Pusat Info Wisata Terlengkap

25 Tempat Wisata Kuliner Di Solo Yang Enak Dan Murah

1 1,816

Tempat Wisata Kuliner Di Solo – Liburan ke Kota Solo tanpa mencicipi kuliner dan makanan khas nya pasti terasa kurang. Ada beragam wisata kuliner Solo yang enak, murah, dan tentu maknyus rasanya yang bisa Anda coba di kota ini. Surakarta atau lebih dikenal dengan nama Solo, termasuk salah satu kota tujuan wisata yang populer di Jawa. Solo memang menjanjikan tak hanya wisata sejarah dan budaya, tapi juga sekian tempat hiburan modern yang bisa dikunjungi.

Namun, yang paling menarik dari kota dengan slogan “The Spirit of Java” ini adalah wisata kuliner nya. Beragam kuliner dan makanan khas Solo memang luar biasa banyak dan lezat. Dari tempat makan yang enak sampai tempat makan romantis, semua ada di Solo. Nah, agar Anda tidak bingung mau makan apa atau dimana saat traveling ke Solo, simak ulasan daftar tempat wisata kuliner di Solo yang enak dan murah berikut ini.

1. Galabo

Galabo adalah salah satu tempat wisata kuliner di Solo yang enak, murah, dan wajib dikunjungi (Foto : anekatempatwisata.com)
Galabo adalah salah satu tempat wisata kuliner di Solo yang enak, murah, dan wajib dikunjungi (Foto : anekatempatwisata.com)

Gladag Langan Bogan atau yang biasa disebut Galabo adalah tempat wisata kuliner di Solo yang wajib Anda kunjungi saat liburan di kota ini. Galabo adalah kawasan tempat makan yang hanya dibuka pada malam hari. Galabo berlokasi di sebelah timur Bundaran Gladag, tepatnya Jl Mayor Sunaryo. Kalau pada siang hari jalanan ini biasanya digunakan sebagai jalan raya, pada malam hari kawasan ini malah ditutup dan diubah menjadi tempat jajan malam khasnya Kota Solo.

Bagaikan kewajiban, hampir setiap turis atau wisatawan yang traveling ke Solo menyempatkan diri untuk mencicipi makanan di Galabo. Ada banyak kios makanan dibuka dengan berbagai menu yang beragam. Mencicipi santap malam sambil menikmati keindahan Solo malam hari terasa sempurna. Penasaran jenis makanan khas yang ada di Galabo? Beberapa yang paling khas adalah cabuk rambak dan sate kere. Sate kere adalah sate sapi atau pun tempe gembus yang dimasak bacem dan dibakar. Biasanya, sambal kacang yang agak pedas menjadi teman sate ini.

Selain sate kere, makanan khas Solo yang tersedia di Galabo adalah cabuk rambak. Cabuk rambak adalah lontong yang dipotong tipis dan disajikan di atas daun pisang. Sekilas, cabuk rambak memang mirip seperti lontong bumbu, tapi yang membedakan adalah sambal. Sambal cabuk rambak terbuat dari wijen. Yummy! Enak, lezat, dan maknyus pokoknya.

Pusat jajanan malam Galabo menutup arus lalu lintas utama Jl Mayor Sunaryo. Meski demikian, para pengguna jalan tidak mengeluh karena tempat ini justru dibuat menjadi kawasan jajan malam yang menarik. Bahkan, Galabo telah menjadi pusat wisata kuliner malam andalan Kota Solo. Lebih seru lagi, jika datang pada akhir pekan, Anda akan dihibur dengan live music dan fasilitas hotspot dengan cuma-cuma.

2. Gudeg Margoyudan

Gudeg Margoyudan adalah salah satu tempat wisata kuliner di Solo yang enak, murah, dan wajib dikunjungi (Foto : rinehartvideoproductions.blogspot.com)
Gudeg Margoyudan adalah salah satu tempat wisata kuliner di Solo yang enak, murah, dan wajib dikunjungi (Foto : rinehartvideoproductions.blogspot.com)

Setelah Galabo, tempat wisata kuliner di Solo yang enak dan murah berikutnya adalah Gudeg Margoyudan. Tempat makan ini memiliki menu andalan gudeg ceker ayam. Mungkin karena itulah warung makan ini juga dikenal dengan nama Gudeg Ceker Bu Kasno. Gudeg Margoyudan yang buka mulai pukul 01.30-05.30 selalu ramai dikunjungi penduduk Solo, tak ketinggalan wisatawan yang sedang berlibur ke sana. Bahkan, sejak baru dibuka saja sudah tampak antrean panjang orang yang ingin menikmati santap malam lezat dengan gudeg ceker.

Ada dua cara asyik untuk menyantap gudeg ceker, pengunjung bisa memilih duduk di bangku-bangku yang telah disediakan. Namun, jika ingin merasakan makan malam gudeg yang lebih santai, Anda bisa memilih duduk di lesehan. Penasaran dengan tempat makan enak di Solo ini? Datang saja langsung ke lokasi Gudeg Margoyudan di Jl Wolter Mongensidi. Eits, tapi sebaiknya Anda datang lebih awal ketika warung baru buka jika tidak ingin kehabisan ceker, menu andalannya.

Rasa gudeg yang manis dan gurih khas milik Bu Kasno memang hampir cocok di lidah semua orang. Ceker ayam yang lembut dan empuk sukses membuat siapa saja yang telah mencicipinya ketagihan. Meski lebih dikenal dengan gudeg cekernya, Gudeg Margoyudan juga memiliki menu lain yang tak kalah lezat, yaitu krecek. Menyantap gudeg bersama krecek memang sangat pas. Menu ini semakin pas di perut karena porsinya yang tidak begitu besar.

1 Comment
  1. tata says

    cobain ayam goreng telur asinnya waroeng mbok marni solo deh, menu favorit aku, recomended 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.