Pusat Info Wisata Terlengkap

50 Tempat Wisata Alam Di Lembang Bandung Barat Yang Paling Bagus Dan Indah

0 17,030

Tempat Wisata Di Lembang – Inilah daftar tempat wisata alam di Lembang Kabupaten Bandung Barat yang paling bagus dan indah. Lengkap dengan foto / gambar terbaru dari media sosial seperti instagram. Anda mungkin tak akan menyangka, ada surga tersembunyi di wilayah ini yang jarang diketahui orang.

Siapa seh yang tak mengenal Lembang? Ikon wisata Bandung ini sudah sangat populer sebagai tempat untuk menghabiskan akhir pekan. Udara sejuk dan alamnya yang sangat indah membuat banyak wisatawan berduyun-duyun datang ke sini.

Nah, pada kesempatan kali ini, Anekawisata akan berbagi informasi mengenai objek wisata alam di kawasan Lembang dan sekitarnya terutama Kabupaten Bandung Barat. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, langsung saja disimak ulasan berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Alam Di Lembang Bandung Barat Yang Paling Bagus Dan Indah

1. Maribaya Natural Hot Spring Resort & Glamping Tent

Curug Maribaya
Curug Maribaya (Foto : IG @warmanwardhani)

Dulu, tempat wisata alam yang bagus ini bernama Maribaya dan tentunya sangat familiar dikalangan warga Bandung. Setelah itu, Maribaya direnovasi ulang dengan penambahan fasilitas hingga wahana dengan tujuan agar pengunjung nyaman.

Dengan wajah baru, Maribaya pun berganti nama menjadi Maribaya Natural Hot Spring Resort & Glamping Tent. Di sini, Anda akan dapat menemukan aneka spot foto keren, food court, family foot spa, vip pool, playground untuk bermain anak, rumah hobbit, kamar rendam, dan lainnya.

Spot Foto Jembatan Gantung di Maribaya Natural Hot Spring Resort
Spot Foto Jembatan Gantung di Maribaya Natural Hot Spring Resort (Foto : IG @yudaydstra)

Sangat cocok sebagai destinasi liburan bareng keluarga saat akhir pekan. Lokasinya berada di Jl. Raya Maribaya No.105/212, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Harga tiket masuk dibanderol sebesar 35 ribu rupiah per orang.

Playground di Maribaya Natural Hot Spring Resort
Playground di Maribaya Natural Hot Spring Resort (Foto : IG @warmanwardhani)

2. Puncak Eurad Pingping

tempat wisata alam di lembang
Tempat wisata alam di Lembang : Puncak Eurad Pingping (Foto : IG @udennana_9kurniawan)

Saat ini, Puncak Eurad Pingping menjadi tempat wisata alam indah di Lembang yang lagi hits banget dikalangan anak muda. Pasalnya, pengunjung akan disuguhi pemandangan bukit asri nan hijau, kebun teh, dan barisan pohon pinus. Ditambah lagi udara yang sejuk, akan membuat siapa saja betah gak mau pulang.

Anda juga bisa berselfie dengan latar foto instagramable karena di sini tersedia spot keren seperti jembatan cinta, miniatur perahu dari bambu, dan barisan pohon pinus yang berjejer rapi mirip dengan Hutan Pinus Kragilan Magelang.

Jika tertarik, Anda bisa datang ke lokasinya di Desa Wangunharja, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Harga tiket masuk selama promosi katanya seh gratis, tapi sebaiknya Anda membawa dana cadangan untuk berjaga-jaga minimal bayar parkir dan beli makanan / minuman.

3. The Lodge Maribaya

Hot Air Balloon di The Lodge Maribaya
Hot Air Balloon di The Lodge Maribaya (Foto : IG @mutiara.tobing)

Inilah tempat wisata terbaik yang wajib dikunjungi bagi para penggemar selfie dengan latar pemandangan alam, namanya The Lodge Maribaya. Alamatnya terletak di Jalan Maribaya No. 149/252, RT. 03 / RW. 15, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Di sini, Anda akan dimanjakan dengan aneka spot foto unik dari mulai Sky Swing berupa ayunan di tepi jurang ala Zen Hideaway Swing Ubud Bali hingga Sky Tree ala Kalibiru Jogja. Ada juga Zip Bike, yaitu bersepeda di atas seutas tali dengan dibawahnya berupa jurang. Asyik bukan?

Sky Swing The Lodge Maribaya
Sky Swing The Lodge Maribaya (Foto : IG @pramanadps)

Tak cukup sampai disitu, Anda juga bisa mencoba wahana baru di The Lodge Maribaya lainnya seperti Hot Air Balloon dan Gantole. Meskipun kedua wahana ini tak sungguhan melayang berjalan di udara, tapi hasil fotonya sangat ciamik. Untuk harga tiket masuk sekitar 25 – 30 ribu, belum termasuk tiket wahana. Jam buka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

4. Curug Ngebul, Rongga, Gunung Halu

tempat wisata di bandung barat
Tempat wisata di Bandung Barat : Curug Ngebul (Foto : IG @hens4m)

Gak nyangka, ternyata masih banyak tempat wisata tersembunyi di sekitar Lembang yang jarang diketahui orang. Salah satunya adalah Curug Ngebul di Sindangjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Air terjun Ngebul ini tampak begitu cantik, tak kalah dengan Curug Melela yang sudah tersohor.

Aliran airnya tampak begitu deras dan alami. Pepohonan dan bebatuan di sekitarnya semakin menambah keelokannya. Curug ini bisa ditempuh sekitar 3 jam perjalanan dari pusat Kota Bandung. Persiapkan fisik dan bekal makanan yang cukup mengingat fasilitas di sini masih minim.

5. Cikahuripan

Cikahuripan
Cikahuripan (Foto : IG @ucup.uliners)

Selain Curug Ngebul, ada satu lagi tempat wisata alam baru di Lembang dan sekitarnya yang masih jarang dikunjungi wisatawan yaitu Cikahuripan. Alamatnya terletak di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Untuk mencapai lokasi, Anda harus berjalan kaki sekitar 1 km dari pintu masuk.

Setibanya disana, Anda akan disambut dengan sebuah aliran sungai kecil dengan tebing-tebing setinggi 10 meteran. Tebing yang terbuat dari batuan purba itu tampak begitu cantik terbentang hingga sejauh 100 meter-an. Sekilas, keindahannya akan mengingatkan Anda dengan Green Canyon Pangandaran.

6. SanGria Resort & Spa

SanGria Resort
Kolam Renang SanGria Resort & Spa (Foto : IG @candrairwan)

Liburan di kawasan Lembang akan terasa lebih menyenangkan bila Anda sekalian menginap di SanGria Resort & Spa. Anda dapat menikmati kolam renang dengan view pemandangan alam yang sangat indah khas Lembang.

Terletak di Jalan Hortikultura No. 88, Jayagiri, Lembang, SanGria Resort & Spa menawarkan kamar dengan perabotan dan lantai kayu yang hangat. Ada juga balkon pribadi, saluran internasional, pemanas air serta koneksi Wi-Fi. Lokasinya strategis dekat dengan Observatorium Bosscha dan Bandara Husein Sastranegara.

7. Clove Garden Hotel

Clove Garden Hotel
Clove Garden Hotel (Foto : IG @distorsia)

Satu lagi hotel di Lembang dan sekitarnya yang cukup nyaman dijadikan tempat bermalam selama liburan yaitu Clove Garden Hotel. Setiap kamar disini memiliki TV kabel layar datar, AC, lemari pakaian, area tempat duduk, meja, dan ketel listrik.

Kamar mandi dalamnya menyediakan fasilitas berupa shower, perlengkapan mandi gratis, dan handuk bersih. Anda bisa juga menikmati kolam renang outdoor, pusat kebugaran, dan WiFi gratis yang dapat diakses di seluruh area hotel. Alamatnya terletak di Jalan Awiligar Raya II, Cibeunying, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

8. Dago Dream Park

Dago Dream Park
Spot foto di Dago Dream Park (Foto : IG @fany_much)

Dago Dream Park adalah tempat wisata alam terbaru di Lembang Bandung yang menyuguhkan spot foto keren seperti layaknya The Lodge Maribaya. Misalnya saja permadani terbang dan zip bike. Puas bernarsis ria, Anda bisa melakukan aktivitas seru dengan mencoba beberapa wahana permainan di sini.

Beberapa wahana Dago Dream Park seperti perahu kora, flying fox, berkuda, panahan, dan lain sebagainya yang bisa digunakan untuk anak-anak hingga orang dewasa. Tak heran, bila Dago Dream Park mulai digemari oleh wisatawan untuk liburan keluarga.

Lokasi dan alamat lengkap Dago Dream Park berada di Jl. Dago Giri KM 2.2, Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, sebelum restoran Lawang Wangi. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah, tapi belum termasuk tiket wahana.

9. Lereng Anteng Panoramic Coffee

Lereng Anteng Panoramic Coffee
Lereng Anteng Panoramic Coffee (Foto : IG @wida_tea)

Ingin hangout? Datang saja ke tempat nongkrong hits di Bandung Barat yang bernama Lereng Anteng Panoramic Coffee. Anda akan bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam perbukitan hijau. Interiornya sebagian terbuat dari kayu, mulai dari meja, lantai, teras, dan lengkap dengan bean bag.

Bila ingin nuansa romantis, Anda bisa memilih outdoor area beratapkan tenda transparan yang terletak pada undakan tangga terasering. Tapi, harus datang ketika malam agar suasananya syahdu dengn kerlap-kerlip lampu dan bintang di langit.

Menu makanan dan minuman yang disajikan di sini juga lengkap dengan harga lumayan murah terjangkau, sekitar 15 – 50 ribuan. Anda bisa mencicipi aneka makanan khas Bandung seperti cireng, misro, kerupuk oncom, dan lainnya. Untuk menu berat tersedia nasi goreng, nasi liwet, nasi ayam tulang lunak, serta nasi ikan tulang lunak.

Untuk minuman cukup banyak variasinya, mulai dari kopi luwak robusta, arabika, green tea, hingga yogurt. Alamat lengkap Lereng Anteng Panoramic Coffee terletak di Kampung Pagermaneuh, RT. 02/04, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB.

10. Tafso Barn

Tafso Barn
Tafso Barn (Foto : IG @indoflashlight)

Satu lagi tempat wisata alam menarik yang lagi hits di Lembang yaitu Tafso Barn. Lokasinya cukup dekat dengan Lereng Anteng, tepatnya di Jl. Baru Laksana No.75, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Cafe baru di Bandung ini mengusung tema rustic bernuansa Eropa. Anda akan menemukan berbagai spot foto bagus untuk selfie atau wefie seperti jembatan, tenda transparan berbentuk sangkar burung, dan lapangan golf mini.

Untuk menu makanan yang tersedia meliputi Indonesian food, western food, dan Japenese food dengan range harga Rp 5000 s/d Rp 55.000. Rugi loh kalau jauh-jauh liburan ke Lembang tapi tak sempat mampir ke cafe unik ini. Tempatnya asyik dan nyaman banget buat kongkow kumpul-kumpul bareng keluarga dan sahabat.

11. Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang
Spot foto di Farm House Susu Lembang (Foto : IG @haffinahaddad)

Farm House Susu Lembang merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi bagi para pecinta selfie. Kenapa? Ada banyak spot foto kekinian ala Eropa yang tersedia di sini mulai dari peternakan khas negara Eropa, Gembok Cinta, Rumah Hobbit, Persewaan Pakaian Gadis Eropa Jaman Dulu, hingga bangunan artistik bernuansa benua Eropa.

Puas bernarsis ria, Anda bisa mampir ke resto yang ada di Farm House untuk menikmati makanan dan minuman. Suasananya nyaman dan enak, ada wifi internetnya juga kalau tak keliru, sehingga Anda bisa langsung update status media sosial dengan mengunggah hasil jepretan kamera Anda.

Lokasi Farm House berada di Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB. Harga tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah, sudah dapat minuman gratis.

12. Venue Gantole, Cililin

Venue Gantole Cililin
Venue Gantole Cililin (Foto : IG @@nofikandriansah)

Bukan hanya kawasan wisata puncak Bogor yang punya destinasi untuk paralayang, Lembang dan sekitarnya pun ada. Namanya Venue Gantole di Singajaya, Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Pada awalnya, lokasi ini difungsikan untuk olah raga paralayang pada saat PON, tapi kemudian dibiarkan begitu saja.

Nah, saat ini Venue Gantole telah dipugar kembali dan dijadikan objek wisata. Dari atas bukit ini, Anda akan bisa melihat pemandangan indah perbukitan hijau. Bila berani, Anda bisa menjajal aktivitas gantole untuk terbang sambil menikmati panorama khas Bandung Barat.

13. Tebing Keraton

Tebing Keraton
Tebing Keraton (Foto : IG @cheriesnugraha)

Dari sekian banyak tempat wisata terindah di Lembang Bandung, bisa dibilang Tebing Keratonlah yang paling bagus. Pasalnya, dari atas tebing inilah Anda dapat melihat hamparan hijau hutan pinus dan sunrise cantik berselimut kabut. Sungguh bagaikan negeri di atas awan!

Tebing Keraton berlokasi di Kampung Cihargem Puncak, Desa Ciburial, Bandung Jawa Barat, tepatnya masih dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda. Dari pintu gerbang Tahura Ir. H. Juanda, Anda bisa mengikuti jalan lurus sepanjang kurang lebih 500 meter, hingga menemukan papan penunjuk jalan. Harga tiket masuk sekitar 11 ribu rupiah.

14. Curug Sirah, Rongga

Curug Sirah
Curug Sirah, Rongga (Foto : IG @mikailzzaky01)

Lokasi Curug Sirah lumayan jauh dari Lembang, tapi masih dalam satu Kabupaten yaitu Bandung Barat. Air terjun ini masih baru belum terjamah oleh banyak wisatawan sehingga pemandangannya masih sangat alami.

15. Curug Omas

Curug Omas
Curug Omas (Foto : IG @hcs.pocus)

Curug Omas merupakan air terjun indah yang berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Dago Pakar. Tepatnya terletak di Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat. Harga tiket masuknya sekitar 8 ribu rupiah per orang.

Dengan ketinggian mencapai sekitar 30 meter, curug ini tampak begitu cantik. Apalagi di atasnya terdapat sebuah jembatan yang dapat digunakan untuk melintas dan melihat air terjun. Bila Anda naik ke jembatan ini, akan terlihat bentangan sungai yang merupakan pertemuan dua aliran sungai yaitu Cikawari dan Cigulun.

16. Floating Market, Lembang

Floating Market Lembang
Taman bunga Floating Market Lembang (Foto : IG @francescology)

Lembang memang selalu memanjakan wisatawan untuk bernarsis ria. Nah, selain Farm House dan The Lodge, Anda juga bisa mampir ke Floating Market di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Di sini, bukan hanya bisa merasakan sensasi pasar apung ala Bangkok atau pun Kalimantan, tapi juga ada banyak spot foto keren yang instagramable banget. Ada taman kelinci, taman bunga, becak mini, miniatur kereta, the rock, dan lain sebagainya. Harga tiket masuknya sekitar 20 ribu rupiah per orang.

17. Orchid Forest

Orchid Forest Lembang
Orchid Forest Lembang (Foto : IG @gunansyahrendy07)

Satu lagi objek wisata alam terbagus di daerah Lembang dan sekitarnya, yaitu Orchid Forest, Jl. Tangkuban Perahu Raya KM.8, Cikole. Dari namanya, Anda tentu sudah bisa menebak kalau destinasi ini menyuguhkan bunga anggrek. Denger-denger seh, Orchid Forest digadang-gadang menjadi hutan anggrek terbesar di Indonesia.

Selain menikmati aneka tanaman anggrek, pengunjung juga akan dimanjakan sengan fasilitas asyik lainnya mulai dari sky bridge, outbond, bangku-bangku kayu layaknya hutan pinus Mangunan Yogyakarta, cafe, hingga camping ground. Tiket masuknya dibanderol 30 ribu rupiah per orang. Harga bisa berubah sewaktu-waktu lho ya!

18. Kebun Bunga Begonia

Kebun Bunga Begonia
Kebun Bunga Begonia (Foto : IG @novilatu_1717)

Kalau Puncak Bogor punya Taman Bunga Nusantara, maka Lembang punya Kebun Bunga Begonia. Keduanya sama-sama recommended untuk dijadikan tempat rekreasi romantis bersama istri atau pun keluarga. Harga tiket 10 ribu rupiah, kalau bawa kamera DSLR kena biaya tambahan sekitar 50 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 08.00–17.00 WIB.

Berfoto diantara berbagai jenis bunga yang berwarna-warni tentu akan sangat mengasyikkan bukan? Gak kalah bagus lho bila dibandingkan dengan taman bunga Selecta di Batu Malang. Sebelas dua belas deh! Bila ingin berkunjung, datang saja ke Jalan Raya Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

19. Curug Sumpel, Rongga, Gunung Halu

Curug Sumpel
Curug Sumpel (Foto : IG @budi_ryan)

Bandung Barat memang kaya akan air terjun tersembunyi yang belum terjamah, diantaranya adalah Curug Sumpel, di daerah Rongga, Gunung Halu. Lokasinya kalau tak keliru masih satu jalur dengan Curug Malela dan Curug Ngebul yang lagi hits dikalangan traveler muda.

20. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu (Foto : IG @hens4m)

Gunung Tangkuban Perahu adalah tempat wisata Jawa Barat yang populer dan paling banyak dikunjungi saat liburan. Daya tarik utama gunung ini berupa Kawah Ratu dan Legenda Sangkuriang. Bila Anda akan liburan ke Tangkuban Perahu, saya sarankan membawa masker karena aroma belerangnya sangat menyengat.

Lokasi objek wisata ini tak jauh dari Terminal Wisata Grafika Cikole. Untuk menuju lokasi Kawah Gunung Tangkuban Perahu, pengunjung biasanya menggunakan shuttle bus kecil dari lokasi parkir. Sedangkan harga tiket masuk destinasi wisata ini dibanderol 30 ribu per orang.

21. Curug Panganten, Cihanjuang

Curug Panganten
Curug Panganten (Foto : IG @sisadoe)

Ketinggian Curug Panganten mencapai sekitar 50 meter sehingga jatuhan airnya tampak sangat eksotis. Suasana alamnya masih asri mengingat masih jarang dikunjungi wisatawan. Ada 2 buah aliran air terjun, yang satu besar dan satunya lagi kecil.

Jika Anda penasaran, datang saja langsung ke lokasi Curug Panganten di Jalan Raya Cihanjuang Km 5,6, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Harga tiket masuk ke sini lumayan murah hanya 5 ribu rupiah, tapi fasilitasnya belum selengkap Curug Cimahi.

22. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut
Sanghyang Heuleut (Foto : IG @naufalmzfr)

Sanghyang Heuleut termasuk salah satu tempat wisata di Bandung bagian barat yang belum banyak diketahui orang lantaran keberadaannya cukup tersembunyi dan sulit dijangkau. Begitu sampai, Anda akan disambut oleh sebuah laguna yang dikelilingi batuan besar sehingga membentuk sebuah danau dan mangkuk.

Sanghyang Heuleut memiliki air berwarna hijau, biasanya beberapa traveler terjun untuk berenang. Tapi, buat Anda yang tak bisa berenang, jangan memaksakan diri mengingat airnya cukup dalam. Berfoto dibebatuan besar sambil menikmati kicauan burung pun sudah cukup sangat menyenangkan, tanpa harus bermain air.

Lokasi Sanghyang Heuleut berada di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Harga tiket masuk sekarang sekitar 10 ribu rupiah, kalau belum berubah ya! Usahakan Anda datang dari pagi agar bisa mendapatkan udara sejuk dan menghindari panas saat treking.

23. Curug Kuya, Lembur Sawah

Curug Kuya
Curug Kuya (Foto : IG @aliluthfii)

Nama Curug Kuya memang terdengar asing, tapi kecantikannya tak bisa dianggap sebelah mata. Untuk sampai ke lokasi, Anda harus berjuang ekstra keras karena curug ini berada di tengah hutan. Suasananya masih alami dan sangat sepi mengingat air terjun ini jarang diketahui wisatawan pada umumnya.

Aliran airnya tampak deras dan jernih, bagus juga untuk dijadikan latar foto. Jika Anda tertarik, bisa menuju alamat Curug Kuya di Desa Lembur Sawah, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Mengingat jalannya yang lumayan rumit, saya sarankan kepada Anda untuk bertanya atau minta panduan ke warga sekitar ketika akan berkunjung ke curug ini.

24. Curug Katumbiri, Ds. Cicadas, Rongga

Curug Katumbiri
Curug Katumbiri (Foto : IG @siacongs)

Air Terjun Katumbiri atau Curug Katumbiri merupakan tempat wisata baru di Kabupaten Bandung Barat yang keberadaannya masih tersembunyi. Lokasinya terletak di Desa Cicadas, Rongga. Kalau tak keliru masih satu jalur dengan Curug Melela, Curug Ngebul, dan Curug Sumpel.

25. Curug Malela

Curug Malela
Curug Malela dari ketinggian (Foto : IG @yobi.aris)

Salah satu rekomendasi tempat wisata air terjun kece di Bandung adalah Curug Malela. Mengapa? Pasalnya Anda akan bisa melihat air terjun niagara tapi dengan versi “mini”. Alirannya airnya cukup banyak dan deras, dari kejauhan pun kegagahannya sudah tampak terlihat.

Curug Malela Bandung Barat
Curug Malela Bandung Barat (Foto : IG @gamma_sundaya)

Puas menikmati kesegaran Curug Malela, Anda bisa berfoto di sebuah rumah pohon yang tak jauh dari lokasi curug. Dari atas tempat ini, Anda akan bisa melihat kecantikan Curug Malela yang eksotis. Alamat Curug Malela berlokasi di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Harga tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah.

26. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug
Curug Bugbrug (Foto : IG @_absoll)

Siapa seh yang tak kenal dengan Curug Bugbrug? Air terjun terindah di Bandung ini sungguh sangat cantik, suasana alamnya pun masih asri. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, pas banget buat tempat melepas penat. Anda juga bisa berfoto-foto dengan latar air terjun Bugbrug yang instagenic.

Di sini, pengunjung dilarang berenang karena ada pusaran air di kolam airnya. Harga tiket masuk Curug Bugbrug cukup merah meriah, sekitar 5 ribu rupiah. Untuk alamat lengkapnya berada di Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

27. Dusun Bambu

tempat-wisata-di-lembang
Tempat Wisata Di Lembang : Dusun Bambu (Foto : IG @dannykurniawan6471)

Gak usah bingung mencari tempat liburan asik untuk anak dan keluarga di Lembang, datang saja ke Dusun Bambu. Ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan seperti bermain, jogging, camping, bersepeda, menikmati taman bunga, hingga makan bersama.

Alamat “one stop traveling” ini terletak di Jl. Kolonel Masturi KM 11,, Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Harga tiket masuk dbanderol sekitar 15 ribu rupiah per orang. Lingkungannya masih asri, udaranya pun sejuk dan bersih.

28. Pine Forest Camp

Pine Forest Camp
Pine Forest Camp (Foto : @pineforestcamplembang)

Satu lagi tempat liburan bagus dan indah di Lembang yang cocok keluarga yaitu Pine Forest Camp. Camping ground exclusive ini di desain khusus untuk kenyamanan Anda beraktifitas di alam bebas. Lokasinya yang berada di perbukitan Bandung Utara membuat udara disini sejuk dan asri.

Untuk kantor pemasaran Pine Forest Camp berada di Jl. Pasirjaya XII No. 10 Bandung, sedangkan area campingnya di Kp Cipanengah Ds Cibodas Maribaya Lembang. Berbagai aktifitas outdoor yang ditawarkan untuk keluarga, organisasi atau perusahaan antara lain camping, gathering, tim building, paintball, high rope, dan lainnya.

29. Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata
Taman Lembah Dewata (Foto : IG @jordankrade)

Taman Lembah Dewata merupakan sebuah danau buatan yang berada di kawasan berkuda Ganesha H Equestrian. Pemandangan disini sangatlah indah, cocok dijadikan untuk lokasi hunting foto keren di Bandung atau pun prewedding. Alamatnya berada di Jl. Tangkuban Perahu Raya KM.3,7, Cibogo, Lembang.

Tempat asyik terbaru untuk narsis ini memiliki beberapa spot instagenic berupa dermaga kayu di tepi danau. Anda juga bisa naik perahu kayu untuk berkeliling danau, pepohonan hijau di sekelilingnya semakin manambah kecantikan Taman Lembah Dewata. Harga tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah.

30. Curug Cimahi

Curug Cimahi
Curug Cimahi (Foto : IG @mochadjamalfarizqi)

Salah satu daya tarik pariwisata Indonesia adalah keberadaan air terjun tersembunyi yang masih alami seperti Mata Jitu, Tumpak Sewu, Cikaso, Tiu Kelep, dan tentu saja Curug Cimahi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 87 meter, aliran airnya lumayan deras dan tampak sangat indah.

Lingkungan alamnya masih alami, udaranya sejuk, dan fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap seperti mushola, warung, dan toilet. Anda bisa naik ke sebuah dek untuk melihat keelokan Curug Cimahi dari ketinggian.

Curug Cimahi juga terkenal dengan nama air terjun pelangi karena saat malam hari, di sekitar aliran air terjun akan tampak cahaya pelangi yang berasal dari lampu di sekitarnya. Harga tiket masuk dibanderol sekitar 15 ribu rupiah. Alamatnya terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

31. Danau Wakatobol Batujajar

Danau Wakatobol Batujajar
Danau Wakatobol Batujajar (Foto : IG @yoanatomy)

Bukan hanya wisata Yogyakarta dan Belitung yang punya danau biru bekas galian, Bandung Barat juga ada lho! Namanya Danau Wakadobol di Giriasih, Batujajar. Danau tadah hujan ini terbentuk secara alami di tanah bekas aktivitas penggalian batu dan pasir.

Daya tarik utamanya tentu saja air danau yang berwarna hijau / kebiru-biruan sehingga tampak bagus untuk latar berfoto. Ditambah lagi dengan keberadaan tebing tinggi disekelilingnya yang dipenuhi tanaman hijau, semakin membuat danau ini terlihat instagramable.

Tempat ini sebenarnya belum dijadikan destinasi resmi, namun sudah banyak traveler muda berkunjung ke sini. Foto-fotonya pun sudah banyak tersebar di media sosial seperti instagram. Oya, Anda tidak diperkenankan untuk berenang, karena berbahaya mengingat lokasinya bekas tambang yang dalam.

32. Curug Layung, Cisarua

Curug Layung, Cisarua
Curug Layung, Cisarua (Foto : IG @petrusronyps)

Curug Layung terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Panorama alam berupa air terjun dan pohon pinus menjadi daya tarik utama di sini. Curug Layung memang tidak terlalu tinggi, namun memiliki kolam alami yang cukup luas. Biasanya para pengunjung berenang di kolam atau sekedar foto-foto.

33. Gunung Batu

Gunung Batu
Gunung Batu (Foto : IG @petrusronyps)

Gunung Batu Lembang memiliki ketinggian sekitar 1.335 mdpl, terletak di bagian selatan Kota Lembang. Dengan lokasi yang cukup tinggi, Gunung Batu merupakan pilihan yang tepat untuk melihat Lembang dari ketinggian.

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di sini selain menikmati pemandangan kota Lembang adalah camping dan climbing. Untuk menuju puncak, Anda harus trekking lumayan jauh, jadi persiapkan fisik sebelum berkunjung ke sini.

34. Wanawisata Pasir Ipis

Wanawisata Pasir Ipis
Wanawisata Pasir Ipis (Foto : IG @sonyvidic)

Pariwisata Lembang memang terkenal akan keindahan alamnya yang sangat mengagumkan. Setelah muncul Dago Dream Park dan The Lodge Maribaya, kini ada satu lagi pendatang baru yang juga menyajikan spot foto kekinian ala anak-anak IG, yaitu Wanawisata Pasir Ipis.

Beberapa lokasi foto disini antara lain rumah pohon dengan pemandangan pohon pinus hijau dan spot berbentuk hati. Fasilitas yang tersedia lumayan lengkap, ada mushola, saung-saung penjual makanan, dan toilet. Alamat lengkapnya di Jl. Pasir Ipis, Jayagiri, Lembang dengan harga tiket masuk 7.500 rupiah.

35. Jendela Alam

Jendela Alam
Jendela Alam (Foto : IG @jendelaalambandung)

Bingung mencari tempat bermain anak di Bandung yang murah meriah? Coba aja datang ke Jendela Alam, ada banyak pilihan aktivitas seru yang bisa dilakukan putra putri Anda. Bukan hanya bermain, disini anak-anak juga bisa sekaligus belajar mengenal hewan, berkebun, hingga membuat yoghurt.

Harga tiket masuk sekitar 15 ribu rupiah (weekdays) dan 20 ribu rupiah saat weekend / hari libur. Alamat Jendela Alam terletak di Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri Km. 4,5, Cihideung, Parongpong, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

36. Stone Garden

Stone Garden
Stone Garden (Foto : IG @mjordan_)

Taman yang berisi tanaman dan bunga mungkin sudah menjadi hal biasa, tapi bagaimana kalau taman yang berisi batuan? Tentu sangat unik bukan? Nah, di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, ada sebuah perbukitan yang terdiri dari hamparan luas bebatuan unik. Namanya Stone Garden.

Stone Garden merupakan sebuah situs Geopark, untuk sampai ke puncaknya, Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Tenang saja, rasa lelah akan terbayarkan ketika sampai di puncak, pemandangan alam bebatuannya sangat keren dan instagenic. Harga tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah per orang.

37. Goa Pawon

Goa Pawon
Goa Pawon (Foto : IG @acieldt92)

Masih di sekitar kawasan Stone Garden, ada satu lagi objek wisata unik yang wajib dikunjungi yaitu Goa Pawon. Jika Anda berkunjung ke Stone Garden maka sebelumnya Anda akan melewati goa ini, tepat di bawahnya.

Goa Pawon termasuk situs purbakala karena konon kabarnya, di sinilah ditemukan kerangka manusia purba yang diprediksi sebagai nenek moyang orang Sunda. Ketika Anda memasukinya, mungkin harus menutup hidung lantaran ada bau yang sangat tidak sedap dari kotoran kelelawar.

Ya, gua ini memang dipenuhi oleh kelelawar, tapi sepertinya hanya di ruang pertama saja. Apabila Anda melanjutkan berjalan terus ke sisi kiri, terdapat sebuah ruangan yang merupakan situs purbakala. Anda akan melihat tengkorak manusia purba, namun pengunjung hanya dapat melihat tanpa menyentuhnya.

38. Tebing Citatah

Tebing Citatah
Tebing Citatah (Foto : via IG @fredensembiringmilala)

Tebing Citatah merupakan tempat wisata favorit bagi para pemanjat tebing di Kabupaten Bandung Barat. Ada 3 jenis tebing yang menjadi langganan panjat tebing yaitu Citatah 48, Citatah 90 dan Citatah 125. Nama-nama tersebut diberikan sesuai dengan ketinggian.

Dari ketiga tebing tersebut, Citatah 125 lah yang mempunyai lumayan mudah untuk di taklukkan dan cukup banyak variasinya. Tak heran, jika banyak traveler yang mengunjunginya. Tebing Citatah berlokasi di Cipatat, Bandung Barat.

39. Gunung Hawu

Gunung Hawu
Gunung Hawu (Foto : IG @i_am_sendi)

Masih satu kawasan dengan Tebing Citatah, ada Gunung Hawu yang menyuguhkan panorama perbukitan kapur unik. Saking indahnya, bahkan disebut-sebut mirip dengan lingkungan alam di luar negeri yaitu Natural Bridge Virginia dan Arches Nationall Monument Utah.

Dari atas perbukitan kapur ini, Anda akan dapat menyaksikan hijaunya perbukitan, persawahan warga, hingga sunrise cantik. Lokasi Gunung Hawu berada di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Jika Anda tak takut ketinggian, bisa berfoto degan menggunakan hammock diantara tebing-tebing kapur. Tapi, ingat keselamatan hal utama yang harus diperhatikan. Menyaksikan tebing-tebing kapur yang gagah menjulang tinggi pun sudah sangat menyenangkan kok.

40. Pemandian Air Panas, Nagrak, Parongpong

Pemandian Air Panas Nagrak
Pemandian Air Panas, Nagrak, Parongpong (Foto : IG @ari__andrian)

Tak kalah dengan pariwisata Garut yang terkenal akan pemandian air panasnya, Lembang juga punya tempat untuk berendam air panas. Namanya Pemandian Air Panas Nagrak di Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat.

Berbeda dengan pemandian air panas di Ciater atau Sari Ater Subang, pemandian disini masih sangat alami. Kolam-kolam pemandiannya sangatlah sederhana dan berada di perkebunan warga. Sumber air panasnya konon berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Harga tiket masuknya pun sangat murah meriah, 3 ribu rupiah untuk anak-anak dan 5 ribu rupiah untuk orang dewasa.

41. Gunung Putri

Gunung Putri
Gunung Putri (Foto : IG @hanisa_twitt)

Buat Anda yang ingin naik gunung tapi masih temasuk pendaki pemula, bisa mencoba hiking ke Gunung Putri Lembang. Dari segi waktu tempuh dan jalur trekkingnya cukup bersahabat, tidak terlalu sulit untuk mencapai puncak.

Gunung Putri terletak di Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dari atas gunung ini, Anda akan bisa menikmati sunrise cantik Bandung Barat. Biasanya, untuk menunggu matahari terbit, traveler melakukan camping di sini sehingga tidak ketinggalan moment indah dan eksotisnya.

42. Ciwangun Indah Camp

Ciwangun Indah Camp
Ilustrasi outbond di Ciwangun Indah Camp (Foto : IG @widodotompul)

Ciwangun Indah Camp atau yang dikenal dengan CIC merupakan salah satu tempat outbond terbaik bertema alam. Lokasinya berada di JL. Kolonel. Masturi/Jl. CIC Kp. Ciwangun RT. 03 RW. 15 DS. Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

Ada banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa Anda lakukan disini, seperti Ice Breaking, Fun Games, Team Building, Flying Fox, High Rope, Hiking, Paint Ball, dan Camping (berkemah). Cocok untuk acara supercamp kantor, pelajar, atau pun keluarga. Harga tiket masuknya sekitar 7 ribu rupiah per orang. Untuk biaya outbond selengkapnya, Anda dapat langsung mengubungi pengelola.

43. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat
Curug Tilu Leuwi Opat (Foto : IG @rickybdg)

Masih berada satu kawasan dengan CIC, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk mampir ke Curug Tilu Leuwi Opat. Menurut info yang saya dapatkan, setidaknya adan 4 air terjun indah di sekitar daerah ini, yaitu Curug Tilu, Curug Aseupan, Curug Citulang dan Curug Cilaki.

Curug ini memang tak begitu besar, tapi suasana alamnya yang hijau dan asri membuat siapapun akan betah. Untuk mencapai lokasi, Anda harus trekking menyusuri sungai, jembatan bambu/kayu, dan jalan berbatu. Jadi, harus ekstra hati-hati ya! Harga tiket masuk tergolong murah, sebesar 10 ribu rupiah.

44. Curug Aseupan, Ciwangun Indah Camp, Parongpong

Curug Aseupan
Curug Aseupan (Foto : IG @arif.ikhwani)

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, meskipun namanya Curug Tilu Leuwi Opat, namun sebenarnya ada 4 buah curug, salah satunya adalah Curug Aseupan. Airnya cukup jernih, mengalir diantara dua ngarai / tebing yang tinggi dan membentuk Aseupan (baca : kukusan tradisional berbentuk kerucut).

45. Kebun Teh Sukawana, Parongpong

Kebun Teh Sukawana
Kebun Teh Sukawana, Parongpong (Foto : IG @sisadoe)

Selama ini, perkebunan teh identik dengan kawasan wisata Ciwidey di Bandung Selatan, padahal Lembang juga punya sebuah perkebunan teh yang tak kalah cantik. Namanya Kebun Teh Sukawana di Karyawangi, Parongpong.

Untuk memasuki perkebunan teh ini, Anda hanya cukup membayar 5 ribu rupiah. Murmer banget bukan? Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang kebun (Tea Walk) menikmati keindahan hijaunya hamparan tanaman teh. Setelah puas menjelajahi perkebunan dan foto-foto, Anda dapat melanjutkan melihat pabrik teh.

Oya, disini juga bisa camping lho! Fasilitasnya juga lumayan lengkap, ada masjid dan warung penjual makanan / minuman. Untuk toilet khusus di perkebunan teh, sepertinya belum ada. Biasanya pengunjung numpang di kamar mandi masjid.

46. Sendang Geulis Kahuripan, Cikalong Wetan

Sendang Geulis Kahuripan
Sendang Geulis Kahuripan (Foto : IG @bomsnroll)

Sendang Geulis Kahuripan atau Telaga Cikahuripan merupakan sebuah mata air yang bersumber dari aliran air Gunung Burangrang. Lokasinya terletak di Desa Ganjarsari, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Airnya sangat jernih, bahkan Anda dapat melihat dasar telaga ini. Udaranya juga sejuk dengan dikelilingi pepohonan hijau. Asik banget buat berendam di kala cuaca panas sekaligus untuk menenangkan diri sari keramaian kota. Harga tiket masuk dibanderol sebesar 10 ribu rupiah. Jangan lupa bawa baju ganti ya!

47. De Ranch

De Ranch
De Ranch (Foto : IG @chandra_ardiansyah07)

Ingin merasakan sensasi seru naik kuda ala Koboi Amerika? Datang saja ke De Ranch di Jalan Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Suasana seperti peternakan Texas khas suku Indian akan terasa ketika Anda berkunjung ke sini.

Tak hanya berkuda, wisatawan bisa bergaya memakai pakaian koboi yang disewakan. Alamnya sejuk, wahananya juga seru dan asyik. Ada delman yang mirip seperti kereta kuda di zaman koboi, perah sapi, panahan, fun boat, gold hunter, bersepeda dan berbagai permainan lainnya.

Bila lapar, tak usah kuatir! De Ranc telah dilengkapi dengan fasilitas tempat makan yang enak menggugah selera. Tinggal pilih, mau nasi goreng, batagor, siomay Bandung, ikan bakar, ayam goreng/bakar, atau mie baso. Objek wisata alam ini buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah (belum termasuk tiket wahana).

48. Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole
Terminal Wisata Grafika Cikole (Foto : IG @warmanwardhani)

Buat Anda yang ingin menginap beberapa hari untuk liburan di Lembang, tak ada salahnya mencoba bermalam di Terminal Wisata Grafika Cikole. Udaranya sejuk dan pemandangan alamnya pun indah, berada tepat di kaki Gunung Tangkuban Perahu.

Penginapan ini berada di ketinggian sekitar 1.400 mdpl dan dikelilingi hutan pinus. Jadi, Anda akan benar-benar nyaman. Oya, Terminal Wisata Grafika Cikole juga termasuk salah satu tempat foto prewedding yang bagus di Bandung karena memiliki sejumlah spot keren. Jadi, Anda juga bisa bernarsis ria di sini.

Untuk alamat lengkanya terletak di Jl Raya Tangkuban Perahu Km 8 Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Bandung Barat. Ada 3 pilihan kamar, yaitu hotel, pondok wisata dan kemping. Untuk harga mungkin sekarang sekitar 500 ribu – 1 jutaan.

49. Natural Hill, Cisarua

Natural Hill
Natural Hill (Foto : IG @kinderfieldbandung)

Udara sejuk dan alam indah menjadikan Lembang sebagai lokasi yang cocok untuk kegiatan outing / outbond. Selain Gafika Cikole dan Ciwangun Indah Camp, ada satu lagi tempat liburan yang menawarkan fun games, yaitu Natural Hill.

Beberapa contoh aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan antara lain flying fox, jembatan tali, panjat tebing mini, sepakbola, memanjat jaring laba, berkuda, bermain perahu sampan, hingga menyeberangi kolam dengan rakit dan kayu pengayuh.

Destinasi ini berada di Jalan Kolonel Masturi Belakang Pom Bensin Sukajaya Rt 02/06, Desa Sukajaya, Lembang, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Bagi Anda yang ingin menginap, tersedia juga vila untuk keluarga atau pun rombongan.

Curug Anom
Curug Anom (Foto : IG @panz04)

Oya, di sekitar kawasan Natural Hill juga terdapat Curug Anom yang lumayan deras aliran airnya. Batuan yang menjadi latar air terjun ini cukup unik, seperti batuan alam berwarna abu-abu. Pas banget buat latar berfoto! Harga tiket masuk Natural Hill dibanderol sebesar 15 ribu rupiah, tapi kemungkinan belum termasuk harga arena permainan.

50. Gunung Bendera, Padalarang

Gunung Bukit Bendera, Padalarang
Gunung / Bukit Bendera, Padalarang (Foto : IG @hanifrizqir)

Buat Anda penyuka wisata pendakian, maka Gunung Bendera Padalarang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan. Dari puncaknya, Anda akan disuguhi pemandangan indah, gak kalah keren dengan Gunung Putri.

Untuk melihat mentari pagi bangun dari peraduannya, Anda harus camping (berkemah). Hal ini tentu saja agar Anda tidak ketinggalan momen sunrise yang cantik. Harga tiket masuk ke Gunung Bendera sebesar 5 ribu rupiah (NB : kalau belum naik). Untuk alamatnya berada di Kp. Pojok, Desa Jayamekar, Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat.

Demikianlah sekilas informasi tentang peta wisata alam di kawasan Lembang dan sekitarnya yang paling bagus dan indah. Keren-keren kan? Buat Anda yang mengetahui destinasi lainnya bisa menambahkan melalui kolom komentar agar daftar tempat wisata Bandung Barat ini semakin lengkap, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.