Pusat Info Wisata Terlengkap

25 Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

2 1,350

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja – Liburan ke Jogja tak lengkap rasanya jika belum menikmati aneka wisata kuliner khas Yogyakarta yang enak dan maknyus. Ada banyak tempat wisata kuliner di Jogja yang akan membuat Anda ketagihan karena rasanya benar-benar menggoyang lidah dan tentu dengan harga yang murah dan terjangkau.

Tak hanya Kuliner Bandung yang terkenal enak dan maknyus. Jogja juga punya sederet kuliner khas yang menggoyang lidah, dari mulai makanan tradisional, menu western, sampai kuliner khas nusantara pun ada disini. Soal harga, Anda tak perlu kuatir karena banyak pilihan dari tempat makan yang murah meriah sampai yang super mahal.

Anda akan membutuhkan waktu berhari-hari untuk menjelajahi Yogyakarta atau Jogja melalui rasa manis, pedas, asam, dan asin kuliner nya. Nah, agar Anda tak bingung mencari tempat makan enak di Jogja dan harga nya murah terjangkau, simak daftar 25 tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi berikut ini.

1. Gudeg Wijilan dan Barek

Gudeg Wijilan dan Barek adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : Clara Rondonuwu, wego.co.id)
Gudeg Wijilan dan Barek adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : Clara Rondonuwu, wego.co.id)

Yogyakarta atau yang biasa disebut Jogja terkenal dengan sebutan Kota Gudeg. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke Jogja belum afdol apabila tidak mencoba mencicipi kuliner gudeg. Gudeg adalah makanan dari nangka muda yang dimasak dalam kendi tanah liat selama berjam-jam.

Tahukah Anda, warna merah pada gudeg bukan dari pewarna buatan, namun dari pewarna alami daun jati yang merupakan alas saat nangka dan pelengkapnya dimasak di atas tungku kayu. Gudeg biasanya disantap bersama tahu, tempe, atau bacem, sambal goreng krecek dan kuah areh yang memberi rasa gurih dan sedap.

Jogja adalah kota yang tak pernah tidur. Salah satu nafas yang terus membuatnya terjaga adalah gudeg. Penjualnya silih berganti menggelar dagangan dari dini hari hingga tengah malam. Gudeg dapat ditemukan di hampir setiap sudut kota Jogja.

Namun kawasan Wijilan dan Barek lah yang paling kondang sebagai sentra gudeg Jogja. Gudeg Wijilan dan Barek ini lah yang merupakan tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi oleh Anda saat liburan di Yogyakarta.

Wijilan berada tidak jauh dari kompleks Keraton Yogyakarta dan dapat dicapai dengan 10 menit berjalan kaki atau dengan naik becak. Diawali oleh Bu Slamet yang mulai berjualan sejak tahun 1946, kini sekitar 17 warung berderet memenuhi sisi Jl. Wijilan. Anda bisa memilih gudeg sesuai dengan selera.

Gudeg Yu Djum (Jl. Wijilan 31) misalnya, menyajikan gudeg kering dengan rasa manis khas masakan Jogja. Kreceknya diiris kecil kemudian dimasak menjadi sambal goreng kering berwarna kekuningan. Jika menginginkan gudeg yang tidak terlalu manis, Anda bisa bertandang ke Gudeg Bu Slamet (+62 274 380429; Jl. Wijilan 17). Rata-rata warung gudeg di Wijilan buka dari jam 5.30 pagi hingga jam 8 malam, kecuali Gudeg Bu Tarto (Jl. Wijilan 15) yang buka 24 jam.

Bila Anda kebetulan sedang berada di belahan utara Yogyakarta, cobalah datang ke Barek. Setiap subuh, penjual gudeg berderet di pinggir jalan di sebelah utara kawasan Kampus UGM. Ketika pagi mulai menjelang dan pedagang-pedagang ini mengemasi dagangannya.

Beberapa alamat gudeg Jogja yang enak antara lain warung Gudeg Bu Ahmad (+62 274 520049; Jl. Kaliurang km 4,5) yang kondang hingga kalangan artis dan pejabat, Yu Djum (+62 274 515968; Jl. Kaliurang Km 4,5 Karang asem CT III/22), Yu Narni (+62 274 589687; Jl. Kaliurang km 4,5 Karangasem CT III/19), atau Bu Tini yang buka hingga malam. Warung-warung ini juga memberikan kesempatan bagi Anda yang ingin melihat secara langsung proses memasak gudeg.

2. Gudeg Manggar Manding

Gudeg Manggar Manding adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : enjoyjogja.com)
Gudeg Manggar Manding adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : enjoyjogja.com)

Masih seputar gudeg, tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Gudeg Manggar Manding. Mungkin bagi kebanyakan orang, gudeg adalah gudeg. Namun sebenarnya ada 3 jenis gudeg yang berbeda; gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar. Gudeg basah disajikan dengan kuah santan nyemek yang gurih dan banyak diburu untuk menu sarapan pagi.

Gudeg kering dimasak dalam waktu yang lebih lama hingga kuahnya mengering dan warnanya lebih kecoklatan. Rasanya juga lebih manis. Gudeg jenis ini bisa tahan hingga 24 jam atau bahkan lebih jika dimasukkan ke dalam lemari es sehingga banyak diburu orang sebagai oleh-oleh. Biasanya penjual mengemasnya dalam kardus, besek (kardus dari anyaman bambu) atau kendil tanah liat.

Selain gudeg nangka muda, Jogja juga memiliki gudeg manggar. Manggar alias bunga kelapa menghasilkan sensasi kelezatan tersendiri pada sajian kuliner ini. Bunganya terasa crunchy sementara tangkainya sekilas memiliki rasa mirip jamur tiram. Semakin terbatasnya persediaan manggar menyebabkan kuliner ini semakin susah ditemukan. Beberapa penjual terpaksa menutup warung dan hanya melayani pemesanan saja.

Meskipun gudeg manggar adalah pusaka kuliner Jogja yang langka, namun bukan berarti kita tak bisa menikmatinya. Datanglah ke Bantul, kampung halaman dari kuliner istimewa ini. Sambangilah rumah Makan Manggar Manding, di sini kita dapat menikmati sajian gudeg manggar yang lezat. Lokasi dan alamat Gudeg Manggar Manding terletak di Jalan Parangtritis KM 11,5, Manding, Bantul, Yogyakarta.

Bunga pohon kelapa yang masih muda dimasak bersama santan dan bermacam bumbu hingga berjam-jam lamanya. Manggar yang mudah hancur pun butuh ketelatenan agar membuatnya tetap terasa teksturnya. Hanya dengan kesabaran tinggilah seporsi gudeg manggar yang disajikan bersama sayur krecek dan tahu bacem bisa kita nikmati.

Berbeda dengan gudeg nangka pada umumnya yang terasa legit, gudeg manggar manding menawarkan rasa gudeg gurih yang ramah bagi lidah. Konon, manggar memiliki khasiat yang sangat bagus karena bisa memancarkan kecantikan penikmatnya dari dalam. Tak mengherankan jika gudeg manggar menjadi menu favorit para puteri kerajaan dahulu kala.

Tempat yang luas dan bersih pun sangat cocok bila kita ingin membawa kolega atau rombongan. Tersedianya ruang pertemuan memungkinkan untuk mengadakan acara tanpa perlu bingung memikirkan urusan konsumsi karena di sini juga ada beberapa menu lain yang tak kalah lezatnya.

Cobalah gurame organik hasil dari petani gurame yang membesarkan ikan-ikannya tanpa terkontaminasi dengan pakan olahan pabrik. Untuk minuman jangan melewatkan teh batok, teh yang dicampur dengan beragam rempah ini nikmat disajikan dingin atau panas.

3. Angkringan Kopi Joss Lik Man

Kopi Joss menu istimewa Angkringan Lik Man, salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : myhotelmyresort.com)
Kopi Joss menu istimewa Angkringan Lik Man, salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : myhotelmyresort.com)

Ada yang bilang, belum ke Jogja kalau belum menikmati nasi kucing plus Kopi Joss di angkringan pinggir rel Lek atau Lik Man. Nasi kucing bukan nasi untuk kucing lho, tapi nasi yang porsinya sedikit dengan orek tempe dan sambal teri. Pelengkapnya bisa aneka sate dan gorengan.

Satu lagi yang mengesankan dari angkringan Jogja yang paling terkenal ini, Anda harus coba Kopi Joss yaitu kopi panas yang diberi arang panas. Tenang saja tidak berbahaya kok, karena arangnya langsung diambil dari tungku yang pastinya sudah membuat arang tersebut steril.

Cara penyajian kopi ini sangat unik karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih merah membara. Bunyi ‘jooossss’ yang ditimbulkannya inilah yang membuatnya disebut dengan Kopi Joss. Kopi Joss memiliki rasa unik yang khas dan tak dimiliki kopi lainnya.

Konon, arang yang dicelupkan ke dalam kopi akan menetralisir kafein sehingga kopi ini aman untuk pencernaan Anda. Lokasi dan alamat Angkringan Lik Man terletak di sekitar Kawasan Stasiun Tugu Jogja. Angkringan Lik Man termasuk salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi karena selain rasanya enak, harga nya pun relatif murah terjangkau.

4. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : telusurindonesia.com)
Oseng-Oseng Mercon Bu Narti adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : telusurindonesia.com)

Ingin menu yang pedas? Anda bisa mencoba tempat wisata kuliner di Jogja yang pedas. Tidak Cuma masakan manis seperti gudeg, bagi Anda penggemar masakan pedas ada tantangan untuk mencoba oseng-oseng mercon.

Oseng-oseng kikil super pedas ini pun tak ayal membuat orang yang memakannya berkeringat seperti habis lari mengitari lapangan bola berkali-kali. Pedas-pedas enak katanya. Dan tahukah berapa banyak cabai yang dicampur dalam satu panci oseng-oseng mercon? 6 kg cabai, lho. Bener-bener bikin melotot kan?

Makanan kreasi Bu Narti ini kini telah menjadi kuliner khas Yogyakarta. Berdiri sejak tahun 1998 saat negara ini sedang dilanda krisis ekonomi, demi meneruskan hidup setelah ditinggal mati sang suami. Kondang hingga ke berbagai kota, menarik setiap pejalan untuk mencoba. Warung oseng-oseng mercon Bu Narti telah menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi bagi para pecinta kuliner pedas.

Mercon, yang dalam Bahasa Indonesia adalah petasan menjadi nama kuliner bukan tanpa sebab. Buntelan mesiu yang sering dipakai dalam perayaan Imlek dan meramaikan lebaran ini seolah meledakkan dirinya di mulut. Seperti pejuang berani mati yang mengantar bom ke sarang musuh.

Begitulah oseng-oseng racikan Bu Narti meluluh lantakkan kita. Membuat mata melotot, terengah-engah sambil mengipas lidah, hingga gobyos kotos-kotos, peluh bercucuran membasahi. Lokasi dan alamat tempat makan oseng-oseng Bu Narti berada di Jl. KH ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta, Indonesia.

5. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : yogyadise.com)
Sate Klathak Pak Pong adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : yogyadise.com)

Tempat wisata kuliner di Jogja yang satu ini cocok sekali untuk Anda penggemar sate kambing. Sate Klathak Pak Pong menyajikan sate spesial yang tak akan Anda temukan di tempat lain. Sate ini memiliki rasa yang khas dan nikmat. Hal ini didapat dari bumbu sederhana yang digunakannya. Sate Klathak hanya menggunakan garam, merica dan kecap. Tiga bahan minimalis inilah yang membuat sate memiliki rasa yang khas.

Selain bumbu, alat yang digunakan memasak pun berbeda. Jika biasanya daging dibakar dengan menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu, Pak Pong menggunakan jeruji besi sepeda. Konon, penggunaan jeruji besi ini mampu membuat daging matang merata.

Selain itu, hal ini juga terbukti ramah lingkungan karena jeruji besi dapat digunakan berkali-kali, tak seperti tusuk sate dari bambu yang hanya sekali pakai. Lokasi dan alamat tempat kuliner Sate Klathak Pak Pong terletak di Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta. Sate Klathak Pak Pong nampaknya menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi khususnya bagi para penggemar sate.

6. House of Raminten

House of Raminten adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : latitudes.nu)
House of Raminten adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : latitudes.nu)

Tempat wisata kuliner di Jogja ini menjadi bukti bahwa menu tradisional bisa disajikan dengan cara yang elegan dan berkelas. House of Raminten merupakan sebuah rumah makan yang menyajikan menu tradisional Yogyakarta seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing. House of Raminten termasuk tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi bagi Anda yang menginginkan suasana tradisional Jawa dalam bersantap makanan.

Arsitektur rumah makan ini terbilang luar biasa. Anda bisa menemukan sebuah kereta kuda di luar rumah makan, sedangkan di dalamnya Anda bisa melihat ruangan berarsitektur Jawa dengan wangi dupa khas. Seakan belum lengkap, Anda akan makan diiringi dengan gending Jawa yang terus mengalun di rumah makan ini.

Selain arsitektur dan menunya, pelayan di sini juga memakai pakaian khas yang berupa kemben Jawa. Di meja, terdapat sebuah kentongan yang digunakan untuk memanggil pelayan jika Anda membutuhkan sesuatu. Lokasi dan alamat House of Raminten berada di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta.

7. Banyu Mili Contry Club

Banyu Mili Contry Club adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : yukpegi.com)
Banyu Mili Contry Club adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : yukpegi.com)

Tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Banyu Mili Contry Club. Tak hanya tempat wisata kuliner, tempat ini juga merupakan sebuah tempat rekreasi keluarga. Rumah makan ini memang berada satu lokasi dengan wisata air yang terdiri dari kolam renang, wahana air serta hutan dan danau buatan. Sebuah tempat rekreasi sekaligus wisata kuliner yang cocok bagi keluarga.

Puas bermain air, saatnya Anda memuaskan lidah dan perut. Coba cicipi menu andalan di sini yaitu kepiting telur dan udang bakar madu. Kepiting dan udang yang digunakan merupakan hasil budidaya sendiri sehingga dipastikan masih segar saat dimasak. Menu lain yang tak kalah lezat adalah gurame bakar, ayam goreng dan juga cumi bakar.

Lokasi dan alamat Banyu Mili Contry Club terletak di Perum Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5, Yogyakarta. Jam buka: 10:00 – 22:00 (Resto) dan 07:00 – 18:00 (Wahana rekreasi). Resto ini cocok untuk dijadikan tempat buka puasa di Jogja bersama keluarga atau sahabat.

8. Mie Telap 12

Mie Telap 12 adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : thegrassonion.blogspot.com)
Mie Telap 12 adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : thegrassonion.blogspot.com)

Mie Telap 12 adalah tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi bagi Anda penggemar mie instant. Pernahkah Anda melihat gambar di bungkus mie instan dan merasa tergoda untuk mencicipinya, namun kecewa karena saat membuatnya sendiri di rumah, mie jauh dari gambaran? Anda tak perlu merasa kecewa jika datang ke Mie Telap 12. Di sini, Anda dapat menikmati mie instan yang disajikan persis seperti yang terlihat di bungkusnya.

Jika Anda memesan mie instan rasa rendang misalnya, maka Anda akan mendapat semangkok mie instan lengkap dengan potongan daging rendang dan topping lainnya yang ditata persis sama seperti di bungkusnya. Untuk minuman, Anda bisa menikmati aneka milkshake dan soda float. Lokasi dan alamat Mie Telap 12 terletak di Jalan Pandean 10B, Yogyakarta.

9. Kalimilk Yogyakarta

Kalimilk Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : indonesian-lifestyle.blogspot.com)
Kalimilk Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : indonesian-lifestyle.blogspot.com)

Bagi Anda penggemar kuliner minuman susu, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata kuliner di Jogja yang menyajikan susu. Jika di kota lain, coffee shop sangat menjamur, hal lain terjadi di Yogyakarta. Di kota ini, kafe susu yang justru populer. Di Yogyakarta, terdapat banyak kafe yang menyajikan aneka produk olahan susu, salah satu yang terkenal adalah Kalimilk.

Kalimilk memiliki sebutan unik bagi pelanggannya yaitu Neneners. Di sini, Neneners bisa mecicipi susu beragam rasa mulai dari cookies, durian, coklat dan aneka snack. Porsi yang ditawarkan adalah medium dan gajah. Untuk porsi gajah, pastikan sebelumnya Anda telah mengosongkan perut karena porsi gajah benar-benar berukuran jumbo.

Untuk tempat, Kalimilk didesain semi terbuka dan tak menggunakan AC, melainkan hanya kipas angin. Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir kepanasan, karena angin dari luar bisa masuk dan tentunya akan lebih sehat dibandingkan angin dari AC.

Lokasi dan alamat Kalimilk berada di Jalan Kaliurang KM 4,9, Yogyakarta. Jam buka: 11:00 – habis. Kalimilk termasuk tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi khususnya bagi pecinta kuliner minuman susu.

10. Bong Kopitown

Bong Kopitown adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : koranjitu.com)
Bong Kopitown adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : koranjitu.com)

Bong Kopitown merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang berkonsep penjara di Yogyakarta. Bangunan dibuat menyerupai penjara lengkap dengan sekat jeruji besi di setiap ruangan. Anda bisa melihat sipir penjara yang berdiri di balik meja kasir dan narapidana yang hilir mudik mengantar pesanan ke setiap meja makan.

Beberapa menu andalan yang ditawarkan di sini antara lain kopi tetes, sapo tahu, Penang fried noodle dan rendang spicy noodle. Begitu duduk di kursi, jangan kaget jika Anda akan didatangi pelayan yang menyodorkan selembar ‘koran’ yang ternyata berisi daftar menu dan sejarah berdirinya rumah makan.

Lokasi dan alamat Bong Kopitown terletak di Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta. Jam buka: 10:00 – 24:00. Bong Kopitown termasuk salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi bagi Anda yang menginginkan suasana yang unik.

2 Comments
  1. jamal salim says

    Saya mau iklan di aneka wisata.com bagaimana caranya ?

    1. Aneka Wisata says

      Langsung hubungi admin di maslatip22@yahoo.com Terima Kasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.