai sayur nangka. Pas buat Anda yang tak suka manis. Lokasinya berada di samping depan Toko Cat Warna Abadi WaWaWa. Tepatnya Jl. Urip Sumoharjo No.108, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 21.00 – 02.00 WIB.

53. Gudeg Yu Yah

Gudeg Yu Yah termasuk salah satu warung gudeg Jogja terenak pinggir jalan yang buka tengah malam. Selain rasa gudegnya enak, varian lauknya juga banyak dari mulai oseng mercon, oseng kikil, rendang jengkol, mangut lele, sate usus, hingga sambal goreng pete. Kabarnya seh ada 20 macam lauk gaes.

Lokasi ikon kuliner malam Jogja dengan menu gudeg ini berada di Jalan Magelang No.129 A, Sinduadi, Mlati, Kutu Asem, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 00.00 – 03.00 WIB.

54. Gudeg Mercon Mbak Yuni

Gudeg Mercon Mbak Yuni bisa menjadi pilihan tepat saat kulineran malam di Kota Yogyakarta, khususnya bagi para penyuka makanan pedas. Lokasinya berada di Jl. Pangeran Diponegoro No.100, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 18.30 – 01.00 WIB (Selasa Tutup). Harga sekitar 20 – 25 ribu rupiah, tergantung lauk.

55. Gudeg Ceker Bu Sum Tamansari

Apabila Anda pecinta ceker dan koyor, maka warung Gudeg Bu Sum Tamansari wajib deh dikunjungi. Sajian gudeg ceker dan gudeg koyornya terbilang enak menggoyang lidah. Lokasinya terletak di Jl. KH. Wahid Hasyim, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 18.30 – 01.00 WIB.

Seporsi gudeg ceker di sini berisi nasi, gudeg, krecek, sayuran hijau, kuah areh, dan 5 buah ceker ayam yang ditaruh pada piring terpisah. Sedangkan gudeg koyornya berisi nasi, gudeg, krecek, sayuran hijau, kuah areh, dan koyor. Daging ceker ayamnya empuk mudah lepas dari tulang, koyornya pun kenyal mudah digigit.

Tersedia juga sambal petai bagi Anda yang suka pedas. Harga seporsi kuliner malam Jogja ini sekitar 20 ribu rupiah. Mengingat lokasinya pinggir jalan, sebaiknya Anda memakai motor jika akan ke sini karena parkir sempit.

56. Bong Kopi Town

Menikmati kuliner malam Jogja sambil nongkrong bareng teman-teman, tentu mengasyikan bukan? Coba deh datang ke Bong Kopi Town, di sini Anda bisa mendapatkan suasana unik ala penjara. Meskipun mengusung tema penjara, bukan berarti makanannya seperti tahanan benaran ya! Makanan di sini bercita rasa enak menggoyang lidah.

Beberapa menu makanan Bong Kopi Town antara lain Rendang Nasi Lemak, Singapore Laksa Noodle, Grandma Porridge, Ubud Crispy Duck, Hainan Chicken, Fried Banana, Happy Soda Ice, Shaved Yoghurt, Es Jadoel, dan Choco Peanut Butter. Lokasinya berada di Jl. Sagan No.4, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.00 – 00.00 WIB.

57. Tempo Gelato Prawirotaman

Siapa seh yang tak suka es krim? Hampir semua orang menyukainya bukan? Nah, buat Anda yang ingin menyantap es krim saat malam hari, bisa datang ke Tempo Del Gelato Prawirotaman. Kedai es krim paling enak dan hits di Jogja ini menawarkan es krim dengan berbagai varian rasa.

Varian rasa gelato yang bisa Anda pilih antara lain mulai vanilla, cokelat, oreo, spicy chocolate, coconut, goodtimechocolate, matcha tea, nutella, yoghurt, tiramisu, praline, banana chocolate, white chocolate, apricot, kiwi, mangga, buah naga, leci, lemon, coffee caramel, coffee, passion, stroberi, dan salted caramel.

Tak hanya lezat es krimnya, tapi interior ruangannya juga keren lho buat foto-foto, instagramable abis deh! Untuk range harga berkisar antara 25 – 115 ribu rupiah, tergantung ukuran es krim yang Anda pesan. Alamatnya terletak di Jl. Prawirotaman No.43, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.00 – 23.00 WIB.

Demikianlah referensi destinasi wisata kuliner malam di Yogyakarta yang enak dengan harga relatif murah terjangkau. Apabila sobat traveler punya rekomendasi tempat makan lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Terima kasih sudah mampir ke blog saya ini, semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.