Pusat Info Wisata Terlengkap

25 Tempat Wisata Di Garut Yang Paling Bagus Dan Terkenal

0 2,297

Tempat Wisata Di Garut – Ini dia daftar tempat wisata di Garut Jawa Barat yang paling bagus dan terkenal. Berbagai tempat menarik dan indah dapat Anda temukan disini seperti Kampung Sampireun yang romantis, Pantai Santolo, Talaga Bodas, waterboom Sabda Alam Cipanas, Kawah Darajat, dan masih banyak objek wisata di Garut lainnya yang bisa Anda kunjungi.

Potensi pariwisata kota Garut dan sekitarnya akhir-akhir ini sedang hits naik daun, tak kalah populer bila dibandingkan dengan wisata Bandung. Fasilitas dan akomodasi pun cukup lengkap, dari mulai hotel / penginapan, transportasi, restoran / tempat makan, dan tempat belanja. Kota yang terkenal dengan makanan khasnya yang berupa dodol ini, bisa menjadi tujuan destinasi wisata alternatif bagi Anda di Jawa Barat.

Nah, untuk membantu Anda dalam memilih tempat rekreasi di Garut, Aneka Wisata telah menyiapkan daftar lengkap dan terbaru berbagai tempat bagus yang wajib dikunjungi oleh Anda bersama anak, keluarga, atau pun sahabat. Yuk, langsung saja simak review dan ulasan aneka wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat, berikut ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Garut Yang Bagus, Terkenal, Menarik, Dan Wajib Dikunjungi

1. Kampung Sampireun

Kampung Sampireun
Kampung Sampireun (Foto : booking.com)

Kita awali info tempat wisata menarik di Garut dengan Kampung Sampireun. Kampung Sampireun Resort & Spa adalah salah satu tempat bulan madu di Indonesia yang paling romantis. Resort ini berada di atas danau dengan nuansa Sunda yang kental. Suasana romantis akan menemani sepanjang hari selama Anda menghabiskan waktu di tempat ini.

Kampung Sampireun berada di Jl Raya Samarang Kamojang, Kampung Ciparay, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Garut, Jawa Barat. Tempat ini sangat cocok untuk pasangan pengantin baru yang akan menghabiskan waktu bersama. Berada di ketinggian 1.000 mdpl, sejuknya udara akan menyelimuti Anda berdua.

Anda bersama pasangan bisa menikmati suasana alam danau yang indah di atas perahu. Tempat ini mempunyai 22 bungalow yang berlokasi di pinggir-pinggir danau. Dengan budget sekitar lebih dari satu jutaan rupiah, Anda bisa menghabiskan waktu bersama pasangan dan menikmati romantisme ala Sunda yang eksotis. Oya, tempat ini juga bagus buat acara family gathering atau outing perusahaan.

2. Puncak Darajat

Puncak Darajat
Puncak Darajat (Foto : nativeindonesia.com)

Kawasan Darajat merupakan salah satu tempat wisata di garut yang terkenal sedang naik daun alias lagi hits. Jenis wisata yang ditawarkan disini adalah keindahan panorama alam, udara sejuk, dan pemandian air panas. Nah, salah satu tempat pemandian air panas yang populer disini bernama Puncak Darajat.

Jadi, jangan sampai bingung ya sobat traveler! Darajat adalah nama kawasan wisata di Garut, sedangkan Puncak Darajat adalah nama salah satu kolam renang dan pemandian air panas di kawasan ini. Harga tiket masuk Puncak Darajat sebesar Rp.22.000,- saat hari biasa, dan Rp. 25.000,- saat hari libur.

Kolam air panas di Puncak Darajat cukup bersih karena berasal dari sumbernya langsung. Anda dapat berendam di air panas bersama keluarga atau teman-teman dekat disini. Selain itu, Anda juga bisa menghirup udara segar dan menikmati pemandangan indah dataran tinggi di Kawasan Darajat.

3. Sabda Alam Cipanas

Sabda Alam Cipanas
Sabda Alam Cipanas (Foto : sabdaalam-garut.com)

Ini dia waterboom dan taman permainan air panas di Garut yang cocok untuk anak-anak dan keluarga, yaitu waterboom Sabda Alam Cipanas. Lokasi dan alamat Sabda Alam terletak di Jalan Cipanas Nomor 3, Garut, provinsi Jawa Barat. Harga tiket masuknya sekitar Rp.30.000,- per orang saat hari biasa, dan Rp. 40.000,- saat hari minggu dan libur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB.

Pemandangan pertama yang Anda lihat begitu masuk lokasi adalah ember air raksasa di atas kolam renang. Di bawah ember raksasa ini sudah banyak pengunjung yang berkumpul dan menunggu ember terisi penuh sehingga air tumpah dan mengguyur tubuh mereka.

Tak hanya ember air raksasa, ada banyak lagi wahana permainan air yang ditawarkan mulai dari papan seluncur air, water ball sampai flying fox. Disini tersedia banyak permainan yang disesuaikan dengan usia pengunjung. Jadi, ada permainan yang memang untuk anak-anak dan ada pula permainan untuk orang dewasa. Hal ini membuat Water Boom Sabda Alam layak dijadikan tempat wisata keluarga dan anak di Garut.

4. Talaga Bodas

Talaga Bodas
Talaga Bodas (Foto : Fitri Oktaviani via kompasiana.com)

Bukan hanya Bandung yang punya kawah putih, Garut juga punya lho! Talaga Bodas namanya. Kawah Talaga Bodas merupakan kawah gunung Talaga Bodas yang membentuk sebuah telaga (danau) bersulfur jenuh berwarna putih. Tiket masuknya pun cukup murah, hanya sebesar Rp.5.000,-.

Kawah Talaga Bodas berada diketinggian 1512 m dpl, sedangkan Gunung Talaga bodas sendiri mempunyai ketinggian 2201 m dpl. Puncak Gunung Talaga bodas merupakan perbatasan kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya.

Cagar Alam Gunung Talaga bodas terletak di kecamatan Pangatikan dan kecamatan Wanaraja seluas 258,05 Ha. Sedangkan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah talaga Bodas seluas 27,88 Ha berada di kecamatan Pangatikan.

Di Talaga, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti hikking, tracking, camping, fotografi, serta pemandian air panas. Jika tiba disana pada pagi hari, pemandangan akan makin indah karena kabut masih menutupi Talaga dan udara dingin makin melengkapi panorama di Talaga Bodas.

Setelah puas berfoto ria dan duduk-duduk santai di Talaga Bodas, pengunjung bisa berjalan ke arah kanan menyusuri jalan berpasir menuju ke pemandian air panas belerang alami dan air terjun. Fasilitas disini lumayan lengkap, tersedia warung di sekitar kawah, toilet juga ada, dan parkir yang cukup luas.

5. Pantai Santolo

Pantai Santolo
Pantai Santolo (Foto : 11andyprana.blogspot.co.id)

Pantai Santolo adalah salah satu tempat wisata di Garut yang paling populer. Pantai ini terletak di Kecamatan Cikelet, sekitar 88 KM di selatan kota Garut. Obyek wisata Pantai Santolo termasuk tempat wisata andalan Garut yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Daya tarik dan kelebihan yang dimiliki pantai ini yaitu panoramanya yang indah, keheningan yang ditawarkan, dan fasilitas penunjang wisata yang cukup lengkap. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan dilengkapi dengan pasir putih yang halus.

Satu lagi, Pantai Santolo juga masuk dalam daftar tempat wisata di Garut yang murah. Harga tiket masuk ke pantai Santolo hanya Rp. 3.500, untuk menyebrang pulau kecil menggunakan perahu milik para nelayan Rp. 2.000 untuk sekali nyebrang, bila PP maka akan dikenakan biaya Rp. 4.000. Murah meriah bukan?

Leave A Reply

Your email address will not be published.