57 Tempat Wisata Hits Di Lombok Terbaru Yang Paling Menarik Dan Terkenal

0 27,309

Tempat Wisata Di Lombok – Ini dia info daftar tempat wisata di Lombok yang paling menarik, bagus, terbaru, indah, terkenal, dan wajib dikunjungi. Pulau Lombok yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), saat ini menjadi primadona tujuan wisata di Indonesia selain Bali. Bahkan pariwisata lombok reputasinya telah dikenal sampai manca negara.

Pariwisata yang menarik di pulau Lombok dan sekitarnya di dukung oleh berbagai sarana akomodasi yang lengkap seperti tersedianya hotel, penginapan, restoran, dan sarana transportasi yang memadai. Aneka paket wisata ke Lombok pun banyak pilihannya, dari mulai wisata murah sampai dengan harga yang mahal ada semua. Bahkan bagi Anda yang ingin backpacker ke Lombok pun bisa.

Nah, bagi Anda yang akan liburan ke Lombok, aneka wisata telah menyiapkan info tempat wisata di Lombok yang lengkap terbaru mulai dari wisata alam, pantai, kuliner, belanja, keluarga dan anak. Dengan membaca review objek wisata yang bagus berikut, paling tidak dapat memberikan gambaran kepada Anda tentang sekilas peta wisata Lombok. Yuk, segera simak rekomendasi dan ulasannya.

Daftar Tempat Wisata Hits Di Lombok Terbaru Yang Paling Menarik Dan Terkenal

Dalam list kali ini, saya membagi berdasarkan lokasi setiap tempat wisata agar memudahkan Anda dalam mengunjunginya. Secara garis besar, Pulau Lombok terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten, yaitu Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, dan Kabupaten Lombok Utara.

Setiap kota / kabupaten memiliki spot wisata unggulan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mungkin, Anda akan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menjelajahi keindahan dan kecantikan destinasi wisata hits tersebut. Apalagi hampir setiap saat muncul objek wisata baru kekinian nan instagramable. Kira-kira tempat mana saja ya yang layak di explore?

Tempat Wisata Di Lombok Barat Yang Menarik, Terkenal, Dan Wajib Dikunjungi

1. Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air

Gili Trawangan Lombok
Gili Trawangan, Lombok, salah satu spot wisata alam terbaik untuk diving dan snorkeling (foto : tommyschultz.com)

Tiga Gili ini merupakan tempat wisata menarik di Lombok yang paling populer. Bahkan banyak wisatawan luar negeri yang rela jauh-jauh untuk mengunjungi objek wisata yang eksotis ini. Gili Trawangan terletak di bagian barat Lombok memiliki air laut yang bening dan jernih, pasir putih yang bersih, terumbu karang, serta aneka ikan hias yang menawan.

Banyak sekali wisatawan yang datang ke gili ini untuk menikmati keindahan pantai dengan berenang, snorkeling, dan berjemur. Gili Trawangan adalah pulau yang terjauh di antara ketiga gili dan menjadi tempat favorit para anak muda.

Gili Meno sangat cocok untuk tempat relaks Anda yang ingin mencari ketenangan dan menikmati suasana pantai yang relatif sunyi. Posisi Gili Meno ini terletak di tengah-tengah diantara ketiga gili.

Sedangkan Gili Air adalah pulau yang paling dekat dengan Lombok. Banyak wisatawan datang ke Gili Air bersama dengan keluarga mereka. Gili Air memiliki jumlah penduduk lokal yang lebih banyak ketimbang gili lainnya.

2. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Sunset Pantai Senggigi (Foto : Trek Earth dilansir dari farrago.co.id)

Pantai Senggigi adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang terkenal dan paling ramai dikunjungi wisatawan. Berlokasi di bagian barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi mempunyai suasana yang mirip dengan Pantai Kuta di Bali, namun mempunyai ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk kegiatan berenang dan snorkeling.

Objek wisata ini memiliki garis pantai yang panjang sehingga akan memanjakan Anda dengan keindahan pasir pantai dan air laut yang jernih. Pantai Senggigi mempunyai fasilitas penunjang wisata seperti restoran, hotel, sarana transportasi, penjual pulsa, dan lain-lain yang sangat lengkap. Pantai ini juga memiliki sunset yang cantik dan indah menawan.

3. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani (Foto : trekkingrinjani.com)

Gunung Rinjani adalah ikon tempat wisata di Lombok yang paling terkenal dan favorit anak muda. Dengan ketinggian lebih dari 3,700 meter, Gunung Rinjani termasuk gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Bagi penganut agama Hindu, Gunung Rinjani mempunyai nilai spiritual tersendiri karena dianggap merupakan tempat tinggal dari pada dewa.

Aktivitas wisata paling populer di Gunung Rinjani adalah pendakian. Gunung Rinjani dianggap sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Asia, sehingga banyak orang yang mendaki gunung ini untuk dapat menikmati pemandangan yang tiada duanya.

Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Untuk dapat mencapai puncak Gunung Rinjani, Anda akan membutuhkan waktu beberapa hari, oleh karena itu persiapkanlah dengan matang segala kebutuhan Anda.

4. Taman Narmada

Taman Narmada
Taman Narmada (Foto : wisatalombok.info)

Taman Narmada termasuk tempat wisata di Lombok yang bagus untuk dikunjungi karena unik dan antik. Lokasi taman ini terletak di Desa Lembuak, sekitar 10 KM di sebelah timur kota Mataram. Taman seluas kurang lebih 2 hektar ini dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727.

Semula Taman Narmada digunakan sebagai tempat istirahat dan tempat upacara, namun sekarang taman ini telah beralih fungsi menjadi sebuah tempat wisata. Desain taman ini cukup unik karena merupakan replika mini dari Gunung Rinjani. Selain itu, terdapat juga sumber mata air dari Gunung Rinjani yang dipercaya dapat membuat Anda awet muda bila Anda membasuh muka dan meminum air tersebut.

5. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong (Foto : gumilangtourlombok.com)

Nah, bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di Lombok Senggigi, datang saja ke Pura Batu Bolong. Obyek wisata ini memang terletak di daerah Senggigi, Lombok. Pura Batu Bolong berada di atas sebuah batu karang berwarna hitam yang menjorok ke arah laut. Di bagian tengah batu karang ini terdapat sebuah lubang, sehingga pura ini dinamakan Pura Batu Bolong.

Seperti pura-pura pada umumnya di Bali, untuk dapat memasuki Pura Batu Bolong, Anda harus menggunakan kain berwarna kuning di pinggang. Pura Batu Bolong mempunyai latar belakang pemandangan Gunung Agung dan Selat Lombok, sehingga sangat indah sekali untuk berfoto-foto, terutama pada saat matahari tenggelam. Pas banget buat hunting foto yang indah dan menawan.

6. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak
Danau Segara Anak (Foto : hikingrinjani.com)

Danau Segara Anak merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang menarik dikunjungi, terutama bagi para pecinta wisata alam. Berlokasi di kawah Gunung Rinjani, Danau Segara Anak sampai sekarang masih diyakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau. Hal ini dikarenakan warna air danau ini yang berwarna biru, persis sama seperti warna air laut.

Biasanya apabila Anda mengambil paket mendaki Gunung Rinjani bersama dengan biro perjalanan, Anda juga akan dibawa menuju Danau Segara Anak dan bermalam di pinggir danau. Kegiatan utama di danau ini adalah memancing, oleh karena itu jangan lupa membawa alat pancing Anda.

Untuk dapat mencapai lokasi Danau Segara Anak, Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 9 jam dari titik akhir jalur yang dapat dilalui kendaraan bermotor, melelahkan namun tidak akan mengecewakan.

7. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong
Pantai Sekotong (Foto : lomboknesia.com)

Pantai Sekotong terletak di wilayah Kabupaten Lombok Barat dan termasuk tempat wisata di Lombok yang mudah dijangkau dari berbagai rute. Rute ke Pantai Sekotong dari Kota Mataram akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh 60 mm melewati Pelabuhan Lembar.

Jika mengambil rute dari Pantai Selong Belanak di Lombok Tengah, maka jarak tempuh ke Pantai Sekotong ini akan berjarak sekitar 75 – 85 km. Pemandangan pantai ini sungguh indah daan eksotis. Rasa capek setelah menempuh perjalanan jauh akan terbayar ketika melihat keindahan pantai Sekotong.

8. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan (Foto : asiawisata.com)

Untuk sampai di Pantai Tanjung Aan ini, Anda akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Mataram. Pasir putih yang bersih serta air laut yang kebiruan dan jernih adalah salah satu karakteristik di tempat wisata Lombok ini. Tanjung Aan termasuk salah satu pantai perawan di Lombok yang belum terjamah.

Secara geografis, posisi Pantai Tanjung Aan berada dekat dengan Pantai Kuta Lombok. Perjalanan ke Pantai Tanjung Aan dari kota Mataram akan berjalan lancar sebab jalanan beraspal dan mulus akan mengantarkan Anda dengan cepat ke tempat tujuan.

9. Desert Point (Bangko-Bangko) Lombok

Desert Point
Desert Point (Foto : initempatwisata.com)

Nah, kalau objek yang satu ini adalah tempat surfing di Lombok yang wajib Anda kunjungi jika ingin menikmati surfing atau kegiatan berselancar. Salah satu tempat surfing terpopuler Indonesia ini telah dinobatkan pula sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak terganas versi International surfing Association.

Bagi Anda yang tertantang untuk surfing di Desert Point, maka Anda dapat mengambil rute perjalanan dengan menaiki kapal Ferry dari Bali menuju pelabuhan Lembar di Lombok. Desert Point, masyarakat lokal menyebutnya sebagai Bangko-Bangko, adalah pantai tujuan surfing yang terletak di Barat Daya Pesisir Lombok.

Jika Anda telah sampai di Pelabuhan Lembar, maka perjalanan ke Desert Point ditempuh dengan menggunakan kendaraan travel atau mobil sewaan dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Di Desert Point, tersedia pondok-pondok penginapan yang sederhana sebagai tempat penginapan. Desert Point adalah salah satu objek wisata Lombok yang menarik untuk dikunjungi, khususnya di kalangan peselancar.

10. Gili Nanggu

Gili Nanggu
Gili Nanggu (Foto : gilinanggu.com)

Gili Nanggu adalah sebuah pulau dengan pantai bersih dan pasir putih di Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, NTB. Pulau ini memiliki kecantikan asli khas Gili yang akan membuat siapa saja jatuh cinta. Gili Nanggu berada pada gugusan pulau-pulau kecil di perairan pantai barat-selatan Pulau Lombok.

Gili dalam bahasa sasak lombok berarti pulau kecil. Untuk mencapai pulau ini cukup mudah, yakni dengan mobil atau sepeda motor sekitar 1 jam dari kota Mataram ke Desa Sekotong Barat, Sekotong. Sesampainya di desa, perjalanan dilanjutkan dengan naik perahu motor selama 25 menit.

Pasir putih nan bersih, riak lembut ombaknya, jernih air lautnya, serta pepohonan menghijau membuat Gili Nanggu nampak begitu eksotik. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar pulau ini antara lain berenang, snorkeling, diving, mancing, bersampan keliling pulau, fish feeding dan lain-lain.

11. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang
Ayam Taliwang (Foto : telusurindonesia.com)

Liburan ke Lombok tentu tak lengkap tanpa mencicipi wisata kuliner khas yang satu ini, yaitu Ayam Taliwang. Ayam Taliwang adalah salah satu makanan khas Lombok yang paling populer. Ayam taliwang biasanya dimasak dengan beberapa pilihan yakni digoreng, dipanggang atau dibakar.

Akan semakin enak jika menggunakan ayam kampung dengan umur ayam yang masih muda. Kelezatan ayam taliwang juga terletak di bumbunya yang super pedas. Nah, jika ingin merasakan kelezatan ayam taliwang datanglah ke Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama yang berada di kawasan Cakranegara, Kota Mataram.

12. Gili Layar

Gili Layar
Gili Layar (Foto : instagram @samdowal)

13. Gili Kedis

Gili Kedis
Gili Kedis (Foto : instagram @tubagusedo)

14. Air Terjun Penimbungan

Air Terjun Penimbungan
Air Terjun Penimbungan (Foto : instagram @abrahamyusuff)

15. Gili Sudak

Gili Sudak
Gili Sudak (Foto : instagram @callistkh)

16. Gili Rengit

Gili Rengit
Gili Rengit (Foto : instagram @giliasahanecolodge)

Tempat Wisata Di Lombok Tengah Yang Menarik, Terkenal, Dan Wajib Dikunjungi

17. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok (Foto : paswisata.com)

Bukan hanya Bali yang punya pantai Kuta, Lombok juga punya wisata pantai Kuta yang cantik dan indah. Pantai Kuta Lombok adalah salah satu tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi karena keindahannya. Pantai ini memiliki pasir pantai yang putih.

Secara umum, Pantai Kuta Lombok termasuk tempat wisata di Lombok yang jarang dikunjungi oleh wisatawan. Jangan heran jika pantai ini terasa sepi manakala Anda mengunjunginya. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana pantai yang hening tanpa hiruk pikuk wisatawan atau pedagang.

Pantai Kuta di Lombok secara administratif berada di Desa Kuta, lokasinya tak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Rute perjalanan ke Pantai Kuta Lombok jika ditempuh dari Senggigi akan memakan waktu kurang lebih 1.5 jam. Anda akan melewati Kota Mataram jika mengambil rute perjalanan Senggigi – Pantai Kuta.

18. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak (Foto : Rahmat Hadi via kompasiana.com)

Pantai Selong Belanak adalah salah satu wisata pantai di Lombok yang menawan selain Senggigi. Pantai ini terletak di Kabupaten Lombok Tengah, memiliki pasir pantai yang putih dan bersih.

Butiran pasir di pantai ini begitu halus, namun saat terkena air laut akan mengeras. Oleh karenanya, Anda akan melihat sejumlah kendaraan dapat lalu lalang melewati bibir pantai. Ini adalah salah satu tempat wisata pantai yang menarik di Lombok.

19. Pantai Mawun

Pantai Mawun
Pantai Mawun (Foto : baiqwardiana.wordpress.com)

Nah, bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata pantai di Lombok yang jarang dikunjungi dan mungkin belum terjamah, datang saja ke Pantai Mawun. Objek wisata Lombok yang satu ini merupakan sebuah pantai cantik yang sepi pengunjung. Pantai Mawun berada di daerah Lombok Tengah. Sepinya membuat pantai ini serasa milik pribadi!

Pantai Mawun mempunyai bentuk cekungan seperti huruf U. Di sekelilingnya terdapat perbukitan hijau yang serupa benteng dengan gagahnya mengelilingi Pantai Mawun. Pasirnya putih halus, layaknya tepung beras. Ditambah laut jernih berwarna gradasi biru muda melengkapi pemandangan yang ada.

Fasilitas di Pantai Mawun terbilang cukup lengkap, ada Gazebo serta kursi pantai berpayung yang tersebar di sepanjang pantai tersebut. Pedagang makanan dan minuman juga bisa dijumpai dengan mudah di sana. Harganya tentu saja kelas kaki lima dan cukup ramah di kantong.

20. Pantai Seger

Pantai Seger
Pantai Seger (Foto : pergiberwisata.com)

Sesuai dengan namanya, Pantai Seger memang selalu bikin segar! pantai ini memiliki daya tarik sendiri dengan pasir putih, airnya yang sangat jernih dan sebuah batu cukup besar yang berdiri tidak jauh dari pantai. Keindahan pagi di pantai ini pantas untuk ditunggu. Perlahan mentari menyembul dari ufuk timur, memancarkan sinar keemasan yang memantul ke langit dan permukaan laut.

Lihatlah degradasi warna airnya yang mempesona. Siapapun yang berkunjung ke pantai ini, dijamin tidak akan tahan untuk tidak menceburkan diri ke air atau sekedar membasahi kaki dengan airnya. Melihat pemandangan menakjubkan seperti ini, tentu saja akan menyegarkan tidak hanya mata, namun juga pikiran kita.

21. Sukarara

Sukarara
Sukarara (Foto : roadsuntravel.wordpress.com)

Nah, bagi Anda yang menyukai ragam kain nusantara mampirlah ke Sukarara. Desa yang terletak di kecamatan Jonggot, kabupaten Lombok Tengah ini merupakan sentra penghasil kain songket khas Lombok. Meskipun masih menggunakan alat tenun tradisional namun keindahan kain songket Sukarara sudah menjadi buah bibir.

Disini Anda akan melihat para wanita memperagakan keahlian menenunnya. Harga kain songket yang mereka hasilkan berkisar dari Rp. 100 ribu hingga Rp. 5 juta tergantung tingkat kerumitan motifnya. Selain kain songket, Sukarara juga memproduksi tenun ikat.

22. Rumah Adat Dusun Sade

Rumah Adat Dusun Sade
Rumah Adat Dusun Sade (Foto : tempatwisatadilombok.com)

Dusun Sade berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Masyarakat yang menghuni dusun ini adalah penduduk dari Suku Sasak, yakni komunitas yang masih memegang teguh adat tradisi Lombok hingga kini. Sistem sosial dan kehidupan keseharian masyarakat di Dusun Sade masih sangat kental dengan tradisi Sasak zaman dulu.

Oleh karenanya, Dusun Sade ditetapkan sebagai desa wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Karakteristik rumah penduduk dibangun dari bambu dengan atap yang berasal dari daun alang-alang. Di tempat ini, rumah adat khas Sasak masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik.

23. Pantai Telawas

Pantai Telawas
Pantai Telawas (Foto : instagram @fendroedwin)

24. Air Terjun Titian Batu Kawangan

Air Terjun Titian Batu Kawangan
Air Terjun Titian Batu Kawangan (Foto : instagram @aan_perma)

25. Bukit Merese

Bukit Merese
Bukit Merese (Foto : instagram @sharebeforeeat)

26. Gua Bangkang

Gua Bangkang
Gua Bangkang (Foto : instagram @didukmiru)

27. Air Terjun Gunung Janggot atau Air Terjun Batu Janggot

Air Terjun Gunung Janggot atau Air Terjun Batu Janggot
Air Terjun Gunung Janggot atau Air Terjun Batu Janggot (Foto : instagram @zlatan_rama)

28. Air Terjun Benang Setokel

Air Terjun Benang Setokel
Air Terjun Benang Setokel (Foto : instagram @septiantjaya)

29. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu
Air Terjun Benang Kelambu (Foto : instagram @ridwan_arfani)

30. Pantai Tunak

Pantai Tunak
Pantai Tunak atau Pantai Gunung Tunak (Foto : instagram @stepenpen)

31. Pantai Tanjung Bongo

Pantai Tanjung Bongo
Pantai Tanjung Bongo (Foto : via instagram @explorelombok)

32. Pantai Semeti

Pantai Semeti
Pantai Semeti (Foto : instagram @miifh)

33. Air Terjun Bebet Bebasaq

Air Terjun Bebet Bebasaq
Air Terjun Bebet Bebasaq (Foto : via instagram @explorelombok)

Tempat Wisata Di Lombok Timur Yang Menarik, Terkenal, Dan Wajib Dikunjungi

34. Tanjung Bloam

Tanjung Bloam
Tanjung Bloam (Foto : Wego Indonesia Travel Photo/Sujatmiko Hidayat)

Objek wisata di Lombok yang satu ini memang kurang banyak dikenal oleh banyak wisatawan. Selain itu, akses jalan menuju Tanjung Bloam juga tidak begitu baik. Jalan menuju tempat ini masih belum beraspal, Anda juga akan sering mendapatkan pemandangan gersang dan tandus di sepanjang perjalanan menuju Tanjung Bloam.

Tanjung ini terletak di wilayah Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Rute ke Tanjung Bloam jika ditempuh dari Kota Mataram akan memakan waktu sekitar 2.5 jam. Kekuatan Tanjung Bloam adalah panorama pantai yang indah yang adalah pula potensi utama yang dimiliki salah satu pantai Lombok ini.

Di Tanjung Bloam, Anda akan menyaksikan konservasi penyu dengan habitat di sekitar tebing dan berada di sepanjang garis pantai yang terbentang dari ujung utara hingga selatan. Di Tanjung ini, Anda akan melihat dua tebing batu padas yang mengapit pantai.

Panorama alam di pantai ini demikian indah, Anda akan mendapati hamparan pasir putih dan memandang betapa biru dan jernihnya air laut yang dimiliki Tanjung Bloam. Pas banget untuk Anda yang mencari tempat wisata murah di Lombok yang instagramable. Harga tiket masuk-nya gratis, hanya dikenakan biaya parkir sekitar 5 ribu rupiah.

35. Pantai Surga

Pantai Surga
Pantai Surga (Foto : wisatalombokaja.blogspot.com)

Pantai Surga termasuk salah satu wisata Lombok murah karena tiket masuknya gratis / free. Wisata pantai di Lombok Timur ini menyimpan keindahan yang eksotis dan keren. Pantai yang membentang sekitar 600 meter ini terletak diantara dua tebing tinggi dengan bentuk seperti huruf U yang di tutupi oleh pasir putih dan kuning keemasan.

Pantai Surga Lombok terletak di Desa Ekas, Lombok Timur, sekitar 72 km dari Kota Mataram. Pantai ini dapat dikategorikan tempat wisata di Lombok yang tersembunyi karena letaknya cukup terpencil. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju pantai ini karena memang tidak ada kendaraan umum yang menuju ke sini.

Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan di sini. Mulai dari berenang, snorkeling, memancing, dan tentunya menikmati keindahan pemandangan pantainya. Bagi Anda yang hobi dengan olahraga ekstrim, Anda juga bisa memanjat tebing yang ada di sebelah kanan Pantai Surga. Di sisi kanan pantai ini juga terdapat batu-batu besar yang sangat indah untuk berfoto-foto.

Tak hanya itu, bagi Anda yang hobi berselancar, Anda bisa menjajal ombak di Pantai Surga ini. Untuk mendapatkan ombak yang cantik dan menantang, berkunjunglah antar bulan Juni hingga Oktober. Di waktu ini, pantai ini banyak dikunjungi para surver, tidak hanya domestik, tapi juga mancanegara.

36. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit
Tanjung Ringgit (Foto : 1001wisata.com)

Tidak hanya Uluwatu di Bali yang menawarkan tebing-tebing eksotis dan memanjakan para pengunjung. Lombok juga punya! Ini dia Tanjung Ringgit yang memakan waktu tiga jam perjalanan untuk sampai di kawasan ini dari Kota Mataram.

Tanjung Ringgit adalah lautan lepas di Samudera Hindia. Banyaknya tanjung dengan tebingnya yang eksotis, pasir putih dan air lautnya yag berwarna biru, menjadi daya tariknya. Selain itu, Tanjung Ringgit memiliki situs sejarah peninggalan dari masa penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia.

Di kawasan ini juga ada pohon bernama Pohon Surga. Diberi nama Pohon Surga karena hanya ada satu pohon di tempat ini. Di pohon inilah pengunjung bisa berteduh dikala panas terik atau hujan. Dari sini juga wisatawan bisa menikmati pemandangan Tanjung Ringgit yang luar biasa indah.

37. Gili Kondo

Gili Kondo
Gili Kondo (Foto : indonesia-tourism.com)

Bukan cuma Gili Trawangan saja, masih banyak gili-gili lainnya di Lombok yang eksotis. Salah satunya adalah Gili Kondo yang akan membuat Anda tidak mau pulang. Gili Kondo adalah salah satu gili dari tujuh gugusan gili cantik yang terletak di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur.

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa gili ini dinamakan Gili Kondo. Gili merupakan sebutan untuk pulau kecil sedangkan Kondo dalam bahasa lokal artinya burung bangau. Menurut penuturan warga setempat, di gili ini banyak terdapat burung bangau dan merupakan tempat tinggal kebanyakan burung bangau, jadi tidak salah kalau gili ini kemudian disebut dengan nama Gili Kondo.

Gili Kondo merupakan gili terbesar kelima dari tujuh gugusan gili yang ada. Gili ini dikelilingi oleh pantai dengan pasir putih yang sangat halus dan dengan ombak yang tenang. Perairan Gili Kondo juga sangat bersih dan jernih serta merupakan spot favorit untuk diving dan snorkeling. Terumbu karang di gili ini sangat indah dan beraneka ragam serta banyak terdapat ikan-ikan cantik berwarna-warni yang berenang dengan bebas.

38. Gili Sulat dan Gili Lawang

Gili Sulat dan Gili Lawang
Ilustrasi Gili Sulat dan Gili Lawang (Foto : febryhadinata.wordpress.com)

Kedua gili ini terletak di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur. Berbeda dengan ketiga gili di Lombok Barat (Gili Trawangan, Mano, dan Air), kedua gili ini seolah belum tersentuh oleh komersialisasi dan kehebohan para pengunjung. Justru keindahan yang masih tersembunyi ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler/wisatawan.

Gili Sulat dan Gili Lawang merupakan pulau kecil (gili) yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai tujuan wisata alam (eco tourism) karena memiliki potensi berupa hutan bakau dan taman bawah laut yang sangat indah. Disini airnya tenang dan arusnya tidak kuat. Banyak terdapat ikan kecil beraneka warna dan terumbu karang.

Keseluruhan kedua gili ini terdiri dari hutan bakau namun sebenarnya ada juga sebagian kecil yang merupakan pasir putih, dan pada musim tertentu kawanan lumba-lumba akan menampakkan diri di daerah ini. Anda bisa mendengar kicauan berbagai jenis burung namun uniknya wujudnya tidak pernah terlihat karena tersembunyi di balik lebatnya hutan bakau.

39. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti
Air Terjun Mangku Sakti (Foto : instagram @ammarzoni)

40. Bukit Selong

Bukit Selong
Bukit Selong Sembalun (Foto : instagram @ernandaputra)

41. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan
Bukit Pergasingan (Foto : instagram @wahyuamripratama)

42. Air Terjun Dewi Selendang

Air Terjun Dewi Selendang
Air Terjun Dewi Selendang (Foto : instagram @adhy_nata)

43. Air Terjun Mangku Kodek

Air Terjun Mangku Kodek
Air Terjun Mangku Kodek (Foto : instagram @shaneomckinley)

44. Pantai Tangsi atau Pantai Pink

Pantai Tangsi atau Pantai Pink
Pantai Tangsi atau Pantai Pink (Foto : instagram @chepy___)

45. Gili Petelu

Gili Petelu
Gili Petelu (Foto : instagram @arieritonga)

46. Gili Bidara

Gili Bidara
Gili Bidara (Foto : instagram @arieritonga)

47. Gili Kapal

Gili Kapal
Gili Kapal (Foto : instagram @spolupoznatsvet)

48. Pantai Penyisok

Pantai Penyisok
Pantai Penyisok Lingkoq Datu (Foto : instagram @didukmiru)

Tempat Wisata Di Lombok Utara Yang Menarik, Terkenal, Dan Wajib Dikunjungi

49. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile (Foto : garudawisatalombok.com)

Berlokasi di Lombok Utara, Air Terjun Sendang Gile berjarak sekitar 60 KM atau 3 jam perjalanan dari kota Mataram. Berada di kawasan Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile adalah pintu masuk awal pendakian Gunung Rinjani. Air terjun ini termasuk salah satu tempat wisata di Lombok yang indah menawan.

Karena memiliki sumber air yang sama dengan air di Taman Narmada, air di Air Terjun Sendang Gile juga dipercaya dapat membuat Anda awet muda bila Anda gunakan untuk mandi atau membasuh muka. Untuk dapat menikmati air awet muda di Air Terjun Sendang Gile, Anda harus menaiki sekitar 200 anak tangga terlebih dahulu.

50. Pantai Sire

Pantai Sire
Pantai Sire (Foto : anekatempatwisata.com)

Lokasi Pantai Sire berada di Lombok Utara, kurang lebih 35 KM dari kota Mataram. Pantai Sire adalah tempat wisata pantai di Lombok yang layak dikunjungi karena keindahan yang ditawarkannya. Bila cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat Gunung Rinjani dari pantai ini.

Dengan garis pantai hampir 4 KM, Pantai Sire menawarkan aktifitas wisata yang cukup beragam seperti berenang, snorkeling, bermain kano, sampai dengan memancing. Bila Anda tidak membawa peralatan wisata untuk kegiatan tersebut, tidak perlu kuatir karena di pinggir Pantai Sire banyak terdapat penyewaan alat-alat penunjang wisata.

51. Sate Ikan Khas Tanjung

Sate Ikan Khas Tanjung
Sate Ikan Khas Tanjung (Foto : visitlomboksumbawa.com)

Selain Ayam Taliwang, ada satu lagi kuliner khas Lombok yang wajib Anda cobain yaitu Sate Ikan Khas Tanjung. Sesuai dengan namanya, sate ini mengggunakan bahan dasar yang berasal dari ikan Cakalang atau ikan Langoan. Sate Tanjung sangat nikmat jika disantap saat masih panas bersama lontong atau nasi, tergantung selera.

Rasa gurih dari daging dan santan serta pedas dari rempah-rempah sangat terasa. Campuran rempah-rempah dan ikan yang dibakar inilah yang membuat badan terasa hangat dan bugar. Anda bisa membeli sate tanjung di sekitar pasar Tanjung atau terminal Tanjung. Mencicipi sate ini di daerah asal dimana sajian ini diciptakan akan lebih afdol ketimbang makan di tempat lain.

52. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep (Foto : instagram @traveling.couple)

53. Air Terjun Tiu Bombong

Air Terjun Tiu Bombong
Air Terjun Tiu Bombong (Foto : instagram @irfantepong)

54. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja
Air Terjun Tiu Teja (Foto : instagram @fahmy_haris)

55. Air Terjun Tiu Pupus

Air Terjun Tiu Pupus
Air Terjun Tiu Pupus (Foto : instagram @kaki_rusa)

56. Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Kerta Gangga
Air Terjun Kerta Gangga (Foto : instagram @lostpacker)

57. The Oberoi Lombok

The Oberoi Lombok
The Oberoi Lombok (Foto : instagram @theoberoilombok)

Selain memiliki destinasi wisata alam yang sangat indah, Pulau Lombok juga menawarkan sejumlah hotel, resort, dan villa mewah untuk menginap. Salah satunya adalah The Oberoi Lombok di tepi Teluk Medana dengan view pantai dan lautan luas. Dengan dilengkapi kolam renang pribadi dan suasana nyaman, villa di The Oberoi sangat pantas dimasukkan ke dalam list tempat bulan madu romantis di Indonesia bagi pengantin baru.

Bagaimana sobat traveler? Asyik dan seru bukan aneka wisata Lombok? Tak kalah eksotis deh dengan Bali. Oya, bagi Anda yang punya info tempat wisata menarik di Lombok yang terbaru dan indah lainnya bisa berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.