Pusat Info Wisata Terlengkap

28 Tempat Makan Enak Di Jogja Untuk Buka Puasa

0 319

Tempat Makan Enak Di Jogja – Selama Ramadhan, ternyata Jogja menawarkan aneka tempat makan enak untuk buka puasa. Kota Yogyakarta memiliki beberapa tempat yang sangat seru untuk menunggu saat berbuka puasa. Buka puasa merupakan salah satu moment yang paling dinantikan banyak orang, apalagi anak muda. Ngabuburit menjelang buka puasa adalah saat paling menyenangkan untuk bisa berkumpul bersama sahabat, teman bahkan keluarga.

Nah, bagi Anda yang kebetulan sedang berada di Jogja, Aneka Wisata telah menyiapkan daftar 28 tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa atau ngabuburit. Di tempat-tempat ini Anda bisa menikmati aneka kuliner Ramadhan khas Jogja dengan harga terjangkau. Yuk, simak aneka tempat buka puasa di Jogja berikut.

1. Kampung Ramadhan Jogokaryan

Kampung Ramadhan Jogokaryan adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : insanwisata.com)
Kampung Ramadhan Jogokaryan adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : insanwisata.com)

Tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa yang pertama adalah Kampung Ramadhan Jogokaryan. Kampung ini terletak di daerah Mantrijeron. Seluruh kegiatan digelar di sepanjang jalan menuju masjid Jogokaryan. Disini disuguhkan berbagai kuliner dan juga sejumlah produk lain yang murni berasal dari masyarakat. Kampung Ramadhan ini termasuk salah satu tempat makan favorit di Jogja untuk buka puasa dan mencari takjil.

Selain menampilkan berbagai kuliner hasil olahan masyarakat, dalam Kampung Ramadhan Jogokaryan tersebut juga digelar lomba adzan tingkat DIY dan Jawa Tengah, serta dongeng untuk anak-anak setiap sore. Ada 200 pedagang yang aktif berjualan setiap masa Ramadhan dimulai. Bila Anda mencari tempat ngabuburit di Jogja, kampung ini salah satu tempatnya.

Masjid Jogokaryan Yogyakarta sendiri merupakan salah satu masjid dengan manajemen yang bisa menjadi acuan untuk masjid-masjid yang ada di Indonesia. Dengan Open manajemen sehingga setiap jama’ah bisa mengetahui kondisi keuangan dan manajemen lainnya sehingga anggota masyarakat atau jama’ah yang ada menjadi ikut handarbeni atau memiliki dan memeliharanya.

Selain itu pengurus Takmir juga membuat terobosan-terobosan baru sehingga setiap warga Jogokaryan mempunyai kebanggaan terhadap masjidnya. Program yang menjadi kebanggaan saat ini adalah dirintisnya TV Komunitas di masjid Jogokaryan dengan nama JKTV, dan perintisan Islamic Center.

Bahkan sejak tahun 1995, setiap jama’ah yang kehilangan sandal atau sepatu di masjid tersebut bila melapor ke Takmir maka pihak takmir akan mengganti dengan sandal atau sepatu yang baru dengan merk yang sama. Info lengkap tentang masjid Jogokaryan bisa kamu follow twitternya di @jogokaryan.

2. Jalur Gaza

Jalur Gaza adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : detik foto)
Jalur Gaza adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa (Foto : detik foto)

Selain di Jogokaryan, tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dapat juga Anda temukan di sepanjang Jalan Nitikan dengan nama “Jalur Gaza”. Ternyata istilah Jalur Gaza ini merupakan kependekan dari Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada. Hehe agak maksa sebenarnya.

Di Jalur Gaza ini, berbagai aneka makanan dan minuman menu buka puasa digelar. Ada Es buah, kelapa muda, tahu borneo, pisang hijau, coro (makanan khas Jogja yang terbuat dari ketan), kolak, buah kurma, kue pukis serta sayur. Makanan kecil dan minuman harganya mulai dari Rp. 500 hingga Rp 5.000 untuk aneka lauk.

Selain terdapat aneka jajanan, masyarakat juga bisa mendapatkan siraman rohani sambil menunggu buka puasa. Di pinggir jalan kawasan itu masyarakat bisa mengikuti pengajian di Masjid Muthohhirin. Jalur Gaza ini termasuk salah satu lokasi ngabuburit favorit di Jogja selain Kampung Ramadhan Jogokaryan.

3. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa secara gratis setiap hari kamis dengan menu gulai kambing (Foto : masjidgedhe.or.id)
Masjid Gedhe Kauman adalah salah satu tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa secara gratis setiap hari kamis dengan menu gulai kambing (Foto : masjidgedhe.or.id)

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, masjid tertua yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I, merupakan persembahan khusus Sultan kepada kaum duafa. Masjid ini memiliki sebuah tradisi yang hadir setiap kali Ramadan tiba. Takjil khas yang menjadi tradisi beratus tahun itu akan hadir setiap hari Kamis yang berupa gulai kambing. Setiap tahunnya takmir masjid setiap hari menyediakan 600-700 porsi takjil untuk dibagikan kepada mastarakat! Waaahhh.

Kawasan di sekitar masjid merupakan kawasan pemukiman para santri ataupun ulama. Pemukiman tersebut lebih dikenal dengan nama Kauman dan Suronatan. Dalam perjalanan historis Yogyakarta, kehidupan religius di kampung tersebut menjadi inspirasi dan tempat yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya gerakan keagamaan Muhammadyah pada tahun 1912 M yang dipimpin oleh K.H.A. Dahlan.

Biasanya warga Jogja menunggu waktu Maghrib sambil membaca buku-buku agama, berdzikir, bahkan diskusi keagamaan. Setelah shalat Maghrib biasanya warga melanjutkan dengan ibadah Tarwih berjamaah. Ingin tempat makan enak di Jogja untuk buka puasa dan gratis? Datang saja ke Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.