67 Tempat Wisata Terindah Di Garut Yang Paling Bagus Dan Terkenal

0 21,728

Tempat Wisata Di Garut – Ini dia daftar rekomendasi tempat wisata terindah di Garut Jawa Barat yang paling bagus dan terkenal. Berbagai tempat menarik dan indah dapat Anda temukan disini seperti Kampung Sampireun yang romantis, Pantai Santolo, Talaga Bodas, waterboom Sabda Alam Cipanas, Kawah Darajat, dan masih banyak objek wisata di Garut lainnya yang bisa Anda kunjungi.

Potensi pariwisata kota Garut dan sekitarnya akhir-akhir ini sedang hits naik daun, tak kalah populer bila dibandingkan dengan wisata Bandung. Fasilitas dan akomodasi pun cukup lengkap, dari mulai hotel / penginapan, transportasi, restoran / tempat makan, dan tempat belanja. Kota yang terkenal dengan makanan khasnya yang berupa dodol ini, bisa menjadi tujuan destinasi wisata alternatif bagi Anda di Jawa Barat.

Nah, untuk membantu Anda dalam memilih tempat rekreasi di Garut, Aneka Wisata telah menyiapkan daftar lengkap dan terbaru berbagai tempat bagus yang wajib dikunjungi oleh Anda bersama anak, keluarga, atau pun sahabat. Yuk, langsung saja simak review dan ulasan aneka wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat, berikut ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Garut Yang Bagus, Terkenal, Menarik, Dan Wajib Dikunjungi

1. Kampung Sampireun

Kampung Sampireun
Kampung Sampireun (Foto : booking.com)

Kita awali info tempat wisata menarik di Garut dengan Kampung Sampireun. Kampung Sampireun Resort & Spa adalah salah satu tempat bulan madu di Indonesia yang paling romantis. Resort ini berada di atas danau dengan nuansa Sunda yang kental. Suasana romantis akan menemani sepanjang hari selama Anda menghabiskan waktu di tempat ini.

Kampung Sampireun berada di Jl Raya Samarang Kamojang, Kampung Ciparay, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Garut, Jawa Barat. Tempat ini sangat cocok untuk pasangan pengantin baru yang akan menghabiskan waktu bersama. Berada di ketinggian 1.000 mdpl, sejuknya udara akan menyelimuti Anda berdua.

Anda bersama pasangan bisa menikmati suasana alam danau yang indah di atas perahu. Tempat ini mempunyai 22 bungalow yang berlokasi di pinggir-pinggir danau. Dengan budget sekitar lebih dari satu jutaan rupiah, Anda bisa menghabiskan waktu bersama pasangan dan menikmati romantisme ala Sunda yang eksotis. Oya, tempat ini juga bagus buat acara family gathering atau outing perusahaan.

2. Puncak Darajat

Puncak Darajat
Puncak Darajat (Foto : nativeindonesia.com)

Kawasan Darajat merupakan salah satu tempat wisata di garut yang terkenal sedang naik daun alias lagi hits. Jenis wisata yang ditawarkan disini adalah keindahan panorama alam, udara sejuk, dan pemandian air panas. Nah, salah satu tempat pemandian air panas yang populer disini bernama Puncak Darajat.

Jadi, jangan sampai bingung ya sobat traveler! Darajat adalah nama kawasan wisata di Garut, sedangkan Puncak Darajat adalah nama salah satu kolam renang dan pemandian air panas di kawasan ini. Harga tiket masuk Puncak Darajat sebesar Rp.22.000,- saat hari biasa, dan Rp. 25.000,- saat hari libur.

Kolam air panas di Puncak Darajat cukup bersih karena berasal dari sumbernya langsung. Anda dapat berendam di air panas bersama keluarga atau teman-teman dekat disini. Selain itu, Anda juga bisa menghirup udara segar dan menikmati pemandangan indah dataran tinggi di Kawasan Darajat.

3. Sabda Alam Cipanas

Sabda Alam Cipanas
Sabda Alam Cipanas (Foto : sabdaalam-garut.com)

Ini dia waterboom dan taman permainan air panas di Garut yang cocok untuk anak-anak dan keluarga, yaitu waterboom Sabda Alam Cipanas. Lokasi dan alamat Sabda Alam terletak di Jalan Cipanas Nomor 3, Garut, provinsi Jawa Barat. Harga tiket masuknya sekitar Rp.30.000,- per orang saat hari biasa, dan Rp. 40.000,- saat hari minggu dan libur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB.

Pemandangan pertama yang Anda lihat begitu masuk lokasi adalah ember air raksasa di atas kolam renang. Di bawah ember raksasa ini sudah banyak pengunjung yang berkumpul dan menunggu ember terisi penuh sehingga air tumpah dan mengguyur tubuh mereka.

Tak hanya ember air raksasa, ada banyak lagi wahana permainan air yang ditawarkan mulai dari papan seluncur air, water ball sampai flying fox. Disini tersedia banyak permainan yang disesuaikan dengan usia pengunjung. Jadi, ada permainan yang memang untuk anak-anak dan ada pula permainan untuk orang dewasa. Hal ini membuat Water Boom Sabda Alam layak dijadikan tempat wisata keluarga dan anak di Garut.

4. Talaga Bodas

Talaga Bodas
Talaga Bodas (Foto : Fitri Oktaviani via kompasiana.com)

Bukan hanya Bandung yang punya kawah putih, Garut juga punya lho! Talaga Bodas namanya. Kawah Talaga Bodas merupakan kawah gunung Talaga Bodas yang membentuk sebuah telaga (danau) bersulfur jenuh berwarna putih. Tiket masuknya pun cukup murah, hanya sebesar Rp.5.000,-.

Kawah Talaga Bodas berada diketinggian 1512 m dpl, sedangkan Gunung Talaga bodas sendiri mempunyai ketinggian 2201 m dpl. Puncak Gunung Talaga bodas merupakan perbatasan kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya.

Cagar Alam Gunung Talaga bodas terletak di kecamatan Pangatikan dan kecamatan Wanaraja seluas 258,05 Ha. Sedangkan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah talaga Bodas seluas 27,88 Ha berada di kecamatan Pangatikan.

Di Talaga, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti hikking, tracking, camping, fotografi, serta pemandian air panas. Jika tiba disana pada pagi hari, pemandangan akan makin indah karena kabut masih menutupi Talaga dan udara dingin makin melengkapi panorama di Talaga Bodas.

Setelah puas berfoto ria dan duduk-duduk santai di Talaga Bodas, pengunjung bisa berjalan ke arah kanan menyusuri jalan berpasir menuju ke pemandian air panas belerang alami dan air terjun. Fasilitas disini lumayan lengkap, tersedia warung di sekitar kawah, toilet juga ada, dan parkir yang cukup luas.

5. Pantai Santolo

Pantai Santolo
Pantai Santolo (Foto : 11andyprana.blogspot.co.id)

Pantai Santolo adalah salah satu tempat wisata di Garut yang paling populer. Pantai ini terletak di Kecamatan Cikelet, sekitar 88 KM di selatan kota Garut. Obyek wisata Pantai Santolo termasuk tempat wisata andalan Garut yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Daya tarik dan kelebihan yang dimiliki pantai ini yaitu panoramanya yang indah, keheningan yang ditawarkan, dan fasilitas penunjang wisata yang cukup lengkap. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan dilengkapi dengan pasir putih yang halus.

Satu lagi, Pantai Santolo juga masuk dalam daftar tempat wisata di Garut yang murah. Harga tiket masuk ke pantai Santolo hanya Rp. 3.500, untuk menyebrang pulau kecil menggunakan perahu milik para nelayan Rp. 2.000 untuk sekali nyebrang, bila PP maka akan dikenakan biaya Rp. 4.000. Murah meriah bukan?

6. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya (Foto : anekatempatwisata.com)

Satu lagi tempat wisata pantai di Garut yang terkenal yaitu Pantai Rancabuaya. Ciri khas dari Pantai Rancabuaya adalah ombaknya yang lumayan besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, dan batu karangnya yang banyak dan juga besar.

Kedua hal tersebut menyebabkan beberapa ikan terperangkap di antara batu-batu karang, cukup unik dan menarik untuk dilihat. Keunikan lain dari Pantai Rancabuaya adalah adanya sebuah air terjun yang langsung menghadap ke lautan, mirip dengan pantai di Pacitan dan Pantai Jogan di Jogja. Harga tiket masuk-nya murah meriah, hanya Rp. 6.000,-.

7. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan (Foto : blog.hi-indonesia.com via warbiasya.com)

Gunung Papandayan Terletak di Kecamatan Cisurupan, hanya berjarak 70 KM dari kota Bandung sehingga banyak warga Bandung yang pergi berwisata ke Gunung Papandayan. Tak heran jika gunung api ini lumayan terkenal bagi warga Jawa Barat, terutama Bandung dan Garut.

Daya tarik utama dari Gunung Papandayan adalah kawah dan air panasnya yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Selain itu banyak juga pecinta alam yang datang mendaki Gunung Papandayan untuk melihat keindahan panorama matahari terbit dari gunung ini.

Apabila Anda ingin mendaki Gunung Papandayan, jangan lupa membawa baju hangat karena udara di puncak gunung ini termasuk dingin. Harga tiket masuk-nya cukup murah, yaitu sebesar Rp.15.000,- untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk turis mancanegara sebesar Rp.150.000,-. Sewa tenda sekitar Rp. 70.000,- per malem. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

8. Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian Air Panas Cipanas
Pemandian Air Panas Cipanas (Foto : pegipegi.com)

Kawasan Cipanas Garut merupakan salah satu tempat pamandian air panas di Indonesia favorit wisatawan. Tempat wisata Garut yang populer ini selalu ramai dengan pengunjung. Anda dapat menemukan banyak hotel, penginapan, hingga bungalow di sana.

Lokasi pemandian air panas Cipanas ini tidak jauh dari pusat kota Garut, hanya berjarak sekitar 6 km. Anda dapat dengan mudah tiba di sana dalam waktu 15 menit. Tepatnya di Cipanas, Kecamatan Tarogong, Garut, Jawa Barat. Air panas di Cipanas ini mengandung berbagai mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh serta memiliki khasiat penyembuhan. Suhu air panas berkisar antara 37-46 derajat celcius.

Di kolam pemandian air panas, Anda dapat mengembalikan kebugaran tubuh dengan mengendurkan otot-otot yang kaku serta untuk relaksasi. Di kawasan Cipanas Garut ini juga, Anda dapat memilih untuk melakukan kegiatan hiking dan Paralayang di gunung Guntur. Tiket masuknya kalau tak salah sekitar Rp. 15.000,-. Harga bisa berubah ya sobat traveler.

9. Kawah Darajat Garut

Kawah Darajat Garut
Kawah Darajat Garut (Foto : youtube.com)

Kawah Darajat merupakan tempat wisata alam di Garut yang berupa sebuah kawah aktif yang terletak di Desa Padawaas, Kec. Pasirwangi, Garut, Jawa Barat. Keistimewaan objek wisata ini ialah kawahnya yang mengeluarkan uap panas bumi dan kawasan ini tergolong bersih.

Kawah darajat memiliki luas sekitar 40 Ha dan dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang dikelola oleh PT. Amoseas yang bekerjasama dengan PT. Pertamina, dan juga kepemilikan lahan oleh PT. Perhutani. Dikawasan ini sering digunakan tracking oleh para pengunjung yang ingin menikmati sekaligus meneliti kawah yang masih aktif ini.

Untuk melakukan aktifitas pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak Amoseas. Ini karena kawasan ini merupakan kawasan industri dan juga bahaya akan gas alam. Selain pemandangannya yang alami, alasan lain pengunjung datang ke kawah darajat ini ialah pemandian air panas yang terletak di kawasan Darajat.

10. Derajat Pass

Derajat Pass
Derajat Pass (Foto : suaraterkini.com)

Darajat Pass merupakan tempat rekreasi taman air panas di kawasan derajat, tepatnya di Jl. Darajat KM. 14 Pasirwangi, Garut, Jawa Barat. Fasilitas yang ada di Darajat Pass ini cukup banyak diantaranya Waterboom, ember tumpah, kolam pemandian air panas, rumah makan, dan penginapan.

Selain itu terdapat wisata berkuda, ATV, Flayingfox terpanjang di garut, shaking bridge, hingga Outbound. Harga tiket masuk Darajat Pass Water Park ini cukup murah sekitar Rp. 25.000. Bagi Anda yang ingin menginap disini juga menyediakan hotel dan bunglau dengan pesona keindahan alam puncak darajat dengan harga yang bersahabat.

11. Situ Bagendit

Situ Bagendit
Situ Bagendit (Foto : keluargapakhussain.blogspot.com)

Garut juga punya wisata danau yang cantik dan indah menawan, namanya Situ Bagendit. Tempat ini dikelilingi persawahan dan perkampungan penduduk dengan latar panorama alam pegunungan yang begitu menawan hati. Di tempat wisata Garut yang satu ini, Anda dapat menemukan banyak kegiatan, seperti menaiki rakit bambu, bersepeda air, cano, memancing, hingga jet ski.

Panorama alam yang indah adalah daya tarik utama yang ada di Situ Bagendit, tak ayal destinasi wisata alam Garut ini menjadi populer sebagai salah satu tujuan wisata keluarga yang menarik. Fasilitas publik yang lengkap di areal wisata akan memastikan perjalanan wisata Anda akan menyenangkan selama berada di sana.

Dari pusat kota Garut, Anda akan menempuh perjalanan sejauh 13 km untuk dapat sampai di Situ Bagendit ini, atau perjalanan sekitar 30 menit. Situ Bagendit tempat wisata di Garut yang wajib dikunjungi karena selain indah dan bagus, harga tiket masuknya juga murah meriah yaitu sekitar Rp. 5.000,- per orang.

12. Curug Orok

Curug Orok
Curug Orok (Foto : anekatempatwisata.com)

Curug Orok adalah tempat wisata air terjun di Garut yang paling terkenal, berlokasi di Desa Cikandang. Nama Curug Orok berasal dari cerita masyarakat Garut yang mengatakan bahwa dahulu kala ada seorang ibu yang membuang bayinya dari atas air terjun tersebut.

Curug Orok memiliki ketinggian sektiar 45 meter dan banyak dikunjungi wisatawan dari kota Garut, Bogor, Bandung, dan Jakarta. Harga tiket masuk Curug Orok adalah 10,000 Rupiah per orang. Curug Orok terletak di sebuah lembah. Dari jauh sudah terdengar gemuruh air yang tercurah dari ketinggian.

Semakin dekat, keindahan air terjun setinggi 40 meter ini semakin jelas terlihat. Beberapa air terjun kecil di sekitarnya mengalir dari sela-sela tebing yang tertutup perdu, membuatnya tampak cantik, seperti miniatur taman air terjun. Air deras terhempas di atas ceruk berbatu-batu dan mengalir menuju sungai. Butiran airnya tertiup angin, menyegarkan udara di sekitarnya.

13. Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah
Pantai Cijeruk Indah (Foto : denisugandi.com)

Pantai Cijeruk Indah termasuk pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Lokasi tempat wisata pantai di Garut yang satu ini berada di Desa Sagara. Keunggulan Pantai Cijeruk Indah adalah pantai ini tidak ramai, bersih, alami, dan mempunyai air yang sangat jernih.

Dalam perjalanan ke Pantai Cijeruk Indah, Anda akan disuguhi pemandangan indah berupa perkebunan karet yang tertata rapi, lengkap dengan hewan-hewan ternak seperti sapi yang digembalakan di kebun karet tersebut. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai dalam keheningan.

14. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje (Foto : triptrus.com)

Wisata Pantai di Garut yang indah selanjutnya adalah Pantai Karang Paranje. Pantai ini terletak di Kecamatan Cibalong, Garut. Pantai Karang Paranje memiliki keunikan berupa adanya gugusan karang di sepanjang pantainya. Di pantai seluas kurang lebih 9 hektar ini Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

Pantai Karang Paranje termasuk tempat wisata di Garut yang belum terjamah berbagai jenis pembangunan. Pantai ini mempunyai tingkat kebisingan rendah, pandangan yang luas, tidak ada pencemaran, lingkungan yang asri, dan suasana yang damai dan tenang.

15. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha
Pantai Puncak Guha (Foto : tribunnews.com)

Pantai Puncak Guha terletak di Garut Selatan. Objek wisata pantai di Garut yang satu ini bebas dari pedagang yang mengganggu pemandangan. Pantai Puncak Guha menawarkan keindahan panorama pantai yang dilihat dari atas tebing. Di bawah tebing itu Anda dapat melihat ratusan kelelawar.

Apabila Anda ingin berkunjung ke Pantai Puncak Guha, bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup karena jarang ada pedagang di Pantai Puncak Guha. Untuk menikmati pantai yang cantik ini, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 6.000,-.

16. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang
Candi Cangkuang (Foto : jelajahgarut.com)

Candi Cangkuang Garut termasuk candi Hindu yang telah berdiri sejak zaman kerajaan Sunda pertama, yaitu Kerajaan Galuh. Candi Cangkuang terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut. Candi Cangkuang adalah sebuah cagar budaya yang tetap terpelihara hingga kini. Nama Candi Cangkuang berasal dari nama sebuah desa, yaitu Desa Cangkuang.

Nama Desa Cangkuang itu sendiri berasal dari nama sebuah pohon yang bernama Pohon Cangkuang (Pandanus Furcatus) yang banyak terdapat di sekitar Makam Embah Dalem Arif Muhammad. Candi Cangkuang juda masuk dalam daftar tempat wisata di Garut yang cukup murah karena harga tiket masuk-nya hanya sebesar Rp. 7.500,- per orang. Harga bisa berubah-ubah lho ya!

17. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang
Kawah Kamojang (Foto : tempo.co)

Kawah Kamojang terletak di daerah Samarang, Garut, Jawa Barat yang berada di ketinggian 1.730 M DPL. Suhu di tempat ini bisa di bilang cukup extream jadi sebaiknya Anda memakai jaket tebal. Kawah ini adalah salah satu kawah gunung berapi yang masih aktif di kota Garut, karena uap yang dihasilkan dari kawah disini berasal dari perut bumi.

Luas kawasan ini sekitar 10 Hektar tetapi tidak sepenuhnya dapat kita jelajahi, karena hanya 8 hektar yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung dan sisanya sedang dalam tahap perombakan. Disini terdapat 23 kawah 2 diantaranya berbentuk seperti danau uap. Harga tiket masuknya cukup murah kok, hanya sebesar Rp. 10.000,-.

Kawah Kamojang ini berupa saluran seperti gua dimana uap panas bumi yang keluar melalui lorong gua tersebut. Jika Anda melihat dari atas mungkin mengira ada seseorang yang sedang membakar sesuatu di dalam gua tersebut, tapi sebenarnya itu uap panas bumi, dan inilah yang menjadi keistimewaan kawah kamojang.

18. Arung Jeram Sungai Cimanuk

Ilustrasi Arung Jeram Sungai Cimanuk
Ilustrasi Arung Jeram Sungai Cimanuk (Foto : fokusjabar.com)

Ingin wisata seru menantang di Garut yang dapat meningkatkan adrenalin Anda? Cobain deh Arung Jeram Sungai Cimanuk. Karakteristik sungai Cimanuk di Garut ini sangat ideal bagi rafting. Jeram-jeram cadas dengan aliran air yang deras dapat membuat adrenalin Anda bekerja cepat, menambah daya tarik arung jeram yang menantang dan seru.

Panorama alam di kawasan Sungai Cimanuk yang menarik dapat Anda nikmati berbarengan dengan kegiatan arung jeramnya. Anda dapat menyaksikan tebing-tebing indah, air terjun, hingga melintasi kawasan hutan bambu yang lebat. Harga paketnya sekitar 275.000,-.

19. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang
Pantai Sayang Heulang (Foto : Andreas Krisna via flickr.com)

Pantai Sayang Heulang terletak di pinggir kota Garut. Tepatnya masuk ke wilayah Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai ini tercatat memiliki panjang kurang lebih 3,5 km dengan lebar sekitar 50 meter.

Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai indah yang dimiliki Garut. Luasnya hampir terserak 10 hektare dengan jarak 87 km dari pusat kota Garut. Sayang Heulang ini dalam bahasa Sunda berarti sarang burung Elang. Jadi tak heran kalau memasuki kawasan pantai ini akan terlihat sebuah patung burung elang.

Selain panoramanya yang indah, udara di sini juga sangat sejuk. Air lautnya sungguh bening. Pasirnya pun terlihat putih. Ketika tergenggam di tangan dan kaki menjejak, pasir itu terasa sangat halus. Jadi rasanya sungguh pantas untuk membuat para pengunjung merasa nyaman berjalan di tepi Pantai Sayang Heulang.

20. Taman Satwa Cikembulan

Taman Satwa Cikembulan
Taman Satwa Cikembulan (Foto : kotagarutdotcom.blogspot.com)

Nah, bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di Garut untuk anak dan keluarga, datang saja ke Taman Satwa Cikembulan. Kebun Binatang Mini di Kabupaten Garut ini sangat indah dan cocok buat liburan keluarga. Lokasinya berada di Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kab. Garut.

Taman Satwa Cikembulan, memiliki berbagai macam satwa, salah satu yang menjadi Favorit wisatawan yaitu: Macan Tutul Jantan. Saat ini Kebun Binatang Cikembulan memiliki sekitar kurang lebih 214 Spesies, termasuk Harimau Sumatera. Ada juga lokasi pemancingan lho, pas banget buat Anda yang hoby mancing.

Kebun Binatang Cikembulan juga menyediakan berbagai wahana untuk anak-anak dan dewasa, seperti naik kuda, bebek air, ATV Road dan mobil kecil untuk anak-anak. Harga tiket masuk Taman Satwa Cikembulan cukup murah meriah terjangkau, hanya Rp. 12.000,- untuk orang dewasa, dan Rp. 6.000,- untuk anak-anak. Jam buka mulai 09.00 – 17.00 WIB.

21. Curug Citiis

Curug Citiis
Curug Citiis (Foto : denisugandi.com)

Curug Citiis terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong dengan luas 30 m persegi dan berada pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Air terjun yang berada di kaki Gunung Guntur ini mempunyai air yang dingin dan biasanya sebagai tempat singgah untuk istirahat saat mendaki Gunung Guntur.

Sumber air Curug Citiis berasal dari Gunung Guntur yang mempunyai dua buah mata air, yaitu mata air panas yang mengalir ke daerah Cipanas, dan mata air dingin yang mengalir ke aliran Curug Citiis. Aktivitas yang dapat dilakukan antara lain hiking, tracking, menikmati pemandangan, camping dan fotografi.

22. Curug Cimandi Racun

Curug Cimandi Racun
Curug Cimandi Racun (Foto : blog.inigarut.com)

Curug ini dikenal juga dengan nama Curug Cibuni Racun dengan ketinggian 25 meter dan sumber air terjunnya berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi. Kawasan Curug Cibuni Racun memiliki sumber daya tarik lainnya berupa aktivitas menyaksikan alam melalui sebuah shelter yang terbangun dengan baik.

Lingkungannya cukup baik dengan bentang alam yang menyenangkan mata. Udaranya sejuk, suhu sekitar berkisar antara 23-25 derajat celcius. Dengan kondisi alam yang masih asri dan hijau, Anda bisa memperoleh kesegaran yang cukup untuk relaksasi tubuh yang lelah dari aktivitas di kota.

Curug Cibuni Racun masuk ke dalam salah satu tanah adat masyarakat Kampung Pasir Kunci dan Kampung Singkur. Luas kawasan desa mencapai 988.602 hektar. Dengan desa seluas itu, Anda bisa jalan-jalan untuk mengenal lingkungan lebih dekat.

23. Curug Sang Hyang Taraje

Curug Sang Hyang Taraje
Curug Sang Hyang Taraje (Foto : paradisetonight.blogspot.co.id)

Ini dia wisata air terjun di Garut yang unik dan eksotis, namanya Curug Sang Hyang Taraje. Curug ini mimiliki dua air terjun kembar dengan volume air yang cukup besar dan tinggi. Namun, untuk mencapai tempat ini Anda harus sedikit berpetualang karena lokasinya agak tersembunyi. Curug Sang Hyang Taraje terletak di Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan.

Curug Sanghyang Taraje merupakan air terjun permanen, oleh karena itu, pada musim kemarau masih dapat ditemui volume jatuhan yang cukup besar meskipun tidak sebesar pada musim hujan. Pada musim hujan, volume jatuhan airnya sangat besar dan bila baru turun hujan, airnya akan sangat keruh.

Curug Sanghyang Taraje memiliki klasifikasi dominan Segmented dan Ledge yang merupakan bentuk klasik dari satu air terjun. Jatuhan air Curug Sanghyang Taraje yang terbagi menjadi dua dan sama persisi terkadang dapat memunculkan klasifikasi lain, yaitu Twin/Paralel.

24. Tebing Alam Batu Tumpang

Tebing Alam Batu Tumpang
Tebing Alam Batu Tumpang (Foto : infogarsela.com)

Keunikan Batu Tumpang yaitu terdapat pada batu yang menumpang, karena itu pula tempat wisata di Garut yang satu ini dinamakan Batu Tumpang. Tebing Alam Batu Tumpang berada di wilayah Kecamatan Cikajang. Dapat ditempuh dari kota Garut sekitar 1 jam. Batu Tumbang akan ditemui saat menuju tempat wisata pantai Santolo di Pameungpeuk Garut Selatan.

Tebing alam Batu Tumpang berada di wilayah perkebunan, udaranya sejuk dan bebas polusi. Rumah-rumah warga berada tidak jauh di sekitar objek wisata Batu Tumpang. Pemandangan alam di sekitar Batu Tumpang hampir mirip dengan kawasan Puncak Bogor.

Di sekitar tempat wisata Batu Tumpang terdapat warung-warung warga sekitar yang menjual aneka makanan dengan harga standar. Di akhir pekan, para pecinta alam sengaja datang ke tempat ini untuk latihan olah raga panjat tebing.

25. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray
Gunung Cikuray (Foto : youtube.com)

Satu lagi gunung di Garut yang wajib dikunjungi bagi traveler muda dan pecinta alam, yaitu Gunung Cikuray. Objek wisata yang satu ini berada di ketinggian 2821 mdpl. Gunung Cikuray dikenal dengan julukan β€œnegeri di atas awan” karena ketika pagi menjelang, hamparan awan tebal mengelilingi puncak gunung yang sangat indah itu.

Lokasi Gunung Cikuray berada di wilayah Kecamatan Cilawu, Kecamatan Cigedung, Kecamatan Cikajang dan Kecamatan Banjarwangi. Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Garut, trek pendakiannya lebih terjal apabila dibandingkan dengan trek pendakian gunung Papandayan. Puncak gunung Cikuray dapat ditempuh dengan berjalan kaki dalam waktu yang relatif singkat yaitu 4 – 6 jam.

Di akhir pekan atau hari libur, puncak gunung Cikuray selalu dipadati oleh pendaki dan pecinta alam dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka tertarik untuk mendaki gunung Cikuray karena alamnya bersahabat, treknya tidak terlalu panjang namun memiliki pesona keindahan yang luar biasa.

26. Jati Areuy Selfi Cobra (JSC) Malangbong / Jugul Selfie / Puncak Bukit Palahlar

Puncak Bukit Palahlar
Puncak Bukit Palahlar (Foto : instagram @kikiriizky11)

Buat Anda yang suka mencari spot foto kekinian yang lagi hits, bisa mampir ke Jati Areuy Selfi Cobra (JSC) Malangbong. Disini, Anda akan disuguhi penorama perbukitan hijau dengan gardu pandang unik berbentuk love. Lokasinya terletak di Gunung Cipendey, Jl. St. K.A Bumi Waluya, Desa Cikarag, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.30 WIB.

27. Leuwi Jurig

Leuwi Jurig
Leuwi Jurig (Foto : instagram @budi_ryan)

Gak kalah dengan destinasi wisata Pangandaran Jawa Barat, Garut juga punya grand canyon alami bernama Leuwi Jurig. Lokasinya terletak di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

28. Curug Jagapati

Curug Jagapati
Curug Jagapati (Foto : instagram @ynnarfnr_)

Lokasi / alamat : Neglasari, Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat

29. Curug Ciarjuna

Curug Ciarjuna
Curug Ciarjuna (Foto : instagram @ruangtertawa_)

Lokasi / alamat : Panawa, Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat

30. Situ Cihariang

Situ Cihariang
Situ Cihariang (Foto : instagram @lukman_euy)

Lokasi / alamat : Di Google Map tertulis Neglasari, Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tapi, di media sosial ada yang menyebutnya berada di Desa Caringin, Karang Tengah, Sukawening, Kabupaten Garut.

31. Curug Utang

Curug Utang
Curug Utang (Foto : instagram @rovi.iswandi19)

Lokasi / alamat : Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat

32. Curug Nyogong

Curug Nyogong
Curug Nyogong (Foto : instagram @rovi.iswandi19)

Lokasi / alamat : Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat

33. Curug Cikawung / Curug Mala

Curug Cikawung Curug Mala
Curug Cikawung / Curug Mala (Foto : instagram @ali_babah83)

Lokasi / alamat : Desa Girimukti, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat

34. Curug Batu Nyusun / Curug Cisarua

Curug Batu Nyusun
Curug Batu Nyusun / Curug Cisarua (Foto : instagram @juhana_juh)

Lokasi / alamat : Kampung Cikuda, Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut, Jawa Barat

35. Curug Rahong

Curug Rahong
Curug Rahong (Foto : instagram @berikdik)

Lokasi / alamat : Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut (Kawasan Garut Selatan)

36. Cilopang Adventure Camp

photo of the day. Taken by @jaryjr_Around Cilopang.Garut

A post shared by GARUT (@exploregarut) on

Lokasi / alamat : Rancabango, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat

37. Curug Sanghyang Santen

Lokasi / alamat : Pakenjeng, Garut

38. Situ Kabuyutan / Situ Cikabuyutan

Situ Kabuyutan Situ Cikabuyutan
Situ Kabuyutan / Situ Cikabuyutan (Foto : instagram @sintanmeilani)

Lokasi / alamat : Kecamatan Bungbulang, Garut

39. Leuwi Jubleg

Leuwi Jubleg
Leuwi Jubleg (Foto : instagram @mohammadervan)

Lokasi / alamat : Cihikeu, Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat

40. Kamojang Ecopark

Cara selfie step by step : 1. Keluarkan tongsis dan kamera. 2. Setting waktu dikamera kurang lebih 100 detik. πŸ˜‚ 3. Jika pakai topi, jangan lupa dikebelakang kan. 4. Pasang kuda-kuda, jarak antara kaki kiri dan kanan kurang lebih 5 jengkal. 5. Siap difoto. Jangan lupa kamera hp nya dipencet dulu. Kalo gak dipencet nanti gak jadi selfie. Hatur nuhun. . . Regram foto dari @sigitekapratma_ , hatur nuhun kang πŸ™Œ. . . Lokasi foto di Kamojang Ecopark. . . Jangan lupa untuk menjaga kebersihan, mendukung ekonomi lokal dan menghormati budaya setempat ketika kamu datang ke tempat ini, Be a #ResponsibleTraveller. Informasi lebih lengkap seputar pariwisata garut silahkan kunjungi website kita di www.jelajahgarut.com #JelajahGarut

A post shared by Jelajah Garut (@jelajah_garut) on

Lokasi / alamat : Jl. Samarang Garut, Cisarua, Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat

41. Masjid Agung Garut

Masjid Agung Garut
Masjid Agung Garut (Foto : instagram @afwanmzr)

Lokasi / alamat : alan Jendral Ahmad Yani & Jalan Veteran, Paminggir, Garut Kota, Paminggir, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat

42. Lapangan Golf Ngamplang

Lapangan Golf Ngamplang
Lapangan Golf Ngamplang (Foto : instagram @herculesega)

Lokasi / alamat : Kota Kulon, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat

43. Gunung Guntur

Gunung Guntur
Gunung Guntur (Foto : instagram @fidz92)

Lokasi / alamat : Sirnajaya, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat

44. Hutan Mati Gunung Papandayan

Hutan Mati Gunung Papandayan
Hutan Mati Gunung Papandayan (Foto : instagram @winabugi)

Lokasi / alamat : Karamat Wangi, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat

45. Bukit Pilar Angin (Pilar Angin Hill)

Bukit Pilar Angin
Bukit Pilar Angin (Foto : instagram @herculesega)

Lokasi / alamat : Di belakang Bukit Cikajar, Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat

46. Curug Teko Papandayan

Curug Teko Papandayan
Curug Teko Papandayan (Foto : instagram @chepybennington)

Lokasi / alamat : Di kaki Gunung Papandayan, Desa Sinarjaya, Kecamatan Cisurupan, Garut

47. Savana (Padang Rumput) Tegal Panjang Gunung Papandayan

Tegal Panjang
Savana Tegal Panjang (Foto : instagram @gilangmaulanas)

Lokasi / alamat : Kawasan Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat

48. Curug Ciharus

Lokasi / alamat : Dano, Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat

49. Curug Cibadak

Curug Cibadak
Curug Cibadak (Foto : instagram @warmanwardhani)

Lokasi / alamat : Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat

50. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa
Kebun Mawar Situhapa (Foto : instagram @puryafr)

Lokasi / alamat : Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam buka : Pukul 09.00 – 17.00 WIB

51. Kamojang Green Hotel & Resort

Kamojang Green Hotel & Resort
Kamojang Green Hotel & Resort (Foto : instagram @hellzter)

Lokasi / alamat : Jalan Raya Kamojang No.KM.3, Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat

52. Papandayan Camping Ground

Papandayan Camping Ground
Papandayan Camping Ground (Foto : instagram @panduprat)

Lokasi / alamat : Sirnajaya, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat

53. River Tubing Banjarwangi

River Tubing Banjarwangi
River Tubing Banjarwangi (Foto : instagram @irfanemiel)

Lokasi / alamat : Sungai Cikaengan, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut

54. Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong
Leuwi Tonjong (Foto : instagram @deden_riswan)

Lokasi / alamat : Jayamukti, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat

55. Pantai Cicalobak

Kata kang bro yang satu ini “ngapain ke luar negeri, Indonesia juga indah” hehe betul banget sih, tapi kalo udah punya uangnya mah ke luar negeri aja kenalin Garut dan Indonesia.πŸ™ŒπŸ™Œ . . Regram foto dari @siobay_ terima kasih telah menandai kita ,keep discover Garut The Preanger Paradise. Selalu jaga kebersihan dan pelihara lingkungan ini saat anda mengunjunginya,always be a #ResponsibleTraveller. Lokasi Pantai Cicalobak, Kecamatan Mekar Mukti, Kabupaten Garut. Untuk informasi lebih jelas mengenai pariwisata Garut kunjugi website kita di www.jelajahgarut.com. #JelajahGarut #ExploreGarut #WisataGRT #pantai #cicalobak #beach #Jawabarat #Westjava #Indonesia #glorius #discoverearth #instanusantara #travellingindonesia #backpackerid #instagood #beautiful #reflection #skyporn.

A post shared by Jelajah Garut (@jelajah_garut) on

Lokasi / alamat : Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut

56. Kampung Pulo

rumah adat Kampung Pulo Garut
Ilustrasi rumah adat Kampung Pulo Garut (Foto : instagram @annasbhwna)

Lokasi / alamat : Kompleks Candi Cangkuang, Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut

57. Pantai Karang Tepas

Pantai Karang Tepas
Pantai Karang Tepas (Foto : instagram @shaziranahdaufariah)

Lokasi / alamat : Kp. Cikajar Desa. Kec. Kab., Karangwangi, Mekarmukti, Kabupaten Garut, Jawa Barat

58. Pantai Gunung Geder

Pantai Gunung Geder
Pantai Gunung Geder (Foto : instagram @msgarsel)

Lokasi / alamat : Cijambe, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat

59. Pantai Taman Manalusu

Pantai Taman Manalusu
Pantai Taman Manalusu (Foto : instagram @denz_43)

Lokasi / alamat : Desa Cigadog, Kecamatan Cikelet, Garut

60. Pantai Sancang

Pantai Sancang
Ilustrasi Pantai Sancang (Foto : instagram @ayyatrh)

Lokasi / alamat : Sancang, Cibalong, Garut
Harga tiket masuk : sekitar 10 ribu rupiah
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB

61. Karacak Valley

Karacak Valley
Ilustrasi hutan pinus bukit Karacak Valley (Foto : instagram @yusufspriadi)

Siapa bilang Garut gak punya hutan pinus cantik? Coba deh, Anda sempatkan datang ke Karacak Valley, hamparan pepohonan pinus menjulang tinggi akan bisa Anda temukan. Keindahannya layak disejajarkan dengan Hutan Pinus Bandung dan Hutan Pinus Jogja yang sudah populer terlebih dahulu.

Fasilitas di tempat wisata alam ini terbilang lengkap, sudah tersedia mushola, warung, area istirahat, toilet, area parkir, dan penyewaan peralatan camping / hammock. Lokasi / alamatnya berada di Jl. Karacak Valley, Margawati, Sukanegla, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah.

62. Toast Ngopi

Toast Ngopi
Ilustrasi Toast Ngopi (Foto : instagram @iirakurniasari)

Garut juga punya cafe hits yang asyik buat tempat nongkrong atau pun ngopi lho. Salah satunya Toast Ngopi yang terletak di Jl. Papandayan No.71, Regol, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jam buka setiap hari mulai pukul 17.00 – 22.00 WIB.

63. Food Venue GRIZLE

Food Venue GRIZLE
Ilustrasi Food Venue GRIZLE (Foto : instagram @debbyflestia)

Gak kalah dengan aneka cafe di Bandung yang kekinian, Garut juga punya cafe unik instagramable buat kongkow / hangout bareng teman. Namanya Food Venue GRIZLE di Jalan Jendral A. Yani No.295, Ciwalen, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 13.00 – 21.30 WIB.

64. Nasi Liwet Asep Stroberi

Nasi Liwet Asep Stroberi
Ilustrasi Nasi Liwet Asep Stroberi / Astro (Foto : instagram @infogarut)

Liburan ke Garut belum lengkap rasanya tanpa mencicipi aneka kuliner / makanan khas-nya yang terkenal enak menggoyang lidah. Anda perlu nyobain Nasi Liwet Asep Stroberi (Astro) di Jl. Raya Kadungora, Karangmulya, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sajian nasi liwet hangat beraroma rempah dalam kastrol sungguh menggugah selera. Apalagi dilengkapi degan lauk seperti ayam goreng, bebek goreng, ikan asin, tempe, tahu, sambal dan lalapan, sangat pas buat santap makan siang dikala perut lapar. Susananya juga nyaman, Anda bisa sekaligus menyaksikan panorama sawah khas pedesaan.

65. Pujasega / Pujasera Family Restaurant

Pujasega Pujasera Family Restaurant
Pujasega / Pujasera Family Restaurant (Foto : instagram @pratiwimega18)

Jika Anda datang secara rombongan bersama keluarga atau pun anak-anak, restoran Pujasega bisa menjadi pilihan untuk mengisi perut saat lapar. Areanya lumayan luas, bisa menampung banyak orang. Tempat makan enak bergaya outdoor ini menawarkan menu khas pasundan dan western dengan cita rasa lokal.

Menu andalan yang bisa Anda cobain yaitu nasi timbel plus ikan asin, seafood, dan chicken cordon bleu nan lezat. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Otto Iskandardinata No. 64, Tarogong Pananjung, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.30 – 22.00 WIB.

66. Bukit Alamanda Resort

Bukit Alamanda Resort
Bukit Alamanda Resort (Foto : instagram @bukitalamanda)

Selain Kampung Sampireun dan Kamojang Green Resort, masih ada satu lagi alternatif tempat menginap yang nyaman saat liburan ke Garut, yaitu Bukit Alamanda Resort. Dengan penampilan minimalis, hotel terbaik di Garut ini siap memanjakan Anda melalui pemandangan alam nan indah.

Fasilitasnya pun lengkap, tersedia AC, TV, kamar mandi pribadi, kolam renang, dan lainnya. Ada sekitar 6 suite bungalow dengan desain arsitektur tradisional modern. Harganya lumayan murah kok, mulai 400 ribuan rupiah. Lokasi / alamat Bukit Alamanda Resort terletak di Jl. Raya Samarang KM 5, Mekarluyu, Mekargalih, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

67. Dodol Garut

Dodol Garut
Salah satu varian rasa baru Dodol Garut Merk “Picnic” : Dodol Brownies (Foto : instagram @dodolpicnic)

Setelah puas menjelajahi aneka keindahan pantai, air terjun, dan pesona alam Garut lainnya, saatnya Anda berburu buah tangan buat keluarga di rumah. Nah, salah satu oleh-oleh khas Garut yang terkenal dan wajib dibeli adalah Dodol Garut. Ada banyak sekali merk dan jenis dodol khas Garut, namun Dodol Picnic biasanya menjadi incaran wisatawan.

Anda bisa langsung menuju ke Pabrik Dodol Picnic di Jl. Pasundan 102, Kota Kulon, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.30 – 14.00. Selain membeli dodol, Anda juga bisa ikut melihat proses pembuatan dodol secara langsung.

Nah, itu dia aneka wisata Garut yang menarik, asik, dan seru. Lengkap bukan tempat liburannya? Tak salah bila Garut disebut “Swiss Van Java”. Oya, jangan lupa bagi sobat traveler yang punya info tempat wisata di Garut yang bagus lainnya bisa share melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.