Pusat Info Wisata Terlengkap

100+ Tempat Wisata Di Jakarta Terbaru Yang Bagus Dan Hits

0 1,285

Tempat Wisata Di Jakarta Terbaru – Inilah daftar dan rekomendasi tempat wisata baru di Jakarta yang paling bagus serta lagi hits dikalangan wisatawan, terutama traveler muda. Dari mulai wisata alam, pantai indah, kuliner khas yang enak, wahana bermain anak, tempat rekreasi keluarga, sampai tempat makan dan nongkrong romantis ada semua disini.

Mungkin bagi Anda yang hanya menyaksikan berita di TV atau surat kabar akan menganggap Ibu Kota kita ini hanya ada gedung-gedung tingkat dan kemacetan setiap hari. Namun, siapa sangka ternyata kota Jakarta dan sekitarnya punya sejumlah objek wisata menarik yang asyik dan seru untuk dikunjungi saat liburan.

Boleh dibilang, kota Betawi ini merupakan ikonnya pariwisata di Indonesia selain pulau Bali dan Lombok. Oleh karena itu, untuk urusan akomodasi tak perlu diragukan lagi. Anda akan dapat dengan mudah menemukan hotel di Jakarta dari kelas melati yang murah meriah sampai hotel mewah berbintang.

tempat wisata di jakarta
Ilustrasi suasana tempat wisata di Jakarta saat malam hari (Foto : Sad Agus Photography via flickr.com)

Untuk masalah transportasi sangatlah mudah, disini tersedia berbagai angkutan umum dari mulai taxi, transjakarta, gojek, atau pun rental mobil. Jalannya halus dan terawat, kalau pun ada kendala paling cuma macet. Kota Jakarta pun mudah di jangkau dengan berbagai mode transportasi baik darat maupun udara.

Nah, pada kesempatan kali ini, Aneka Wisata akan memberikan sejumlah referensi tempat wisata bagus di Jakarta yang recommended bagi para wisatawan. List yang disusun ini dibuat secara lengkap meliputi nama, lokasi atau alamat, harga tiket masuk, fasilitas yang tersedia, keunikan dan keindahan yang dimiliki oleh setiap destinasi wisata.

Tak hanya itu, daftar tempat liburan berikut ini juga telah diurutkan berdasarkan kabupaten/kota yang ada di Provinsi DKI Jakarta. Mulai dari Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat. Tak lupa saya tambahkan beberapa objek wisata populer di sekitar Jakarta yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Daftar Tempat Wisata Di Jakarta Terbaru Yang Bagus Dan Hits

Kita awali jelajah kawasan wisata Jakarta dengan mengulas pulau-pulau cantik dan eksotis di pulau Seribu. Bagi sobat traveler yang suka banget dengan wisata pantai indah dengan pasir putihnya, tak perlu jauh-jauh liburan ke Bali. Cukup datang saja ke deretan pulau tersembunyi di Kepulauan Seribu.

Perlu Anda ketahui, Kepulauan Seribu merupakan satu dari 10 destinasi prioritas yang dicanangkan Kementerian Pariwisata. Mengapa demikian? Tentu saja karena kabupaten ini memiliki hamparan alam yang elok baik pulau, pantai dan dunia bawah lautnya. Keindahannya bisa disejajarkan dengan berbagai tempat wisata di Bali hingga pulau Lombok.

Daftar Tempat Wisata Baru Di Kepulauan Seribu Jakarta Yang Paling Bagus Dan Indah

1. Pulau Gosong

pulau-gosong-kepulauan-seribu
Ilustrasi Pulau Gosong Kepulauan Seribu (Foto : cioprihandhika.blogspot.co.id)

Ini dia destinasi wisata baru yang unik dan indah di gugusan Kepulauan Seribu, namanya Pulau Gosong. Apa seh keistimewaan pulau ini? Pulau Gosong merupakan pulau terdiri dari sebuah terumbu karang atau gundukan pasir putih hasil sedimentasi gelombang air laut.

Pulau ini akan hanya terlihat saat air laut surut dan akan tenggelam saat air pasang datang. Oleh karena itu, Pulau Gosong tidak ada penghuninya. Namun, karena keindahannya maka pulaui ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat liburan di Kepulauan Seribu.

Secara administratif Pulau Gosong masuk dalam wilayah Pulau Harapan. Jadi, bagi Anda yang akan berkunjung ke pulau ini bisa mengambil paket liburan ke Pulau Harapan dengan harga sekitar Rp.300.000,- s/d Rp.700.000,-.

Aktivitas wisata yang tak boleh dilewatkan di Pulau Gosong tentu saja berfoto, karena pulau ini menjadi spot cantik yang ngehits banget di media sosial seperti instagram. Pasir putihnya begitu indah, tak kalah keren bila di bandingkan dengan pantai pasir putih di Bali yang sudah tersohor.

Konon katanya, disebut sebagai Pulau Gosong karena bila Anda berjemur seharian disini dari pagi sampai sore maka kulit Anda akan gosong. Oya, selain di Kepulauan Seribu, ada juga pulau Gosong yang lainnya di Karimunjawa yang merupakan salah satu tempat wisata bagus di Jawa Tengah.

2. Pulau Harapan

tempat wisata di jakarta terbaru
Ilustrasi tempat wisata di Jakarta terbaru Pulau Harapan (Foto : IG @pulauharapan_)

Bagi sobat traveler yang bingung mencari ide untuk mengisi libur akhir pekan atau weekend, datang saja ke Pulau Harapan. Keindahan Pulau ini sangat mengagumkan karena kondisi air laut yang masih alami, bersih dan jernih. Pengunjung dapat bermain air sepuasnya sekaligus menikmati keindahan pulau ini.

Pulau Harapan di Kepulauan seribu menawarkan paket liburan yang komplit. Selain menawarkan keindahan birunya laut, wisatawan juga bisa melakukan snorkeling melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang sangat lucu.Tak ayal, Pulau Harapan pun menjadi tempat wisata favorit warga ibu kota Jakarta untuk liburan bareng keluarga dan sahabat.

Pulau Harapan bisa ditempuh sekitar 3 jam dari pelabuhan Kali Adem di bilangan Muara Angke. Dengan membayar harga tiket Rp. 55.000, Anda sudah bisa ke Pulau Harapan. Namun sebaiknya Anda mengambil paket wisata ke Pulau Harapan bersama rombongan agar lebih murah dan bisa mampir ke Pulau Gosong. Harganya sekitar 300 – 700 ribu.

3. Pulau Dolphin

Pulau Dolphin
Pulau Dolphin (Foto : IG @melintasindonesiatrip)

Pulau Dolphin termasuk pulau indah di Kepulauan Seribu yang masih belum terjamah serta jarang dikunjungi wisatawan. Untuk mencapai lokasi Pulau Dolphin, Anda dapat naik kapal kayu dari Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Harapan. Setelah sampai di Pulau Harapan, Anda bisa menyewa jasa ojek kapal untuk mengantarkan menuju Pulau Dolphin.

Ongkos sewa kapalnya agak mahal seh, sekitar Rp 350-400 ribu per hari. Namun, dengan ongkos segitu tidak cuma untuk sekedar antar ke pulau saja, tapi juga bisa menuju spot-spot snorkeling yang diinginkan. Di pulau ini belum ada MCK-nya, jadi jika sobat traveler datang kesini harap maklum ya!

Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Pulau Dolphin antara lain duduk-duduk santai di pasir putih sambil menikmati birunya laut, berfoto, dan juga bakar-bakar ikan. Namun, Anda harus bawa peralatan dan ikan sendiri, bisa membeli ikan di Pulau Harapan.

4. Pulau Tidung

Jembatan Cinta Pulau Tidung, salah satu ikon wisata bahari Di Kepulauan Seribu (foto : tempatpariwisataindonesia.com)
Jembatan Cinta Pulau Tidung, salah satu ikon wisata bahari Di Kepulauan Seribu (foto : tempatpariwisataindonesia.com)

Nah, kalau pulau yang satu ini merupakan tempat wisata di Kepulauan Seribu yang paling terkenal, namanya Pulau Tidung. Untuk mencapai pulau indah ini Anda akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Marina Ancol, 2 jam naik kapal dari Pelabuhan Kali Adem, atau bisa juga dari Pelabuhan Sunda Kelapa.

Ada 4 aktivitas wisata yang asik dan seru yang wajib Anda cobain di Pulau Tidung. Pertama, loncat dari Jembatan Cinta yang merupakan ikonnya pulau ini. Dengan ketinggian sekitar 5-6 meter, akan membuat adrenalin Anda meningkat. Namun, bagi Anda yang tak bisa berenang jangan coba-coba loncat lho ya!

Selain loncat ke laut, menikmati sunset di Jembatan Cinta juga termasuk kegiatan yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja. Pancaran warna orange cahaya matahari yang akan tenggelam sungguh indah diabadikan dengan lensa kamera Anda.

Aktvitas lain yang bisa Anda lakukan adalah jalan kaki dari Tidung Besar menuju Ke Tidung Kecil, naik sepeda keliling Pulau Tidung, dan snorkeling. Jangan lupa untuk berfoto diantara hamparan pasir putih di pulai ini.

5. Pulau Bira

Wisata-Pulau-Bira
Pulau Bira, tempat wisata di Kepulauan Seribu favorit wisatawan (foto : dutapulauseribu.com)

Pulau Bira adalah pulau pertama di Kepulauan Seribu yang mempunyai resort eksklusif. Anda dapat menuju ke pulau ini setelah menempuh perjalanan laut selama kurang lebih 3 jam dari Pelabuhan Muara Angke dan transit di Pulau Pramuka. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu nelayan berukuran kecil berkapasitas 10-15 orang dalam waktu dua jam.

Apa seh keunikan dan keistimewaan Pulau Bira? Selain tersedia resort yang cukup mewah, pesona bawah laut pulau ini sangatlah eksotis. Pas banget buat Anda pecinta snorkeling atau diving.

Keindahan bawah laut di sekitar Pulau Bira tidak kalah cantik bila dibandingkan dengan pesona pariwisata pulau Bali maupun tempat wisata di Lombok yang menjadi magnet wisatawan. Karang-karang besar yang indah dihiasi oleh ikan-ikan yang berenang-renang kesana kemari, menambah keelokan surga bawah laut Pulau Bira.

Bagi yang ingin menginap disini, Ada beberapa cottage yang bisa disewa oleh wisatawan. Cottage tersebut berupa rumah kayu berkelambu yang sangat vintage. Suasananya yang masih sangat terjaga, membuat Pulau Bira layak dimasukkan dalam list tempat honeymoon di Indonesia yang romantis.

6. Pulau Macan

Pulau-Macan
Ilustrasi kamar terbuka yang romantis Pulau Macan (foto : ranselkosong.com)

Pulau Macan menawarkan sensasi pulau yang eksklusif untuk pengantin baru. Pulau ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan kapal laut dari Jakarta. Disini terdapat resort eksklusif yang dimiliki oleh warga asing.

Beberapa tipe resort yang bisa wisatawan nikmati antara lain Sunset Hut, Island Hut, Driftwood Hut, dan yang lainnya. Setiap tipe resort memiliki keunggulannya tersendiri, dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan fasilitas yang tersedia.

Pulau Macan termasuk salah satu tempat bulan madu yang romantis di Kepulauan Seribu. Pulau ini memiliki pemandangan khas pulau Indonesia. Pantainya landai berpasir putih, ombaknya tenang dan air lautnya jernih layaknya pantai indah di Bali yang eksotis.

7. Pulau Ayer

Pulau Ayer
Pulau Ayer (Foto : IG @iinnsaarii)

Ingin merasakan sensasi menginap di water resort ala tempat wisata di Maladewa (Maldives) atau Raja Ampat Papua? Datang saja ke Pulau Ayer yang menyuguhkan floating cottage (penginapan di atas air laut). Pulau yang satu ini memang didesain dengan nuansa etnik Papua.

Untuk mencapai Pulau Ayer, sobat traveler bisa menggunakan speed boad dari Pantai Marina, Ancol. Jaraknya sekitar 14 km dengan waktu tempuh 30 menit. Cukup dekat dan singkat bukan?

Mutiara Kepulauan Seribu ini memiliki luas sekitar hampir 10 hektar. Oya, disini juga hidup biawak di alam bebas dalam berbagai ukuran. Pepohonan hijau, pantai yang indah, hingga cottage uniknya membuat pulau ini mirip dengan objek wisata di Papua yang sangat terkenal, yaitu Raja Ampat.

Untuk harga menginap di resor pulau ini cukup mahal sekitar Rp 1,8 Juta (sudah termasuk kapal pulang pergi dan makan 3 kali). Selain menginap, Anda juga bisa menikmati wahana air seperti jet ski, banana boat, dan kano. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di Jakarta yang seperti di luar negeri dan bagus untuk foto, datang saja ke Pulau Ayer.

8. Pulau Pantara

Pulau-Pantara
Ilusstrasi tempat makan romantis Pulau Pantara (foto : wisatapulauseribu.com)

Bisa dibilang Pulau Pantara adalah pulau terjauh yang bisa Anda datangi di Kepulauan Seribu. Untuk menuju ke pulau ini, Anda bisa naik speedboat dari Marina Ancol dengan waktu tempuh 2 jam lebih. Pulau Pantara punya pesona keindahan alam yang tak kalah dengan pulau lainnya di Kepulauan Seribu.

Untuk menikmati pulau ini, Anda harus booking terlebih dulu. Harga paket wisatanya sekitar Rp 2,2 Juta. Biaya ini sudah meliputi harga kapal pulang-pergi, 1 Malam akomodasi cottage, welcome drink, 4x makan di restoran yang ada di pulau, gratis snorkeling atau canoeing dan masih banyak lagi.

Keindahan Pulau Pantara terletak pada suasananya yang masih sepi dan masih jarang dikunjungi. Anda akan merasakan layaknya berada di pulau pribadi. Pantainya yang berpasir putih dan deburan air laut yang jernih, menjadikan tempat wisata romantis di Jakarta ini cocok untuk hunting foto keren.

9. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
Pulau Bidadari (Foto : IG @dinivaldiani)

Pulau Bidadari bisa dibilang termasuk tempat wisata di Jakarta yang paling indah untuk melihat sunrise dan sunset. Untuk menikmati sunset dan sunrise yang cantik di Pulau Bidadari, Anda harus datang ke dermaga pulau. Di sana, Anda bisa menikmati sunrise pada pagi hari, dan juga sunset pada sore hari yang eksklusif.

Selain itu, Anda juga bisa bermain bermain di air dengan menggunakan banana boat, jetski, main kano atau berenang. Jika ingin menjelajah pulau, ada peninggalan sejarah yang bisa didatangi yaitu Benteng Martelo di Pulau Kelor yang bertetangga.

Benar-benar lengkap bukan? Jaraknya juga dekat lho dari Dermaga Marina Ancol, hanya memakan waktu 20 menit. Untuk menginap, harga yang ditawarkan pun relati murah sekitar 800 ribu rupiah per malam. Tak ayal, pulau ini pun menjadi incaran wisatawan untuk dijadikan tempat bulan madu yang romantis.

10. Pulau Semak Daun

Wisata Snorkeling-di-Pulau-Semak-Daun
Ilustrasi Pulau Semak Daun (foto : detikTravel)

Liburan tahun baru enaknya kemana ya? Itu mungkin salah satu pertanyaan yang sering sekali dipikirkan oleh sebagian orang, terutama anak muda. Nah, dari pada bingung dan bosan menghabiskan tahun baru di kota yang itu itu saja, mending cobain deh liburan tahun baru di Pulau Semak Daun.

Semak Daun termasuk gugusan pulau di Kepulauan Seribu yang tak berpunghuni. Keindahan pantai di pulau ini berani diadu dengan deretan pantai indah di Malang Selatan. Pantai Semak Daun bentuknya landai dengan ombak yang tenang. Pasir putih yang menghampar dengan air laut yang jernih membuat pulau ini semakian indah di pandang.

Selain snorkeling, biasanya tempat ini dijadikan lokasi camping (kemah). Nah, menunggu detik-detik pergantian tahun sambil bakar-bakaran di pulau ini sembari ditemani deburan ombak dan semilirnya angin malam, tentu akan memberikan pengalaman yang sangat berkesan.

Untuk menuju Pulau Semak Daun, Anda harus mengambil rute kapal ke Pulau Pramuka terlebih dahulu. Dari pulau itu perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek kapal selama kurang lebih 30 menit. Untuk estimasi biaya sewa kapal sekitar 300 ribuan.

11. Pulau Pari

Pulau-Pari-Kepulauan-Seribu
Ilustrasi Pulau Pari (foto : tiatiarra.wordpress.com)

Satu lagi tempat wisata di Jakarta yang bagus untuk hunting foto, namanya Pulau Pari. Jika berkunjung ke pulau ini, siapkan lensa kamera terbaik Anda untuk mengabadikan keeksotisan alam disini. Pasir putih pantai Pulau Pari begitu menggoda, ditambah momen sunset yang cantik semakin membuat pulau ini layak disejajarkan dengan pantai-pantai di Lombok.

Bila dilihat dari luasnya, Pulau Pari memang tidak sebesar/seluas pulau Harapan dan Tidung. Namun, keindahannya tidak kalah dengan kedua pulau besar tersebut. Di sini ada pantai perawan alias belum terjamah yang masih sangat alami serta asri dengan dikelilingi bakau.

Untuk Anda yang sedang mencari ide untuk tempat liburan saat weekend atau akhir pekan di kota Jakarta, Pulau Pari bisa menjadi pilihan yang pas. Ada berbagai aktivitas seru yang dapat sobat traveler lakukan disini, seperti snorkeling, water sport (olah raga air), menikmati pantai pasir putih yang indah, hingga sunrise dan sunset yang eksotis.

12. Pulau Pramuka

Tempat-Wisata-Pulau-Pramuka
Snorkeling di Tempat wisata Pulau Pramuka Kepulauan Seribu (foto : pulaupramuka.com)

Pulau Pramuka termasuk tempat wisata di Jakarta yang harus dikunjungi bagi para pecinta penyu. Mengapa demikian? Disini Anda dapat belajar secara singkat tentang penyu sisik karena di pulau ini ada tempat pelestarian penyu sisik yang tergolong sebagai jenis penyu langka.

Selain menyuguhkan wisata edukasi, Pulau Pramuka juga mempunyai alam bawah laut yang sangat indah dan masih terjaga kealamiannya. Terumbu karang dan ikan-ikan jumlahnya masih banyak dan beraneka warna. Saat menyelam, Anda akan ditemani dengan kumpulan ikan lucu dan imut.

Panorama sunset dan sunrise di pulau ini pun tak boleh Anda lewatkan. Berjalanlah ke sebelah timur dan Anda bisa menikmati matahari terbit paling cantik di Pulau Pramuka. Saat sore tiba, Anda dapat duduk-duduk santai di pinggiran dermaga Pulau Pramuka untuk menikmati kembalinya sang surya ke peraduan.

13. Pulau Kotok

pulau-kotok
Pulau Kotok (Foto : IG @hanipasaribu)

Jakarta bukan hanya gedung-gedung tinggi dan bertingkat. Kota ini ternyata mempunyai spot diving yang asyik untuk dikunjungi. Cobain deh datang ke Pulau Kotok yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di kawasan Kepulauan Seribu.

Vegetasi di pulau ini masih asli. Panorama bawah laut yang bagus di pulau ini bisa memanjakan para penyelam. Pulau Kotok selalu terjaga keasriannya karena di pulau ini tidak disediakan wahana-wahana seperti yang ada di Ancol seperti banana boat, jetski dan semacamnya.

Di pulau ini terdapat cottage yang terdapat di sebuah pohon. Dari sini, Anda dapat melihat kemegahan pemandangan laut Kepulauan Seribu yang membuat siapapun betah berlama-lama disini. Suasananya yang tenang dan damai membuat pulau ini wajib dikunjungi bagi Anda yang ingin menjauhkan diri dari keramaian kota.

14. Pulau Putri

pulau-putri
Aquarium Bawah Laut Pulau Putri (Foto : tj pram via flickr.com)

Keunikan Pulau Putri terletak pada akuarium bawah air laut yang keren. Akuarium ini merupakan tunnel yang berada dibawah laut dan dilapisi kaca tembus pandang tebal agar pengunjung dapat menikmati keindahan bawah laut di sekeliling tunnel.

Akuarium raksasa ini berukuran panjang 15 meter dan kedalaman 5 meter. Terumbu karang cantik dan ikan berwarna-warni dapat disaksikan langsung berada di sekitar akuarium, membuat Anda seakan-akan hidup di bawah laut bersama kawanan ikan. Fasilitas ini dapat Anda nikmati kapan saja karena selalu buka sepanjang hari.

Di pulau Putri juga telah terdapat beberapa cottage/penginapan yang dapat digunakan untuk bermalam para wisatawan. Wisatawan di Pulau Putri bisa menyaksikan pemandangan sunset yang begitu menawan memakai perahu. Sunset di Pulau Putri sering dinamakan dengan nama Sunset Cruise.

Bila sobat traveler suka olah raga laut, di pulau ini juga tersedia fasilitas untuk scuba diving, snorkeling, banana boat, kanoe, hingga water bee. Satu lagi yang harus Anda coba, yaitu kapal bawah air atau glass bottom boat yang memiliki ruang kabin yang berada di bawah permukaan laut.

15. Pulau Sepa

Pulau Sepa
Pulau Sepa (Foto : IG @adriel_92)

Pulau Sepa terletak sekitar 65 km arah barat laut dari Marina Ancol dan dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat selama 2 jam. Pulau ini juga menawarkan keindahan pasir putih dan keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan.

Pantai pasir putih dan rimbun pohon cemara akan menyambut Anda saat melangkahkan kaki di pulau ini. Terumbu karang yang masih terjaga keasriannya, membuat Pulau Sepa menjadi tempat wisata favorit di Jakarta untuk diving selain Pulau Kotok.

Terdapat pula resort/bungalow untuk menginap dan beristirahat. Konsep yang diusung adalah eco-resort dengan cottage yang menggunakan bahan-bahan kayu dan di desain secara unik sehingga akan membuat wisatawan nyaman dan betah.

Tempat Wisata Baru Di Jakarta Selatan Yang Paling Bagus Dan Menarik

16. Kidzania Jakarta

kidzania-jakarta
Ilustrasi anak-anak belajar membuat donut di Kidzania Jakarta (Foto : IG @kidzaniajakarta)

Kidzania Jakarta adalah tempat wisata di Jakarta untuk anak yang paling populer dikalangan warga ibu kota. Theme Park khusus anak yang berlokasi di Lantai 6 Pacific Place Mall, Sudirman, Jakarta Selatan ini menjadi tujuan favorit anak-anak saat liburan akhir pekan. Apa seh keunikan yang ditawarkan oleh Kidzania?

Di Kidzania, buah hati Anda akan mencoba beragam profesi yang ada di dunia nyata seperti jadi dokter, fotografer, pemadam kebakaran dan lain-lain. Yang menarik dari sini adalah mereka bisa praktek langsung mengenai beragam pekerjaan tersebut. Asik dan seru bukan?

Ada sekitar 200 profesi yang bisa dicoba oleh anak-anak di Kidzania. Begitu anak-anak melangkahkan kaki memasuki tempat ini, mereka tidak ada yang dipanggil Dik atau Kak lagi. Mereka menjadi orang dewasa yang dipanggil Bapak atau Ibu selama berada di area ini.

Untuk harga tiket masuknya dibedakan sesuai dengan usia pengunjung. Tarif masuk untuk anak balita 2-3 tahun dibanderol dengan harga Rp.50.000,- dan anak 4-16 tahun seharga Rp.150.000,-. Sedangkan untuk dewasa harganya Rp.100.000,-.

Namun untuk akhir pekan dan liburan biasanya harganya akan naik. Jam buka Kidzania Jakarta sekitar pukul 09.00 – 20.00 WIB. Tak hanya senang, liburan ke tempat ini juga ada unsur edukasinya, mengenalkan kepada anak beragam profesi yang mungkin menjadi impiannya kelak ketika dewasa.

17. Museum Layang-layang Indonesia

Museum Layang-layang Indonesia
Museum Layang-layang Indonesia (Foto : IG @maulidassafitrii)

Tak hanya kawasan wisata Ubud Bali dan Kota Yogyakarta yang kaya akan museum keren, Ibu Kota Jakarta juga punya museum yang layak Anda kunjungi. Namanya Museum Layang-layang Indonesia yang terletak di Jl. H. Kamang No.38, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Disini Anda akan menemukan aneka jenis koleksi layang-layang mulai dari layangan kecil, layangan besar, layangan tradisional, layangan olahraga, layangan modifikasi, layangan dari luar negeri seperti Jepang, Tiongkok, Vietnam, layangan juara festival, hingga layangan dari daerah-daerah terpencil di Indonesia. Keren bukan? Mengingatkan masa kecil 90-an yang sering bermain layangan.

Layang-layang yang dipamerkan disini benar-benar unik. Misalnya saja layang-layang yang bisa mengeluarkan musik karena digantung alat musik tiup sehingga pada saat diterbangkan dan tertiup angin layangan tersebut dapat bersuara. Ada juga layangan miniatur yang berukuran 2 cm, dan layang-layang raksasa bernama Megaray yang berukuran 9 x 26 m.

Selain menyaksikan layang-layang, pengunjung juga bisa belajar membuat sebuah layang-layang, membuat keramik, melukis keramik, dan membuat batik di museum ini. Untuk harga tiket masuknya cukup murah, sekitar 15 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

18. Cilandak Town Square (Citos)

Cilandak Town Square
Cilandak Town Square / Citos (Foto : Noor Hilmi via flickr.com)

Setelah mengulas aneka tempat wisata di Jakarta selain Mall, saatnya kita beralih sejenak dengan mereview tempat liburan yang berkaitan dengan Mall, yaitu Cilandak Town Square atau yang biasa disebut Citos. Lokasinya berada di Jl. T.B. Simatupang Kav. 17, Cilandak Barat, Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

Cilandak Town Square didirikan pada tahun 2002 dan termasuk pusat hiburan di Jakarta Selatan. Hampir setiap hari Mall ini menyelenggarakan event-event khusus untuk kalangan tertentu, misalnya: women’s day.

Citos termasuk tempat rekreasi dengan konsep “one stop place” dimana disini tersedia tempat belanja seperti Matahari Department Store, foodmart, cafe dan restoran enak seperti Bebek Tepi Sawah, Roppan, Starbucks, Holycow! Steakhouse by Chef Afit, Malay Village, dan masih banyak restaurant lainnya.

19. Kemang Food Festival

Kemang Food Festival
Kemang Food Festival (Foto : iklantravel.com)

Kemang Food Festival merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Jakarta favorit anak muda. Terletak di Jalan Kemang Raya No. 19, Bangka, Kemang Prapatan, Jakarta Selatan, tempat ini mengusung konsep desain mirip food court, namun dengan konsep yang lebih asri, seperti di teras rumah.

Pilihan makanan dan minuman di Kemang Food Festival sangatlah variatif dan banyak dari mulai menu lokasl hingga western. Anda mungkin akan kebingungan dalam memilih makanan karena semuanya enak dan maknyus. Namun, bagi Anda yang muslim wajib lho memilih makanan yang halal!

Disini Anda akan dapat bersantap dengan beratapkan langit malam, sembari mendengarkan gemericik air mancur dan lantunan musik. Biasanya Kemang Food Festival mulai buka sekitar jam 5 sore hingga tengah malam. Selain untuk kulineran, festival ini juga dijadikan tempat nongkrong dan kongkow anak-anak muda Jakarta.

20. Kebun Binatang Ragunan

Kebun-Binatang-Ragunan
Kebun Binatang Ragunan (Foto : webtempatwisata.com)

Nah, kalau tempat liburan yang satu ini tentu sudah banyak yang mengenalnya bukan? Kebun Binatang Ragunan rasanya sudah mainstream dikalangan para penikmat perjalanan. Namun, pesona dan keseruannya tak lekang oleh waktu.

Bisa dibilang kebun binatang ini menjadi tempat wisata paling terkenal di Jakarta Selatan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat libur akhir pekan atau pun libur sekolah. Dengan luas sekitar 140 hektar dan koleksi satwa lebih dari 3000 ekor, kebun ini sangat pas buat wisata pendidikan (edukasi) dalam rangka mengenalkan jenis-jenis hewan kepada putra-putri Anda.

Fasilitas wisata disini juga cukup lengkap, ada Taman Satwa Anak, Pusat Informasi, Taman Perahu, dan Rakit Wisata. Suasananya yang sejuk dengan dikelilingi berbagai pepohonan membuat Anda semakin betah berlama-lama disini.

Satu lagi yang tak kalah menarik adalah tiket masuknya sangat murah meriah, hanya sekitar Rp.4.500,- untuk dewasa dan Rp.3.500,- untuk anak-anak. Asyik bukan? Konon kabarnya, inilah kebun binatang termurah di indonesia, bahkan dunia.

Alamat atau lokasi Kebun Binatang Ragunan terletak di Jl. R.M. Harsono No. 1 Ragunan, Jakarta Selatan. Jam buka mulai pukul 07.30 – 16.00 WIB pada hari biasa. Oya, sekitar 90 % hewan disini merupakan satwa asli Indonesia.

21. Taman Anggrek Ragunan

Taman Anggrek Ragunan
Taman Anggrek Ragunan (Foto : IG @santi_orchid)

Anda penggemar bunga anggrek? Kalau iya, wajib deh datang ke Taman Anggrek Ragunan yang berlokasi tidak jauh dari Kebun Binatang Ragunan, tepatnya di Jl. Kebagusan Raya, RT.1/RW.7, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan.

Taman budidaya tanaman anggrek yang memiliki luas sekitar 5 hektar ini menjadi salah satu tempat wisata murah di Jakarta untuk berkahir pekan. Harga tiketnya murmer banget lho, cuma Rp.1.000,- per orang. Untuk jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Disini Anda akan dapat menemukan aneka jenis tanaman anggrek yang indah menawan. Konon kabarnya ada sekitar 5 ribu species anggrek yang menjadi koleksi taman ini. Selain menikmati keindahan bunga anggrek yang sedang mekar, Anda juga bisa membeli tanaman anggrek disini dengan harga sekitar Rp.17.500 hingga Rp. 75.000 per tanaman.

22. Pasar Taman Puring

Pasar Taman Puring
Ilustrasi barang dagangan di Pasar Taman Puring (Foto : IG @aditgaban)

Nah, bagi para shopa holic yang sedang mencari tempat wisata belanja di Jakarta yang murah meriah dan bagus, bisa mampir ke Pasar Taman Puring. Lokasinya terletak di Jl. Kyai Maja, RT.7/RW.1, Kramat Pela, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

Bila dilihat dari barang-barang yang dijajakan, Pasar Taman Puring lebih cocok sebagai pasarnya kaum laki-laki. Hal ini tak lain karena banyak di temui kios-kios penjual onderdil motor dan mobil serta aneka peralatan olahraga. Selain itu, pasar ini juga identik sebagai tempat belanja sepatu murah di Jakarta khusus pria.

Anda dapat menemukan ratusan kios sepatu pria mulai dari sepatu kulit, sepatu gunung, sepatu futsal, dan sepatu gaul khas anak muda. Beragam merek mulai dari Adidas, Caterpillar, Nike, Karrimor, Vans, hingga Converse tersedia dalam berbagai model dan warna.

Tak hanya bermerek, harga miring alias murah meriah menjadi daya tarik Pasar Taman Puring. Harga yang relatif murah ini tentu saja karena barang-barang yang dijual memang bukan asli. Kebanyakan barang yang dijual di sini adalah KW, atau kualitas di bawah barang asli. Jadi, Anda harus pandai tawar-menawar dan pintar memilih barang yang bagus.

23. Kampung Setu Babakan & Danau Setu Babakan

Setu-Babakan-Jakarta
Kampung Budaya Betawi Setu Babakan (Foto : alexsetia.wordpress.com)

Liburan ke Jakarta tentu tak akan lengkap jika belum menikmati aneka budaya dan kuliner khas betawi. Coba deh datang ke Kampung Setu Babakan yang terletak di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kotamadya Jakarta Selatan.

Begitu Anda memasuki kampung ini, nuansa betawi sangat kental terasa disini. Gapura dan rumah-rumah penduduk disini mayoritas bergaya Betawi. Sebagian memang ada yang merubahnya menjadi lebih modern, namun sentuhan khas Betawinya tidak pernah dihilangkan.

Ada berbagai aktivitas wisata yang dapat Anda lakukan disini mulai dari menyaksikan pertunjukan hingga bermain bebek-bebekan di Danau Babakan atau Setu Babakan. Setiap hari Minggu mulai pukul 14.00-16.00 WIB wisatawan bisa melihat sajian khas tarian, kesenian, musik Betawi di sini. Pada malam-malam tertentu, wisatawan juga bisa melihat atau ikut berlatih silat Betawi.

Anda juga bisa mengunjungi Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong yang berada di kawasan kampung ini. Selain jalan santai menikmati keindahan Setu Babakan, Anda juga bisa menikmati aneka kuliner khas Betawi seperti soto Betawi, kerak telor, dan lainnya yang dijajakan pedagang di pinggir setu.

Bagi yang suka olah raga air, bisa mencoba menaiki perahu bebek untuk berkeliling danau. Harga sewa perahu bebek ini cukup murah kok, sekitar 5 ribu rupiah. Sedangkan harga tiket masuk Setu Babakan sepertinya masih gratis.

24. Pasar Santa

pasar-santa
Ilustrasi salah satu tempat makan di Pasar Santa (Foto : anakjajan.com)

Pasar Santa termasuk tempat wisata kuliner di Jakarta yang lagi happening akhir-akhir ini. Pasar ini terletak di Jalan Cipaku, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di Lantai 1, Anda dapat menjumpai food court Pasar Santa dengan begitu banyak kios makanan.

Salah satu spot kuliner unik yang bisa ditemui di Pasar Santa adalah Papricano yang menyajikan makanan Meksiko seperti Burito, Taco, dan Quesadillas. Ada juga Geram yang menjual Burger Ramen, Bar-Na-Na yang menjual pisang yang dilumuri coklat dan meises; Warung Kopi Gayo: Claypot Popo, dan masih banyak lagi.

Pasar tradisional yang dulunya sepi ini, sekarang menjadi tempat nongkrong di Jakarta favorit anak muda. Namun, bagi Anda yang muslim saya ingantkan untuk memilih makanan yang halal! Akan lebih baik jika ada label halal resmi dari MUI.

25. Taman Langsat

Taman Langsat
Ilustrasi Taman Langsat (Foto : IG @misshotrodqueen)

Taman Langsat merupakan sebuah taman kota yang berada di Mayestik, tepatnya Jalan Langsat Kebayoran Baru Jakarta Selatan (belakang Pasar Burung Barito). Taman ini mempunyai luas lahan sekitar 3,6 hektar cukup nyaman untuk melepas lelah.

Fasilitas yang tersedia di taman ini cukup memadai seperti adanya fasilitas olahraga yang bisa digunakan setiap pengunjungnya. Pepohonan rindang yang mengisi taman memberikan nuasa asri. Sayangnya, tidak banyak pengunjung yang datang dan memanfaatkan fasilitas yang ada di taman.

26. Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala
Museum Satria Mandala (Foto : IG @andikandoy_)

Museum Satria Mandala terletak di Jalan Gatot Subroto No. 14, Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan. Museum ini menjadi tempat yang pas untuk mengenang nostalgia perang kemerdekaan dan cikal bakal militer Indonesia.

Museum yang mulai dibuka sejak tahun 1972 ini mempunyai luas sekitar 5 hektar. Anda akan dapat menemukan aneka koleksi senjata perang seperti tank, pesawat tempur, rudal, meriam, senapan, bambu runcing, hingga seragam jenderal bintang 5.

Ada juga koleksi diorama yang memiliki cerita unik dan benda-benda bersejarah lainnya seperti mobil dengan bekas tembakan. Tempat wisata edukasi di Jakarta ini bisa menjadi alternatif bagi anak-anak untuk mengisi akhir pekan sekaligus mengenalkan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Jam buka Museum Satria Mandala mulai pukul 09.00 – 14.30 WIB. Untuk harga tiket masuk museum ini sangatlah murah, Rp.2.500,- untuk pelajar/anak-anak/mahasiswa dan Rp.4.000,- untuk orang dewasa.

27. Museum Reksa Artha

Museum Reksa Artha
Museum Reksa Artha (Foto : IG @museumceria)

Museum Reksa Artha terletak di Jl. Lebak Bulus No.1, RT.6/RW.4, Lb. Bulus, Cilandak, Kota Jakarta Selatan. Mungkin Anda belum pernah mendengar museum ini, namun objek wisata ini cukup bagus untuk dikunjungi bersama keluarga atau pun sahabat.

Museum ini mempunyai koleksi benda utama berupa mesin uang yang masih terawat dengan baik. Disini Anda akan bisa menemukan mesin uang yang digunakan untuk mencetak uang Rupiah pertama kali. Harga tiket masuknya murmer banget, hanya diminta sumbangan sukarela dari pengunjung. Jam buka mulai pukul 09.00 -15.00 WIB.

28. Taman Ayodya

Taman-Ayodya
Taman Ayodya (Foto : jakartakita.com)

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata gratis di Jakarta, datang saja ke Taman Ayodya di Jalan Lamandau III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tempatnya yang nyaman dengan pencahayaan yang sedikit redup menjadikan tempat ini favorit bagi sebagian wisatawan.

Ketika malam tiba, Taman Ayodya akan semakin meriah dengan iringan musisi jalanan yang tidak berhenti bernyanyi. Jika Anda lapar dan ingin mencicipi kuliner enak, ada banyak pedagang kaki lima yang berjualan disini.

Ada satu tempat kuliner enak yang terletak di dekat greja samping Taman Ayodya, namanya gulai tikungan atau terkenal dengan sebutan ‘Gultik’. Makanan ini sangat populer dan tersebar dari kawasan Blok M hingga Barito sekitar Taman Ayodya.

29. Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)

rptra
Ilustrasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak / RPTRA (Foto : IG @fredmansel)

Siapa bilang Jakarta penuh sesak tanpa ada ruang terbuka hijau? Jakarta sekarang sudah berubah lho. Hampir di setiap kecamatan mulai dibangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Tempat ini menjadi lokasi gratis untuk berkumpul atau pun bermain anak-anak dan warga Jakarta.

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, seperti taman bermain anak, lapangan bulu tangkis, lapangan futsal, taman bacaan, ruang pamer produk usaha mikro, kecil, dan menengah, dan ruang laktasi buat ibu dan si kecil. Beberapa mainan anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, perosotan, dan taman labirin juga direncanakan ada disini.

Jadi, Anda tak usah pusing dan bingung mencari tempat liburan gratis buat anak-anak dan keluarga, cukup datang saja ke RPTRA yang tersebar diseluruh pelosok Jakarta. Tak kalah keren deh dengan aneka taman di Kota Surabaya dan Bandung.

Tempat Wisata Terbaik Dan Terbaru Di Jakarta Barat Yang Paling Populer

30. Jembatan Eco Skywalk

Tempat Wisata Baru Di Jakarta
Tempat Wisata Baru Di Jakarta Jembatan Eco Skywalk / Eco Skywalk Bridge Central Park (Foto : IG @monicaenggriya)

Ini dia tempat wisata baru di Jakarta Barat yang lagi hits banget, namanya Jembatan Eco Skywalk. Terletak di Di area Mal Central Park, Jembatan khusus pejalan kaki ini dibangun sebagai penghubung menuju Mal Neo Soho. Yang unik dari jembatan ini tentu saja adalah bentuknya yang cantik dan fotogenik mirip salah satu ikon tempat wisata di Singapura yang bernama Helix Bridge (Jembatan Helix).

Desain Jembatan Eco Skywalk ini dibuat semi terbuka dengan rangka luar melingkar, konon panjangnya mencapai 250 meter. Tak hanya itu, jempatan ini juga diberi hiasan lampu-lampu melingkar yang tampak gemerlap di malam hari. Tak kalah keren dengan Helix Bridge Singapore.

31. Kawasan Kota Tua

Kota-Tua-Jakarta
Kawasan Kota Tua Jakarta (Foto : tribunnews.com)

Kawasan Kota Tua nampaknya tak pernah lekang oleh waktu, tetap menjadi incaran wisatawan untuk liburan. Objek wisata yang dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia) ini merupakan sebuah wilayah dengan luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Berkunjung ke Kota Tua tentu saja akan mengingatkan wisatawan akan sejarah karena disini banyak dijumpai bangunan-bangunan dengan arsitektur bergaya Eropa. Begitu sampai di sana, Anda seperti akan dibawa ke masa lampau di saat para penjajah masih menduduki Jakarta.

Jendela bngunan yang besar, tembok-tembok yang tebal, dan ornamen seperti lampu jalanan pun masih bergaya tempo dulu. Recommended banget buat Anda yang suka wisata sejarah. Ada berbagai tempat wisata menarik di Kota Tua Jakarta yang dapat Anda kunjungi, seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Toko Merah.

Selain mengunjungi museum, aktivitas wisata asik dan seru yang dapat Anda lakukan disini tentu saja berfoto dengan latar landmark bangunan-bangunan tempo dulu. Anda juga dapat menyewa sepeda ontel dengan harga sekitar 25 – 40 ribu rupiah untuk mengelilingi Kota Tua.

Jika lapar, Anda juga dapat menikmati kuliner di Kota Tua Jakarta dengan singgah di Cafe Batavia atau Cafe Gazebo, serta mencicipi aneka jajanan kuliner khas Jakarta seperti gado-gado, soto, hingga kerak telor. Selain di Jakarta, kawasan yang bernuansa history juga bisa Anda temui di Kota Lama Semarang, salah satu ikonnya tempat wisata bagus di Semarang yang paling terkenal.

32. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah
Museum Fatahillah (Foto : IG @m_fatkhun)

Berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No.1, Kota Jakarta Barat, Museum Fatahillah merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata bagus untuk Anda yang ingin mengetahui seluk beluk atau sejarah kota Jakarta.

Museum yang juga dikenal dengan nama Museum Sejarah Jakarta ini berdiri sejak tahun 1707 dengan gaya arsitektural neoklasik khas abad ke-17. Di tempat ini terdapat sekitar 23.500 benda yang mengisahkan asal-usul Jakarta di masa lalu.

Anda dapat menemukan lukisan orang belanda dan benda peninggalan sejarah yang dulu digunakan, seperti meja, kursi dan guci. Ada juga meriam yang berada di belakang museum. Semua benda-benda tersebut ditempatkan pada ruang-ruang terpisah seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin.

Museum Fatahillah bisa dibilang sebagai salah satu saksi sejarah Jakarta atau Batavia. Harga tiket masuknya cukup murah sekitar 5 ribu rupiah untuk orang dewasa, 3 ribu untuk mahasiswa dan 2 ribu rupiah untuk pelajar. Jam buka mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB. Untuk hari senin dan libur nasional museum ini tutup.

33. Kawasan Pecinan Glodok

Pecinan Glodok
Kawasan Pecinan Glodok (Foto : IG @ekyparatama)

Inilah kawasan yang terkenal sebagai sentra barang elektronik dengan harga miring, siapa lagi kalau bukan Glodok. Selain terkenal sebagai tempat wisata belanja murah di Jakarta, Glodok juga cukup populer dengan unsur tiongkoknya. Bisa dibilang, Pecinan Glodok adalah China Town-nya Jakarta.

Kawasan Pecinan Glodok yang terkenal tentu saja daerah Petak 9 yang terletak memanjang di belakang Harco Glodok. Di tempat ini Anda dapat menjumpai Vihara Kim Tek Ie yang berlokasi di kompleks Dharma Bakti yang belum lama terbakar. Anda juga bisa menikmati aneka kuliner khas Tiongkok seperti mie, hingga lampion merah.

Suasana khas Tiongkok makin terasa kental dengan kehadiran saudara kita yang beretnis Tionghoa. Tidak sedikit kaum Tionghoa yang bermukim dan berdagang di kawasan Glodok. Jadi, bagi sobat traveler yang ingin mengunjungi aneka tempat wisata di China namun minim budget, datang saja ke Petak 9 Pecinan Glodok. Benar-benar terasa seperti di negeri tirai bambu.

34. Kampung Rawa Belong

kampung-rawa-belong
Ilustrasi pertunjukan kesenian betawi Sanggar Si Pitung Kampung Rawa Belong (Foto : sanggarsipitung.com)

Satu lagi Kampung Betawi yang layak dkunjungi sebagai destinasi wisata di Jakarta yaitu Kampung Rawa Belong yang berada di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Penduduk perkampungan Betawi ini masih memegang dan melestarikan budaya Betawi.

Ciri khas Betawi yang kental dalam Kampung Rawa Belong menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dilansir dari situs resmi DKI Jakarta, disebutkan bahwa Rawa Belong adalah salah satu kampung tua di Jakarta. Perkampungan ini terkenal dengan silat Betawi dan budidaya tanaman hiasnya.

Di kampung ini pengunjung bisa melihat tradisi asli budaya Betawi. Tidak hanya itu, di sini wisatawan bisa berburu dan belanja bunga-bunga cantik di Pasar Bunga Rawa Belong dan melanjutkan wisata kuliner Betawi.

Konon kabarnya, Rawa Belong terkenal dengan jawara-jawaranya, seperti Si Pitung dan Mat Item. Jadi, wisatawan juga bisa belajar silat dan memperdalam sejarah budaya Betawi di sini. Asyik bukan?

35. Museum Bank Indonesia

museum-bank-indonesia
Front Lobby Museum Bank Indonesia (Foto : Aditya Darmasurya via flickr.com)

Museum Bank Indonesia berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat. Museum ini menjadi tempat wisata pendidikan (edukasi) yang cocok dikunjungi bagi anak-anak, pelajar, atau pun mahasiswa. Museum ini tampak terkonsep dengan baik, bersih serta terjaga rapi.

Begitu masuk area museum, Anda akan diberikan sebuah pamflet yang akan menuntun setiap pengunjung menjelajahi setiap ruangan yang ada di sana. Ada sekitar 6 ruang yang berada di museum ini, antara lain: Playmotion, ruang teater, ruang sejarah, ruang perenungan hijau, ruang emas moneter, dan ruang numismatik

Ruang Playmotion berupa ruangan untuk mempersiapkan pengunjung sebelum memasuki ruang sejarah dengan simulasi permainan menangkap bayangan koin yang berjatuhan. Ruang teater menyajikan film dengan tema sejarah BI, sejarah kebijakan BI dari masa ke masa dan sejarah uang.

Di ruang sejarah, wisatawan akan disajikan sejarah BI dan peranannya dalam sejarah bangsa. Pembahasannya cukup lengkap mulai dari awal berdirinya Bank Indonesia oleh Belanda (De Javache Bank) hingga sekarang.

Untuk ruang perenungan hijau dulunya pernah berfungsi sebagai tempat para pimpinan merumuskan berbagai kebijakan, dinding yang hijau dengan kaca patri bertemakan hasil bumi Nusantara serta jam besar peninggalan DJB (DeJavache BAnk, nama Belanda Bank Indonesia sebelum diganti) menjadi ikon tersendiri untuk ruangan ini.

Ruang emas moneter menyuguhkan emas murni yang pada masanya pernah berfungsi sebagai penjamin uang yang beredar di Indonesia. Sedangkan ruang numismatik berisi koleksi uang yang beredar di Nusantara mulai dari berbagai bentuk dan jenis uang dari zaman kerajaan Hindu Budha, kerajaan Islam, kolonial sampai pada uang pasca kemerdekaan dan uang mancanegara.

Harga tiket masuk ke museum ini sangatlah terjangkau, sekitar Rp.5.000,- per orang. Jam buka Museum Bank Indonesia mulai pukul 08.00 – 14.30 WIB pada hari Selasa sampai kamis dan 08.30 – 11.00 WIB untuk hari Jum’at.

36. Museum Wayang

museum-wayang-jakarta
Ilustrasi Museum Wayang Jakarta (Foto : Sigit Djatmiko via flickr.com)

Lokasi dan alamat Museum Wayang terletak di Jl. Pintu Besar Utara No.27, Tamansari, Jakarta Barat. Sesuai dengan namanya, museum ini menyajikan aneka koleksi model wayang dari berbagai wilayah dari dalam negeri hingga luar negeri.

Museum Wayang buka setiap hari Selasa – Minggu pukul 09.00 – 15.00 WIB. Harga tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah per orang. Menurut info yang saya dapatkan, setiap minggu ke 2 atau 3 setiap bulannya, museum ini selalu mengadakan pagelaran wayang.

37. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan
Jembatan Kota Intan (Foto : IG @triaripurwani)

Jembatan Kota Intan termasuk salah satu jembatan tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 1628 oleh pemerintah Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC. Jembatan ini menjadi satu-satunya jembatan peninggalan Belanda yang masih tersisa di Jakarta.

Jembatan kota intan terletak di kawasan Kota Tua, tepatnya Ancol, Pademangan, Kota Jakarta Barat. Jembatan yang terbuat dari besi dan kayu ini cukup menarik untuk menjadi tempat foto-foto. Tak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan jembatan ini sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat menjelajahi kawasan Kota Tua Jakarta.

38. Gedung Arsip Nasional

Gedung Arsip Nasional
Gedung Arsip Nasional (Foto : IG @huzaifa_husna)

Berada di Jalan Gajah Mada No. 111, Krukut, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Gedung Arsip Nasional merupakan sebuah museum yang kini juga digunakan sebagai tempat acara pernikahan, prewedding, dan pameran. Untuk biaya masuknya gratis, kecuali untuk sewa gedung dan foto prewedding.

Konon kabarnya, gedung ini adalah kediaman Gubernur Jendral VOC–perusahaan dagang Hindia Belanda, pada abad ke-18. Kemudian bangunan ini dijadikan kantor Departemen Pertambangan dan kantor Arsip Nasional. Pada tahun 1992, Gedung Arsip Nasional direnovasi dan diresmikan sebagai cagar budaya nasional.

Karena bentuk bangunannya yang unik dan klasik, maka Gedung Arsip Nasional pun menjadi tempat favorit prewedding di Jakarta. Harga untuk foto pre-wedding seharian di sana adalah Rp 500.000,-. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

39. Ice Skating Sky Rink Mall Taman Anggrek

Ice Skating Sky Rink Mall Taman Anggrek
Ice Skating Sky Rink Mall Taman Anggrek (Foto : IG @nuraisyahagustika)

Buat sobat traveler yang ingin merasakan sensasi meluncur di atas es seperti di luar negeri, maka datang saja ke Mall Taman Anggrek di Jakarta Barat. Selain berwisata belanja, Anda juga bisa bermain di Sky Rink. Arena ice skating ini akan memberikan pengalaman menarik ke pada Anda untuk meluncur di atas es dengan sepatu khusus.

Biaya atau harga tiketnya dibanderol sebesar Rp.65.000,- selama 2 jam (senin – jumat) dan Rp.85.000,- untuk hari sabtu dan minggu. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.30 WIB. Bagi Anda yang tak tahan dingin, tidak usah kuatir karena disini ada penyewaan sarung tangan dan kaos kaki untuk menahan dingin.

40. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik
Museum Seni Rupa dan Keramik (Foto : IG @wandy_s29)

Sesuai dengan namanya, Museum Seni Rupa dan Keramik di Jakarta ini menyimpan berbagai koleksi keramik dan seni rupa dari masa lalu. Di sini Anda bisa wisata sambil belajar perkembangan kesenian Indonesia dari masa ke masa.

Lokasi museum ini berada di Jl Pos Kota No 2, wilayah Jakarta Barat. Museum yang tepat berseberangan dengan Museum Sejarah Jakarta tersebut menampilkan keramik dan aneka seni rupa lainnya dari seluruh wilayah Indonesia dan mancanegara.

Museum keren di Jakarta ini memiliki sekitar 500 karya seni rupa yang berbeda, seperti patung, grafis, sketsa dan batik tulis. Di antara koleksi-koleksi tersebut ada beberapa koleksi unggulan dan amat penting bagi sejarah seni rupa di Indonesia, antara lain lukisan yang berjudul ‘Pengantin Revolusi’ karya Hendra Gunawan, ‘Bupati Cianjur’ karya Raden Saleh, dan ‘Potret Diri’ karya Affandi.

Untuk benda keramik, museum ini memiliki koleksi yang cukup banyak. Keramik ini berasal dari dalam dan luar negeri. Khusus keramik hasil dalam negeri, diambil langsung dari sentra industri daerah, seperti Aceh, Medan, Palembang, Lampung, Jakarta, dan lainnya.

Bagi Anda yang ingin mempelajari cara pembuatan gerabah, bisa masuk langsung ke Studio Gerabah. Di sinilah tempat pelatihan dan pembuatan gerabah, mulai dari teknik membentuk, cetak dan roda putar. Oven untuk membakar gerabah juga tersedia di sini.

Jadi, selain berwisata, Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk belajar membuat gerabah. Harga tiket masuk Museum Seni Rupa dan Keramik sekitar 5 ribu rupiah. Untuk jam buka mulai pukul 09.00 s/d 15.00 WIB.

41. Toko Merah

Toko Merah
Toko Merah (Foto : IG @meliecarolina)

Toko Merah adalah salah satu tempat wisata unik yang berada di Kawasan Kota Tua Jakarta. Dilihat dari sejarahnya, bangunan ini konon kabarnya sudah ada sejak ratusan tahun silam, melintasi zaman kolonial dan sempat jadi toko milik pedagang China.

Anda tak akan sulit mengenali bangunan ini karena dari kejauhan, toko ini sudah tampak mencolok. Warna merah dengan arsitektur ala zaman kolonial terlihat jelas lewat jendela-jendela yang tinggi. Toko Merah ini terletak di jalan persis di samping Sungai Ciliwung.

Toko Merah termasuk salah satu bangunan tertua di Kota Tua Jakarta, dibangun pada 1730. Gedung yang berlokasi di Jalan Kali Besar Barat No 107 ini dulunya adalah rumah seorang Gubernur Jenderal VOC, Willem Baron van Imhoff.

Saat ini Toko Merah telah berhasil dipugar kembali. Interiornya diperbaiki, dijadikan tempat konferensi dan pameran. Di lantai 2, terdapat sebuah ruangan luas yang cocok untuk konferensi dan pertunjukan. Wisatawan yang ingin wisata sejarah di Toko Merah bisa datang saat ada pameran atau acara yang digelar di sana.

42. Gereja Sion (Gereja Portugis)

Gereja Sion
Gereja Sion / Gereja Portugis (Foto : IG @karinatessa)

Lokasi Gereja Sion terletak di Jl Pangeran Jayakarta, tepatnya di persimpangan antara Jl Mangga Dua dan Jl Pangeran Jayakarta, Jakarta Barat. Bagunan bersejarah ini memiliki arsitektur bergaya kolonial Belanda.

Menurut cerita yang berkembang, Gereja ini dibangun oleh orang Belanda untuk memberikan tempat ibadah bagi para tawanan Portugis yang dibawa dari Malaya dan India. Oleh karena itu, Gereja Sion pun terkenal dengan sebutan Gereja Portugis.

Nah, bagi sobat traveler yang hoby fotografi, nampaknya bangunan ini menjadi lokasi yang pas buat hunting foto. Dengan gaya khas Eropa, gereja ini akan bagus untuk latar berfoto.

43. Taman Tribeca Mal Central Park

Taman Tribeca Mall Central Park
Taman Tribeca Mall Central Park (Foto : tripjalanjalan.com)

Taman Tribeca terletak di Mal Central Park Jakarta Barat, tepatnya berada di bagian tengahnya yang asyik untuk santai sore. Tamannya ini sungguh asri dengan pepohonan dan rerumputan hijau, serta kolam ikan.

Aktivitas yang dapat sobat traveler lakukan di Taman Tribeca antara lain jalan-jalan atau duduk santai sambil berfoto. Anda tak perlu repot-repot bawa bekal makanan atau camilan dari rumah, karena banyak kios makanan enak yang berjualan di sekeliling Taman Tribeca.

44. Museum Tekstil

Museum Tekstil
Museum Tekstil (Foto : Andrey Acorbusie via flickr.com)

Museum Tekstil terletak di Jl. Aipda Ks Tubun No.2-4, Tanah Abang, Petamburan RT.6/RW.1, Kota Bambu Sel., Palmerah, Kota Jakarta Barat. Sesuai dengan namanya, museum ini berisi koleksi karya-karya seni yang berkaitan dengan pertekstilan Indonesia.

Ada sekitar 1000 koleksi tekstil disini yang terbagi menjadi empat bagian, yaitu koleksi kain tenun, koleksi kain batik, koleksi peralatan, dan koleksi campuran. Tak hanya menyaksikan kain-kain dengan aneka corak, di tempat ini Anda juga dapat kursus membatik.

Museum ini juga punya sebuah taman di halaman belakang yang diberi nama Taman Pewarna Alam. Taman seluas 2.000 meter persegi ini berisi pohon-pohon yang dapat digunakan sebagai bahan baku pewarna alami untuk tekstil.

Harga tiket masuk dibanderol dengan harga 5 ribu rupiah per orang. Jam buka setiap hari Selasa – Kamis pukul 09.00 – 15.00 WIB. Hari Jumat buka dari pukul 09.00 – 12.30 WIB dan pada hari Sabtu dari pukul 09.00 – 15.00 WIB. Sedangkan untuk hari Minggu museum ini buka pada pukul 09.00 – 15.00 WIB. Museum Tekstil tutup setiap hari Senin dan Libur Nasional.

Tempat Wisata Menarik Di Jakarta Utara Terbaru Yang Paling Terkenal

45. Taman Impian Jaya Ancol (Ancol Dreamland)

Taman Impian Jaya Ancol
Taman Impian Jaya Ancol / Ancol Dreamland (Foto : IG @ancoltamanimpian)

Inilah tempat wisata di Jakarta yang paling populer, yaitu Taman Impian Jaya Ancol atau yang dikenal juga dengan nama Ancol Dreamland. Destinasi yang satu ini menawarkan aneka wahana bermain yang seru di Dunia Fantasi, pertunjukan hewan-hewan laut yang lucu-lucu, sampai wisata pantai yang indah.

Lokasinya yang cukup strategis dan fasilitas yang lengkap, membuat Taman Impian Jaya Ancol menjadi tempat liburan favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan akhir pekan atau pun libur lebaran.

Alamat Taman Impian Jaya Ancol berada di Jalan Lodan Timur No. 7, Ancol, Pademangan, RW.10, Kota Jkt Utara. Harga tiket masuknya sekitar Rp.25.000,-. Untuk menikmati aneka wahana di Ancol Dreamland, Anda masih harus membayar tiket lagi sesuai dengan arena permainan yang akan dicoba.

Meskipun harga arena permainannya cukup mahal, objek wisata yang satu ini tetap menjadi lokasi favorit di hati wisatawan. Tidak ayal, ketika musim libur tiba, banyak rombongan wisatawan yang berasal dari luar Jakarta untuk berkunjung ke Ancol.

46. Dufan (Dunia Fantasi)

dufan-ancol
Dufan / Dunia Fantasi Ancol (Foto : IG @ancoltamanimpian)

Dufan atau Dunia Fantasi adalah tempat rekreasi favorit wisatawan yang berada di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Destinasi wisata ini menawarkan hiburan yang menyenangkan bagi semua umur, dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Disini tersedia berbagai wahana asyik dan seru untuk pengunjungnya, mulai dari yang bernuansa edukasi, petualangan, thriller, ketangkasan, hingga wahana-wahana yang menguras adrenalin. Beberapa wahana favorit pengunjung diantaranya adalah Wahana Niagara, Kicir-Kicir, Istana Boneka, Kora-Kora, Tornado, Halilintar, Gajah Bledug, Lorong Sesat, Hysteria, dan lainnya.

Untuk harga tiket masuknya memang mahal, sekitar 195 ribu hingga 275 ribu (reguler) dan 400 ribu – 500 ribu untuk yang premium. Namun, harga yang mahal tersebut tentu saja akan sebanding dengan keseruan yang akan Anda dapatkan.

47. Sea World Ancol

Sea World Ancol
Sea World Ancol (Foto : via reportaseharga.com)

Tak perlu jauh-jauh ke Singapura untuk melihat ikan-ikan di dalam aquarium yang super besar, Jakarta juga punya objek wisata yang seperti itu, yaitu Sea World Ancol. Masih berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Sea World menawarkan sensasi seolah-olah berada di dalam air melihat ikan-ikan dan biota laut berenang kesana kemari.

Koleksi hewan air di Sea World Ancol terbilang cukup lengkap yang terdiri atas biota air tawar sekitar 126 jenis ikan, biota laut sekitar 26 jenis, hewan avertebrata (tak bertulang belakang) sekitar 5 jenis, dan masih banyak hewan lainnya seperti mamalia.

Begitu Anda memsuki gerbang Sea World Ancol, suasana ‘glow in the dark’ akan sangat terasa di sana. Kemudian Anda akan disambut aneka akuarium yang berisi ribuan warna-warni ikan laut, air tawar hingga laut dingin. Anda bisa menyaksikan coral, giant octopus, kepiting laba-laba raksasa, lion fish, dan nautilus biota yang dinyatakan fosil hidup. Keren bukan?

Selain sebagai tempat wisata, Sea World juga bisa digunakan sebagai sarana edukasi atau pendidikan untuk menambah pengetahuan anak-anak tentang dunia hewan air. Harga tiket masuk Sea World dibanderol sekitar 80 ribu (weekdays) dan 90 ribu (weekend / hari libur).

48. Ocean Eco Park

Ocean Eco Park
Ocean Eco Park (Foto : ancol.com)

Ocean Eco Park Ancol termasuk salah satu tempat wisata edukatif di Jakarta yang wajib dikunjungi. Disini Anda bisa mengajak anak-anak untuk memperdalam rasa cinta dan peduli terhadap alam sambil liburan. Untuk jam buka Ocean Eco Park mulai pukul 06.00 – 08.00 WIB.

Ada 4 wahana edukasi menarik yang dapat Anda jelejahi di Ocean Eco Park, yaitu Eco-Care, Eco-Nature, Eco-Island, dan Eco-Art. Eco-Care cocok buat wisatawan yang gemar menanam sayur-sayuran dan tumbuhan. Di Eco-Nature Anda akan disuguhkan aneka satwa yang biasanya hanya bisa disaksikan melalui layar TV, seperti burung kasuari, burung pelican, rusa dan kera.

Eco-Island berupa sebuah danau buatan yang dihuni ribuan ikan koi, lele dan gurami, sedangkan Eco-Art menyuguhkan hiburan pertunjukan teater panggung terbuka Fantastique Magic Fountain Show yang mementaskan cerita rakyat terkenal Timun Mas dan Buto Ijo.

Selain keempat wahan tersebut, Anda juga bisa menikmati atraksi permainan yang tak kalah seru, seperti Flying Fox, Green Mission Paint Ball, Ecobike, dan masih banyak wahana asyik lainnya. Harga tiket masuk ke Ocean Eco Park Ancol gratis, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Ancol sebesar Rp.25.000,- namun untuk mencoba setiap wahana disini, Anda harus bayar lagi.

49. Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure
Atlantis Water Adventure (Foto : ancol.com)

Selain pantai, Dufan, dan Eco Park, Taman Impian Jaya Ancol juga memiliki waterpark terbaik di Jakarta yang bernama Atlantis Water Adventures. Tempat wisata anak dan keluarga di Jakarta ini memiliki wahana permainan air yang variatif. Ada berbagai jenis kolam air yang bisa Anda gunakan seperti kolam arus, ombak, kolam yang cocok untuk anak-anak, hingga kolam olympic.

Atlantis Water Adventures juga dilengkapi dengan fasilitas gazebo untuk wisatawan yang ingin bersantai. Gazebo dengan bentuk seperti pendopo ini disewakan seharga Rp 250.000. Sedangkan lesehan masing-masing disewakan seharga Rp 200.000. Harga bisa berubah sewaktu-waktu lho ya!

Harga tiket masuknya memang lumayan mahal, sekitar Rp.190.000,- namun harga segitu akan sebanding dengan keasyikan dan kesenangan yang akan Anda dapatkan disini. Jam buka Atlantis Water Adventure mulai pukul 08.00 – 19.00 WIB (weekdays) dan pukul 07.00 – 20.00 WIB (weekend).

50. Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra
Ocean Dream Samudra (Foto : ancol.com)

Ocean Dream Samudra Ancol merupakan sebuah wahana berupa pertunjukan hewan laut yang sudah dilatih dan sangat jinak. Atraksi yang disajikan berupa pentas aneka satwa, pentas singa laut, pentas lumba-lumba, sinema 4 dimensi, pentas scorpion pirates (stuntman show), dan pentas underwater theater.

Pentas aneka satwa menyuguhkan atraksi beruang madu, berang-berang, dan burung kakaktua yang bercerita tentang pembalakan liar. Untuk pentas singa laut, Anda akan bisa melihat atraksi singa laut dalam menghitung angka, joget dangdut, sampai melakukan salto.

Pentas yang tak kalah seru adalah pentas lumba-lumba dengan sajian berupa empat lumba-lumba yang beraksi untuk menghitung, main bola, hingga salto. Keren banget deh! Untuk penjelasan pentas atau atraksi yang lain, langsung saja Anda berkunjung ke Ocean Dream Samudra ya! Biar lebih enjoy langsung menyaksikan sendiri.

Harga tiket masuknya cukup mahal seh, sekitar Rp.95.000,- (weekdays) dan Rp.130.000,- (weekend). Jam buka setiap hari Senin s/d Jumat pukul 09.00 – 17.00 WIB, sedangkan kalau hari Sabtu, Minggu, dan hari libur mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB.

51. Alive Museum & Alive Star Ancol

Alive Museum
Alive Museum & Alive Star Ancol (Foto : IG @feliciaawijayaa)

Inilah museum 3D di Jakarta yang paling bagus dan keren, namanya Alive Museum & Alive Star Ancol yang terletak di Ancol Beach City Mall, Jakarta Utara. Museum ini memamerkan lukisan 3 dimensi dan lebih dari 50 patung lilin tokoh-tokoh ternama dunia dari Angelina Jolie sampai Mahatma Gandhi.

Alive Museum Ancol termasuk salah satu cabang dari Alive Musem Korea yang juga terdapat di berbagai negara seperti Korea, Singapura, Thailand, Vietnam, Cina, dan Istambul. Konon kabarnya, semua lukisan langsung di buat dan di bawa dari Korea.

Disini Anda akan menemukan aneka lukisan dan seni rupa dengan trik-trik ilusi 3D yang akan membuat 5 panca indra ikut bermain di dalam lukisan tersebut. Alive Museum Ancol memiliki berbagai zona bermain dengan tema-tema khusus seperi Zona Fantasi, Dark Road/Jalan Gelap, Zona Horor, Zona Ekstrim, Zona Sirkus, dan Zona Travel.

Untuk Alive Star Ancol sendiri mengkhususkan diri sebagai Wax Museum atau Museum Patung Lilin dengan berbagai public figure dari Indonesia, internasional, dan bintang-bintang Korea yang sedang digemari oleh masyarakat di Indonesia. Bisa dibilang Alive Star ini merupakan Madame Tussauds-nya Jakarta.

Kedua museum tersebut buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Harga tiket masuknya dibanderol sebesar Rp.100.000,-/per museum. Jangan lupa siapkan kamera dengan full baterai jika Anda berkunjung kesini. Tempatnya unik dan keren buat narsis lho.

52. Pantai Marina Ancol

Dermaga 9 Pantai Marina Ancol
Dermaga 9 Pantai Marina Ancol (Foto : IG @jodi2710)

Mungkin bagi sebagian traveler, Pelabuhan Marina atau Marina Bay Ancol ini hanyalah sebagai tempat penyeberangan menuju Kepulauan Seribu. Namun, siapa sangka, ternyata dermaga tersebut menyimpan potensi wisata yang indah dan bagus yaitu Pantai Marina.

Pantai Marina memang hanya memiliki garis pantai sepanjang 500 meter, namun pemandangan yang ditawarkan sangatlah cantik. Di pantai ini pengunjung bisa mengamati Kepulauan Seribu yang berjarak 110 mil dari bibir pantai.

Tepi pantainya juga sejuk dengan banyaknya pohon kelapa yang tumbuh. Pemandangan sunset di Pantai Marina menjadi spot favorit para traveler. Tak hanya itu, Pantai Marina juga dilengkapi dengan tanggul serta jogging track sehingga nyaman untuk berjalan-jalan atau bersepeda.

53. Pantai Indah Kapuk (PIK)

Pantai Indah Kapuk
Pantai Indah Kapuk / PIK (Foto : Ardy Hadinata Kurniawan via flickr.com)

Bagi kebanyakan orang, Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara memang terkenal akan kawasan pemukiman. Namun sebenarnya, daerah ini mempunyai sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Destinasi wisata yang menjadi favorit di Pantai Indah Kapuk tentu saja kulinernya. Banyak restoran dan tempat nongkrong yang asik buat kongkow atau pun bersantai bareng teman, keluarga, dan pasangan (read : istri).

PIK juga punya Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk yang merupakan hutan mangrove. Hutan bakau ini bisa dijelajahi dengan berjalan kaki, atau naik perahu. Bagi sobat traveler yang ingin suasana romantis, coba deh ajak pasangan (read : istri) untuk mendayung bersama. So sweet banget deh!

Untuk Anda yang suka banget bermain air, cobain juga Waterboom Jakarta yang terletak di kawasan PIK. Aneka wahana air yang asyik dan seru akan memanjakan Anda dan keluarga disini.

54. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk / Wisata Alam Mangrove Angke

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk
Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk / Wisata Alam Mangrove Angke (Foto : IG @rizdawiwi)

Siapa bilang Jakarta tak punya hutan? Kota ini juga punya wisata hutan yang bagus lho! Namanya Taman Suaka Margasatwa Muara Angke atau yang dikenal juga dengan sebutan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk / Wisata Alam Mangrove Angke. Hutan Mangrove ini bisa menjadi alternatif tempat wisata di Jakarta selama libur lebaran atau pun akhir pekan.

Jakarta bukanlah sekedar hutan beton berupa gedung-gedung pencakar langit saja. Di sebelah utara Jakarta, Anda masih bisa menemui hutan betulan, yaitu Hutan Mangrove yang hijaunya seperti hutan Amazon di Brasil. Lokasi wisata alam hutan mangrove ini terletak di Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Hutan mangrove ini cukup besar dengan luas mencapai 99 hektar. Anda bisa berkeliling kawasan mangrove ini dengan naik perahu motor, kano hingga kapal tradisional. Untuk keliling sekitar 30 menit, biayanya mulai dari Rp 100 ribu-300 ribu. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya!

Pemandangan alam yang tersaji sungguh cantik dan udaranya pun sejuk. Suasananya tenang tanpa bising motor atau mobil yang biasanya menyesaki ibu kota Jakarta. Bagi wisatawan yang ingin narsis, tempat ini juga instagramable banget.

Board walk atau jembatan dari kayu sepanjang 843 meter yang mengitari taman suaka ini semakin memudahkan pengunjung untuk mengeksplore hutan mangrove. Dari ketinggian sekitar 20 meter di atas permukaan tanah, hamparan hutan bakau menjadi pemandangan yang sangat menyejukan.

Selayaknya hutan beneran, disini juga masih terdapat monyet-monyet liar yang asyik bergerombol dan bermain-main di atas pohon. Ada juga biawak, ular sanca, dan burung-burung yang berkicau dengan merdu. Harga tiket masuk ke objek wisata mangrove PIK dibanderol sekitar Rp.25.000,-.

55. Sentra Perikanan Muara Angke (Pasar Muara Angke)

Pasar Ikan Muara Angke
Sentra Perikanan Muara Angke / Pasar Ikan Muara Angke (Foto : IG @madyantoro)

Kawasan Muara Angke di Jakarta Utara tidak hanya menjadi salah satu pelabuhan menuju Kepulauan Seribu, namun juga menjadi sentra ikan yang komplit alias super lengkap. Buat Anda para pecinta ikan, wajib deh berkunjung ke sini.

Di Pasar Muara Angke, Anda bisa berburu aneka hasil laut dengan harga yang cukup murah. Jangan lupa untuk menawar ya, biar Anda mendapatkan harga yang murah.

Pasar ini termasuk tempat pelelangan dan penjualan ikan terbesar di Indonesia. Mirip seperti Tsukiji Market di Jepang yang menyuguhkan hasil ikan dengan kualitas terbaik langsung dari nelayan. Untuk memasuki pasar ini, Anda akan dikenakan tarif sekitar 4 ribu rupiah.

56. Waterbom Jakarta

Waterbom Jakarta
Waterbom Jakarta (Foto : jktgo.com)

Tak kalah seru dengan tempat rekreasi di Yogyakarta yang bernama Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark, Waterbom Jakarta juga menawarkan wahana air yang bervariasi dan seru. Berlokasi Jl. Pantai Indah Barat No. 1, Pantai Indah Kapuk, RT.7/RW.2, Kamal Muara, Jakarta Utara, Waterpark ini memberikan sensasi berenang di tengah kawasan hijau.

Aneka wahana menarik yang ada di Waterbom Jakarta adalah Aquatube, Kiddy Slide, dan Twizter. Aquatube adalah wahana yang menggabungkan tiga jenis seluncuran, yaitu seluncuran tertutup, setengah terbuka dan terbuka. Pengunjung akan diajak meluncur dari ketinggian 14,5 meter dan panjang 118 meter.

Kiddy Slide adalah wahana khusus untuk anak-anak bermai. Di sini, buah hati Anda bisa meluncur di 3 jenis seluncuran untuk anak usia 5-12 tahun. Tiap seluncuran akan berakhir di kolam dangkal sedalam 70 meter.

Twizter pun tak kalah seru untuk dicoba. Wahana ini akan membawa Anda menukik dan meluncur di dinding wahana yang berbentuk mangkuk. Tak tanggung-tanggung, Twizter akan mengajak pengunjungnya untuk meluncur hingga kecepatan 70 km/jam.

Harga tiket masuk Waterbom Jakarta dibanderol serharga Rp.100.000,- per anak dan Rp.150.000,- per orang dewasa saat weekdays. Sedangkan saat weekend harganya lebih mahal, yaitu Rp.190.000,-/anak dan Rp.250.000,-/dewasa. Jam buka mulai pukul 08.00 – 19.00 WIB.

57. Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung
Rumah Si Pitung (Foto : Purnadi Phan)

Siapa seh yang tak kenal dengan tokoh legenda Betawi Si Pitung? Hampir semua orang, khususnya yang asli betawi tentu mengenalnya. Tempat yang dipercaya sebagai rumah sekaligus tempat persembunyiannya adalah Rumah Si Pitung yang terletak di Jalan Kampung Marunda Pulau, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Rumah Si Pitung buka setiap hari kecuali Senin dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Tiket masuknya juga cukup murah meriah sebesar 5 ribu rupiah.

Konon kabarnya seh rumah ini bukan rumah asli Si Pitung, melainkan rumah seorang saudagar Betawi bernama Haji Safiudin. Di rumah ini Anda dapat membaca kisah hidup Si Pitung memalui informasi yang ada di dalam rumah.

58. Pasar Seni Ancol

Pasar Seni Ancol
Pasar Seni Ancol (Foto : Chesa Barkah via flickr.com)

Tak hanya Jogja dan Bali yang terkenal sebagai pusat kerajinan serta kesenian, kota Jakarta juga punya sentra yang memamerkan sekaligus menjual aneka barang kesenian yang bagus. Namanya Pasar Seni Ancol yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol Jakarta Bay City).

Berbagai barang seni yang dapat Anda temui di unit kios Pasar Seni Ancol antara lain lukisan, patung, ukir-ukiran dan relief, barang kerajinan yang terbuat dari kuningan, kayu, rotan, bambu, tembikar, kulit, tanduk dan keramik.

Ada juga koleksi kain tenun dan batik, serta aksesori yang terbuat dari batu-batuan, mutiara dan kerang. Di antara kios-kios ini juga ada yang difungsikan untuk kegiatan bengkel seni, taman pengetahuan popular, dan warung spesifik.

Selain sebagai sentra oleh-oleh khas Jakarta yang berupa barang-barang kesenian, Pasar Seni Ancol juga sering digunakan sebagai tempat pameran, seperti Pameran Taman Hias, Pameran Buah, Pameran Boneka, Pameran Komponen Bangunan, dan Pameran Fotografi.

59.. Kawasan Sunda Kelapa (Pelabuhan Sunda Kelapa)

 Pelabuhan Sunda Kelapa
Kawasan Sunda Kelapa / Pelabuhan Sunda Kelapa (Foto : IG @nissacahyani_)

Bagi sobat traveler yang sedang mencari tempat buat hunting foto yang bagus di Jakarta Utara, datang saja ke Pelabuhan Sunda. Tempat ini menawarkan panorama lautan biru dan jejeran kapal kayu berukuran besar ditepian juga tampak cantik.

Kapal-kapal kayu di pelabuhan ini merupakan alat transportasi untuk mengangkut barang ke berbagai daerah di Indonesia. Ukuran yang besar dan bentuknya yang unik, membuat kapal terlihat begitu eksotik.

Sunset di pelabuhan ini juga wajib Anda nikmati karena melihat matahari tenggelam diantara kapal-kapal kayu yang besar akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Ada juga Museum Bahari yang buka pukul 09.00 wib s/d 15.00 WIB setiap hari Selasa s/d Minggu.

60. Kampung Luar Batang

Masjid Luar Batang
Masjid Luar Batang (Foto : Riga via flickr.com)

Kampung Luar Batang yang terletak di belakang Gedung Museum Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara ini terkenal sebagai objek wisata religi dan bahari.

Anda dapat mengunjungi Masjid Luar Batang di lokasi ini yang sangat ramai dikunjungi para peziarah. Di masjid inilah terdapat makam Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus yang merupakan tokoh agama yang sangat populer.

Hampir setiap hari Jumat tiba, banyak sekali peziarah yang berasal dari seluruh Indonesia datang ke Masjid Luar Batang. Saat ini kawasan Kampung Luar Batang sedang dalam tahap renovasi untuk dijadikan salah satu ikon tempat wisata di Jakarta yang keren.

61. Sentra Belanja Mangga Dua

Sentra Belanja Mangga Dua
Sentra Belanja Mangga Dua (Foto : Farispis via flickr.com)

Bagi Anda yang sedang mencari tempat belanja murah dan bagus di Jakarta Utara, bisa berkunjung ke pusat perbelanjaan retail dan grosir Mangga Dua. Pada mulanya tempat ini dikenal dengan nama Pasar Pagi Mangga Dua yang sudah ada sejak tahun 1741.

Di pusat belanja ini Anda bisa menemukan aneka baju, tas, sepatu, atau pun barang elektronik. Untuk merk, tersedia mulai dari yang asli sampai dengan yang KW. Untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan budget, Anda harus ahli dalam hal tawar menawar.

62. Bahtera Jaya Ancol

Bahtera Jaya Ancol
Bahtera Jaya Ancol (Foto : kayakingindonesia.blogspot.co.id)

Sekilas dari namanya memang mirip dengan Taman Impian Jaya Ancol, namun objek wisata Bahtera Jaya Ancol menyuguhkan atraksi yang berbeda. Sebenarnya, Bahtera Jaya Ancol adalah pusat pembinaan olah raga air, namun tempat ini juga bisa digunakan oleh umum untuk rekreasi.

Sejak sekitar 2009, tempat yang terkenal juga dengan sebutan Gelanggang Olahraga Bahtera Jaya Ancol ini menjadi tempat wisata pantai warga Jakarta saat akhir pekan atau pun liburan. Tempat ini juga kadang digunakan untuk lokasi festival pesisir.

Cabang olahraga yang dipertandingkan pada festival pesisir biasanya meliputi futsal, lomba lari karung, tarik tambang, bakiak, enggrang, menyanyi dan masih banyak kegiatan lainnya. Bahtera Jaya Ancol terletak di Jl. Tongkol No.2, RT.8/RW.4, Ancol, Pademangan, Kota Jakarta Utara.

63. Stasiun Tanjung Priok

Stasiun Tanjung Priok
Stasiun Tanjung Priok (Foto : Bramantiyo Marjuki via flickr.com)

Stasiun Tanjung Priok termasuk salah satu tempat wisata dalam 12 jalur wisata pesisir di kota Jakarta. Bangunan yang besar dan megah serta penuh nuansa sejarah, menjadi daya tarik stasiun ini.

Stasiun Tanjung Priok berdiri sejak tahun 1914 dan dirancang oleh Ir. C W Koch seorang insinyur dari Staats-Spoorwagen, perusahaan kereta api negara Hindia Belanda.

Stasiun telah direnovasi dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya. Bangunan bergaya art deco ini sungguh mengagumkan, pas banget buat latar foto yang keren. Letak lokasi Stasiun Tanjung Priok berada diseberang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

64. Jakarta Islamic Centre

Jakarta Islamic Centre
Jakarta Islamic Centre (Foto : Nanda Riezky via flickr.com)

Jakarta Islamic Centre merupakan tempat pengkajian Islam yang memiliki ruangan kelas hingga ruang serba guna yang dapat dipakai untuk berbagai acara. Objek wisata religi ini berada di Jl Kramat Jaya, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat memadai.

Di kawasan ini terdapat Masjid Raya Jakarta Islamic Centre yang merupakan lokasi favorit warga Jakarta untuk beritikaf saat Ramadhan tiba. Banyak kegiatan yang sering dilaksanakan disini saat bulan puasa seperti pembahasan ayat-ayat Al Quran. Sembari ibadah, wawasan Anda tentang Islam pun akan semakin lebih dalam lagi.

65. Kampung Tugu

Kampung Tugu
Kampung Tugu (Foto : jalan2men.com)

Kampung Tugu yang berada di Kecamatan Koja, Jakarta Utara dikenal sebagai kampung kristen tertua di Indonesia. Namun, Kampung Tugu juga menjadi simbol harmonisnya umat beragama. Apa pasal? Karena seiring berjalannya waktu, banyak pendatang dari berbagai daerah serta latar belakang berbeda mulai hidup berdampingan dengan masyarakat Kampung Tugu.

Kampung peninggalan Portugis ini memiliki beberapa rumah dengan ciri khas Nasrani seperti foto Yesus yang terpajang di dinding, hingga ornamen salib dan lukisan Perjamuan Terakhir. Ada juga rumah yang bernuansa khas Hindu hingga Toraja di Kampung Tugu. Kekerabatan antar warga Kampung Tugu bisa dibilang cukup erat, terbukti dengan adanya tradisi Rebo-rebo di awal tahun dan Mandi-mandi setelahnya.

66. Kampung Marunda

Kampung Marunda
Kampung Marunda (Foto : thearoengbinangproject.com)

Bagi sobat traveler yang sedang mencari tempat wisata murah meriah di Jakarta Utara, datang saja ke Kampung Marunda. Berlokasi di Kecamatan Cilincing, Kampung Marunda menawarkan makanan khas laut seperti kerang hijau, ikan bakar, dan gorengan.

Tak hanya itu, pemandangan laut yang indah juga menjadi daya tarik Kampung Nelayan yang satu ini. Anda berkeliling kampung tersebut menggunakan kapal perahu nelayan, dan berenang di tepi laut menggunakan ban pelampung.

Anda akan menemukan puluhan saung yang berjejer rapi sepanjang lima kilometer memanjakan wisatawan yang sedang mencari tempat makan dan menikmati semilir angin laut. Asyik bukan?

67. Sentra Belanja Kelapa Gading

Mall Kelapa Gading
Mall Kelapa Gading (Foto : panoramio.com)

Jakarta memang terkenal sebagai salah satu tempat belanja murah dan bagus selain Bandung. Cobain deh datang ke kawasan belanja Kelapa Gading yang akan memuaskan Anda berbelanja.

Kawasan Kelapa Gading dipenuhi dengan jajaran toko-toko dan mall-mall besar yang sangat terkenal dan banyak mengundang para shopaholic.

68. Waduk Pluit

Waduk Pluit
Waduk Pluit (Foto : IG @versace_green)

Waduk Pluit yang dulu terkenal sebagai daerah “kumuh”, sekarang sudah direnovasi menjadi tempat wisata yang cantik dan indah. Di sekitar waduk ini terdapat taman dengan kursi untuk duduk santai, trek jogging, dan bersepeda.

Saat ini banyak warga Jakarta yang menjadikan Waduk Pluit untuk berakhir pekan. Sekilas, area taman Waduk Pluit mirip dengan Amsterdam. Kawasan taman yang bersih dan nyaman membuat para wisatawan betah berlama-lama di sana untuk menikmati waktu liburan singkat serta murah meriah.

Tempat Wisata Bagus Di Jakarta Timur Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

69. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah / TMII (Foto : attegar.wordpress.com)

Kita awali jelajah aneka tempat wisata bagus di Jakarta Timur terbaru dengan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Anda tentu sudah mengenal destinasi wisata ini bukan? Ya, TMII termasuk tempat liburan favorit wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan.

Apa seh hal menarik yang bisa didapatkan di TMII? Sesuai dengan namanya, Taman Mini menyuguhkan potret ragam pesona Indonesia dalam skala kecil (Baca : miniatur Indonesia). Dengan mengunjungi tempat ini, Anda bisa menghemat waktu dan biaya untuk menikmati aneka budaya dari Sabang sampai Merauke.

TMII memiliki sejumlah anjungan nusantara yang mengambil format rumah adat tradisional dari setiap provinsi di Indonesia. Ada juga enam rumah ibadah yang mewakili enam agama yang diakui di Indonesia. Sejumlah kegiatan seni budaya juga rutin diselenggarakan di TMII, seperti pertunjukan wayang kulit hingga tari dan pameran budaya.

Wahana menarik lain yang ditawarkan oleh Taman Mini Indonesia Indah meliputi Kolam Renang Snow Bay, Taman Among Puro, Taman Ria Atmaja, Kereta gantung, Teater 4 Dimensi, Taman Legenda Keong Emas, serta puluhan wahana lain.

Alamat dan lokasi TMII terletak di Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB setiap hari Senin – Minggu. Untuk harga tiket masuknya sebesar 10 ribu rupiah, namun untuk menikmati setiap wahana, pengunjung harus membayar tiket lagi. Objek wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

70. Greenpark Skatepark TMII

Greenpark Skatepark TMII
Greenpark Skatepark TMII (Foto : foursquare.com)

Masih di TMII, ada neh satu tempat asik buat berlatih skateboard, namanya Greenpark Skatepark TMII. Lokasinya berada di samping Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Hampir setiap akhir pekan atau hari libur tampak sejumlah anak dan remaja tengah asyik bermain skateboard disini.

Greenpark Skatepark juga digunakan untuk kegiatan latihan bersama/kursus skate yang dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu. Latihan skate ini dibimbing dan diawasi pelatih dari Green Skate School.

Bagi sobat traveler yang tertarik berlatih skate, biaya kursusnya sekitar 600 ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk harga papan skate, helm dan pelindung lengan-lutut sekitar 1,5 juta rupiah.

71. Rumah Si Doel

Rumah Si Doel
Ilustrasi Rumah Si Doel (Foto : travelerien.com)

Anda kenal Si Doel Anak Betawi bukan? Hampir setiap orang tentu mengenalnya, apalagi bagi Anda yang asli betawi. Si Doel merupakan anak muda Betawi yang maju menerobos zaman namun tetap memegang prinsip adat dan budaya betawinya.

Untuk melihat peninggalan Si Doel, Anda bisa mengunjungi Rumah Si Doel yang terletak di Condet, Jakarta Timur. Rumah Si Doel menawarkan beragam kesenian budaya Betawi. Namun, situasi Condet kini sudah sangat ramai dan macet.

Bagi Anda yang menginginkan situasi yang agak sejuk dan nyaman, bisa berkunjung ke Rumah Si Doel di Tanah Tinggal, Ciputat, Tangerang Selatan. Suasana disini masih sangat sejuk dan asri. Konon kabarnya, tempat ini dulunya menjadi lokasi syuting Si Doel.

Dengan membayar tarif sebesar Rp.10.000,- per orang, Anda sudah bisa bermain di lingkungan pedesaan ini. Anda bisa belajar memanen padi, flying fox, meniti jembatan tali, dan permainan lainnya. Puas bertualang di kampung Si Doel, Anda juga bisa melihat ragam kesenian Betawi, seperti ukir kayu, tarian, dan kuliner khas Betawi.

72. Cibubur Garden Dairy (Cibugary)

Cibubur Garden Dairy
Cibubur Garden Dairy / Cibugary (Foto : ciputatours.com)

Destinasi wisata yang satu ini sebenarnya merupakan sebuah peternakan sapi perah dan peternakan kambing bernuansa kebun di kawasan Cibubur. Namun seiring dengan perkembangan waktu, sang pemilik akhirnya menjadikan Cibubur Garden Dairy (Cibugary) sebagai tempat wisata agro edukatif di Jakarta khusus untuk anak-anak.

Alamat dan lokasi lengkap Cibubur Garden Dairy berada di Jalan Peternakan Raya Blok C No. 12, Komplek Peternakan DKI RT01 RW02, Pondok Ranggon, Cipayung, RT.1/RW.2, Pd. Ranggon, Cipayung, Kota Jakarta Timur. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Cibugary bisa menjadi alternatif tempat bermain anak di Jakarta karena ada berbagai kegiatan untuk anak-anak yang asyik, mulai dari memerah susu sapi, memberi makan sapi dan kambing, memandikan sapi, melihat proses pasca panen susu sapi, piknik di taman dan bermain di mini playground.

Untuk harga tiket paket wisata di Cibugary berkisar antara 50 ribu – 70 ribu rupiah tergantung paket yang diambil. Bagi Anda yang mengajak anak ke sini, sebaiknya mereka memakai pakaian dan alas kaki tertutup yang nyaman. Bawalah masker karena mereka akan benar-benar masuk ke dalam peternakan sapi yang sesungguhnya.

73. Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur (Buperta Cibubur)

Buperta Cibubur
Ilustrasi Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur / Buperta Cibubur (Foto : jakartapaintball.com)

Bumi Perkemahan Dan Graha Wisata Pramuka (Buperta Cibubur) terletak di RW.5, Pd. Ranggon, Cipayung, Kota Jakarta Timur. Tempat ini merupakan lokasi yang sering digunakan untuk Jambore Nasional Pramuka di Indonesia.

Dilansir dari situs resmi Buperta dan detik travel, Buperta ini terbagi atas beberapa area yaitu area perkemahan di hamparan rumput yang bebas seluas 80 Ha. Area tersebut terbagi 2 bagian yaitu Kemah Putra (Kempa) dan Kemah Putri (Kempi) yang mampu menampung sekitar 20.000 orang.

Fasilitas lain yang tersedia disini berupa lapangan utama, aula serbaguna, cafetaria, kolam renang, hutan wisata, danau, sarana peribadatan 5 agama dan toilet. Buperta menyediakan lokasi berkemah bagi siapa saja yang datang.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan disini, seperti berkemah, outbound, bermain sepeda air di danau atau sekedar jalan-jalan. Untuk harga tiket masuk, sewa tempat dan alat kemah, Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi Buperta Cibubur di buperta.co.id.

74. Bursa Batu Aji dan Batu Permata (Jakarta Gems Center)

jakarta-gems-center
Ilustrasi batu permata di Bursa Batu Aji dan Batu Permata / Jakarta Gems Center (Foto : sybramalisimkliz)

Bagi sobat traveler yang suka banget sama koleksi betu permata dan akik, wajib deh berkunjung ke Jakarta Gems Center yang terletak di seberang Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur. Pasar ini menjual berbagai jenis batu alam, zamrud hingga fosil.

Dahulu, pasar ini bernama Pasar Rawa Bening lalu berganti nama menjadi Jakarta Gems Center yang terkenal sebagai sentra batu mulia terbesar kedua se-Asia Tenggara.

Anda dapat menemukan berbagai batu mulia seperti Safir, Bacan, Zamrud, dan Pirus di Jakarta Gems Center. Namun Anda perlu hati-hati dan cermat, karena ada batu mulia yang sepuhan, terlihat dari harganya yang lebih murah. Ada juga penjual emas hingga perak. Lengkap banget bukan?

75. Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti
Museum / Monumen Pancasila Sakti (Foto : IG @twgabiyoga)

Monumen Pancasila Sakti terletak di Jalan Pondok Gede, Lubang Buaya. Bangunan ini merupakan bukti sejarah untuk mengenang kejadian Gerakan 30 September oleh PKI (G30S/PKI). Di monumen ini terdapat patung 7 Pahlawan Revolusi yang gugur dibunuh PKI.

Monumen Pancasila Sakti termasuk salah satu monumen terpopuler di Jakarta. Mengunjungi monumen ini akan membuat Anda mengingat kembali akan perjuangan Pahlawan Revolusi membela ideologi negara melawan PKI. Harga tiket masuknya cukup murah sekitar Rp.2.500,-.

76. Museum Asmat

Museum Asmat
Ilustrasi Museum Asmat (Foto : IG @assafasufiani)

Tak perlu jauh-jauh ke Papua jika sobat traveler ingin melihat lebih dekat tentang budaya masyarakat Papua. Datang saja ke Museum Asmat yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Museum ini dibangun memakai gaya rumah Kariwari yang kental dengan nuansa Papua.

Museum Asmat memiliki 3 ruang pamer yang dibuat dengan sentuhan modern, namun tanpa meninggalkan sisi tradisionalnya. Ruang pertama berisi berbagai benda peninggalan yang menjelaskan hubungan masyarakat Asmat dengan lingkungannya seperti pakaian adat, berbagai perhiasan, dan diorama tata cara pembuatan sagu.

Ruang kedua terdapat berbagai senjata tradisional yang dkerap digunakan Suku Asmat dalam berburu dan mencari makanan. Pada ruangan ini juga terdapat berbagai benda yang berhubungan dengan ruh nenek moyang, seperti perahu arwah dan patung mbis.

Ruangan ketiga mempunyai berbagai benda yang menjelaskan kreativitas masyarakat Suku Asmat. Berbagai benda yang terpajang di ruangan ini telah terpengaruh budaya kontemporer, seperti alat musik kotemporer dan aksesoris. Harga tiket masuk Museum Asmat hanya Rp.10.000,- dan jam buka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

77. Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia

museum-fauna-indonesia-komodo-dan-taman-reptilia
Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia (Foto : youtube.com)

Masih di Taman Mini Indonesia Indah, ada satu lagi museum keren yang harus Anda kunjungi yaitu Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia. Apalagi bagi Anda para penggemar hewan reptilia, wajib deh berkunjung kesini.

Museum yang terletak di Jl. Taman Mini Indonesia Indah, RW.2, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur ini memiliki bangunan yang terinspirasi dari komodo, sebuah satwa khas Pulau Komodo di NTT. Di dalam museum ini pengunjung bisa mengamati patung dan aneka komodo yang masih hidup.

Selain itu, ada juga koleksi jenis binatang mamalia dan reptilia yang hampir punah seperti harimau, gajah, beruang, dan ular, didalam situasi habitat aslinya. Jenis-jenis burung dari berbagai wilayah di Indonesia pun menjadi salah satu koleksi menarik yang tak boleh Anda lewatkan.

Jam buka Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Harga tiket masuknya sebesar Rp.25.000,- . Asyik dan seru deh berkunjung ke museum ini.

78. Monumen Perjuangan Jatinegara

Monumen Perjuangan Jatinegara
Monumen Perjuangan Jatinegara (Foto : fotolokasi.com)

Monumen Perjuangan Jatinegara terletak di Jalan Matraman Raya No. 212, Bidara Cina, Jatinegara, RT.3/RW.6, Bali Mester, Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Pembangunan monumen ini bertujuan untuk mengenang perjuangan rakyat pada masa perang kemerdekaan di wilayah Jakarta Timur, khususnya di wilayah Jatinegara.

Monumen bergaya realis ini dibangun berbentuk sosok manusia yang berdiri tegak di atas landasan dengan tinggi 3 meter. Patung manusia tersebut menggambarkan seorang pemuda berdiri tegak dengan tangan sedekap (tangan di dada) sambil memeluk senapan.

Dipunggung patung tergantung sebuah ransel, berikat pinggang dengan dilengkapi peralatan perang seperti pistol, granat golok, dompet dan sebuah tempat minum. Tinggi patung sekitar 2,5 meter.

Di samping patung tersebut berdiri seorang anak laki-laki dengan tinggi 1 m bercelana pendek tanpa baju dengan kaki telanjang, di leher bergantung sebuah ketepel. Bagi sobat traveler yang ingin mengenang sejarah perjuangan dalam merebut kemerdekaan bisa berkunjung kesini.

79. Banjir Kanal Timur

Banjir Kanal Timur
Banjir Kanal Timur (Foto : Dedski Rimpanov via flickr.com)

Anda sedang mencari tempat wisata gratis di Jakarta Timur? Datang saja ke Banjir Kanal Timur atau yang sering disebut dengan BKT. Tempat ini selalu ramai dikunjungi warga saat akhir pekan tiba. Disini, Anda bisa duduk sambil menikmati semilir angin atau mengobrol sambil mencicipi jajanan yang disediakan warung di pinggiran BKT.

Saat ini, BKT telah menjelma jadi salah satu tempat rekreasi dan nongkrong para pedagang. Mulai dari pedagang gerobak, hingga warung-warung kecil yang menjual aksesoris dan ragam makanan tersedia di sini.

Untuk tempat duduk, Anda tak usah kuatir karena para penjual yang menjajakan makanan seperti bakso, mie ayam, sate dan lainnya menyediakan tikar agar pelancong bisa duduk lesehan.

BKT yang berfungsi untuk mengatasi banjir ini terbentang memanjang sejauh 23,5 km mulai dari Kebon Nanas di Jakarta Timur sampai Pantai Marunda di Jakarta Utara. Anda bisa menemukan ada banyak pepohonan dan rumput yang ditanam. Jalan beraspal dengan taman kecil juga tersedia disini untuk mempercantik BKT.

80. Taman Rekreasi Wiladatika

Taman Rekreasi Wiladatika
Taman Rekreasi Wiladatika (Foto : newlook.grahawisatajakarta.com)

Taman Wiladatika merupakan singkatan dari Taman Bunga Widya Mandala Krida Bakti Pramuka yang terletak di Jl. Jambore No. 1, Cibubur, Jakarta Timur. Suasananya yang indah, sejuk, hijau dan segar membuat taman ini cocok dijadikan sebagai tempat liburan keluarga.

Fasilitas yang tersedia di Taman Rekreasi Wiladatika termasuk lengkap. Beberapa wahana yang bisa Anda nikmati disini antara lain air terjun buatan, area bermain anak-anak, kolam air mancur, kolam renang, perahu air, becak mini, gua mini, dan taman bunga.

Harga tiket masuknya relatif murah meriah sekitar 8 ribu rupiah, namun untuk menikmati area kolam renang Anda harus membayar lagi sebesar 12 ribu rupiah saat week days dan 18 ribu rupiah saat week end. Jam buka mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB.

Tempat Wisata Baru Di Jakarta Pusat Yang Tak Boleh Dilewatkan

81. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal saat malam hari dilihat dari atas (Foto : Maria_Globetrotter via flickr.com)

Nah, kalau tempat wisata religi yang satu ini tentu sobat traveler sudah tahu semua bukan? Ya, Masjid Istiqlal merupakan masjid yang paling terkenal di Jakarta Pusat, bahkan seluruh Indonesia. Masjid ini juga konon menjadi masjid terluas di Asia Tenggara dengan luas 9 hektar.

Masjid Istiqlal memiliki arsitektur bangunan yang megah dan fotogenik untuk diabadikan dengan lensa kamera. Tak ayal, masjid ini pun menjadi tempat hunting foto favorit wisatawan. Lokasi yang sering jadi spot foto adalah halaman di bagian dalam area masjid.

Interior Masjid Istiqlal
Interior Masjid Istiqlal (Foto : Neo Lu via flickr.com)

Interior Masjid Istiqlal sangatlah megah, luas, dan indah dengan 12 pilar di dalam masjid. Letaknya yang tak begitu jauh dari Monas, menjadikan masjid ini sering menjadi tempat transit untuk sholat. Tak lengkap rasanya jika liburan ke Jakarta tanpa berkunjung ke Masjid Istiqlal.

82. Monumen Nasional (Tugu Monas)

Monumen Nasional
Monumen Nasional / Tugu Monas (Foto : bhaladika_ps via flickr.com)

Monumen Nasional (Tugu Monas) merupakan ikon tempat wisata di Jakarta yang paling populer. Bagi sobat traveler yang baru saja pertama kali datang ke Ibu Kota, wajib deh berkunjung ke Monas yang terletak di Gambir, Kota Jakarta Pusat. Ada apa saja seh di Monas?

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di Monas tanpa harus mengeluarkan uang lebih. Harga tiket masuk Monas cukup murah, hanya 5 ribu rupiah per orang. Di sini para wisatawan bisa berkeliling, piknik dan berfoto bersama teman-teman atau keluarga.

Pemandangan di Monas cukup menarik, selain bentuknya yang megah, sekeliling monas juga ditanami berbagai pohon yang rimbun. Monumen setinggi 132 meter (433 kaki) ini didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Selain sebagai landmark kota Jakarta, Monas juga menjadi tempat lari pagi/sore bagi warga Jakarta. Tak hanya itu, disini juga ada museum yang penuh deretan diorama. Bagi Anda yang datang ke ruang museum ini, jangan sampai melewatkan ruang kemerdekaan untuk mendengarkan pembacaan teks proklamasi oleh Presiden Soekarno.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan panorama kota Jakarta dari ketinggian, bisa naik ke puncak Monas. Nah, kabar baiknya sekarang ini wisatawan bisa naik ke Tugu Monas saat malam hari. Selama ini wisatawan hanya bisa naik ke puncak Tugu Monas dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Namun sekarang telah dibuka wisata malam Monas. Jam buka Monas pun berubah, yakni pukul 19.00-22.00 WIB di hari Selasa-Jumat dan 19.00-00.00 WIB pada Sabtu, Minggu dan hari libur. Bagi Anda penyuka fotografi, harus deh datang ke sini untuk mendapatkan spot eksotik dengan angle yang unik.

83. Grand Indonesia Shopping Town

Grand Indonesia Shopping Town
Grand Indonesia Shopping Town (Foto : pegipegi.com)

Jakarta tentu saja identik dengan pusat perbelanjaan atau Mall. Nah, salah satu Mall terbaik untuk wisata belanja di ibu kota adalah Grand Indonesia Shopping Town. Mal yang dibuka tahun 2008 ini berada di Jl MH Thamrin, Jakarta, dekat Bundaran HI.

Beberapa area mal disini mengusung tema karakter khas dari banyak negara. Contohnya kincir angin raksasa, artinya Anda serasa berada di Belanda. Biasanya para pengunjung menggunakan area tersebut untuk narsis di depan kamera.

Grand Indonesia Shopping Town konon kabarnya masuk dalam daftar mall terbesar di Indonesia dan Asia. Mal ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu area sebelah barat dan area sebelah timur. Anda bisa menemukan aneka barang belanjaan mulai pakaian sampai makanan disini.

84. Taman Suropati

Taman Suropati
Taman Suropati (Foto : alfalegro.wordpress.com)

Diantara banyaknya taman kota di Jakarta, Taman Suropati merupakan salah satu tempat favorit wisatawan dan anak muda untuk bersantai. Disini, Anda bisa nongkrong sambil menyaksikan pertunjukan musik atau olah raga gratis.

Taman Suropati yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat ini tampak hijau dengan pepohonan yang tumbuh subur. Hampir setiap hari banyak wisatawan yang datang kesini. Jika Anda lapar, tak perlu kuatir karena cukup banyak pedagang makanan dan minuman di sekitar Taman Suropati.

Biasanya Anda akan menemukan rombongan anak muda yang datang membawa alat musik seperti gitar atau biola. Ada juga sejumlah anak muda yang membawa matras dan kemudian melakukan yoga di tengah taman.

Menjelang sore hari, Taman Suropati akan semakin ramai dengan orang yang duduk-duduk santai dan berolahraga. Beberapa komunitas anak muda sering menggunakan Taman Suropati ini untuk tempat berkumpul.

85. Museum Nasional

Museum Nasional
Museum Nasional (Foto : IG @ddavid___)

Banyak museum di Jakarta yang tak kalah keren dengan aneka musem di Bali dan Yogyakarta. Salah satunya adalah Museum Nasional atau Museum Gajah yang terletak di Jl Medan Merdeka Barat No 12, Jakarta Pusat.

Berkunjung ke Museum Nasional, Anda akan dikenalkan dengan sejarah dan kebudayaan dari berbagai wilayah di Indonesia. Museum ini mempunyai koleksi sekitar 140.000 benda yang terdiri dari 7 jenis yaitu koleksi prasejarah, arkeologi, keramik, sejarah, etnografi dan geografi.

Ada juga berbagai koleksi emas dan harta karun peninggalan kerajaan-kerajaan di Nusantara. Bangunan Museum Nasional sudah lebih modern, tersedia AC, lift, dan juga eskalator.

Jam buka Museum Nasional setiap hari Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB. Khusus Sabtu dan Minggu, Museum Nasional buka hingga pukul 17.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup murah, sekitar 5 ribu rupiah per orang.

86. Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang
Ilustrasi Pengunjung di Pasar Tanah Abang Jakarta (Foto : anythingjakarta.com)

Nah, kalau tempat belanja murah di Jakarta yang bagus ini, tentu sudah tak asing lagi bagi Anda bukan? Ya, Pasar Tanah Abang merupakan pusat perbelanjaan favorit warga Jakarta dan wisatawan untuk berburu pakaian, makanan, dan oleh-oleh khas dengan harga yang relatif terjangkau.

Pasar yang terletak di Jakarta Pusat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan. Selain barang yang lengkap, murahnya harga dan tempat belanja yang nyaman tentu saja membuat daya tarik tersendiri.

Pasar Tanah Abang secara umum menjual kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, aksesoris dan sepatu dengan harga murah meriah. Beberapa toko hanya menjual barang secara grosir, tetapi ada juga yangmemperbolehkan Anda untuk membeli satuan.

Selain harga yang murah dan lokasi yang strategis mudah dijangkau, pasar ini juga dilengkapi fasilitas umum seperti toilet dan mushola. Jika Anda lapar, tersedia juga area yang menjual makanan untuk mengisi perut. Asyik bukan?

87. Gereja Katedral

Gereja Katedral Jakarta
Gereja Katedral Jakarta (Foto : Kasfika Nurman via flickr.com)

Gereja Katedral merupakan bangunan gereja tertua di Jakarta yang bergaya neo-gotik seperti halnya bangunan-bangunan di dataran Eropa. Lokasi gereja ini terletak di Jalan Katedral no 7B, Jakarta Pusat.

Interior Gereja Katedral Jakarta
Interior Gereja Katedral Jakarta (Foto : Scott Rotzoll via flickr.com)

Bukan hanya desain bangunannya yang unik dan keren untuk berfoto, gereja ini juga punya museum Katedral dengan sekitar 400 koleksi barang-barang antik. Suasananya yang tenang dan damai membuat banyak wisatawan ingin berkunjung ke sini saat liburan di Jakarta.

88. Pasar Baru

Pasar Baru Jakarta
Pasar Baru Jakarta (Foto : IG @scottharris0412)

Satu lagi kawasan wisata di Jakarta yang menyuguhkan suasana ala china atau tiongkok, yaitu Pasar Baru. Pasar yang terletak di Jalan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat ini banyak dihuni oleh orang Tionghoa yang merupakan pedagang.

Tak hanya itu, begitu Anda memasuki gerbang Pasar Baru, Anda akan menemui bangunan khas Tiongkok yang memanjang hingga kawasan Gang Kelinci. Nuansa dan sensasi khas Tiongkok akan sangat kental Anda rasakan di tempat ini.

Sebagai pusat perbelanjaan tertua di Jakarta Pusat, pasar ini tergolong cukup lengkap untuk belanja aneka pakaian, aksesoris, maupun kuliner khas Tiongkok. Terdapat banyak toko yang menjual berbagai jenis pakaian, tekstil dan tailor, sepatu, dan juga beberapa department store.

Di gang-gang sempit Pasar Baru, Anda akan bisa menemukan aneka kuliner enak khas Tiongkok. Namun, makanan disini tidak semua halal, jadi bagi Anda yang muslim harus berhati-hati! Pilih yang halal saja ya! Untuk soal harga pakaian dan elektronik di Pasar Baru termasuk murah.

89. Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda
Museum Sumpah Pemuda (Foto : IG @raniramadhany)

Tak hanya aneka museum di Jogja yang identik dengan perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan, beberapa museum di Jakarta juga memiliki nilai sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Salah satunya adalah Museum Sumpah Pemuda di Jl. Kramat Raya No.106, Kwitang, Senen, Kota Jakarta Pusat.

Museum ini memiliki koleksi benda-benda yang berhubungan dengan peristiwa Sumpah Pemuda. Koleksi utama berupa Gedung Kramat 106 yang merupakan tempat direncanakan dan dilaksanakannya Kongres Pemuda Kedua, 27 – 28 Oktober, 1928.

Koleksi lain berupa foto kegiatan, bendera organisasi, lukisan, dan masih banyak lagi. Jam buka Museum Sumpah Pemuda setiap hari Selasa – Jumat pukul 08.00 – 15.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 08.00-14.00 WIB. Harga tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah. Murah meriah banget bukan?

90. Taman Ismail Marzuki (TIM)

Taman Ismail Marzuki
Taman Ismail Marzuki / TIM (Foto : Andy TAngkilisan via flickr.com)

Taman Ismail Marzuki merupakan tempat wisata kesenian dan kebudayaan di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan atau liburan bersama keluarga. Disini sering diadakan acara seni dan budaya seperti pementasan drama, tari, musik dan lainnya baik yang tradisional maupun kontemporer.

TIM juga punya cinema XXI, jadi bagi Anda pecinta film bisa sekalian nonton film disini. Tempatnya cukup nyaman dan harganya lebih terjangkau. Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di TIM adalah melihat Pameran Seni Rupa, mengunjungi Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin, Warung Buku Jose Rizal, dan Perpustakaan Daerah DKI

91. Planetarium dan Observatorium Jakarta

Planetarium dan Observatorium Jakarta
Planetarium dan Observatorium Jakarta (Foto : kaskus.co.id)

Masih di Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, ada satu objek wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta astronomi atau ilmu perbintangan. Namanya Planetarium dan Observatorium Jakarta.

Mirip dengan salah satu tempat wisata di Bandung yang bernama Observatorium Bosccha, disini Anda akan mendapatkan informasi lengkap tentang benda-benda di luar angkasa. Begitu masuk, Anda akan diajak ke ruangan yang berisi kursi-kursi empuk beratap kubah.

Kemudian ruangan tersebut akan menjadi gelap, dan Anda akan segera merasakan sensai berada di luar angkasa. Media visual yang berbentuk kubah akan menampilkan berbagai benda-benda angkasa seperti bintang, planet, meteor, hingga galaksi. Sungguh keren dan mengagumkan!

Untuk jadwal pertunjukan Planetarium pada pukul 16.30 WIB setiap Selasa sampai Jumat. Sedangkan jadwal hari Sabtu, Minggu dan libur nasional lainnya adalah pukul 10.00, 11.30, 13.00 dan 14.30 WIB. Harga tiket masuknya sekitar 12 ribu rupiah untuk dewasa dan 7 ribu rupiah untuk anak-anak.

92. Taman Proklamator

Taman Proklamator
Taman Proklamator (Foto : IG @chindylam)

Taman Proklamator yang berlokasi di Jl Proklamasi, RT.10/RW.2, Pegangsaan, Menteng, Kota Jakarta Pusat menjadi tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Berkunjung ke taman ini akan membawa Anda ke masa dimana teks proklamasi dibacakan.

Di taman ini terdapat sebuah tugu peringatan yang bernama Tugu Peringatan Satu Tahun Proklamasi. Tugu ini berbentuk obelisk seperti monas. Waktu yang paling pas untuk datang ke Taman Proklamator yaitu saat sore hari.

Saat matahari bersinar tidak begitu terik, Anda akan bisa nongkrong santai dengan nyaman di dalam taman sambil melihat anak-anak yang ramai bermain bola dipelataran taman. Hijaunya pohon dan tersedianya jogging track membuat taman ini ramai dikunjungi sejumlah warga di sore hari.

Jam buka Taman Proklamator mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. Sedangkan harga tiket masuknya sepertinya gratis alias tanpa dipungut biaya. Sebelum kesini, sebaiknya Anda berkunjung dulu ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jl Imam Bonjol, Menteng agar terasa lengkap aspek sejarahnya.

93. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti
Museum Taman Prasasti (Foto : IG @elgapotter)

Sesuai dengan namanya, Museum Taman Prasasti memiliki sejumlah koleksi yang berhubungan dengan prasasti dan nisan. Museum ini identik dengan pemakaman ala Eropa yang jauh dari kesan seram.

Walaupun temanya pemakaman, namun yang ada disini hanyalah batu nisan saja, sementara orang yang meninggal sudah tak ada lagi di tempat ini. Sebagian ada yang dibawa kembali ke negaranya (Belanda, Inggris, Jerman), atau juga masih di Indonesia namun berada di tempat pemakaman lain.

Apa seh yang unik dari objek wisata ini? Museum ini merupakan tempat pemakaman tokoh-tokoh besar seperti salah satu Direktur STOVIA (cikal bakal Kedokteran UI), Dr Hif Roll, dan Olivia Mariamne, yang merupakan istri dari Sir Raffles , Gubernur Hindia Belanda dan pendiri Kebun raya Bogor, serta Soe Hok Gie, aktivis pada zaman Orde Lama yang meninggal di Gunung Semeru.

Selain itu, ada juga koleksi peti jenazah yang pernah digunakan untuk membawa jenazah Presiden Pertama RI, Ir Soekarno. Peti ini ditaruh dalam kotak kaca yang diletakkan di tengah taman. Ornamen makam yang indah membuat taman makam ini sering digunakan untuk lokasi pembuatan video klip dan photo pre-wedding.

Alamatnya ada di Jl. Tanah Abang I No.1, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, RT.11/RW.8, Petojo Sel., Gambir, Kota Jakarta Pusat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB. Harga tiket masuk Museum Taman Prasasti sekitar 5 ribu rupiah per orang.

94. Kawasan Wisata Kuliner Pecenongan

Kawasan Wisata Kuliner Pecenongan
Kawasan Wisata Kuliner Pecenongan (Foto : travee.co)

Tak kalah dengan pusat kuliner Bandung yang terkenal enak dan maknyus, Jakarta juga punya sejumlah spot kuliner yang menggoyang lidah. Salah satunya adalah Kawasan Wisata Kuliner Pecenongan Jakarta Pusat yang sudah populer sejak tahun 70-an.

Sebenarnya Pecenongan merupakan sebuah jalan biasa yang membentang tak lebih dari 600 meter di wilayah Sawah Besar, Jakarta Pusat. Namun, saat malam tiba, kawasan ini akan berubah menjadi sentra kuliner malam yang ramai dikunjungi warga Jakarta.

Secara umum menu yang disajikan berupa Seafood dan Chinese Food. Ada juga warung tenda Sinar Garut yang berisi ragam es campur dan bubur ayam. Bila ingin makanan manis bisa mencoba Martabak 65A Pecenongan yang terkenal dengan menu martabak tobleron dan martabak Nutella-nya. Pedagang disini umumnya berupa warung-warung tenda.

Oya, bagi sobat traveler yang muslim, sebaiknya berhati-hati dalam memilih makanan di kawasan pecenongan. Pilihlah makanan yang halal saja! Soal harga sepertinya cukup mahal seperti di restoran pada umumnya. Siapkan saja budget yang agak lebih untuk berjaga-jaga.

95. Wisata Balai Kota Jakarta

Wisata Balai Kota Jakarta
Wisata Balai Kota Jakarta (Foto : IG @jordantann)

Bagi sobat traveler yang akhir pekan ini mau liburan ke Jakarta, ada neh destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Wisata Balai Kota Jakarta. Para wisatawan akan dibawa berkeliling oleh 3 pemandu tur dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta yang akan menjelaskan tentang sejarah Balai Kota dan program Smart City.

Anda juga bisa mencicipi kuliner khas Betawi di Plaza Blok B Balai Kota. Di Balai Kota juga berderet pedagang kaki lima (PKL) binaan Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Perdagangan (KUMKMP). Soal kualitas, Anda tak usah kuatir karena semua PKL disini dipilih berdasarkan seleksi kelaikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Objek wisata Balai Kota ini buka setiap hari Sabtu-Minggu pukul 09.00-17.00 WIB untuk objek bagian dalam gedung, dan hingga pukul 20.00 WIB untuk objek bagian luar. Bagi Anda yang sedang mencari tempat.wisata murah/gratis dan edukatif bisa mencoba berkunjung ke sini. Asyik dan seru deh!

96. Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Kesenian Jakarta
Ilustrasi pertunjukan di Gedung Kesenian Jakarta (Foto : IG @ballet.id)

Bagi Anda para pecinta seni, waajib deh berkunjung ke Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) yang terletak di Jl. Gedung Kesenian No. 1, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Disini Anda akan dapat menyaksikan seniman dari seluruh Nusantara mempertunjukkan hasil kreasinya, seperti drama, teater, film, sastra, dan lain sebagainya.

Gedung Kesenian Jakarta mempunyai desain neo renaissance dan berwarna putih. Bangunan tua peninggalan Belanda ini masih berdiri kokoh sejak 1814 sampai sekarang.

GKJ memiliki fasilitas yang bagus dan memadai, diantaranya ruang pertunjukan berukuran 24 x 17.5 meter dengan kapasitas penonton sekitar 475 orang, panggung berukuran 10,75 x 14 x 17 meter, peralatan tata cahaya, kamera (CCTV) di setiap ruangan, dan TV monitor.

Tersedia juga ruang foyer berukuran 5,80 x 24 meter, ruang rias serta fasilitas outdoor berupa electric billboard untuk keperluan publikasinya. Untuk harga tiket masuknya tentu saja disesuaikan dengan jenis pentas yang sedang dilaksanakan.

97. Giggle the Fun Factory

Giggle the Fun Factory
Giggle the Fun Factory (Foto : mommiesdaily.com)

Satu lagi tempat wisata anak di Jakarta yang bagus dikunjungi, yaitu Giggle the Fun Factory di fX Sudirman, fX lifestyle X’nter Lt. 5, Jl. Jend. Sudirman, Pintu Satu Senayan, Jalan Jendral Sudirman, RT.1/RW.3, Gelora, Kota Jakarta Pusat.

Tempat bermain anak indoor ini menyajikan sejumlah wahana permainan yang edukatif dan menyenangkan di area seluas 6.000 meter persegi. Buah hati Anda dapat mencoba Water Works yang merupakan wahana air indoor pertama di Indonesia. Ada juga Little Zoo, Playzone dan Wackywagon.

Jam buka Giggle the Fun Factory setiap hari Senin – Minggu pukul 10.00 – 22.00 WIB. Harga tiket masuknya memang cukup mahal, sekitar Rp.150.000,-.

98. Pasar Barang Antik

Pasar Barang Antik
Pasar Barang Antik (Foto : IG @erzalstiawan)

Jakarta memang identik dengan pasar modern seperti Mall, namun siapa sangka kota ini juga punya pasar tradisional yang khusus menjual barang-barang antik. Namanya adalah Pasar Barang Antik yang terletak di sepanjang Jalan Surabaya No. 46, RT.15/RW.5, Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Disini Anda akan dapat menemukan berbagai barang kuno seperti gramofon, pajangan, hingga buku. Bagi Anda para kolektor barang antik, wajib deh berkunjung ke Pasar Surabaya ini. Anda juga bisa berburu benda-benda antik untuk dijadikan oleh-oleh atau buah tangan.

Soal harga, tentu saja ada yang murah, dan ada juga yang mahal sesuai dengan barang antik yang akan Anda beli. Jangan lupa untuk tawar menawar agar Anda mendapatkan harga yang pas sesuai dengan budget. Pasar ini termasuk salah satu tempat belanja favorit wisatawan mancanegara lho.

99. Pasar Benhil (Bendungan Hilir)

Pasar-Benhil-Jakarta
Pasar Bendungan Hilir / Benhil Jakarta (Foto : merdeka.com)

Ini dia pusat takjil favorit warga saat bulan Ramadhan tiba, yaitu Pasar Benhil yang terletak di Jalan Bendungan Hilir Blok A No. 1, Tanah Abang, RT.14/RW.1, Bend. Hilir, Kota Jakarta Pusat. Aneka makanan menu buka puasa dapat Anda temui disini mulai dari gudeg Jogja, ayam goreng, lapek bugis, lupis, hingga es cendol.

Ada juga makanan khas Padang seperti lamang tapai, bubur kampiun, rendang, ikan bakar, dan aneka gulai. Selain rasanya enak dan variasi menu yang lengkap, harga makanan disini juga relatif murah terjangkau. Tak ayal, Pasar Benhil pun menjadi tempat ngabuburit di Jakarta yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

100. Museum Art Mon Decor (Art:1 New Museum)

Art-1-New-Museum
Museum Art Mon Decor / Art:1 New Museum (Foto : IG @zha_azu)

Museum Art Mon Decor terletak di Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3, Jl. Rajawali Selatan, RT.4/RW.6, Gn. Sahari Utara, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Museum di Jakarta yang bagus dan keren ini memajang berbagai karya seni seperti lukisan seniman terkenal Sunaryo dan Affandi.

Begitu Anda memasuki Museum Art Mon Decor, Anda mungkin akan terkagum-kagum karena bangunannya terlihat modern khas perkotaan serta jauh dari kesan gelap dan angker. Anda tentu akan betah berlama-lama menikmati seni di dalam museum ini.

Museum Art Mon Decor sengaja dibuat seperti galeri lukisan dan selalu mengganti tema setiap 3 bulan sekali. Saat ini, Museum Mon Decor Gallery telah berganti nama menjadi Art:1 New Museum. Untuk masuk ke Art:1 New Museum dan melihat pameran seni, Anda tidak dipungut tiket masuk alias gratis.

Namun, jika Anda ingin melihat koleksi lukisan di Art:1 New Museum, Anda akan dikenakan biaya dengan harga sebesar Rp.50.000,- untuk pelajar dan Rp.75.000,- untuk umum. Jam buka museum setiap hari Selasa – Sabtu pukul 10.00 – 18.00 WIB dan Minggu setiap pukul 10.00 – 16.00 WIB.

101. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang
Taman Situ Lembang (Foto : kompas.com/Tri Wahyuni)

Tak mau kalah dengan pariwisata Surabaya yang memiliki taman kota cantik, Ibu Kota Jakarta juga punya taman kota yang asyik untuk liburan, yaitu Taman Situ Lembang. Lokasi taman ini terletak di Jl. Lembang Terusan D-59, Kec. Menteng, RT.6/RW.5, Kota Jakarta Pusat.

Suasana sejuk dan bersih langsung akan bisa Anda rasakan begitu sampai di taman ini karena ada banyak pepohonan di berbagai sudut taman. Di bagian tengah taman terdapat sebuah danau besar dengan bunga teratai di permukaan air.

Kira-kira kegiatan apa saja ya, yang bisa dilakukan di Situ Lembang? Nah, bagi Anda yang akan liburan kesini, ada sejumlah aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan mulai dari memancing, bermain, hingga sekadar duduk-duduk santai.

Bagi sobat traveler yang membawa anak-anak, bisa mengajak sang buah hati untuk bermain di ayunan dan wahana motorik yang tersedia disini. Taman Situ Lembang juga menyediakan fasilitas refleksi yang cocok untuk digunakan para orang tua.

Selain sebagai destinasi liburan keluarga, taman ini juga sering dijadikan tempat nongkrong anak muda pada sore hari. Harga tiket masuk ke Taman Situ Lembang sepertinya masih gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Tempat Wisata Baru Di Sekitar Jakarta Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Apabila Anda bosan mengunjungi objek wisata yang itu-itu saja, sesekali coba deh liburan ke tempat menarik di sekitaran Jakarta yang relatif mudah di jangkau. Misalnya saja daerah depok, bekasi, tangerang, Sentul City, dan kawasan puncak Bogor.

Selain jaraknya yang tak terlalu jauh, objek wisatanya juga cukup lengkap dan bagus untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dan sahabat. Harganya juga cukup murah terjangkau. Berikut ini saya sajikan aneka tempat wisata di sekitar Jakarta yang asyik dan seru untuk dikunjungi.

102. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor / Bogor Botanical Garden (Foto : Fajar Pangestu via flickr.com)

Siapa seh yang tak kenal dengan Kebun Raya Bogor? Hampir setiap wisatawan tentu mengenalnya, termasuk Anda bukan? Ya, Kebun Raya termasuk salah satu tempat wisata di Bogor yang asik dijadikan lokasi liburan bareng keluarga. Udaranya sejuk, serba hijau dan suasananya tenang.

Kira-kira apa saja ya aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Kebun Raya Bogor? Disini, Anda dapat menikmati ribuan species tanaman dan mengunjungi museum satwa. Ada juga danau cantik yang ditengahnya terdapat pulau kecil. Jangan lewatkan pula jembatan merah yang menjadi ikonik, pas banget buat tempat hunting foto.

Kebun Raya Bogor juga mempunyai sebuah taman lapang dan kebun bunga yang cukup luas. Disinilah biasanya para pengunjung berkumpul bersama keluarga dan anak-anak untuk bermain layang-layang, berlarian, dan permainan lainnya.

Kegiatan favorit lain yang biasanya dilakukan wisatawan adalah berfoto dengan latar belakang Istana Negara. Kebetulan Istana Negara ini masih satu kawasan dengan Kebun Raya Bogor, hanya dipisahkan oleh sebuah danau.

Apabila Anda lapar, jangan kuatir karena disini juga ada restoran enak dengan harga yang relatif murah. Tak hanya itu, Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Bogor yang dijual oleh para pedagang di depan pintu masuk atau keluar Kebun Raya Bogor.

Lokasi Kebun Raya Bogor terletak di Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Harga tiket masuk dibanderol sekitar Rp.15.000,- per orang. Cukup murah meriah bukan? Jam buka mulai pukul 07.30 – 17.00 WIB.

103. Puncak Bogor

Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara (Foto : @aldoprasetyorudiawan)

Kawasan Puncak Bogor merupakan lokasi favorit warga Jakarta untuk berkahir pekan. Suasana pegunungan dengan udara yang sejuk dan pemandangan alam indah menjadikan alasan wisatawan untuk berkunjung ke sini. Tak heran jika Puncak Bogor masuk dalam daftar tempat wisata di Jawa Barat favorit wisatawan.

Puncak Bogor merupakan sebuah daerah wisata pegunungan yang terletak di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya sekitar 70 km sebelah selatan Jakarta. Akses jalan yang baik serta mudah dijangkau merupakan salah satu keunggulan kawasan wisata ini.

Akomodasi di Puncak Bogor juga lengkap, Anda dapat menemui berbagai hotel, vila, dan restoran. Dan yang tak kalah penting tentu saja ada banyak tempat wisata di Puncak Bogor yang bisa Anda kunjungi, seperti Taman Bunga Nusantara dan Little Venice Kota Bunga.

104. Kawasan Sentul City

Curug-Bidadari-Bogor
Curug Bidadari Sentul Paradise Park Bogor (Foto : nativeindonesia.com)

Masih berada di daerah Bogor, ada satu lagi lokasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan yaitu Sentul City. Kawasan Sentul City merupakan kota pegunungan seluas kira-kira 3000 hektare yang berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, di sebelah timur Kota Bogor yang dikembangkan oleh PT Sentul City Tbk.

Sentul City dibangun sebagai tempat hunian sekaligus pariwisata dengan ketinggian 215 – 500 meter di atas permukaan laut. Berbagai fasilitas publik pun tersedia lengkap disini seperti Bellanova Country Mall, Sekolah Pelita Harapan, KB/TK/SDS TARUNA BANGSA, Sentul Wonderland Outbound Kids, tempat olah raga, dan lain-lain.

Ada banyak tempat wisata di Sentul yang menarik untuk dikunjungi saat liburan, seperti Air Terjun Bidadari, Pasar Ah Poong, Taman Budaya Sentul City, dan masih banyak lagi. Oya, jika kesini jangan sampai melewatkan aneka curug indahnya yang eksotis.

105. Water Boom Lippo Cikarang

Water Boom Lippo Cikarang
Water Boom Lippo Cikarang (Foto : waterboomlippocikarang.com)

Waterboom Lippo Cikarang terletak di Jl. Madiun Kav. 115, Lippo Cikarang, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Dengan mengusung konsep nuansa alam Bali yang eksotis serta dilengkapi dengan berbagai wahana air yang menarik, membuat Taman bermain air ini cocok dikunjungi bersama keluarga.

Wahana favorit disini adalah seluncuran yang terdiri dari water slide dewasa dan water slide anak-anak. Ada juga Kiddy Area yang berisi wahana khusus untuk anak-anak. Bagi Anda yang ingin bersantai bisa mencoba kolam arus dengan menggunakan ban.

Fasilitas lain yang bisa Anda temui disini antara lain food court, spa, area bermain anak-anak, outbound, hingga terapi ikan. Asyik dan seru bukan? Rugi deh kalau liburan ke Jakarta dan Bekasi tanpa mampir ke taman rekreasi air yang satu ini.

Harga tiket masuk ke water park ini berbeda tiap harinya. Setiap Senin – Jumat, harganya dibanderol sebesar 60 ribu rupiah. Sedangkan ketika hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional sebesar 95 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB (senin – jumat) dan mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB (Sabtu, Minggu, dan hari Libur Nasional)

106. Hutan Kota Depok

Hutan Kota Depok
Hutan Kota Depok (Foto : IG @kurniiwan_)

Siapa bilang di pusat kota tak ada hutan? Cobain deh sekali-kali berwisata ke Hutan Kota Depok yang berada di kawasan Universitas Indonesia. Hawanya sejuk dan segar banget lho, pas buat tempat ngadem ditengah suhu kota Jakarta yang panas.

Beberapa jenis tanaman yang ada di hutan kota ini antara lain Jati, Meranti, Kopi, Karet, dan Matoa. Selain sebagai tempat wisata, hutan ini juga berfungsi sebagai kawasan resapan air Kota Depok dan wahana penelitian biodiversitas (keanekaragaman hayati) bagi mahasiswa.

Tak hanya kaya akan berbagai jenis pohon, di dalam area hutan UI di depan Fakultas Teknik juga terdapat area trek sepeda yaitu trek mangkuk dan trek nyamuk. Ada juga enam danau besar yaitu Kenanga, Aghatis, Mahoni, Puspa, ULin, Salam. Asyik bukan? Harga tiket masuk sepertinya gratis.

107. Tanah Tingal

Tanah Tingal
Tanah Tingal (Foto : IG @tanahtingal)

Tanah Tinggal merupakan salah satu tempat wisata di Tangerang yang cocok dikunjungi anak-anak dan keluarga. Anak-anak akan disuguhi galeri foto hingga berkubang dengan lumpur. Suasana khas ala pedesaan dan hutan akan dapat Anda temui disini.

Beberapa fasilitas dan wahana menarik yang bisa Anda nikmati di Tanah Tingal antara lain rumah dengan etnik Jawa, kolam renang, lapangan luas, kebun anggrek, danau untuk bermain kano, kawasan berair yang mirip rawa, kebun sayur, dan sebidang sawah.

Apabila sobat traveler datang bersama rombongan sekitar 50 orang, maka bisa menikmati fasilitas wisata memanen padi di sawah, belajar berkebun bunga Anggrek, flying fox, bermain kayak (canoing), panjat dinding, meniti jembatan tali dan pamper pole.

Lokasi dan alamat Tanah Tingal terletak di Jl. Merpati Raya No. 32, Kel. Sawah Baru, Kec. Ciputat, Jombang, Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Banten. Jam buka objek wisata ini biasanya mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Untuk harga paket kegiatan disesuaikan dengan kegiatan yang Anda pilih, dibanderol mulai 200 ribu rupiah.

108. Kandank Jurank Doank

Kandank-Jurank-Doank
Ilustrasi salah satu kegiatan di Kandank Jurank Doank berupa Charity In Harmony (Foto : IG @dot_photograph)

Bagi sobat traveler yang sedang mencari tempat liburan untuk anak-anak sekolah, ada baiknya mencoba berkunjung ke Kandank Jurank Doank. Alamat dan lokasinya berada di Kompleks Alvita Blok Q No. 14, Desa Sawah Baru, Sawah Lama, Ciputat, Tangerang, Banten. Apa seh yang menarik dari tempat wisata ini?

Kandank Jurank Doank menyuguhkan udara segar dan segudang aktivitas seru yang bakal membuat anak-anak menjadi happy. Bagi yang suka banget sama kesenian, Kandang Jurang Doank menyediakan kelas menggambar, gitar, biola, perkusi, vokal, fotografi, band, dan kelas kayu.

Sementara itu, bagi anak-anak yang suka kegiatan luar, bisa mencoba area outbound. Beberapa permainan seperti flying fox, rock climbing, hingga berbagai macam permainan bisa diikuti bersama keluarga. Harga tiket satu wahana permainan sekitar 20 ribu rupiah.

Jangan lewatkan pula kegiatan menanam padi, pohon, hingga memandikan kerbau yang sangat pas sebagai sarana edukasi bagi buah hati Anda. Untuk harga tiket masuk Kandang Jurank Doank gratis, namun Anda harus membayar ketika akan menikmati aneka wahana permainan disini.

109. Bumi Perkemahan Karang Kitri

Bumi Perkemahan Karang Kitri
Bumi Perkemahan Karang Kitri (Foto : IG @fifaahhlr_)

Selain Buperta Cibubur, Anda juga bisa mencoba berkemah di Bumi Perkemahan Karang Kitri. Tempatnya cukup asyik dan nyaman buat camping bersama keluarga atau teman-teman dekat. Udara yang sejuk dan banyaknya pepohonan membuat banyak wisatawan berkunjung kesini.

Bumi Perkemahan Karang Kitri menyediakan peralatan kemah yang cukup lengkap. Ada juga fasilitas outbond yang menarik untuk Anda coba. Alamat lengkap buper ini berada di Jl. Desa Karang Mulya RT. 001 RW. 001, Kecamatan Bojongmangu, Kampung Karang Kitri, Karangmulya, Bojongmangu, Bekasi, Jawa Barat.

110. Muara Gembong

Muara-Gembong
Ilustrasi hutan mangrove di Muara Gembong (Foto : jakarta.panduanwisata.id)

Selain Taman Wisata Alam Mangrove Angke di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), warga Jakarta juga bisa mencoba berkunjung ke Muara Gembong Bekasi untuk menikmati keindahan hutan mangrove. Memang seh tempat ini belum begitu dikenal oleh wisatawan, namun keindahannya sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Muara Gembong merupakan nama kecamatan yang berlokasi di Kabupaten Bekasi. Di dalamnya ada enam desa yaitu Desa Pantai Bahagia, Pantai Mekar, Pantai Sederhana, Pantai Harapan Jaya, Desa Pantai Bakti, dan Desa Jaya Sakti.

Apabila Anda ingin pergi ke Muara Gembong, maka Anda harus menempuh jarak sekitar 70 km dari pusat Kota Bekasi. Waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai lokasi dengan menggunakan kendaraan sekitar 2 jam. Lalu, apa seh keistimewaan huran mangrove di Muara Gembong?

Hutan mangrove di Muara Gembong tersebar sepanjang sekitar 17 km, sangat luas bukan? Hutan bakaunya masih sangat alami. Untuk menjelajahi keindahannya, Anda diharuskan naik perahu sampan untuk mengarungi sungai dengan pepohonan bakau di kanan dan kiri.

Disini, Anda akan merasakan suasana tanpa ada polusi, lalu lalang orang lain hingga suara kendaraan, benar-benar serasa di alam liar. Tak hanya itu, Anda juga akan dikenalkan tentang cara budidaya mangrove dari menanam hingga merawatnya.

Untuk harga bagaimana? Harga paket yang dipatok sekitar 70 ribu rupiah per orang. Dengan harga segitu, Anda sudah bisa ikut kegiatan menjelajahi hutan mangrove naik sampan dan bakar ikan. Asyik dan seru bukan?

111. Air Terjun Parigi

Air-Terjun-Parigi
Air Terjun Parigi / Curug Parigi Bekasi (Foto : IG @ayodolan)

Air Terjun Parigi merupakan tempat wisata di Bekasi terbaru yang lagi hits akhir-akhir ini. Lokasi dan alamat air terjun cantik ini berada di desa Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Sebenarnya Curug Parigi ini belum resmi menjadi objek wisata, namun karena keindahannya banyak traveler muda yang mengunjunginya dan mengunggahnya di media sosial seperti instagram.

Air terjun yang berada di belakang perumahan Villa Nusa Indah ini tidaklah tinggi, hanya sekitar 2 meter. Namun panjang berkelok-kelok sekitar 100 meter. Kelokan inilah yang membuatnya seperti Niagara mini dari Bekasi. Indah dan cantik!

Karena belum dikelola secara resmi, tiket masuknya pun masih gratis, paling hanya bayar parkir seikhlasnya. Namun, tidak menutup kemungkinan pada suatu saat akan dikenakan tarif masuk bila sudah dikelola secara resmi. Bila Anda berkunjung ke Curug Parigi, jangan lupa untuk berfoto dengan latar air terjun yang indah itu.

112. Kampung China Kota Wisata Cibubur

Kampung China Kota Wisata Cibubur
Kampung China Kota Wisata Cibubur (Foto : IG @rerenys)

Kota Wisata Cibubur di Bogor sebenarnya merupakan perumahan, namun di dalam komplek tersebut terdapat Kampung China yang sengaja dibuat oleh pihak pengembang. Kampung China ini dibuat sebagai replika dari Tiongkok seperti di TMII.

Begitu Anda masuk, maka akan disambut dengan gerbang/pintu masuk yang berwarna merah dengan tulisan gerbang kemakmuran. Nuansa Tiongkoknya benar-benar terasa. Oya, alamat lengkap Kampung China ini terletak di Jl. Boulevard Kota Wisata, Cibubur, Ciangsana, Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat.

Kampung China Cibubur saat ini menjadi tempat rekreasi keluarga, khususnya bagi penghuni perumahan Kota Wisata Cibubur. Namun, wisatawan dari luar daerah juga dapat berkunjung ke sini tanpa perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Selain warna merah yang menghiasi pintu masuk, pertokoan disini pun dibuat dengan unsur Tiongkok, seperti barongsai, lampion, dan tentunya warna merah yang khas Tiongkok. Akan lebih menarik lagi bila Anda datang saat imlek, biasanya ada berbagai event menarik, hingga Tarian Barongsai.

113. Telaga Arwana Cibubur (TAC)

Telaga-Arwana-Cibubur
Ilustrasi kolam pemancingan di Telaga Arwana Cibubur / TAC (Foto : anekarayapancing.com)

Masih seputar tempat liburan untuk anak dan keluarga, ada neh satu objek wisata yang asyik untuk dikunjungi yaitu Telaga Arwana Cibubur (TAC) yang terletak di di Jalan Jambore RT 005/006 Pondok Rangon, Harjamukti, Cimanggis, Cibubur, Depok, Jawa Barat. Apa seh keunikan telaga yang satu ini?

Telaga Arwana Cibubur memiliki aneka wahana rekreasi yang cukup lengkap. Salah satu wahana favorit pengunjung adalah kolam tangkap ikan. Di dalam kolam akan dilepas sejumlah ikan mas untuk ditangkap. Kolamnya tak begitu dalam, hanya sekitar 20 cm. Jadi aman juga buat anak-anak.

Untuk mencoba kolam tangkap ikan tersebut, Anda akan dikenakan biaya tiket sebesar 20 ribu rupiah per orang. Setelah Anda membayar, maka penjaga akan memberi Anda jaring dan ember untuk menangkap ikan di kolam tersebut. Namun, ikannya tak boleh dibawa pulang lho ya!

Wahana dan fasilitas lain yang bisa dinikmati disini adalah flying fox (tiket 25 ribu per orang), Motor ATV (tiket 25 ribu per orang), melukis caping (tiket 25 ribu per orang), kolam pemancingan (tiket 25 ribu per orang), dan kolam renang untuk anak-anak yang dilengkapi dengan permainan perosotan serta ember tumpah (tiket 35 ribu per orang).

Jika Anda lapar, tak usah kuatir karena di Telaga Arwana Cibubur terdapat kantin yang menjajakan aneka minuman dan makanan. Anda dapat menikmati hidangan tersebut di meja kursi dalam kantin atau di saung-saung yang bertebaran di dalam kawasan TAC.

Nah, itu dia sederet tempat rekreasi yang ada di Ibu Kota Jakarta dan daerah sekitarnya seperti bekasi, depok, tangerang, dan Bogor. Asyik dan seru bukan? Oya, bagi sobat traveler yang punya info tentang tempat wisata baru di Jakarta lainnya yang recommended untuk dikunjungi, bisa menambahkan di kolom komentar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.