Pusat Info Wisata Terlengkap

47 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Banyuwangi Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

0 1,377

Tempat Wisata Di Banyuwangi – Mau liburan ke Banyuwangi? Ini daftar rekomendasi tempat wisata terindah dan hits di Banyuwangi Jawa Timur terbaru yang wajib dikunjungi lengkap dengan foto / gambar. Dari mulai destinasi alam, pantai, air terjun, budaya, kuliner, hingga spot foto kekinian ada semua di sini.

Tak dapat dipungkiri, saat ini pamor pariwisata Kabupaten Banyuwangi memang sedang naik daun. Buktinya, angka kunjungan wisatawan tampak meningkat tajam, bahkan para turis mancanegara pun banyak yang datang ke sini.

Selain memiliki potensi keindahan alam yang mengagumkan, peran serta Pemerintah setempat dan warga patut diberi penghargaan. Hal ini karena mereka sangat serius dalam mengelola potensi sektor wisatanya. Tak heran jika hampir setiap tahun selalu memunculkan objek wisata baru yang menarik untuk dikunjungi.

Nah, buat Anda yang ingin berwisata ke kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini, jangan lupa untuk membaca ulasan / review dari saya berikut. Anda tinggal pilih saja, tempat wisata mana yang akan Anda kunjungi saat liburan nanti. Tentu harus disesuaikan dengan selera dan budget ya!

Daftar Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Banyuwangi Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

1. Bangsring Underwater (Bunder)

Ingin snorkeling dan diving? Tak perlu jauh-jauh ke Pulau Bali atau Lombok, datang saja ke destinasi baru di Banyuwangi bernama Bangsring Under Water. Alamatnya berada di Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Pemandangan terumbu karang di sini sangat indah, Anda bisa menyaksikan koloni soft coral dan aneka ikan hias hanya dari kedalaman 50 cm. Selain snorkeling, Anda juga berkesempatan berenang dengan anakan ikan hiu di keramba jaring apung. Gak usah takut, ada pemandunya kok, jadi aman.

Bagi Anda yang tak mau snorkeling atau pun berenang, Anda bisa mampir ke Rumah Apung untuk mengenal lebih dekat tentang jenis-jenis ikan yang ada di perairan Bangsring ini. Di rumah apung ada keramba dan tersedia juga toilet. Melihat-lihat ikan sambil memberi makan tentu akan menjadi pengalaman menyenangkan bukan?

Untuk memasuki objek wisata Bangsring Underwater, Anda tak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja kalau akan ke Rumah Apung, Anda harus membayar perahu boat seharga 10 ribu rupiah. Bila akan menggunakan alat snorkeling, Anda juga harus membayar sewanya.

2. Pantai Pulau Merah

A post shared by Espen Disch (@espendisch) on

Pantai Pulau Merah merupakan tempat wisata terkenal di Banyuwangi yang tak boleh Anda lewatkan. Beragam kegiatan seru bisa Anda lakukan disini, mulai dari berjalan menyusuri pantai sepanjang 3 km, surfing, dan hunting foto.

Ikon pantai ini berupa sebuah bukit yang berada tak jauh dari bibir pantai. Bukit tersebut ditumbuhi pepohonan sehingga tampak hijau. Tapi, sebenarnya tanah yang menyusun bukit berwarna merah. Mungkin karena warna tanah itulah akhirnya pantai disini dinamakan Pantai Pulau Merah.

Kalau dilihat dari gambar yang beredar di internet, warna pasir pantainya berupa putih kecoklatan. Lokasinya terletak di Kecamatan Pesanggaran dengan harga tiket masuk sekitar 8 ribu rupiah. Bila ingin menginap, di sekitar pantai sepertinya sudah ada beberapa penginapan untuk bermalam.

3. Pulau Tabuhan

A post shared by Muhammad Haris (@emharis) on

Inilah Pulau Tabuhan, salah satu tempat wisata paling indah di Kabupaten Banyuwangi. Pulau ini memiliki luas sekitar 5 hektar dan tak berpenghuni. Pasir putih halus, air laut jernih dan biota laut nan eksotis menjadi daya tariknya.

Pulau Tabuhan berlokasi di tengah-tengah selat Bali, tepatnya Kecamatan Wongsorejo. Selain snorkeling atau berselancar, Anda juga bisa melakukan olah raga air Kite and Windsurfing. Angin yang bertiup di pulau ini mempunyai kecepatan di atas 20 knot sehingga sangat cocok untuk olah raga tersebut.

4. Teluk Hijau (Green Bay)

Dari namanya saja sudah terdengar unik, apalagi aslinya ya? Teluk Hijau atau Green Bay memang layak dinobatkan sebagai tempat wisata terindah di Banyuwangi Jawa Timur. Airnya jernih kehijauan berpadu dengan pasir putih lembut, sungguh sangat menawan.

Apalagi lokasinya dikelilingi hutan tropis, semakin membuat Anda seolah-olah sedang berada di pantai pribadi. Sepi dan sunyi, hanya ada suara alam dari deburan ombak dan angin pantai. Teluk ini masih berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, jadi Anda harus menjaga keasriannya, tak boleh buang sampah sembarangan.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Green Bay antara lain snorkeling, berenang, bermain pasir, dan memancing. Oya, kebetulan disekitar tempat ini ada juga Air Terjun Bidadari setinggi 8 meter. Jadi, Anda bisa sekalian berkunjung ke lokasi air terjun.

5. Kawah Ijen (Ijen Crater)

Mungkin hampir semua orang setuju, bahwa Kawah Ijen (Ijen Crater) adalah tempat wisata terbagus di Banyuwangi. Destinasi ini menawarkan pemandangan alam nan eksotik, dari atas ketinggian sekitar 2.368 mdpl, Anda akan dapat melihat kawah seluas 20 km persegi dengan kaldera setinggi 300 – 500 meter.

Daya tarik utama Kawa Ijen tentu saja berupa api biru (baca : blue fire) yang dapat disaksikan dalam kawah saat malam hari. Keberadaan blue fire ini sangat jarang ditemui, konon hanya ada 2 di dunia, yaitu Islandia dan Kawah Ijen Banyuwangi.

Kawah Ijen saat ini telah menjadi objek wisata populer dikalangan wisatawan domestik maupun luar negeri. Tak sedikit turis asing yang datang dari jauh hanya untuk melihat blue fire. Ketika berkunjung ke sini, Anda juga bisa menyaksikan aktivitas penambang belerang tradisional. Unik dan epic bila dijadikan latar berfoto.

6. Pantai Plengkung / G-Land

A post shared by BANYUWANGI (@explore_banyuwangi) on

Buat Anda yang hoby surfing, maka wajib mengunjungi Pantai Plengkung atau G-Land. Disinilah tempat favorit para surfer untuk menaklukan ombak. Gulungan ombaknya sangat ideal untuk kegiatan berselancar, bahkan disebut-sebut ombak terbagus di dunia setelah Hawaii.

Spot surfing terbaik di Indonesia ini mempunyai gulungan ombak berjumlah 7 dengan ketinggian mencapai 6 meter. Oleh karena itu, ombak tersebut dijuluki The Seven Giant Waves Wonder. Tak hanya surfing, menikmati pantai dengan berjalan atau bersantai di pinggiran pantai pun sangat asyik.

Suasananya sangat tenang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Apalagi disekililingnya terdapat hutan tropis yang rimbun dan hijau. Bila Anda berniat surfing, maka sebaiknya berkunjung ke sini saat bulan Juli – September.

7. Air Terjun Lider

A post shared by Ahmadsyah (@ahmadsyafa14) on

Selain pantai, Kabupaten Banyuwangi juga kaya akan air terjun indah nan alami. Salah satunya adalah Air Terjun Lider yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya terletak di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon.

Air terjun ini cukup sulit diakses karena berada di ketinggian sekitar 1300 mdpl. Medan jalannya pun akan menguras banyak tenaga, jadi siapkan kondisi fisik yang fresh sebelum berkunjung ke sini. Sepanjang perjalanan, Anda akan bisa menikmati keelokan perkebunan, sungai, dan kadang juga kera hingga burung di dalam hutan.

8. Pantai Watu Dodol

A post shared by Shohibul Huda (@hudashohib) on

Pantai Watu Dodol nampaknya sudah tidak asing bagi Anda yang sering bolak balik dari Kabupaten Situbondo menuju ke Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya mudah sekali dikenali, yaitu adanya bongkahan batu besar dan patung Gandrung.

Oleh karena jaraknya cukup dekat dengan Pelabuhan Ketapang, maka dari pantai ini Anda bisa melihat kapal ferry lalu lalang. Bila ingin mendapatkan spot foto yang bagus, Anda bisa mendaki Bukit Watu Dodol. Dari atas bukit ini, panorama Selat Bali beserta patung Tari Gandrung tampak begitu jelas.

9. Gunung Raung

A post shared by Riandi Akbar (@dobskyrock) on

Ingin menikmati liburan yang menantang? Cobain deh mendaki Gunung Raung. Secara administratif, gunung ini terletak di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso. Ketinggiannya mencapai 3.344 mdpl, jadi Anda harus siap-siap bekal dan fisik yang kuat.

Ada sekitar empat titik puncak Gunung Raung, yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan, yang tertinggi, Puncak Sejati (3.344 m). Pemandangan di sini sungguh sangat eksotis, Anda akan terkagum-kagum dibuatnya.

Namun, untuk mencapai puncak tidaklah mudah, dibutuhkan beberapa skill tersendiri manajemen air, tali-temali dan teknik panjat tebing. Bila Anda masih pemula, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mendaki gunung ini. Gunung Raung dikhususkan untuk para pendaki yang sudah mahir dan pengalaman.

10. Pantai Boom dan Festival Gandrung Sewu

Tidak seperti pantai-pantai di Banyuwangi pada umumnya yang berpasir putih, Pantai Boom justri memiliki pasir hitam. Tapi, kecantikannya akan bikin siapa saja jatuh hati padanya. Pantai seluas 40 hektar ini mempunyai sunset yang indah, bahkan konon kabarnya pasir pantainya bisa menyembuhkan penyakit tulang dan kulit.

Saat ini, kondisi Pantai Boom semakin menarik karena adanya penambahan fasilitas seperti kursi dan payung di pinggir pantai. Ada juga taman, jogging track, dan toilet. Pantai ini biasanya dijadikan lokasi Festival Gandrung Sewu tiap tahunnya. Gelaran Festival tersebut menyuguhkan 1.200 gadis dari 24 kecamatan di Banyuwangi menari bersama dengan latar belakang Selat Bali.

11. Air Terjun Bayu Lor

A post shared by AHMAD AMIR MUZAKI (@ki_zakki) on

Seperti halnya destinasi wisata Malang yang kaya akan air terjun cantik, Banyuwangi pun demikian. Selain Lider, masih ada Air Terjun Bayu Lor di Desa Bayu Lor, Kecamatan Songgon. Pesonanya sungguh bikin betah siapapun.

Terletak di lereng Gunung Raung, air terjun ini menyuguhkan alam yang sangat asri dan indah. Udaranya sejuk, lengkap dengan panorama kebun kopi hingga cengkeh. Tapi, denger-denger air terjun ini ditutup untuk umum lantaran kontur tanah disekitar mudah longsor.

Untuk bisa memasuki lokasi air terjun, Anda harus meminta izin kepada pihak pengelola Perkebunan Bayu Lor. Akan lebih baik lagi bila Anda sekalian bermalam disini karena ada penginapan asyik di tengah perkebunan.

12. Pantai Syariah

Pantai Syariah adalah salah satu tempat liburan kekinian di Banyuwangi yang dikhususkan untuk pengunjung wanita. Lokasinya berada di pesisir utara Pulau Santen, Karangrejo. Sebagai destinasi wisata halal, pantai ini memisahkan wisatawan wanita dan laki-laki.

Pada pantai khusus wanita, fasilitasnya lumayan lengkap. Sudah ada meja, kursi, laybag, hingga payung warna-warni. Mirip banget dengan Pantai Double Six Seminyak Bali. Untuk menggunakan fasilitas tersebut, Anda harus membayar 10 ribu rupiah, lumayan murah bukan?

13. Mangrove Bedul Ecotourism

A post shared by Triani Aprilia (@aprilyatriani) on

Harus diakui, kekayaan alam Banyuwangi memang sungguh luar biasa indah dan lengkap. Bukan hanya pantai atau air terjun, hutan mangrove pun ada. Nah, buat Anda yang ingin menikmati suasana hutan bakau, bisa berkunjung ke Mangrove Bedul Ecotourism di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo.

Kawasan wisata Mangrove Bedul ini memiliki luas sekitar 1.200 hektar, membentang sejauh 18 kilometer. Hutan ini terdiri dari 27 jenis mangrove serta beberapa jenis burung seperti burung imigran australia, raja udang, elang laut dan bangau. Ada juga kera, kijang, babi hutan, penyu dan biawak.

Untuk menyusuri hutan mangrove, pengunjung biasanya menyewa perahu “gondang gandung” yang merupakan modifikasi dua perahu dijadikan satu. Katanya seh, pemandangan disini mirip seperti sungai Amazon. Sungguh amazing!

14. Pantai Lampon

A post shared by I.F (@cha.fahma) on

Namanya memang sama dengan pantai yang ada di Kebumen Jawa Tengah, tapi lokasinya berbeda. Pantai Lampon ini berada di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Pasir pantainya tampak hitam dengan deburan ombak yang tak begitu besar. Beberapa batu karang di sini semakin menambah keeksotisannya.

Bila mengunjungi Pantai Lampon, jangan lupa untuk menyaksikan Naga Sasra, yaitu sebuah semburan dari cekungan yang bisa memunculkan pelangi. Keren bukan? Tapi, untuk melihat Naga Sasra, Anda harus menunggu datangnya ombak besar saat cuaca cerah. Oya, pantai ini terletak di Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi.

15. Samudra Selfie & Resto

Gak melulu soal pantai dan air terjun, Banyuwangi ternyata punya tempat makan enak yang romantis dan kece buat selfie. Namanya Samudra Selfie & Resto di Jalan Pantai Rejo, Pakis, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Konon katanya, resto ini dulunya bekas tambak lalu disulap menjadi tempat baru yang kekinian. Ada beberapa spot foto yang menarik mulai dari sarang burung raksasa, hingga meja dan kursi cantik berlatar perairan. Setelah puas berselfie ria, Anda bisa menikmati aneka kuliner lezat di restonya.

Untuk memasuki resto ini, Anda tidak akan dipungut biaya alias gratis, tapi siapkan saja uang 10 ribu rupiah untuk jaga-jaga. Recommended juga untuk prewedding dan menghabiskan sore bersama keluarga atau anak-anak.

16. Glen Coffee & Resto Glenmore

Destinasi rumah hobbit nampaknya lagi hits banget dikalangan traveler muda. Selain unik, model rumah kurcaci memang keren buat dijadikan latar berfoto kekinian. Tak heran jika banyak kota tujuan wisata seperti Bandung dan Jogja mempunyai spot foto rumah ini.

Nah, buat Anda yang kebetulan sedang berada di Banyuwangi, bisa juga lho berfoto dengan latar rumah hobbit. Anda tinggal datang saja ke Glen Coffee & Resto Glenmore di Jl. Untung Suropati No. 44 Glenmore Banyuwangi. Tepatnya di depan Hotel Minak Jinggo.

Tempat nongkrong baru ini menyuguhkan spot foto yang instagramable. Mulai dari dekorasi interiornya yang penuh warna hingga keberadaan rumah kurcaci yang lebih dari satu jumlahnya. Untuk makanan, tersedia menu khas Indonesia dan western, tinggal pilih sesuai dengan selera.

17. Air Terjun Coklak Glenmore

Selain punya resto kekinian Glen Coffee & Resto, Kecamatan Glenmore Banyuwangi ternyata menyimpan pesona alam yang sangat indah. Salah satunya adalah Air Terjun Coklak. Jaraknya sekitar 80 km dari pusat kota Banyuwangi.

Keberadaan Air Terjun Coklak belum banyak diketahui orang sehingga suasananya masih asri alami. Pas banget buat merefresh pikiran dan mata akibat kesibukan sehari-hari di perkotaan. Kalau dilihat sepintas, aliran air terjun ini mirip dengan Curug Bugbrug di kawasan wisata Bandung Barat.

18. Waduk Sidodadi Glenmore

A post shared by Ayu Widyastuti (@ayuwidyas90) on

Bingung mencari aktivitas wisata menyenangkan di Banyuwangi? Datang saja ke Waduk Sidodadi Glenmore. Di sini tersedia beragam wahana permainan seru seperti ATV, bebek air, sirkuit motor, flying fox, kolam pemancingan camping ground, dan kebun buah naga. Asyik bukan?

19. Pantai Cemara

A post shared by Fahmi Arshad (@fahmiarshadd) on

Dari namanya saja tentu Anda akan bisa menebak bahwa pantai ini penuh dengan pohon cemara. Ya, memang benar adanya, daya tarik utama Pantai Cemara berupa hutan cemara laut yang lebat dan menjadi tempat konservasi penyu.

Tempat wisata asik yang belum terjamah ini sangat pas digunakan untuk hunting foto. Pasalnya, puluhan pohon cemara udang yang berjejer rapi membentuk sebuah lorong instagenic nan cantik. Mirip dengan suasana Pantai Cemara Sewu di kawasan wisata Yogyakarta.

Alamat lengkap Pantai Cemara terletak di Dusun Rowo, Desa Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Ada sekitar 16.000 pohon cemara udang yang tumbuh di lahan seluas 9 hektare sepanjang 2,5 km. Di bawah pohon-pohon cemara tersebut, penyu biasanya bertelur.

20. Taman Nasional Baluran

A post shared by N O R I S (@anwarnoris_) on

Ingin merasakan padang rumput ala benua Afrika? Tak perlu jauh-jauh terbang ke sana, Anda cukup berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Disini ada padang rumput luas (baca : sabana) beserta hewan-hewan yang berkeliaran di dalamnya.

Untuk memasuki Taman Nasional Baluran, Anda akan dikenakan tiket masuk seharga 17.500 rupiah per orang. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya! Setelah membayar tiket, Anda masih harus naik ojek / kendaraan menuju daerah Bekol, dimana terdapat padang rumput yang sangat luas.

Selain untuk tempat liburan, Taman Nasional ini juga bisa digunakan sebagai sarana edukasi dalam mengenal ekosistem alam. Lokasinya terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur.

21. Pantai Solong

A post shared by n.nata.y (@nata.nabilah) on

Destinasi liburan Pantai Solong sungguh sangat menawan, bahkan bakal bikin siapapun betah gak mau pulang. Perpaduan antara keindahan pantai, taman, dan villa membuat pantai ini layak disejajarkan dengan deretan pantai cantik di Bali. Recommended buat tempat bulan madu atau pun rekreasi keluarga.

Villa yang ada disini menggunakan desain tradisional modern dengan dikelilingi pohon kelapa yang menjulang tinggi. Cantik banget gaes! Hamparan rerumputan hijau semakin menambah keasrian villa. Suasananya masih sepi, sangat pas untuk menyendiri sambil menikmati perairan biru selat Bali.

Alamat Villa Pantai Solong terletak di Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur. Tarif sewa per malamnya dibanderol dengan harga 1 – 2 juta rupiah. Fasilitas yang tersedia lumayan lengkap, ada tempat tidur, sofa, AC, dapur, kulkas, dan kamar mandi.

22. Air Terjun Jagir

Review tempat rekreasi di Banyuwangi yang lagi hits selanjutnya adalah Air Terjun Jagir. Dengan ketinggian sekitar 20 meter, jatuhan airnya tampak begitu indah. Ada dua aliran, sehingga sering disebut Air Terjun Kembar. Airnya jernih dan menyegarkan, lingkungan sekitarnya juga masih asri alami.

Lokasi Air Terjun Jagir terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. Untuk harga tiket masuknya masih gratis, paling cuma bayar parkir 3 – 5 ribu rupiah.

23. Kawah Wurung

Kawah Wurung sebenarnya terletak di Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso. Namun, karena jaraknya lumayan dekat dari Banyuwangi maka saya masukkan ke dalam list ini. Objek wisata ini menawarkan panorama perbukitan hijau yang ditumbuhi rerumputan. Mirip dengan bukit-bukit di Film Serial Anak “Teletubbies”.

Sesuai dengan namanya, Kawah Murung berbentuk seperti sebuah kawah gunung namun tertutup oleh rerumputan. Unik dan eksotik, mungkin dua kata tersebut yang bisa mewakili keindahan Kawah Wurung. Untuk menuju lokasi, sebaiknya Anda menggunkan kendaraan bermotor roda dua.

24. Desa Wisata Osing Kemiren

A post shared by Yogye S (@yugo_ss) on

Salah satu desa andalan pariwisata Banyuwangi adalah Desa Wisata Osing Kemiren. Desa ini menjadi tempat tinggal masyarakat suku Using yang berada di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Jika berkunjung ke sini, Anda akan bisa menyaksikan kebudayaan lokal yang khas.

Begitu memasuki area desa, Anda akan langsung merasakan nuansa Banyuwangi tempo dulu. Bangunan rumahnya cukup unik, menggunakan rangka 4 tiang kayu dengan sistem tanding tanpa paku, tapi menggunakan pasak pipih (baca : paju). Konon, rumah ini tahan gempa lho! Keren bukan?

Ada juga kesenian dan upacara adat khas Suku Using yang bisa Anda saksikan di desa ini. Oya, jangan lupa untuk mencicipi kopi khas Desa Kemiren dengan cita rasa begitu nikmat. Anda juga bisa sekalian praktek mengolah biji kopi dari mulai menyangrai, menumbuk, menyaring, hingga menyajikannya.

25. Pantai Wedi Ireng

A post shared by Ahmadsyah (@ahmadsyafa14) on

Tak sulit mencari pantai bagus di Banyuwangi karena ada banyak alternatifnya, mulai dari berpasir putih hingga hitam. Namun, diantara pantai-pantai tersebut, Pantai Wedi Ireng lah yang membutuhkan perjuangan ekstra untuk mencapainya. Alamat lengkap pantai ini berada di Jl. Pancer, Sumberagung, Pesanggaran.

Keberadaan pantai ini sangat tersembunyi dibalik lebatnya hutan dan bebatuan terjal. Untuk menuju bibir pantai baru ini, Anda harus melalui jalan terjal dan berbatu serta naik-turun bukit. Belum lagi saat musim hujan tiba, jalanan becek akan menjadi rintangan tersendiri.

Meskipun namanya Wedi Ireng (baca : pasir hitam), namun pasir pantainya berwarna putih layaknya pantai-pantai di Lombok. Aktivitas yang bisa dilakukan disini antara lain snorkeling, berjalan atau pun bermain pasir sambil menikmati keindahan deburan ombak, dan berfoto-foto.

26. Pantai Mustika Pancer

Inilah saingan Pantai Pulau Murah, namanya Pantai Mustika di kawasan Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Jaraknya cukup dekat dari Pulau Merah, dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 3-4 km mengikuti ke arah barat.

Pantai Mustika mempunyai pasir berwarna putih dan bersih dengan gelombang laut tak begitu besar sehingga aman untuk bermain di tepi pantai. Suasananya relatif sepi, jadi Anda bisa bebas menikmati keindahannya. Apalagi banyak pohon kelapa tumbuh disini, udara pun terasa lebih sejuk.

27. Ijen Resort and Villas

A post shared by Juni Adi (@3june3) on

Sebagai primadona wisata Jawa Timur yang lagi naik daun, Banyuwangi berusaha melengkapi akomodasi bagi para wisatawan, termasuk penginapan. Nah, salah satu hotel nyaman yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di sini adalah Ijen Resort and Villas.

Beralamat di Desa Randu Agung, Kluncing, Licin, resort ini menawarkan panorama keindahan alam. Dari balkon kamar, Anda dapat menyaksikan gagahnya Gunung Ijen, perbukitan hijau, hingga persawahan. Lokasinya yang berada jauh dari keramaian kota membuat resort ini begitu tenang. Pas banget buat bulan madu bersama istri tercinta.

28. Pondok Indah Banyuwangi

Banyuwangi bukanlah sekedar pantai dan air terjun, kabupaten ini juga punya keindahan sawah terasering layaknya Ubud Bali. Gak percaya? Datang saja ke Pondok Indah di Desa Paspan, Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

Dari atas balkon rumah makan ini, Anda bisa memanjakan mata dengan barisan sawah berbentuk tangga di perbukitan yang asri. Keberadaan Gunung Ijen dibalik persawahan semakin menambah cantik tempat ini.

Pondok Indah menyediakan makanan khas Banyuwangi dengan harga relatif murah mulai dari 10 – 35 ribu rupiah. Tempatnya asyik dan enak buat kumpul-kumpul bareng keluarga serta anak-anak. Udaranya pun sejuk karena banyak pepohonan.

29. Air Terjun Selendang Arum

A post shared by EGI’ (@egi_rangerhijau) on

Tak bisa dipungkiri, Banyuwangi memang surganya air terjun cantik nan eksotis. Diantaranya adalah Air Terjun Selendang Arum di Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon. Tingginya mencapai 20 meter dan jatuhan airnya mengalir melewati dinding air terjun sehingga tampak berkilauan.

Air terjun ini masih sangat alami, belum ada fasilitas pendukung. Jadi, bila Anda mau datang ke sini sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Udara sekitar terasa sejuk segar lantaran banyak pepohonan hijau disekililingnya.

30. Air Terjun Kethegan, Kampunganyar

A post shared by EGI’ (@egi_rangerhijau) on

Satu lagi tempat wisata air terjun indah di Banyuwangi yang jarang diketahui orang, namanya Air Terjun Kethegan. Lokasinya hanya berjarak sekitar 300 meter dari Air Terjun Jagir di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah.

Bila dibandingkan dengan Air Terjun Jagir, suara gemericik aliran air terjun ini lebih keras terdengar. Airnya jernih dan terasa dingin menyegarkan. Alam sekitarnya asih sangat asri dipenuhi pepohonan dan tanaman merambat hijau seperti lumut atau paku-pakuan.

31. Pantai Parang Ireng – TN Alaspurwo

A post shared by EGI’ (@egi_rangerhijau) on

Mau liburan ke pantai tersembunyi yang masih sepi layaknya private beach? Datang saja ke Pantai Parang Ireng di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Anda akan bebas berjalan, berlarian, dan berfoto di sepanjang pasir putihnya. Suasananya sungguh tenang, hanya ada alam, deburan ombak, dan angin pantai.

Pantai ini terbilang unik karena memiliki pasir putih, bebatuan hitam, dan lumut hijau. Perpaduan ketiganya membentuk panorama cantik yang mengagumkan. Sekilas mungkin mirip seperti Pantai Balangan Bali yang ada kolam-kolam alami berwarna hijau.

Oleh karena belum terjamah oleh banyak wisatawan, Pantai Parang Ireng masih sangat bersih. Jauh dari kata kumuh. Tapi, Anda harus membawa bekal makanan / minuman bila akan mengunjunginya, pasalnya belum ada warung penjual makanan di sini.

32. Pantai Bama

Pantai Bama berlokasi di dalam Taman Nasional Baluran, tepatnya wilayah Banyuputih, Situbondo, Wongsorejo, Banyuwangi. Tepatnya sekitar 3 km sebelah timur Pos Bekol. Suasananya begitu tenang dengan hamparan pasir putih dan bakau.

Saat berkunjung ke sini, mungkin Anda akan berjumpa dengan kera-kera yang sedang mencari kepiting di tepi pantai. Jadi, harus ekstra hati-hati ya! Dari Pantai Bama, Anda juga bisa menyaksikan keindahan sunrise (matahari terbit) dengan latar Taman Nasional Bali Barat. Keren bukan?

33. Pantai Rajegwesi

A post shared by patar siregar (@marlon72gar) on

Pantai Rajegwesi terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Pasir pantainya berwarna cokelat. Mungkin karena bercampur dengan lumpur sungai saat banjir, jadi pasir pantainya terasa sangat lembut. Disini, Anda juga bisa menemukan bunker sisa-sisa masa Penjajahan Jepang.

Di pantai bagian barat, berjejer perahu nelayan yang sedang parkir. Sedangkan sebelah timurnya, tampak lapang karena memang digunakan untuk tempat penyu bertelur. Selain menikmati keindahan pantai dan alam sekitar, Anda juga bisa melihat kesibukan masyarakat nelayan Pantai Rajegwesi.

34. Kalilo Banyuwangi

A post shared by Riski Eka (@riskiekaaa) on

Liburan di Banyuwangi tak harus mahal, ada banyak tempat wisata murah meriah yang dapat Anda kunjungi. Salah satunya adalah Sungai Kalilo yang bersih dan berwarna-warni. Tempatnya cukup instagenic untuk berfoto, tak kalah bagus dengan Kampung Warna Warni Malang.

Lokasi favorit untuk narsis disini yaitu berupa jembatan penghubung bertuliskan “Kalilo Banyuwangi”. Untuk mengeksplor sungai paling fenomenal di Kota Banyuwangi ini, Anda tak harus membayar mahal. Anda hanya butuh mengeluarkan uang 2 ribu rupiah saja untuk parkir motor.

35. Songgon Rafting

A post shared by Arif Nur Makruf (@arifmakruf) on

Ingin merasakan aktivitas seru yang memacu adrenalin? Cobain deh rafting / arung jeram di Kali Badeng, Desa Sumber Bulu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Sungai Kali Badeng memiliki arus yang deras dengan bebatuan kecil dan besar. Sangat pas untuk kegiatan arung jeram atau pun tubing.

Di sepanjang aliran sungai, Anda akan bisa menikmati keindahan hutan pinus khas kaki Gunung Raung. Tak usah kuatir soal keamanan, Anda akan dibekali peralatan khusus seperti helm dan pelampung. Untuk harga, berkisar antara 40 – 100 ribu rupiah. Lumayan murah kan?

36. Teluk Banyu Biru Muncar Banyuwangi

A post shared by Elok Puspitasari (@elokpi_) on

Seakan tak ada habisnya, Banyuwangi selalu menyuguhkan tempat wisata terbaru yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya saja Teluk Banyu Biru (Blue Bay) di Muncar. Di sini, Anda dapat melakukan banyak aktivitas asik dari mulai snorkeling, hingga melihat penangkaran mutiara.

Untuk mencapai Teluk Banyu Biru, Anda membutuhkan perjalanan laut sekitar 3 jam. Jadi, Anda harus berangkat pagi sekitar pukul 05.00 WIB dari Pelabuhan Muncar. Biaya sewa perahu sekitar 185 ribu rupiah per orang, tapi Anda harus berangkat secara rombongan minimal 10 orang.

Saat ini, Teluk Banyu Biru masih dikelola oleh nelayan muncar. Dengan harga yang telah dipatok tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas makan, sewa perahu, dan peralatan snorkeling. Oya, teluk ini hanya bisa dikunjungi saat-saat tertentu saja. Objek wisata ini tutup saat bulan April – September karena ombaknya sangat besar.

37. Air Terjun Goa Pengantin

A post shared by Ahmadsyah (@ahmadsyafa14) on

Air Goa Pengantin ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan, bahkan namanya pun terdengar asing. Tapi, keindahannya boleh diadu dengan deretan air terjun di Banyuwangi lainnya yang sudah terkenal. Lokasinya terletak di Gombeng, Kelurahan Gombengsari.

Nama Goa Pengantin ini mungkin berasal dari bentuk air terjunnya, yaitu ada 2 jatuhan air yang berlatar goa. Goa tersebut tertutup dedaunan hijau sehingga tampak alami. Unik dan epic gaes! Lingkungan sekitarnya juga masih asri dan mempunyai udara sejuk.

38. Jawatan Benculuk

A post shared by FOTOMORGANA 📷 (@dofadrova) on

Tak salah rasanya memasukkan Banyuwangi ke dalam daftar ikon pariwisata Indonesia selain Bali, Lombok, dan Yogyakarta. Pasalnya, ada segudang destinasi wisata keren yang layak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Sebut saja Jawatan Benculuk.di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring.

Kawasan hutan Jawatan Benculuk memiliki pepohonan yang unik mirip dengan lokasi di Film Lords of the Rings atau trilogi The Hobbit. Pohon yang bernama Trembesi tersebut berjejer rapi membentuk pola yang sangat epic dan instagenic. Tak heran, jika banyak traveler muda yang datang ke sini untuk hunting foto kekinian.

39. Waduk Bajulmati

A post shared by Tito (@titonoverianputra) on

Ini dia tempat wisata yang lagi ngehits benget di Banyuwangi, namanya Waduk Bajulmati. Bukit-bukit kecil yang dikelilingi air membuat panorama waduk seolah-olah mirip gugusan pulau di Raja Ampat. Tak ayal, banyak orang menyebut waduk ini sebagai Raja Ampat versi Banyuwangi.

Lokasi Waduk Bajulmati terletak di perbatasan antaran Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Untuk mencapainya, Anda harus membelah hutan Baluran. Tidak ada tiket masuk saat Anda memasuki waduk ini. Anda hanya cukup membayar parkir sekitar 5 ribu rupiah. Yuk, buruan explore destinasi ini mumpung masih gratis!

40. Lori Wisata Kalibaru

A post shared by KAI Daop 9 Jember (@kaidaop9) on

Lori merupakan sebuah kereta kecil tradisional, kira-kira seukuran odong-odong. Nah, di Stasiun Kalibaru Banyuwangi, terdapat wahana Lori yang bisa dinaiki oleh wisatawan. Anda akan diajak naik kereta untuk menyusuri jalur rel yang digunakan saat zaman penjajahan Belanda dulu kala.

Sepanjang perjalanan, Anda akan melintasi perkebunan milik PTPN, desa, hutan kecil, dan terowongan kereta api sepanjang 690 meter yang dibangun pada tahun 1901. Untuk menikmati wisata ini, Anda harus mengeluarkan uang sekitar 1,2 juta rupiah untuk 12 orang. Jadwal pemberangkatan biasanya tiap akhir pekan.

41. Pantai Sukamade

A post shared by Budin Sf (@budinsf) on

Ingin melihat tukik (baca : anak penyu) keluar dari sarangnya dan berjalan menuju lautan? Datang saja ke Pantai Sukamade Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Pantai yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini merupakan habitat punyu untuk bertelur.

Setidaknya ada empat jenis penyu yang mendarat dan bertelur di Pantai Sukamade, antara lain penyu hijau (Chelonia mydas), penyu slengkrah (Lepdochelys olivaceae), penyu sisik (Eretmochlys imbricata), dan penyu belimbing (Dermochleys coriaceae).

Di Pantai Sukamade sudah terdapat fasilitas cottage, camping ground, mushala serta kamar mandi umum yang bisa dinikmati wisatawan. Oya, karena masih banyak pencurian telur penyu, maka telur-telur yang ada dipasir biasanya dipindahkan oleh petugas ke tempat penangkaran. Setelah menetas dan cukup umur, barulah tukik-tukik tersebut di lepas ke lautan luas.

42. Sadengan

A post shared by Doddy Ardianto (@dobby_90) on

Selain daerah Bekol Taman Nasional Baluran, Anda juga bisa menikmati savana khas Afrika di Sadengan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Tempat ini menyuguhkan panorama padang rumput lengkap dengan hewan liar yang ada di dalamnya seperti banteng dan aneka jenis burung.

Kawasan wisata alam Sadengan sudah dilengkapi dengan penginapan khusus penelitian, tempat penyewaan mobil jeep, area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi / MCK, dan lainnya. Ketika berkunjung ke Sadengan, sebaiknya Anda membawa binokuler agar pengamatan Anda semakin jelas.

43. Pantai Blimbingsari

A post shared by rosyida arifia (@rosyidarifia) on

Hampir setiap daerah yang kaya akan pantai selalu mempunyai sentra kuliner seafood. Sebut saja, Pantai Jimbaran Bali dan Pantai Depok Jogja, dimana keduanya menjadi langganan wisatawan untuk bersantap dengan menu hasil laut.

Nah, sebagai Kabupaten dengan panjang pantai mencapai 175 km, Banyuwangi pun punya sentra kuliner ikan laut. Namanya Pantai Blimbingsari di Kecamatan Rogojampi. Di sini terdapat sekitar 15 warung lesehan yang menjual ikan bakar dan masakan sea food. Sungguh asik rasanya bersantap ikan bakar sambil menikmati keindahan pantai.

44. Pantai Parangkursi

Lokasi Pantai Parangkursi terletak di Dusun Ringinagung 56, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi. Di pantai ini terdapat sebuah formasi karang berbentuk kursi besar setinggi 15 – 20 meter. Oleh karena itu, pantai ini pun diberi nama Parangkursi.

Pasir pantainya berwarna putih dan memiliki suasana tenang. Belum banyak wisatawan yang datang ke sini, paling-paling hanya warga berlalu lalang. Karena membutuhkan waktu sekitar 1 jam berjalan kaki untuk menuju bibir pantai dari tempat parkir, maka sebaiknya datang ke sini saat pagi hari.

45. Rowo Bayu

Rowo Bayu adalah sebuah danau alami dengan suasana begitu tenang dan sunyi. Di sekelilingnya terdapat pepohonan hijau dan berada di ketinggian 800 mdpl sehingga udaranya pun sejuk. Ekosistem rawa ini termasuk masih sangat terjaga, sehingga cocok dijadikan tempat pembelajaran siswa sekolah untuk mata pelajaran biologi.

Di sini, biasanya diadakan pagelaran kirab pusaka dan drama kolosal oleh warga untuk mengenang Perang Puputan Bayu. Perang ini menggambarkan perjuangan rakyat Blambangan melawan Belanda dipimpin oleh Pangeran Jogopati.

46. Air Terjun Kalibendo

A post shared by Riedo Andy Kurniawan (@riedoak) on

Meskipun hanya memiliki ketinggian sekitar 10 meter, Air Terjun Kalibendo menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Airnya jernih dan dingin, udaranya pun sejuk segar. Ditambah lagi dengan aliran sungai cantik di sekitar air terjun, bakalan membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Air Terjun Kalibendo terletak di kawasan agrowisata Kalibendo, Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Jadi, saat berkunjung ke sini, Anda juga bisa sekaligus menyaksikan keelokan perkebunan kopi, karet dan cengkeh.

47. Pantai Grajagan

A post shared by Hadi Sasongko (@hadisasongko91) on

Selain G-Land, masih ada satu lagi surga bagi para peselancar, yaitu Pantai Grajagan di Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Ombaknya konsisten rideable, hanya diperuntukkan oleh surfer profesional. Buat, Anda yang baru belajar surfing, sangat tidak dianjurkan mencoba gelombang pantai ini.

Spot surfing terbaik di sini jaraknya sekitar 300 meter dari bibir pantai. Konon, ombaknya bisa mencapai sepanjang 1 km. Keren banget kan? Gak kalah bagus dengan ombak Kepulauan Mentawai. Bukan hanya ombaknya yang cantik, pasir pantai dan bebatuan pun tampak indah dipandang.

Demikianlah sekilas info tentang peta destinasi wisata Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Benar-benar bikin mupeng bukan? Rugi deh jika gak pernah liburan ke sini. Oya, buat sobat traveler yang punya rekomendasi wisata Banyuwangi terbaru lainnya bisa menambahkan melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.