37 Mie Ayam Paling Enak Dan Terkenal Di Jogja Yang Wajib Dicoba

0 2,918

Mie Ayam Jogja – Mie ayam lovers, berikut ini saya sajikan daftar rekomendasi tempat makan mie ayam paling enak dan terkenal di Jogja yang wajib dicoba. Tekstur mie khas Yogyakarta terasa lembut di lidah, berpadu pas dengan daging ayam gurih serta kuah coklat kental, sungguh lezat!

Selain gudeg, masih banyak sajian kuliner Jogja yang harus Anda cobain. Salah satunya adalah mie ayam. Anda bisa menemukan beragam mie ayam dari warung legendaris hingga tempat baru kekinian yang lagi hits dengan variasi lengkap dan cita rasa sedap. Kira-kira dimana saja ya? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mie Ayam Enak Di Jogja
Ilustrasi Mie Ayam Enak Di Jogja (Foto : instagram @streetfoodstories)

Daftar Tempat Makan Mie Ayam Paling Enak Dan Terkenal Di Jogja Yang Wajib Dicoba

1. Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu

Mie Ayam Bu Tumini
Mie Ayam Bu Tumini (Foto : instagram @streetfoodstories)

Kita awali review mie ayam terenak di Jogja kali ini dengan mengulas Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu. Warung legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1990-an ini menyajikan mie ayam bercita rasa mantap. Ukuran mienya cenderung lebih besar dengan paduan kuah kental kecokelatan.

Sekali gigit, Anda akan bisa merasakan kekenyalan mienya yang berpadu dengan rasa gurih dan manis dari kuah. Bila Anda suka pedas, rasanya akan semakin maknyus bila dilengkapi sambal. Ada beberapa pilihan menu disini, antara lain mi ayam ceker, mi ayam jumbo, mi ayam ekstra ayam, dan mi ayam sawi.

Meskipun tempatnya sangat sederhana, namun Mie Ayam Tumini selalu ramai dikunjungi pembeli. Bahkan, jika pas jam makan siang, Anda harus rela antri lho. Kabarnya, “Mie Ayam Ndeso” ini dalam sehari bisa menghabiskan sekitar 700 porsi mie ayam. Laris banget bukan?

Soal harga bagaimana? Tenang, harganya sangat bersahabat dikantong mahasiswa kok, satu porsi dibanderol sekitar 10 ribu rupiah. Murah meriah banget bukan? Tapi, harga bisa berubah sewaktu-waktu ya! Bagi Anda yang penasaran, langsung saja datang ke lokasi Mie Ayam Tumini di Jalan Imogiri Timur No.187, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta (utara pintu masuk terminal Giwangan). Jam buka : 10.00 – 17.00 WIB.

2. Mie Ayam Goreng Mekaton, Seyegan

Mie Ayam Goreng Mekaton
Mie Ayam Goreng Mekaton (Foto : instagram @javafoodie)

Bosan dengan menu mie ayam yang itu-itu saja? Cobain deh menu baru yang lagi hits banget di Yogyakarta, namanya Mie Ayam Goreng Mekaton. Sesuai dengan namanya, sajian utama di warung sederhana ini berupa mie ayam goreng.

Keistimewaan mie ayam ini terletak pada penggunaan mi yang selalu segar alias fresh baru dibuat. Bumbunya komplit dan pas di lidah, setiap porsi dalam piring selalu ditemani mrica bubuk. Selain itu, ada tambahan sawi, daging ayam cincang, dan ditutup dengan taburan bawang goreng.

Rasa mienya lumayan lembut kenyal, berpadu dengan daging ayam yang gurih dan manis. Sungguh enak sekali dimulut, bikin nagih! Terbukti, meskipun keberadaannya jauh dari pusat kota, tempat makan di Jogja ini selalu ramai pembeli.

Gak percaya? Datang saja langsung ke lokasi Mie Ayam Goreng Mekaton untuk mencicipinya. Alamatnya terletak di Jl. Kebon Agung, Margokaton, Seyegan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jam buka : 10.00 – 16.00 WIB. Harga satu porsinya di benderol sekitar Rp.10.000,-.

3. Mie Ayam Sendowo Pak Wiyono

Mie Ayam Sendowo Pak Wiyono
Mie Ayam Sendowo Pak Wiyono (Foto : instagram @jogjafood)

Mie Ayam khas Wonogiri milik Pak Wiyono ini sangat terkenal di daerah Yogyakarta. Harganya murah, rasanya enak dan porsi mengenyangkan menjadi alasan warung ini selalu ramai dikunjungi mahasiswa. Apalagi lokasinya dekat dengan Kampus UGM, tepatnya di Jalan Sendowo F No.129 / G D94A, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Ancer-ancer rute jalan menuju warung Pak Wiyono bisa ditempuh dari RS Sardjito ambil jalan lurus ke selatan hingga pertigaan ujung FKG terus saja lurus mentok di SD Percobaan, lalu belok ke kanan dan memasuki gapura Desa Sendowo. Anda lanjut terus ke barat kira-kira 300 m sampai bertemu pertigaan, ambil ke kanan (utara) 100 meter, nanti kanan jalan.

Atau bila lewat Jl. Kaliurang, maka dari Bank Mandiri UGM Jalan Kaliurang ke arah barat hingga tiba di SD Percobaan. Lalu ikuti jalan masuk Gapura Dusun Sendowo hingga ketemu pertigaan (sekitar 300 meter). Ambil jalan ke kanan (utara) dari pertigaan tersebut kira-kira sejauh 100 meter. Lihat sebelah kanan maka Anda akan menemukan warung mie ayam tersebut.

Tekstur mienya terasa lembut berpadu dengan kuah gurih dan manis serta potongan daging ayam. Untuk menu mie ayam special, ada tambahan bakso goreng yang renyah. Rasanya sungguh juara banget deh. Jam buka : 10.00 – 17.00 WIB, harga satu porsi sekitar 8 ribu rupiah.

4. Mie Ayam Bangka Pak Harun

Mie Ayam Bangka Pak Harun
Mie Ayam Bangka Pak Harun (Foto : instagram @ceritamakan)

Bingung mencari tempat makan mie ayam bangka terenak di Kota Yogyakarta? Datang saja ke Mie Ayam Bangka Pak Harun. Ukuran mie yang agak kecil disertai tambahan tauge merupakan ciri khas dari mie ayam ini. Potongan daging dan sawi hijau menjadi pelengkapnya.

Gurih dan segar, begitu rasa pertama kali ketika mencoba mie ayam di kedai Pak Harun. Taugenya kenyes-kenyes di mulut, daging ayamnya lembut. Tekstur mienya terasa kenyal, sebelum dihidangkan konon ditaburi merica sehingga menimbulkan sensasi berbeda. Maknyus!

Harga satu porsinya lumayan terjangkau, sekitar Rp.6.500,- hingga 14 ribu rupiah tergantung menu yang dipesan. Lokasi dan alamat warung Mie Ayam Bangka Pak Harun berada di Jl. HOS Cokroaminoto No.96B, Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Jam buka : 08.30 – 17.00 WIB.

5. Mie Ayam Popeye Pak Surami

Mie Ayam Popeye Pak Surami
Mie Ayam Popeye Pak Surami (Foto : instagram @streetfoodstories)

Menyusuri aneka destinasi wisata Jogja tak akan lengkap bila belum mampir ke warung Mie Ayam Popeye Pak Surami. Pasalnya, sayuran yang digunakan disini menggunakan bayam bukan sawi. Oleh karena bayam identik dengan film kartun Popeye, maka kedai ini pun terkenal dengan sebutan Mie Ayam Popeye.

Secara umum, sajian mie ayamnya hampir sama dengan mie ayam pada umumnya. Bedanya, cuma ada tambahan sayur bayam bukan sawi. Sayur bayam rebus yang disajikan lumayan banyak dan ditaruh dalam mangkok terpisah.

Gurih dan manis, itulah rasa yang akan Anda rasakan saat menyantap mie ayam Popeye. Potongan daging ayam serta bayam rebusnya semakin membuat porsinya mengenyangkan. Pas banget disantap saat lapar atau makan siang.

Tempat makan mie ayam yang lagi hits di kawasan Jogja ini terletak di Jl. Pramuka / Jalan Lingkar Bantul, Dusun Code, Desa Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. Jam buka : 08.00 – 19.00 WIB. Satu porsinya dibanderol seharga Rp.7.500,- sedangkan kepala ayamnya sekitar Rp.5.000,-.

6. Mie Ayam Depan Hotel Santika

Mie Ayam Depan Hotel Santika
Mie Ayam Depan Hotel Santika (Foto : instagram @mieayamsantika)

Sesuai dengan namanya, warung mie ayam ini terletak di seberang Hotel Santika tepatnya Jl. Jend. Sudirman No.36, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta. Meskipun hanya menempati tenda sederhana di trotoar, rasa mie ayamnya benar-benar enak. Juara banget deh!

Tekstur mie dan pangsit basahnya terasa lembut, gurih dan manis khas mie ayam pun bisa Anda rasakan dengan adanya cincangan daging ayam serta kuahnya. Harganya pun murah meriah banget, hanya 8 ribu rupiah per porsinya. Harga mahasiswa banget bukan? Jam buka : 17.00 – 22.00 WIB.

7. Mie Ayam “Ijo” Tunggal Rasa Depan SD Ungaran

Mie Ayam Ijo Tunggal Rasa Ungaran
Mie Ayam Ijo Tunggal Rasa Ungaran (Foto : instagram @jogjaculinary)

Satu lagi mie ayam hitz yang wajib dicoba oleh Anda yaitu Mie Ayam “Ijo” Tunggal Rasa, tepat di Depan SD Ungaran, Jl. Serma Taruna Ramli No.3, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Mienya berwarna hijau, topingnya mantap dengan rasa lezat.

Dengan rasa maknyus dan harga terjangkau, pantas rasanya bila Mie ayam hijau ini dimasukkan ke dalam daftar tempat makan enak dan murah di Jogja yang wajib Anda sambangi saat liburan. Jam buka : 09.00 – 15.00 WIB. Cocok buat menu alternatif makan siang.

8. Mie Ayam Palembang AFUI

Mie Ayam Palembang AFUI
Mie Ayam Palembang AFUI (Foto : instagram @christinedyah)

Ingin merasakan mie ayam khas Palembang di Jogja? Datang saja ke warung Mie Ayam Palembang AFUI di Jl. Tambak Bayan VII daerah Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman (belakang kampus Atmajaya). Konon, mie AFUI ini diproduksi menggunakan bahan-bahan berkualitas dan halal. Untuk pastinya, silahkan Anda cek langsung saja ke penjualnya apakah ada sertifikat halal MUI atau belum.

Selain rasanya yang enak, ukuran porsi mie ayam disini bervariasi dari mulai ukuran biasa (1 mangkok), Mini Jumbo (1,5 mangkok), Jumbo (2 mangkok), Super Jumbo (3 mangkok), dan Monster (5 mangkok). Bagi Anda yang hoby makan banyak, wajib deh mampir ke sini.

Untuk tambahan variasi menu, Anda bisa memesan pangsit, bakso ikan, atau pun jamur. Agar tidak kehabisan, Anda sebaiknya datang lebih awal ketika warung baru buka karena stok menu terbatas. Harganya bervariasi dari 6 – 23 ribu rupiah sesuai menu yang dipesan. Jam buka : 08.00 – 19.00 WIB.

9. Mie Ayam Asli Bandung 59

Mie Ayam Asli Bandung 59
Mie Ayam Asli Bandung 59 (Foto : instagram @streetfoodstories)

Jika Anda mencari mie ayam paling enak di Jogjakarta maka Mie Ayam Asli Bandung 59 bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, rasa mie ayam disini benar-benar bikin nagih, terbukti warung yang buka mulai pukul 06.00 hingga 11.00 WIB ini selalu ramai pembeli, bahkan saat jam 9 sudah ada beberapa menu sould out alias habis.

Selain mie ayam, tempat makan ini juga menyediakan aneka kuliner Bandung yang harus dicoba seperti mie kocok, batagor, dan siomay. Ada juga bubur ayam, nasi tim, bakmoy, serta lomie kangkung. Satu porsi mie ayam disini harganya sekitar 14 ribu rupiah. Bila Anda tertarik, langsung datang saja ke lokasinya di Jl. Beskalan No.35, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta (samping pasar Pathuk).

10. Mie Ayam Grabyas “Red Door”

Mie Ayam Grabyas Red Door
Mie Ayam Grabyas Red Door (Foto : instagram @voilajogja)

Selain sebagai pusat oleh oleh kekinian khas Jogja untuk wisatawan, kawasan Malioboro juga punya tempat makan mie ayam enak yang wajib dicoba, yaitu Mie Ayam Grabyas “Red Door”. Sedikit berbeda dengan mie ayam pada umumnya, rasa mie ayam disini mempunyai rasa cenderung asin.

Bentuk mienya lebih kecil sehingga mudah dikunyah dalam mulut, mirip dengan mie yammie yang tipis dengan tekstur kenyal. Daging ayam dan kulit ayam atau ‘grabyas’ yang ditambahkan pada mie menambah sensasi rasa lebih nikmat.

Beberapa menu yang bisa Anda coba antara lain mie ayam grabyas, mie ayam grabyas pangsit goreng, mie ayam grabyas pangsit rebus, mie ayam grabyas bakso, mie ayam grabyas komplit, ekstra pangsit rebus/goreng, ekstra bakso, dan kulit ayam krispi (crispy). Satu porsinya dibanderol sekitar 13 – 18 ribu rupiah.

Warung mie ayam grabyas ini buka malam hari sekitar pukul 23.30 – 03.30 WIB. Jadi, jangan sampai datang siang hari ya! Tempatnya berbentuk lesehan tepatnya pada Jalan Malioboro No.60, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta (seberang jalan Hotel Grand Inna / Inna Garuda). Keberadaan kedai Mie Ayam Grabyas “Red Door” semakin menambah semarak Malioboro selama 24 jam non stop.

Baca Juga :

11. Mie Ayam & Bakso Sempurna Wonogiri

Mie Ayam Sempurna Wonogiri
Mie Ayam Sempurna Wonogiri (Foto : instagram @streetfoodstories)

Kira-kira dimana seh mie ayam enak dan murah di Jogja yang recommended? Jawabannya tentu saja Mie Ayam & Bakso Sempurna Wonogiri yang beralamat di Jl. Perumnas No.127, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Dengan hanya mengeluarkan uang 10 ribu rupiah (harga bisa berubah sewaktu-waktu ya gaes), Anda sudah bisa menyantap semangkok mie ayam bakso enak dan mengenyangkan. Mienya benar-benar terasa sedap, kuahnya gurih, ditambah bakso kenyal semakin bikin nagih.

Meskipun tempatnya kecil dan sederhana, warung mie ayam ini selalu ramai dikunjungi pembeli dari mahasiswa hingga karyawan. Apalagi pas jam makan siang, bisa-bisa Anda tak dapat tempat duduk lho, harus rela antri. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.

12. Mie Ayam Bangka Pak Apo

Mie Ayam Bangka Pak Apo
Mie Ayam Bangka Pak Apo (Foto : instagram @voilajogja)

Satu lagi mie ayam enak khas Bangka di Jogja yang wajib dicoba yaitu Mie Ayam Bangka Pak Apo. Toping tauge rebusnya terasa seger krenyes-krenyes, rasanya semakin sedap dengan tambahan potongan empuk daging ayam, sayuran, pangsit, bakso, kuah kaldu, dan taburan bawang goreng. Juara banget gaes!

Ada banyak menu yang ditawarkan warung Pak Apo, dari mie ayam biasa, mie ayam pangsit, mie ayam bakso, kwetiau, hingga mie ayam porsi jumbo komplit. Harga satu porsinya dibanderol dengan harga 8 – 20 ribu rupiah.

Bila Anda tertarik ingin mencoba mie ayam ini, bisa langsung berkunjung ke lokasinya di Jl. Titi Bumi No.139, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Warungnya memang tidak terlalu luas, hanya bisa menampung sekitar 20 orang tapi rasa mie ayamnya sungguh lezat, nendang di lidah.

13. Yammie Pathuk

Yammie Pathuk
Yammie Pathuk (Foto : instagram @streetfoodstories)

Terletak di Jalan Kemetiran Kidul No.63, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Yammie Pathuk menjadi salah satu kuliner mie ayam paling enak yang patut Anda cobain. Apalagi tambahan pangsit basah dan bakso gorengnya, sungguh bikin mennggugah selera.

Yummie Pathuk biasanya disajikan dalam sebuah mangkok, tapi kuah dan bakso terpisah dalam mangkok berbeda. Mienya tampak kering sebelum diguyur kuah, potongan daging ayam hingga taburan daun bawang semakin membuat selera makan bertambah.

Oya, untuk menambah citarasa pedas dan asin, Anda dapat menambahkan sambal, kecap asin, serta merica. Tidak tersedia saus disini, jadi kalau ingin menggunakan saus, Anda harus membawa sendiri ya, hehe. Harga satu porsi Yummie Pathuk sekitar 15 – 19 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

14. Mie Ayam Pak Waldi

Mie Ayam Pak Waldi
Mie Ayam Pak Waldi (Foto : instagram @streetfoodstories)

Mie Ayam Pak Waldi sekilas mirip dengan mie ayam khas Wonogiri, namun mienya tampak agak pipih dengan tekstur lembut. Toping mie ayam berupa daging ayam dengan rasa gurih tak didominasi rasa manis serta tambahan pangsit goreng.

Selain itu, disini Anda juga bisa mencicipi balungan dengan harga sekitar 3 ribuan per mangkoknya. Soal harga masih standar, sekitar 10 – 13 ribu per porsinya. Penasaran? Datang saja langsung ke Jalan Perumnas Condongsari, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.30 WIB.

15. Mie Ayam Sompel

Mie Ayam Sompel
Mie Ayam Sompel (Foto : instagram @kulineryogya)

Menikmati semangkok mie ayam dengan es tape disiang hari tentu segar banget bukan? Nah, bila Anda mengingankannya, datang saja ke warung Mie Ayam Sompel di Jl. Wonocatur / Jalan Jeruk Legi, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta (sekitar Jogja Expo Center / JEC).

Warung Sompel ini terkenal dengan sajian mie ayam dan es tapenya yang legit alias maknyus. Sekilas, penampakannya memang seperti mi ayam pada umumnya, ada cincangan daging ayam, dan sawi. Namun, ada yang beda lho, yaitu cita rasa kare dalam mie ayamnya.

Untuk es tapenya benar-benar terasa segar, manis, gurih, lembut, dan mengenyangkan perut. Dalam semangkok es tape berisi tape dan kelapa muda. Soal harga tak usah kuatir, murah meriah banget deh. Satu porsi mie ayam hanya 7 ribu rupiah dan es tape seharga 5 ribu rupiah. Jam buka Warung Sompel mulai pukul 11.00 – 14.00 WIB.

16. Mie Ayam Sekarsuli / Mie Ayam Topan Putra Mandiri Club (TPMC)

Mie Ayam Sekarsuli TPMC
Mie Ayam Sekarsuli TPMC (Foto : instagram @fransprabowo)

Ingin menikmati mie ayam enak dengan porsi besar? Cobain deh, datang ke kedai Mie Ayam Sekarsuli atau Mie Ayam Topan Putra Mandiri Club (TPMC). Di tempat ini, Anda akan disuguhi mie ayam dengan porsi 2 kali ukuran normal. Oleh karena itu, banyak orang menyebutnya mie ayam porsi kuli atau tukang becak.

Meskipun disajikan dalam ukuran banyak, rasa yang ditawarkan tidak terlalu jauh beda dengan mie ayam lainnya, sama-sama sedap dan gurih. Lokasi warung ini berada di Jalan Wonosari KM 7, Desa Potorono, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB, sedangkan harga satu porsinya sekitar 7 ribu rupiah (kalau belum naik ya).

17. Mie Rampok

Mie Rampok
Mie Rampok (Foto : instagram @radhikair)

Bosan menikmati mie ayam yang gitu-gitu saja? Saatnya Anda mencicipi Mie Rampok di Jl. Kaliurang KM 8, Depok, Sleman, Yogyakarta (sekitar 200 meter dari gardu listrik). Warungnya cukup unik, didesain mirip penjara, penuh teralis besi. Mungkin menyesuaikan dengan nama mienya.

Mie Rampok disajikan dengan beberapa level pedas, dari 0 – 5. Buat Anda yang suka pedas, bisa menjajal mie level 5 dengan sensasi cabe yang super pedas luar biasa. Denger-denger, cabenya sekitar 100 buah lho untuk level 5 ini. Bisa dibayangkan bagaimana pedasnya bukan?

Selain mie ayam, ada menu beberapa minuman seperti air mineral, teh manis, lemon tea, cappucino, mocca coffe, mixed juice, chocolate, dan lainnya. Untuk harga lumayan murah, 12 – 18 ribu rupiah per porsinya sedangkan minuman 4 – 8 ribuan. Jam buka warung Mie Rampok Jakal mulai pukul 12.00 – 22.00 WIB.

18. Miago Pangsit Juwita

Miago Pangsit Juwita
Miago Pangsit Juwita (Foto : instagram @kokokulineran)

Sesuai dengan namanya, Miago Pangsit ini berupa mie ayam goreng yang disajikan dalam sebuah pangsit besar menyerupai mangkok. Selain unik, rasa mie ayamnya benar-benar enak, tak ayal dalam waktu relatif singkat, Miago pun banyak penggemarnya dari mahasiswa, pelajar, karyawan, ibu-ibu, hingga anak-anak.

Menu utama warung Miago Pangsit Juwita yaitu Miago (mie ayam goreng) dan Mijago (mie jamur goreng). Variasi Miago antara lain miago (biasa), miago bakso, miago sosis, miago coklat, miago cabe, miago ceker, miago rolade, miago jagung hingga miago pangsit ori. Begitu juga dengan Mijago, hanya bedanya ayam diganti jamur.

Selain menu yang bervariasi, disini Anda juga bisa memesan sesuai level pedas, dari 0 – 13. Asyik bukan? Harganya murmer lagi, mulai dari 10 ribu rupiah. Konon kabarnya, Miago ini sering diliput media lho, tak mengherankan bila dalam waktu singkat kemungkinan akan hits banget di instagram.

Bila Anda penasaran dengan rasanya, datang saja ke lokasi Miago Pangsit Juwita di Jl. Tajem Baru, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.

19. Mie Ayam & Bakso Masno / Mas No

Mie Ayam Goreng Mas No
Mie Ayam Goreng Mas No (Foto : instagram @javafoodie)

Bakso dan mie ayam nampaknya menjadi pasangan pas yang sulit dipisahkan. Nah, buat Anda yang ingin menikmati kedua makanan enak tersebut sekaligus, bisa mampir ke warung Mas No di Jl. Bima Sakti No. 1 Gondokusuman, Kota Yogyakarta (Sebelah Kantor DPU).

Untuk menu mie ayam, di sini khusus menyediakan mie ayam goreng dengan pilihan toping bakso atau daging. Anda juga bisa memilih tingkat kepedasan dari level 1 – 5. Porsi mie ayamnya lumayan banyak sehingga mengenyangkan perut, ada tambahan sawi dan potongan daging / bakso.

Bukan hanya mie ayam gorengnya saja yang juara, bakso Masno juga memiliki cita rasa yang enak di mulut. Baksonya kenyal dan kuah terasa gurih, pas banget disantap saat perut lapar di siang hari sambil ditemani segelas jus buah. Harga satu porsi berkisar antara 12 – 18 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

20. Bungong Jeumpa (Special Mie Aceh)

Mie Aceh Bungong Jeumpa
Mie Aceh Bungong Jeumpa (Foto : instagram @4rizkyangga)

Gak perlu jauh-jauh datang ke Aceh untuk menikmati mie khasnya, di Kota Yogyakarta kini sudah hadir Bungong Jeumpa. Rumah makan ini menyajikan aneka menu makanan dan minuman khas Aceh, dari mulai Mie Aceh, Martabak Aceh, Roti Cane, Kopi Aceh, hingga Teh Tarik.

Bila dilihat dari lokasinya yang strategis dan lumayan luas, Bungong Jeumpa nampaknya recommended juga untuk dijadikan tempat buka puasa di Yogyakarta saat Ramadhan tiba. Saat ini warung ini sudah memiliki beberapa cabang, salah satunya di Jl. Prof. Herman Yohanes, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Secara umum, kedai Bungong Jeumpa buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Namun, kalau tak keliru, ada satu cabang di Jl Kaliurang yang buka selama 24 jam. Untuk harga berkisar antara 10 – 25 ribu rupiah, tergantung menu pesanan.

21. Mie Ayam Kamehame

Mie Ayam Kamehame
Mie Ayam Kamehame (Foto : instagram @mieayamkamehame)

Satu lagi tempat makan mie ayam enak di Jogja yang buka sampai malam yaitu Mie Ayam Kamehame. Ada dua cabang, yaitu di Jl Urip Sumoharjo 64 (trotoar Depan Artha Foto) Kota Yogyakarta. Jam buka : 22.00 – 03.00 WIB. Cabang lain berada di Jl.Rajawali no. 6 Demangan Baru (Komplek Colombo) Yogyakarta. Jam buka : 12.00 – 22.00 WIB.

Mienya tampak agak besar, namun dimasak dengan kematangan pas sehingga lezat di mulut. Untuk level kepedasan, sebaiknya pilih sesuai dengan selera Anda. Kalau saya seh, lebih memilih yang gak terlalu pedas agar rasa mie ayamnya tidak tertutup rasa pedas.

Jajanan street food ini dibanderol dengan harga 12 – 20 ribu rupiah, minuman seharga 2 – 5 ribu rupiah. Lumayan murah lah untuk ukuran mahasiswa / pelajar. Oleh karena tempatnya pinggir jalan, warung ini cocok buat sobat traveler yang hobby nongkrong malam hari bareng teman-teman.

22. Bakso & Mie Ayam Restu

Mie Ayam Restu
Mie Ayam Restu (Foto : instagram @javafoodie)

Kalau lagi hujan, makan mie ayam atau bakso nampaknya cocok banget ya gaes? Rasa gurih dan hangatnya sangat pas di mulut hingga perut. Nah, buat Anda yang berada di kawasan Jl. Wahid Hasyim,, Condongcatur, Depok, Sleman, bisa mampir ke warung Bakso & Mie Ayam Restu.

Rasa mie ayamnya sungguh sedap, porsi mie ayam bakso jumbonya juga bikin kenyang perut. Warung ini buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Jadi, Anda tak perlu takut kehabisan saat malam-malam ingin makan mie ayam.

23. Mie Ayam Surya 8

Mie Ayam Surya 8
Mie Ayam Surya 8 (Foto : instagram @streetfoodstories)

Ada banyak jagoan mie ayam enak di seluruh penjuru Kota Jogja, salah satunya adalah Mie Ayam Surya 8. Warungnya memang mungil, tapi rasa mie ayamnya berani diadu dengan mie ayam kelas atas. Harumnya aroma bawang dan gurihnya kuah kaldu terasa begitu menyegarkan saat menyantap mie ayam di sini.

Untuk toping, ada daging ayam, bakso goreng, dan pangsit goreng / basah. Lengkap deh pokoknya! Alamat dan lokasi Mie Ayam Surya 8 terletak di Jl Sastrodipuran No 8 (sebelah barat Ramai Mall) Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakart. Jam buka mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB (Hari Minggu Tutup). Range harga antara 15 – 27 ribu rupiah.

24. Bakso & Mie Ayam Bawor Jogja

Mie Ayam Bawor
Ilustrasi Mie Ayam Bawor (Foto : instagram @menur_qiimqiim)

Bakso & Mie Ayam Bawor termasuk salah satu mie ayam legendaris di Yogyakarta yang masih bertahan sampai saat ini. Meskipun banyak bermunculan mie ayam baru, warung ini masih tetap menjadi langganan banyak orang.

Saya pertama kali mencoba mie ayam di sini sekitar tahun 2005-an, sampai sekarang rasanya tak berubah tetap maknyus. Harganya pun relatif murah terjangkau, sekarang mungkin sudah naik sekitar 10 ribuan ke atas. Oya, baksonya pun juara lho, begitu digigit rasa dagingnya begitu terasa.

Lokasi warung Bakso & Mie Ayam Bawor berada di dalam Kampung Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Jadi, bila ingin ke sini sebaiknya memakai motor saja karena jalan kampung jadi lumayan sempit. Jam buka mulai pukul 09.00 – 19.00 WIB.

25. Bakso Urat & Mie Ayam Kharisma Jaya

Mie Ayam Kharisma Jaya
Ilustrasi Mie Ayam Kharisma Jaya (Foto : instagram @ceritamakan)

Selain memiliki beragam tempat wisata bagus yang ngangenin, kota Jogja juga punya segudang kuliner mie ayam enak untuk dicoba. Salah satunya tentu saja Mie Ayam Kharisma Jaya. Kalau tak keliru, ada beberapa cabang warungnya, namun warung yang pernah saya datangi berada di Jl. Colombo, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Warungnya tampak selalu ramai pengunjung, bahkan pernah pas saya datang ke sini, menu mie ayamnya sudah habis, terutama saat musim hujan. Ada banyak menu yang ditawarkan, antara lain : bakso urat, bakso jumbo, mie ayam, mie ayam pangsit, mie ayam bakso, mie ayam ceker, mie ayam sayap dan mie ayam komplit. Untuk minumannya jeruk dan teh.

Soal rasa, sebelas dua belas lah dengan bakso dan mie ayam Bawor. Keduanya sama-sama enak menurut saya. Tapi gak tahu kalau menurut Anda, karena makanan kan soal selera bukan? Jam buka warung ini mulai pukul 09.00 – 23.30 WIB, tapi biasanya sekitar jam 20.00-an sudah habis. Range harga berkisar antara 6 – 16 ribu rupiah.

26. Mie Lampung Uno

Mie Lampung Uno
Mie Lampung Uno (Foto : instagram @javafoodie)

Ingin nyobain mie ayam daerah lain di Kota Yogyakarta? Bisa banget! Saat ini, Mie Lampung Uno sudah bisa Anda cicipi. Outlet mie ayam khas Lampung ini berada di Jl. Demangan Baru No.25, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Mie Lampung Uno berisi mie, potongan sawi hijau rebus, dan taburan daging ayam yang sudah digiling halus dengan bumbu. Jika dilihat sekilas, tampilannya mirip dengan mie ayam Jakarta. Untuk kuah kaldu ayamnya disajikan secara terpisah dalam mangkok lain berukuran lebih kecil.

Bagaimana rasanya? Sedikit berbeda dengan makanan Jogja yang didominasi rasa manis, Mie Lampung Uno justru cenderung gurih dan asin sehingga bisa dijadikan alternatif makanan ketika Anda bosan dengan rasa manis. Harga satu porsinya sekitar 8 – 25 ribu rupiah.

27. Mie Ayam Pangsit “Pak GUN”

Mie Ayam Pangsit Pak GUN
Mie Ayam Pangsit Pak GUN (Foto : instagram @streetfoodstories)

Warung Pak Gun memang sederhana dan kecil, tapi mie ayam pangsitnya sungguh enak bikin nagih. Penyajiannya pun unik, mie ayamnya ditaruh di dalam pangsit dengan ukuran besar. Ya tentu saja di bawah pangsit tersebut masih ada mangkok.

Mienya terasa kenyal, kuah kaldu dan daging ayamnya juga terasa gurih, tambah segar dengan taburan daun bawang diatasnya. Bukan hanya rasa, harga per porsinya juga nyaman dikantong, sekitar 10 ribu rupiah.

Bila ingin mencicipi mie ayam pangsit ala “Pak Gun”, langsung saja datang ke Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta (masuk gang samping Indomaret Point Jl. Colombo ke selatan). Jam buka mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB. Mudah-mudahan sekarang warungnya masih jualan ya, sayang banget kalau sampai tutup karena juara deh rasanya.

28. Mie Ayam Depan Masjid Syuhada

Mie Ayam Depan Masjid Syuhada
Gambar ilustrasi Mie Ayam Depan Masjid Syuhada (Foto : instagram @javafoodie)

Berlokasi di depan Masjid Syuhada, tepatnya Jl. I Dewa Nyoman Oka No.11 A, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, warung mie ayam ini menyajikan 2 jenis menu yaitu mie ayam biasa dan goreng. Untuk mie ayam biasa dengan toping pangsit basah terasa gurih, sedangkan mie ayam gorengnya cenderung lebih manis.

Dengan rasa yang enak dan terjaga, warung Mie Ayam Depan Masjid Syuhada tampak selalu ramai dikunjungi pembeli. Harga satu porsi mie ayam disini sekitar 15 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

29. Mie Ayam Super Pedas Bu Maya

Mie Ayam Super Pedas Bu Maya
Mie Ayam Super Pedas Bu Maya (Foto : instagram @streetfoodstories)

Apakah Anda pecinta kuliner pedas? Jika iya, wajib deh nyobain Mie Ayam Super Pedas Bu Maya. Di sini, Anda bisa bebas memesan jumlah cabe yang akan ditambahkan ke dalam mie ayam. Konon, rekor saat ini mencapai 70 cabe lho. Bisa dibayangkan bagaimana pedasnya bukan? Gak kalah pedas deh bila dibandingin dengan mie setan yang ngehits di Malang.

Secara umum, komposisi mie ayam Bu Maya hampir sama dengan mie ayam lainnya. Yang membedakan adalah cara penyajian sambalnya. Jadi, sebelum disiramkan ke dalam mie ayam, cabe diuleg terlebih dahulu di dalam mangkok dengan jumlah sesuai pesanan. Setelah halus, baru disiramkan ke dalam mangkok mie ayam.

Saran saya, bila Anda tidak terlalu doyan pedas, sebaiknya pilih jumlah cabe sucukupnya saja. Jangan terlalu pedas agar kesehatan alat pencernaan Anda tetap terjaga. Satu porsi mie ayam pedas ini dibanderol seharga 10 ribu rupiah.

Ada 2 lokasi warung Mie Ayam Super Pedas Bu Maya, yaitu Pertama, Jl. Prof. DR. Soepomo Sh No.121 / Jl Janturan, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta (selatan Kampus 3 UAD / Gudeg Pawon), dan Kedua,
Jl Gejayan / Jl Afandi , Gg Flamboyan, Deresan, Yogyakarta.

30. Yamie Panda

Yamie Panda
Yamie Panda (Foto : instagram @streetfoodstories)

Mi yamin atau mie ayam yang satu ini punya tekstur lebih kecil dibanding pada umumnya. Namun, porsinya tampak lebih banyak. Toppingnya juga bervariasi, ada bakso, pangsit, jamur, ayam blackpepper, ayam teriyaki, rica-rica, dan lain sebagainya.

Bukan hanya rasa mienya yang enak dan fresh, tempatnya juga lucu, nyaman buat makan bareng keluarga, anak-anak, atau pun pasangan (baca : istri). Harga mulai dari 13 – 25 ribu rupiah tergantung pilihan menu atau topping.

Yamie Panda saat ini sudah memiliki beberapa cabang di Jogja, antara lain di Jl. HOS Cokroaminoto No.99, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, dengan jam buka mulai pukul 09.00 – 21.30 WIB. Cabang lain ada di Jl. Kaliurang Km.4,5 Gang Megatruh 18, Depok, Sleman, Yogyakarta, jam buka pukul 10.00 – 22.00 WIB.

31. Mie Ayam Tresno

Mie Ayam Tresno
Mie Ayam Bumbu Rendang Tresno (Foto : instagram @voilajogja)

Mie Ayam Tresno terbilang unik karena menggunakan bumbu rendang untuk sajian mie ayamnya. Dalam satu mangkok berisi mie, potongan sawi hijau rebus, dan topping rendang ayam nan kental. Sebelum menikmatinya, Anda harus mengaduknya terlebih dahulu agar bumbu rendang bercampur merata dengan mie.

Untuk satu porsi mie ayam rendang Tresno dibanderol dengan harga 9 – 15 ribu rupiah. Lokasi warungnya berada di Jl. Kaliurang Km 6 (timur jalan, sebelah selatan Bank Permata). Jam buka mulai pukul 11.00 – 19.00 WIB. Sebaiknya pakai motor saat ke sini, karena area parkir mobil sepertinya tidak ada.

32. Mie Gajah Pengki Aseli Metro

Mie Ayam Gajah Pengki
Mie Ayam Gajah Pengki (Foto : instagram @kulineryogya)

Mie ayam Gajah Pengki memiliki ukuran lebih besar dan tipis bila dibandingkan mie ayam yang telah saya sebutkan di atas. Toping ayamnya mantap dengan kuah gurih. Recommended deh buat alternatif jajanan street food Jogja.

Bila ingin nyobain, Anda bisa datang ke lokasi warung Mie Gajah Pengki Aseli Metro di Jl. Seturan Raya, Selatan STIE YKPN sekitar 100 meter barat jalan, utara Terrace Kafe (50 meteran). Jam buka mulai pukul 15.00 – 24.00 WIB (Sore – Tengah Malam).

33. Mie Ayam Goreng “Bakso Mas Kribo”

Mie Ayam Goreng Mas Kribo
Mie Ayam Goreng Mas Kribo (Foto : instagram @streetfoodstories)

Selain bakso Jumbo, menu andalan di warung Mas Kribo ini berupa mie ayam goreng. Perpaduan gurih, manis, dan aroma segar bumbu membuat mie ayamnya terasa lezat saat disantap. Untuk range harga sekitar 10 ribuan, tapi harga bisa berubah-ubah lho ya!

Alamat lengkap warung “Bakso Mas Kribo” berada di Jl. DI Panjaitan No.56, Mantrijeron, Kota Yogyakarta (Plengkung Gading Ke selatan, kanan jalan setelah swalayan Maga). Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

34. Warung Bakso Dan Mie Ayam “Contreng”

Mie Ayam Contreng
Mie Ayam Contreng (Foto : instagram @streetfoodstories)

Nama warung Bakso Dan Mie Ayam “Contreng” nampaknya wajib Anda singgahi bila ingin merasakan kelezatan mie ayam di Yogyakarta. Pasalnya, sajian mie ayam di sini terasa sempurna, perpaduan antara gurih, manis, pedas, antara mie, daging ayam, dan kuah kaldunya menyuguhkan kenikmatan tersendiri.

Selain menunya yang enak, dekorasi warung pun nampak ceria dengan warna cerah disertai pajangan foto-foto pejabat di dinding. Kursi yang digunakan cukup unik berbentuk seperti pick gitar. Kata “Contreng” sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari cocok, nikmat, terjangkau, rasanya enak dan ngangeni.

Lokasi warung “Contreng” terletak di Jl. Parangtritis No.26, Mantrijeron, Kota Yogyakarta (Pojok Benteng Wetan ke selatan, 200 m kanan jalan). Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB. Range harga sekitar 10 – 15 ribu rupiah.

35. Depot Mie Ayam Cak No Godean

Mie Ayam Goreng Cak No
Mie Ayam Goreng Cak No (Foto : instagram @streetfoodstories)

Satu lagi tempat makan mie ayam goreng enak dan murah di kawasan Jogja yang bisa Anda singgahi, yaitu Depot Mie Ayam Cak No Godean. Dengan hanya mengeluarkan uang sekitar 8 – 15 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati sepiring mie ayam goreng lezat dengan cita rasa hotel bintang lima.

Mie Cak No tidak beli di pasar, melainkan buatan sendiri. Konon, mie buatannya diminati oleh penjual mie ayam keliling.Sebenarnya ada 2 menu di sini, yaitu mie ayam goreng dan mie ayam kuah, tapi mie ayam gorengnya lebih melegenda dikalangan para pecinta kuliner.

Alamat dan lokasi warung Cak No berada di Jl. Godean KM.8,5, Sidoagung, Sleman, Yogyakarta. Bila dari arah kota, maka letaknya 600 m barat perempatan SMA 1 Godean. Cukup mudah kok menemukannya, karena terletak di pinggir jalan raya. Jam buka mulai pukul 09.30 – 16.25 WIB.

36. Mie Ayam Cak Nonang

Mie Ayam Goreng Cak Nonang
Mie Ayam Goreng Cak Nonang (Foto : instagram @caknonang)

Selain warung Cak No, ternyata masih ada lagi sajian mie ayam goreng yang memiliki kelezatan tiada duanya, yaitu Mie Ayam Cak Nonang. Lokasinya terletak di Jl. Bibis, Sidokarto, Godean, Sleman, Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.30 – 18.00 WIB.

Mie goreng olahan Cak Nonang merupakan produksi sendiri, rasanya enak berpadu dengan rempah-rempah. Benar-benar pas di lidah, tak heran jika mie buatannya selalu ludes habis terjual. Untuk harga tentu saja murah meriah banget, satu porsi dibanderol 6 – 9 ribu rupiah (harga bisa berubah sewaktu-waktu ya gaes).

37. Mie Ayam Tengah Malam (Mie ATM)

Mie Ayam Tengah Malam ATM
Mie Ayam Tengah Malam ATM (Foto : instagram @streetfoodstories)

Bila Anda ingin merasakan kuliner malam di Jogja maka Mie Ayam Tengah Malam (Mie ATM) Jakal ini bisa menjadi pilihan untuk disinggahi. Meskipun hanya memakai gerobak dengan tempat duduk plastik, mie ayam ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Oleh karena itu, hampir bisa dipastikan rasanya tentu saja enak dan top markotop.

Harga per porsinya lumayan murmer, sekitar 10 ribuan lah. Untuk lokasi mangkalnya berada di Jl. Kaliurang Km 8, Blok A No. 4, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta (Pertigaan Jalan Damai, masih ke utara). Jam buka sekitar pukul 20.00 – 00.00 WIB.

Demikianlah review tentang beberapa warung mie ayam enak di Jogja yang bisa dijadikan referensi Anda saat kulineran. Bagi Anda yang muslim, sebaiknya mengecek dulu tentang halal atau tidaknya mie ayam yang akan Anda makan, dengan cara menanyakan sertifikat halal MUI kepada penjualnya.

Bila ada saran atau tambahan informasi tentang beberapa mie ayam baru atau ngehits lainnya, sobat traveler bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.