Pusat Info Wisata Terlengkap

35 Tempat Wisata Di Bogor Terbaru Yang Bagus Dan Hits

0 119,536

Tempat Wisata Di Bogor – Inilah daftar tempat wisata di Bogor terbaru yang paling bagus dan lagi hits dikalangan wisatawan. Dari mulai wisata alam, air terjun, kuliner enak, tempat nongkrong cozy, wahana bermain anak dan keluarga, sampai tempat yang romantis pun ada semua disini.

Bersama dengan kawasan wisata Bandung, wilayah puncak Bogor dan sekitarnya saat ini menjadi primadona tempat wisata di Jawa Barat. Objek wisata yang komplit, udara yang sejuk, pemandangan yang indah, serta fasilitas dan akomodasi yang lengkap menjadi alasan para traveler untuk liburan di Kota Hujan ini.

Secara administratif, wilayah Bogor terdiri dari kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Namun, kalau dilihat dari segi pariwisata, ada 2 wilayah yang terkenal sebagai tempat liburan favorit para traveler, terutama warga Jakarta dan sekitarnya. Wilayah tersebut yaitu Kawasan Puncak Bogor dan Sentul City.

Menurut wikipedia, Puncak adalah sebuah daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Daerah Puncak memiliki kontur alam yang unik. Hampir sebagian besar wilayah ini diselimuti perkebunan teh dengan latar belakang pegunungan.

Di daerah Puncak Bogor terdapat banyak sekali hotel, villa, dan tempat wisata menarik seperti Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Nusantara, Kebun Raya Cibodas, Telaga Warna, dan Taman Wisata Matahari. Kalau di Jawa Timur, Puncak identik dengan kawasan wisata Batu Malang.

Tak kalah bagus dengan Puncak Bogor, kawasan Sentul juga memiliki sejumlah tempat rekreasi yang asyik dan seru untuk dikunjungi bersama anak-anak dan keluarga. Sentul City adalah sebuah kawasan “kota pegunungan” seluas kira-kira 3000 hektare yang berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Kawasan Sentul terletak di sebelah timur Kota Bogor yang dikembangkan oleh PT Sentul City Tbk. Tujuan pembangunan Sentul City adalah sebagai tempat hunian sekaligus pariwisata. Disini terdapat berbagai fasilitas publik seperti Bellanova Country Mall, Sekolah Pelita Harapan, KB/TK/SDS Taruna Bangsa, Sentul Wonderland Outbound Kids, tempat olah raga, dan lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini Aneka Wisata akan berbagi rekomendasi tempat wisata yang ada di Bogor dan sekitarnya, meliputi kawasan Puncak Bogor, Sentul City, kota Bogor, dan Kabupaten Bogor. Yuk, langsung simak saja review dan ulasannya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Di Bogor Terbaru Yang Bagus Dan Hits

1. Curug Cibaliung

Tempat Wisata Di Bogor
Tempat Wisata Di Bogor Curug Cibaliung (Foto : @rudiansyaharya08)

Tak hanya kawasan wisata Malang yang punya air terjun indah, Bogor juga surganya air terjun yang eksotis. Kalau Anda tak percaya, coba deh kunjungi Curug Cibaliung yang terletak di desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul Kabupaten Bogor.

Curug ini memang tidak terlalu tinggi, namun kejernihan dan kesejukan airnya akan membuat Anda tergoda untuk langsung menceburkan diri disini. Rasakanlah serunya basah-basahan dan nikmatnya dipijat oleh derasnya aliran air yang menuju sungai di bawahnya.

Dengan bebatuan dan pepohonan di pinggiran curug yang masih alami, debit air yang cukup deras, serta jernihnya air menjadikan Curug Cibaliung tampak indah dan cantik. Tak ayal, Curug Cibaliung pun menjadi tempat wisata baru di Sentul yang ngehits dikalangan anak muda Bogor.

Lokasi curug ini termasuk tersembunyi alias belum terjamah, jadi benar-benar sangat asri. Sulitnya medan untuk mencapai curug dan belum banyaknya traveler yang mengetahuinya, mungkin menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini masih sangat jarang dikunjungi.

Nah, bagi Anda yang ingin mengunjungi Curug Cibaliung, berikut ini ada sedikit info rute jalan menuju lokasi curug. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan tol Jagorawi, keluar di gerbang Sentul City, belok kiri, masuk ke jalan utama arah Jungle Land.

Sebelum pintu gerbang Jungle Land belok kanan melalui jalan perkampungan sampai bertemu pertigaan. Belok kiri menuju Curug Putri Kencana dan Leuwi Hejo, sedangkan arah lurus menuju kawasan Gunung Pancar dengan hutan pinus dan air panasnya.

Selanjutnya ikuti jalan sampai bertemu petunjuk Curug Leuwi Hejo di sebelah kanan jalan, kurang lebih setengah jam, tepatnya di desa Karang Tengah Anda akan menemui Curug Cibaliung. Harga tiket masuk curug ini melalui curug leuwi hejo, per orang Rp 10.000, dan parkir motor Rp 5.000,-.

Oya, Curug Cibaliung juga dikenal dengan sebutan Leuwi Cibaliung atau Curug Baliung. Jadi, kalau sobat traveler mau kesini jangan lupa sebutin semua namanya ya ketika bertanya ke warga sekitar biar tidak kebingungan. Satu lagi, Anda harus hati-hati dan tetap menjaga kebersihan!

2. Rumah Pohon & Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol

Tempat Wisata Di Bogor Terbaru
Tempat Wisata Di Bogor Terbaru Jembatan Kayu Gantung Jonggol (Foto : @jaelaniabdullah)

Objek wisata yang menyajikan rumah pohon atau gardu pandang di atas pohon nampaknya sedang naik daun akhir-akhir ini. Sebut saja Gardu Pandang Kalibiru di Kulonprogo yang menjadi primadona baru wisata Jogja dan Omah Kayu di kawasan wisata Batu Malang.

Nah, seakan tak mau ketinggalan, kota Bogor pun menyajikan tempat yang serupa, namanya Rumah Pohon & Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol. Tak butuh waktu lama, jembatan kayu ini pun langsung menjadi tempat wisata di Bogor yang hits di kalangan netizen.

Rumah pohon dan jembatan kayu ini terletak di jalan masuk menuju Curug Ciherang. Sedangkan Curug Ciherang sendiri terletak Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Seperti halnya rumah pohon pada umumnya, rumah pohon Curug Ciherang juga dibangun di atas pohon besar. Pohon ini terletak di tebing sehingga bagian bawahnya merupakan jurang cukup dalam. Jadi, Anda harus hati-hati ya!

Rumah pohon dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu sebagai jalan masuknya. Nah, lokasi inilah yang saat ini sedang hits sebagai tempat selfie atau narsis dikalangan muda-mudi di Bogor.

Dengan latar perbukitan hijau alami menjadikan jembatan kayu ini sebagai tempat yang bagus dan keren untuk hunting foto di Bogor. Benar-benar instagramable banget deh!

Oya, masuk ke rumah pohon ini sepertinya masih gratis. Anda cukup membayar harga tiket masuk Curug Ciherang sebesar Rp.5.000,- per orang, biaya parkir roda dua sekitar Rp.5.000,- dan roda empat/mobil Rp.20.000,-.

3. Goa Agung Garunggang

Tempat Wisata Baru Di Bogor
Tempat Wisata Baru Di Bogor Goa Agung Garunggang (Foto : @dela_tikasariwardah)

Inilah tempat wisata di Bogor anti mainstream, namanya Goa Agung Garunggang yang terletak di Karang Tengah 2, Babakan Madang, Sentul. Goa cantik yang tersembunyi ini masih sangat jarang dikunjungi karena belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Di sekitar lokasi goa, banyak terdapat bebatuan unik dan indah yang bagus buat spot foto. Untuk memasuki goa, Anda harus turun ke bawah seperti turun ke dalam sumur karena goa ini berada di dalam tanah. Kondisi goa yang relatif gelap, mewajibkan Anda membawa senter ketika masuk.

Di dalam gua, Anda akan disuguhi stalaktit-stalaktit yang menggantung di dinding atas goa. Anda juga harus menyusuri celah sempit yang mungkin hanya bisa dilalui satu orang saja. Saya sarankan, ketika memasuki goa lebih baik menggunakan jasa pemandu warga setempat.

Untuk menuju lokasi, Anda bisa berpedoman pada Jungleland dan Leuwi Hejo. Jika Anda sudah berada di Sentul, temukanlah Jungleland lalu ikutilah jalan menuju perkampungan. Carilah spanduk mengenai Goa Agung Geopark dan ikutilah berbagai petunjuk jalan.

Jika bingung, jangan malu bertanya kepada warga sekitar. Untuk harga tiket masuk sepertinya masih gratis, paling hanya membayar parkir dan pemandu seikhlasnya kepada warga setempat.

4. Little Venice Kota Bunga Puncak Bogor

Little Venice Kota Bunga Puncak Bogor
Little Venice Kota Bunga Puncak Bogor (Foto : dennysumarna via indonesia.tripcanvas.co)

Anda sedang mencari tempat wisata di puncak Bogor terbaru yang paling bagus? Coba deh, kunjungi Kota Bunga yang terletak di Jl. Hanjawar, Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur – Jawa Barat. Kota Bunga adalah suatu kawasan Villa Estate yang dibangun di lahan seluas sekitar 125 Ha.

Nah, di dalam Kota Bunga ini terdapat sebuah objek wisata baru untuk anak dan keluarga yang asyik dikunjungi saat akhir pekan. Namanya adalah Little Venice yaitu danau buatan yang dirancang semirip mungkin dengan bangunan dan struktur alam yang ada di Venice, Italia.

Di sini tersedia berbagai permainan, dari mulai sepeda untuk anak-anak, perahu bebek, sampai gondola yang bisa Anda dayung sendiri. Anda juga bisa menikmati Mississippi Boat Ride dengan perahu yang bertema western.

Oya, yang unik dari Kota Bunga selain wahananya tentu saja bangunannya. Anda dapat menemukan berbagai rumah atau bangunan khas dari negera-negara di Asia, Eropa, Amerika, maupun Australia. Dan tentu saja dengan aneka bunga yang indah dan menarik.

Kawasan Little Venice ini termasuk tempat favorit untuk hunting foto dan selfie/narsis. Jadi, kalau Anda kesini jangan lupa bawa kamera dengan full baterai ya! Untuk harga tiket masuknya cukup murah kok, cuma Rp.20.000,- per orang. Tapi, untuk menikmati berbagai wahana permainan Anda mesti bayar lagi.

5. Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Curug Bidadari Sentul Paradise Park Bogor
Curug Bidadari Sentul Paradise Park Bogor (Foto : nativeindonesia.com)

Curug Bidadari adalah salah satu tempat rekreasi di Bogor yang menarik dikunjungi saat libur akhir pekan. Air terjun ini awalnya bernama Curug Bojongkoneng, namun setelah di kelola oleh Sentul Paradise Park berubah nama menjadi Curug Bidadari atau Air Terjun Bidadari.

Lokasi dan alamat Curug Bidadari terletak di Desa Bojongkoneng, Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40-75 meter dan airnya bersumber dari mata air hutan lindung di daerah tersebut.

Saat ini telah dibangun water park tepat di bawah Air Terjun Bidadari. Water park atau taman bermain ini mempunyai luas sekitar lebih dari 6,000 meter persegi dan dilengkapi dengan pasir putih yang didatangkan langsung dari kawasan Bangka. Dengan demikian wisatawan akan merasa seperti di pantai sepanjang 150 meter.

Di kawasan air terjun ini juga terdapat fasilitas wisata menarik lainnya, seperti perahu tangan dan flying fox. Air Terjun Bidadari selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika akhir pekan dan masa-masa liburan.

Air terjun Bidadari buka mulai jam 08.00 – 17.00 WIB saat weekdays dan 07.30 – 18.30 WIB saat weekend. Untuk harga tiket masuknya cukup mahal menurut saya, yaitu sekitar Rp.25.000,- per orang (weekdays) dan Rp.40.000,- per orang (weekend).

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Curug Bidadari, saya sarankan agar hati-hati karena menurut beberapa info dan komentar beberapa traveler yang pernah kesini, jalan menuju ke lokasi curug kurang bagus dan banyak pungli.

Jadi, sebaiknya bawa uang lebih buat jaga-jaga di jalan atau di lokasi curug. Siapa tau Anda kena pungli dari orang yang kurang bertanggung jawab. Semoga saja sekarang jalannya sudah bagus dan tidak ada pungli lagi sehingga wisatawan bisa nyaman menikmati keindahan Curug Bidadari.

Baca Juga : 73 Tempat Wisata Kuliner Enak Dan Murah Di Bogor Yang Wajib Dicoba

6. The Jungle Water Adventure

The Jungle Water Adventure
The Jungle Water Adventure (Foto : cantik.com)

Inilah tempat wisata di Bogor paling recommended untuk anak dan keluarga, yaitu The Jungle Water Adventure yang terletak di Jalan Bogor Nirwana Boulevard Dreded Pahlawan, Perumahan Bogor Nirwana Resident, Jawa Barat.

Dengan mengusung konsep terbuka hijau serta berlatar pemandangan Gunung Salak dan Gunung Pangrango, membuat Jungle Water Adventure menjadi tempat favorit wisatawan untuk liburan. Disini Anda dapat menikmati aneka wahana permainan air yang asik dan seru serta beragam hiburan lainnya yang menyenangkan.

Wahana air yang tersedia objek wisata populer ini antara lain Kiddie Pool, Slide Pool, Racer Slide, Spiral Slide dan Tube Slide yang memiliki panjang lintasan sekitar 100 meter dari ketinggian 12 meter.

Ada juga Leisure Pool, tempat untuk bersantai di tengah kolam renang sambil menikmati makanan dan minuman. Bagi anak-anak yang suka bermain futsal, bisa bermain di area Fountain Futsal. Tak ketinggalan ada juga Sinema 4D yang merupakan Sinema 4 dimensi kedua di Indonesia setelah Dufan Ancol.

Untuk harga tiket masuk reguler The Jungle Water Adventure Bogor sebesar Rp.80.000,- (weekdays) dan Rp.95.000,- (weekend). Namun, untuk rombongan biasanya ada diskon sesuai dengan jumlah orang dalam rombongan tersebut.

7. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor
Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor (Foto : @yudhieyudhiestira)

Walaupun sudah berdiri lama sejak tahun 1993, nampaknya tak membuat Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya ini lepas dari daftar tempat wisata di Bogor terbaru yang paling bagus. Mengapa demikian? Dengan harga tiket yang murah meriah sebesar Rp.2.500,-, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas wisata yang asik dan seru.

Di areal seluas 5 hektar yang konon pada awalnya dikenal dengan sebutan Penangkaran Rusa Cariu ini, Anda dapat menghabiskan waktu bermain dan bercanda dengan rusa-rusa yang cantik dan lucu. Anda pun diperbolehkan untuk memberi makan dan berfoto ria dengan mereka.

Tak hanya itu, disini juga terdapat beraneka macam rusa dari Rusa Cheetal, Rusa Jawa, dan juga Rusa Bawean. Dan satu lagi yang tak boleh Anda lewatkan adalah spot indah jembatan gantung yang terbentang di atas Sungai Cibeet.

Itulah alasan mengapa Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor masuk dalam list yang saya buat ini. Tempatnya benar-benar asyik untuk mengisi liburan akhir pekan bersama keluarga atau pun sahabat. Oya, objek wisata ini juga menyediakan lokasi outbound dan tempat perkemahan yang berkapasitas hingga 200 orang lho!

Bagi sobat traveler yang tertarik mengunjungi penangkaran rusa ini, bisa langsung datang ke lokasi di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor. Jaraknya sekitar 40 km dari pintu keluar Tol Cibubur dari arah Cileungsi – Jonggol. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

8. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Taman-Sakura-Kebun-Raya-Cibodas
Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas (Foto : @desypahanz)

Tak usah jauh-jauh ke Jepang untuk melihat keindahan bunga Sakura. Datang saja ke Taman Sakura Kebun Raya Cibodas puncak Bogor. Terdapat sekitar 435 pohon bunga Sakura yang dapat Anda temukan di taman ini. Oya, Taman Sakura ini juga termasuk tempat wisata di Bogor yang indah dan bagus untuk prewedding.

Sungguh pemandangan yang indah ketika bunga sakura mekar. Apalagi jika Anda datang bersama pasangan (baca : istri), romantis banget. Berpose berdua dengan latar bunga Sakura yang berwarna pink dengan taman hijau yang luas, membuat seolah-olah dunia milik berdua.

Namun, untuk menjumpai bunga Sakura yang sedang mekar, Anda harus hafal jadwal mekarnya. Hal ini karena bunga ini hanya mekar 2 kali dalam setahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Selain Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas juga menyajikan padang rumput yang luas, pohon-pohon raksasa berusia tua, berbagai koleksi tanaman langka, taman lumut yang unik, kolam, sungai, air terjun, air mancur, dan rumah kaca.

Lokasi dan alamat Kebun Raya Cibodas terletak di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Untuk harga tiket masuk kebun ini dibanderol dengan harga Rp.9.500,-. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

9. Gunung Pancar

Tempat Wisata Di Bogor Gunung Pancar
Tempat Wisata Di Bogor Gunung Pancar (Foto : nazuragulfira.blogspot.com)

Gunung Pancar adalah tempat wisata alam di Bogor terbaru yang lagi ngehits akhir-akhir ini, terutama hutan pinusnya yang eksotis. Dengan ketinggian sekitar 300-800 mdpl dan kemiringan mencapai 15-40%, Gunung Pancar menjadi tempat yang menarik untuk menghabiskan akhir pekan di kota hujan.

Wisata alam Gunung Pancar menyuguhkan hutan pinus yang alami dan memiliki udara yang sangat sejuk. Disini juga tersedia tempat pemandian air panas dan banyak aktivitas wisata lainnya yang dapat Anda lakukan disini seperti camping, hiking, downhill, joging, dan berkuda.

Yang paling jadi primadona disini tentu saja pesona hutan pinusnya yang sangat indah. Pohon pinus yang ramping dan menjulang tinggi di kawasan ini memberi kesan yang eksotis dan romantis. Tak ayal, tempat ini pun kerap dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding. Instagramable banget deh!

Gunung Pancar terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Harga tiket masuk objek wisata Gunung Pancar cukup murah meriah yaitu Rp 5.000/orang. Untuk biaya masuk/parkir kendaraan adalah Rp 5.000/motor dan Rp 10.000/mobil.

Bagi Anda yang ingin merasakan berendam air panas, cukup membayar Rp 10.000/orang. Gunung Pancar dibuka selama 24 jam dalam seminggu, jadi sobat traveler tak usah kuatir jika kemalaman.

10. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari (Foto : klikhotel.com)

Bagi sobat traveler pecinta buah-buahan, wajib deh mengunjungi Taman Wisata Mekarsari. Disini terdapat sekitar 1470 jenis tanaman buah dengan sekitar 100.000 pohon. Wow? Amazing banget bukan? Tak ayal, objek wisata ini pun ditetapkan sebagai taman buah terbesar di Indonesia.

Bukan hanya buah-buahan yang bisa Anda nikmati disini, taman ini juga menyediakan aneka wahana permainan seperti banana boat, angsa air, aqua bike, dan floating donut. Bagi Anda penyuka kegiatan outbond, bisa memilih kegiatan menarik Family Camp atau Family Biking Camp.

Dengan mengusung tema konservasi, edukasi, reboisasi,dan rekreasi menjadikan Taman Wisata Mekarsari sebagai salah satu tempat wisata anak di Bogor favorit wisatawan.

Lokasi dan alamat Taman Wisata Mekarsari berada di Jl. Raya Cileungsi – Jonggol KM 3, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Jam buka sekitar pukul 10.00 – 16.30 WIB (week days) dan 09.00 – 16.30 WIB (weekend). Untuk harga tiket masuknya cukup murah kok, sekitar Rp.25.000,-.

Namun, Anda harus membayar lagi jika ingin menikmati wahana permainan disini melalui sistem Top Up. Sistem ini berupa pengisian saldo agar dapat menggunakan wahana sehingga Anda tidak perlu mengantre untuk membeli tiket jika ingin menaiki suatu wahana.

Jadi, Tiket masuk sebesar 25.000 Rupiah tersebut sebenarnya terdiri dari 15.000 Rupiah untuk tiket masuk kawasan dan 10.000 Rupiah untuk gelang RFID. Gelang inilah yang digunakan untuk pengisian saldo jika Anda ingin mencoba wahan disini.

Baca Juga : 15 Tempat Nongkrong Di Bogor Yang Asik Dan Enak

11. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia
Taman Safari Indonesia (Foto : @ojip_ismaputra )

Siapa seh yang tak kenal dengan objek wisata yang satu ini? Hampir semua wisatawan tentu mengenal Taman Safari Indonesia. Tempat wisata di Bogor yang masuk dalam kategori best vacation ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, anak-anak, dan sahabat dekat.

Tempat liburan yang terletak di Jalan Raya Puncak, No. 601, Cibeureum, Cisarua, Bogor ini menyuguhkan pengalaman melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan yang hidup di habitat aslinya. Taman Safari Indonesia juga menawarkan program safari malam dimana anda dapat melihat kegiatan hewan di malam hari.

Di Taman Safari Cisarua ini, wisatawan dapat mengelilingi taman dengan menggunakan mobil untuk menyaksikan kehidupan satwa liar di habitat alaminya dari dekat. Bagi yang ingin suasana lain, bisa menggunakan kereta gantung yang memungkinkan Anda menyaksikan fauna-fauna yang hidup di taman tersebut.

Bila Anda berkunjung kesini, jangan lupa mampir ke Baby Zoo. Di tempat ini Anda dapat berfoto bersama anak-anak hewan dari ragam spesies. Konon kabarnya, terdapat sekitar 2.500 spesies satwa dunia di Taman Safari ini lho! Keren banget bukan?

Nah, bagi sobat traveler yang akan kesini, harus menyiapkan budget yang agak lebih ya! Hal ini karena harga tiket masuknya cukup mahal, sekitar Rp.140.000,- untuk anak 1-5 tahun dan Rp.150.000,- untuk anak diatas 5 tahun. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

12. Curug Cigamea

Curug Cigamea 1
Curug Cigamea 1 (Foto : @diahayuntyas)

Inilah salah satu air terjun terindah di Bogor yang wajib dikunjungi, namanya Curug Cigamea. Lokasi air terjun ini terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Curug Cigamea benar-benar eksotis, tak kalah keren dengan aneka air terjun di Malang Jawa Timur.

Curug Cigamea merupakan dua air terjun yang serupa tapi tak sama. Air terjun pertama berada di celah tebing dan memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan aliran air yang turun semakin lebar membelah tebing bebatuan yang berwarna hitam kecoklatan

Karakter lain air terjun pertama ini yaitu tumpahan airnya cukup deras dibandingkan air terjun yang pertama. Kolam limpahan air yang ada di bawah air terjun cukup luas dengan warna air yang biru kehijau-hijauan di bagian tengah kolam menandakan bagian tersebut cukup dalam, sehingga bisa digunakan untuk berenang.

Curug Cigamea 2
Curug Cigamea 2 (Foto : @ananda.bagaskara)

Air terjun kedua lebih dekat dengan jalan masuk, mempunyai ciri khas tebing curam menyerupai dinding dan didominasi bebatuan hitam. Kolam limpahan air yang berada dibawahnya tidak terlalu dalam dan luas sehingga tidak bisa digunakan untuk berenang. Air terjun kedua berjarak sekitar 30 meter dari air terjun pertama.

Untuk harga tiket masuk Curug Cigamea adalah Rp.3500,- per orang. Sedangkan tiket masuk ke kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) adalah Rp.7000,- per orang termasuk kendaraan roda dua.

13. Curug Bengkok Leuwi Hejo (Curug Leuwi Hejo)

Curug Bengkok Leuwi Hejo
Curug Bengkok Leuwi Hejo (Foto : @ridhoisme)

Curug Leuwi Hejo atau yang lebih dikenal oleh masyarakat setempat bernama Curug Bengkok adalah sebuah air terjun mini yang indah dan lagi ngehits banget dikalangan anak muda Bogor. Curug ini terletak di Wangun Cileungsi, Ds. Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

Curug Leuwi Hejo menawarkan hawa sejuk yang bisa membuat tubuh Anda segar kembali. Airnya yang segar dan jernih berwarna hijau tosca semakin menambah keindahan air terjun ini. Apalagi saat cuaca panas, pas banget deh ngadem menceburkan diri disini.

Oya, apabila sobat traveler berkunjung kesini, jangan lupa mampir ke Curug Barong yang tak kalah indah. Lokasinya tak begitu jauh kok dari Curug Leuwi Hejo, sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Untuk harga tiket masuk Curug Bengkok Leuwi Hejo dibanderol sebesar Rp.10.000,- per orang dan tarif parkir kendaraan seharga Rp.5.000,-. Saran saja, kalau bisa jangan pas musim hujan datangnya, karena jalanan licin dan becek.

14. The Highland Park Resort (Mongolian Camp Bogor)

The Highland Park Resort Bogor
The Highland Park Resort Bogor (Foto : @highlandparkbogor)

Bagi Anda yang punya budget berlebih alias kantong tebal, jangan sampai melewatkan menginap di The Highland Park Resort. Hotel di mewah Bogor ini mengusung tema yang unik, yaitu rumah atau camp-camp ala mongolia.

Dengan mengusung konsep tenda Mongol, resort ini menawarkan akomodasi yang tak hanya unik tapi juga nyaman. Anda tak usah kuatir meskipun berbentuk tenda, namun fasilitas di tempat ini sangatlah lengkap. Mulai dari tempat tidur empuk, sofa, toilet, sampai pendingin ruangan ada semua disini.

Mongolia Camp di The Highland Park Resort Bogor
Mongolia Camp di The Highland Park Resort Bogor (Foto : @rifqiprbswr_)

The Highland Park Resort bisa dikatakan satu-satunya resort Mongolian di Asia Tenggara. Selain itu, lokasi Resort ini terbilang sangat strategis yaitu terletak di antara Gunung Salak, Curug Nangka, dan juga wisata Kuil Budha. Jadi, wisatawan gampang kalau mau kemana-mana.

Tak hanya sekedar tempat menginap, The Highland Park Resort juga menawarkan sejumlah wahana wisata yang asyik dan seru seperti flying fox, futsal, berkuda hingga fasilitas kolam renang.

Soal harga memang mahal, sekitar mulai dari Rp1.502.479 per malam. Namun, apa yang akan Anda dapatkan sebanding kok dengan harga tersebut. Untuk lokasi dan alamatnya ada di Jl. Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Bogor 16610.

15. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang
Kampung Budaya Sindangbarang (Foto : westjavatourism.info)

Objek wisata di Bogor itu tak hanya menawarkan wisata alam dan wahana permainan lho! Kota ini juga punya wisata Budaya yang tak kalah bagus untuk dikunjungi. Namanya adalah Kampung Budaya Sindangbarang.

Kampung Budaya Sindangbarang terletak di Jl. Endang Suma Wijaya, RT02 RW08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor. Disini Anda akan disuguhkan suasana kampung sunda tempo dulu, lengkap dengan 8 jenis kesenian Sunda.

Anda juga bisa berwisata sejarah di kampung ini, karena terdapat juga beberapa situs purbakala peninggalan Kerajaan Pajajaran yang amat menarik berupa Bukit-bukit Berundak. Jika beruntung, sobat traveler bisa menyaksikan upacara adat Seren Taun yang dilakukan oleh penduduk setempat.

Jika Anda ingin lebih dekat mengetahui budaya sunda lainnya, maka sebaiknya menginap di rumah-rumah adat dan merasakan suasana kehidupan masyarakat perkampungan sehari-hari. Anda dapat tinggal bersama kokolot atau tetua desa dan para seniman tradisional untuk mempelajari berbagai kesenian dari mereka.

Anda juga dapat melihat para ibu yang sedang menumbuk padi di lesung, serta memasak menggunakan kayu bakar dan hawu (kompor tradisional Sunda). Sungguh pengalaman wisata yang berharga bukan? Apalagi bagi anak-anak, bisa menjadi sarana edukasi tentunya.

Untuk jam buka atau operasional kampung ini dimulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk kunjungan sehari dibanderol mulai dari Rp.55.000,- per orang (minimal 40 orang) dan paket menginap mulai dari Rp.800.000,- per rumah.

16. Curug Ciburial

Curug Ciburial
Curug Ciburial (Foto : @adityamanda)

Inilah tempat wisata air terjun di Bogor yang indah dan cantik, namanya Curug Ciburial atau ada yang menyebutnya Curug Kembar Ciburial. Air terjun ini terletak di desa Cibeurem Sentul, Bogor.

Keindahan Curug Ciburial terletak pada susunan bebatuannya dan jumlah air terjunnya. Dalam satu tempat, Anda dapat menikmati 2 air terjun sekaligus. Airnya yang jernih serta suasana yang masih sangat alami menambah keelokan curug yang satu ini.

Curug Cibural bisa dibilang sebagai tempat wisata di Bogor terbaru yang belum terjamah. Aksesnya yang cukup sulit dan belum banyaknya wisatawan yang tahu, membuat Curug Cibural jarang dikunjungi oleh para traveler. Pas banget deh, buat Anda yang butuh tempat sepi untuk menenangkan diri.

Curug-Ciburial-Bogor
Kejernihan Air Curug Ciburial Bogor (Foto : @restunovyanti)

Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa berenang dan berfoto dengan latar air terjun yang begitu eksotis. Bagi sobat traveler yang akan berenang harus berhati-hati karena aliran airnya cukup deras. Untuk harga tiket masuknya sekitar Rp.10.000,- per orang dan parkir kendaraan Rp.5.000,-.

17. Leuwi Lieuk

Leuwi-Lieuk
Leuwi Lieuk (Foto : @ramabraders)

Leuwi Lieuk adalah tempat wisata baru di Bogor yang lagi ngehits di Instagram belakangan ini. Pemandangan di Leuwi Lieuk ini benar-benar indah dan eksotis, mirip dengan tempat wisata di Pangandaran yaitu Green Canyon.

‘Leuwi’ sendiri dalam bahasa Sunda artinya lubuk atau bagian terdalam dari sungai. Nah, di kawasan Bogor banyak sekali lubuk indah yang keberadaannya cukup tersembunyi dan masih jarang dikunjungi. Salah satunya adalah Leuwi Lieuk ini.

Lokasi Leuwi Lieuk masih berada dalam satu kawasan dengan objek wisata Leuwi Hejo yaitu di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Madang, Kabupaten Bogor. Sebelum sampai ke Leuwi Lieuk, Anda akan bertemu dengan Curug Cepeut atau Leuwi Cepet terlebih dahulu.

Untuk mencapai ke Leuwi Lieuk Anda harus berenang melewati Leuwi Cepet kemudian trekking di tepian sungai sekitar 5 menit. Lokasinya cukup unik karena dikelilingi tebing.

Air di permukaan Leuwi Lieuk berwarna hijau toska pertanda bahwa tempat ini cukup dalam. Jadi, bagi Anda yang tidak mahir berenang, mending tak usah menceburkan diri disini. Untuk harga tiket masuknya sekitar Rp.10.000,-.

18. Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding
Fly Indonesia Paragliding (Foto : yoppysiswanto via indonesia.tripcanvas.co)

Fly Indonesia Paragliding adalah tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi bagi Anda penyuka wisata ekstrem. Terbang dengan ketinggian 1,3 km di atas permukaan air laut tentu akan menjadi pengalaman wisata yang sangat mengesankan bukan?

Untuk mencoba sensasi terbang dengan paralayang, Anda datang saja ke Jl. Raya Puncak, Km.87, Bukit Paralayang, Puncak, Bogor. Bagi Anda takut terbang sendiri, jangan kuatir! Anda bisa melakukan paralayang tandem dengan instruktur yang berpengalaman selama sekitar 15 menit.

Sebelum terbang, sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang nyaman dan jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen ini. Namun bagi Anda yang phobia terhadap ketinggian sangat tidak disarankan lho ya!

Harga paket paralayang ini memang cukup mahal, karena berkaitan dengan peralatan dan safety yang ekstra. Anda harus membayar Rp.350.000,- per penerbangan tandem. Namun tentu saja sensasinya akan sesuai dengan uang yang Anda bayarkan. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

19. Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland Adventure Theme Park
Jungleland Adventure Theme Park (Foto : myhotelmyresort.com)

Bogor memang selalu menyajikan tempat wisata baru yang menarik untuk dikunjungi saat liburan akhir pekan (baca : weekend). Salah satunya adalah Jungleland Adventure Theme Park yang tak kalah keren dengan Dufan Ancol, ikonnya tempat wisata di Jakarta.

Tempat wisata di Bogor The Jungle ini memiliki 31 wahana permainan dan atraksi yang asyik dan seru dinikmati bersama anak-anak, keluarga, dan teman. Dengan luas sekitar 35 hektar, tempat ini dilengkapi dengan aneka cafe dan resto yang menyajikan kuliner khas Bogor dan nusantara.

Lokasi Jungleland Adventure Theme Park berada di Jungleland Boulevard No. 1, Kawasan Sentul Nirwana, Bogor, Jawa Barat. Harga tiket masuk sekitar Rp.100.000,- (weekdays) dan Rp.220.000,- (weekend). Jam buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB.

20. Danau Quarry

Danau Quarry
Danau Quarry (Foto : @donilaksono)

Tak kalah indah dengan Situ Gede, Danau Quarry yang terletak di Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor ini telah menjadi primadona tempat wisata baru favorit wisatawan. Danau ini dulu bernama Danau Jayamix Rumpin.

Konon kabarnya, Danau Quarry asal mulanya adalah lokasi pertambangan pemecah batu untuk pembuatan beton di kota Bogor. Karena dinilai mengganggu ketenangan warga setempat, akhirnya tambang itu pun ditutup.

Setelah lama terbengkalai akhirnya tempat ini menjadi semacam penadah air hujan selama bertahun tahun. Dan akhirnya membentuk cekungan air yang tampak seperti danau alami.

Untuk menuju lokasi Danau Quarary, Anda bisa lewat melalui Pasar Parung, ke arah Rumpin atau Parung Panjang. Akses jalan ke danau ini memang agak sulit, karena jalannya yang kurang bagus.

Sesampainya di Danau Quarry, Anda akan disuguhkan spot cantik untuk berfoto dengan latar air danau yang berwarna hijau. Sehijau telaga warna di kawasan wisata Dieng deh, hehe. Harga tiketnya cukup murah kok, cuma Rp.10.000,-.

Baca Juga : 25 Tempat Buka Puasa Dan Ngabuburit Di Bogor Yang Asik Dan Enak

21. Bukit Alesano

Bukit Alesano
Bukit Alesano (Foto : @gianaprilias)

Setiap kota wisata di Indonesia, nampaknya punya spot untuk melihat city light dari ketinggian. Sebut saja Jogja yang punya Bukit Bintang dan Bandung dengan Bukit Mokonya. Kota Bogor pun memiliki satu tempat wisata menarik dan asyik untuk melihat kerlap-kerlip lampu kota dari ketinggian, namanya Bukit Alesano.

Lokasi dan alamat Bukit Alesano terletak di Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Bogor, Jawa Barat (dekat dengan Balai Ternak Embrio di Kampung Pasir). Bukit ini termasuk tempat wisata di Bogor terbaru yang lagi ngehits dikalangan anak muda.

Karena terbilang baru, bukit ini pun belum ada pengelolanya. Fasilitas disini pun belumlah lengkap, tidak ada warung dan toilet. Benar-benar di alam terbuka deh.

Dari Bukit Alesano, Anda akan dapat melihat gagahnya Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Saat malam hari tiba, sobat traveler akan dimanjakan dengan panorama city light yang sungguh cantik dan indah. Apabila Anda camping disini, saat pagi hari Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit dari ketinggian.

Untuk tiket masuknya belum ada tarif resmi, Anda cukup membayar seikhlasnya kepada warga setempat. Dan apabila akan kemah, Anda harus minta ijin terlebih dahulu kepada warga.

22. Curug Nangka

Curug Nangka
Curug Nangka (Foto : @sukandar_f5)

Curug Nangka bisa menjadi salah satu tempat wisata menarik di Bogor untuk menghabiskan liburan akhir pekan Anda. Air terjun yang terletak di kaki Gunung Salak ini menawarkan keindahan dan kesegaran yang alami. Aliran air terjunnya pun elok dipandang mata. Pas banget untuk menenangkan diri dari rutinitas keramaian kota.

Lokasi Curug Nangka berada di Ciapus, tepatnya Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Di lokasi ini Anda bisa sekaligus menikmati 3 air terjun indah yang jaraknya tidak terlalu jauh yaitu Curug Nangka, Curug Daun dan Curug Kawung.

Curug Nangka mempunyai ketinggian sekitar 750 mdpl. Air yang jernih dan udara yang segar sangat cocok untuk tempat bersantai dan menyendiri. Harga tiket masuknya juga relatif murah, hanya Rp.7.500,- per orang.

23. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari (Foto : @rahmadiwijaya)

Satu lagi tempat wisata keluarga di Bogor yang bagus dan menarik untuk menghabiskan liburan akhir pekan Anda, yaitu Taman Wisata Matahari. Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mencoba berbagai wahana seru dan asyik disini.

Terletak di Jl Raya Puncak km 77, Cilember, Bogor, Taman Wisata Matahari menjadi incaran para wisatawan saat libur weekend atau pun libur panjang. Lokasinya yang strategis, luas dan memiliki aneka wahana permainan yang lengkap serta murah meriah menjadi daya tarik utama objek wisata anak ini.

Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000,- (weekdays) dan Rp.15.000,- (weekend). Harga tiket ini sudah termasuk tiket untuk beberapa wahana bermain seperti sepeda air, paddle boat, sepeda wisata, dan perahu karet. Tiket masuk ini juga memberikan diskon 10% makanan di foodcourt Taman Wisata Matahari.

Jam buka Taman Wisata Matahari setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan, hari Sabtu-Minggu dan hari libur nasional, tempat ini buka lebih lama, yaitu mulai pukul 07.30-17.00 WIB.

24. Rafting Sungai Cisadane

Rafting Sungai Cisadane
Ilustrasi Rafting Sungai Cisadane (Foto : @bogor_rafting)

Satu lagi tempat wisata di Bogor yang bagus untuk memacu adrenalin, yaitu Rafting Sungai Cisadane. Rafting atau arung jeram merupakan olah raga yang banyak diminati oleh wisatawan untuk melepaskan kejenuhan dari rutinitas pekerjaan.

Sungai Cisadane yang berada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor menjadi tempat rafting yang bagus untuk pemula maupun yang profesional. Sungai ini membentang sepanjang 80 Km, melewati Kabupaten Bogor hingga Tangerang di Banten, bermuara di Laut Jawa.

Rafting di Sungai Cisadane, Anda akan disuguhi panorama hijau dan udara yang sejuk. Airnya berasal dari Gunung Salak dan Pangrango. Selama 1,5-2 jam, wisatawan akan melewati beberapa jeram yang cukup seru.

Untuk mencoba rafting ini, Anda memang harus sedikit merogoh kocek sekitar Rp.200.000,- s/d Rp.225.000,- per paket. Namun, keseruan dan sensasi yang Anda rasakan akan sesuai dengan harga yang Anda bayarkan.

25. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, Parung

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, Parung
Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, Parung (Foto : @kelilingbogorid)

Tak hanya kawasan wisata Garut dan Tegal yang terkenal akan pemandian air panasnya, kota Bogor juga punya wisata air panas. Coba deh kunjungi pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng yang terletak di Desa Ciseeng, Kecamatan Parung, Bogor.

Konon kabarnya air panas Tirta Sanita Ciseeng ini mempunyai mengandung belerang alami yang berkhasiat untuk mengobati penyakit tulang maupun kulit, pas banget untuk relaksasi tubuh Anda di akhir pekan. Air panas di Tirta Sanita Ciseeng juga dipercaya mengandung garam yang dapat menghaluskan kulit.

Tirta Sanita Ciseeng bukan hanya menawarkan wisata pemandian air panas. Di tempat ini juga tersedia area outbound, permainan anak-anak, becak mini, perahu, dan berbagai macam terapi seperti terapi bekam, lintah, ikan. Pemandangan alamnya juga cukup indah dan bagus.

Anda akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp.12.000,- (dewasa) dan Rp.8.000,- (anak-anak). Untuk masuk ke kolam pemandian sepertinya membayar lagi, pemandian khusus anak-anak dikenakan Rp 10.000/orang. Pemandian Bougenville Rp 7.000/orang dan untuk kolam rendam Rp 10.000/kamar rendam.

26. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor / Bogor Botanical Garden (Foto : Fajar Pangestu via flickr.com)

Kira-kira apa saja ya tempat wisata di Bogor yang dekat dengan stasiun? Nah, mungkin pertanyaan itu sering sekali dilontarkan oleh para wisatawan. Jawabnya tentu saja adalah Kebun Raya Bogor. Ya, objek wisata ini cukup mudah dijangkau dari stasiun kereta api Bogor.

Tak hanya itu, tempat ini juga bagus untuk dijadikan tempat liburan akhir pekan di Bogor bersama anak-anak dan keluarga. Pemandangan hijau dan udara menyegarkan yang dihasilkan lebih dari 15.000 jenis pohon disini menjadi daya tarik tersendiri.

Kebun Raya ini juga termasuk tempat wisata di Bogor yang murah lho! Mengapa demikian? Karena hanya dengan tiket masuk sebesar Rp.15.000,- Anda bisa menikmati 2 objek wisata sekaligus, yaitu Kebun Raya dan Museum Zoologi di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan dan memberi makan rusa-rusa yang menggemaskan di Istana Bogor.

Istana-Bogor
Ilustrasi rusa di Istana Bogor (Foto : ridwanku via flickr.com)

Untuk lokasi Kebun Raya Bogor terletak di Jl. Ir. H. Juanda No. 13 Bogor Jawa Barat. Kebun ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tiap akhir pekan banyak warga Bogor maupun dari daerah sekitarnya yang datang untuk menikmati kesejukannya atau pun sekadar olahraga.

27. Warso Farm

Warso Farm Bogor
Warso Farm Bogor (Foto : @wdliem)

Warso Farm atau yang dikenal juga dengan nama Kebun Durian Warso merupakan tempat liburan di Bogor yang wajib dikunjungi bagi para pecinta durian. Di kebun ini, Anda bisa melihat aneka jenis durian yang masih bergelantungan di pohon. Tak hanya melihat, Anda juga bisa mencicipi buah durian disini.

Warso Farm berada di Desa Cihideung, Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Begitu Anda memasuki kawasan ini, Anda akan disambut dengan replika buah durian raksasa.

Sesampainya di kebun, Anda akan disuguhi pohon durian yang rimbun, ditanam sejajar dan tentunya berbuah. Buahnya yang begitu besar dan wangi, benar-benar akan menggoda Anda untuk memetiknya.

Warso-Farm
Ilustrasi buah durian di Warso Farm Bogor (Foto : @nurikarmila)

Wah, kalau saking banyaknya durian di pohon nanti kejatuhan gimana ya? Anda tidak perlu merasa kuatir akan kejatuhan durian, karena setiap buah yang sudah matang diikat dengan tali. Jadi, wisatawan akan nyaman berjalan dan berfoto menikmati kebun durian ini.

Harga tiket masuk ke Warso Farm sepertinya gratis, hanya saja Anda harus mengeluarkan uang ketika akan mencicipi buah durian disini. Baik durian lokal maupun luar diberi harga sekitar Rp.50.000,- s/d Rp.60.000,- per buahnya. Anda juga bisa membelinya untuk dijadikan oleh-oleh khas Bogor selain asinan dan talas.

28. Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian Air Panas Ciparay
Pemandian Air Panas Ciparay (Foto : @silwanussatrio)

Satu lagi wisata air panas di Bogor yang bisa Anda jadikan tempat untuk relaksasi setelah jalan-jalan seharian, yaitu Pemandian Air Panas Ciparay. Lokasi dan alamat objek wisata ini terletak di Kawasan Taman Nasional Halimun, Kampung Ciparay, Desa Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Namun, untuk menuju pemandian ini Anda harus trekking sebelum sampai ke kolamnya. Anda akan melewati sekitar 400 anak tangga menurun dan tentunya 400 tangga naik saat pulangnya.

Harga tiket masuknya seh cukup murah sekitar Rp.4.000 per orang. Fasilitas yang ada di sini yaitu 2 kolam umum yang ukurannya tak terlalu besar. Untuk menyegarkan suasan disini, Anda dapat membeli camilan hangat di warung sekitar dan melihat pemandangan alam yang cukup indah.

29. Rumah Air Bogor Nirwana Residence

Rumah-Air-Bogor
Ilustrasi Rumah Air Bogor Nirwana Residence (Foto : @nurfaidahhilman)

Liburan di Bogor tentu tak akan lengkap bila belum mencicipi aneka kulinernya bukan? Nah, bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata kuliner di Bogor yang enak dan asyik, coba deh kunjungi Rumah Air Bogor Nirwana Residence.

Di tempat ini, Anda bisa makan di saung yang berada di atas danau sambil diiringi live music. Menu makanannya juga cukup variatif, mulai dari ikan goreng, ikan bakar, pepes ikan, cumi, dan ayam bekakak yang enak.

Tak hanya bisa menyantap hidangan yang lezat, Anda juga bisa mencoba arena outbound yang seru di Rumah Air. Ada beragam jenis permainan air dan permainan outbound bagi anak-anak yang bisa Anda coba.

Lokasi Rumah Air ada di Jl. Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence ST 207, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

30. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong Sentul Bogor
Pasar Ah Poong Sentul Bogor (Foto : Vania Samperuru via myhotelmyresort.com)

Inilah tempat wisata di Bogor yang murah dan bagus, namanya Pasar Ah Poong. Objek wisata yang berlokasi di Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan bersama anak dan keluarga tercinta.

Apa seh Pasar Ah Poong itu? Pasar ini sebenarnya adalah salah satu tempat makan enak di Bogor yang unik. Tempat kuliner ini unik karena penjualan makanannya dilakukan di atas perahu yang mengapung di atas Sungai Cikeas.

Jadi, mirip seperti pasar apung di Banjarmasin atau Bangkok Thailand dan Floating Market Lembang Bandung. Namun bukan berarti Anda harus makan di atas perahu lho ya! Anda tetap menyantap makanan di kedai-kedai yang tersedia seperti food court pada umumnya.

Anda bisa mencicipi aneka makanan khas Indonesia maupun manca negara sambil duduk santai di samping sungai. Selain itu, Anda juga bisa naik perahu mengelilingi kawasan ini dan bagi anak-anak juga tersedia kawasan untuk anak.

Pasar Ah Poong terletak di kawasan Sentul City Bogor. Jam buka pasar ini mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB. Ketika berkunjung kesini lebih baik cari tempat duduk dulu, habis itu baru deh pesen makanan.

31. Danau Dora

Danau Dora
Danau Dora (Foto : @aiyulie02)

Inilah Danau Dora, sebuah tempat wisata di Bogor yang baru populer belakangan ini. Danau yang berlokasi di kawasan LIPI, tepatnya di KM 46 Jalan Jakarta-Bogor, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini menawarkan pemandangan indah yang pas untuk mengisi libur akhir pekan.

Danau Dora juga termasuk tempat wisata di Bogor yang murah meriah. Pasalnya, untuk masuk ke sini tidak ditarik uang retribusi alias gratis. Anda hanya perlu membayar parkir untuk sepeda motor sebesar 3 ribu rupiah dan mobil 5 ribu rupiah.

Selain asyik buat santai, Danau Dora juga cocok dijadikan tempat hunting foto yang bagus dan keren. Di atas danau ini terdapat sebuah jembatan kayu untuk menghubungkan dengan taman. Nah, dijembatan inilah biasanya jadi spot favorit untuk foto selfie atau pun pre-wedding.

32. Curug Hordeng

Curug Hordeng
Curug Hordeng (Foto : @dimasbachtiar02)

Air terjun ini disebut Curug Hordeng, mungkin karena bentuk curug ini lebar menyerupai tirai atau gorden. Sedangkan bahasa sundanya tirai adalah hordeng.

Kolam air yang terbentuk di bawah curug membuat siapapun ingin berbasah-basahan di dalamnya. Namun harus hati-hati, karena semakin mendekati curug kedalaman air semakin dalam.

Tempat wisata instagramable di Bogor ini berlokasi di Desa Cibereum, Sentul, Bogor. Selain berenang atau bermain air, berfoto ria adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh para wisatawan. Biasanya pengunjung memasang hammock atau tempat tidur gantung di tengah-tengah air. Lalu berfoto disitu.

Curug Hordeng termasuk aman dan tidak terlalu ekstrem karena tak begitu banyak batu curam. Hanya saja, untuk mencapai lokasi ini butuh perjuangan dan stamina yang kuat. Harga tiket masuk Curug Hordeng cukup murah, sekitar Rp.10.000,-.

33. Curug Cilember

Curug Cilember
Curug Cilember (Foto : @vic_tography)

Bogor memang pantas dijuluki kota seribu curug, pasalnya disini banyak sekali terdapat curug indah dan cantik yang asyik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Curug Cilember yang punya 7 lapis air terjun. Maksud dari 7 lapis di sini yaitu dalam satu aliran sungai ada tujuh air terjun yang begitu indah.

Curug Cilember yang terletak di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat ini menyuguhkan keindahan dan kesejukan alamnya. Airnya yang jernih terasa sangat segar dan dingin ketika disentuh dengan tangan.

Nah, dari ke tujuh Curug Cilember, yang paling mudah dan ramai dikunjungi adalah Curug 7 Cilember yang letaknya paling bawah. Akses yang mudah menjadi alasan wisatawan untuk mengunjungi curug yang paling bawah ini.

Untuk mengunjungi curug ke 6, 5, dan seterusnya Anda harus berjuang ekstra keras dengan jalan yang cukup sulit. Bahkan kalau tak keliru, untuk menuju curug 6 jalannya ditutup karena berbahaya. Biasanya wisatawan hanya sampai ke curug 5 yang relatif sepi dan tak kalah indah dengan curug 7.

Tiket masuk Curug Cilember cukup terjangkau, yaitu Rp.12.000,- / orang. Namun, Anda masih harus membayar parkir dan penitipan helm sekitar Rp.10.000,-. Untuk toilet yang ada di tempat lokasi, tarifnya sekitar Rp2.000,- per orang.

34. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta
Pura Parahyangan Agung Jagatkartta (Foto : @senahersandi)

Mungkin selama ini Pura identik dengan wisata Bali yang familiar dikalangan wisatawan, Namun, siapa sangka Bogor juga punya satu Pura yang tak kalah ikonik dengan pura-pura di Pulau Dewata. Namanya adalah Pura Parahyangan Agung Jagatkartta.

Pura yang berada di Desa Warung Loa, Kecamatan Taman Sari, Bogor ini nampak indah dan cantik. Nuansa Bali yang dikolaborasikan dengan latar Gunung Salak terlihat begitu elok. Lokasinya yang berada di pegunungan, akan membuat Anda betah berlama-lama menikmati kesejukan dan keasriannya.

Harga tiket masuknya tentu saja gratis, namun karena pura ini merupakan tempat ibadah makan Anda tidak boleh masuk ke dalam. Wisatawan hanya bisa berada di depan atau lingkungan sekitar pura. Meskipun demikian, Anda masih bisa berfoto dengan background / latar pura yang cantik.

35. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara (Foto : @aldoprasetyorudiawan)

Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu tempat wisata yang romantis di Bogor. Disini Anda akan menemukan aneka bunga berwarna-warni yang cantik dan lengkap dengan suara percikan air. Suasananya benar-benar syahdu dan damai.

Tiap bagian Taman Bunga Nusantara mempunyai tema unik yang terinspirasi dari berbagai tempat di seluruh dunia, seperti Prancis, Mediterranean, Jepang, dan tentu saja taman bergaya Bali.

Taman-taman cantik ini dilengkapi dengan danau. Ada danau yang bernama Danau Angsa, dimana angsa hitam dan angsa putih yang berasal dari Australia dan Eropa pun menghias danau ini. Ada rumah kaca, gazebo dan ampliteater yang bisa Anda kunjungi di sini.

Namun ada bagian yang menjadi daya tarik utama dari taman ini yaitu Secret Labyrinth alias Taman Rahasia. Mirip dengan taman labirin di Coban Rondo Batu Malang, Taman Rahasia ini menyuguhkan beberapa lorong yang buntu serta lorong berliku yang berujung pada suatu tempat.

Meski terlihat rumit, Anda tak perlu kuatir akan tersesat, karena ada penjaga di atas menara yang akan membantu keluar. Anda tertarik?

Datang saja ke lokasi Taman Bunga Nusantara di Jl. Mariwati KM. 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Harga tiket masuknya sekitar Rp.30.000,- dan buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Bagaimana sobat traveler? Benar-benar menarik bukan aneka objek wisata di kota Bogor? Yuk, buruan agendakan akhir pekan Anda untuk mengunjungi kota hujan ini. Bagi Anda yang punya info tentang tempat wisata di Bogor terbaru yang bagus dan hits lainnya bisa share melalui kolom kementar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.