28 Tempat Makan Enak Di Jogja Untuk Buka Puasa

0 16,840

Tempat Buka Puasa Di Jogja – Selama Ramadhan, ternyata Jogja menawarkan aneka tempat makan enak untuk buka puasa. Kota Yogyakarta memiliki beberapa tempat yang sangat seru dan asik untuk menunggu saat berbuka puasa. Buka puasa merupakan salah satu moment yang paling dinantikan banyak orang, apalagi anak muda. Ngabuburit menjelang buka puasa adalah saat paling menyenangkan untuk bisa berkumpul bersama sahabat, teman bahkan keluarga.

Nah, bagi Anda yang kebetulan sedang berada di Jogja, Aneka Wisata telah menyiapkan daftar 28 tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa atau ngabuburit. Di tempat-tempat ini Anda bisa menikmati aneka kuliner Ramadhan khas Jogja dengan harga terjangkau. Yuk, simak aneka tempat buka puasa yang asyik dan enak di Jogja berikut.

Daftar Tempat Makan Enak Di Jogja Untuk Buka Puasa

1. Kampung Ramadhan Jogokaryan

Kampung Ramadhan Jogokaryan adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : insanwisata.com)
Kampung Ramadhan Jogokaryan adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : insanwisata.com)

Tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang pertama adalah Kampung Ramadhan Jogokaryan. Kampung ini terletak di daerah Mantrijeron. Seluruh kegiatan digelar di sepanjang jalan menuju masjid Jogokaryan. Disini disuguhkan berbagai kuliner dan juga sejumlah produk lain yang murni berasal dari masyarakat. Kampung Ramadhan ini termasuk salah satu tempat makan favorit di Jogja untuk buka puasa dan mencari takjil.

Selain menampilkan berbagai kuliner hasil olahan masyarakat, dalam Kampung Ramadhan Jogokaryan tersebut juga digelar lomba adzan tingkat DIY dan Jawa Tengah, serta dongeng untuk anak-anak setiap sore. Ada 200 pedagang yang aktif berjualan setiap masa Ramadhan dimulai. Bila Anda mencari tempat ngabuburit di Jogja, kampung ini salah satu tempatnya.

Masjid Jogokaryan Yogyakarta sendiri merupakan salah satu masjid dengan manajemen yang bisa menjadi acuan untuk masjid-masjid yang ada di Indonesia. Dengan Open manajemen sehingga setiap jama’ah bisa mengetahui kondisi keuangan dan manajemen lainnya sehingga anggota masyarakat atau jama’ah yang ada menjadi ikut handarbeni atau memiliki dan memeliharanya.

Selain itu pengurus Takmir juga membuat terobosan-terobosan baru sehingga setiap warga Jogokaryan mempunyai kebanggaan terhadap masjidnya. Program yang menjadi kebanggaan saat ini adalah dirintisnya TV Komunitas di masjid Jogokaryan dengan nama JKTV, dan perintisan Islamic Center.

Bahkan sejak tahun 1995, setiap jama’ah yang kehilangan sandal atau sepatu di masjid tersebut bila melapor ke Takmir maka pihak takmir akan mengganti dengan sandal atau sepatu yang baru dengan merk yang sama. Info lengkap tentang masjid Jogokaryan bisa kamu follow twitternya di @jogokaryan.

2. Jalur Gaza

Jalur Gaza adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : detik foto)
Jalur Gaza adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : detik foto)

Selain di Jogokaryan, tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dapat juga Anda temukan di sepanjang Jalan Nitikan dengan nama “Jalur Gaza”. Ternyata istilah Jalur Gaza ini merupakan kependekan dari Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada. Hehe agak maksa sebenarnya.

Di Jalur Gaza ini, berbagai aneka makanan dan minuman menu buka puasa digelar. Ada Es buah, kelapa muda, tahu borneo, pisang hijau, coro (makanan khas Jogja yang terbuat dari ketan), kolak, buah kurma, kue pukis serta sayur. Makanan kecil dan minuman harganya mulai dari Rp. 500 hingga Rp 5.000 untuk aneka lauk.

Selain terdapat aneka jajanan, masyarakat juga bisa mendapatkan siraman rohani sambil menunggu buka puasa. Di pinggir jalan kawasan itu masyarakat bisa mengikuti pengajian di Masjid Muthohhirin. Jalur Gaza ini termasuk salah satu lokasi ngabuburit favorit di Jogja selain Kampung Ramadhan Jogokaryan.

3. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa secara gratis setiap hari kamis dengan menu gulai kambing (Foto : masjidgedhe.or.id)
Masjid Gedhe Kauman adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa secara gratis setiap hari kamis dengan menu gulai kambing (Foto : masjidgedhe.or.id)

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, masjid tertua yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I, merupakan persembahan khusus Sultan kepada kaum duafa. Selain sebagai salah satu destinasi wisata Jogja yang sering dikunjungi wisatawan, masjid ini juga menjadi tempat favorit untuk buka puasa warga saat bulan Ramadhan tiba.

Masjid Gedhe memiliki sebuah tradisi yang hadir setiap bulan puasa yaitu berupa takjil. Takjil khas yang menjadi tradisi beratus tahun itu akan hadir setiap hari Kamis yang berupa gulai kambing. Setiap tahunnya takmir masjid setiap hari menyediakan 600-700 porsi takjil untuk dibagikan kepada mastarakat! Waaahhh.

Kawasan di sekitar masjid merupakan kawasan pemukiman para santri ataupun ulama. Pemukiman tersebut lebih dikenal dengan nama Kauman dan Suronatan. Dalam perjalanan historis Yogyakarta, kehidupan religius di kampung tersebut menjadi inspirasi dan tempat yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya gerakan keagamaan Muhammadyah pada tahun 1912 M yang dipimpin oleh K.H.A. Dahlan.

Biasanya warga Jogja menunggu waktu Maghrib sambil membaca buku-buku agama, berdzikir, bahkan diskusi keagamaan. Setelah shalat Maghrib biasanya warga melanjutkan dengan ibadah Tarwih berjamaah. Ingin tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dan gratis? Datang saja ke Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

4. Lembah UGM

Lembah UGM adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa favorit anak muda untuk ngabuburit (Foto : eatjogja.com)
Lembah UGM adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa favorit anak muda untuk ngabuburit (Foto : eatjogja.com)

Ini adalah kawasan paling gaul di Yogyakarta, karena terletak di sekitaran kampus UGM dan sangat dekat dengan masjid kampus UGM. Selama masa Ramadhan area lembah UGM berubah menjadi pasar tiban. Kebanyakan yang berjualan disini adalah anak-anak muda dengan produk kuliner kreatifnya. Mau roti goreng isi, bakwan kawi, tempura, es dawet, pallu butung, jamur goreng, takoyaki bahkan jajanan pasar semuanya lengkap disini.

Suasana urban bisa Anda rasakan dari komoditas yang umumnya adalah varian makanan dari negeri seberang seperti misalnya sosis bakar Jerman, roti cane khas India, kimbab ala Korea, dll. Meski begitu bukan berarti makanan lokal kehilangan pamor. Stan mendoan khas Banyumas terlihat ramai, bersanding mesra dengan penjual sup buah dan es tebu. Tak heran jika lembah UGM menjadi salah satu tempat ngabuburit di Jogja yang asik favorit anak muda.

Area ngabuburit di lembah UGM ini sangat cocok buat Anda yang mau menunggu waktu buka bersama teman, sahabat bahkan pacar hehe. Kalau sore jadi area ngabuburit, Minggu pagi area ini jadi kawasan pasar tiban Sunday Morning. Kawasan ini termasuk salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang pas untuk anak muda, apalagi mahasiswa. Anda juga bisa mendapat takjil gratis di Masjid Kampus UGM.

5. Kampung Ramadhan Kauman

Kampung Ramadhan Kauman adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : pegipegi.com)
Kampung Ramadhan Kauman adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : pegipegi.com)

Kampung ini pasti sudah tidak asing lagi ya. Kampung yang letaknya strategis yaitu di barat km 0 Jogja atau di sebelah baratnya gedung bank BNI dan Kantor Pos Pusat. Kampung ini sudah terkenal sejak lama sebagai kampung peradaban islam. Aneka jajanan pasar tradisional dan minuman seperti kolak, es blewah dan lain-lainnya tersedia di sepanjang gang Kauman.

Karena letaknya yang strategis sudah semestinya tempat ini ramai dikunjungi. Sehabis membeli takjilan di Kampung Ramadhan Kauman kita bisa melanjutkan ngabuburit di sekitaran kawasan Km 0, alun-alun, taman sari dan sekitarnya.

Berada di gang sempit di daerah Kauman yang legendaris, Kampung Ramadan Kauman tak pernah absen dari destinasi ngabuburit warga Jogja. Maklum saja, di tempat inilah kampung Ramadan tertua di Yogyakarta digelar sejak tahun 1973. Suasana tempo dulu sangat terasa karena Kauman adalah pemukiman tua dengan arsitektur kampung yang masih didominasi bangunan lawas.

Puluhan stan berderet rapi di depan rumah warga, menyajikan berbagai lauk pauk untuk hidangan berbuka puasa. Kampung Ramadhan Kauman telah menjelma menjadi salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa.

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah beraneka macam pepes mulai dari pepes tahu hingga kerang. Berbagai jenis jajanan pun terlihat menggoda untuk dicicipi. Dari sekian banyak kudapan, kicak adalah makanan yang paling dicari karena hanya muncul di bulan Ramadan.

Kicak yang berbahan baku ketan, gula, parutan kelapa, dan irisan nangka ini pertama kali dibuat oleh warga Kauman bernama Mbah Wono. Hingga kini, kicak bikinannya masih jadi buruan setiap Ramadan datang. Ada juga setup jambu yang konon merupakan salah satu minuman kesukaan Sultan HB IX dan X. Minuman ini enak dinikmati baik dalam keadaan panas atau dingin.

6. Sepanjang Jalan Kaliurang

Kalimilk adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang salah satu cabangnya berada di Jalan Kaliurang Jogja (Foto : sauskecap.com)
Kalimilk adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang salah satu cabangnya berada di Jalan Kaliurang Jogja (Foto : sauskecap.com)

Ini dia kawasan paling ramai dengan PKL yang berjualan aneka kuliner khas Ramadhan. Jadi jika Anda lewat jalan Kaliurang dan sudah saatnya buka puasa, bisa mampir kok. Gerobak-gerobak penjual es doger, batagor, jajanan pasar bahkan aneka penyetan untuk makan malam tersedia di sepanjang jalan Kaliurang. Tidak akan kelaparan deh dengan banyaknya pilihan. Kawasan ini juga dekat dengan bank, jadi tidak perlu takut susah untuk membawa uang.

Jalan Kaliurang merupakan salah satu pusat tempat makan di Yogyakarta yang lengkap dan enak maknyus rasanya. Anda bisa menemukan warung Spesial Sambal, penyetan, Waroeng Steak, gudeg, sate padang, kedai susu sampai burger juga ada! Berbagai tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa seolah-olah berkumpul semua di sepanjang jalan Kaliurang. Mau ngabuburit disini? Bisa banget, cuma hati-hati yah agak macet apalagi saat jam kantor selesai.

7. Bukit Bintang Hargo Dumilah

Bukit Bintang Hargo Dumilah adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menawarkan suasana romantis dengan pemandangan kota Jogja dari ketinggian (Foto : tulustraveler88.blogspot.com)
Bukit Bintang Hargo Dumilah adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menawarkan suasana romantis dengan pemandangan kota Jogja dari ketinggian (Foto : tulustraveler88.blogspot.com)

Ini merupakan salah satu tempat favorit warga Yogyakarta dan sekitarnya untuk ngabuburit. Sambil menunggu berbuka puasa dan menikmati menu makanan di beberapa restoran di sana akan membuat Anda merasa puas. Karena Anda disuguhkan dengan pamandangan indah dari ketinggihan.

Anda bisa melihat kota Jogja dari sana, jika malam tiba lampu-lampu mulai hidup akan terasa bahwa Anda diatas langit dan melihat taburan bintang-bintang berpadu dengan titik-titik lampu kota. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa. Anda tinggal melalui jalan Wonosari, lurus kemudian menanjak ke arah patuk, nanti lokasi bukit bintang ada di bagian sebelah kanan.

8. Lesehan Sayidan

Lesehan Sayidan adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang nyaman di tepi sungai (Foto : eatjogja.com)
Lesehan Sayidan adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang nyaman di tepi sungai (Foto : eatjogja.com)

Salah satu lesehan yang rame dikala buka puasa adalah lesehan sayidan. Selain menyediakan menu yang bervariasi lesehan sayidan juga memiliki tempat yang cukup nyaman. Jika Anda berminat buka puasa di lesehan sayidan lebih baik Anda terlebih dahulu memboking tempat agar sesuai dengan yang Anda harapkan. Anda bisa memilih tempat di pinggiran sungai, di bagian atas, maupun di bawah.

Lokasi tempat makan enak di Jogja ini dapat Anda akses dari perempatan gondomanan ke timur, kanan jalan setelah jembatan merupakan tempat lesehan sayidan berada. Memang tampak kecil dari jalan, namun coba untuk masuk/turun ke bawah maka Anda akan menemukan tempat yang cukup besar dan leluasa untuk buka puasa di tengah kota Jogja. Lesehan Sayidan termasuk salah satu tempat ngabuburit di Jogja favorit anak muda.

9. Lapangan Karang

Sate karang salah satu menu kuliner Lapangan Karang yang merupakan tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang berada di kawasan Kota Gede (Foto : wisatakita.web.id)
Sate karang salah satu menu kuliner Lapangan Karang yang merupakan tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang berada di kawasan Kota Gede (Foto : wisatakita.web.id)

Sejenak mari kita susuri tempat makan enak di Yogyakarta bagian timur yaitu Kota Gede. Disini ada tempat makan favorit di Jogja untuk buka puasa yaitu Lapangan Karang. Meskipun warung-warung disini tiap harinya juga buka tapi kalau menjelang buka puasa suasananya semakin ramai.

Di tempat ini Anda bisa berbuka di tempat maupun memesan makanan untuk dibawa pulang. Jangan salah, pasar ramadhan yang satu ini lokasinya sangat luas, Anda bisa saja meminta tikar dan Anda bawa ke tempat yang Anda rasa nyaman.

10. Kuliner Pantai Di Bantul

Kuliner Pantai Depok adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menyajikan aneka masakan laut atau seafood (Foto : tengakarta.wordpress.com)
Kuliner Pantai Depok adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menyajikan aneka masakan laut atau seafood (Foto : tengakarta.wordpress.com)

Jika Anda ingin berbuka puasa dengan suasana pantai, tidak salah jika Anda mencoba berkunjung ke berbagai pantai di Bantul, mulai dari pantai depok, pantai kwaru, sampai pantai baru. Pada bulan puasa seperti ini pantai-pantai tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan yang sengaja datang untuk melakukan kegiatan buka bersama.

Ada baiknya jika Anda akan berbuka puasa bersama dengan banyak orang terlebih dahulu survey dan booking tempat sehingga di hari H tidak bingung karena saking banyaknya warung makan disana.

11. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menyajikan makanan khas Jogja berupa gudeg (Foto : Clara Rondonuwu, wego.co.id)
Gudeg Yu Djum adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menyajikan makanan khas Jogja berupa gudeg (Foto : Clara Rondonuwu, wego.co.id)

Ingin buka puasa dengan makanan khas Jogja? Datang saja ke Gudeg Yu Djum. Lokasi warung Gudeg Yu Djum terletak di Jalan Wijilan, jalan Kaliurang km. 4 dan di jalan Adisucipto. Gudeg Yu Djum adalah salah satu gudeg yang paling enak dan terkenal di Jogja dengan cita rasa dan keunikannya. Gudeg Yu Djum menyajikan gudeg kering yang terkenal memiliki rasa yang gurih dan lezat, cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Warung Gudeg Yu Djum juga memberikan kesempatan kepada wisatawan asing dan domestik untuk dapat langsung melihat proses pembuatan Gudeg, atau bahkan terlibat dalam proses pembuatannya. Bisnis ini diteruskan secara turun menurun dan sekarang sudah generasi ke-empat. Recommended banget loooh buat Anda coba! Gudeg Yu Djum termasuk salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa bagi Anda penggemar gudeg.

12. House Of Raminten

House Of Raminten adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang bernuansa jawa (Foto : numberonetrip.com)
House Of Raminten adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang bernuansa jawa (Foto : numberonetrip.com)

House Of Raminten merupakan tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang sekaligus sebagai tempat nongkrong di Yogyakarta yang buka selama 24 jam penuh. Angkringan semi cafe ini menyediakan beragam menu mulai dari menu angkringan hingga menu-menu yang terdengar unik dan nyentrik. Suasana tradisional Jawa sangat kentara di cafe ini.

Arsitektur rumah makan ini terbilang luar biasa. Anda bisa menemukan sebuah kereta kuda di luar rumah makan, sedangkan di dalamnya Anda bisa melihat ruangan berarsitektur Jawa dengan wangi dupa khas. Seakan belum lengkap, Anda akan makan diiringi dengan gending Jawa yang terus mengalun di rumah makan ini.

Selain arsitektur dan menunya, pelayan di sini juga memakai pakaian khas yang berupa kemben Jawa. Di meja, terdapat sebuah kentongan yang digunakan untuk memanggil pelayan jika Anda membutuhkan sesuatu. Lokasi dan alamat House of Raminten berada di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta.

13. Banyu Mili

Ilustrasi Udang Bakar Madu Banyu Mili, salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang memadukan wisata air dan kuliner (Foto : eatandrelish.com)
Ilustrasi Udang Bakar Madu Banyu Mili, salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang memadukan wisata air dan kuliner (Foto : eatandrelish.com)

Banyu Mili adalah Rumah Makan Jogja yang menggabungkan konsep rumah makan, kolam renang dan water byur serta danau dan pemancingan. Rumah makan ini memang berada satu lokasi dengan wisata air yang terdiri dari kolam renang, wahana air serta hutan dan danau buatan. Sebuah tempat rekreasi sekaligus wisata kuliner yang cocok bagi keluarga. Tempat makan enak di Jogja ini pas banget buat buka puasa bersama keluarga atau pun teman-teman dekat.

Puas bermain air sambil menunggu buka, saatnya Anda memuaskan lidah dan perut. Coba cicipi menu andalan di sini yaitu udang bakar madu. Udang yang digunakan merupakan hasil budidaya sendiri sehingga dipastikan masih segar saat dimasak.

Menu lain yang tak kalah lezat adalah gurame bakar, ayam goreng dan juga cumi bakar. Lokasi dan alamat Banyu Mili Contry Club terletak di Perum Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5, Yogyakarta. Jam buka: 10:00 – 22:00 (Resto) dan 07:00 – 18:00 (Wahana rekreasi).

14. Lesehan Aldan

Lesehan Aldan adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang murah meriah (Foto : visitingjogja.com)
Lesehan Aldan adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang murah meriah (Foto : visitingjogja.com)

Ini dia tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang murah meriah harga mahasiswa banget. Anda bisa mengunjungi lokasi Lesehan Adan di Jl. Dr. Sutomo, lokasi dimana salah satu cabangnya berada. Datang ke Lesehan Aldan sebetulnya sama dengan masuk ke lesehan biasa. Namun ada yang mengusik perhatian adrenalin kuliner Anda akan memuncak di sini. Ternyata, pilihan sambalnya istimewa dan cukup membuat lidah Anda keriting!

Meski ramainya tidak karuan tapi pelayanan di rumah makan ini sangat memuaskan. Tak heran jika menu pesanan Anda akan dengan cepat dapat tersaji di hadapan Anda. Rasa makanannya benar-benar enak. lezat, dan maknyus. Hal yang lebih memuaskan tentu saja adalah sambal-sambalnya.

Sambal cobeknya memiliki rasa dominan yang gurih dengan tingkat pedas yang tinggi. Dijamin bikin meleleh. Sedangkan sambal tempenya bisa dibilang tak terlalu pedas dan memiliki aroma wangi khas bawang putih mentah. Kedua sambal ini benar-benar juara.

Dengan harga yang terjangkau, tapi rasa yang disajikan oleh Lesehan Aldan sangat memuaskan. Tak heran jika rumah makan ini selalu dipenuhi pengunjung. Tak hanya mahasiswa, beberapa pengunjung pun tampak seperti pegawai kantoran yang cukup mapan. Jadi dibalik harga menu Lesehan Aldan yang murah terdapat cita rasa kelezatan yang memuaskan. Pas banget buat tempat buka puasa di Jogja bagi Anda penyuka sambal.

15. Soto Stasiun Tugu

Soto Stasiun Tugu adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dengan menu soto sulung Madura yang legendaris (Foto : yogyes.com)
Soto Stasiun Tugu adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dengan menu soto sulung Madura yang legendaris (Foto : yogyes.com)

Soto Sulung Stasiun Tugu adalah soto sulung yang paling legendaris di jantung Kota Jogja. Didirikan sejak tahun 1968, soto di sini menjadi kuliner yang digemari karena kelezatannya yang mampu membuat para pelanggannya tetap setia. Wajar saja jika Soto Stasiun Tugu ini masuk dalam daftar tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa.

Siapa yang tidak tahu soto sulung? Soto khas Madura ini berisi daging sapi atau jeroan sapi seperti babat, usus, paru-paru dan hati dengan kuah yang pekat. Soto ini juga dipermanis dengan potongan telur rebus yang membuat isiannya makin wah. Adalah Soto Sulung Stasiun Tugu yang membawa keistimewaan soto sulung dari Madura ke Yogyakarta.

Warung soto yang didirikan sejak tahun 1968 oleh Bapak (alm.) Marjuddin, kini sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di penjuru Yogyakarta. Warung yang berlokasi di kios area parkir selatan Stasiun Tugu kini menjadi salah satu ikon kuliner di Yogyakarta dan selalu menjadi buruan bagi pecinta kuliner, tak kecuali ketika bulan puasa tiba.

16. Bale Ayu Resto

Bale Ayu Resto adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menyajikan aneka olahan gurame (Foto : jogjaheritagecity.com)
Bale Ayu Resto adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menyajikan aneka olahan gurame (Foto : jogjaheritagecity.com)

Bale Ayu Resto menawarkan aneka olahan gurameh atau gurami bercita rasa istimewa. Berbagai pilihan kuliner lainnya juga tak kalah menggoda. Tempatnya luas dengan joglo, area lesehan dan gazebo, pas sebagai tempat untuk menjamu kolega atau bersantai bersama keluarga.

Tempat makan enak di Jogja ini juga pas banget buat buka puasa bersama keluarga atau teman-teman dekat. Lokasi dan alamat Bale Ayu Resto terletak di Jl. Ipda Tut Harsono 58 Timoho, Yogyakarta atau di Jalan Imogiri Km. 6 Yogyakrta (100 meter Selatan Terminal Giwangan) Jam Buka (umum): 09.00-21.00 WIB Jam Buka (Lebaran): 16.00-22.00 WIB.

Di Bale Ayu Resto ini Anda akan menemukan 18 varian menu olahan gurami diantaranya adalah Gurami saus bale ayu, gurami crispy, asam manis dan Gurami bakar Bale bale ayu restoAyu. Ikan gurami segar yang diolah menggunakan bumbu – bumbu rahasia Bale Ayu resto menjadikan masakan istimewa. Selain berbagai olahan menu gurami tersebut, pengunjung juga bisa mendapatkan aneka sup sebagai appetizer, olahan ayam, bebek dan juga seafood.

Yang paling digemari oleh para tamu adalah cumi goreng tepung, bahkan Anda juga dapat menikmati menu pendamping seperti jamur crispy, wader goreng kering dan terong goreng. Minuman di Bale Ayu Resto juga cukup lengkap yakni jahe pandan Bale Ayu, Es teler Bale Ayu, es buah pelangi, atau es cokelat Bale Ayu.

Beberapa minuman tradisional pun juga tersedia diantaranya beras kencur, gula asem segar, wedang pletok, wedang uwuh dan es kelapa muda. Sangat pas bukan sebagai menu buka puasa?

17. Phuket Thai Resto

Ilustrasi kerang hijau masak kemangi di Phuket Thai Resto, salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menyajikan aneka makanan khas Thailand (Foto : realteenation.wordpress.com)
Ilustrasi kerang hijau masak kemangi di Phuket Thai Resto, salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menyajikan aneka makanan khas Thailand (Foto : realteenation.wordpress.com)

Ingin buka puasa dengan menu makanan khas Thailand? Tidak usah jauh-jauh ke Thailand karena di Phuket Anda bisa menikmatinya. Cobain tim yam, Padthai seafood, dan kwetiaunya, hmmm… yummy abiz, maknyus bikin ketagihan dan ingin datang lagi. Rumah makan ini, kini telah berkembang dan memiliki empat gerai di Jogja, salah satunya di Jl. HOS. Cokroaminoto No.240, Yogyakarta.

Jika Anda kesini, sempatkan untuk menyantap Chicken Pad Thai, yang merupakan Kwetiaw bergaya Thailand. Rasanya benar-benar lezat. Perpaduan gurih, dan pedasnya benar-benar memanjakan lidah Anda. Apabila Anda ingin menaikkan tingkatan pedas dan segarnya, Anda bisa menambahkan sambal hijaunya yang berupa perpaduan cabai hijau dan jeruk nipis.

Benar-benar luar biasa. Empuknya kwetiaw, lembutnya potongan-potongan ayam, serta segar dan pedasnya sambal hijaunya benar-benar akan memuaskan Anda.

Selain makan besar, Anda pun bisa mencicipi hidangan snack khas Thailand, Roti Naan. Sekilas, Roti Naan ini mirip dengan Roti Cane. Yang membedakannya adalah bahwa roti Naan lebih mengembang. Roti Naan disini juga disertai dengan susu kental manis. Cita rasanya yang manis sangat pas untuk disantap sebagai makanan saat buka puasa apalagi jika ditemani segelas Thai Green Tea yang manis dan memikat, hmmm… benar-benar maknyus.

18. Gubug Makan Mang Engking Jogja

Gubug Makan Mang Engking Jogja adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dengan menu specialis udang bakar madu (Foto : mangengkinggroup.com)
Gubug Makan Mang Engking Jogja adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dengan menu specialis udang bakar madu (Foto : mangengkinggroup.com)

Doyan seafood? Wajib banget dateng ke gubug Mang Engking! Disini Anda bisa makan seafood yang fresh dengan porsi super banyak! Bukan hanya rasa, tempat yang super cozy akan menambah kenikmatan Anda pas buka puasa. Mang Engking memang salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang cocok untuk penggemar seafood atau makanan laut terutama udang.

Gubug Makan Mang Engking merupakan resto udang bakar madu yang sudah sangat populer dikalangan penikmat makanan. Resto udang ini memang banyak direkomendasikan sebagai salah kuliner enak di Jogja yang harus dicoba. Meski berada cukup jauh dari kota Jogja, Gubug Makan Mang Engking Jogja tidak pernah sepi dari pengunjung.

Gubuk makan Mang Engking Jogja menyajikan menu utama berupa udang bakar madu. Selain itu juga menyediakan menu udang dengan berbagai variasi masakan serta berbagai menu masakan ikan seperti ikan gurame dan nila.

Gubug makan Mang Engking Jogja memiliki 2 cabang yaitu Mang Engking Godean dan Mang Engking Soragan. Alamat Gubug Makan Mang Engking Jogja Godean berada di dusun Jamur, Sendang Rejo, Minggir Sleman Yogyakarta Telepon : (0274) 7489 732, 0858 680 20045. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Jogja, sekitar 20 km dan dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan.

Selain di Godean yang lokasinya jauh di pedesaan, Gubug Makan Mang Engking Jogja juga membuka cabang di Jl. Soragan yang lokasinya dekat dengan pusat kota Jogja. Berbeda dengan Mang Engking Godean yang bernuansa pedesaan yang alami, Mang Engking Soragan menempati bangunan berupa kastil peninggalan jaman Belanda bernuansa klasik ala bangsawan-bangsawan eropa. Namun demikian di bagian belakang juga terdapat kolam ikan lengkap dengan gazebo-gazebo khas warung makan ala Sunda.

Di Gubug Makan Mang Engking Jogja juga disediakan tempat bermain anak dengan beberapa arena permainan sehingga ketiga menunggu makanan dibuat anak-anak dapat bermain dan tidak bosan. Ada juga perahu yang dapat digunakan untuk bermain dikolam sekitar gazebo. Pas banget buat tempat buka puasa di Jogja bersama keluarga atau pun teman-teman dekat.

19. The Twizel Baked Rice

Ilustrasi Beef Blackpepper Baked Rice di The Twizel Baked Rice, salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menyajikan aneka nasi panggang (Foto : twizel.co.id)
Ilustrasi Beef Blackpepper Baked Rice di The Twizel Baked Rice, salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menyajikan aneka nasi panggang (Foto : twizel.co.id)

Bosen buka puasa pakai nasi biasa? Cobalah datang ke tempat makan enak di Jogja yang bernama The Twizel Baked Rice. Di Twizel Anda bisa nyobain nasi yang tidak biasa yaitu nasi panggang. Disini menyajikan berbagai jenis nasi panggang.

Cobain chicken mushroomnya, dengan isi nasi, ayam, jamur dan keju leleh yang pas dan enak banget! Selain itu dekorasinya yang anak muda banget pas buat Anda dan temen-temen untuk buka puasa dan nongkrong. Lokasi rumah makan enak di Jogja yang mungil ini terletak di Jl. Raya Kledokan B 10 Yogyakarta.

Anda bisa mencoba Blackpepper Beef Baked Rice untuk buka puasa. Porsinya cukup besar dan komposisi daging dan nasinya pun seimbang. Perpaduan rasa paprika, keju, dan beef blackpeppernya benar-benar luar biasa. Potongan paprika hijau segar yang ditaburkan diatasnya, dan berbalut keju yang meleleh ini memberikan perpaduan rasa yang lezat dan meyegarkan.

Kelezatannya akan semakin memuncak ketika Anda menambahkan daging berbumbu lada hitam yang menggigit dan nasi panggangnya, dijamin langsung bertambah nafsu menyantapnya. Aroma nasi yang terpanggang ini memberikan sensasi kelezatan yang unik. Satu hal lagi yang tidak kalah menarik adalah kesegaran teh lecinya. Rasa segar lecinya langsung mengembalikan energi Anda setelah seharian menahan lapar dan haus.

20. Ayam Cobek Prabowo

Ayam Cobek Prabowo adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang cocok buat pecinta pedas (Foto : jogjamediapromo.com)
Ayam Cobek Prabowo adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang cocok buat pecinta pedas (Foto : jogjamediapromo.com)

Ini dia tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa bagi Anda yang suka pedas, yaitu Ayam Cobek Prabowo. Dengan harga yang super murah, Anda sudah bisa menikmati suguhan ayam cobek yang pedasnya khas dan dapat membakar mulut serta sayur asem yang menyegarkan. Selain kedua menu andalan tersebut, terdapat juga bebek, lele serta pindang goreng yang tak kalah lezatnya.

Lokasi dan alamat Ayam Cobek Prabowo ada di berbagai ruas jalan, khususnya di kawasan yang padat mahasiswa seperti Selokan Mataram, Jl. Kaliurang, Jl. Affandi (Gejayan), maupun Babarsari. Dengan membuka gerai di kawasan yang strategis, tak heran jika rumah makan enak di Jogja ini selalu padat oleh pengunjung.

Rasa pedas makanan disini begitu menggigit dan gurihnya sambal terasa begitu pas disantap dengan ayam gorengnya. Meski tak terlalu pedas namun kelezatan sambal ini akan langsung menambah nafsu makan Anda. Terlebih lagi ketika menyantapnya bersama sambal gobyos kemringet yang super pedas.

Ngga bisa berhenti ngunyah deh. Oiya, Anda bisa mencoba menu keroyokan yang terdiri dari ayam, tahu, tempe, telur, nasi, dan sambal. Pas banget deh buat menu buka puasa bersama keluarga dan teman-teman dekat.

21. Kedai Rumah Pohon

Kedai Rumah Pohon adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dengan sensasi di ketinggian (Foto : kuliner.panduanwisata.id)
Kedai Rumah Pohon adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dengan sensasi di ketinggian (Foto : kuliner.panduanwisata.id)

Ingin merasakan buka puasa dengan sensasi di ketinggian? Cobalah mengunjungi Kedai Rumah Pohon Mas Dewo di Blunyahrejo. Kedai Rumah Pohon ini berupa bangunan bambu berlantai dua yang artistic dan menyerupai rumah pohon. Di kedai ini, Anda dapat menyantap makanan-makanan berat seperti Iga Bakar, Iga Brongkos, Brongkos Keraton, Gurameh Bakar, Nasi Guendheng, Gulai Goreng, Jamur Tiram Tepung, Penyetan, Sate Udang Bakar, Sambal Leak, Es Teller 21, Jus Buah, dan Wedang.

Selain menampilkan keunikan dari segi arsitektur, Kedai Rumah Pohon Mas Dewo juga menghadirkan Gardu Pandang. Dari Gardu Pandang ini, Anda dapat menikmati keindahan Gunung Merapi dari kejauhan, namun waktunya hanya terbatas hingga sore hari. Rumah makan ini termasuk salah satu tempat makan enak d Jogja yang pas buat buka bersama keluarga atau sahabat-sahabat dekat.

22. Kedai Rakjat Djelata

Kedai Rakjat Djelata adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dengan suasana tempo dulu (Foto : makanjogja.com)
Kedai Rakjat Djelata adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dengan suasana tempo dulu (Foto : makanjogja.com)

Sekilas dari namanya, pikiran Anda pasti akan tertuju pada suasana rumah makan yang benar-benar jelata. Dan memang benar, suasana Kedai Rakjat Djelata seperti warung makan tempo dulu dimana penyajian makanannya dilakukan di atas piring kaleng.

Uniknya lagi, para pegawai kedai ini mengenakan pakaian khas Jawa yaitu kaos singlet putih, training batik, dan blangkon. Tembok kedai ini hanya diplester, di dindingnya terdapat aneka uang kertas palsu zaman dulu, dan tulisan pada menunya bergaya lampau. Tempat makan enak di Jogja ini pas untuk buka puasa bagi Anda yang ingin merasakan suasana tempo dulu.

Di Kedai Rakyat Djelata ini, Anda dapat menyantap sajian khas Jawa seperti oseng-oseng mercon, sayur oseng, dan aneka sate khas Angkringan. Setiap hari Kedai Rakjat Djelata menghadirkan menu yang berbeda. Namun roti bakar dan es selalu ada setiap hari.

Dua makanan favorit di kedai ini adalah Roti Bakar Stroberi Keju yang menggunakan Gula Jawa sebagai pemanis utama dan Es Kembang Desa yang mencampurkan kolang-kaling, buah sawo, dan gula batu. Untuk merasakan sensasi makan tempo dulu, Anda dapat mengunjungi Kedai Rakjat Djelata di Jl. Dr. Sutomo 54 Yogyakarta.

23. Kampung Arab

Kampung Arab adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menyajikan makanan khas timur tengah dengan suasana Arab (Foto : gudeg.net)
Kampung Arab adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang menyajikan makanan khas timur tengah dengan suasana Arab (Foto : gudeg.net)

Ingin buka puasa dengan suasana Arab di tengah Kota Jogja? Tentu bisa. Anda dapat mengunjungi Kampung Arab. Interior bangunannya didominasi oleh warna merah dan hitam dan kubah-kubah Timur Tengah. Di sini Anda dapat memilih ingin duduk di kursi atau duduk lesehan di karpet dengan ditemani guling khas Arab.

Kampung Arab menyediakan menu khas Timur Tengah seperti nasi kebuli, nasi campur, nasi goreng kambing, pastel daging cabe ijo, sate sapi, kebab, dan roti kering isi telur dan bawang Bombay.

Nampak dari depan, interior resto ini di dominasi oleh warna merah dan hitam dengan ornamen-ornamen bentuk kubah khas bangunan timur tengah. Begitu memasuki resto ini, atmosfer Timur Tengah langsung terasa. Karpet, gordyn atap bergelombang serta musik berbahasa arab menambah kental suasana timur tengah di Kampung Arab.

Benar-benar tempat makan enak di Jogja yang pas buat buka puasa dengan nuansa Arab. Penasaran? Datang saja ke lokasi dan alamat Kampung Arab di Jl. Palagan Tentara Pelajar 65B, Yogyakarta.

24. Bong Kopitown

Bong Kopitown adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dengan suasana penjara (Foto : yogyes.com)
Bong Kopitown adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dengan suasana penjara (Foto : yogyes.com)

Ingin sekali-kali merasakan buka puasa ala narapidana? Datang saja ke kafe dengan suasana penjara bernama Bong Kopitown. Kafe penjara ini menghadirkan para pelayan yang mengenakan pakaian khas Narapidana, sipir penjaga meja kasir, dan peralatan makan berbahan aluminium. Begitu duduk, pelayan akan mendatangi Anda dengan memberikan koran yang berisi menu makanan.

Bong Kopitown sendiri menyajikan menu khas peranakan Cina seperti nasi dan sayur cap cay, sapo tahu, mi medan, rendang dengan 8 level kepedasan. Ada juga menu Pontianak Crab Noodle, dimana mi-nya diambil langsung dari Pontianak. Selain itu, Bong Kopitown juga menyajikan menu santai seperti rujak Singkawang, kopi tetes, dan Ice Lychee Tea.

Lokasi dan alamat Bong Kopitown terletak di Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta. Jam buka: 10:00 – 24:00. Bong Kopitown termasuk salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang wajib dikunjungi bagi Anda yang menginginkan suasana yang unik.

25. Jejamuran

Jejamuran adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : bhellabhello.wordpress.com)
Jejamuran adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : bhellabhello.wordpress.com)

Bagi Anda penggemar masakan jamur atau vegetarian, Jejamuran nampaknya menjadi tempat makan enak di Jogja yang wajib Anda kunjungi saat berbuka puasa. Di resto ini Anda bisa menikmati aneka olahan jamur dari mulai Sate Jamur, Sup Jamur, Pepes Jamur, Rendang Jamur, Tongseng Jamur dan menu lainnya yang terbuat dari jamur.

Jamur yang digunakan sangat bervariasi, dari mulai jamur hitam, jamur tiram, jamur merang, shitake, jamur kancing sampai jamur lingzhie juga tersedia lengkap dan siap untuk diolah menjadi berbagai menu andalan yang siap mengocok perut Anda. Rasanya benar-benar enak dan maknyus.

Sambil menunggu pesanan makanan datang, Anda bisa melihat-lihat bagian belakang rumah makan yang dijadikan perkebunan jamur. Di sini diperlihatkan jenis-jenis jamur dan cara-cara berkebun jamur. Ada beberapa pemandu yang menerangkan seluk beluk jamur, dan Anda bisa membeli baglog yang sudah siap tumbuh untuk dibawa pulang.

Penasaran bukan? Datang saja ke lokasi dan alamat Jejamuran di Jl. Magelang KM. 11 RT. 01 RW. 20, Desa Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55512, Indonesia, Telp. +62 274 868170. Restoran yang buka mulai dari pukul 10.00- 09.00 malam.

26. Kedai Kebun

Kedai Kebun adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : makanjogja.com)
Kedai Kebun adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : makanjogja.com)

Ingin buka puasa dengan masakan khas nusantara? Datang saja ke Kedai Kebun. Kedai Kebun adalah sebuah kedai yang menyajikan cita rasa nusantara sekaligus ruang seni yang terletak di Jl. Tirtodipuran. Diantara banyaknya resto-resto yang berderet di kawasan Jl. Tirtodipuran-Jl. Prawirotaman, Kedai Kebun adalah penyaji cita rasa Indonesia terbaik. Berbagai menu ditawarkan disini, dan bahkan hampir semua menunya memiliki tingkat kelezatan rasa yang sama.

Sembari menanti datangnya pesanan, Anda bisa berjalan ke sebuah ruang yang cukup besar yang merupakan ruang seni, tempat dimana beberapa seniman muda kerap melakukan pameran. Ya, inilah salah satu kelebihan tempat makan enak di Jogja ini, yang menyediakan ruang seni untuk pengunjung.

Anda bisa mencoba menu mendoan dan sambal kecap. Mendoan sebenarnya adalah tempe yang dibalut tepung dan digoreng. Rasa mendoan racikan Kedai Kebun ini sangat pas untuk disantap sebagai appetizer ataupun camilan. Dan tentunya jangan lupa untuk menyantapnya bersama dengan sambal kecapnya yang menggigit. Oseng-oseng tahu disini juga tak kalah lezat. Perpaduan rasa manis, gurih, dan pedasnya benar-benar pas di lidah.

Jangan lupa juga untuk mencicipi Terong Santan. Santannya yang dikentalkan dan bertektur sangat lembut tersebut memberi sensasi yang unik pada menu terong tersebut. Rasa gurih santan yang bercampur dengan irisan jamur dan terongnya benar-benar memikat.

Bisa dibilang ini adalah cara baru menyantap terong selain dibumbu sambal, dan siapa sangka cara memasak dengan santan ini tak kalah lezat dibandingkan cara-cara yang biasa dilakukan. Tak heran jika Kedai Kebun masuk dalam daftar tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa.

27. Omah Dhuwur

Ayam goreng krispi khas Omah Dhuwur, salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dengan nuansa klasik legendaris (Foto : gudeg.net)
Ayam goreng krispi khas Omah Dhuwur, salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dengan nuansa klasik legendaris (Foto : gudeg.net)

Restoran Omah Dhuwur menempati bangunan heritage berusia 150 tahun di Kotagede. Omah Dhuwur menyajikan kuliner kelas atas dengan kombinasi bahan impor yang diolah sesuai resep tradisional dan cita rasa tinggi. Restoran ini termasuk salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dengan nuansa klasik legendaris.

Ketika Anda menapaki tangga megah Restoran Omah Dhuwur, biarkan diri Anda menikmati nuansa klasik yang legendaris pada tiap sudut tempat ini. Menempati bangunan yang berusia lebih dari 150 tahun, Restoran Omah Dhuwur merupakan sebuah bangunan dengan pola campuran antara cita rasa kolonial dengan etnik Jawa yang menjadi sebuah tempat untuk menikmati hidangan. Kehangatan khas Jawa, hidangan lezat dan suasana mewah khas tempat ini akan mampu meringankan tubuh dan jiwa Anda seusai melakoni pekerjaan sehari-hari.

Restoran Omah Dhuwur menawarkan berbagai masakan khas lokal yang dipadukan secara sempurna dengan masakan kontinental dan oriental yang mampu menghasilkan cita rasa ‘fushion’ yang menakjubkan. Beberapa diantaranya adalah Ayam Goreng Sereh, Sate Kotagede, Kakap Bumbu Kuning, Botok Ayam Jagung, Sup Buntut, Black Angus Tenderloin, Grill Chicken Breast, Norwegian Salmon dan Omah Dhuwur Seafood.

Perpaduan menakjubkan tersebut tidak hanya menghasilkan masakan saja, namun juga minuman tradisional yang luar biasa, seperti Traditional Java Punch, dan Wedhang Omah Dhuwur.

Restoran Omah Dhuwur menawarkan kepada Anda sebuah kemewahan cita rasa yang dapat Anda nikmati bersama keluarga atau klien Anda. Omah Dhuwur menanti Anda. Penasaran bukan? Datang saja ke Jl. Mondorakan 252 Kotagede, Yogyakarta. Tempat makan enak di Jogja ini buka setiap hari pukul 11.00 – 22.00 WIB dan sangat pas buat tempat buka puasa bersama keluarga atau pun teman-teman dekat.

28. Angkringan

Angkringan adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang murah meriah (Foto : Hendra Wardhana, kompasiana.com)
Angkringan adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang murah meriah (Foto : Hendra Wardhana, kompasiana.com)

Terakhir, tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa adalah angkringan. Siapa seh yang tidak kenal angkringan Jogja? Orang yang pernah tinggal di Jogja pasti mengenal angkringan, gerobak sederhana beratap terpal plastik yang menjual nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, gorengan, dan wedangan.

Ya, angkringan adalah tempat makan enak dan murah meriah di Jogja harga mahasiswa dan pelajar. Tempatnya sederhana, bahkan kadang terkesan jauh dari nyaman sebagai tempat makan. Lokasi yang biasanya berada di depan perkantoran, di antara fasilitas publik seperti trotoar yang sepintas mengganggu pejalan kaki, tapi tak pernah sepi.

Angkringan di Yogyakarta selalu bikin kangen. Nasi kucing di beberapa tempat memang sudah tidak murah seperti dulu lagi, karena banyaknya wisatawan. Tapi tetap saja, suasana angkringan di Jogja selalu membuat kita ingin kembali ke sana. Tempat ini sangat pas buat buka bersama teman-teman dekat.

Ada banyak pilihan angkringan yang rekomended untuk buka puasa seperti angkringan Lek Man dengan kopi joss-nya di utara stasiun tugu, angkringan KR, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca info wisata kuliner tentang 10 Angkringan Di Jogja Yang Enak Dan Terkenal.

Bagaimana sobat Aneka Wisata? Banyak bukan tempat buka puasa di Jogja? Nah, itu baru sebagian kecil dari sekian ratus aneka wisata kuliner di Jogja. Bagi Anda yang punya rekomendasi tempat buka puasa di Jogja yang lainnya bisa menuliskannya di kolom komentar. Sekian info wisata kuliner tentang daftar tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.