Review Lengkap Dusun Semilir Eco Park! Wahana, Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Dan Alamat Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang

0 1,747

Dusun Semilir – Ingin tahu ada apa saja di dalam Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang? Ini review lengkapnya, dari mulai wahana, spot foto instagramable, fasilitas, harga tiket masuk, dan rute jalan menuju alamat / lokasi Dusun Semilir Eco Park.

Ngomongin aneka destinasi wisata Semarang seakan tak ada habisnya. Pasalnya, hampir setiap saat daerah ini selalu memunculkan spot baru yang kece abis, satu diantaranya adalah Dusun Semilir Eco Park. Daya tarik utama objek wisata ini berupa 7 bangunan unik nan megah dari besi dan kaca dengan bentuk arsitektur mirip stupa Candi Borobudur.

Review Wahana, Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Dan Alamat Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang

Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang
Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang (Foto : instagram @dusunsemilir)

Pembangunan Dusun Semilir nampaknya mengusung tema “one stop destination” dimana pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai wahana atau pun fasilitas super lengkap. Dari mulai wahana bermain, spot foto, kuliner, belanja, mini zoo, miniatur kampung Eropa, area outbond, hingga penginapan akan tersedia semua di sini.

Wahana Dan Spot Foto Instagramable Di Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang

Meskipun baru dibuka dan masih dalam tahap pengembangan, namun wahana di Dusun Semilir Eco Park sudah cukup memadai. Untuk ke depannya, setidaknya ada 9 wahana yang bisa Anda jelajahi bersama keluarga atau pun sahabat, antara lain :

1. Warisan Indonesia

Spot wahana yang satu ini berisi barang souvenir dan kerajinan, seperti keramik, batik, tas, ornamen, dan patung dari seluruh penjuru Indonesia. Pengunjung bisa membelinya sebagai salah satu alternatif oleh-oleh khas Semarang. Selain belanja souvenir, Anda juga bisa berfoto di sini karena interiornya lumayan instagenic.

2. Gunungan Resto

Wahana ini berupa restoran dengan pemandangan hutan dan 5 gunung sehingga akan memberikan pengalaman liburan yang mengasyikkan.

3. Jembatan Senggol / Teras Gunung

Jembatan ini terbuat dari kayu dengan desain instagramable sehingga cocok banget dijadikan spot foto selfie. Tak hanya itu, di kanan-kirinya terdapat penjual makanan. Asyik banget kan, jeprat-jepret sambail ngemil?

Kabarnya, pengunjung bakalan dimanjakan dengan aneka kuliner Semarang yang lezat menggoyang lidah. Ada juga jajanan khas daerah atau pun makanan modern kekinian lho seperti es krim gelato dan cumi bakar.

4. Sepoi-Sepoi Resto / Gunungan FoodPark

Sama dengan Gunungan Resto, spot ini berupa tempat makan yang menyajikan aneka makanan enak sebagai pengisi perut dikala lapar.

5. Pet Village

Wahana ini nantinya akan berisi berbagai hewan-hewan unik dan lucu. Kabarnya, Dusun Semilir telah menyiapkan 20.000 meter persegi untuk menampung aneka satwa lokal atau pun import untuk memanjakan pengunjung anak-anak dan keluarga.

6. PlayPark

Tak mau kalah dengan Saloka Fun Park Tuntang, Dusun Semilir juga menyiapkan area bermain bagi balita hingga anak-anak remaja. Bahkan, beberapa permainan tradisional pun akan disediakan di sini dalam rangka belajar budaya lokal.

7. Banyu Biru

Wahana Banyu Biru menyajikan sebuah danau buatan yang dilengkapi dengan air mancur menari, bantal taman, gazebo, dan perahu. Pengunjung diharapkan dapat menikmati keindahan danau tersebut sambil berfoto-foto serta bersantai.

8. Panggung Festival

Wahana ini diperuntukkan sebagai tempat acara event khusus, pertunjukan musik, festival, ataupun gathering perusahaan. Lahannya pun terbilang luas, memungkinkan untuk menampung hingga 5000 orang sekaligus.

9. Kolam Air

Spot foto ini terbilang unik dan keren, pasalnya di dalam kolam air terdapat pijakan dan patung kayu. Cocok buat latar berfoto pengisi instagram.

Fasilitas Di Dalam Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang

Selain wahana belanja, kuliner, permainan, outbond, dan spot foto, Dusun Semilir Eco Park juga dilengkapi fasilitas lainnya seperti mushola, tempat parkir, toilet, bahkan kabarnya ada penginapannya. Rencananya akan ada sekitar 70 villa glamping bernuansa alami yang akan memanjakan pengunjung.

Baca Juga :

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang

Harga tiket masuk ke Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang sebenarnya murah meriah, hanya 5 ribu rupiah. Tapi, untuk berbelanja dan membeli makanan, pengunjung harus memakai kartu (Top Up Card). Untuk biaya top up pertama sebesar 50 ribu rupiah, dengan rincian 10 ribu rupiah untuk deposit dan 40 ribu rupiah saldo belanja.

Jam buka Dusun Semilir mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB (weekdays) dan pukul 09.00 – 22.00 WIB (weekend Sabtu – Minggu / hari libur nasional).

Alamat / Lokasi Dan Rute Jalan Menuju Ke Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang

Alamat Dusun Semilir Eco Park terletak di Jl. Soekarno Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya terbilang cukup strategis, tepat di samping jalan utama Semarang – Surakarta / Solo / Yogyakarta.

Rute jalan menuju Dusun Semilir cukup mudah, dari exit Tol Bawen, Anda tinggal belok kanan (utara) menuju jalan utama menuju Semarang (sekitar 1,5 km), maka nantinya Dusun Semilir Eco Park bisa ditemukan di kiri jalan. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat gambar peta lokasi berikut :

Aktivitas Wisata Di Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang

Dari uraian wahana dan fasilitas di atas, ada cukup banyak kegiatan liburan yang bisa Anda lakukan selama berada di Dusun Semilir, antara lain berfoto, belanja souvenir / barang kerajinan, menikmati aneka kuliner khas legendaris, bermain, outbond, gathering kantor / keluarga, dan bermalam bersama keluarga.

Tips Berkunjung Ke Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang

Sebelum Anda berkunjung ke Dusun Sumilir, ada baiknya membaca terlebih dahulu beberapa tips liburan dari saya. Termasuk aturan-aturan apa saja yang wajib Anda patuhi selama berada di sana.

  • Berkunjunglah saat hari biasa, hindari hari libur atau weekend karena akan sangat tidak nyaman dalam menikmati setiap spot yang ada mengingat banyaknya pengunjung.
  • Datanglah saat cuaca cerah sehingga bisa menghasilkan foto yang bagus.
  • Pakaialah pakaian casual dan nyaman, sehingga mudah bergerak sekaligus dapat menyerap keringat mengingat cuaca saat siang hari relatif panas.
  • Siapkan kamera terbaik Anda beserta persediaan baterai atau pun memory card.
  • Jagalah kebersihan, buang sampah pada tempatnya
  • Bagi Anda para perokok, harap merokok pada tempat yang telah disediakan
  • Tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar.
  • Bawalah uang yang cukup untuk mengisi saldo kartu karena transaksi di dalam Dusun Semilir mamakai Top Up Card.
  • Cek alamat / lokasi Dusun Semilir secara lengkap beserta jalur / rute yang akan Anda lalui sehingga bisa sampai di sana tepat waktu. Datanglah sedari pagi agar Anda memiliki waktu relatif lama dalam mengeksplore setiap sudutnya.

Demikianlah review singkat tentang Dusun Semilir Eco Park Bawen Semarang yang akhir-akhir ini lagi hits banget dikalangan traveler muda, terutama pecinta media sosial (baca : medsos) seperti instagram atau pun facebook. Buat Anda yang punya informasi tambahan, bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.