47 Tempat Wisata Kuliner Enak Di Jakarta Yang Terkenal Legendaris Dan Wajib Dicoba

0 1,303

Kuliner Jakarta – Sobat traveler, berikut ini daftar rekomendasi tempat wisata kuliner enak di Jakarta yang terkenal legendaris dan wajib dicoba. Dari mulai makanan berat seperti soto betawi, soto tangkar, nasi uduk, nasi goreng, gado-gado, laksa, hingga camilan martabak serta es krim ada semua disini. Tak kalah lezat bila dibandingkan dengan hidangan hits kekinian “jaman now”.

Selain memiliki berbagai tempat wisata bagus untuk liburan, Ibu Kota Jakarta juga punya segudang kuliner enak untuk mengenyangkan perut dikala lapar. Pada kesempatan kali ini, saya pilihkan sejumlah spot kuliner khas betawi yang wajib dikunjungi karena mungkin tidak akan dijumpai di daerah lain.

Namun sebelumnya, saya tekankan disini bahwa list referensi tempat makan ini ditujukan untuk umum, jadi buat Anda yang muslim, wajib memilih restoran dan menu makanan halal ya! Kira-kira ada makanan enak apa saja ya di Jakarta? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Kuliner-Jakarta
Ilustrasi salah satu tempat wisata kuliner enak di Jakarta yang legendaris dan wajib dicoba (Foto : instagram @rotibakareddyid)

Daftar Tempat Wisata Kuliner Enak Di Jakarta Yang Terkenal Legendaris Dan Wajib Dicoba

1. Soto Betawi Haji Husein

Kuliner enak di Jakarta pertama yang wajib dicoba adalah Soto Betawi H Husein Manggarai. Kelezatannya tak perlu diragukan lagi. Buktinya, hampir setiap hari warung legendaris yang berdiri sejak tahun 1988 ini dipenuhi pengunjung. Bahkan bila akhir pekan tiba, Anda harus rela antri demi mencicipi semangkok soto betawi di sini.

Warung Soto Betawi H Husein menyediakan 2 menu utama, yaitu soto daging dan soto campur. Soto daging berisi potongan daging sapi dengan tekstur empuk, sedangkan soto campur berisi potongan daging sapi dan jeroan seperti babat, paru dan lainnya. Keduanya disajikan dalam kuah santan kental berwarna kuning dengan sepiring nasi putih.

Kuah sotonya benar-benar terasa gurih, enak, dan mantap. Kabarnya kuah ini dimasak dengan campuran santan dan susu sehingga lebih terasa nikmat. Harga seporsi soto khas Betawi racikan Haji Husen dibanderol Rp.32.000,-, serta Rp.5.000,- untuk nasinya.

Lokasi warung Soto Betawi H Husein terletak di Jl. Padang Panjang No. 6C, Manggarai, Pasar Manggis Setiabudi Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Jam buka mulai pukul 07.00 – 14.00 WIB (Jumat tutup). Sebaiknya datang pagi hari agar tidak kehabisan.

2. Martabak AA Manggarai

Tak jauh dari warung Soto Betawi H Husein, ada satu kedai martabak enak yang cukup legendaris di kawasan Jakarta Selatan, yaitu Martabak AA. Alamat lengkapnya berada di Jl. Minangkabau No.29, RT.6/RW.8, Manggarai, Ps. Manggis, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan. Jam buka mulai pukul 14.00 – 23.00 WIB.

Ada 2 menu utama martabak yang bisa Anda nikmati di sini, berupa martabak manis dan martabak telor. Untuk martabak manis tersedia toping cokelat, kacang, wijen, dan keju, sedangkan martabak telor terdiri dari daging ayam dan daging sapi. Harganya memang lumayan mahal, sekitar 70-an ribu rupiah, tapi sebanding dengan rasanya yang enak.

3. Gado-Gado Bonbin

Kuliner enak di Jakarta pilihan Aneka Wisata berikutnya adalah Gado-Gado Bonbin. Siapa seh yang tak kenal dengan gado-gado terenak di Jakarta yang satu ini? Bumbu kacangnya sungguh lezat, top markotop deh! Bahkan konon, bumbu kacangnya sempat ditawar hingga puluhan juta lho.

Isian Gado-gado Bonbin yang melegenda ini berupa mentimun, kacang panjang, tauge, kol, bayam dan telur rebus. Bahan-bahan tersebut lalu disiram dengan bumbu kacang lembut sedikit manis, lalu diberi taburan kerupuk udang serta bawang goreng. Soal rasa, tak usah ditanya lagi, enak banget deh! Berani diadu dengan Lotek Gado-Gado Teteg Jogja.

Bagi Anda penyuka pedas, tersedia sambal cabai rawit hijau untuk ditambahkan ke dalam gado-gado. Lokasi warung Gado-Gado Bonbin terletak di Jalan Cikini IV No.5, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB dan harga seporsinya dibanderol sekitar 36 ribu rupiah.

4. Laksa Betawi Assirot

Laksa Betawi termasuk salah satu kuliner enak di Jakarta yang wajib dicoba. Makanan ini tak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga populer di Malaysia, Singapura, dan Thailand. Sedikit berbeda dengan Laksa Bogor yang memakai oncom, Laksa Betawi biasanya memakai campuran udang rebon.

Nah, bila Anda ingin menikmati Laksa Betawi dengan cita rasa lezat, maka mampirlah ke Laksa Betawi Asirot di Jl. Assirot No.1, RT.01/RW.3, Sukabumi Sel., Kb. Jeruk, Kota Jakarta Selatan. Ujung Jalan Asirot terletak di Jalan Kebayoran Lama, jika Anda datang dari Pasar Kebayoran Lama, Jalan Asirot ada di kiri jalan. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Kedai ini cukup legendaris, sudah berdiri sejak tahun 1978.

Ciri khas Laksa Betawi Assirot terletak pada kuahnya yang kaya akan bumbu rempah. Kuah kuningnya dibuat dari campuran kunyit, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, kencur, jahe, temu kunci, jintan, lada, biji pala, kemiri, ketumbar, dan rebon. Tak ayal, cita rasa gurih, sedap, dan enak begitu nendang di lidah saat mencicipinya.

Seporsi laksa Betawi berisi ketupat, tauge pendek, daun kemangi, kucai, dan bawang goreng. Sebagai lauk tambahan / pelengkap tersedia semur daging, semur empal, semur tahu tempe kentang, semur telur, dan semur jengkol. Harga satu porsi Laksa Asirot sekitar Rp.20.000,- sedangkan semurnya Rp.2.500,- s/d Rp.15.000,- per buah.

5. Ragusa Italian Ice Cream

Siapa seh yang tak suka es krim? Hampir semua orang menyukainya bukan? Nah, di kawasan Ibu Kota Jakarta ada satu kedai es krim legendaris yang wajib Anda kunjungi, namanya Ragusa Italian Ice Cream. Kabarnya, warung es krim ini sudah berdiri sejak tahun 1932 lho. Legend banget!

Meskipun usianya sudah lebih dari setengah abad, namun kedai Ragusa masih mempertahankan cara lama dalam membuat es krim dengan menggunakan mesin pembuat es krim buatan Belanda. Rasa es krimnya tak terlalu manis dan terasa segar saat disantap.

Untuk varian rasa eskrim di sini lumayan banyak, tersedia coklat, vanila, mocca, strowberi, nougat, durian, rum raisin, banana split, paghetti, Cassata dan Tutti Fruti. Pas benget buat camilan saat siang hari nan panas. Harga menu es krimnya berkisar antara 15 – 35 ribu rupiah.

Interior kedai Ragusa Italian Ice Cream juga masih mempertahankan suasana tempo dulu, benar-benar vintage. Jadi, saat Anda memasukinya, akan merasakan nuansa nostalgia jaman Belanda. Alamat Ragusa Italian Ice Cream terletak di Jl. Veteran I No.10, RT.4/RW.2, Gambir, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

6. Soto Tangkar Tanah Tinggi

Selain gado-gado dan soto Betawi, ada satu lagi makanan khas Jakarta yang wajib dicoba, yaitu soto tangkar. Kata “tangkar” berasal dari bahasa Betawi untuk sebutan iga sapi pada zaman penjajahan Belanda dulu kala.

Saat ini, cukup banyak penjual soto tangkar yang bisa Anda jumpai di kawasan Ibu Kota Jakarta. Namun, bila Anda ingin merasakan soto tangkar legendaris, maka datanglah ke warung “Soto Tangkar Dan Sate Sapi” di Jalan Tanah Tinggi III No.15, RT.4/RW.1, Tanah Tinggi, Johar Baru, Kota Jakarta Pusat.

Soto Tangkar Tanah Tinggi ini cukup terkenal di kawasan Senen karena sudah berdiri sejak tahun 1946. Seporsi sotonya berisi daging sapi, babat, paru, iso, kikil, tulang muda, tulang rawan telinga, dan kuah santan gurih kental berwarna cokelat kemerahan.

Kabarnya, resep rahasia kuliner enak di Jakarta ini terletak pada perpaduan bumbu komplit dari mulai kunyit, bawang putih, bawang merah, udang kering, dan terasi sehingga terasa enak dan harum. Harga satu porsi Soto Tangkar Tanah Tinggi dibanderol sekitar 25 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 10.30 – 16.30 WIB (Jumat Tutup).

7. Kerak Telor

Belum lengkap rasanya liburan ke Kota Jakarta tanpa mencicipi kerak telor. Meskipun saat ini sudah banyak penjual kerak telor diberbagai kota, tapi mencobanya di daerah asalnya tentu akan terasa lebih nikmat. Kerak Telor sendiri biasanya terbuat dari beras ketan, parutan kelapa, telur, ebi, dan bumbu. Untuk menikmati camilan kuliner enak di Jakarta ini, Anda bisa mampir ke beberapa spot penjual kerak telor, antara lain:

  • Pekan Raya Jakarta (PRJ)
  • Lenggang Jakarta Monumen Nasional (Monas), Jl. Medan Merdeka Sel., RT.5/RW.2, Gambir, Kota Jakarta Pusat
  • Kawasan Wisata Kota Tua
  • Kebun Binatang Ragunan
  • Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
  • Kerak Telor Bang Sape’i, Jalan Kebagusan III No 97 Pasar Minggu, RT. 2/RW. 5, Jakarta Selatan
  • Kerak Telor Bang Aris, Dapur Raya 1 Pasar Raya Blok M Lt LG Jalan Iskandarsyah 2, Jakarta Selatan, RT.3/RW.5, Melawai, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan

8. Ketupat Sayur H. Mahmud

Tak harus menunggu lebaran Idul Fitri untuk menyantap sepiring ketupat sayur. Pasalnya, cukup banyak pedagang ketupat sayur dapat Anda jumpai diberbagai sudut Kota Jakarta. Biasanya mereka menjajakan dagangannya saat pagi hari memakai pikulan.

Nah, dari sekian banyak penjual ketupat sayur khas Betawi, ada satu warung legendaris yang wajib dikunjungi saat kulineran di Jakarta, yaitu Ketupat Sayur H. Mahmud. Lokasinya berada di Jalan Raya Kebayoran Lama No.6, RT. 1 / RW. 13, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

Ketupat buatan H. Mahmud memiliki tekstur empuk dan lembut. Sayurnya berkuah santan dengan cita rasa gurih pedas. Untuk lauk tambahan tersedia pindang bandeng, semur tahu, telur, kentang, rempeyek udang, dan lalapan. Warung kuliner enak di Jakarta ini juga menyediakan nasi uduk. Harga ketupat sayur sekitar Rp.24.000,- per porsi. Jam buka mulai pukul 07.00 – 16.30 WIB (Senin Tutup).

9. Nasi Uduk dan Ayam Goreng Zainal Fanani

Meskipun banyak kedai nasi uduk bermunculan di seantero Jakarta, namun nasi uduk racikan Zainal Fanani masih menjadi favorit banyak orang. Berdiri sejak tahun 1967, nasi uduk legendaris ini punya cita rasa enak dan gurih. Lauknya pun beragam, dari mulai ayam goreng kampung, udang, tempe, usus, empal, hingga paru.

Bagi Anda penyuka pedas, tersedia sambal kacang dan sambal terasi. Lokasinya terletak di Jl. Kebon Kacang Raya No.8 No.5, RT.1/RW.2, Kb. Kacang, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat. Oleh karena itu, warung ini juga dikenal dengan nama Nasi Uduk Kebon Kacang. Jam buka mulai pukul 10.00 – 12.00 WIB.

10. Mie Ayam Gondangdia

Ngomongin kuliner mie ayam enak di Jakarta dan sekitarnya, tentu saja tak bisa lepas dari Mie Ayam Gondangdia. Konon kabarnya, warung ini didirikan oleh Toe Wah Seng sejak tahun 1968 dan hingga sekarang, cita rasa mie ayam di sini masih terjaga kelezatannya.

Tekstur mie ayamnya lembut kenyal, kuah kaldunya juga terasa gurih. Tambahan daging ayam empuk manis, bakso dan jamur membuat Mie Gondangdia semakin menggugah selera. Pangsit gorengnya juga renyah, tak kalah enak deh bila dibandingkan dengan restoran modern.

Buat Anda yang ingin bernostalgia menyantap Mie Ayam Gondangdia, bisa mampir ke lokasinya di Jl. RP. Soeroso No.36 9 5, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 09.15 – 22.00 WIB. Harga mie ayam biasa sekitar Rp.22.000,-.

Baca Juga :

11. Bakmi Gang Kelinci

Selain Bakmi Gondangdia / Mie Ayam Gondangdia, ada satu lagi bakmi legendaris enak di Jakarta yang cukup terkenal, namanya Bakmi Gang Kelinci. Warung bakmi ini sudah berdiri sejak tahun 1957 dan biasanya menjadi incaran para pemburu kuliner dari dalam kota atau pun luar kota Jakarta.

Salah satu menu andalan Bakmi Gang Kelinci adalah bakmi ayam cah jamur. Seporsi Bakmi Gang Kelinci biasanya berisi mie, suwiran / potongan daging ayam, jamur merang, caisim, dan bakso sapi yang disajikan dalam mangkok terpisah.

Bakminya benar-benar enak, kaya akan rempah. Tekstur baksonya lumayan keras karena uratnya padat, tapi bikin nagih. Harga bakmi disini dibanderol sekitar Rp.31.500,- per porsi. Jika Anda ingin mencobanya, langsung datang saja ke warungnya di Jl. Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru, RT.4/RW.3, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB.

12. Cafe Batavia

Ada banyak sekali tempat nongkrong di Jakarta yang asik buat bersantai sambil menikmati secangkir kopi, salah satunya adalah Cafe Batavia. Cafe Legendaris ini memiliki desain interior vintage, seolah-olah membawa pengunjung ke zaman Hindia Belanda dulu.

Selain kopi, Anda juga bisa memesan makanan Nusantara dan western seperti sop buntut, nasi goreng, dan sandwich. Setiap hari Kamis – Minggu kabarnya ada pertunjukan live music juga lho! Asyik benar bukan?

Jika Anda ingin mengunjungi Cafe Batavia, langsung saja menuju ke kawasan wisata Kota Tua Jakarta di Jl. Pintu Besar Utara No.14, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Tepatnya berada di seberang Museum Fatahillah.

13. Roti Bakar Eddy

Roti bakar merupakan salah satu makanan favorit banyak orang, dari mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Di setiap kota, biasanya terdapat penjual roti bakar andalan. Nah, kalau Bandung punya Roti Bakar 234 Gang Kote, maka Jakarta punya Roti Bakar Eddy yang legendaris, berdiri sejak tahun 1971.

Keistimewaan Roti Bakar Eddy terletak pada tekstur rotinya yang garing dan empuk. Pengolahannya pun masih tradisional, dibakar di atas bara api arang, bukan dipanggang. Jadi, meskipun bagian luarnya terasa kering, namun bagian dalamnya benar-benar empuk lembut.

Varian rasa roti bakarnya pun cukup banyak, Anda dapat memesan roti bakar standar, medium, spesial, atau pun kekinian. Menu favorit biasanya Roti Bakar Cokelat Keju berupa roti dengan ukuran cukup besar berisi cokelat dan taburan keju melimpah. Harga roti bakarnya berkisar 13 – 17 ribu rupiah.

Menu lainnya antara lain roti bakar kaco (kacang cokelat), kebo (keju, cokelat pisang), burju (tabur keju), dan SE (special engine) yaitu roti bakar isi kornet telur. Saat ini, Roti Bakar Eddy sudah memiliki banyak cabang, diantaranya berada di Blok M, Jl. Raden Patah No.11, RT.2/RW.1, Selong, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan (Depan Sekolah Al Azhar Pusat).

14. Soto Betawi H. Ma’ruf

Warung Soto Betawi H. Ma’ruf cukup terkenal di kawasan Ibu Kota Jakarta. Kabarnya, usaha soto ini telah dimulai sejak tahun 1940 pada masa penjajahan. Hingga sekarang, racikan resep Soto Betawi H. Ma’ruf masih tetap terjaga kualitas dan rasanya.

Selain kelezatan bumbunya, ciri khas Soto Betawi H. Ma’ruf terletak pada campuran daging dan jeroan sapi yang harus digoreng terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam soto. Seporsi soto dibanderol dengan harga sekitar 42 ribu rupiah.

Cukup mahal memang, tapi sebanding dengan rasa enak yang bakal Anda dapatkan. Lokasi Soto Betawi H. Ma’ruf terletak di Komplek Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.30 WIB.

15. Asinan Betawi H. Mansyur Kamboja

Bukan hanya Bogor yang punya asinan enak, Kota Jakarta juga memiliki asinan lezat. Gak percaya? Cobain saja Asinan Betawi H. Mansyur Kamboja, lokasinya terletak di Jl. Taman Kamboja No.10, RT.8/RW.11, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Warung asinan terenak di Jakarta ini menawarkan 2 menu berupa asinan sayur dan asinan buah. Asinan sayur terdiri atas kol, mentimun, selada, tahu putih, taburan kacang tanah goreng, kerupuk mie, kerupuk merah muda, dan kuah pedas asin asam.

Sementara itu, asinan buah berisi nanas, mangga muda, kedondong, mentimun, bangkuang, dan kuah asam pedas asin. Walaupun direndam dalam kuah, namun kesegaran buahnya masih terasa. Asinan betawi legendaris yang dikenal juga dengan nama asinan Kamboja Rawamangun ini dibanderol dengan harga 17 ribu rupiah (asinan buah) dan 16 ribu rupiah (asinan sayur).

16. Nasi Uduk Gondangdia

Saat ini, nasi uduk memang sudah menjadi hidangan populer dikalangan masyarakat Indonesia. Bukan hanya di Jakarta, nasi uduk bisa Anda temukan dalam setiap kota-kota besar seluruh nusantara. Namun, jika ingin merasakan nasi uduk khas Betawi asli, Anda tentu saja harus pergi ke Ibu Kota Jakarta.

Nah, dari sekian banyak penjual nasi uduk, Nasi Uduk Gondangdia bisa menjadi pilihan saat kulineran di kawasan Cikini Menteng Jakarta Pusat. Warung ini kabarnya berdiri sejak tahun 1993, lumayan legendaris. Seporsi Nasi Uduk Gondangdia dibanderol sekitar 7 ribu rupiah, dibungkus memakai daun berbentuk kerucut.

Untuk lauknya bervariasi dari mulai ayam goreng (16 ribu rupiah), paru (13 ribu rupiah, udang, tempe, cumi, lele, gurami, bawal, bebek, hingga aneka jeroan. Bagi Anda pecinta pedas, tersedia sambal kacang dan sambal goreng yang mantul (baca : mantap betul) banget.

Tekstur nasi uduknya terasa pulen dengan rasa gurih. Jika ingin mencoba, Anda langsung saja datang ke warung Nasi Uduk Gondangdia di Jl. Cikini IV No. 12 RT. 015/RW. 005, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 23.00 WIB.

17. Sayur Asem Mpok Nasah (Sayur Asem Meruya)

Seperti halnya nasi uduk, soto, dan gado-gado, sayur asem juga cukup populer sebagai kuliner enak di Jakarta. Rasanya yang asem-asem segar membuatnya cocok disantap bareng nasi putih hangat, sambal, lalapan, dan ikan asin. Nah, salah satu sayur asem legendaris yang wajib dicoba saat Anda liburan di Jakarta adalah Sayur Asem Mpok Nasah (Sayur Asem Meruya).

Lokasinya berada di Jl. Meruya Selatan No.28, RT.5/RW.1, Joglo, Kembangan, Kota Jakarta Barat. Jam Buka mulai Pukul 08.00 – 14.00 WIB (Minggu Tutup). Untuk hidangan lauk, tersedia jengkol, bandeng balado, udang, mendoan, teri asin, dan sambel terasi.

18. Seafood 68 Santa

Meskipun hanya berupa warung tenda, namun kelezatan Seafood 68 Santa sudah cukup melegenda di kalangan warga Ibu Kota Jakarta. Disini, Anda bisa menemukan kerang rebus, cumi asam manis, udang goreng tepung, kepiting saus Padang, hingga cah kangkung sebagai pelengkapnya.

Sesuai namanya, warung seafood ini terletak di sekitar Pasar Santa, tepatnya Petogogan Jalan Wolter Monginsidi No. 58 2 4, RT.2/RW.4, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. Jam buka mulai pukul 17.00 – 01.00 WIB.

19. Ketoprak Ciragil

Siapa seh yang tak kenal dengan Ketoprak Ciragil? Hampir semua warga Jakarta tentu mengenal ketoprak legendaris ini. Ketoprak Ciragil tak memakai ketupat, tapi lontong sebagai penggantinya dengan tekstur lembut pulen. Bumbu kacangnya terasa lembut, manis, dan gurih.

Untuk telurnya, Anda bisa memilih memakai telur rebus, ceplok, atau pun dadar. Selain ketoprak, Anda juga bisa menikmati makanan lain seperti bakso, siomay, rujak, es teler, dan es podeng. Untuk harga bervariasi sesuai menu yang Anda pesan, mulai sekitar 16 ribu rupiah.

Lokasi / Alamat warung Ketoprak Ciragil terletak di Jl. Ciragil II No.24, RT.6/RW.1, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. Jam buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB.

20. Sate & Sop Kambing H. Mansur

Buat Anda penggemar olahan daging kambing, wajib deh berkunjung ke warung Sate & Sop Kambing H. Mansur di Jl. KH. Abdullah Syafei No.13, RT.12/RW.9, Bukit Duri, Tebet, Kota Jakarta Selatan. Pasalnya, di sini sate kambingnya empuk banget dan tak ada aroma prengus.

Sop Kambingnya juga tak kalah enak dengan cita rasa gurih agak pedas, pas banget disantap bersama sepiring nasi putih hangat dan sate kambing. Bila ingin ke sini, sebaiknya jangan terlalu sore agar tidak kehabisan sopnya. Jam buka Sate & Sop Kambing H. Mansur mulai 10.00 – 21.00 WIB (Minggu Tutup).

21. Gandy Steak House (Gandy Steak & Bakery)

Gandy Steak House merupakan salah satu rumah makan steak paling enak di Jakarta yang wajib dicoba. Berdiri sejak tahun 1980, warung legendaris ini mempunyai olahan steak lezat. Untuk daging sapi, tersedia pilihan dari mulai daging sapi US, Australia, Wagyu hingga lokal.

Tersedia juga steak ayam dan ikan yang dibalut tepung panir goreng kering, lalu disajikan di atas hotplate. Irisan daging ayam maupun ikan terasa empuk gurih. Lokasi Gandy Steak House berada di Jl. HOS. Cokroaminoto No.90, RT.2/RW.5, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 23.00 WIB.

22. Martabak Sinar Bulan

Martabak biasanya identik dengan kuliner Bandung Jawa Barat. Namun, makanan enak yang satu ini, bisa juga Anda temui di Kawasan Ibu Kota. Salah satunya adalah Martabak Sinar Bulan di Blok B No.102, Jl. Muara Karang Raya No.8, RT.6/RW.12, Cengkareng Tim., Penjaringan, Kota Jakarta Utara. Jam buka mulai pukul 16.00 – 23.00 WIB.

Ciri khas Martabak Sinar Bulan berupa adonannya yang empuk dan tebal dengan toping melimpah. Begitu digigit, rasa gurih manisnya nendang banget! Untuk harga memang lumayan mahal, lebih dari 50 ribu rupiah per porsinya (tergantung toping), tapi sebanding dengan rasa yang bakal Anda dapatkan.

23. Bubur Kwang Tung

Bubur biasanya disajikan saat pagi hari. Namun, Bubur Kwang Tung bisa Anda temukan kapan pun baik pagi, siang, sore, atau pun malam karena warung bubur ini buka selama 24 jam. Sekilas memang seperti bubur pada umumnya, namun setelah disantap, terasa tekstur kelembutannya.

Variasi menu bubur Bubur Kwang Tung bermacam-macam, dari mulai bubur kepiting, bubur seafood, bubur ayam, kerapu, remis, kerang kapak, bubur sayuran, udang mabok, udang rebus ala Hongkong, udang tumis cabe dan lain sebagainya.

Restoran bergaya China ini berlokasi di Jalan Pecenongan 67 I 3 2, RT.3/RW.2, Kb. Klp., Gambir, Kota Jakarta Pusat. Jam buka selama 24 jam. Mengingat warung ini menyajikan menu chinese food, maka buat Anda yang muslim, jangan lupa pilih menu yang halal ya!

24. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Ngomongin tempat makan nasi goreng terenak di Jakarta tentu belum lengkap tanpa memasukkan Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Warung nasgor tenda kaki lima ini benar-benar sudah melegenda dikalangan warga Ibu Kota Jakarta. Kabarnya, nasgor Kebon Sirih telah dibuka sejak tahun 1958 lho, legendaris banget bukan?

Cita rasa nasi gorengnya gurih, kaya akan rempah seperti halnya nasi kebuli. Potongan daging kambingnya pun lumayan besar, maknyus banget deh! Harga seporsi nasi goreng di sini memang lumayan mahal, sekitar 30 ribu rupiah namun tentu sebanding dengan rasa yang bakal Anda dapatkan.

Lokasi Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih terletak di Jl. Kebon Sirih Barat I Dalam I No.09, RT.1/RW.1, Kb. Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 17.00 – 02.00 WIB

25. RM Pondok Djaja

Siapa seh yang tak suka masakan padang? Hampir semua orang akan tergoda akan sajian rendang, dendeng, gulai, dan sambalnya. Cita rasa gurih pedas khas Minang memang bisa menggugah selera makan. Nah, di Kota Jakarta, ada satu rumah makan Padang yang sudah cukup legendaris, berdiri sejak tahun 1969. Namanya RM Pondok Djaja.

Berbeda dari RM Padang pada umumnya, menu favorit di RM Pondok Djaja bukanlah rendang atau gulai, melainkan ayam goreng. Berbahan dasar ayam kampung, tekstur daging ayam di warung ini begitu renyah, apalagi disajikan dengan serundeng gurih dan sambal pete nan pedas. Maknyus banget deh!

Menu lainnya juga tak kalah enak, Anda bisa mencicipi gulai, gulai ayam, rendang, serta aneka lauk-pauk khas Padang lainnya. Lokasi RM Pondok Djaja terletak di Jalan Hasyim Ashari No.13B, RT.6/RW.8, Petojo Utara, Gambir, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 11.00 – 16.00 WIB.

26. RM Sepakat

RM Sepakat juga tak kalah legend, berdiri sejak tahun 1960-an, warung makan Padang ini masih tetap eksis hingga sekarang. Menu andalan di sini yang sangat terkenal adalah gulai gajebo. Gulai Gajebo dibuat dari daging sandung lamur bertekstur kenyal lalu dimasak dengan aneka rempah hingga empuk.

Cita rasanya yang gurih pedas, membuat gulai gajebo cocok disantap bersama sepiring nasi hangat. Tersedia juga menu makanan lain yang tak kalah enak seperti ayam bakar, gulai, telur dadar, paru goreng, rendang, dan lauk lainnya.

Alamat RM Sepakat terletak di Jl. Melawai 9 No.165, RT.3/RW.1, Melawai, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan. Jam buka mulai pukul 10.00 – 15.00 WIB.

27. RM Surya

RM Surya juga tak kalah populer dibandingkan dengan kedua rumah makan Padang di atas. Bahkan, chef selebriti terkenal asal Amerika, Anthony Bourdain, kabarnya pernah mencicipi kelezatan masakan di warung Padang legendaris ini. Keren bukan?

Menu makanan yang disajikan di RM Surya antara lain rendang, gulai, ayam bakar, kalio, dendeng, dan telur dadar khas Padang. Rasa masakannya begitu lezat kaya akan rempa, tak ayal hampir setiap hari selalu banyak pengunjung datang ke sini.

Lokasi RM Surya berada di Jl. Bendungan Hilir No.5, RT.11/RW.1, Bend. Hilir, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB sehingga cocok buat sarapan pagi, makan siang, atau pun makan malam.

28. Bebek Kaleyo

Bebek Kaleyo nampaknya bisa menjadi salah satu tempat makan enak di Jakarta yang recommended untuk mengisi perut dikala lapar. Pasalnya, selain olahan daging bebek dan sambalnya nya lezat, harga makanan di sini juga relatif murah terjangkau.

Anda bisa memilih aneka menu bebek, dari mulai Bebek Rica, Bebek Cabe Ijo, Bebek Goreng Kremes, Bebek Cetar hingga Bebek Tanpa Kulit. Lokasi salah satu cabang warung Bebek Kaleyo bisa ditemui di Jalan Lapangan Roos No.49, RT.4/RW.1, Tebet Timur, Tebet, Kota Jakarta Selatan. Jam buka mulai pukul 10.30 – 22.30 WIB (Minggu Tutup).

29. Pempek Megaria

Ada banyak sekali penjual pempek enak di Jakarta dan sekitarnya, salah satunya tentu saja Pempek Megaria yang legendaris. Anda bisa menikmati aneka pempek disini dari mulai kapal selam, lenjer, adaan, atau pun kulit dengan kuah manis pedas serta potongan mentimun.

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat Pempek Megaria benar-benar berkualitas. Daging ikan tenggirinya harus masih segar. Tak ayal, rasanya enak dan bikin nagih. Harga satuan pempek sekitar 6 – 26 ribu rupiah.

Lokasi Pempek Megaria terletak di Kompleks Bioskop Metropole 21 / Megaria Jl. Pegangsaan Timur 21 Jakarta / Jalan Kompleks Megaria No.15, RT.1/RW.1, Pegangsaan, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

30. Mie Ayam Bakso Yunus

Meskipun banyak sekali warung mie ayam dan bakso kekinian yang menjamur di kawasan Jakarta, Mie Ayam Bakso Yunus tetap menjadi favorit. Racikan mie ayamnya benar-benar enak, tekstur mie ayamnya lembut dengan topping ayam berlimpah.

Baksonya pun tak kalah sedap, empuk, gurih, serta lezat banget! Berani diadu deh dengan bakso kekinian seperti Bakso Boedjangan. Bahkan, kabarnya banyak artis terkenal yang sudah merasakan kelezatan mie ayam / bakso Yunus, misalnya saja Krisdayanti dan Yuni Shara.

Warung mie ayam bakso legendaris ini terletak di Jl. Tebet Barat Dalam VIII D, RT.2/RW.5, Tebet Barat, Tebet, Kota Jakarta Selatan. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.30 WIB.

31. Warteg 21

Ngomongin aneka kuliner enak di Jakarta yang murah meriah biasanya tak lepas dari warteg alias “Warung Tegal”. Rumah makan andalan para pekerja / karyawan ini mudah sekali ditemukan di setiap sudut Ibu Kota Jakarta. Nah, dari sekian banyak warteg, kedai Warteg 21 menjadi salah satu warteg paling legendaris yang wajib dicoba. Pasalnya, selain masakannya lezat, warteg ini juga pernah didatangi para pejabat hingga artis. Keren bukan?

Menu makanan yang disajikan oleh Warteg 21 atau Warteg Ma’ Djen ini cukup beragam, ada sekitar 20 lauk dan sayur dari mulai ayam, ikan, telur, aneka gorengan, rempeyek udang, opor ayam, dan lainnya. Untuk kisaran relatif mudah terjangkau buat kalangan mahasiswa, pelajar, atau pun karyawan, sekitar 10 – 25 ribu rupiah, tergantung lauk.

Dengan rasa makanan yang enak dan harga murmer, tentu saja Warteg 21 bisa menjadi rekomendasi tepat bagi Anda saat kantong sedang menipis. Alamat Warteg 21 terletak di Jl. Tanah Mas Raya No.39, RT.3/RW.1, Kayu Putih, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB.

32. Warteg Warmo

Nama Warteg Warmo nampaknya tak kalah populer bila dibandingkan dengan Warteg 21. Warteg yang melegenda ini sudah berdiri sejak tahun 1970. Dengan rasa masakan enak dan harga murah terjangkau, warteg ini menjadi sasaran banyak orang dikala lapar. Bahkan beberapa tokoh ternama juga pernah mampir ke sini.

Rumah makan “Warteg Warmo” menyajikan sekitar 40 menu makanan lezat baik sayur atau pun lauk, seperti olahan ayam, daging sapi, cumi, udang, ikan, paru, ikan asin, tumisan, telur, dan gorengan. Lokasi Warteg Warmo berada di Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.1D, RT.8/RW.10, Tebet Timur, Tebet, Kota Jakarta Selatan. Jam buka 24 jam setiap hari.

33. Warteg Gang Mangga

Satu lagi rumah makan enak dan murah di Jakarta yang buka 24 jam yaitu Warteg Gang Mangga. Lokasinya terletak di Jl. Kemurnian V No.1C, RT.15/RW.1, Glodok, Tamansari, Kota Jakarta Barat.

Beragam jenis makanan rumahan dapat Anda temukan di sini, dari mulai tempe orek, telur balado, telur dadar, ikan balado, ikan goreng, balado jengkol, soto, tumis jamur, tumis kangkung, sayur daun singkong hingga kentang balado.

Untuk mendapatkan harga murah, Anda sebaiknya menghindari menu daging sapi dan ayam, karena dimana-mana yang namanya daging itu selalu mahal. Iya kan? Warteg Gang Mangga ini bisa menjadi pilihan saat dompet Anda sedang menipis atau pun kala perut lapar pada pagi, siang, dan malam hari.

34. Bubur Ayam Barito

Jika Anda mencari bubur ayam enak di Jakarta yang recommended, maka Bubur Ayam Barito bisa menjadi pilihan tepat. Tekstur buburnya kental, lembut, dan tanpa kuah kaldu kuning. Tambahan cheese stick (stik keju) serta potongan kotak-kotak daging ayam membuat bubur ini semakin istimewa.

Harga seporsi bubur ayam telur dibanderol sekitar 22 ribu rupiah. Cukup mahal memang, tapi sebanding dengan rasa yang bakal Anda dapatkan. Alamat Bubur Ayam Barito terletak di Jl. Gandaria Tengah III, RT.3/RW.4, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. Jam buka mulai pukul 16.30 – 23.30 WIB.

35. Bubur Ayam H. Jewo

Bubur Ayam H. Jewo atau yang akrab disebut Bubur Ayam Tanjung juga patut Anda coba. Pasalnya, cita rasa bubur ayamnya sungguh gurih, ayam gorengnya mantul, dan sambalnya sungguh lezat. Sambal tersebut katanya seh dibuat dari campuran kacang, tauco, dan air taji sehingga menimbulkan sensasi rasa unik.

Seporsi bubur ayam di sini dibanderol dengan harga sekitar 18 ribu rupiah. Bagi Anda yang ingin mencicipinya, datang saja langsung ke Jalan Taman Cut Mutiah No.1 10 5, RT.10/RW.5, Kb. Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 05.30 – 10.30 WIB. Pas banget deh buat menu sarapan pagi enak di Jakarta.

36. Bubur Ayam Cikini H.R. Suleman

Satu lagi kuliner bubur ayam legendaris enak di Jakarta yang harus dicoba, yaitu Bubur Ayam Cikini H.R. Suleman. Lokasinya berada di Jl. Cisadane No.121, RT.9/RW.4, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 06.00 – 23.00 WIB.

Ada 2 jenis menu bubur di sini, yait bubur ayam kampung dan bubur telur setengah matang. Keduanya memiliki rasa lezat kaya rempah dan katanya seh tak pakai micin atau penyedap rasa. Bumbu yang dipakai, kabarnya ada sekitar 40 macam, mulai dari jahe, pala, cengkih, merica, hingga ketumbar.

Kaldu buburnya pun dibuat dari olahan ayam kampung sehingga memiliki cita rasa sedap menggugah selera makan. Seporsi Bubur Ayam Cikini H.R. Suleman beserta telor setengah matang dibanderol sekitar 25 ribu rupiah. Lumayan mahal seh, tapi tentu saja sebanding dengan kelezatannya.

37. Sate Sambas

Daerah Sambas, tepatnya Jl. Sungai Sambas II No.20, RT.2/RW.5, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, memang terkenal sebagai pusat sate legendaris di Jakarta. Di sini, para pedagang menggelar dagangannya memakai gerobak berjejer pinggir jalan dengan tenda, meja, dan kursi sederhana.

Anda bisa mencicipi aneka sate enak seperti sate campur, sate kulit, sate telur muda, sate ayam serta sate kambing nan empuk. Beberapa penjual sate di kawasan sambas antara lain Sate Sambas H. Udin Kelana, Sate Sambas H. Rofii, dan lainnya. Jam buka mulai pukul 17.00 – 00.00 WIB.

38. Sate Apjay

Siapa seh yang tak kenal dengan Sate Apjay? Sate legendaris ini begitu populer dikalangan warga Ibu Kota Jakarta. Tekstur dagingnya empuk dengan ukuran lumayan besar dan harga cukup murah, mungkin menjadi alasan pengunjung menyukai Sate Apjay.

Di warung Sate Apjay tersedia sate ayam dan sate kambing dengan cita rasa enak menggoyang lidah. Top markotop deh! Salah satu cabangnya terletak di Jl. Panglima Polim No.9, RT.4/RW.6, Pulo, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. Jam buka mulai pukul 17.00 – 02.00 WIB.

39. Sate Kambing Haji Giyo

Berdiri sejak tahun 1974, warung Sate Kambing Haji Giyo hingga kini masih menjadi salah satu tempat makan enak di Jakarta untuk menu sate kambing. Potongan dagingnya cukup besar, begitu lezat disantap dengan kecap, irisan cabai, bawang merah, dan tomat.

Dalam satu hari, kabarnya warung Sate Kambing Haji Giyo mampu menghabiskan 15 hingga 20 ekor kambing. Laris banget bukan? Bagi Anda yang ingin mencobanya, bisa datang ke Cipinang Besar Selatan, RT.11/RW.6, Jatinegara, Kota Jakarta Timur.

40. Sop Kaki Kambing Bang Anen

Selain sate, kuliner enak di Jakarta berupa olahan daging kambing yang cukup banyak digemari adalah sop kaki kambing atau sop kambing. Jika Anda ingin menikmatinya, bisa mampir ke warung Sop Kaki Kambing Bang Anen di Jl. RS. Fatmawati Raya No.12, RT.6/RW.5, Cipete Selatan, Cilandak, Kota Jakarta Selatan. Jam buka mulai pukul 17.00 – 02.00 WIB.

Cita rasa sop racikan Bang Anen memang enak banget menggugah selera. Daging kambingnya terasa empuk tanpa bau prengus. Semakin sedap dengan campuran kuah hangat, potongan kaki kambing, jerohan, irisan daun bawang dan emping. Tak heran jika banyak pembelinya, bahkan kabarnya kalangan artis hingga pejabat pernah mampir ke sini.

41. Sop Kambing Bang Karim

Satu lagi kuliner sop kambing enak di Jakarta yang patut dicoba, yaitu Sop Kambing Bang Karim. Lokasinya berada di Jl. K.H. Mas Mansyur No.17, RT.1/RW.17, Kb. Melati, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 18.00 – 00.00 WIB (Minggu Tutup).

Keistimewaan sop kambing legendaris ini terletak pada kuahnya yang memakai susu. Tersedia juga kuah santan dan kuah bening. Seporsi sop kambing Bang Karim biasanya berisi daging, aneka jeroan, kuah gurih, daun bawang, tomat, serta emping.

42. Es Teler Sari Mulia Asli

Berdiri sekitar tahun 1985, warung Es Teler Sari Mulia Asli masih tetap bertahan dengan cita rasa enak hingga sekarang meskipun banyak bermunculan es teler kekinian. Seporsi es telernya berisi kelapa muda, nangka, alpukat, sirup gula, susu kental manis, dan es batu.

Lokasi Es Teler Sari Mulia Asli terletak di Kompleks Bioskop Metropole XXI, Jl. Pangeran Diponegoro No.21, RT.1/RW.1, Pegangsaan, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

43. Ice Cream Baltic

Selain Ragusa, ada satu lagi es krim legendaris di Jakarta yang punya rasa enak, namanya Ice Cream Baltic. Ada 2 macam es krim di sini, yaitu es krim stick dan es krim cup. Untuk varian rasanya bermacam-macam seperti Strawberry, Mangga, Durian, Sirsak, Vanilla, Alpukat, Cokelat, dan lainnya.

Ice Cream Baltic dibuat secara homemade sejak 1939 berbahan baku susu sapi segar tanpa bahan pengawet. Teskturnya lembut, segar, dan tidak lengket di kerongkongan. Kedai Ice Cream Baltic berlokasi di Jalan Kramat Raya No.10, RW.1, Kramat, Senen, RT.2/RW.7, Kwitang, Senen, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB (kecuali Sabtu 09.00 – 14.00 WIB).

44. Nasi Ulam & Nasi Uduk Ibu Yoyo

Nasi ulam merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang berupa nasi putih dengan taburan serundeng, irisan mentimun, daun kemangi dan kecambah kacang hijau. Nah, jika Anda ingin merasakan sajian nasi ulam autentik, datanglah ke warung Nasi Ulam & Nasi Uduk Ibu Yoyo di Jl. Karet Pedurenan, Gang Dogol, Setiabudi, RT.3/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kota Jakarta Selatan.

Jam buka warungnya mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB (Minggu tutup). Di sini, tersedia berbagai macam lauk sebagai pelengkap nasi ulam, dari mulai emur tahu, semur telur, semur jengkol, semur kentang, rendang, ayam goreng, empal sapi hingga pepes. Nasi uduk racikan warung Ibu Yoyo juga tak kalah enak lho, wajib Anda coba!

45. Nasi Ulam Misjaya

Satu lagi kuliner nasi ulam legendaris Jakarta yang wajib dicoba, yaitu Nasi Ulam Misjaya. Lokasinya terletak di Jl. Kemenangan Raya No.3, RT.10/RW.2, Glodok, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Jam buka mulai pukul 16.00 – 22.00 WIB.

Seporsi Nasi Ulam Misjaya berisi nasi putih, bubuk kacang tanah, lalu bihun, kerupuk, emping, irisan daun kemangi, timun, dan kuah semur. Untuk lauknya, tersedia telur dadar, cumi kering, semur tempe, semur tahu, tempe goreng, perkedel, serta dendeng. Harga seporsi Nasi Ulam Misjaya sekitar 15 ribu rupiah (belum termasuk lauk). Mungkin sekarang sudah naik harganya.

46. Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati Ibu Tati

Nasi uduk memang begitu populer dikalangan masyarakat sebagai salah satu kuliner enak di Jakarta. Hampir disetiap sudut kota, bisa ditemukan penjual nasi uduk. Seperti halnya gudeg, ikon kuliner Jogja yang mudah ditemui di seluruh penjuru Kota Yogyakarta.

Nah, bila Anda kebetulan sedang berada di kawasan Tanah Abang, bisa mampir ke warung Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati Ibu Tati untuk mengisi perut saat lapar. Sesuai namanya, rasa nasi uduknya memang benar-benar lezat, bakalan bikin hati Anda puas.

Lokasi restoran Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati Ibu Tati terletak di Jalan Kebon Kacang Raya No. 5 1 2, Kb. Kacang, Tanah Abang, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jam buka mulai pukul 10.00 – 00.00 WIB.

47. Nasi Uduk Ibu Sum

Satu lagi nasi uduk enak di Jakarta yang tak boleh dilewatkan, namanya Nasi Uduk Ibu Sum. Keistimewaan nasi uduk di sini berupa banyaknya variasi lauk, dari mulai orek tempe, tahu balado, jengkol balado, telur dadar, ayam goreng, rendang goreng, rendang daging, rendang ayam, semur daging hingga gorengan.

Oya, tersedia juga sambal terasi dan petai balado. Alamat warung Nasi Uduk Ibu Sum terletak di Jalan Mangga Dua Raya No.55 RT.6/RW.4, RT.6/RW.4, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Jam buka mulai pukul 20.00 – 01.00 WIB (Sabtu Tutup).

Demikianlah sekilas review singkat tentang aneka tempat wisata kuliner di Jakarta yang terkenal enak dan legendaris. Bila sobat traveler punya rekomendasi kuliner lainnya, bisa disampaikan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat untuk referensi Anda saat liburan di Kota Jakarta, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.