Review Hutan Pinus Mangunan : Spot Foto Kece, Wahana, Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Dan Rute Jalan Ke Lokasi Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul Jogja

0 632

Hutan Pinus Mangunan – Ingin tahu ada apa saja di dalam Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul Jogja? Ini review lengkap dari mulai spot foto kece, wahana, fasilitas, harga tiket masuk, alamat / lokasi, hingga rute jalan menuju ke sana. Suasananya nyaman, setiap sudutnya tampak instagramable, cocok banget buat liburan kekinian ala “anak jaman now”.

Beberapa tahun belakangan ini, kawasan Dlingo Bantul menjadi primadona baru tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi wisatawan. Hamparan pepohonan pinus, sunrise cantik, dan panorama alam dari ketinggian menjadi daya tarik utamanya. Ada banyak tempat menarik di daerah ini yang wajib disambangi, satu diantaranya tentu saja Hutan Pinus Mangunan.

Daftar Spot Foto Kece, Wahana, Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Dan Lokasi Hutan Pinus Mangunan Jogja

Hutan-Pinus-Mangunan-Jogja
Hutan Pinus Mangunan Jogja (Foto : Cahya Legawa)

Bukan hanya kaya akan budaya dan bangunan sejarah, Daerah Istimewa Yogyakarta juga punya keindahan alam yang mengagumkan. Deretan pantai pasir putih, air terjun cantik, perbukitan hijau, hingga hutan pinus nan asri dapat Anda jumpai di sini. Tinggal pilih, mau berkunjung ke mana, sesuai selera Anda.

Jika ingin menikmati udara sejuk dan pepohonan hijau, maka hutan pinus bisa menjadi pilihan tepat. Ada cukup banyak destinasi wisata hutan pinus di Jogja yang menarik untuk dikunjungi, satu diantaranya adalah Hutan Pinus Mangunan. Kira-kira ada apa saja ya disana? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut.

Spot Foto Kece Dan Wahana Di Hutan Pinus Mangunan Jogja

1. Amphitheater / Panggung Pertunjukan

Ciri khas Hutan Pinus Mangunan atau yang dikenal juga dengan nama Hutan Pinus Imogiri ini terletak pada satu wahana berupa Amphitheater / Panggung Pertunjukan. Panggung tersebut di desain secara terbuka, lengkap dengan kursi-kursi kayu melingkar disekelilingnya membentuk setengah lingkaran.

Desainnya yang unik, membuat banyak pengunjung menjadikan Amphitheater ini sebagai spot foto. Bahkan, foto-fotonya sempat viral hingga manca negara lho. Keren banget, bukan?

2. Hammock

Spot Foto Hammock (Foto : Otokb)

Bersantai dengan hammock yang diikatkan pada pohon pinus tentu menjadi hal istimewa saat liburan. Anda bisa menikmati suasana alam sambil tiduran di atas hammock. Bukan hanya bersantai, hammock juga bisa dijadikan spot selfie instagramable.

Nah, jika Anda ingin menikmati liburan dengan hammock, ada beberapa objek wisata Bantul yang bagus untuk dikunjungi, dua diantaranya adalah Hutan Pinus Mangunan dan Puncak Becici. Di sini, Anda bisa memasang hammock secara tunggal atau pun bertingkat ke atas seperti tangga. Deretan hutan pinus yang menjulang tinggi akan semakin menambah kece hasil jepretan kamera Anda.

3. Ayunan

Tak hanya sebagai wahana bermain anak-anak, ayunan ternyata cukup digemari kalangan traveler muda untuk spot berfoto. Apalagi ayunan di dalam hutan pinus, keren banget deh buat lokasi selfie pengisi feed instagram.

4. Gardu Pandang

Gardu pandang pada umumnya terdapat di perbukitan untuk melihat landscape keindahan alam dari ketinggian. Misalnya saja gardu pandang / rumah pohon di Kalibiru Jogja dan Pule Payung Kulon Progo, keduanya memiliki view panorama indah Waduk Sermo hingga perbukitan hijau.

Tapi, tak selamanya gardu pandang terdapat di atas bukit lho, di dalam Hutan Pinus Mangunan juga ada gardu pandang dari kayu. Anda bisa naik ke atasnya melihat deretan pohon pinus menjulang tinggi. Saat suasana berkabut, berfoto di atasnya tampak begitu eksotis. Jika Anda ingin mendapatkan view city light, maka malam harinya bisa pergi ke Hutan Pinus Pengger yang masih berada di daerah Dlingo.

5. Spot Meja Dan Kursi Di Atas Bebatuan

Spot foto kece berikutnya adalah meja dan kursi kayu yang berada di atas lantai bebatuan. Anda bisa duduk di atas kursi untuk berfoto dengan latar pepohonan pinus berkabut. Di sekeliling spot ini juga terdapat tanaman hijau setinggi lutut sehingga menambah kesan cantik.

6. Spot Loket 2 / Rumah Kayu

Meskipun berupa loket karcis masuk, namun spot yang satu ini terlihat bagus sebagai latar berfoto. Bangunannya terbuat dari kayu sehingga berpadu cantik alami dengan pohon pinus disekelilingnya. Apalagi saat suasana berkabut, tambah keren banget!

7. Spot Tulisan Hutan Pinus Mangunan

Berkunjung ke sebuah tempat wisata bagus tentu belum lengkap tanpa mengabadikan momen liburan di sana. Nah, diantara banyaknya spot foto keren di sini, tulisan Hutan Pinus Mangunan termasuk salah satu lokasi yang biasanya digunakan untuk latar berfoto pengunjung. Bukan hanya sekedar tulisan, namun terdapat juga hiasan dan kursi untuk duduk.

8. Spot Kursi Kayu Gelondongan

Walaupun hanya sebuah kursi dari kayu gelondongan memanjang, namun spot ini tampak kece untuk berfoto. Mungkin karena berada di kawasan hutan sehingga tampak alami berpadu cantik dengan pepohonan. Bagus juga lho buat tempat prewedding di Jogja.

9. Spot Jalan Bebatuan

Di Hutan Pinus Mangunan, terdapat jalan setapak dari batu dan kayu untuk memudahkan wisatawan dalam berjalan menyusuri hutan. Jalan ini ternyata tampak kece saat dijadikan lokasi berfoto oleh pengunjung. Berdiri sebentar di atasnya, lalu berpose dengan latar pepohonan pinus yang berdiri tegak menjulang tingga ke angkasa, bisa menjadi pilihan tepat saat ke sini.

10. Jeep Wisata

Selain kawasan wisata Tebing Breksi Sleman Yogyakarta, daerah Mangunan juga tersedia wahana Jeep Wisata untuk menjelajahi beragam objek wisatanya. Anda akan diajak berkeliling mengunjungi Hutan Pinus Mangunan, Kebun Buah Mangunan, atau pun ke rumah hobbit di Seribu Batu Songgo Langit.

Satu mobil jeep biasanya muat untuk 4 orang, dengan tarif / biaya sewa sekitar 300 ribu rupiah. Harga tersebut sepertinya sudah termasuk tiket masuk ke objek wisata, sehingga wisatawan tinggal naik dan menikmati liburan. Durasi perjalanan kalau tak keliru sekitar 1,5 jam.

11. Spot Deretan Pohon Pinus

Hutan pinus memang tempat yang asyik untuk liburan melarikan diri dari rutinitas sehari-hari. Tak hanya suasananya yang sejuk, namun setiap sudutnya tampak begitu instagramable. Cukup berpose diantara deretan pohon pinus, Anda sudah bisa menghasilkan foto bagus untuk mengisi feed instagram agar semakin hits.

12. Taman Bunga

Buat Anda yang suka dengan bunga, spot Taman Bunga ini bisa menjadi pilihan buat berfoto. Ditengah-tengahnya ada semacam area dari batu untuk berdiri atau duduk pengunjung sehingga tak merusak tanaman bunga. Pepohonan pinusnya saja sudah bikin syahdu romantis banget, apalagi ditambah taman bunga ya?

Baca Juga :

Fasilitas Yang Tersedia Di Hutan Pinus Mangunan Jogja

Sebagai primadona dan ikon tempat wisata Dlingo Bantul, Hutan Pinus Mangunan dilengkapi dengan fasilitas memadai, dari mulai mushola, area parkir, tempat sampah, dan toilet. Kabarnya, saat ini tersedia juga warung-warung kecil penjual makanan / minuman.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Hutan Pinus Mangunan Jogja

Harga tiket masuk ke kawasan Hutan Pinus Mangunan Jogja dibanderol sekitar Rp.2.500,-, murah banget bukan?. Untuk tarif parkir sepeda motor sebesar Rp.3.000,-, mobil Rp.10.000,-, dan bus Rp.20.000,-). Apabila ingin melakukan foto prewedding, Anda wajib ijin kepada pihak pengelola dan siapkan biaya administrasi sekitar 50 ribu rupiah. (NB. Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu).

Jam buka Hutan Pinus Mangunan mulai sekitar pukul 06.00 – 17.30 WIB. Apabila Anda ingin mendapatkan suasana berkabut, maka sebaiknya datang pada pagi hari sebelum jam 7 pagi, karena setelah jam tersebut kabut biasanya mengilang. Bisa juga Anda datang ketika musim hujan untuk menikmati hutan pinus penuh kabut. Tapi, Anda harus ekstra hati-hati karena saat musim hujan biasanya jalanan licin.

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Ke Hutan Pinus Mangunan Jogja

Lokasi / Alamat Hutan Pinus Mangunan terletak di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan pinus ini dikenal juga dengan nama Hutan Pinus Imogiri atau Hutan Pinus Nganjir. Tak jauh dari sini, terdapat objek wisata sejenis bernama Hutan Pinus Asri dengan spot foto yang tak kalah kece.

Mengingat belum ada kendaraan umum ke sana, maka Anda harus memakai kendaraan pribadi. Bagi Anda yang berasal dari luar kota, bisa menyewa motor / mobil. Banyak rental kendaraan di Jogja yang menyediakan kendaraan khusus bagi wisatawan. Untuk menuju ke Hutan Pinus Mangunan, setidaknya ada 2 rute jalan yang bisa Anda tempuh, yaitu :

  • Rute 1 : Dari Kota Jogja, Anda langsung ke Jl. Imogiri Timur menuju ke Imogiri. Setelah sampai di pertigaan Imogiri, lalu belok kiri ke arah Makam Raja-raja Imogiri. Ikuti jalan tersebut hingga bertemu pertigaan, kemudian belok kanan ke arah Mangunan. Saat sampai di pertigaan Mangunan, Anda belok kiri ke arah hutan pinus, ikuti hingga sampai ke Hutan Pinus Mangunan.
  • Rute 2 : Dari Kota Jogja, Anda langsung menuju ke arah Jl. Wonosari. Ikuti jalan tersebut hingga sampai ke daerah Patuk Gunung Kidul, lalu belok kanan ke Jalan Dlingo-Patuk menuju hutan pinus. Biasanya, untuk kendaraan besar seperti bus melalui jalur ini karena jalannya lebih lebar.

Kabarnya, jalur 1 juga sudah diperlebar jalannya sehingga bisa dilewati bus. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat gambar peta lokasi Hutan Pinus Mangunan pada Google Map berikut.

Tips Berkunjung Ke Hutan Pinus Mangunan Jogja

Seperti halnya Orchid Forest Cikole Lembang Bandung, Hutan Pinus Mangunan termasuk destinasi wisata outdoor. Meskipun sudah dilengkapi fasilitas lengkap, namun Anda perlu menyiapkan beberapa hal agar liburannya berjalan lancar dan nyaman. Berikut ini beberapa tips sederhana yang wajib Anda ketahui sebelum datang ke sana.

  • Datanglah saat cuaca cerah agar bisa menikmati setiap sudut hutan pinus tanpa adanya gangguan air hujan atau pun kabut tebal.
  • Jika ingin puas mengeksplore hutan ini, sebaiknya datang dari pagi sehingga Anda punya banyak waktu.
  • Hindari datang saat weekend atau hari libur karena biasanya ramai pengunjung. Datanglah saat hari biasa untuk mendapatkan kenyamanan tanpa harus antri berfoto.
  • Pakailah pakaian casual dan sepatu kets yang nyaman dan memudahkan dalam bergerak. Di dalam hutan pinus, Anda akan lebih banyak berjalan / bergerak ke sana kemari untuk mendapatkan spot foto terbaik.
  • Datanglah secara rombongan atau bersama teman agar lebih seru dan mudah meminta bantuan saat berfoto. Kecuali Anda memang ingin menyendiri menikmati alam.
  • Bawalah kamera atau smartphone terbaik untuk mengabadikan momen di sana. Apalagi cukup banyak spot foto keren yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Jangan lupa bawa perlengkapan tambahan jika diperlukan seperti power bank, tongsis, tripod, atau pun aksesoris lain.
  • Bawalah makanan dan minuman dari rumah secukupnya buat bekal. Menjelajahi hutan tentu akan membuat Anda kehausan / lapar.
  • Siapkan kendaraan dalam kondisi prima dan layak jalan.
  • Jika datang saat musim hujan, bawalah payung, jas hujan, dan plastik untuk melindungi kamera / hp.
  • Pastikan Anda hafal rute jalan ke sana sehingga bisa sampai tepat waktu. Jika bingung, Anda bisa mengajak teman yang sudah pernah ke sana dan tanya ke warga sekitar.

Demikianlah uraian singkat tentang Hutan Pinus Mangunan Jogja yang saat ini cukup populer dikalangan wisatawan. Apabila sobat traveler sudah pernah ke sana, bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar sehingga akan membantu orang lain saat liburan. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.