37+ Wahana Seru, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta – Review Lengkap

0 1,220

Taman Mini Indonesia Indah – Ingin tahu ada apa saja di dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta? Inilah review lengkap Taman Mini Jakarta dari mulai wahana, fasilitas, harga tiket masuk, jam buka, lokasi / alamat, dan rute jalan menuju ke sana, beserta gambar / foto.

Siapa seh yang tak kenal dengan Taman Mini? Tempat wisata terkenal di Jakarta ini selalu menjadi incaran wisatawan untuk menghabiskan waktu saat weekend atau pun libur panjang. Bukan hanya melihat rumah adat seluruh daerah di Indonesia, Anda juga bisa seru-seruan bermain air, naik kereta gantung, nonton film, hingga belajar ilmu pengetahuan di sini. Asyik banget, bukan?

Daftar Wahana Seru, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta

Taman-Mini-Indonesia-Indah
Ilustrasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta (Foto : instagram @keretagantung)

Taman Mini mempunyai luas sekitar 150 hektar dengan sajian utama berupa anjungan seluruh propinsi yang ada di seluruh Nusantara. Jadi, bisa dibilang TMII merupakan miniatur kebudayaan Indonesia dalam bentuk kecil. Keren banget ya! Taman ini juga dilengkapi dengan wahana permainan seru dan fasilitas lainnya untuk memanjakan pengunjung. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, simak ulasannya berikut.

Wahana Seru Yang Ada Di Dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta

Anjungan Daerah

Anjungan Daerah merupakan kumpulan rumah adat tradisional dari semua provinsi yang ada di seluruh Indonesia, jumlahnya sekitar 33 buah. Arsitektur bangunan di sini benar-benar dibuat mirip rumah aslinya. Bahkan, kabarnya rumah Aceh Cut Meutia langsung dibawa dari Nangroe Aceh Darusallam lho.

Di kawasan anjungan, wisatawan bisa melihat-lihat keanekaragaman budaya yang ada di Nusantara. Di dalam rumah biasanya digunakan sebagai ruang pameran benda sejarah, pakaian adat, peralatan kesenian, hasil kerajinan, dan benda-benda budaya lainnya.

Istana Anak Anak Indonesia

Sebagai salah satu tempat wisata anak di Jakarta yang paling bagus tentu saja TMII dilengkapi dengan berbagai wahana permainan seru. Salah satunya adalah Istana Anak Anak Indonesia. Sesuai dengan namanya, wahana ini menyuguhkan berbagai permainan menarik dan seru bagi anak-anak.

Bangunannya yang keren mirip istana dalam film-film dongeng ala disney membuat siapapun akan terkagum-kagum. Kira-kira ada wahana permainan apa saja ya di dalam Istana Anak Anak Indonesia? Berikut ini daftar lengkapnya :

  • Kereta Api Kelinci
  • Mandi Bola
  • Kolam Renang Sendang Sejodo
  • Bumper Car
  • Air Plane
  • Monorail
  • Komedi Putar
  • Roda Tamasya
  • Kiddy Boat
  • Baterry Car
  • Pesawat Capung
  • Fancy Animal
  • Giring Ombak
  • ATV Motor
  • Roller Coaster
  • Kapal Ayun

SnowBay Water Park

Untuk memanjakan pengunjung, Taman Mini Indonesia Indah juga dilengkapi dengan waterpark bernama SnowBay Water Park. Konsep atau tema yang diusung oleh SnowBay berupa salju sehingga hampir sebagian besar interiornya tampak putih layaknya salju.

Di dalamnya terdapat wahana permainan air yang seru banget, dari mulai The Cruise Pool (kolam renang), Snow Fun Party (bermain busa), Giant Tube Race (perang air), Thypoon River (kolam arus), Cool Running (seluncuran), hingga Boombaster (ember air raksasa).

Asyiknya lagi, SnowBay juga punya kolam ombak yang tak kalah keren dengan Jogja Bay di Yogyakarta. Kolam ini mempunyai tujuh jenis ombak hingga ketinggian sampai 3 meter. Buat anak-anak, tersedia kolam permainan air tots pool, play pool, dan kids pool. Pas banget deh buat menghabiskan waktu bareng keluarga atau pun sahabat.

Selain wahana permainan air, SnowBay Water Park juga punya fasilitas lainnya seperti cafe Polaris, SnowBay Kitchen, VVIP dan VIP cabana yang dilengkapi LCD TV, fasilitas Wi-Fi, personal butler, personal safe deposit box, gazebo, locker tempat menyimpan barang-barang bawaan, dan took souvenir yang menjual perlengkapan renang serta lainnya.

Theater IMAX Keong Emas

Wahana Theater IMAX Keong Emas dibangun dengan tujuan sebagai sarana wisata edukasi / pendidikan bagi anak-anak. Gedung berbentuk keong mas raksasa ini menawarkan pemutaran film berteknologi canggih berupa sinematografi modem Proyektor IMAX. Saat menyaksikan film di sini, penonton akan merasa berada di dalam film tersebut.

Tema film yang diputar di Theater IMAX Keong Emas tentu saja yang berhubungan dengan pendidikan. Anda dapat menonton film lokal tentang kekayaan alam dan kebudayaan Indonesia atau pun film luar seperti To Fly, Speed, Blue Planet, The Living Sea, Forces of Nature, T-Rex, The First Emperor of China, Island Adventure, dan Mistic India.

Taman Legenda Keong Emas

Selain Istana Anak Anak Indonesia, objek wisata di Taman Mini Indonesia Indah lainnya yang asik dikunjungi anak-anak adalah Taman Legenda Keong Emas. Di sini, putra-putri Anda akan dimanjakan berbagai wahana permainan seru atau pun edukasi yang menyenangkan. Misalnya saja Petualangan Dinosaurus.

Ikon dari Taman Legenda Keong Emas berupa bianglala yang cukup tinggi bernama Mata Legenda, mirip dengan wahana di Saloka Theme Park Jawa Tengah. Daftar wahana permainan di dalam Taman Legenda antara lain :

  • Petualangan Dinosaurus
  • Mata Legenda
  • Nirwata Kisar
  • Kapal Bajak laut
  • Kereta Beos
  • Ulat Selur
  • Anak Tirta

Kereta Gantung

Meskipun tak punya wahana ekstrim seperti di Dufan Ancol atau Trans Studio Bandung Jawa Barat, namun bukan berarti Anda tak bisa menguji nyali keberanian di TMII. Pasalnya, di sini punya wahana yang lumayan memacu adrenalin berupa Kereta Gantung. Hampir setiap liburan, wahana ini menjadi salah satu favorit wisatawan.

Kereta Gantung TMII berjalan bergelantungan pada sebuah tali lurus dan hanya bisa menampung 4 orang. Saat menaikinya, Anda akan bisa melihat Taman Mini dan danau buatan dalam bentuk peta Indonesia dari ketinggian. Oya, pastikan Anda tak terlalu banyak gerak secara berlebihan ketika berada di dalam kereta gantung karena bisa berbahaya.

Sky World

Sky World merupakan wahana baru di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang menyuguhkan ilmu pengetahuan tentang dunia luar angkasa. Jika Anda pernah berkunjung ke Planetarium Jakarta, Taman Pintar Jogja, dan Observatorium Bosscha Bandung maka Sky World ini bisa menjadi pelengkap penambah wawasan baru tentang astronomi.

Ada apa saja seh di dalam Sky World? Saat memasukinya, Anda akan dimanjakan dengan berbagai gambar-gambar astronomi dan pengalaman berkeliling ke ruang jelajah antariksa untuk menemukan planet-planet baru. Sky World mempunyai 3 ruang utama, yaitu Exhibition Room, Photo 3D, dan Planetarium Room.

Aneka Museum

Sebagai saran edukasi bagi generasi muda agar tak mudah melupakan sejarah, maka Taman Mini Indonesia Indah dilengkapi dengan aneka museum. Kira-kira ada museum apa saja ya di TMII? Di dalam TMII kurang lebih terdapat 14 museum bertema ilmu pengetahuan, kehidupan, sosial masyarakat, budaya dan peradaban, teknologi dan lain sebagainya. Berikut ini daftar museum tersebut :

  • Museum Indonesia
  • Museum Keprajuritan
  • Museum Prangko Indonesia
  • Museum Pusaka
  • Museum Transportasi
  • Museum Listrik dan Energi Baru
  • Museum Telekomunikasi
  • Museum Olahraga Nasional
  • Museum Asmat
  • Museum Timor-Timur
  • Pusat Peragaan IPTEK
  • Museum Minyak dan Gas Bumi (GAWITRA)
  • Museum Penerangan
  • Bayt AL-QUR’AN dan Museum Istiqlal

Setiap museum tersebut memiliki keunikan tersendiri, misalnya saja Bayt AL-QUR’AN dan Museum Istiqlal yang punya koleksi Al Quran terkecil se-Indonesia. Al Quran tersebut berukuran sekitar 1 x 1,5 cm, kecil banget bukan? Untuk membacanya, sepertinya Anda akan membutuhkan kaca pembesar.

Selain di TMII, sebenarnya masih banyak museum bagus di Jakarta untuk sarana belajar sejarah, seni, budaya, atau pun lainnya. Contohnya Museum Fatahillah punya koleksi benda-benda sejarah Kota Jakarta dan Museum Macan yang menampilkan pameran karya seni modern dan kontemporer.

Dunia Air Tawar

Berbeda dengan Sea World di Taman Impian Jaya Ancol yang manyajikan aneka hewan laut, Dunia Air Tawar TMII menawarkan koleksi keanekaragaman hayati air tawar. Taman biota air tawar terbesar di Asia ini menyimpan sekitar 6.000 ekor dari 126 spesies makhluk hidup dari mulai tanaman air, reptilian, crustacean, hingga ikan.

Contoh koleksi dari Indonesia antara lain Arwana / Siluk (scleropages formosus), hiu gergaji (pristis microdon), tapah (wallago Leeri), ikan sumpit, dan ikan buntal yang dapat menggelembung seperti balon. Sedangkan koleksi dari luar negeri misalnya : arapaima (arapaima gigas), piranha (serrasaimus) dari sungai Amazon di Amerika Selatan, ikan chinese high fin (myxocyprinus asiaticus asiaticus) dari sungai Yangtze-Cina.

Taman Burung

Sesuai dengan namanya, wahana Taman Burung berisi sekitar 175 jenis dengan jumlah mencapai ribuan ekor burung dari Indonesia bagian Barat atau pun Indonesia bagian timur. Koleksi burung di sini ditata secara zoogeografi sesuai dengan Garis Wallace.

Jika berkunjung ke kubah barat, maka Anda dapat menikmati kicauan burung asal Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali seperti Merak, Beo, Enggang, Elang, dan Jalak Bali. Apabila datang ke kubah timur, Anda bisa melihat burung asal Sulawesi, Maliku dan Papua, misalnya Cendrawasih, Kasuari, Dara Mahkota, Nuri, dan Maleo.

Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia

Wahana museum ini punya bangunan unik menyerupai komodo dengan ukuran panjang sekitar 72 meter, lebar 25 meter, dan tingginya 19,25 meter. Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia punya koleksi berupa satwa reptil dan amfibi seperti komodo, ular sanca, buaya, iguana dan binatang lainnya. Jumlah binatang awetan di dalam museum sekitar 150 jenis.

Taman Budaya Tionghoa

Selain Sky World, ada satu lagi wahana baru di TMII Jakarta yaitu Taman Budaya Tionghoa. Begitu memasukinya, Anda akan benar-benar merasakan nuansa etnik khas Tionghoa. Anda bisa menemukan gazebo danau, sepasang tiang naga, patung Dewi Bulan, patung Kwan Kong, jembatan batu Sampek Eng Tay, perkampungan kecil Tionghoa (pecinan), dan Museum Laksamana Ceng Ho.

Baca Juga :

Fasilitas Yang Tersedia Di Dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta

Sebagai salah satu Theme Park (Taman Wisata) terbesar di Jakarta, Taman Mini memiliki fasilitas super lengkap, dari mulai transportasi, hotel, restoran, tempat ibadah, toko oleh-oleh souvenir / barang kerajinan, area parkir hingga toilet. Secara garis besar, berikut daftar fasilitas pelengkap TMII selain wahana yang sudah dijelaskan di atas.

  • Hotel Desa Wisata
  • Graha Wisata Hostel
  • Resto Puri Caping Gunung
  • Pondok Pecel Madiun
  • Desa Seni Dan Kerajinan
  • Pasar Buku Langka
  • Sasono Utomo
  • Sasono Langen Budoyo
  • Sasono Adiguno
  • Sasana Kriya
  • Teater Tanah Airku
  • Teater Bhinneka Tunggal Ika
  • Perahu Angsa
  • Mobil Wisata / Mobil Keliling
  • Sepeda Wisata

Harga Tiket Masuk, Tarif Wahana, Dan Jam Buka Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta

Harga tiket masuk ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dibanderol sebesar Rp.20.000,- per orang (3 tahun sudah dikenakan biaya), Mobil Rp.15.000,-, Bus / Truk Rp.35.000,-, Motor Rp.10.000,-, dan Sepeda Rp.1.000,-. Jam buka operasional mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB. Adapun tarif wahana permainan dan lainnya di TMII bisa dilihat pada daftar harga di bawah ini.

  • Tiket Pintu Masuk Istana Anak Anak Indonesia Rp. 10.000,-
  • Kereta Api Kelinci Rp. 10.000,-
  • Mandi Bola Rp. 5.000,-
  • Kolam Renang Sendang Sejodo Rp. 20.000,- (Senin – Jumat) dan Rp.25.000,- (Sabtu, Minggu, Hari Libur)
  • Bumper Car Rp. 15.000,-
  • Air Plane Rp. 10.000,-
  • Monorail Rp. 10.000,-
  • Komedi Putar Rp. 10.000,-
  • Roda Tamasya Rp. 10.000,-
  • Kiddy Boat Rp. 10.000,-
  • Baterry Car Rp. 10.000,-
  • Pesawat Capung Rp. 10.000,-
  • Fancy Animal Rp. 10.000,-
  • Giring Ombak Rp. 10.000,-
  • ATV Motor Rp. 10.000,-
  • Roller Coaster Rp. 10.000,-
  • Kapal Ayun Rp. 10.000,-
  • SnowBay Water Park Rp. 140.000,- (Senin – Jumat) dan Rp. 180.000,- (Sabtu, Minggu, Hari Libur)
  • Theater IMAX Keong Emas Rp. 35.000,-/orang (Umum / Biasa) dan Rp. 60.000,-/orang (VIP / Balkon)
  • Taman Legenda Keong Emas Rp. 20.000,- (Senin – Jumat) dan Rp. 30.000,- (Sabtu, Minggu, Hari Libur)
  • Petualangan Dinosaurus Rp. 30.000,-
  • Mata Legenda Rp. 20.000,-
  • Nirwata Kisar Rp. 20.000,-
  • Kapal Bajak laut Rp. 15.000,-
  • Kereta Beos Rp. 15.000,-
  • Ulat Selur Rp. 15.000,-
  • Anak Tirta Rp. 25.000,-
  • Titihan Samirono/Aeromovel Rp. 30.000,- (Senin – Jumat) dan Rp. 40.000,- (Sabtu, Minggu, Hari Libur)
  • Kereta Gantung Rp. 40.000,- (Senin – Jumat) dan Rp. 50.000,- (Sabtu, Minggu, Hari Libur)
  • Kereta Api Mini Rp. 25.000,- (Senin – Jumat) dan Rp. 25.000,- (Sabtu, Minggu, Hari Libur)
  • Teater 4 Dimensi Rp. 20.000,- (Senin – Jumat) dan Rp. 25.000,- (Sabtu, Minggu, Hari Libur)
  • Sky World Rp. 70.000,-/Pax
  • Museum Indonesia Rp. 15.000,-
  • Museum Keprajuritan Rp. 4.000,-
  • Museum Prangko Indonesia Rp. 5.000,-
  • Museum Pusaka Rp. 10.000,-
  • Museum Transportasi Rp. 5.000,-
  • Museum Listrik dan Energi Baru Rp. 10.000,-
  • Museum Telekomunikasi Rp. 2.000,-
  • Museum Olahraga Nasional Rp. 2.000,-
  • Museum Asmat Rp. 10.000,-
  • Museum Timor-Timur Rp. 5.000,-
  • Pusat Peragaan IPTEK Rp. 16.500,-
  • Museum Minyak dan Gas Bumi (GAWITRA) Rp. 15.000,-
  • Museum Penerangan Bebas Biaya / Gratis
  • Bayt AL-QUR’AN dan Museum Istiqlal Bebas Biaya / Gratis
  • Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga Rp. 30.000,-
  • Taman Burung dan Taman Bekisar Rp. 20.000,-
  • Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia Rp. 25.000,-

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta

Lokasi / Alamat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terletak di JL. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia. Untuk Anda yang baru pertama kali akan berkunjung ke sana, tak perlu bingung karena sekarang sudah banyak transportasi umum atau pun online. Agar lebih jelas mengenai rute jalan menuju Taman Mini, Anda bisa melihat gambar peta lokasi dari google map berikut.

Tips Berkunjung Ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta

Meskipun TMII sudah punya fasilitas yang sangat lengkap, namun sebelum pergi ke sana, alangkah baiknya membaca beberapa tips liburan sederhana berikut ini. Luangkanlah waktu sejenak, agar rekreasi Anda berjalan lancar, nyaman, dan menyenangkan.

  • Datanglah lebih awal agar punya banyak waktu untuk menjelajahi berbagai wahana seru di TMII.
  • Mengingat sebagian besar area TMII termasuk outdoor, maka sebaiknya Anda berkunjung saat cuaca cerah.
  • Gunakanlah pakaian casual, mudah menyerap keringat, dan memudahkan dalam bergerak.
  • Sebelum liburan ke TMII, ada baiknya Anda memilih wahana yang akan dicoba sehingga bisa memanfaatkan waktu secara efisien.
  • Mengingat lokasi wahana yang saling berjauhan, maka gunakanlah fasilitas mini bus dari TMII agar Anda tidak kelelahan berjalan kaki. Tarifnya sekitar 10 ribu rupiah sekali jalan (NB : harga bisa berubah sewaktu-waktu).
  • Datanglah secara rombongan, keluarga, atau teman agar liburan Anda menjadi lebih seru dan memudahkan dalam mengabadikan momen dengan ponsel / kamera.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah.
  • Siapkan kamera terbaik Anda untuk mengabadikan setiap momen istimewa bersama pasangan halal, anak-anak, anggota keluarga, dan sahabat.
  • Jika Anda memakai kendaraan pribadi, pastikan kondisinya dalam keadaan baik layak jalan dan hafalkan rute. Jangan lupa siapkan peta google map.
  • Bawalah topi, kaca mata hitam, atau payung jika ingin terhindar dari panas matahari.

Demikianlah review singkat tentang wahana Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang seru, lengkap dengan fasilitas dan harga tiket masuknya. Apabila sobat traveler sudah pernah berkunjung ke sana, jangan lupa bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.