Wahana, Spot Foto Kece, Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Dan Lokasi Tebing Breksi Jogja – Review Lengkap

0 268

Tebing Breksi – Ingin tahu ada apa saja di dalam Tebing Breksi Jogja? Ini review lengkap wahana, spot foto, fasilitas, harga tiket masuk, lokasi / alamat, dan rute jalan menuju ke sana. Bukan hanya berfoto, Anda juga bisa menikmati sensasi naik ATV atau pun keliling memakai mobil Jip.

Ngomongin aneka tempat wisata di Yogyakarta tentu saja tak akan ada habisnya. Hampir setiap saat, selalu muncul spot-spot baru yang bagus untuk liburan. Satu diantaranya adalah Tebing Breksi. Lokasi bekas tambang batu alam ini semakin ngehits dan populer dikenal banyak orang.

Sesuai namanya, Tebing Breksi berupa tebing batu dengan ciri khas berupa pahatan / ukiran batu berbentuk naga dan wayang. Tersedia pula tangga untuk naik hingga puncak tebing. Saat Anda naik mencapai puncak tebing, maka akan tampak landscape Kota Yogyakarta, Gunung Merapi, Candi Barong, Candi Prambanan, serta Candi Sojiwan.

Tebing-Breksi-Jogja
Tebing Breksi Jogja (Foto : instagram @tebing_breksi)

Review Sejarah, Spot Foto, Wahana, Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Dan Lokasi Tebing Breksi Jogja

Tebing Breksi termasuk salah satu destinasi wisata Jogja terbaru yang sukses menarik cukup banyak wisatawan. Kabarnya, jumlah wisatawan yang berkunjung dalam satu harinya bisa mencapai 5 – 15 ribuan orang. Banyak banget bukan? Nah, kira-kira seperti apa seh keistimewaan tebing ini? Kok bisa diminati oleh banyak traveler? Yuk, simak ulasannya berkut.

Sejarah Singkat Berdirinya Tebing Breksi Jogja

Mungkin tak banyak orang tahu, bahwa Tebing Breksi dulunya merupakan sebuah lokasi pertambangan batu alam / batu breksi / batu kapur. Pada tahun 2014, penambangan tersebut dihentikan oleh pemerintah demi menjaga kelestarian lingkungan. Hal tersebut di dasari oleh sebuah hasil penelitian bahwa batuan breksi di sana berasal dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Pada tahun 2015, Tebing Breksi diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwana X sebagai kawasan wisata. Pada awalnya, daya tarik tebing ini baru sebatas “Tlatar Seneng” dan Ukiran Naga / Wayang pada dinding tebing.

Namun, seiring berjalannya waktu, Tebing Breksi kini mempunyai wahana dan fasilitas yang lengkap. Bahkan, nama Tebing Breksi semakin hits sebagai salah satu spot foto di Jogja yang instagramable favorit wisatawan. Terbukti dengan banyaknya foto-foto berlatar tebing yang beredar di media sosial baik dalam rangka prewedding, nikahan, atau pun liburan.

Selain Tebing Breksi, Anda juga bisa sekali-kali berkunjung ke area bekas tambang lainnya yang akhirnya populer sebagai destinasi wisata seperti Telaga Biru Semin, Brown Canyon Semarang, Danau Quarry Bogor, dan Danau Kaolin Belitung.

Spot Foto Instagramable Dan Wahana Seru Yang Ada Di Dalam Tebing Breksi Jogja

1. Spot Foto Ukiran / Pahatan Naga

Keunikan Tebing Breksi Jogja adalah adanya ukiran / pahatan pada dinding tebing yang berbentuk naga. Ukiran tersebut berada di antara tangga naik ke atas tebing dan tampak begitu instagenic. Tak ayal, pahatan naga tersebut pun menjadi salah satu spot favorit wisatawan untuk berfoto.

2. Spot Foto Ukiran / Pahatan Wayang

Bukan hanya bentuk naga, ada juga pahatan dinding tebing (relief) berbentuk wayang. Spot wayang ini pun kerap menjadi latar berfoto para wisatawan. Dengan adanya kedua spot foto keren tersebut, tampaknya Tebing Breksi cocok sekali dijadikan sebagai tempat prewedding di Jogja khusus untuk konsep outdoor. Anda bisa membawa properti tambahan seperti pakaian, aksesoris, payung, topi, kacamata, sepeda, atau pun lainnya.

3. Spot Bunga Sakura

Pengelola Tebing Breksi bisa dibilang cukup cekatan dan sigap dalam menambah aksesoris spot foto. Satu diantaranya adalah spot foto bunga sakura yang berpadu cantik dengan batuan tebing serta pagar bertuliskan Tebing Breksi. Gak kalah kece bila dibandingkan spot sakura di The Lost World Castle.

4. Spot Foto Bangku Kayu Dan Nama Jalan Tebing Breksi

Objek wisata kekinian dengan sajian spot foto instagramable memang sedang ngetrend dikalangan traveler muda. Tak ayal, hampir setiap pengelola destinasi wisata berusaha menawarkan spot terbaik untuk memanjakan pengunjung dalam berselfie.

Nah, seakan tak mau kalah dengan Pule Payung Kulon Progo dan The World Landmarks Merapi Park di Kawasan Kaliurang, Tebing Breksi kini sudah punya sejumlah spot foto tambahan. Satu diantaranya berupa bangku kayu beserta aksesoris berupa papan nama jalan bertuliskan Tebing Breksi.

5. Spot Foto Bentuk Love

Satu lagi spot foto baru nan kece di Tebing Breksi, yaitu bentuk love atau simbol hati. Anda bisa duduk di tengah sambil bergaya dengan latar properti bentuk hati yang dipenuhi bunga berwarna pink dan daun hijau. Di bagian bawahnya terdapat pagar kayu bertuliskan Tebing Breksi. Keren banget deh!

6. Spot Foto Bareng Burung Hantu (Owl)

Buat Anda yang pemberani, bisa mencoba sensasi foto bersama burung hantu. Tak usah kuatir akan ketajaman cakar atau pun paruhnya, pasalnya ada pawang dari warga sekitar yang akan mendampingi selama berfoto.

7. Spot Sunset Dan Landscape Kota Yogyakarta Dari Ketinggian

Berbeda dengan Tebing Keraton di Bandung yang menyajikan panorama hamparan hutan pinus nan hijau, Tebing Breksi justru menyuguhkan landscape pemandangan Sunset dan Kota Yogyakarta (arah barat). Jika Anda mengarahkan pandangan ke arah utara, maka akan tampak Candi Prambanan, Candi Boko, Candi Barong, dan Gunung Merapi.

Untuk menikmati keindahan tersebut, Anda harus naik melalui ratusan tangga hingga mencapai puncak tebing. Di atas tebing sudah tersedia beberapa bangku dan pendopo kecil untuk istirahat. Ada juga bermacam-macam pepohonan yang kabarnya ditanam oleh perwakilan negara di dunia. Keren banget bukan?

Suasana Tebing Breksi akan semakin syahdu saat malam tiba. Kerlap-kerlip lampu kota Yogyakarta (city light) tampak ciamik dari kejauhan. Pantas rasanya memasukkan tebing ini ke dalam daftar objek wisata malam Jogja yang romantis. Apalagi, jam bukanya selama 24 jam, jadi bisa ke sini kapanpun selagi ada waktu.

Baca Juga :

8. Spot Foto Ayunan

Ada satu lagi spot foto baru di Tebing Breksi Jogja, yaitu ayunan berwarna putih cantik. Saat menaikinya, Anda akan olah-olah sedang berayun di ketinggian atau duduk bergelantungan di udara. Keren banget deh, cocok buat mengisi feed instagram Anda agar semakin hits.

9. ATV

Selain spot foto, Tebing Breksi Jogja ternyata punya beberapa wahana seru untuk liburan. Misalnya saja ATV dengan tarif / harga sewa sebesar 50 ribu rupiah selama 20 menit, 80 ribu rupiah selama 40 menit, dan 100 ribu rupiah selama 1 jam.

10. Mobil Jeep

Ingin mengeksplore beberapa objek wisata di sekitar Tebing Breksi Jogja? Anda bisa memakai wahana mobil Jeep dengan pilihan rute pendek, menengah, atau pun panjang. Perjalanan akan dimulai dari Tebing Breksi menuju ke destinasi wisata pilihan seperti Candi Barong, Spot Riyadi, Candi Ijo, Candi Banyunibo, Tebing Banyunibo, Rumah Dome Teletubies, Bukit Teletubies, Selo Langit, dan lainnya.

11. Camping Ground Watu Tapak (Watu Tapak Camp Hill Jogja)

Bukan sekedar tempat untuk selfie, Tebing Breksi juga bisa lho dijadikan lokasi untuk camping / kemah sekaligus menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Di sini, terdapat wahana Camping Ground Watu Tapak (Watu Tapak Camp Hill Jogja) dengan pemandangan alam dan sunset nan indah. Mengingat cukup luas, Camping Ground ini juga bisa untuk acara pesta pernikahan atau event lainnya.

12. Tlatar Seneng (Amphitheater)

Wahana bernama Tlatar Seneng ini berupa sebuah amphitheater atau panggung pertunjukan terbuka yang dilengkapi dengan tempat duduk dari batu setengah melingkar. Sekilas, bentuknya mirip panggung pertunjukkan di Hutan Pinus Mangunan.

Tlatar Seneng digunakan untuk arena pagelaran seni budaya, konser musik, kopdar komunitas, atau pun acara tertentu yang membutuhkan area luas.

Fasilitas Yang Terdapat Di Dalam Tebing Breksi Jogja

Bukan hanya memiliki spot foto keren dan wahana seru, Tebing Breksi Jogja juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya seperti warung makan, mushola, tempat parkir luas untuk menampung bus besar, dan toilet.

Untuk kedepannya, ikon tempat wisata di Sleman terbaru ini kabarnya akan ditambah gedung pertemuan, penginapan, danau buatan, hingga bangunan melingkar di area parkir agar wisatawan tak kehujanan atau pun kepanasan. Bakal asyik banget deh kayaknya liburan ke sini.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Tebing Breksi Jogja

Harga tiket masuk ke dalam Tebing Breksi Jogja dibanderol sekitar Rp. 5.000,- per orang. Untuk parkir Anda masih harus bayar lagi ya! Kemudian, ada juga beberapa spot foto yang harus bayar. Jadi, siapkan saja uang yang cukup kalau akan berkunjung ke sana. Jam buka Tebing Breksi selama 24 jam sehingga Anda bisa datang kapan saja, baik pagi, siang, sore, atau pun malam hari.

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Ke Tebing Breksi Jogja

Tebing Breksi berlokasi di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya terletak sekitar 1 km dari Candi Ijo. Rute jalan menuju Tebing Breksi terbilang mudah, apalagi jalan ke arah sana sudah mulai diperbaiki. Ya, walaupun perlu nanjak-nanjak sedikit mengingat keberadaannya di area perbukitan.

Dari Kota Yogyakarta, Anda tinggal arahkan kendaraan menuju Candi Prambanan melalui Jl. Jogja – Solo. Lalu setelah sampai di pertigaan Candi Prambanan, Anda belok kanan ke Jl. Prambanan – Piyungan. Ikuti jalan tersebut hingga ketemu papan petunjuk arah ke Tebing Breksi. Ikuti saja terus petunjuk itu hingga sampai di lokasi. Jika bingung, Anda bisa tanya ke warga sekitar atau lihat gambar peta lokasi Google Map berikut

Tips Berkunjung Ke Tebing Breksi Jogja

Meskipun sudah memiliki fasilitas lengkap, namun ada baiknya Anda membaca beberapa tips liburan sederhana dari saya berikut ini. Tips ini ditujukan agar aktivitas wisata Anda menjadi nyaman dan berjalan lancar tanpa adanya halangan / hambatan.

  • Hafalkan rute jalan menuju ke Tebing Breksi dan siapkan peta Google Map agar waktu Anda berjalan efisien. Jika perlu, ajaklah teman yang sudah pernah ke sana. Bila ada uang, Anda tinggal memakai jasa travel wisata sehingga tak perlu repot-repot mencari tempatnya.
  • Mengingat lokasinya berupa area terbuka, maka sebaiknya Anda datang saat cuaca cerah, hindari datang ketika hujan atau pun gerimis. Untuk menghindari panas matahari, Anda bisa berkunjung pada pagi, sore, atau pun malam hari.
  • Pakailah pakaian casual yang nyaman untuk bergerak dan menyerap keringat karena Anda akan banyak gerak melewati tangga untuk naik ke puncak tebing. Kesan trendy dan modis tetap harus Anda perhatikan agar saat berfoto menghasilkan gambar yang bagus.
  • Jika Anda datang siang hari, bawalah topi, payung, atau pun kacamata hitam untuk menghindari sengatan cahaya matahari.
  • Bawalah kamera terbaik Anda beserta perlengkapan lainnya seperti tripod, tongsis, lensa, dan baterai cadangan.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya agar tak terlalu berat saat berjalan menaiki tangga ke atas tebing.
  • Apabila Anda memakai kendaraan pribadi, pastikan kondisinya dalam keadaan baik layak jalan.
  • Bagi Anda yang ingin kenyamanan, sebaiknya hindari berkunjung pada hari libur atau weekend. Datanglah saat hari biasa dimana kondisinya tak terlalu ramai sehingga bebas mengeksplore setiap sudut Tebing Breksi.

Demikianlah review singkat tentang wahana, spot foto, fasilitas, harga tiket masuk, lokasi / alamat, serta rute jalan menuju ke Tebing Breksi Jogja. Buat sobat traveler yang sudah pernah ke sana, bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Sekian info wisata kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.