21 Wahana Seru, Spot Foto Keren, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Jatim Park 3 Batu Malang – Review Lengkap

0 849

Jatim Park 3 – Ingin tahu ada apa saja di dalam Jatim Park 3 Batu Malang Jawa Timur? Inilah review lengkap aneka wahana seru, fasilitas, spot foto keren, harga tiket masuk, lokasi / alamat, dan rute jalan menuju ke sana. Ada banyak atraksi menarik dari mulai Dino Park, Ice Age, Infinite World, Terminal Selfie, The Legend Stars Park, Galeri Musik Dunia, The House of Zombie, Fun Tech Plaza, dan lainnya.

Ngomongin destinasi wisata Malang Raya tentu tak bisa lepas dari Kota Batu. Daerah yang dikenal memiliki udara dingin dan penghasil apel ini kaya akan tempat-tempat bagus untuk liburan. Satu diantaranya tentu saja Jawa Timur Park 3. Meskipun terbilang baru, namun Jatim Park 3 hampir tak pernah sepi didatangi wisatawan.

Daftar Wahana Seru, Spot Foto Keren, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Jatim Park 3 Batu Malang

Jatim Park 3 Batu Malang
Jatim Park 3 Batu Malang (Foto : instagram @jawatimurparktiga)

Jika Jatim Park 1 mengusung tema wahana permainan dan Jatim Park 2 untuk koleksi satwa, maka berbeda lagi dengan Jatim Park 3. Destinasi ini menyajikan wahana kekinian berupa spot selfie, dunia Dinosaurus, dan sains yang dibalut memakai teknologi canggih. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Wahana Seru Dan Spot Foto Keren Yang Ada Di Jatim Park 3 Batu Malang

1. Museum Dino

Wahana seru pertama yang wajib Anda kunjungi saat di Jatim Park 3 adalah Dino Park. Di sini, ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan, salah satunya adalah mengeksplore Museum Dino. Sesuai namanya, museum keren ini memiliki sejumlah koleksi replika Dinosaurus beserta info singkat riwayat hewan purbakala tersebut.

Museum Dino sangatlah cocok dijadikan pilihan sebagai destinasi wisata anak di Malang Raya yang edukatif. Di sini, anak-anak dapat menemukan kerangka Dinosaurus raksasa seperti Tyranosaurus Rex, Triceratops, Apatosaurus, dan lainnya. Ada juga koleksi anatomi organ tubuh Dinosaurus seperti bagian tulang dan otot.

Asyiknya lagi, Museum Dino dilengkapi dengan wahana Discovering Dino dimana putra-putri Anda dapat belajar tentang Dinosaurus secara interaktif. Mereka bisa mempelajari berbagai fakta tentang fosil dinosaurus, lingkungan hidup, dan mencoba games interaktif untuk belajar menjadi ilmuan dalam menemukan fosil Dinosaurus.

Oya, pengunjung bisa juga lho mendengarkan suara beragam jenis Dinosaurus. Asik banget bukan? Anda akan merasa kembali ke masa lalu melalui mesin waktu. Dengan kelengkapan koleksi tersebut, Museum Dino tampaknya bagus dijadikan sarana pendidikan bagi anak-anak usia TK, SD, atau pun SMP. Selain di Museum Dino Jawa Timur Park 3, Anda juga bisa belajar dunia Dinosaurus di Taman Pintar Yogyakarta.

2. Jelajah 5 Zaman

Setelah puas menikmati koleksi di Museum Dino, Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk mencoba wahana Dino Park lainnya yaitu Jelajah 5 Zaman. Wahana ini menawarkan film tentang kehidupan Dinosaurus dan bagaimana mereka berinteraksi dengan dino-dino lainnya.

Bukan hanya nonton film, Anda juga bisa seru-seruan di wahana Jelajah 5 Zaman. Pasalnya, di sini tersedia kereta raksasa berkapasitas 48 orang yang akan membawa Anda berkeliling melihat perkembangan kehidupan Dinosaurus dari Zaman Permian hingga zaman Ice Age.

Selama berkeliling, Anda akan disuguhi pemandangan cantik layaknya dalam film Jurassic Park, sebuah kawasan hutan yang dihuni oleh Dinosaurus. Lengkap dengan narasi informatif sehingga Anda akan bisa mengenal dino secara satu per satu.

3. Jembatan Akar

Sesuai namanya, wahana Jembatan Akar tampak dipenuhi dengan properti akar tumbuhan. Dari atas jembatan ini, Anda akan bisa melihat berbagai macam Dinosaurus dari ketinggian. Meskipun tingggi, namun ternyata masih ada Dino yang lebih tinggi lho, namanya Elasmo Saurus.

Dino ini akan menyapa Anda dengan lehernya yang panjang melebihi tinggi Jembatan Akar. Jembatan akar juga berfungsi untuk menghubungkan Anda dengan zona-zona lain.

4. Elasmo Saurus

Salah satu replika Dinosaurus di Dino Park yang unik adalah Elasmo Saurus. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Elasmo Saurus merupakan salah satu dino dengan leher sangat panjang. Dino ini hidup sekitar 80,5 juta tahun dengan panjang mencapai sekitar 14 m dan berat 2,2 ton. Kaki dan tangannya menyerupai sirip sehingga memudahkan untuk berenang.

5. Ice Age

Wahana Ice Age menawarkan pengalaman kepada wisatawan untuk menikmati suasana zaman es. Zaman Es atau Ice Age merupakan sebuah zaman dimana bumi mempunyai suhu ekstrim yang sangat dingin. Kala itu, berbagai makhluk hidup yang bisa bertahan hidup antara lain Mamoth, Smilodon dan lainnya.

Anda akan dibuat merasakan sensasi musim dingin penuh salju dan bekuan es. Anda tak perlu kuatir kedinginan, karena di sini tidak betul-betul dingin, hanya properti saja. Selama menyusuri wahana ini, Anda bisa menemukan berbagai replika hewan purba yang hidup pada zaman es, layaknya film Ice Age.

6. Life With Dino

Wahana Life With Dino ini cocok dijadikan sebagai tempat berburu foto. Dengan nuansa Timur Tengah, di sini terdapat danau buatan yang dipenuhi Dinosaurus dan spot-spot foto cantik untuk selfie, swafoto, atau pun narsis. Puas berfoto, Anda bisa melanjutkan aktivitas dengan permainan seru menaklukan labirin.

7. Dino School

Dino School termasuk wahana khusus anak-anak belajar dunia Dinosaurus, membaca, dan mewarnai. Sepertinya cocok untuk anak-anak usia pra Sekolah Dasar (PAUD dan TK).

8. The Rimba

Masih di Dino Park, wahana The Rimba menyajikan suasana mirip kehidupan asli Dinosaurus. Saat memasukinya, Anda akan menemukan aneka makhluk pra sejarah di kanan dan kiri sehingga seolah-olah sedang berada dalam alam kehidupan mereka.

9. Pangea

Buat Anda yang ingin belajar tentang sejarah terbentuknya benua-benua di dunia saat ini, maka bisa mendatangi wahana Pangea di kawasan Dino Park Jatim Park 3. Pangea atau Pangaea dalah super benua yang terbentuk sekitar 300 juta tahun lalu, tepatnya pada era akhir Paleozoikum dan awal Mesozoikum.

Kabarnya, Pangea mengalami keretakan pada 200 juta tahun yang lalu. Pangea kemudian terbagi menjadi benua-benua seperti saat ini ketika Dinosaurus punah. Jadi, benua yang ada sekarang diyakini dulunya menjadi satu kesatuan.

10. 3D Aquarium

Wahana 3D Aquarium menyuguhkan gambaran kehidupan Dinosaurus dan hewan purbakala lainnya yang hidup di laut. Dengan memakai kacamata 3D, Anda akan merasakan sensasi seolah-olah masuk ke dalam alam bawah laut yang penuh hewan-hewan purba tersebut.

Baca Juga :

11. Active Fun House

Dino Park bukan hanya menyajikan ilmu pengetahuan tentang dunia purbakala Dinosaurus, melainkan juga punya wahana untuk melatih ketangkasan fisik. Namanya Active Fun House. Di sini, anak-anak dapat bermain melakukan fun game seperti kegiatan outbond kecil-kecilan, dari mulai memanjat, melompat, berjalan, atau pun naik turun tangga.

12. Dino Bumper Car

Bumper Car atau lebih dikenal dengan nama Bom Bom Car merupakan wahana permainan mobil-mobilan listrik yang dinaiki lalu beradu / bertabrakan dengan mobil lain. Meskipun bertabrakan, namun mobil tersebut tetap aman karena dilengkapi bumper karet.

Dino Bumper Car sebenarya sama seperti bumper car pada umumnya, bedanya hanya pada mobilnya dimana di bagian belakang terdapat patung Dinosaurus.

13. Infinite World

Bagi Anda penyuka selfie, wajib banget deh mengunjungi wahana Infinite World Jatim Park 3. Pasalnya, tempat ini menyuguhkan spot foto super keren bertema cahaya yang sangat instagramable. Aneka lampu warna-warni dengan berbagai bentuk akan Anda jumpai di sini.

Dinding ruangan seluas sekitar 600 meter ini penuh kaca / cermin yang bisa memantulkan cahaya dengan sempurna. Ada juga semacam lampion unik yang tak kalah ciamik bila dibandingkan dengan lampion-lampion di Batu Night Spectacular. Perpaduan warna cahaya menghasilkan spot foto nan cantik. Siapkan kamera terbaik Anda jika akan masuk ke Infinite World.

14. The Legend Stars Park

The Legend Stars Park termasuk salah satu wahana paling luas di Jawa Timur Park 3. Di sini, Anda akan dapat merasakan suasana di berbagai belahan dunia. Anda akan menemukan berbagai bangunan adat negara lain seperti Jepang, Korea, Amsterdam, Bandara Schiphol, White House, Kerajaan Majapahit, Rumah Pengolahan Keju di Belanda, Colloseum, Taj Mahal, Istana Negara, British Royal Family, dan lainnya.

Sensasi keliling dunia ala The Legend Stars Park lebih keren dibandingkan dengan The World Landmarks Merapi Park. Tak hanya itu, tersedia juga patung lilin tokoh ternama dunia layaknya di Madam Tussauds Singapura, misalnya Obama, David Beckham, Nelson Mandela, Mike Tyson, Lionel Messi, serta Jackie Chan. Anda dapat berfoto bersama patung-patung tersebut dengan berbagai gaya sesuai selera.

15. Terminal Selfie

Jatim Park 3 benar-benar menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang paling lengkap spot fotonya. Selain The Legend Stars Park, masih ada suguhan spot foto keren berupa lukisan 3 Dimensi (3D) di Terminal Selfie. Lokasinya berada di lantai 2 Dino Mall.

Berbagai lukisan ilusi 3D dapat Anda temui dengan tema bermacam-macam, dari mulai air tejun, taman, laut, gunung, super hero, malaikat, hewan, dan lainnya. Lukisan 3D juga bisa Anda temui di De Mata Trick Eye Museum Jogja, Old City Semarang, dan Amazing Art World Bandung.

16. Fun Tech Plaza

Belajar sambil bermain nampaknya sedang menjadi trend saat ini. Pasalnya, selain bisa membuat anak-anak tertarik, mereka juga bisa sekaligus belajar tentang ilmu pengetahuan. Nah, buat Anda yang ingin mengenalkan putra-putrinya dengan dunia sains, bisa mengunjungi wahana Fun Tech Plaza Jawa Timur Park 3.

Di sini tersedia berbagai pertunjukkan sains yang dipadu dengan teknologi dan hiburan. Istilah kerennya edutainment. Misalnya saja Aqua Sketch, dimana anak-anak diajak mewarnai hewan laut sesuai dengan imajinasi. Lalu, hasil gambar tersebut dipindahkan dengan teknologi tertentu dan akhirnya tampil di layar virtual.

Wahana edukasi / pendidikan lainnya yang ada di zona Fun Tech Plaza antara lain : Cyclo Movie, Paper Plane, Giant Piano, Magic Ball, Magic Cube, Just Dance, VR Fruit Ninja, Zumba Dance, Laser Action, Virtual 6, Geosand Map, Bomb Hunter, Augmented Dino, dan Magic Piano. Tak kalah bagus dengan wahana Taman Mini Indonesia Indah yang sama-sama mengusung tema edutainment.

17. The Boxer Motion Sport

Wahana The Boxer Motion Sport termasuk bagian dari Fun Tech Plaza. Di sini, Anda dapat bermain sekaligus berolah raga. Dilengkapi dengan teknologi canggih, Anda bisa merasakan sensasi olahraga boxer layaknya acara di TV.

18. The House of Zombie

Dari namanya saja tentu Anda sudah bisa menduga bahwa wahana The House of Zombie akan menyuguhkan sesuatu yang menyeramkan. Ya, benar, wahana ini berisi zombie-zombie yang sangat menakutkan layaknya di film-film.

Meskipun hanya berupa replika boneka, namun suasana gelap dan dingin di dalamnya akan membuat bulu kuduk merinding. Bagi Anda yang punya nyali pemberani, bisa mencoba wahana ini. Tak kalah seram bila dibandingkan dengan wahana Rumah Hantu Saloka Theme Park Semarang dan Dunia Lain Trans Studio Bandung.

19. Museum Musik Dunia

Sesuai namany, wahana Museum Musik Dunia berisi koleksi aneka alat musik dari berbagai negara di dunia yang digunakan sejak zaman dulu kala hingga masa sekarang. Saat memasuki area museum, Anda akan disambut oleh sebuah pilar musik yang terbuat dari bermacam-macam alat musik.

Beberapa zona alat musik di sini antara lain Panggung Dara Puspita, Memorabilia Koes Plus, Alat Musik Indonesia, Alat Musik Eropa, Alat Musik Gitar U.S.A, Alat Musik Australia, Alat Musik Timur Tengah, Alat Musik India, Alat Musik Korea, Alat Musik Jepang, Alat Musik China, dan lainnya,

Lengkapa banget deh pokoknya! Anda juga bisa berfoto dengan patung legenda musik dunia seperti The Beatles, Michael Jackson, dan Elvis Presley. Panggung dangdut, keroncong, jazz, hingga K-Pop juga ada lho. Apabila Anda pecinta musik, wajib banget deh datang ke museum ini.

20. Ice Cream World

Mirip seperti Ice Cream World Jogja, Bali, dan Semarang, wahana Ice Cream World di Jawa Timur Park 3 ini juga menyajikan spot foto kece bertema es krim (ice cream). Spot foto hits favorit pengunjung biasanya berupa Lighting Cone.

Sesuai namanya, spot Lighting Cone berupa cone es krim kerucut yang digantung terbalik berisi lampu-lampu menyala sebagai ganti es krimnya. Dengan pengaturan cahaya dan interior sedemikian rupa, membuat hasil foto di sini tampak begitu cantik instagramable.

Spot foto lainnya antara lain Flamingo Pool, Kolam Bola, Upside Down Kitchen, Ice Cream Wallpaper, Unicorn Tales, A Giant Macaron, dan sebagainya. Tersedia juga properti seperti wig, bando, kaca mata, pelampung, serta replika es krim buat berfoto.

Puas bernarsis / selfie, jangan lupa nyobain es krimnya. Ada sekitar 12 varian es krim yang bisa Anda nikmati dari mulai buah-buahan, cokelat, vanilla, hingga bubble gum. Kabarnya, setiap weekend ada pertunjukkan sulap di dekat pintu keluar Ice Cream World Malang ini.

21. The Miracle

Wahana baru Jatim Park 3 bernama The Miracle ini menyuguhkan fenomena luar biasa atau pun kejadian-kejadian aneh yang tidak biasa di dunia. Misalnya, letusan Gunung Tambora NTB pada tahun 10 April 1815.

Dengan didukung teknologi canggih, wisatawan benar-benar akan merasakan pengalaman saat terjadinya letusan tersebut. Pengunjung bisa melihat asap vulkanik yang membumbung tinggi hingga 43 kilometer. Asap tersebut lalu memblok cahaya matahari dan menghancurkan kerajaan di kaki gunung.

Asyiknya lagi, saat berkunjung ke wahana The Miracle, Anda bisa merasakan gempa bumi, badai petir, cuaca ekstrem, badai tornado, dan menyaksikan sejarah purba dunia. Seru banget bukan? Untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajahi setiap wahana, pengelola membagi The Miracle menjadi beberap zona.

Zona-zona tersebut yaitu zona disaster (bencana alam), Magic Garden (hal-hal unik di dunia), Zona Galaxy (Sistem Tata Surya), Ancient Temple (Candi Kuno), Lost Cities (Kota Yang Hilang), dan The Most (Sirkus). Selain menikmati berbagai atraksi menarik di setiap zona, Anda juga bisa sekaligus berswafoto dengan latar kejadian-kejadian unik pada zona tersebut.

Baca Juga :

Fasilitas Yang Tersedia Di Jatim Park 3 Batu Malang

Ilustrasi Fasilitas Jatim Park 3 : Dino Food Court

Sebagai salah satu tempat wisata bagus kebanggaan Kota Batu, Jatim Park 3 memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Beberapa contoh fasilitas di sini antara lain food court, cafe, mushola, loker penyimpanan barang, information center, e-bike station, baby care, area parkir, toilet umum, toilet difabel, rute kursi roda, smooking area, dan angkutan gratis Jatim Park Group.

Rute angkutan gratis ada 2 macam, yaitu Rute 1, meliputi Jatim Park 3 – Jatim Park 1 & Museum Tubuh – Museum Angkut dan Rute 2, melalui Jatim Park 3 – Predator Fun Park – Batu Night Spectacular – Jatim Park 2.. Jam operasional angkutan gratis mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Jatim Park 3 Batu Malang

Harga tiket masuk ke Jatim Park 3 bisa dibeli per wahana, atau pun memakai tiket terusan / paket hemat. Jam buka secara umum mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB. Berikut ini tarif masuk saat weekend setiap wahana di Jawa Timur Park 3 (NB : Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu). Untuk weekdays, harga tiket diskon 25 %.

  • Dino Park Rp.100.000,-
  • The Legend Stars Park Rp.100.000,-
  • Museum Musik Dunia Rp.50.000,-
  • Fun Tech Plaza Rp.40.000,-
  • Dino Park + The Legend Stars Park Rp.170.000,-
  • Dino Park + Museum Musik Dunia Rp.120.000,-
  • Dino Park + Fun Tech Plaza Rp.120.000,-
  • Dino Park + The Miracle Rp.120.000,-
  • Dino Park + Circus Magic Rp.110.000,-
  • The Legend Stars Park + Museum Musik Dunia Rp.120.000,-
  • The Legend Stars Park + Fun Tech Plaza Rp.120.000,-
  • The Legend Stars Park + The Miracle Rp.120.000,-
  • The Legend Stars Park + Circus Magic Rp.110.000,-
  • The Miracle Rp.25.000,-
  • Circus Magic Rp.30.000,-
  • Jurassic Action Rp.30.000,-
  • Infinite World Rp.30.000,-
  • House of Zombie Rp.20.000,-
  • 6D Cinema Rp.20.000,-
  • Terminal Selfie Rp.25.000,-
  • Virtual Arena Rp.20.000,-
  • XD Rp.20.000,-
  • Ice Cream World Rp.40.000,- (All Day)
  • Upside Down World Rp.35.000,- (All Day)
  • Sniper Zone Rp.5.000,- / koin (All Day)
  • Bazaar Rp.5.000,- / koin (All Day)

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Ke Jatim Park 3 Batu Malang

Lokasi / Alamat Jatim Park 3 terletak di Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Rute jalan menuju ke sana cukup mudah, bagi Anda yang memakai kendaraan pribadi, bisa langsung mengikuti Google Map. Jika ingin memakai kendaraan umum, Anda bisa memakai layanan ojek onilne.

Apabila Anda berasal dari luar kota, bisa menyewa jasa travel untuk memudahkan perjalanan Anda selama liburan. Anda tinggal naik mobil diantar oleh tour guide ke objek wisata dan termasuk sekalian belanja oleh-oleh khas Malang yang terkenal enak. Untuk memudahkan Anda yang memakai kendaraan pribadi, perhatikan gambar peta lokasi Google Map berikut.

Tips Berkunjung Ke Jatim Park 3 Batu Malang

Liburan ke sebuah Theme Park seperti Jatim Park 3 tentu saja akan sangat menyenangkan. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum berangkat ke sana agar aktivitas liburannya semakin nyaman dan lancar. Yuk, simak tips liburan sederhana berikut.

  • Mengingat lokasinya sangat luas dan jumlah wahana yang banyak, maka sebaiknya Anda datang lebih awal agar punya waktu lebih dalam mengeksplore semuanya.
  • Datanglah saat cuaca cerah agar Anda bisa leluasa menikmati wahana yang ada di sana tanpa terhalang air hujan. Saat lingkungan cerah, hasil foto juga akan lebih bagus lantaran cukup pencahayaan.
  • Gunakan pakain dan alas kaki yang nyaman dan memudahkan Anda untuk bergerak. Lokasi Jatim Park yang sangat luas tentu akan membuat Anda lebih banyak bergerak.
  • Apabila Anda mengajak anak balita, sebaiknya Anda membawa sekalian stroller bayi dan gendongan bayi. Bawalah stroller ringan yang bisa dilipat.
  • Apabila Anda memutuskan datang ke Jatim Park saat musim hujan, bawalah jas hujan dan payung untuk antisipasi karena sebagian area wisata berupa ruang terbuka (outdoor).
  • Untuk menghindari kelelahan, Anda sebaiknya menyewa E-Bike dalam mengelilingi area Jawa Timur Park 3 yang sangat luas. Harga sewanya sekitar 100 ribu rupiah per 3 jam (E-Bike single), dan 200 ribu rupiah per 3 jam (E-Bike double).
  • Anda bisa membawa baju ganti dan aksesoris untuk berfoto. Di sini tersedia toilet yang bisa digunakan untuk ganti kostum.
  • Mengingat wahana di sini ada indoor dan outdoor, alangkah baiknya Anda membawa pelindung kepala seperti topi untuk menghindari sengatan cahaya matahari.
  • Mengingat jumlah wahana yang cukup banyak, sebaiknya Anda memilih wahana apa saja yang akan Anda kunjungi sebelum berangkat. Hal ini akan membantu mengefektifkan waktu liburan Anda.
  • Bawalah uang yang cukup sesuai dengan jumlah wahana yang akan Anda coba.
  • Jika memakai kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan dalam kondisi prima layak jalan.
  • Persiapkan stamina tubuh yang prima karena Anda akan banyak bergerak sehingga membutuhkan tenaga / energi banyak.
  • Datanglah bersama teman, keluarga, atau pun rombongan agar lebih seru dan memudahkan dalam mengambil foto.

Demikianlah review singkat tentang aneka wahana dan spot foto yang ada di Jawa Timur Park 3 Kota Batu, Malang Raya, Jawa Timur. Keren dan seru banget bukan? Apabila sobat traveler sudah pernah ke sana, bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.