17 Wahana Seru, Spot Foto Kece, Harga Tiket Masuk, Dan Fasilitas Orchid Forest Cikole Lembang Bandung – Review Lengkap

0 424

Orchid Forest Cikole – Ingin tahu ada apa saja di dalam Orchid Forest Cikole Lembang Bandung? Ini review lengkap tentang wahana seru, spot foto kece, harga tiket masuk, fasilitas, lokasi / alamat, dan rute jalan menuju ke sana. Ada banyak aktivitas menarik di sini, dari mulai berfoto, melihat kecantikan aneka bunga anggrek, bermain dengan kelinci, melewati jembatan gantung, hingga naik flying fox.

Kawasan wisata Lembang memang selalu menyuguhkan keindahan alam yang memukau. Apalagi udaranya terbilang sejuk, sehingga sangat pas untuk tempat rehat sejenak dari keramaian kota. Nah, buat Anda pecinta anggrek yang kebetulan akan liburan ke Lembang, wajib rasanya mampir ke Orchid Forest Cikole.

Daftar Wahana Seru, Spot Foto Kece, Harga Tiket Masuk, Dan Fasilitas Orchid Forest Cikole Lembang Bandung

Orchid-Forest-Cikole-Lembang-Bandung
Orchid Forest Cikole Lembang Bandung (Foto : instagram @orchidforestcikole)

Sesuai dengan namanya, Orchid Forest Cikole menawarkan keindahan bunga anggrek baik lokal maupun manca negara. Kabarnya, destinasi wisata Bandung seluas 12 hektar ini punya koleksi anggrek hingga ribuan buah dari 157 jenis. Lengkap banget, bukan? Tak hanya itu, ada juga spot foto epic yang bagus buat mengisi feed instagram Anda.

Wahana Seru Dan Spot Foto Kece Yang Ada Di Dalam Orchid Forest Cikole Lembang Bandung

1. Orchid House

Orchid Forest Cikole dibangun dengan tujuan sebagai tempat wisata edukasi dalam mengenalkan dan membudidayakan aneka jenis bunga anggrek baik lokal maupun internasional. Oleh karena itu, di sini dibangun sebuah green house khusus untuk memamerkan bunga anggrek, yaitu Orchid House.

Orchid House berisi koleksi aneka jenis anggrek yang sering ditemui atau pun anggrek langka dari Indonesia dan luar negeri. Misalnya, Anggrek Selop dari Jawa Timur yang memiliki bentuk unik mirip selop / sepatu, Jade Slipper Orchid dari wilayah Vietnam Utara dan China, dengan keistimewaan memiliki wangi raspberry.

Anda juga bisa menemui beragam bunga anggrek argentina, peru, filipina dan 80 umbi lebih bunga bangkai. Lengkap banget bukan koleksinya? Untuk kedepannya, Orchid Forest Cikole diharapkan bisa menjadi salah satu museum atau pusat penelitian anggrek terbesar di dunia, mengingat Indonesia termasuk negara dengan varian anggrek terbanyak kedua setelah Brazil.

2. Orchid Castle

Selain mengenalkan anggrek kepada anak-anak, Anda juga bisa sekaligus mengajak mereka bermain. Pasalnya, Orchid Forest punya wahana seru bernama Orchid Castle. Di playground ini tersedia beragam permainan asyik buat putra-putri Anda, dari mulai seluncuran, panjatan, flying fox mini, panjatan, terowongan, hingga sepeda mini.

Asyiknya lagi, suasana lingkungannya begitu alami, indah, dan sejuk udaranya. Cocok banget deh dijadikan pilihan sebagai tempat wisata keluarga di Bandung saat weekend atau pun libur panjang. Spot fotonya juga kece banget, bisa sekalian berburu foto instagramable untuk mengisi feed instagram Anda.

3. Putt-Putt Golf (Mini Golf)

Bukan hanya anak-anak, remaja dan orang dewasa pun bisa seru-seruan di Orchid Forest. Ada wahana Putt-Putt Golf alias Mini Golf yang bakal memanjakan Anda dalam liburan. Meskipun tak seluas lapangan golf sungguhan, namun sensasi bermain golf diantara pepohonan pinus benar-benar menyenangkan.

4. Rabbit Forest

Tak kalah keren dengan Farm House Lembang Bandung, Orchid Forest Cikole juga punya wahana satwa lucu lho, yaitu Rabbit Forest. Sesuai dengan namanya, wahana ini berisi kelinci-kelinci lucu, imut, dan menggemaskan. Anda bersama anak-anak bisa bermain, berfoto, atau pun memberi makan mereka di taman rerumputan hijau nan cantik.

5. Flying Fox

Ingin memacu adrenalin Anda? Cobain deh naik wahana flying fox ala Orchid Forest. Dari ketinggian tertentu, mungkin sekitar 10 – 20 meter, Anda meluncur bergelantungan pada tali dengan kecepatan tertentu. Sungguh bakal membuat jantung berdetak kencang. Bagi Anda yang takut / fobia ketinggian, sebaiknya tidak naik wahana flying fox.

6. Kuda Tunggang

Biasanya, jika ingin berlibur sambil naik kuda para wisatawan pergi ke De Ranch Bandung. Namun, jika Anda menginginkan suasana berbeda, bisa datang ke Orchid Forest. Anda bisa naik wahana kuda tunggang untuk berjalan menikmati rindangnya pepohonan pinus yang menjulang tinggi.

7. Jembatan Kayu (Wooden Bridge)

Setelah seru-seruan dengan wahana permainan, saatnya mengeksplore sejumlah spot foto kece yang ada di Orchid Forest Cikole. Satu diantaranya adalah Jembatan Kayu (Wooden Bridge). Jembatan yang terbuat dari kayu ini cukup panjang mengitari pepohonan pinus.

Anda bisa naik dan berjalan di atas jembatan kayu sambil menikmati panorama alam pohon pinus dan menghirup udara segar. Jangan lupa siapkan pose terbaik Anda saat mengambil gambar di sini. Harap hati-hati ya, terutama saat naik pada bagian jempatan yang tinggi. Tetap waspada saat berfoto!

8. Jembatan Gantung (Sky Bridge)

Orchid Forest Cikole nampaknya akan menjadi saingan berat The Lodge Maribaya dan Dago Dream Park Bandung. Pasalnya, destinasi wisata alam di Bandung ini memiliki banyak spot foto instagenic yang bagus buat selfie, narsis, atau pun swafoto. Misalnya saja Jembatan Gantung.

Jembatan ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 23 meter dengan panjang 125 meter. Saat naik dan berjalan di atasnya, Anda akan bisa menikmati keindahan pohon pinus yang rapi berbaris menjulang tinggi. Apalagi saat malam tiba, cahaya lampu yang menyala sepanjang jembatan membuat semakin kece buat berfoto.

9. Spot Foto Bola Pingpong

Bola pingpong ternyata jika ditata sedemikian rupa bisa menghasilkan latar berfoto instagramable. Terbukti pada salah satu spot foto kece di Orchid Forest Lembang. Bola pingpong yang bergelantungan membuat kesan seperti salju sedang turun di antara pepohonan pinus. Keren banget!

10. Teras Paphio (Amphitheater)

Seperti halnya hutan pinus Mangunan Yogyakarta, Orchid Forest Cikole yang bernuansa hutan pinus juga memiliki sebuah amphitheater bernama Teras Paphio. Arena pertunjukkan tersebut dilengkapi dengan kursi-kursi kayu yang berjejer rapi.

11. Spot Foto Payung

Spot foto kece berikutnya berupa payung warna-warni yang digantung di atas. Keberadaan payung tersebut diantara pepohonan pinus membuatnya tampak bagus untuk latar berfoto.

12. Spot Jalan Meliuk-Liuk Di Bawah Pohon Pinus

Sebagai salah satu destinasi wisata hutan pinus Bandung yang baru dibuka, Orchid Forest termasuk sukses menarik minat wisatawan. Selama liburan, kabarnya dalam sehari bisa mencapai lebih dari 6.000 pengunjung. Hal itu tak lain karena Orchid Forest punya wahana dan spot foto kece untuk berfoto. Salah satunya adalah jalan meliuk-liuk dibawah pepohonan pinus.

13. Spot Sangkar Burung

Spot berupa sangkar burung dari besi ini tak kalah keren bila dibandingkan dengan spot lainnya. Anda bisa masuk ke dalamnya lalu bergaya di depan kamera.

14. Spot Terowongan Segi Lima

Spot foto ini semacam terowongan / gerbang panjang dengan dinding segi lima yang berlubang-lubang. Jika malam tiba, nyala lampu di dinding segi lima tersebut membuat terowongan tampak begitu cantik instagramable.

15. Garden of Light

Bagi Anda yang bingung mencari tempat wisata romantis di Bandung malam hari, maka Orchid Forest Cikole bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, daya tarik / keistimewaan Orchid Forest Cikole akan semakin memikat saat malam tiba. Kelap-kelip lampu menyala begitu cantik pada spot Garden of Light. Tak hanya itu, cahaya lampu disepanjang Sky Bridge membuat suasana semakin syahdu.

16. Pingpong

Berolahraga diantara pepohonan pinus yang rindang dan penuh udara sejuk tentu mengasikkan bukan? Nah, di Orchid Forest ternyata tersedia meja pingpong untuk bermain. Bagi Anda penyuka pingpong, bisa mencoba olah raga ini.

17. Zipline Dan Pinball

Meskipun sudah punya wahana dan spot foto yang cukup lengkap, namun Orchid Forest tetap terus berinovasi untuk memanjakan pengunjung. Salah satunya dengan menambah wahana bernama Zipline Dan Pinball. Meskipun baru sekedar rencana, namun kedua wahana tersebut akan semakin membuat liburan Anda di sini semakin seru menyenangkan.

Wahana Zipline sendiri kabarnya menawarkan sensasi meluncur dari atas ketinggian memakai line berkelok-kelok sepanjang 430 meter. Untuk mencoba Zipline, berat Anda minimal harus sekitar 60 – 65 kg.

Baca Juga :

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Orchid Forest Cikole Lembang Bandung

Untuk memasuki kawasan Orchid Forest Cikole di Lembang, Anda akan dikenakan tarif masuk seharga 25 ribu rupiah per orang. Namun, harga tiket tersebut akan naik menjadi 35 ribu rupiah untuk wisatawan domestik dan 100 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara saat hari libur seperti libur lebaran.

Jam buka Orchid Forest Cikole mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB, kecuali hari Sabtu – Minggu saat weekend buka dari pukul 08.00 – 19.00 WIB. Nah, buat Anda yang ingin mendapatkan spot foto malam hari dengan kerlap-kerlip lampu, maka sebaiknya datang saat weekend karena jam bukanya lebih lama, meskipun harus rela antri.

Fasilitas Yang Tersedia Orchid Forest Cikole Lembang Bandung

Jika dilihat dari wahana dan fasilitas yang ada, Orchid Forest Cikole nampaknya sengaja dikemas dalam bentuk “One Stop Family Destination”. Pasalnya, semua kebutuhan pengunjung dari mulai spot foto, arena bermain, dan tempat makan tersedia di sini.

Beberapa fasilitas penunjang yang bisa Anda temui antara lain food court, resto, tempat bersantai dengan bean bag, camping ground, tempat parkir, shuttle (dari area parkir ke loksai objek wisata), dan sepertinya tersedia outbond adventure misalnya flying fox, airsoft gun, high rope, atau pun panahan.

Tersedia juga mobil golf untuk mengitari area Orchid Forest yang cukup luas. Oya, kabarnya pengunjung bisa juga membeli anggrek untuk dibawa pulang sekaligus konsultasi atau tanya-tanya seputar pemeliharaan anggrek. Soal harga bunga anggrek di sini, mungkin agak mahal tergantung jenisnya.

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Ke Orchid Forest Cikole Lembang Bandung

Lokasi / Alamat Orchid Forest Cikole terletak di Genteng, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, jaraknya sekitar 9,3 km dari Alun-alun Lembang. Rute jalan menuju lokasi objek wisata sebenarnya terbilang mudah. Namun karena terbatasnya angkutan umum, maka sebaiknya Anda memakai kendaraan pribadi atau menyewa mobil.

Jika ingin backpackeran memakai kendaraan umum, dari Stasiun Bandung, Anda bisa naik angkot jurusan Stasiun Hall – Lembang. Lalu, turun di perempatan “Lembang – Tangkuban Perahu – Maribaya”. Dari sana, Anda naik angkot lagi jurusan Lembang – Cikole, turun di perempatan Cikole Jayagiri. Dari sana, lanjutkan jalan kaki menuju ke Orchid Forest sekitar 750 meter.

Dari tempat parkir Orchid Forest, jaraknya masih 1 km lagi menuju ke lokasi destinasi wisatanya. Namun, tak usah kuatir akan kelelahan jalan kaki, karena tersedia kendaraan shuttle untuk mengantar wisatawan ke sana. Untuk memperjelas rute jalan, silahkan lihat gambar peta lokasi Google Map berikut.

Tips Berkunjung Ke Orchid Forest Cikole Lembang Bandung

Liburan tentu saja selalu menjadi moment menyenangkan yang diharapkan oleh setiap orang. Akan tetapi, ada kalanya kegiatan tersebut menjadi kurang asyik lantaran kurangnya persiapan. Nah, agar rekreasi Anda di Orchid Forest Cikole berjalan lancar dan nyaman, ada baiknya membaca tips wisata sederhana dari saya berikut ini.

  • Mengingat area Orchid Forest berupa tempat terbuka (outdoor), maka datanglah saat cuaca cerah agar Anda bisa mendapatkan pencahayaan yang baik untuk berfoto dan leluasa mengeksplore setiap spot foto atau pun wahana di sana. Hindari datang saat hujan kecuali Anda memang ingin mendapatkan gambar dengan latar air hujan dan kabut.
  • Datanglah dari pagi agar Anda punya banyak waktu dalam menjelajahi semua spot foto, wahana, dan fasilitas yang tersedia di Orchid Forest.
  • Gunakan pakaian yang nyaman untuk bergerak. Jika Anda tak terbiasa dengan udara dingin, sebaiknya memakai pakaian lengan panjang, sweater, jaket, dan celana panjang. Orchid Forest terletak pada ketinggian sekitar 1.500 mdpl sehinga memiliki suhu udara yang sejuk dan lumayan dingin.
  • Pakailah sepatu kets yang nyaman di kaki karena Anda akan banyak berjalan atau bergerak.
  • Bawalah ponsel atau kamera terbaik dengan baterai full untuk mengambil gambar beserta perlengkapan lainnya seperti cadangan baterai, power bank, tongsis, dan tripod.
  • Persiapkan kondisi tubuh agar tetap prima karena Anda akan membutuhkan tenaga / energi yang banyak dalam mengekplore Orchid Forest seluas 12 hektar.
  • Jika ingin mendapatkan spot malam, Anda bisa datang sore hari sekitar pukul 16.00 WIB saat kabut belum turun. Sambil menunggu malam tiba, Anda bisa berkeliling menikmati keindahan hutan pinus dan kesegaran udara di sana.
  • Hafalkan rute jalan menuju ke lokasi Orchid Forest dan sediakan Google Map offline untuk menghindari susah sinyal.
  • Jika Anda memakai kendaraan pribadi, sebaiknya pastikan kondisi mobil / motornya dalam keadaan baik layak jalan.

Demikianlah review singkat tentang wahana, spot foto, dan fasilitas yang ada di Orchid Forest Cikole Lembang Bandung, Jawa Barat. Keren dan instagramable banget bukan? Bagi sobat traveler yang sudah pernah ke sana, bisa berbagai pengalamannya melalui kolom komentar. Untuk harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu ya! Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.