Home Wisata Asia 37 Gudeg Jogja Yang Paling Enak Dan Terkenal Legendaris Hingga Kekinian

37 Gudeg Jogja Yang Paling Enak Dan Terkenal Legendaris Hingga Kekinian

2585
1

Gudeg Jogja – Bingung mencari tempat makan gudeg khas Yogyakarta yang lezat? Inilah daftar rekomendasi gudeg Jogja yang paling enak dan terkenal legendaris hingga kekinian. Tak hanya gudeg bercita rasa manis, ada juga gudeg mercon dengan rasa super pedas.

Belum ke Jogja namanya jika belum mencicipi gudeg Jogja. Ya, gudeg adalah makanan khas Jogja yang wajib Anda coba saat liburan ke Yogyakarta. Sejak puluhan tahun lalu gudeg telah menjadi kuliner Jogja paling populer.

Menjelajahi aneka wisata Jogja tentu belum lengkap tanpa mampir ke warung gudeg. Makanan berbahan baku nangka ini mudah sekali ditemukan di kota ini, baik saat pagi, siang, atau pun malam hari. Nah, untuk membantu Anda agar tidak bingung dalam memilih gudeg maknyus, simak referensi / rekomendasi gudeg Jogja paling enak dan terkenal legendaris yang wajib dikunjungi.

Daftar Gudeg Jogja Paling Enak Dan Terkenal Legendaris

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : Clara Rondonuwu, wego.co.id)
Gudeg Yu Djum adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : Clara Rondonuwu, wego.co.id)

Gudeg Jogja paling enak dan terkenal yang wajib dikunjungi pertama adalah Gudeg Yu Djum. Gudeg ini termasuk salah satu kuliner Jogja yang paling terkenal akan cita rasanya yang enak dan maknyus. Diteruskan secara turun menurun dan sekarang sudah generasi ke-empat. Gudeg Yu Djum menyajikan gudeg kering yang terkenal memiliki rasa yang gurih dan lezat, cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Lokasi dan alamat warung Gudeg Yu Djum terletak di sentra gudeg Jalan Wijilan, jalan Kaliurang km.4 (sentra gudeg Barek) dan di jalan Adisucipto. Warung Gudeg Yu Djum juga memberikan kesempatan kepada wisatawan asing dan domestik untuk dapat langsung melihat proses pembuatan Gudeg, atau bahkan terlibat dalam proses pembuatannya.

Salah satu rahasia kegurihan gudeg Yu Djum adalah gudegnya dimasak di kompor model lama yang apinya dari kayu bakar. Sama dengan gudeg lainnya, Gudeg Yu Djum disajikan dengan krecek pedas, ayam dan telor bumbu gudeg, termasuk tahu dan tempe bacem. Gudeg Yu Djum disajikan diatas daun pisang.

Harumnya sangat khas gudeg, gurih yang berasal dari santan ditambah aroma gula merah. Manisnya cocok di lidah orang yang bukan orang Jawa dan para turis. Ditambah ayam kampung dan telornya yang kuat dengan rasa bumbunya yang meresap. Kreceknya bertekstur kering seperti gudegnya. Sedikit pedas dan santannya juga tidak kental terasa dimulut. Kalau mau lebih pedas, cabe rawit rebusnya menambah cita rasa pedasnya.

2. Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad

Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : foodspotting.wijanarko.net)
Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : foodspotting.wijanarko.net)

Gudeg MBarek Bu Hj Ahmad melupakan salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal di Kota Yogyakarta. Terletak di sebelah utara fakultas kehutanan Universitas Gajah Mada, daerah selokan mataram. Lokasi dan alamat lengkapnya di Jl. Kaliurang Km. 4,5 (Utara UGM) Karangasem Kocoran Caturtunggal Depok Yogyakarta No Telepon : (0274) 520049.

Seperti halnya warung gudeg lainnya, warung Gudeg MBarek Bu Hj Ahmad ini menyajikan gudeg beserta teman-temannya dengan lengkap sekali seperti ayam, telor dan krecek. Tidak hanya makan di warung, Anda juga bisa membawa pulang gudeg tersebut dengan menggunakan besek ataupun poci. Harga yang lumayan murah membuat gudeg ini juga menjadi oleh-oleh pengunjung yang hendak makan ataupun membelinya sebagai buah tangan keluarga di rumah.

3. Gudeg Permata Bu Pujo

Gudeg Permata Bu Pujo adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : kotajogja.com)
Gudeg Permata Bu Pujo adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : kotajogja.com)

Gudeg Permata Bu Pujo merupakan salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal pilihan bagi masyarakat atau wisatawan di Jogja. Berdiri sejak tahun 1951 dan sekarang dikelola oleh anak-anak Bu Pujo. Pelanggan awal warung ini yaitu para penonton Bioskop Permata, meskipun bioskopnya sudah sepi namun warung gudeg ini tidak kehilangan penggemarnya. Lokasi dan alamat lengkapnya di Jl. Gadjah Mada, Yogyakarta, tepatnya di sebelah barat bioskop Permata.

Beroperasi mulai pukul 21.00 WIB hingga dini hari warung ini kerap dipadati pembeli yang ingin menikamti gudeg basah khas racikan keluarga bu Pujo yang rasanya dominan gurih, tidak terlalu manis dengan sambal krecek yang pedas ditemani air jeruk atau teh manis hangat. Harga dipatok mulai Rp 8.000,00 untuk tiap porsinya tergantung lauk yang dipilih disediakan tempe, tahu, ayam kampung atau telur bebek.

4. Gudeg Pawon

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kuliner Jogja (@tumbarmerica) pada

Gudeg Jogja paling enak dan terkenal yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Gudeg Pawon. Ada 2 keunikan yang dimiliki oleh Gudeg Pawon. Yang pertama, sesuai dengan namanya Gudeg Pawon yang dalam bahasa Jawa berarti gudeg dapur, pengunjung yang ingin menikmati gudeg ini harus mau berdesak-desakan di dapur pemiliknya. Sedangkan keunikan kedua, Gudeg Pawon hanya buka di malam hari, tepatnya di tengah malam saat kebanyakan orang mulai terlelap.

Meski buka di malam hari dan hanya buka selama 3 jam, warung gudeg yang dirintis oleh Bu Prapto Widarso sejak tahun 1958 ini selalu ramai dikunjungi pembeli dari berbagai tempat. Pelanggan Gudeg Pawon terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, orang kantoran, pejabat, bahkan artis lokal maupun nasional.

Gudeg yang disajikan di tempat ini adalah gudeg basah lengkap dengan sambal krecek yang pedas dan ayam kampung. Sensasi gudeg yang manis dengan areh yang gurih, serta ayamnya yang empuk menciptakan perpaduan rasa yang nikmat sehingga membuat orang rela datang malam-malam untuk menikmati kelezatannya.

Biasanya pengunjung yang datang ke Gudeg pawon harus antri di pawon (dapur) guna mendapatkan sepiring gudeg. Namun mengingat cita rasanya yang mak nyus hal itu tentu saja bukan menjadi masalah. Apalagi pemilik warung adalah sosok yang ramah. Menunggu datangnya gudeg sambil duduk di dekat tungku tradisional tidak akan menjadi hal yang membosankan.

Warung Gudeg Pawon terletak di Jl. Janturan 36 – 38, Warungboto, Yogyakarta. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 22.30 – 01.00 WIB. Jika wisatawan ingin menikmati kelezatan Gudeg Pawon ini lebih baik datang lebih awal supaya tidak antri terlalu lama dan tidak kehabisan. Untuk pemesanan, Anda bisa menghubungi nomor 0852 2847 0264.

5. Gudeg Bu Djuminten

Gudeg Bu Djuminten adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : noenkcahyana.blogspot.com)
Gudeg Bu Djuminten adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : noenkcahyana.blogspot.com)

Dari sekian banyak warung gudeg paling enak dan terkenal di kota Yogyakarta, Warung Gudeg B. Djuminten yang telah berdiri sejak tahun 1926 merupakan salah satu pilihan yang wajib Anda coba bila Anda ingin menikmati gudeg citarasa asli jogja. Sejak pertama berdiri, warung gudeg ini tidak mengalami perubahan yang signifikan dalam penyajian maupun dari segi interior dan arsitektur bangunan, ini dimaksudkan untuk menjaga keorisinalitas suasana yang tercipta dari awal berdirinya usaha keluarga tersebut.

Gudeg Ibu Djuminten sering menjadi tujuan tokoh maupun pejabat negara apabila sedang berkunjung di Jogja, bahkan Presiden Indonesia pun sering mampir menikmati gudeg ini. Sehingga sering dijumpai mobil-mobil plat merah berjejer parkir di depan warung gudeg Ibu Djuminten. Gudeg yang dijual di warung Bu Djuminten ini termasuk gudeg basah.

Ciri khas dari warung gudeg ini adalah campuran areh pada gudegnya yang manis gurih, rasa gudeg yang dicampur areh ini manis dan gurihnya pas. Keistimewaan lainnya adalah sambal goreng krecek untuk campuran dalam sajian gudeg. Pedasnya tidak terlalu pedas dan juga masih ada tekstur sambal uleg di dalam penyajiannya.

Lokasi dan alamat Warung Gudeg Bu Djuminten ini terletak di daerah Kranggan, salah satu wilayah pecinan di Jogja, tepatnya di Jalan Asem Gede no. 4 / Jalan Kranggan no. 69 Jogja. Untuk mencari warung ini tidak sulit kok, walau agak sedikit masuk gang.

Ancer-ancernya dari tugu Jogja ambil saja jalan ke utara, masuk saja gang pertama di sebelah kiri jalan arah ke pasar (arah ke barat), lurus sampai menemukan perempatan, lalu belok ke kanan lurus saja sampai menemukan perempatan lagi. Nah, warung gudeg Bu Djuminten ini terletak pas di pojokan perempatan jalan, bangunan warungnya memiliki warna cat yang khas yaitu warna hijau.

Baca Juga :

6. Gudeg Cukupan Batas Kota

Gudeg Cukupan Batas Kota adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : websta.me)
Gudeg Cukupan Batas Kota adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : websta.me)

Gudeg Jogja paling enak dan terkenal yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Gudeg Cukupan Batas Kota. Disebut Gudeg Batas Kota karena berada tepat di perbatasan antara kota Jogjakarta dengan kabupaten Sleman. Gudeg ini cukup unik karena baru mulai menggelar dagangannya pukul 10 malam hingga dini hari atau sampai habis.

Berada di pinggir jalan raya Laksda Adi Sucipto atau biasa dikenal dengan jalan Solo dan berada di seberang Saphir Square membuat Gudeg Batas Kota terlihat mencolok karena selalu ramai dan juga mudah ditemukan. Sebuah warung lesehan sederhana dengan tikar-tikar ala kadarnya digelar di trotoar pertokoan.

Anda akan disuguhi seporsi nasi gudeg berisi sepiring nasi putih, gudeg, telor, krecek, tahu dan tempe oseng. Porsi nasi gudeg yang disajikan cukup lumayan, namun jangan heran tak sedikit orang-orang yang menambah pesanan karena belum kenyang. Citra rasa gudeg Jogja identik dengan rasa manis dan cenderung kering dibandingkan gudeg-gudeg kota lain.

Rasanya manis dan lezat. Alih-alih terasa eneg karena manisnya, gudeg ini justru terasa sedikit lebih segar dibanding beberapa gudeg lainnya. Kuah gudegnya pun terasa sangat memikat, dan memperkaya rasa gudeg ini.

Jika dirasakan dengan lebih teliti, nampaknya gudeg ini pun memiliki aroma bakaran yang menambah mantap-nya rasa gudeg ini. Dengan cita rasa yang kaya dan lezat seperti ini, tak heran jika gudeg ini selalu ramai dipadati pengunjung di malam hari. Harganya sekitar Rp. 12.000,- satu porsi.

7. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : citra365.wordpress.com)
Gudeg Bu Tjitro adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : citra365.wordpress.com)

Ngobrolin gudeg Jogja paling enak dan terkenal rasanya belum lengkap kalo belum nyebut nama Gudeg Bu Tjitro yang lebih populer dengan sebutan Gudeg Kendil Bu Tjitro. Dengan pelengkap sambal goreng krecek, kacang tholo, tempe kedelai, telor itik dan ayam kampung; Anda akan benar-benar menikmati menu masakan yang dinamai gudeg ini. Satu hal yang menjadikan Gudeg Bu Tjitro berbeda yakni saos sambal yang digunakan adalah saos kering atau arek bening yang tidak digoreng.

Dengan lokasi strategis untuk ditempuh dari berbagai sudut di Jogja, Gudeg Bu Tjitro menyediakan kapasitas tempat duduk hingga 400 orang. Dengan kapasitas tersebut, Anda juga dapat menyelenggarakan berbagai acara seperti meeting, wisuda, resepsi dll dengan fasilitas sound system standar di sana.

Di lantai dua rumah makan Gudeg Bu Tjitro juga disediakan tempat lesehan bagi mereka yang lebih senang menikmati gudeg dengan lebih santai sambil mendengarkan alunan gender yang dimainkan secara langsung oleh pemainnya.

Disamping menawarkan berbagai fasilitas di atas, restoran Gudeg Bu Tjitro juga menyediakan layanan cathering yang melayani pemesanan baik perseorangan maupun instansi. Sebagai komitmennya pada konsumen, paket tersebut dapat dihantarkan ke tempat Anda dengan gratis.

Usai makan, Anda juga dapat membawa sendiri paket Gudeg Kendil Bu Tjitro yang dikemas dalam kotak khas yang ekslusif untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Lokasi dan alamat lengkap Restoran Bu Tjitro 1925 terletak di Jalan Janti No. 330 Yogyakarta. Telp: +62 -274-564734, 543452 fax: +62 -274-564734.

8. Gudeg Sagan

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh KULINER JOGJA (@jogjafood) pada

Satu lagi gudeg Jogja paling enak dan terkenal yang wajib dikunjungi yaitu Gudeg Sagan. Di Gudeg Sagan ini Anda akan merasakan gudeg dengan cita rasa yang tidak terlalu manis dengan iringan live music di tempat yang bersih dan nyaman. Gudeg Sagan merupakan tempat makan yang menyuguhkan gudeg dengan selera anak muda.

Tempat ini juga sesuai untuk keluarga. Kelebihan utamanya karena tempatnya strategis. Suasana plus rasa gudeg yang enak dengan harga yang terjangkau menjadikan tempat ini sebagai tempat yang asyik untuk nongkrong bagi anak-anak muda di Jogja.

Rupanya rasanya berbanding lurus dengan penampilannya yang memikat. Benar-benar lezat. Perpaduan rasa manis, gurih, dan pedasnya dijamin memanjakan lidah. Bikin ketagihan, dan yang pasti ngga kalah dengan nama-nama besar penjaja gudeg dari Wijilan ataupun Barek.

Sedangkan untuk harganya sendiri berkisar antara Rp. 11.500 – Rp. 24.000. Semuanya tergantung pada pilihan lauknya. Dengan harga segini dan kelezatan yang ngga diragukan lagi, semua orang pasti tergoda untuk mencobanya.

Gudeg Sagan menggunakan ayam kampung sebagai lauk dan seluruh masakannya tidak menggunakan MSG. Ciri khas lain dari gudeg ini adalah arehnya. Bukan karena kentalnya tapi jumlahnya yang sangat banyak. Areh inilah yang membuat gudeg tetap basah atau berkuah. Sambal kreceknya memiliki tingkat kepedasan yang pas.

Bagi Anda yang ingin merasakan bubur sebagai pengganti nasi, Gudeg Sagan juga menyediakannya. Selain gudeg, menu lainnya adalah siomay. Oya, kedai ini buka sejak pukul 18.00 – 24.00 WIB. Lokasi dan alamat lengkapnya di Jl. Prof. Dr Yohannes Yogyakarta, Galeria Mall ke utara terus sebelum Pom Bensin Sagan, sebelah barat jalan raya.

9. Gudeg Ceker Sedep Raos

Gudeg Ceker Sedep Raos Seturan adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : makanjogja.com)
Gudeg Ceker Sedep Raos Seturan adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : makanjogja.com)

Bagi Anda penggemar ceker ayam, jangan sampai melewatkan Gudeg Ceker Sedep Raos Seturan. Gudeg ceker ini termasuk gudeg Jogja paling enak dan terkenal. Pada awalnya, lokasi dan alamat gudeg ini terletak di Jl. Seturan No. 15 (tepatnya di depan SD Budi Mulia Dua Seturan). Namun, sekarang sudah pindah ke Jl. Affandi No.30, Soropadan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gudegnya benar-benar lezat. Rasanya yang tidak terlalu manis dan gurihnya areh (semacam santan yang kental) ini pun segera dapat dirasakan di suapan pertama. Rasanya yang tidak terlalu manis membuat gudeg ini dapat dinikmati oleh pecinta kuliner yang mungkin tidak terlalu menyukai rasa manis.

Suwiran daging ayamnya terasa sangat pas di mulut. Belum lagi ditambah sambal gudeg yang terdiri dari tempe, krecek, dan cabai. Kreceknya sendiri terbilang lembut dan sangat kaya akan rasa. Sedangkan tekstur dari gori (nangka muda) terasa berserat dan menyerupai daging. Semua syarat gudeg lezat ada disini. Bumbunya yang lezat dan cekernya yang lembut. Gudeg ceker ini sangat pas untuk disantap bersamaan ataupun tanpa seporsi nasi gudeg suwir.

Jika Anda pecinta masakan gudeg, rasanya sayang jika melewatkan salah satu warung kakilima yang cukup naik daun sejak tahun 2006 ini. Meski terbilang cukup muda tapi jangan tanyakan kelezatannya. Warung ini sanggup bersaing dengan kelezatan warung-warung gudeg lainnya. Gudeg yang terbilang istimewa ini hanya dikenai harga Rp 8.000 – Rp 8.500 per porsinya.

10. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Voila Jogja (@voilajogja) pada

Gudeg secara umum memiliki rasa manis. Namun, Gudeg Bromo Bu Tekluk ini punya cita rasa asin dan gurih sehingga cocok buat Anda yang tak suka makanan manis. Meskipun hanya berupa warung gudeg lesehan pinggir jalan, tapi pembelinya terbilang ramai. Untuk mencicipi seporsi Gudeg Bromo, Anda harus rela antri cukup lama, mungkin mencapai hampir satu jam lebih saat lagi ramai.

Seporsi gudegnya berisi nasi, gudeg, krecek, kuah, dan lauk sesuai pilihan pembeli seperti ayam, telur, dan tempe goreng. Harganya sekitar 18 ribu rupiah untuk nasi gudeg lengkap, ditambah telur dan tempe goreng.

Warung Gudeg Bromo menjadi salah satu tempat kuliner malam Jogja yang hits beberapa tahun belakangan ini. Lokasinya berada di Jl. Affandi No.2-A (NB : dulu bernama Jl. Gejayan), Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 23.00 – 05.00 WIB.

11. Gudeg Mbak Sasha

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh KULINER SEMARANG ? (@semarangfoodmatters) pada

Bergeser ke arah utara sekitar 500 meter dari Gudeg Bromo, ada gudeg Jogja lainnya yang tak kalah enak. Namanya Gudeg Mbak Sasha. Cita rasa gudegnya tidak terlalu manis sehingga cukup recommended bagi para pendatang dari luar Yogyakarta. Semakin nikmat disantap dengan gorengan hangat yang tersedia di sana.

Seporsi Gudeg Mbak Sasha berisi nasi, gudeg, dedaunan hijau, krecek, kuah, dan lauk sesuai pilihan pembeli dari mulai gorengan, tempe, telur, dan ayam. Harganya sekitar 20 ribu rupiah untuk nasi gudeg memakai lauk ayam suwir dan telur.

Lokasi / Alamat warung lesehan Gudeg Mbak Sasha terletak di Jl. Affandi No.43 (Ex. Jl. Gejayan), Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di halaman Mirota Gejayan. Jam buka mulai pukul 22.00 – 03.00 WIB.

12. Gudeg Pedes Mbah Jo

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh STREETFOOD | KULINER JOGJA (@jogjakakilima) pada

Masih di kawasan Gejayan / Jalan Affandi, ada satu gudeg Jogja enak lainnya yang wajib dikunjungi, yaitu Gudeg Pedes Mbah Jo. Sesuai namanya, cita rasa gudeg di sini berupa pedas karena ada tambahan rica-rica ayam ekstra pedas. Namun, bila Anda tak suka pedas, bisa memesan gudegnya saja dengan rasa tak terlalu manis.

Oya, Gudeg Pedes Mbah Jo juga menyediakan menu jengkol lho. Harga satu porsi sekitar 17 ribu rupiah tergantung lauk yang dipesan. Lokasi / alamatnya terletak Gg. Jemb. Merah Jl. Affandi No.35, Karang Gayam, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 19.30 – 04.45 WIB.

13. Gudeg Kangen Bu Manto Gejayan

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh KULINER JOGJA (@jogjafood) pada

Buat Anda yang bingung mencari tempat sarapan pagi di Jogja dengan menu gudeg, maka Gudeg Kangen Bu Manto Gejayan bisa menjadi alternatif pilihan. Menu makanannya berupa nasi gudeg, bubur gudeg, dan nasi pecel.

Seporsi Gudeg Kangen Bu Manto Gejayan berisi nasi, gudeg, sayuran hijau, krecek, kuah areh, lauk tambahan sesuai permintaan seperti tahu, ceker, paha, sayap, atau pun dada ayam, telur, dan gorengan. Harganya sekitar Rp.21.000,- (Nasi Gudeg Krecek + Paha Ceker + Tahu + Telur)

Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Affandi No.15, Soropadan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 07.00 – 12.00 WIB. Tiap pagi biasanya ramai pembeli sehingga Anda harus siap-siap antri untuk mencicipi gudegnya yang terbilang enak.

14. Gudeg Yu Yah

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kuliner Jogja (@tumbarmerica) pada

Gudeg Yu Yah menjadi salah satu spot kuliner malam Jogja recommended bagi Anda yang suka “ngalong”. Pasalnya, warung gudeg Jogja ini buka mulai jam 00.00 – 05.00 WIB. Makanannya pun beragam, tersedia sekitar 20 menu lauk dari mulai gudeg, oseng mercon, oseng kikil, teri, kering tempe, cap cay, ati ampela, rendang jengkol, mangut lele, sate usus, sambal goreng pete, telur dadar, dan sebagainya,

Cita rasa gudegnya sendiri lumayan enak dengan harga sekitar 12 ribu rupiah untuk nasi gudeg telur. Bagi yang tak suka manis, bisa menambahkan oseng mercon pedas. Lokasi / alamat Gudeg Yu Yah terletak di Jalan Magelang No.129 A, Sinduadi, Mlati, Kutu Asem, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya sebelah A.Takrib atau Selatan Selokan Mataram.

15. Gudeg Mbah Lindu

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Torang Ferry Adie Hutagalung (@fryhutagalung) pada

Ingin merasakan gudeg Jogja dengan cita rasa autentik? Datang saja ke warung Gudeg Mbah Lindu Jl. Sosrowijayan No.30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Ciri khas gudegnya berupa aroma sangit. Saya sendiri tak begitu suka dengan gudeg beraroma sangit, tapi bagi orang lain mungkin menjadi cita rasa yang begitu enak.

Mengingat usia Mbah Lindu sudah tua, maka saat ini usaha gudegnya dilanjutkan oleh anak beliau. Setiap pagi, cukup banyak orang antri untuk membeli gudeg di sana. Jam buka sekitar pukul 06.00 – 10.00 WIB. Harga gudegnya terbilang mahal, sekitar 20 ribu rupiah per porsi nasi gudeg krecek dan telur.

16. Gudeg Legenda Mbok Joyo

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Info Wisata Kuliner Jogja (@jogjaculinary) pada

Gudeg Legenda Mbok Joyo memiliki cita rasa lezat, gurih, dan tak terlalu manis. Tempatnya juga cukup nyaman buat makan karena berupa area semi outdoor sehingga aliran udara begitu lancar. Bagian belakang terdapat taman hijau yang bagus buat foto-foto selfie.

Untuk menu makanan tersedia nasi gudeg krecek dan bubur gudeg krecek dengan lauk tambahan seperti tempe, tahu, telur bebek, sayap, paha, dada, ayam suwir, rempela ati, kepala, dan oseng mercon (pedas). Anda juga bisa menikmati minuman hangat / dingin dari mulai wedang uwuh, wedang ronde, teh, jeruk, hingga lemon tea. Kisaran harga antara 8 – 31 ribu rupiah, tergantung lauk.

Sesuai namanya, Gudeg Mbok Joyo termasuk salah satu gudeg legendaris Jogja. Kabarnya, gudeg ini sudah ada sejak 1968. Legend banget, bukan? Bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya, bisa langsung menuju lokasi / alamatnya di l. HOS Cokroaminoto No.139, Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

17. Gudeg Mercon Bu Tinah

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ANGKY TAN ? ? (@angkytan) pada

Anda pecinta pedas? Jika iya, Gudeg Mercon Bu Tinah menjadi tempat kuliner yang wajib dikunjungi saat liburan ke Kota Yogyakarta. Sekilas, seporsi nasi gudegnya hampir sama dengan gudeg-gudeg lainya, berisi nasi, gudeg, krecek, dan kuah areh. Namun, ada tambahan yang membuat cita rasanya sungguh pedas, yaitu oseng mercon super pedas.

Saya sendiri pernah mencoba makan di sini sekali, dan memang pedasnya nampol banget. Sebaiknya Anda mempersiapkan tisu atau pun air buat penawar pedasnya. Nah, buat Anda yang tak suka pedas, bisa juga pesan dengan Bu Tinah agar tak menambahi oseng merconnya.

Untuk lauk pendamping di sini lumayan banyak pilihan, dari mulai gorengan, telur, ayam, sate, tahu, dan tempe. Harganya sekitar Rp.38.000,- untuk 2 porsi gudeg mercon + 2 gorengan, 1 telur, 1 sate, dan 2 buah gelas es teh. Akan tetapi, kabarnya harga gudeg di sana tak pasti, kadang mahal. Jadi, sebelum membeli ada baiknya Anda tanya harganya dulu dengan Bu Tinah.

Meskipun hanya berupa warung tenda sederhana pinggir jalan, tapi pembeli Gudeg Mercon Bu Tinah cukup banyak. Jika sedang ramai, Anda harus siap-siap antri dengan orang lain. Lokasinya terletak di Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 21.00 – 01.00 WIB.

18. Gudeg Mbak Pirang (Gudeg Bu Mardjo)

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh JAJAN YOGYA | KULINER JOGJA (@jajanyogya) pada

Gudeg ini sebenarnya bernama Gudeg Bu Mardjo. Tapi, karena yang jualan rambutnya di cat warna pirang, maka dikenal dengan sebutan Gudeg Mbak Pirang / Mbak Londo / Mbak Bule. Cita rasa gudegnya enak dan tak terlalu manis. Tersedia juga oseng mercon pedas seperti halnya gudeg Bu Tinah.

Warungnya hanya berupa tenda kecil sederhana pinggir jalan, tapi rasanya juara. Berani deh diadu dengan gudeg-gudeg sekelas restoran. Gudeg Mbak Pirang buka mulai pukul 21.30 – 00.00 WIB. Harga sekitar 20 – 25 ribu rupiah, tergantung lauk. Lokasinya di Jalan Magelang No.190, Karangwaru, Tegalrejo, Kota Yogyakarta (Utara Batas Kota Yogyakarta / Samping Toko Arsys Lighting).

19. Gudeg Mercon Mbak Yuni

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies) pada

Satu lagi gudeg mercon enak di Jogja yang wajib dicoba, yaitu Gudeg Mercon Mbak Yuni. Dari namanya, tentu Anda sudah bisa menebak bahwa gudegnya memiliki cita rasa pedas dengan tambahan oseng mercon. Selain pedas, pilihan lauknya lumayan banyak seperti sate daging ayam, sate kulit ayam, ayam (paha, dada, sayap, ati ampela), telur, tempe goreng tepung, dan kerupuk.

Untuk harga lumayan murah, satu porsi nasi gudeg krecek dan telur dibanderol seharga 15 ribu rupiah. Untuk sate daging ayam, satu tusuknya sekitar 5 ribu rupiah. Lokasinya terletak di di Jl. Pangeran Diponegoro No.100, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 18.30 – 01.00 WIB (Selasa tutup).

20. Gudeg Depan Akur Optic / Kampus LPP

Selain malam hari, penjual gudeg di Yogyakarta pada umumnya menggelar dagangan ketika pagi hari. Hampir di setiap susut kota atau pun pinggir jalan raya, Anda bisa menemukan orang jualan gudeg. Satu diantara gudeg pagi Jogja yang paling enak adalah Gudeg Depan Akur Optic / Kampus LPP. Jam buka sekitar pukul 06.00 – 08.00 WIB.

Seporsi gudegnya berisi nasi / bubur, gudeg, krecek, kuah areh, dan lauk tambahan seperti ayam, tahu, tempe, telur, dan gorengan. Harga seporsi gudeg basah di sini sekitar Rp.15.000,- (Nasi Gudeg + Ayam Suwir + Telur). Lokasinya persis di depan Akur Optic Urip Sumoharjo (seberang Kampus LPP), Jl. Urip Sumoharjo No.71, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

21. Gudeg Pagi Ibu Dewi

Gudeg Pagi Ibu Dewi ini lokasinya masuk di dalam perkampungan, tapi mudah ditemukan dengan Google Map. Ciri khas gudegnya yaitu adanya tambahan kuah sambal kacang, manis dan gurih. Kreceknya juga unik, begitu digigit langsung keluar airnya.

Harga seporsi gudeg Bu Dewi terbilang murah meriah (murmer) banget. Seporsi hanya dibanderol Rp.8.500,- (Nasi Gudeg Krecek Telur). Cocok dijadikan tempat sarapan bagi anak-anak kost seperti mahasiswa, pelajar, dan karyawan.

Alamat lengkap Gudeg Pagi Ibu Dewi terletak di Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Kampus Kehutanan UGM Ke Utara ikuti google map). Jam buka mulai pukul 06.00 WIB – Habis.

22. Gudeg Ceker & Koyor Bu Sum Tamansari

Sesuai namanya, warung gudeg lesehan pinggir jalan ini menyajikan menu gudeg ceker dan gudeg koyor. Cita rasa gudegnya enak, gurih, dan manis. Daging ceker ayamnya empuk mudah lepas dari tulang, koyornya pun kenyal mudah digigit.

Seporsi gudeg ceker terdiri atas nasi, gudeg, krecek, sayuran hijau, kuah areh, dan 5 buah ceker ayam yang ditaruh pada piring terpisah. Sedangkan gudeg koyor juga berisi nasi, gudeg, krecek, sayuran hijau, kuah areh, dan koyor. Di sini juga tersedia sambal pete, cocok bagi para pecinta pedas dan pete.

Harga satu porsi gudeg sekitar 20 ribu rupiah. Lokasi / alamat Gudeg Ceker & Koyor Bu Sum Tamansari
terletak di Jl. KH. Wahid Hasyim, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Parkir mobil lumayan sulit, sebaiknya memakai motor jika akan ke sana. Jam buka mulai pukul 18.30 – 01.00 WIB.

23. Gudeg Lesehan Bu Sastro

Satu lagi tempat makan gudeg Jogja yang menyajikan menu ceker ayam enak, yaitu Gudeg Lesehan Bu Sastro. Lokasinya berada di kawasan Malioboro Yogyakarta, tepatnya Jl. Margo Mulyo (Dulu bernama Jalan Jendral Ahmad Yani), Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (sebelah utara Toko Arloji Gunung Mas). Jam buka mulai pukul 22.00 – 03.00 WIB.

Seporsi gudeg cekernya berisi nasi, gudeg, sayur, kuah opor, sambal, dan 5 buah ceker ayam. Anda juga bisa memesan lauk selain ceker, seperti daging ayam paha, sayap, dada, telur, dan sayur krecek tempe tahu. Soal harga, masih lumayan terjangkau sekitar Rp. 32.000,- (1 porsi nasi gudeg ceker + 1 porsi nasi gudeg telur + 1 gelas es teh manis + 1 gelas es teh tawar).

24. Gudeg Kayu

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh KULINER JOGJA (@jogjafood) pada

Warung Lesehan Gudeg Kayu Hj Budiharjo termasuk salah satu gudeg Jogja legendaris yang buka malam hari dan memiliki cita rasa gurih, enak, serta tak terlalu manis. Kabarnya, gudeg ini sudah ada sejak tahun 1980-an.

Seporsi Gudeg Kayu berisi nasi, gudeg, krecek, potongan tempe kecil-kecil, kuah areh, dan lauk sesuai pesanan dari mulai tahu, tempe, telur, ayam, atau pun gorengan. Selain gudeg basah, di sini juga menyediakan nasi pecel. Anda bisa juga memesan gudeg dan pecel jadi satu apabila ingin merasakan sensasi rasa unik.

Oya, porsi nasinya terbilang sedikit sehingga bila ingin porsi banyak, harap pesan 2 porsi nasi. Range harga sekitar 18 – 25 ribu rupiah (tergantung lauk yang dipesan). Alamat Gudeg Kayu terletak di Jl. Laksda Adisucipto No.9, Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 19.00 – 23.00 WIB.

25. Gudeg Song Djie (01) Bu Atmo

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ? HANS DANIALS ? (@eatandtreats) pada

Menurut beberapa orang, Gudeg Song Djie (01) Bu Atmo memiliki rasa enak tidak terlalu manis sehingga tidak membuat eneg. Saat pagi, biasanya ada menu bubur selain nasi. Untuk harga, ada orang yang bilang mahal dan ada juga yang bilang standar. Sebaiknya tanyakan dulu harganya ya, sebelum membeli.

Lokasi/ alamat Gudeg Song Djie terletak di Jl. Kyai Mojo No.104, Bener, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 06.30 – 22.00 WIB.

26. Gudeg Yu Narni

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh NELA MARGHA | #Jogjataste (@jogjataste) pada

Gudeg Yu Narni ini cukup terkenal di Kota Yogyakarta dan memiliki cabang dimana-mana. Seperti halnya gudeg Yu Djum, gudeg racikan warung Yu Narni termasuk jenis gudeg kering dengan rasa manis. Range harga sekitar 13 – 39 ribu rupiah (tergantung lauk).

Salah satu cabangnya berada di Gg. Cokrowolo, Kocoran, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Sebelah utara kehutanan UGM). Jam buka mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB.

27. Gudeg Ibu Kota

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh KULINER JOGJA | INDONESIA (@gendut_kulineran) pada

Gudeg Ibu Kota termasuk salah satu tempat makan gudeg paling enak di Jogja yang buka malam hari. Rasa gudegnya enak, gurih, dan gak terlalu manis. Variasi lauknya juga lumayan banyak, ada telur ceplok, gorengan, sate usus, krupuk, dan lainnya.

Tempatnya berupa warung pinggir jalan, tepatnya di depan Toko Mas Ibu Kota. Itulah sebabnya gudeg ini disebut Gudeg Ibu Kota. Di sini, pengunjung makan dengan duduk lesehan di atas tikar sepanjang trotoar.

Lokasi / Alamatnya terletak di Jl. Urip Sumoharjo No.88, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 21.00 – 05.00 WIB. Harga seporsi sekitar Rp.25.000,- (Nasi Gudeg Ayam Suwir + Telur + Es Jeruk / Es Teh). Tapi, sebaiknya tanyakan dulu harganya saat memesan gudeg dan lauk agar tidak kaget saat bayar.

28. Gudeg Mangut Lele Mbah Marto

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh INSTAGRAM KULINER JOGJA (@jogjafooddestinations) pada

Selain terkenal akan Mangut Lelenya yang top markotop alias maknyus, kuliner Jogja legendaris yang satu ini juga memiliki sajian gudeg nan lezat. Apalagi disantap bersama nasi putih hangat disiram kuah mangutnya, hmm… begitu nikmat.

Makanan di warung Mangut Lele Mbah Marto dimasak memakai kayu bakar sehingga memiliki aroma khas. Harga seporsi nasi gudeg atau mangut lele sekitar 25 ribu rupiah. Lokasi warungnya berada di dalam rumah, para pembeli akan langsung masuk ke dapur untuk mengambil lauk dan sayur.

Alamat Mangut Lele Mbah Marto terletak di Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

29. Gudeg Basah Mbok Mandeg

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh masclink | kuliner jogja (@masclink_kulineran) pada

Berbeda dengan warung gudeg pada umumnya, rumah makan Gudeg Basah Mbok Mandeg mengusung tema kekinian jaman now, baik dari segi tampilan maupun menu makanan. Begitu masuk ke dalam ruangan, Anda akan disuguhi desain interior yang instagramable buat foto selfie.

Ada 3 menu utama di sana, yaitu gudeg basah, gudeg bakar / geprek / penyet, dan gudeg mercon. Selain gudeg, warung Mbok Mandeg juga menyediakan berbagai menu makanan dan minuman lainnya dari mulai nasi goreng, nasi bakar, bakmi, olahan ayam, soto, es teler, jus buah, pisang bakar, mendoan, kopi, dan lain sebagainya.

Gudegnya sendiri memiliki cita rasa gurih, tak terlalu manis, dan enak. Lokasi / alamat Gudeg Basah Mbok Mandeg terletak di Jl. Parangtritis KM.2,5, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Range harga sekitar 10 – 35 ribu rupiah (tergantung lauk).

30. Gudeg Rahayu

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Voila Jogja (@voilajogja) pada

Nama Gudeg Rahayu masih belum familiar di telinga saya. Tapi, setelah mencobanya, ternyata cita rasa gudegnya lumayan enak. Seporsi Gudeg Rahayu berisi nasi, gudeg, oseng tempe, krecek, kuah areh, dan lauk sesuai pesanan pembeli, misalnya tempe, tahu, ayam, telur, atau ati ampela.

Untuk range harga berkisar 8 – 32 ribu rupiah (tergantung lauk). Lokasi / alamat Gudeg Rahayu terletak di Jl. Prof. Herman Yohanes No.1060, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB.

31. Gudeg Bu Minarsih Bantul

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kuliner Jogja (@tumbarmerica) pada

Warung gudeg Jogja yang enak berikutnya adalah Gudeg Bu Minarsih di Kretek Abang, Sanden, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta (pas di perempatan jembatan merah Sanden). Jam buka mulai pukul 07.00 – 12.00 WIB.

Menu recommended di sini biasanya bubur gudeg dengan cita rasa gurih, enak, dan porsi mantap. Semakin sedap dengan adanya penambahan mie lethek pada buburnya. Harganya terbilang murah meriah banget, sekitar 7 – 15 ribu rupiah.

32. Gudeg Yu Yam

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gudeg Mercon Yuyam (@gudegyuyam) pada

Berlokasi di Jl. Magelang No.120, Kutu Asem, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, warung gudeg kaki lima Yu Yam menyajikan menu gudeg mercon dengan cita rasa pedas. Lauk pendampingnya juga cukup variatif, ada telur, tempe, tahu, kerupuk, kikil, teri, dan daging ayam. Tersedia juga menu bubur selain nasi.

Harga 2 porsi nasi gudegnya sekitar 45 ribu rupiah, tergantung lauk yang dipakai. Jam buka gudeg Yu Yam mulai pukul 23.00 – 04.00 WIB sehingga cocok sebagai tempat makan bagi Anda yang suka lembur malam hari.

33. Gudeg Wijilan Bu Widodo

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Stanz L (@stanzazone) pada

Selain daerah Mbarek, kawasan Wijilan juga dikenal sebagai sentra (pusat) makanan gudeg Jogja. Di sepanjang Jalan Wijilan, berderet sejumlah rumah makan gudeg dengan merek bermacam-macam, satu diantarannya adalah Gudeg Wijilan Bu Widodo.

Cita rasa gudegnya enak tak terlalu manis, daging ayam dan telurnya terbilang empuk. Lokasi / alamat Gudeg Bu Widodo terletak di Jl. Wijilan No.5C, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB.

34. Gudeg Bu Lies

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh gudeg kaleng, Kendil, Besek (@gudeg_bulies) pada

Satu lagi gudeg enak di Kawasan Wijilan Yogyakarta yang wajib dicoba, yaitu Gudeg Bu Lies. Cita rasa gudeg di sini sama-sama lezat bila dibandingkan dengan warung gudeg lainnya. Warung Bu Lies menyediakan gudeg kaleng yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang.

Lokasi / alamat Gudeg Bu Lies terletak di Jl. Wijilan No.5, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 05.00 – 22.00 WIB.

35. Gudeg Manggar Manding

Gudeg Manggar Manding adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : enjoyjogja.com)
Gudeg Manggar Manding adalah salah satu gudeg Jogja paling enak dan terkenal (Foto : enjoyjogja.com)

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah selama berjam-jam hingga terasa legit. Tetapi ternyata selain nangka muda, ada juga gudeg yang terbuat dari manggar atau bunga kelapa muda.

Gudeg manggar ini memang kalah populer dibandingkan dengan gudeg nangka. Karena memang gudeg manggar ini sulit untuk ditemukan alias sudah langka. Menurut ahli kecantikan tradisional yang berasal dari Keraton Jogja Ibu Mooryati Soedibyo, mengkonsumsi gudeg manggar bisa memunculkan kecantikan luar dan dalam atau klimis dalam istilah Jawanya.

Meskipun gudeg manggar adalah pusaka kuliner Jogja yang langka, namun bukan berarti kita tak bisa menikmatinya. Datanglah ke RM Manggar Manding Bantul, kampung halaman dari kuliner istimewa ini. Lokasi dan alamat lengkapnya di Jl. Parangtritis Km. 11,5 Manding, Bantul, Yogyakarta. Telp. (0274) 368 707. Tempat yang luas dan bersih pun sangat cocok bila kita ingin membawa kolega atau rombongan.

Tersedianya ruang pertemuan memungkinkan untuk mengadakan acara tanpa perlu bingung memikirkan urusan konsumsi karena di sini juga ada beberapa menu lain yang tak kalah lezatnya. Cobalah gurame organik hasil dari petani gurame yang membesarkan ikan-ikannya tanpa terkontaminasi dengan pakan olahan pabrik. Untuk minuman jangan melewatkan teh batok, teh yang dicampur dengan beragam rempah ini nikmat disajikan dingin atau panas.

Sambangilah rumah Makan Manggar Manding, di sini kita dapat menikmati sajian gudeg manggar yang lezat. Bunga pohon kelapa yang masih muda dimasak bersama santan dan bermacam bumbu hingga berjam-jam lamanya.

Manggar yang mudah hancur pun butuh ketelatenan agar membuatnya tetap terasa teksturnya. Hanya dengan kesabaran tinggilah seporsi gudeg manggar yang disajikan bersama sayur krecek dan tahu bacem bisa kita nikmati. Berbeda dengan gudeg nangka pada umumnya yang terasa legit, gudeg manggar manding menawarkan rasa gudeg gurih yang ramah bagi lidah.

36. Gudeg Manggar Bale Celeban

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bale Celeban (@baleceleban_) pada

Gudeg Manggar yang terbuat dari bunga kelapa muda, bisa dibilang termasuk makanan langka di Yogyakarta. Pasalnya, tak terlalu banyak warung gudeg dengan menu gudeg manggar. Selain RM Manggar Manding, Anda bisa mencicipi gudeg manggar di Bale Celeban.

Rumah makan Bale Celeban menyediakan menu makanan enak, mulai dari gudeg manggar, tongseng ayam, brongkos, iga, sayur lodeh, hingga ayam goreng. Desain interiornya cukup instagenic buat berfoto, suasannya juga nyaman sehingga cocok buat tempat nongkrong di Jogja bareng teman atau keluarga. Asiknya lagi, tersedia wifi lho.

Lokasi / alamat Bale Celeban terletak di Jl. Celeban No.374, Tahunan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 11.00 – 00.00 WIB (Senin tutup).

37. Gudeg Manggar Ibu Jumilan

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh STREETFOOD | KULINER JOGJA (@jogjakakilima) pada

Nyobain gudeg manggar khas Jogja, rasanya belum lengkap jika tak mampir ke warung Gudeg Manggar Ibu Jumilan. Lokasi / alamatnya berada di Jl. Srandakan sekitar km 8, Kp. Bendo Mangiran, Puluhan Kidul, Trimurti, Kec. Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 05.00 – 04.00 WIB.

Cita rasa gudeg manggarnya enak dan gurih saat disantap. Selain gudeg, di sini juga menyediakan menu gule dan soto ayam kampung. Untuk harga sekitar 25 ribu rupiah per porsi, tergantung lauk yang dipesan.

Demikianlah ulasan singkat tentang aneka tempat makan gudeg enak dan terkenal di Jogja yang wajib dikunjungi. Bagi sobat traveler yang kebetulan akan liburan ke Kota Yogyakarta, jangan lupa masukkan list di atas pada salah satu agenda rekreasi Anda. Oya, jika ada referensi / rekomendasi warung gudeg lezat lainnya, bisa Anda tuliskan melalui kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here