25 Wahana Seru, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Jatim Park 2 Batu Malang

0 752

Jatim Park 2 – Ingin tahu ada apa saja di dalam Jatim Park 2 Batu Malang Jawa Timur? Ini review lengkap aneka wahana seru, spot foto keren, fasilitas, harga tiket masuk, lokasi / alamat, dan rute jalan menuju ke sana. Ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi, seperti Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park.

Siapa seh yang tak mengenal Jawa Timur Park (baca : Jatim Park)? Ikon destinasi wisata di Malang Raya ini menyuguhkan berbagai atraksi liburan super lengkap yang asyik menyenangkan. Tak ayal, ketiganya menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan dalam menghabiskan libur akhir pekan / weekend. Ada 3 buah Jatim Park, yaitu Jatim Park 1, 2, dan 3 dengan konsep yang berbeda-beda.

Jatim Park 1 memiliki daya tarik utama berupa aneka wahana permainan, Jatim Park 2 mengusung tema satwa dan lingkungan, sedangkan Jatim Park 3 lebih menekankan pada dino park, spot selfie, sains, serta teknologi. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang Jatim Park 2. Kira-kira ada wahana apa saja ya di dalamnya?

Jatim Park 2 Batu Malang Jawa Timur
Jatim Park 2 Batu Malang Jawa Timur (Foto : jtp.id)

Daftar Wahana Seru, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Jatim Park 2 Batu Malang

Saat ini, Jawa Timur Park 2 memiliki 3 objek wisata unggulan yang bakal memanjakan Anda selama liburan, antara lain Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Dengan luas area sekitar 16 hektar, mungkin Anda akan membutuhkan waktu seharian penuh untuk menjelajahi setiap spot wahana yang ada di sana.

Wahana Di Batu Secret Zoo Jatim Park 2 Batu Malang

Batu Secret Zoo menyajikan berbagai satwa dari belahan dunia seperti Singa Putih, Kijang Afrika, Burung Macau, Alpaka, Flaminggo, Kangguru, Flying Lemur, aneka Reptil, jenis-jenis ikan, dan masih banyak lagi. Uniknya, pada zona Savannah, hewan-hewan ditempatkan pada suatu area yang mirip dengan habitat aslinya. Keren banget!

Sebagai salah satu kebun binatang modern di Indonesia, Batu Secret Zoo juga memiliki wahana permainan seru seperti halnya Gembira Loka Zoo Jogja dan Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Di sini, tersedia roller coaster, kereta 5 benua, rumah hantu, river adventure, water park, dan taman bermain anak. Berikut ini daftar lengkap wahana di Batu Secret Zoo.

1. Zona Aquarium

Pada zona ini, Anda akan disuguhi aneka hewan air tawar dan air laut dari mulai jenis-jenis ikan, ubur-ubur, bulu babi, lobster, bintang laut, penyu hijau, hingga belut listrik. Ada juga ilusi optik dimana Anda dapat melihat kelinci hidup di dalam air. Anda pun bisa lho berfoto di area ilusi optik agar tampak sedang berada dalam air. Kece banget bukan?

2. Nocturnal House

Sesuai namanya, zona Nocturnal House mempunyai koleksi satwa yang aktif saat malam hari. Pada waktu siang, mereka kebanyakan tidur atau istirahat. Karena lebih aktif ketika malam gelap, hewan nokturnal biasanya punya indera pendengaran dan penciuman super tajam.

3. Savannah

Zona Savannah (Foto : via jtp.id)

Bertemakan benua Afrika, zona Savannah menyuguhkan hewan besar mamalia seperti Rusa, Zebra, Gemsbok dan lainnya. Kandangnya dibuat mirip dengan habitat asli mereka sehingga Anda akan merasakan sensasi ala Afrika di Batu Secret Zoo.

4. Reptile Garden

Dari namanya saja tentu Anda sudah tahu jika zona ini berisi hewan-hewan reptil. Ada banyak sekali jenis reptile dari berbagai belahan dunia yang bisa ditemui di sini, dari mulai ular, kadal, iguana, hingga King Cobra. Hewan-hewan tersebut ditempatkan pada aquarium kaca dengan interior di dalamnya mirip habitat aslinya.

5. Baby Zoo

Ilustrasi wahana Baby Zoo di Batu Secret Zoo (Foto : via jtp.id)

Buat Anda warga Kota Batu dan Malang, tak perlu jauh-jauh ke Farm House Lembang untuk mengajak anak-anak berinteraksi dengan aneka satwa lucu. Pasalnya, Batu Secret Zoo juga punya wahana serupa bernama Baby Zoo. Di sinii, putra-putri Anda bisa melihat satwa muda di Baby Zoo, sekaligus berinteraksi memberi makan keledai atau pun menyaksikan bayi harimau.

6. Safari Farm

Ingin berlibur ala Taman Safari Bogor di Batu Secret Zoo? Bisa banget! Cobain saja wahana Safari Farm, Anda akan dibawa keliling naik kereta menemui beragam satwa besar khas gurun. Mengingat hewan di sini termasuk hewan ternak yang jinak, jadi Anda tak perlu takut. Selama 20 menit, Anda bisa menikmati wahana seru ini sambil sekalian memberi makan hewan-hewan tersebut.

7. Monkey Island

Bukan hanya digunakan sebagai tempat rekreasi, Batu Secret Zoo juga dijadikan sarana konservasi hewan-hewan langka. Salah satunya adalah orang utan berneo (kalimantan, Indonesia) yang semakin berkurang jumlahnya dari tahun ke tahun.

Orang utan tersebut ditempatkan pada sebuah pulau buatan bernama Monkey Island. Di pulau ini, orang utan, siamang, dan beberapa jenis monyet lainnya diharapkan dapat lebih nyaman dalam beraktivitas karena jauh dari pengunjung.

8. Tiger Land

Berbeda dengan Monkey Island, zona Tiger Land membolehkan pengunjung berinteraksi lebih dekat dengan harimau-harimau dari seluruh dunia. Anda pun bisa berfoto dimana seolah-olah Anda sedang berada di depan harimau tersebut dalam jarak dekat. Tapi, Anda tetap harus waspada dan hati-hati ya, mengingat harimau termasuk hewan buas.

9. Waterpark

Setelah puas mengenalkan anak-anak dengan aneka satwa, saatnya Anda mengajak si kecil bermain basah-basahan di Waterpark Batu Secret Zoo. Meskipun tak seluas Jogja Bay Waterpark di Yogyakarta, namun wahana ini punya sejumlah permainan air yang seru, dari mulai perosotan / seluncuran, kolam renang, hingga semprotan air.

10. Fantasy Happyland

Meskipun sebagian besar bertema satwa, namun bukan berarti wisatawan tak bisa bermain seru-seruan. Pasalnya, Batu Secret Zoo punya Fantasy Happyland dimana pengunjung dapat naik wahana yang memacu adrenalin layaknya permainan di Trans Studio Bandung. Asyik banget deh!

11. River Adventure

Wahana River Adventure menawarkan pengalaman menarik, seru, dan berkesan bagi wisatawan. Di sini, Anda akan diajak naik perahu menyusuri aliran air sungai / danau buatan dimana di sekelilingnya penuh hewan-hewan unik. Anda juga bisa memberi makan burung pelikan selama perjalanan.

Baca Juga :

Wahana Di Museum Satwa Jatim Park 2 Batu Malang

Museum Satwa di Jatim Park 2, kabarnya menjadi museum satwa terbesar di Indonesia. Bangunannya super megah, dari luar tampak pilar-pilar penyokong gedung bergaya arsitektur Yunani. Koleksi museum ini terbilang lengkap, terdiri dari awetan basah, awetan kering, dan rangka hewan yang disusun secara rapi.

12. Museum Satwa

Saat memasuki area dalam museum, Anda akan disambut oleh Sangkar Burung Raksasa dimana di dalamnya terdapat replika burung-burung. Koleksi lain dari Museum Satwa diantaranya adalah Insectarium, Imperial Eagle, Harimau Sumatra, Racoon, Galeri Fosil, California Sea Lion, Snow Leopard, Red Fox, Polar Bear, African Lion, Gemsbok, Grizzly Bear, Badak, dan lain sebagainya.

Wahana Dan Spot Foto Di Eco Green Park Jatim Park 2 Batu Malang

Sesuai namanya, destinasi wisata Eco Green Park di Jawa Timur Park 2 ini mengusung tema lingkungan dan dunia satwa burung. Wahana di dalamnya akan mengajak wisatawan untuk lebih mencintai dan menjaga lingkungan demi kelangsungan hidup anak cucu.

Anda juga akan menemukan koleksi jenis-jenis burung dari negara-negara di dunia seperti Lady Amherst Pheasant, Beo, Golden Pheasant, Palm Cockatoo, Scarlet Macaw, dan lainnya. Berikut ini daftar wahana seru dan menarik yang bisa Anda kunjungi di Eco Green Park Jatim Park 2.

13. Eco Science Center

Eco Science Center (Foto : via jtp.id)

Eco Science Center merupakan wahana edukasi yang sangat cocok dikunjungi oleh anak-anak. Pasalnya, di dalamnya terdapat berbagai sarana pembelajaran menarik seperti yang ada di Taman Pintar Jogja. Anda dapat mengajak si kecil untuk mengenal asal usul bumi, kekayaan alam, bencana alam, kerusakan lingkungan, gunung berapi, dan tambang batu bara.

Asyiknya lagi, di sini ada simulator gempa 3 – 8 SR, simulator badai, dan simulator angin. Anak-anak bisa lansung praktek tentang kejadian-kejadian alam tersebut. Ada juga media belajar aneka batuan alam yang akan semakin menambah wawasan pengetahuan mereka.

14. Jungle Adventure

Tak kalah seru dengan River Adventure di Batu Secret Zoo, Jungle Adventure juga menyajikan pengalaman menyenangkan dalam liburan. Anda akan dibawa berkeliling hutan buatan menggunakan kereta dan diberi senjata untuk menembak para pemburu liar. Hasil tembakan Anda bisa dilihat pada papan skor di akhir perjalanan.

15. Taman Biogas

Taman Biogas (Foto : via jtp.id)

Wahana Taman Biogas menawarkan pengetahuan tentang bagaimana cara membuat biogas dari limbah. Tersedia juga alat peraga beserta penjelasannya sehingga memudahkan pengunjung dalam memperlajarinya. Pengolahan limbah menjadi biogas termasuk salah satu langkah menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman.

16. Hanoman 3D Dome Cinema

Hanoman 3D Dome Cinema (Foto : via jtp.id)

Tak kalah keren dengan Teater IMAX Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Hanoman 3D Dome Cinema di Eco Green Park menyajikan pengalaman seru menjelajahi Dunia Hanoman lewat film berdurasi sekitar 10 menit dengan visual 3D yang terasa nyata. Apalagi suara audionya begitu intens sehingga menambah keseruan petualangan Anda.

17. Eco Journey

Wahana Eco Journey menyajikan kerusakan-kerusakan alam / lingkungan yang dilakukan oleh manusia. Di sini, Anda akan diberikan edukasi / pendidikan tentang bagaimana cara menjaga dan merawat alam agar tetap lestari. Cocok banget deh dikunjungi oleh anak-anak sekolah.

18. World of Parrot

Dari namanya sepertinya Anda sudah tahu kan, wahana ini tentang apa? World of Parrot berisikan sekitar 50 spesies burung beo yang tersebar dari Benua Amerika hingga Asia. Tak hanya melihat, Anda pun bisa berinteraksi dengannya baik berupa mengajak bicara, memagang, atau pun berfoto bersama mereka.

Ada juga pertunjukkan The Parrot Show dimana Anda bisa menyaksikan kecerdasan burung beo. Lucu dan unik banget deh! Rugi lho jauh-jauh ke Jatim Park 2 tanpa mampir ke sini.

19. Recycle

Buat Anda yang ingin belajar mengolah sampah menjadi barang-barang berguna dan punya nilai jual, maka Zona Recycle wajib dikunjungi. Di sini, Anda akan menemukan contoh kreasi dari sampah. Mulailah hidup sehat dengan mendaur ulang sampah rumah tangga.

20. Wood Recycle

Wood Recycle berisikan karya-karya indah yang berasal dari limbah kayu. Berbagai bentuk karya seperti tokoh kartun dan miniatur desa ternyata bisa dihasilkan dari limbah kayu yang biasanya tak terpakai lagi.

21. Rumah Terbalik

Trend foto selfie dengan latar unik dan instagramable nampaknya sedang digemari para traveler muda. Nah, Eco Green Park pun tak mau ketinggalan dengan menyediakan spot foto berupa Rumah Terbalik. Bukan hanya bagian luarnya saja, namun interior dan furniture di dalamnya pun didesain secara terbalik.

Berfoto di Rumah Terbalik akan menghasilkan gambar seolah-olah sedang berada di ruang angkasa atau ruangan anti gravitasi. Selain di sini, Anda juga bisa menemukan spot rumah terbalik di Upside Down World Bali dan Dago Dream Park.

22. Bird Gallery

Bird Gallery (Foto : via jtp.id)

Wahana Bird Gallery menyuguhkan proses life cycle (daur hidup) burung dari mulai telur hingga dewasa. Anda juga bisa mengamati berbagai macam burung dalam diorama habitat aslinya. Keren bukan?

23. Water Outbond

Tak dapat dipungkiri, Eco Green Park Jatim Park 2 memang recommended banget dijadikan tempat wisata anak di Malang untuk menghabiskan akhir pekan. Pasalnya, selain menyuguhkan sarana edukasi menarik, ada juga wahana permainan seru, yaitu Water Outbond.

Di wahana ini, anak-anak dapat bermain basah-basahan sekaligus belajar tentang energi potensial air. Ember besar berisi air siap mengguyur mereka. Asyiknya lagi, pemandangan di sekitarnya terasa indah dan udaranya sejuk penuh pepohonan hijau sehingga membuat betah berlama-lama.

24. Aneka Jenis Burung Dan Pertunjukkan Menarik

Bird Show (Foto : via jtp.id)

Selain pengelolaan lingkungan, daya tarik utama Eco Green Park adalah koleksi aneka jenis satwa burung yang unik dan cantik dari berbagai belahan dunia. Zona-zona burung tersebut antara lain :

  • Walking Bird : berisi jenis-jenis burung berjalan seperti burung unta, emu, kasuari, dan lainnya
  • Japanese Crane (Bangau Jepang)
  • Scarlet Ibis
  • Flamingo Greater
  • Golden Pheasant
  • Lady Amherst Pheasant
  • Silver Pheasant
  • Amazon Parrot
  • Yellow-backed Chattering Lory
  • Major Mitchell Parrot
  • Military Macaw
  • Palm Cockatoo
  • Scarlet Macaw
  • Sun Conure
  • Feeding Sun Conur
  • Javan Peacock
  • Lesser Bird of Paradise
  • Black Swan
  • Mandarin Duck
  • Wood Duck
  • Snowy Owl
  • Bald Eagle
  • Egyptian Vulture
  • Elang Jawa
  • European Eagle Owl
  • Sea Eagle
  • Cassidix Hornbill
  • Great Indian Hornbill
  • Livingstone Turaco
  • Rhinoceros Hornbill
  • Toco Toucan
  • Lesser Adjutant
  • Merpati Dunia : berisi berbagai species merpati yang dilepaskan secara bebas.
  • Exotic White Peacock
  • White Indian Peacock

Setelah puas melihat-lihat beragam jenis burung, Anda bisa melanjutkan menyaksikan Bird Show. Di sini, Anda akan disuguhi penampilan dan keahlian burung yang dikemas dalam pertunjukkan spektakuler. Misalnya : ayam bermain sepeda, burung kakaktua berjalan di atas roda, akting burung, dan penampilan burung elang yang terbang rendah.

25. Pasar Burung Tempo Doeloe

Liburan tanpa membeli oleh-oleh khas Malang kayaknya akan terasa hampa, bukan? Nah, wahana Pasar Burung Tempo Doeloe ini menawarkan berbagai buah tangan khas Kota Batu dan juga jajanan tradisional seperti ketan hitam atau pun kopi. Suasananya benar-benar di desain layaknya pasar jaman dulu, asyik deh pokoknya!

Baca Juga :

Fasilitas Yang Tersedia Di Jatim Park 2 Batu Malang

Sebagai salah satu destinasi unggulan pariwisata Jawa Timur favorit wisatawan, Jatim Park 2 ditunjang dengan fasilitas super lengkap. Tersedia berbagai akomodasi yang bakal memberikan kenyamanan pengunjung selama menjejajahi aneka wahana di sana. Fasilitas tersebut antara lain :

  • Pohon Inn Hotel : hotel unik di Batu bertema pohon yang terdiri dari 24 Superior Rooms, 35 Deluxe Rooms, 08 Executive Rooms, dan 04 Family Rooms. Lengkap dengan fasilitas Jungle Fast Food, “Spinning Restaurant”, Amazone Resto, 2 Executive Meeting Rooms, Free Wi-fi, Lift, serta Pohon Inn Transport.
  • Angkutan Gratis Jatim Park Group. Ada 2 rute yang bisa wisatawan gunakan, yaitu Rute 1 : Jatim Park 3 – Jatim Park 1 & Museum Tubuh – Museum Angkut, dan Rute 2 : Jatim Park 3 – Predator Fun Park – BNS Malang.
  • Shuttle Car / Train
  • E-Bike Station
  • Akses Ramah Kursi Roda
  • Food Court
  • Mushola
  • Minimarket
  • Pasar Hewan
  • Pusat Informasi
  • Smoking Area
  • Gift Shop
  • ATM Center
  • Central Oleh-Oleh
  • Oleh-Oleh Camilan Nusantara
  • Charging Station
  • Baby Care
  • Loker
  • Toilet
  • Area Parkir Luas

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Jatim Park 2 Batu Malang

Untuk memasuki kawasan wisata Jatim Park 2, Anda akan dikenakan harga tiket masuk sebesar 90 ribu rupiah (weekday / Senin – Kamis) dan 120 ribu rupiah (weekend / Jumat – Minggu). Sedangkan tarif masuk Eco Green Park dibanderol 55 ribu rupiah saat week day (Senin – Kamis) dan 70 ribu rupiah ketika weekend (Jumat – Sabtu).

Jika Anda ingin lebih berhemat, bisa memilih tiket terusan paket 2 yaitu Jatim Park 2 + Eco Green Park seharga 110 ribu rupiah saat weekday (Senin – Kamis) dan 150 ribu rupiah untuk weekend (Jumat – Minggu). Jam buka Jatim Park 2 mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB.

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Ke Jatim Park 2 Batu Malang

Lokasi / Alamat Jatim Park 2 terletak di Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk rute jalan menuju lokasi objek wisata sebenarnya terbilang mudah. Jika Anda akan memakai kendaraan umum dari Stasiun Kota Malang, maka pertama-tama Anda naik angkot ke arah terminal Landungsari, yaitu naik angkot ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) atau AL (Arjosari-Landungsari).

Dari terminal Landungsari, Anda naik angkot berwarna ungu menuju ke terminal Kota Batu. Dari terminal Kota Batu menuju ke Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo), Anda naik angkot BJL (Batu-Junrejo-Landungsari via Junrejo / Jeding) warna kuning muda atau angkot BJL (Batu-Junrejo-Landungsari via Tlekung) warna kuning muda.

Tarif angkot sekitar 4 – 5 ribu rupiah, tapi harga bisa berubah sewaktu-waktu ya. Apabila Anda ingin lebih praktis dan nyaman, sebaiknya memakai jasa travel sehingga Anda tinggal naik mobil diantarkan oleh mereka. Bagi Anda yang ingin memakai kendaraan pribadi, bisa melihat gambar peta lokasi dari Google Map berikut.

Tips Berkunjung / Liburan Ke Jatim Park 2 Batu Malang

Tips Berkunjung Ke Jatim Park 2 (Foto : via jtp.id)

Tempat rekreasi Jawa Timur Park 2 memang sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Akan tetapi, Anda tetap harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum ke sana agar liburannya menjadi nyaman dan berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa hal tips sederhana yang perlu Anda perhatikan saat berkunjung ke Jatim Park 2.

  • Mengingat area Jawa Timur Park 2 terbilang luas dengan banyak wahana dan spot menarik, maka sebaiknya Anda datang lebih awal. Dengan datang pagi, Anda akan memiliki banyak waktu untuk mengeksplore setiap wahana di sana.
  • Datanglah saat cuaca cerah, hindari datang saat hujan.
  • Apabila Anda datang saat musim hujan, sebaiknya membawa payung / jas hujan karena sebagian area Jawa Timur Park 2 berupa outdoor.
  • Datanglah ramai-ramai bersama teman, saudara, atau pun keluarga agar lebih seru menyenangkan dan bisa meminta tolong untuk mengambilkan gambar dengan kamera / ponsel.
  • Jika Anda ingin suasana nyaman, hindari akhir pekan (weekend) atau hari libur karena pada hari tersebut biasanya ramai pengunjung.
  • Bawalah topi untuk melindungi kepala dari sengatan panas matahari.
  • Bawalah ponsel / kamera terbaik untuk mengabadikan setiap moment yang ada saat liburan.
  • Bawalah uang yang cukup agar bisa menikmati semua wahana yang ada di sana.
  • Taati semua peraturan yang ada di kawasan wisata.
  • Meskipun terdapat food court, Anda bisa membawa bekal dari rumah baik makanan atau minuman agar lebih berhemat.
  • Bagi Anda yang membawa anak-anak, awasi, dampingi, dan jaga mereka saat bermain menikmati wahana.
  • Gunakan pakaian yang nyaman untuk bergerak, menyerap keringat, dan alas kaki sepatu kets yang ringan karena Anda akan banyak berjalan kaki.
  • Apabila Anda berencana datang memakai kendaraan pribadi, cek kondisi mobil / motor dan pastikan dalam keadaan layak jalan.
  • Jika Anda datang bersama anak balita, sebaiknya membawa stroller agar memudahkan dalam menjelajahi wahana yang ada. Anda gak ingin kan, kelelahan menggendong anak terus-menerus?
  • Jaga kondisi tubuh agar saat liburan dalam kondisi prima.

Setelah puas menjelajahi Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park, malam harinya sekalian pulang, Anda bisa melanjutkan mencoba aneka wahana BNS Malang yang lokasinya lumayan dekat. Di sana, ada beragam permainan dan lampion cantik.

Demikianlah sekilas review tentang aneka wahana dan fasilitas di dalam Jawa Timur Park 2 Kota Batu. Keren dan seru banget bukan? Bagi sobat traveler yang kebetulan sudah pernah berkunjung ke sana, bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.