Review Lengkap Umbul Sidomukti Semarang : Wahana, Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Jam Buka, Dan Alamat Umbul Sidomukti Semarang Jawa Tengah

0 632

Umbul Sidomukti – Ingin tahu ada apa saja di dalam Umbul Sidomukti Semarang? Ini review lengkap wahana, fasilitas, harga tiket masuk, jam buka, dan alamat Umbul Sidomukti Semarang Jawa Tengah. Dari mulai kolam renang bertema alam, villa / resort / penginapan, cafe / restoran, hingga wahana permainan yang seru menyenangkan.

Siapa seh yang tak kenal dengan Umbul Sidomukti? Ikon tempat wisata di Semarang ini sudah cukup populer dikalangan wisatawan. Foto-foto kecantikan kolam renang alaminya sempat viral di media sosial seperti instagram dan facebook. Panorama alamnya yang begitu indah akan membuat siapa saja betah berlama-lama di sana, sampai enggan pulang.

Review Lengkap Wahana, Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Jam Buka, Dan Alamat Umbul Sidomukti Semarang Jawa Tengah

Umbul-Sidomukti-Semarang
Ilustrasi Umbul Sidomukti Semarang Jawa Tengah (Foto : umbulsidomukti.com)

Umbul Sidomukti memang layak dijadikan sebagai lokasi liburan keluarga. Pasalnya, banyak sekali aktivitas seru yang bisa Anda lakukan seperti berenang, outbond, menikmati alam, ngopi, atau pun bermalam di dalam tenda.

Panorama cantik lereng Gunung Ungaran semakin menambah daya tarik bagi para wisatawan. Apalagi udaranya cukup dingin lantaran berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Sungguh sangat berbeda jauh dengan suasana perkotaan yang panas dan sumpek. Nah, kira-kira ada wahana dan fasilitas asyik apa saja ya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Wahana Permainan Seru Dan Fasilitas Keren Umbul Sidomukti Semarang Jawa Tengah

1. Kolam Renang Alami (Taman Renang Alam)

Wahana pertama yang wajib Anda cobain adalah Kolam Renang Alami (Taman Renang Alam). Ada 3 buah kolam dengan kedalaman berbeda-beda. Seperti halnya Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah, air kolam ini berasal dari mata air Pegunungan Ungaran yang sangat jernih, segar, dan kabarnya mengalir sepanjang tahun.

Dinding kolamnya tak terbuat dari keramik, melainkan berupa batu-batu alam sehingga tampak begitu eksotis. Kesan unik dan alaminya dapat banget! Asyiknya lagi, Anda bisa berenang sambil menikmati landscape Kota Semarang dari ketinggian.

2. Little Ranch

Mirip seperti De Ranch dan Farmhouse Lembang Bandung, Little Ranch Umbul Sidomukti menawarkan berbagai wahana permainan seru dari mulai mini zoo (kelinci, rusa, dan kambing merino / etawa), archery (panahan), berkuda, air softgun, taman bunga, hingga kebun strawberry. Pas banget deh buat tempat liburan keluarga dan anak-anak tercinta.

Mini Zoo

Sesuai namanya, Mini Zoo Little Ranch memiliki beberapa hewan lucu dan unik yang asyik untuk diajak bermain bersama anak-anak. Mereka bisa mengenal lebih dekat hewan-hewan seperti kelinci, kambing, atau pun rusa dengan memberi makan.

Archery (Panahan)

Bukan hanya sekedar untuk bersenang-senang, permainan panahan ternyata bisa juga lho untuk melatih konsentrasi dan fokus anak-anak. Fokus pada satu titik tujuan termasuk salah satu langkah menuju kesuksesan dalam hidup / karir.

Taman Bunga

Nah, buat Anda yang suka selfie / swafoto, tersedia taman bunga warna-warni yang bagus untuk latar berfoto. Apalagi udara di sekelilingnya terasa sejuk, Anda kemungkinan besar bakal betah berlama-lama di sini sampai enggan pulang.

Berkuda

Apabila jalan kaki dirasa terlalu melelahkan, Anda bisa juga menyewa kuda lho untuk berkeliling menikmati pemandangan alam indah serta menghirup udara segar. Anda bisa mengajak si kecil berkuda sambil melihat-lihat kebun sayur.

3. ATV

Wahana seru lain yang bisa Anda coba adalah ATV. Anda akan diajak menyusuri lintasan berkelok, tanjakan, atau pun jalanan tanah sambil mengendarai ATV. Asyik banget deh!

4. Flying Fox

Mengingat lokasi Umbul Sidomukti berada di dataran tinggi, maka tak heran jika dilengkapi dengan wahana flying fox. Anda akan diajak meluncur bergelantungan di atas tali melewati lembah. Sensasi rasa dak dik duk (deg deg kan) tentu akan menjadi pengalaman liburan yang berkesan.

5. Marine Bridge

Marine Bridge adalah wahana permainan seru beru jembatan tali yang dibentuk mirip dengan jaring laba-laba. Jadi, setiap pengunjung akan melewati jembatan ini untuk menyeberangi lembah dengan ketinggian sekitar 30 meter. Berani mencoba?

6. Sepeda Awang

Gak perlu jauh-jauh pergi ke The Lodge Maribaya di Bandung, Umbul Sidomukti juga punya wahana sepeda udara (zip bike) bernama Sepeda Awang. Anda akan diajak naik sepeda di atas lintasan berupa tali melewati lembah. Dari ketinggian, Anda bisa menikmati panorama hijaunya pepohonan. Soal keamanan, tak perlu kuatir karena Anda akan diikat dengan tali pengaman.

7. Highest Triangle

Buat Anda yang suka tantangan untuk memacu adrenalin, bisa nyobain wahana Highest Triangle. Ada 3 buah rintangan untuk Anda lalui. Pertama, berupa Magic Box dari kotak besi dengan luncuran kecepatan lumayan tinggi. Anda harus menaiki Magic Box ini untuk menyebrangi tebing setinggi 30 meter hingga ke pemberhentian kedua.

Rintangan kedua berupa Badui Bridge semacam jembatan tali. Lalu tantangan ketiga yaitu Stick Bridge yang begitu sulit dilewati. Pasalnya, jembatan di atas ketinggian 30 meter ini hanya berupa balok kayu berjajar lurus diikat tali sehingga harus penuh konsentrasi dalam melewatinya.

8. Paralayang

Tak kalah keren dengan kawasan wisata Batu Malang Jawa Timur, Umbul Sidomukti juga bisa lho digunakan sebagai spot olahraga ekstrim yaitu paralayang. Dari atas ketinggian, Anda akan bisa melihat keindahan panorama lereng Gunung Ungaran.

9. Goa Tirta Mulya

Goa Tirta Mulya merupakan goa buatan dengan lebar sekitar 3 meter dan panjang 100 meteran. Mengingat di dalam goa cukup gelap, Anda diwajibkan membawa senter sebagai penerang saat memasukinya.

10. Pondok Kopi

Bukan hanya penuh dengan wahana permainan seru, Umbul Sidomukti juga dilengkapi berbagai fasilitas keren. Salah satu diantaranya adalah Pondok Kopi. Di sini, Anda dapat duduk santai meminum secangkir kopi hangat bersama keluarga sambil menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Selain kopi atau minuman hangat, tempat nongkrong di Semarang ini memiliki menu makanan enak seperti bakmi, nasi goreng, roti dan pisang bakar, dan kentang goreng. Range harga berkisar 15 – 30 ribu rupiah. Lumayan murah terjangkaulah untuk sekelas cafe pada umumnya.

11. Restoran / Tempat Makan

Udara dingin biasanya membuat perut teras lapar bukan? Apalagi setelah melakukan aktivitas seru selama seharian, tentu butuh makan untuk memulihkan tenaga. Di sini tersedia fasilitas restoran untuk memanjakan perut Anda, diantaranya adalah Pondok Lesehan. Resto ini mengusung konsep lesehan dengan menu ikan segar, seafood, dan lan sebagainya.

Bila ingin menu lain, Anda bisa mampir ke Resto Panorama yang menyajikan olahan susu. Ada juga Cafetaria di sekitar kolam renang dengan menu makanan sederhana seperti nasi goreng, indomie, dan nasi pecel.

12. Camping Ground Umbul Sidomukti

Ingin liburan Anda terasa lebih seru? Berkemahlah di Camping Ground Umbul Sidomukti. Udaranya sejuk, pemandangan alamnya indah, dan fasilitasnya juga lengkap. Cocok banget deh buat liburan bareng keluarga tercinta.

13. Pondok Panorama

Fasilitas lain yang tersedia di Umbul Sidomukti Semarang adalah penginapan. Setidaknya ada 3 jenis penginapan / hotel di sini, yaitu Pondok Panorama, Villa Panggung, dan Pondok Wisata. Pondok Panorama berupa villa dengan harga sewa 400 ribu rupiah – 1,2 juta rupiah per malamnya.

14. Pondok Wisata

Penginapan berikutnya adalah Pondok Wisata. Untuk Pondok Wisata harga sewa per malamnya sekitar 600 ribu – 1,6 juta rupiah, tergantung fasilitas kamarnya.

15. Villa Panggung

Villa Panggung kabarnya menjadi salah satu penginapan favorit pengunjung di Umbul Sidomukti. Harga sewanya lumayan murah, sekitar 400 – 550 ribu rupiah per malamnya. View pemandangan alam yang bagus menjadi daya tarik tersendiri bagi ketiga jenis penginapan tersebut.

Baca Juga :

Harga Tiket Masuk, Tarif Wahana, Dan Jam Buka Umbul Sidomukti Semarang Jawa Tengah

Untuk memasuki kawasan Umbul Sidomukti Semarang, Anda akan dikenakan tiket masuk seharga 5 ribu rupiah. Apabila ingin menikmati aneka wahana dan fasilitas seru di sini, Anda harus membayar lagi dengan harga berbeda-beda. Berikut ini daftar tarif wahana permainan dan fasilitas lainnya :

  • Kolam Renang : Rp.10.000,- (weekday) dan Rp.15.000,- (weekend)
  • Highest Triangle : Rp.45.000,-
  • Flying Fox Lembah : Rp.25.000,-
  • Double Flying Fox : Rp.45.000,-
  • Marine Bridge : Rp.20.000,-
  • Sepeda Awang : Rp.25.000,-
  • ATV : Rp.30.000,-
  • Archery / Panahan : Rp. 30.000,-
  • Berkuda : Rp.30.000,- (rute jarak dekat) dan Rp.75.000,- (rute jarak jauh)
  • Goa Tirta Mulya : Rp.5.000,-
  • Paket Outbond : Rp.130.000,- s/d Rp.470.000,-
  • Paket Prewedding : Rp.500.000,-
  • Paket Wedding : Rp.17.500.000,-

Secara umum, jam buka Umbul Sidomukti mulai pukul 08.00 WIB. Namun, beberapa fasilitas memiliki jam tutup yang berbeda-beda. Misalnya kolam renang tutup pukul 17.00 WIB, sedangkan Pondok Kopi tutup pukul 00.00 WIB.

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Umbul Sidomukti Semarang Jawa Tengah

Lokasi / Alamat Umbul Sidomukti terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya berada di dataran tinggi sehingga memiliki udara sejuk dan panorama alam indah seperti halnya Tebing Keraton Bandung, bagaikan negeri di atas awan.

Rute jalan menuju kawasan wisata alam Umbul Sidomukti lumayan mudah dijangkau. Jika dari arah Kota Semarang, Anda langsung saja arahkan kendaraan ke Ungaran hingga ketemu Pom Bensin Lemah Abang. Beberapa meter dari pom bensin tersebut, carilah gapura bertuliskan “Kawasan Wisata Gedong Songo”.

Masuklah ke gapura tersebut, lurus ikuti jalan sampai bertemu Pasar Jimbaran. Tepat di depan pasar, ada gang bertuliskan “Wisata Umbul Sidomukti”. Masuklah ke gang tersebut hingga menuju parkiran. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat gambar peta lokasi dari Google Map di bawah ini.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Di Umbul Sidomukti Semarang Jawa Tengah

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama liburan di Umbul Sidomukti. Dari mulai outbond, camping, bersantai, ngopi, berenang, naik ATV, bermain dengan binatang lucu seperti kelinci atau domba merino / etawa, naik kuda, menyusuri goa buatan, prewedding / pernikahan, hingga paralayang.

Tips Berkunjung Ke Umbul Sidomukti Semarang Jawa Tengah

Meskipun Umbul Sidomukti punya fasilitas super lengkap, namun Anda tetap harus mempersiapkan beberapa hal sebelum berkunjung ke sana. Beberapa tips wisata sederhana yang perlu diperhatikan antara lain :

  • Mengingat lokasinya berupa area terbuka, maka sebaiknya datang saat cuaca cerah agar bisa menjelajahi berbagai wahana dan fasilitas yang ada di sana.
  • Hafalkan rute jalan menuju lokasi objek wisata agar Anda datang tepat waktu.
  • Untuk menghindari kemacetan, sebaiknya datang saat hari biasa selain weekend / libur nasional.
  • Pakailah pakaian casual dan sepatu ket agar memudahkan dalam bergerak.
  • Bawalah pakaian ganti jika Anda ingin berenang di kolam alami.
  • Agar bisa menikmati semua wahana dengan nyaman dan asyik, sebaiknya Anda menginap beberapa hari di sana.
  • Bawalah kamera terbaik untuk mengabadikan moment liburan Anda.
  • Jika akan menginap, pesanlah penginapan di Umbul Sidomukti jauh-jauh hari sebelumnya sehingga tidak kehabisan kamar / villa.
  • Datanglah secara rombongan agar liburan Anda menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Demikianlah gambaran / deskripsi singkat tentang wahana dan fasilitas yang ada di dalam Umbul Sidomukti Semarang. Bagus dan menarik bukan? Apabila sobat traveler pernah ke sana, jangan lupa menuliskan pengalamannya melalui kolom komentar ya. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.