Pusat Info Wisata Terlengkap

37 Tempat Wisata Kuliner Enak Di Bandung Yang Lagi Hits

0 7,514

Kuliner Bandung – Inilah rekomendasi tempat wisata kuliner enak di Bandung yang lagi hits mulai dari menu western mewah hingga makanan tradisional khas kaki lima dengan harga murah meriah. List kali ini juga saya usahakan lengkap beserta daftar harga, alamat, serta hidangan andalannya.

Tak dapat dipungkiri, Kota Kembang memang surganya kuliner di Indonesia. Hampir semua makanan nusantara dapat Anda temui disini, tak kecuali santapan khas sunda yang terkenal pedas dan lezat. Tak hanya itu, setiap saat disini juga selalu muncul menu-menu baru yang unik dan menggugah selera makan Anda.

Namun, perlu saya sampaikan bahwa daftar kuliner yang disusun ini untuk semua kalangan, jadi bagi Anda yang muslim wajib berhati-hati dan pilihlah makanan yang halal saja! Kalau perlu liat sertifikat halal dari MUI dulu.

Karena saking banyaknya kuliner enak di Bandung, maka Aneka Wisata pilihkan beberapa tempat makan yang lagi hits di media sosial seperti instagram. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak langsung ulasannya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Kuliner Enak Di Bandung Yang Lagi Hits

1. Bossku Culinary

tempat wisata kuliner enak di Bandung
Ilustrasi tempat wisata kuliner enak di Bandung Bossku Culinary (Foto : IG @bossku.culinary)

Mari kita awali review wisata kuliner kali ini dengan mengunjungi Bossku Culinary yang terletak di Jl.Tubagus Ismail Raya No.86 (Depan Nesvape). Tempat ini cukup recommended untuk kuliner malam di Bandung karena jam buka mulai pukul 16.00 – 00.00 WIB.

Menu andalan yang menjadi favorit Bossku Culinary adalah Sate Taichan dan Ketan Susu yang ajiib banget. Rasa sate taichan disini benar-benar juara deh! Cita rasa asin, asam dan gurih, berpadu dengan rasa pedas.
.
Anda juga bisa mencoba menu lainnya seperti sate kikil, usus, kulit, telur puyuh dan sayap ayam yang maknyus. Soal harga tak usah kuatir, murmer banget deh, satu tusuk sate taichan ini hanya 2 ribu saja.
.
Jangan lewatkan juga untuk mencoba Ketan Susu disini dengan topping kekinian, jadi setelah menyantap satenya Anda bisa ngemil Ketan Susunya. Bagi Anda yang ingin kesini, sebaiknya jangan dateng terlalu sore karena satenya cepet sould out.

2. In My Plate

In My Plate
In My Plate (Foto : IG @inmyplate_id)

Anda sedang mencari mie ayam enak di Bandung? Kalau iya, cobain deh datang ke In My Plate. Disini Anda dapat menyantap mie ayam dengan sensasi yang berbeda yaitu makannya diatas Hotplate atau Piring Panas.

Ada banyak pilihan menu yang bisa Anda coba yaitu Mie Hotplate Ayam Ceker, Mie Hotplate Ayam Keju, Mie Hotplate Chicken Katsu, dan Mie Hotplate Beef Patty. Harganya cukup terjangkau kok, sekitar 12 – 15 ribuan per porsi.

Saat ini ada menu Ramen juga lho yang disajikan di hotplate, diantaranya Ramen Katsu, Ramen Chicken Mozarella, dan Ramen Beef Bulgogi dengan harga 13 – 20 ribuan saja. Enak dan murah bukan? Alamatnya di Jl.Sukapura, masuk jalan samping Yogya Bojongsoang sekitar 100 meter sebelah kiri.

3. Es Cendol Elizabeth

Es Cendol Elizabeth
Es Cendol Elizabeth (Foto : IG @kulinerbandung)

Siang-siang kalau saat cuaca sedang panas enaknya ngapain ya? Paling nikmat tentu saja mencicipi segelas Es Cendol Elizabeth yang terletak di Jl. Inhoftank No.64, Pelindung Hewan, Astanaanyar, Kota Bandung.

Minuman dingin ini terdiri dari cendol berwarna hijau sedikit tua, irisan nangka, santan kental, serutan es batu serta larutan gula merah yang kental.

Cendol Elizabeth terbuat dari sagu. Warnanya yang hijau berasal dari daun suji. Sedang untuk pewangi diambil dari daun pandan. Jadi masih alami sekali serta tidak menggunakan bahan kimia. Seger deh pokoknya!

4. Lotek Kalipahapo

Lotek Kalipahapo
Lotek Kalipahapo (Foto : Dewi Dyatini)

Selain minum yang dingin dan segar, saat siang hari dengan cuaca terik enak juga lho makan lotek atau rujak. Ada neh satu tempat makan lotek enak di Bandung yang harus dicoba, namanya Lotek Kalipahapo. Lokasinya berada di Jalan Kalipahapo.

Disini Anda bisa menemukan lotek dan rujak. Setiap menjelang siang hari tempat ini selalu ramai, jadi siap antri ya! Bumbu rujaknya ajib bener deh. Paling asyik disantap dengan kerupuk. Untuk harga satu porsi masih dibawah 23 ribu rupiah.

5. Cafe Pohon Durian

Pohon Durian Cafe
Ilustrasi menu di Pohon Durian Cafe (Foto : IG @pohon_durian)

Buat Anda pecinta buah durian, wajib deh berkunjung ke Cafe Pohon Durian di Jl.Sawunggaling No 2 (sebelah SWG Coffee). Cafe ini menyediakan menu aneka olahan daging durian mulai dari sop durian, pancake durian, es durian, durian tanpa biji 100gr dan masih banyak lagi.

Durian yang ada Cafe Pohon Durian kualitasnya boleh diadu deh, soalnya berasal dari Medan langsung. Oya, Cafe Pohon Durian juga asik untuk dijadikan tempat nongkrong di Bandung sambil ditemani live music.

6. D’nats Cafe

D'nats Cafe
D’nats Cafe (Foto : IG @dnats.cafe)

Selain Yoghurt Cisangkuy, ada satu lagi tempat enak dan hits buat minum yoghurt, namanya D’nats Cafe yang berlokasi di Jl.BKR No.166 B, tak jauh dari patung ikan. Menu special disini ada 2 yaitu Yoghurt dan Es Lilin. Pas banget deh buat tempat hangout bareng teman-teman. Jam buka pukul 11.00 – 22.00 WIB.

7. Kedai Martabak Tropica

Martabak Tropica
Ilustrasi menu martabak kotak 16 rasa di Martabak Tropica (Foto : IG @martabak_tropica)

Nah, kalau kedai yang satu ini, adalah juaranya martabak enak di Bandung yang lagi hits akhir-akhir ini. Namanya Kedai Martabak Tropica yang beralamat di Jl.Burangrang No.30 (sebrang Circle K), buka setiap hari mulai pukul 15.00 – 23.00 WIB.

Tekstur martabak disini khas banget, sekilas mirip kue bika ambon, fluffy dan soft. Manisnya pas dan tak berlebihan. Kedai Martabak Tropica juga pelopor Martabak Pizza/Love/Square dengan 6, 8, 10 & 16 varian rasa/topping di Bandung.

Ada lebih dari 30 jenis topping kekinian, tersedia juga Martabak Tipker dan Martabak Cakalang Pampis (Martabak dengan citarasa manis dan pedas). Kalau Anda ke Bandung, wajib deh nyobain martabak yang lagi ngetrend ini. Bahkan konon kabarnya, Martabak Tropica termasuk salah satu kuliner kesukaan pak Bondan Winarno lho!

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Baru Di Bandung Yang Bagus Dan Hits

8. Bakar Street

Bakar Street
Bakar Street (Foto : IG @duniakulinerbdg)

Suka makanan yang dibakar? Ada neh, tempat wisata kuliner bakar-bakaran yang lagi hits, namanya Bakar Street di Jl. Sawunggaling No 2 (satu tempat dengan Cafe Pohon Durian). Menu favorit yang wajib dicoba disini yaitu udang goreng saus mentega dan cah kangkung! Rasanya ajib banget menggoyang lidah gaes!

Menu secara umum yang disajikan Bakar Street berupa seafood, seperti udang panggang, cumi goreng tepung, ikan, kepiting, dan lainnya. Untuk harga lumayan mahal seh, sekitar 20 – 50 ribuan. Tapi, overol sebandinglah dengan rasa dan kenyamanan yang Anda peroleh.

9. Warteg Hipster

Warteg Hipster
Warteg Hipster (Foto : IG @warteghipster)

Warteg memang identik dengan Kuliner Tegal yang enak dan murah meriah. Hampir disetiap kota seluruh Indonesia bisa Anda temui yang namanya warteg. Tempat makan enak yang satu ini memang idolanya para warga dengan ekonomi menengah ke bawah.

Nah, di Kota Bandung, ternyata ada sebuah warteg yang lagi hits banget neh. Siapa lagi kalau bukan Warteg Hipster. Anda dapat menemukan berbagai macam menu lezat disini seperti semur Jengkol, rendang, cumi cabe hijau, terong, usus dan lainnya.

Hanya dengan budget 15 ribu rupiah, Anda sudah bisa makan kenyang di Warteg Hipster. Ingin mencoba? Datang saja ke outletnya di Jl. Rangga Gading No.3 (dekat jalan Sawunggaling).

10. 56Degrees Cafe

56Degrees Cafe
56Degrees Cafe (Foto : IG @duniakulinerbdg)

Kira-kira dimana ya tempat makan unik di Bandung yang romantis buat dinner? Jawabannya tentu saja 56Degrees Cafe Jl. Ruko Paskal Hypersquare B-69 (posisinya di sebelah kanan kalau dari gerbang masuk Paskal Hyper).

56Degrees Cafe menyediakan berbagai paket dinner super romantis gaes dengan harga antara 190 – 250 ribu rupiah. Hanya dengan menambah 80 ribu, meja makan Anda akan dipercantik dengan dekorasi keren dan bunga mawar. Asyik bukan?

11. Eightfully Milk and Coffee Bar

Eightfully Milk and Coffee Bar
Eightfully Milk and Coffee Bar (Foto : IG @duniakulinerbdg)

Malam minggu enaknya ngapain ya? Kayaknya asik juga neh hangout sambil nge-milk. Buat Anda para mahasiswa atau pun pelajar, ada neh tempat nongkrong baru di Bandung yang enak buat menghabiskan malam minggu. Namanya Eightfully Milk and Coffee Bar di daerah Pagarsih No 120.

Menu makanannya cukup bervariasi seperti susu murni, milk shake, coffee, indomie, aneka menu nasi, dan cemilan. Harganya lumayan murah meriah, nyaman di kantong mahasiswa lah, sekitar 13 – 30 ribuan saja.

12. Seblak Deu’ Tjenghar

Kuliner Bandung
Kuliner Bandung yang lagi hits Seblak Deu Tjenghar (Foto : IG @dyanov25)

Ini dia makanan khas Bandung yang lagi hits banget, bahkan sampai ke luar kota yaitu Seblak. Ada dua macam yaitu seblak kering yang memiliki bentuk seperti basreng (baso goreng) serta seblak basah yang memiliki campuran sedikit kuah. Namun, saat ini nampaknya seblak basah lebih populer di kalangan wisatawan.

Seblak merupakan makanan berupa kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu. Rasanya gurih dan pedas!

Buat Anda yang sedang mencari seblak enak di Bandung bisa mampir ke warung Seblak Deu’ Tjenghar. Alamatnya berada di Jl. Purnawarman, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung. Jam buka mulai 10.00 – 21.00 WIB.

Seblak Basah Deu’ Tjenghar ini terkenal memiliki banyak toping seperti bakso, sosis, ceker, kwetiauw, jamur, tulang ayam, wortel, dan brokoli. Krupuknya juga bervariasi, ada sekitar 5 macam. Jadi, Anda tinggal pilih saja sesuai dengan selera yang diinginkan. Harga satu porsi dibaderol Rp.9.000,- s/d Rp.17.000,-. Lumayan murah bukan?

13. Mie Kocok Berkat

Mie Kocok Berkat
Mie Kocok Berkat (Foto : Sylvia Dean Lim)

Siapa seh yang tak kenal dengan mie kocok? Kuliner khas Bandung ini nendang banget lho dilidah dan pas banget anget-anget disantap dikala hujan. Ada neh warung yang cukup terkenal dengan sajian mie kocoknya yaitu Mie Kocok Berkat di Jl.Cibadak (depan No.242).

Kuah kaldu Mie Kocok Berkat benar-benar gurih, kikilnya empuk deh, apalagi disajikan dengan kerupuk dan minumnya es jeruk. Hmm, nyummy banget gaes! Boleh dibilang warung ini adalah juaranya mie kocok paling enak di Bandung yang legendaris.

14. Baso Nursijan

Baso Nursijan
Baso Nursijan (Foto : Dian L)

Buat Anda yang sedang mencari tempat makan bakso enak di Bandung maka Baso Nursijan bisa menjadi pilihan yang tepat. Baso disini dilengkapi dengan pangsit rebus, taburan ayam dan bisa juga menambahkan ceker. Yamien Manisnya juga lezat!

Baso Nursijan termasuk salah satu bakso legendaris yang sudah hampir 40 tahun yang tetap ngehits dan eksis di dunia perkulineran kota Bandung. Alamatnya berada di Jl. Nursijan, No. 2, Lengkong Kecil, Paledang, Lengkong, Kota Bandung. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. Harganya dibanderol mulai dari 16 – 20 ribu rupiah.

15. Lontong Kari Pak Kumis

Lontong Kari Pak Kumis
Lontong Kari Pak Kumis (Foto : Lusy Arisanti)

Buat Anda yang sedang mencari makanan pengganjal perut di pagi hari, ada neh rekomendasi tempat sarapan enak dan murah di Bandung yang harus dicoba. Namanya Lontong Kari Pak Kumis berlokasi di Jl.Pasirkoja dengan range harga dibawah 15 ribu rupiah.

Disini Anda bisa nyobain sarapan berupa Lontong Kari Ayam & Sapi yang dilengkapi dengan topping daging sapi/ayam, telur dan kerupuk mie. Rasanya khas banget, rempah dari kuah karinya berasa banget dan teksturnya lumayan kental. Tapi Anda harus rela antri ya, karena setiap pagi ramai sekali yang mau beli lontong.

Baca Juga : 36 Restoran Dan Tempat Makan Enak Di Bandung Yang Recommended

16. Kupat Tahu Petis

Kupat Tahu Petis
Ilustrasi Kupat Tahu Petis (Foto : Muhammad Syaiful)

Ada satu lagi neh tempat untuk sarapan pagi di Bandung yang enak harga kaki lima, namanya Kupat Tahu Petis di Jl.Alkateri. Setiap pagi hari warung ini selalu ramai pengunjung, jadi harus rela antri ya! Harganya masih dibawah 20 ribuan.

17. Bubur Ayam Pelana

Bubur Ayam Pelana
Bubur Ayam Pelana (Foto : amelyndhamr)

Bagi sobat traveler yang sedang ingin sarapan bubur, wajib mampir deh mampir ke lokasi bubur ayam paling enak di Bandung yang satu ini. Bubur Ayam Pelana namanya, lokasi berada di Jl.Burangrang. Rasa buburnya lezat banget deh, apalagi topingnya berjibun biikin kenyang sampai siang.

18. Pempek Rama

Pempek Rama
Pempek Rama (Foto : IG @kulinerbandung)

Tak usah jauh-jauh ke Palembang untuk menikmati empek-empek atau pempek, di Kota Kembang juga ada lho! Cobain deh lezatnya Pempek Rama di Jl.Rama.

Bisa dibilang Pempek Rama termasuk empek-empek paling enak di Bandung favorit wisatawan. Anda tinggal pilih saja mau menyicipi pempek yang mana? Ada pempek mini, selam kecil, keriting, lenjer, tahu, kulit ikan, pempek panggang, adaan ikan dan adaan udang.

19. Nasi Goreng Aep’s

Nasi Goreng Aep's
Nasi Goreng Aep’s (Foto : IG @kulinerbandung)

Kira-kira dimana ya mencari kuliner nasi goreng enak di Bandung? Ya tentu saja ada di Nasi Goreng Aep’s donk! Ada banyak menu disini seperti nasgor seafood, petai, kambing dan banyak lagi.

Rasa nasi gorengnya maknyus banget, porsinya pas buat bikin perut kenyang. Tapi, Anda harus rela antri menunggu mungkin sampai 50 menit. Lokasinya berada di Jl. Dr. Setiabudi dan harga satu porsinya dibanderol sekitar 15 – 32 ribu rupiah.

20. Baso Akung

Baso Akung
Baso Akung (Foto : Alma Viva)

Meskipun telah lama berdiri sejak tahun 1996, Baso Akung tetap hits menjadi pilihan favorit warga Bandung. Porsinya super banyak dan pastinya bikin kenyang perut gaes. Anda juga bisa nyobain yamien manis atau asin dengan taburan ayam suwir yang dilengkapi baso, pangsit basah, ceker dan tahu.

Lokasi Baso Akung berada di Jl. Lodaya No.123, Lkr. Sel., Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB. Kisaran harga menu disini dibanderol antara 15 – 52 ribu rupiah.

21. Bubur Ayam KPAD

Bubur Ayam KPAD
Bubur Ayam KPAD (Foto : IG @kulinerbandung)

Tak kalah enak dengan bubur ayam lainnya di penjuru kota Bandung, Bubur Ayam KPAD juga layak menjadi menu sarapan Anda. Harganya dibawah 15 ribu rupiah, namun rasa dan porsinya pas banget! Cobain deh datang ke lokasinya di Lapangan KPAD, Gegerkalong.

Baca Juga : 25 Tempat Makan Enak Di Bandung Untuk Buka Puasa

22. Bakso Soun Lodaya

Bakso Soun Lodaya
Bakso Soun Lodaya (Foto : IG @kulinerbandung)

Belum lengkap rasanya liburan ke Bandung tanpa mampir ke kedai Bakso Soun Lodaya di Jl. Veteran, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung. Bakso Soun Lodaya pas banget disantap kala hujan atau cuaca dingin.

Perpaduan rasa gurih, pedas dan asam kuahnya bikin nagih banget. Sebagai pengganti mie, bakso disini dipadukan dengan soun, dan pelengkapnya tahu, pangsit dan mie yang digoreng. Jam buka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB, namun setiap hari senin nampaknya tutup.

23. Roti Bakar Cari Rasa Kosambi

Roti Bakar Cari Rasa Kosambi
Roti Bakar Cari Rasa Kosambi (Foto : Acep Komara)

Tak terlalu sulit untuk mencari jajanan Bandung yang berupa roti bakar, hampir disetiap sudut kota bisa Anda temui. Seperti halnya Anda mencari angkringan di Kota Jogja, maka akan gampang menemukannya. Tapi, akan beda persoalan kalau mencari roti bakar yang enak di Bandung, tentu harus mikir dan googling dulu bukan?

Nah, bagi Anda yang ingin menyantap roti bakar yang lezat, langsung saja datang ke Roti Bakar Cari Rasa Kosambi yang legendaris. Alamatnya terletak di Jl. Ahmad Yani (Kosambi), namun Anda harus siap-siap antri ya, karena selalu ramai pembeli.

24. Es Bungsu 29

Es Bungsu 29
Es Bungsu 29 (Foto : Savitri Chandra)

Saat cuaca Bandung sedang terik banget, paling nikmat tentu saja menyantap semangkuk es sekoteng Es Bungsu 29. Perpaduan sekoteng, kelapa muda, alpukat dan kolang kaling membuat es sekoteng ini begitu menyegarkan.

Rasanya mirip dengan es campur pada umumnya. Bagi Anda yang lagi kepanasan dan pengen yang segar-segar silahkan melipir ke kedai Es Bungsu 29 di Jl.Veteran. Untuk harga cukup murah kok, masih dibawah 15 ribu rupiah.

25. Bakso Fortuna

Bakso Fortuna
Bakso Fortuna (Foto : Reri Kasmad)

Tak dapat dipungkiri, bakso Malang saat ini telah menjamur di berbagai kota, termasuk Bandung. Rasanya yang enak dan hangat, menjadikan kuliner Malang ini cocok untuk disantap saat dingin atau hujan. Pas banget deh dengan kondisi sebagian kawasan Bandung yang sejuk dan segar.

Nah, bagi warga Bandung yang ingin menikmati Bakso Malang yang lezat, mampir saja ke Bakso Fortuna di Jl.Taman Citarum. Tempatnya cukup ramai, jadi harus siap-siap antri ya! Rasanya tentu saja sedap banget dengan harga yang cukup murah terjangkau.

Baca Juga : 18 Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Murah Dan Tahan Lama

26. Martabak Nikmat Andir

Martabak Andir rasa pandan jagung keju
Ilustrasi Martabak Andir rasa pandan jagung keju (Foto : anakjajan.com)

Selain martabak Tropica, ada satu lagi kuliner martabak enak dan hits di Bandung yang wajib Anda coba, namanya Martabak Nikmat Andir. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 413 Bandung.

Ketika Anda datang kesini, mungkin akan dibikin bingung untuk memilih karena variasi menu martabaknya banyak sekali. Mulai dari martabak durian, martabak kacang merah, martabak plum, martabak cherry, martabak orange peel, martabak mangga, martabak jagung, dan martabak cocktail.

Ada juga martabak kismis, martabak pisang, martabak nangka, martabak belimbing hingga martabak modern seperti martabak toblerone, martabak green tea, martabak nutella, martabak oreo, dan martabak skippy. Soal rasa tak usah ditanya lagi, benar-benar lezat bikin nagih.

Untuk harga bagaimana? Ada harga tentu saja ada rupa bukan? Nah, Martabak Nikmat Andir ini lumayan mahal harganya, sesuai dengan rasa dan bahan berkualitas yang digunakan. Gak nyesel deh!

27. Bubur Ayam Handayani

Bubur Ayam Handayani
Bubur Ayam Handayani (Foto : Andreasaint)

Dingin-dingin enaknya sarapan Bubur Ayam Handayani dulu gaes biar aktivitas lancar dan semangat. Bubur Ayam Handayani ini bisa Anda temui setiap pagi mangkal di Jl.Setiabudi No.36, Bandung. Toppingnya yang bejibun akan membuat perut kenyang sampai siang. Harganya pun murah meriah, dibawah 15 ribu rupiah.

28. Surabi Enhaii

Surabi-Enhai-Bandung
Surabi Enhaii, salah satu tempat wisata kuliner di Bandung favorit wisatawan (foto : sebandung.com)

Siapa seh yang tak kenal surabi? Makanan khas Bandung yang satu ini sangat terkenal di seluruh Indonesia bahkan hingga mancanegara. Nah, salah satu surabi enak di Bandung adalah Surabi Enhaii yang konon katanya merupakan pelopor surabi dengan aneka rasa toping.

Anda dapat menemukan Surabi Enhaii ini di Jl. Doktor Setiabudhi No.194, Hegarmanah, Cidadap, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung. Tempatnya asik banget lho buat kongkow bareng teman sambil ngemil surabi.

Ada banyak variasi surabi yang bisa Anda pilih disini, mulai dari rasa original hingga kombinasi rasa kontemporer lainnya dengan dilengkapi cokelat, susu, keju, nangka, pisang, durian, jagung, oreo, strawberry, dan es krim.

Bagi yang suka pedas dan gurih, bisa juga pesan surabi dengan rasa tersebut kepada palayan. Tersedia juga surabi sosis, ayam, telur, dan kornet. Surabi Enhaii ini termasuk salah satu ikonnya tempat wisata kuliner di Bandung yang murah meriah lho, karena harganya hanya dibanderol 9 – 20 ribu saja.

29. Sate & Gule Kambing H.M Haris

Sate Kambing H.M Haris
Ilustrasi Sate Kambing H.M Haris (Foto : IG@bandung_eatery)

Buat para penggemar olahan daging kambing, wajib deh mampir ke Sate & Gule Kambing H.M Haris di Jl. Asia Afrika No. 155, Kota Bandung, Jawa Barat. Harganya bisa dibilang cukup mahal bila dibandingkan dengan tempat lain tapi tentu saja sebanding dengan rasa sate dan gulenya.

Rasa sate disini emang ajib banget apalagi kalau dimakan panas-panas dan dicocolin ke sambel kecap, yummi! Bau prengus/amis daging kambingnya pun tak begitu terasa, jadi Anda akan nikmat melahap satenya. Tak heran jika warung ini menjadi tempat makan sate enak di Bandung favorit wisatawan.

30. Mie Aceh Kak Mar

Mie Aceh Kak Mar
Mie Aceh Kak Mar (Foto : IG @kulinerbandung)

Hampir disetiap kota-kota besar di Indonesia, selalu bisa kita temui rumah makan atau restoran yang menyajikan menu utamanya berupa mie aceh. Nah, di kota Bandung pun demikian adanya, Anda bisa menemukan warung makan mie aceh di kota ini.

Namun, dari sekian kedai mie aceh yang ada di Bandung, rasanya Mie Aceh Kak Mar menjadi yang paling diburu oleh para pecinta kuliner. Disini, Anda dapat menikmati mie aceh yang dipadukan dengan aneka seafood seperti Cumi dan Udang, bumbu rempahnya khas dan terasa banget.

Selain mie aceh, ada juga menu nasi goreng yang tentunya dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Aceh. Yang asyiknya lagi, Mie Aceh Kak Mar sering ngadain promo diskon hingga 20 % lho! Lumayan kan buat menghemat budget?

Alamat Mie Aceh Kak Mar terletak di Jl.Sawunggaling No.2 (Satu tempat dengan Pohon Durian Cafe). Jam buka mulai pukul 11.00 – 24.00 WIB. Untuk harga dibanderol sekitaran 20 – 35 ribuan. Jika Anda penyuka pedas, bisa juga pesan mie aceh dengan cita rasa pedas sesuai selera.

Baca Juga : 20 Tempat Ngabuburit Di Bandung Yang Asik Dan Enak

31. Happy Lobster

Happy Lobster
Ilustrasi menu di Happy Lobster (Foto : via IG @kulinerbandung)

Ini dia tempat wisata kuliner seafood enak di Bandung yang wajib dicoba bagi para pecinta makanan laut. Namanya Happy Lobster berlokasi di Jalan Sukabumi depan Dishub Bandung.

Ada berbagai menu yang tersedia mulai dari lobster, kepiting, kerang hijau, kerang dara, dan lainnya. Bila sobat traveler lagi malas pergi keluar, bisa juga lho delivery order. Jadi, Anda tinggal nunggu di rumah, nanti akan diantarkan pesanannya. Tapi hanya untuk area kota Bandung lho ya!

32. PT. Rasa

PT. Rasa
Ilustrasi es krim di PT. Rasa (Foto : Ari Taruna Rizki)

Siapa sih yang tak suka es krim, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa tentu menyukai es krim bukan? Nah, buat Anda yang sedang mencari es krim enak di Bandung maka wajib mampir ke PT. Rasa yang sangat legendaris sejak tahun 1932 dan masih tetap hits hingga saat ini.

Restoran enak yang satu ini menyuguhkan sajian es krim yang homemade. Rasanya lembut dan nendang banget di lidah. Bikin nagih gitu deh! Harganya juga lumayan murah, sekitar 15 – 40 ribuan saja sesuai rasa dan toping yang dipesan.

Lokasi dan alamat PT. Rasa berada di Jalan Kejaksaan No.29, Sumur Bandung, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.

33. Mochilok

Mochilok
Ilustrasi cilok dan kue mochi di Mochilok (Foto : bandungview.info)

Ini dia tempat wisata kuliner baru di Bandung yang lagi hits banget, namanya Mochilok. Dari namanya saja tentu Anda akan bisa menerka apa kira-kira yang dijual disini bukan? Ya, outlet Mochilok menyajikan kue mochi yang merupakan makanan khas Sukabumi dengan camilan khas Bandung berupa cilok.

Dua jajanan yang dulunya dianggap sebelah mata ini, sekarang naik kelas karena inovasi dari Mochilok. Kue mochi yang dijajakan disini berisi ice cream lembut aneka rasa, ada Chocolate, Strawberry, Vanila Blue, Greentea dan Durian.

Untuk Ciloknya ada dua pilihan Original dan Bakar BBQ. Buat Anda yang ingin tahu rasa cilok asli pilih yang original, tapi bagi yang sudah akrab dengan rasa cilok klasik, bisa mencoba mencicipi cilok Bakar BBQ.

Saat ini Mochilok sudah banyak memiliki cabang, namun yang terkenal berada di Jalan Sekeloa No.31, Dipatiukur, Sekeloa, Coblong, Kota Bandung. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.

34. Sindang Reret

Sindang Reret
Sindang Reret (Foto : klikhotel.com)

Sindang Reret adalah salah satu rumah makan sunda di Bandung yang menyajikan menu andalan berupa karedok, berbagai macam olahan ikan gurame dan olahan ikan mas yang sangat lezat. Alamatnya terletak di Jl. Surapati No.53, Sadang Serang, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Menu makanan sunda dan sate ayam di Sindang Reret terkenal lezat. Kesan sundanya pun akan benar-benar terasa dengan kehadiran pelayan yang menggunakan pakaian khas sunda. Restoran ini cukup luas, bisa menampung 300 orang. Ada juga saung-saung yang bisa muat untuk 10 orang dalam satu saung.

35. Batagor Kingsley

Batagor Kingsley
Batagor Kingsley (Foto : mainmakan.com)

Kalau ngomongin batagor, mesti otomatis akan tertuju pada batagor Bandung bukan? Ya, kota ini memang terkenal akan jajanan yang satu ini. Ada banyak penjual batagor yang bisa Anda temui di kawasan kota Bandung.

Namun, ada satu kedai batagor yang wajib Anda coba karena legendaris dan masih hits sampai sekarang ini, namanya Batagor Kingsley. Lokasinya terletak di Jl. Veteran No.25, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Batagor Kingsley terasa spesial, karena menggunakan tahu Yunyi yang terkenal memiliki tekstur yang super halus. Bumbu kacangnya juga halus seperti bumbu sate, namun tetap legit. Disini tersedia juga batagor kuah yang tak kalah enak. Kuahnya yang gurih segar dicampur saledri, terasa cocok dengan tekstur tahunya.

36. Soto H. Gendut

Soto H. Gendut
Soto H. Gendut (Foto : sotohajigendut5.blogspot.co.id)

Siapa seh yang tak suka soto? Makanan khas Indonesia yang satu ini memang familiar sekali dikalangan masyarakat kita. Hampir setiap daerah memiliki soto khas yang unik dengan racikan bumbu serta toping yang berbeda-beda.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari tempat makan soto enak di Bandung maka Soto H. Gendut bisa menjadi pilihan yang tepat. Soto ini cukup terkenal karena kelezatan dan kepekatan kuat atas beragam racikan bumbunya.

Konon kabarnya, warung soto sulung khas madura H. Gendut sudah buka sejak tahun 1962 lho! Legend banget bukan? Untuk isi sotonya berupa telur rebus, daging ayam, jeroan bagi yang suka, kuah gurih asam, ditambah taburan bawang goreng dan sledri.

Bagi Anda yang tertarik ingin mencicipi kelezatan Soto H. Gendut bisa langsung menuju ke cabangnya yang tersebar di penjuru kota Bandung. Diantaranya berada di perempatan Jl. Riau – Jl. Merdeka, Jl. Cilaki, Jl. Setiabudi No. 168, Jl. Aceh No.38, Kacapiring, Batununggal, dan lainnya.

37. Warung Lela

Warung Lela
Ilustrasi menu makanan di Warung Lela (Foto : myfunfoodiary.com)

Warung Lela ini lebih dikenal dengan sebutan Wale, berlokasi di Jl. Kupa No.6, Cigadung, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB.

Warung ini terkenal sebagai salah satu tempat makan bakso dan yamin enak di dataran tinggi Bandung yang dingin. Pas banget bukan? Makan hidangan hangat di tengah udara dingin. View pemandangan alam yang bagus juga akan bisa Anda dapatkan disini.

Menu special disini yang wajib dicoba yaitu Mie Yamin Asin atau Manis dengan pilihan pelengkap bakso, pangsit rebus, dan siomay. Rasanya legit dan ajib banget deh. Anda juga bisa mencoba mie ayam lainnya seperti mie ayam jamur atau pun bakso. Harga sekitar masih dibawah 30 ribuan per porsinya.

Nah, itu dia referensi makanan enak yang bisa Anda coba selama liburan di kota Kembang. Bagi sobat traveler yang punya info terbaru tentang tempat wisata kuliner enak di Bandung yang lagi hits lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.