25 Tempat Wisata Baru Di Bandung Yang Bagus Dan Hits

10 1,054,461

Tempat Wisata Di Bandung – Ini dia tempat wisata baru di Bandung yang paling bagus dan hits. Dari mulai wisata alam, kuliner enak, wahana permainan anak dan keluarga sampai tempat belanja dan nongkrong ada semua disini. Lengkap dengan daftar nama, lokasi, alamat, dan harga tiket masuk-nya. Kota Bandung dan sekitarnya memang selalu menyuguhkan objek wisata baru setiap tahunnya yang membuat para wisatawan jatuh hati dan selalu kangen ingin mengunjunginya lagi.

Selain udaranya yang sejuk, fasilitas dan akomodasi wisata di kota kembang bisa dibilang sangat komplit. Hotel, tansportasi, tempat makan, sampai aneka destinasi wisata menarik dan romantis tersedia dengan beragam pilihan. Anda tinggal pilih dari harga yang super mahal sampai yang murah meriah ada semuanya.

Saking banyaknya tempat wisata yang asik dan seru, justru biasanya malah membuat traveler bingung mau berkunjung kemana. Namun, Anda tidak usah kuatir karena Aneka Wisata telah menyiapkan sederet rekomendasi tempat wisata baru di Bandung yang lain dari biasanya. Boleh dibilang anti mainstream gitu deh. Penasaran bukan? Yuk, langsung saja simak review-nya berikut ini.

tempat-wisata-di-Bandung
Ilustrasi tempat wisata di Bandung Jawa Barat terbaru yang bagus dan hits (Foto : instagram @kiaraarthapark)

Daftar Tempat Wisata Baru Di Bandung Dan Sekitarnya Yang Paling Bagus Dan Hits

1. The Great Asia Africa

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Aerial Photography | Drone (@mulkisalman) pada

Kita awali review tempat wisata di Bandung terbaru kali ini dengan mengulas The Great Asia Africa Lembang. Sesuai namanya, objek wisata ini menawarkan sebuah miniatur 7 negara di dunia, yaitu Indonesia, Thailand, India, Jepang, Korea Selatan, Afrika, dan Timur Tengah. Begitu memasukinya, Anda mungkin akan terkagum-kagum karena suasananya seperti luar negeri.

Setiap paviliun sebuah negara, di desain sedemikian rupa sehingga benar-benar mirip dengan aslinya. Anda akan menemukan aneka replika bangunan ikonik / landmark yang menjadi ciri khas negara tersebut. Misalnya saja, paviliun Korea Selatan, di sana terdapat miniatur desa tradisional Bukchon Hanok Village, dan ada juga India’s Pink City dari Kota Jaipur pada paviliun India.

Selain bangunannya yang instagramable untuk latar berfoto, Anda juga bisa menikmati makanan khas dari negara tersebut sekaligus menyewa pakaian adat tradisional seperti Hanbok Korea, Kimono Jepang, Lenhga Choli, dan Kurti Salwar khas India. Asyiknya lagi, tiap akhir pekan kabarnya ada pertunjukkan kesenian / budaya dan workshop kerajinan dari setiap negara.

Tertarik untuk merasakan sensasi keliling 7 negara dalam satu hari? Langsung saja menuju ke lokasi The Great Asia Africa di Jl. Raya Lembang – Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB. Harga tiket masuknya sekitar Rp.50.000,- per orang (dapat minuman).

2. Kiara Artha Park

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kiara Artha Park (@kiaraarthapark) pada

Kiara Artha Park merupakan taman kota atau ruang publik yang menjadi ikon baru pariwisata Kota Bandung. Taman ini sedang hits dikalangan warga Bandung. Pasalnya, di dalam taman tersebut ada berbagai macam fasilitas menarik mulai dari spot foto keren, Dancing Fountain (air mancur menari), danau, trem / bus Bandros, food court, Taman Lampu, hingga Kampung Korea.

Untuk menikmati taman ini, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Biaya hanya dikenakan apabila akan masuk ke Festival of Light (Taman Lampu) sekitar 25 – 30 ribu rupiah dan 10 – 15 ribu rupiah untuk tarif masuk ke Kampung Korea. Lokasi Kiara Artha Park terletak di Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB.

3. Kampung Korea Bandung

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kampung Korea Bandung (@kampungkorea_photogo) pada

Kampung Korea berada di dalam area Kiara Artha Park dengan harga tiket masuk 10 ribu rupiah (weekday), 15 ribu rupiah (weekend), dan gratis bagi anak-anak usia dibawah 5 tahun. Sesuai namanya, saat memasuki Kampung Korea, Anda akan disuguhi aneka bangunan ikonik khas layaknya Kota Seoul, Korea Selatan.

Selain berfoto dengan latar bangunan instagramable, Anda juga bisa mencicipi beragam makanan street food khas “Negeri Ginseng” seperti Tteokbokki, Bibimbap, Corndog, dan Jajangmyeon / jjajangmyeon. Ada juga pernak-pernik bertema Korea yang bisa Anda beli buat oleh-oleh. Tempat wisata baru di Bandung ini cocok banget dikunjungi bagi para penggemar K-Pop.

4. Little Seoul

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jalina Saad (@jalinasaad) pada

Selain Kampung Korea, ada satu lagi tempat wisata di Bandung yang mengusung tema Korea, yaitu Little Seoul. Lokasinya terletak di Jl. Sawunggaling No.10, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Desain bangunan di Little Seoul terbilang unik dan instagramable, dibuat mirip seperti Dongdaemun Street yang berada di Kota Seoul, Korea Selatan. Anda akan dimanjakan dengan bermacam-macam jajanan khas Korea mulai dari odeng, corndog, hotteok, kimbab, tteokkochi, tteokbokki, Jjampong, Jjajangmyeon, hingga Bibimbab.

Asyiknya lagi, pengunjung juga bisa menyewa pakaian tradisional Korea buat berfoto, yaitu Hanbook. Harga sewa baju tersebut dibanderol sekitar 30 ribu rupiah. Sedangkan range harga makanan di sana mulai 20 ribu rupiah ke atas. Lumayan murah seh, apalagi memasuki area Little Seoul tak dipungut biaya tiket masuk alias gratis.

5. Fairy Garden

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Fairy Garden (@fairygardenbandung) pada

Bingung mencari tempat wisata unik di Bandung yang instagramable? Datang saja ke Fairy Garden By The Lodge. Lokasinya masih persis di depan The Lodge Maribaya, tepatnya Jl. Raya Maribaya, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Fairy Garden mengusung tema “negeri dongeng” atau “negeri peri”. Objek wisata ini di desain layaknya negeri para peri, mulai dari kostum petugas, bangunan kastil, hingga properti dan taman. Ada cuku banyak wahana edukasi dan bermain bagi anak-anak yang bisa dinikmati di sana, antara lain Art Factory, Florania, Lola’s Library, Bouncy Castle, Trampoline, Memberi Makan Kelinci, Mengenal Jenis-Jenis Burung, dan Menunggang Kuda.

Pada wahana Art Factory, anak-anak akan diajak melukis dengan panduan Peri Kai, Florania mengajak pengunjung merangkai bunga dan menanam bunga dalam pot kecil, dan Lola’s Library berisi buku dongeng. Harga tiket masuk ke Fairy Garden sekitar 35 ribu rupiah, sedangkan tarif tiap wahana sebesar 20 – 50 ribu rupiah.

6. Orchid Forest Cikole

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Orchid Forest Cikole (@orchidforestcikole) pada

Sesuai namanya, Orchid Forest Cikole menyajikan beragam bunga anggrek baik lokal (Indonesia) maupun dari luar negeri. Kabarnya, destinasi wisata alam di Bandung ini punya sekitar 20 ribuan bunga anggrek, seperti Anggrek Phavio asli Jawa Barat, Anggrek Argentina, Peru, Filipina, Anggrek Selop dari Jawa Timur yang memiliki bentuk unik mirip selop / sepatu, serta Jade Slipper Orchid dari wilayah Vietnam Utara dan China, dengan keistimewaan memiliki wangi raspberry.

Tak hanya koleksi bunga anggrek, Orchid Forest Cikole juga dilengkapi dengan aneka wahana dan fasilitas menarik, mulai dari Orchid Castle (Play Ground Bermain Anak), Putt-Putt Golf (Mini Golf), Rabbit Forest (Berisi Kelinci Lucu), Flying Fox, Kuda Tunggang, Jembatan Kayu (Wooden Bridge), Jembatan Gantung (Sky Bridge), Teras Paphio (Amphitheater), Garden of Light (Taman Lampu), dan lainnya.

Harga tiket masuk ke Orchid Forest Cikole Lembang sebesar 25 ribu rupiah (Weekday) dan 35 ribu rupiah (Weekend / Hari Libur). Jam buka mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB, kecuali Sabtu – Minggu buka dari pukul 08.00 – 19.00 WIB. Lokasi / Alamatnya terletak di Genteng, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, jaraknya sekitar 9,3 km dari Alun-alun Lembang.

7. Palalangon Park

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Wisata Bandung (@wisata_bandung) pada

Beralih ke kawasan Bandung Selatan, di sana ternyata punya beberapa destinasi baru yang layak dikunjungi, misalnya saja Palalangon Park. Lokasinya terletak di Kampung Leuwiliang RT 001/015 Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Jam buka mulai pukul 07.30 – 18.00 WIB.

Palalangon Park menawarkan wahana dan fasilitas bagus yang cocok untuk liburan keluarga, antara lain berupa spot foto keren, kolam renang, perahu angsa, playground / area bermain anak, tempat makan, dan villa untuk menginap. Harga tiket masuknya sekitar 20 ribu rupiah.

8. Happy Farm

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Barli Joseph Sitompul (@barli8js) pada

Tak kalah bagus dengan Palalangon Park, Happy Farm juga menawarkan aktivitas menarik untuk liburan anak-anak atau pun keluarga. Pendatang baru di kawasan wisata Ciwidey ini punya wahana seru mulai dari Taman Kelinci (Rabbit Park), Petting Zoo, Candy House / Rumah Permen, Kuda Tunggang, hingga Taman Bunga. Tersedia juga food court untuk mengisi perut dikala lapar melanda.

Lokasi Happy Farm terletak di Jl. Raya Ciwidey No.km 33.7, Panundaan, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB, kecuali Sabtu – Minggu tutup pukul 21.00 WIB. Harga tiket masuknya dibanderol 20 ribu rupiah, sedangkan tarif wahana berkisar 15 – 25 ribu rupiah.

9. Chinatown Bandung

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Chinatown Bandung Official (@chinatownbandung) pada

Ngomongin tempat wisata di Bandung memang tak akan pernah habis. Pasalnya, Kota berjuluk Paris Van Java ini selalu menyuguhkan spot-spot kece untuk liburan. Baru-baru ini telah hadir destinasi wisata kekinian yang instagramable bernama Chinatown Bandung.

Begitu Anda memasuki China Town, suasana ala negeri Tiongkok akan benar-benar terasa. Aristektur bangunan, ornamen, hingga alunan musik di sana berciri khas etnis Tionghoa. Faslitasnya pun lengkap, tersedia aneka spot foto keren seperti infinity room, museum, spot kuliner / food court, tempat belanja, toilet, area bermain anak (playground), mushola, hingga jasa sewa pakaian khas Tionghoa.

Hara tiket masuk ke Chinatown Bandung dibanderol Rp.30.000,- per orang. Harga sewa baju bangsawan / kerajaan China sebesar 75 – 150 ribu rupiah, tergantung modelnya. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.

10. Glamping Lakeside Dan Pinisi Resto

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Aerial Photography | Drone (@mulkisalman) pada

Ingin merasakan sensasi menginap di tepi danau? Datang saja ke Glamping Lakeside di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.Km. 39, Situ Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Di sana, tersedia tenda glamping yang berjejer persis di tepi danau Situ Patenggang.

Meskipun hanya sebuah tenda semi permanen, namun fasilitas di dalamnya hampir sama dengan hotel pada umumnya. Ada tempat tidur, kamar mandi, toilet, peralatan mandi, kopi, teh, gula dan air mineral. Hotel unik di Bandung Selatan ini menyuguhkan view pemandangan alam indah Gunung Patuha dan Situ Patenggang yang dikelilingi oleh perkebunan teh.

Untuk tarif harga sewa permalamnya memang lumayan mahal, berkisar antara 2 – 3 juta rupiah. Tapi, satu tenda bisa diisi dengan 4 – 8 orang tergantung jenis tendanya. Nah, bila Anda ingin berhemat, ajak saja teman atau pun anggota keluarga agar bisa patungan menginap di sana.

Selain menginap, Anda juga bisa menikmati Pinisi Resto dan wahana Golesat. Pinisi Resto merupakan sebuah tempat makan berbentuk kapal Pinisi raksasa yang berada di tepi Situ Patenggang. Bangunan berlantai 4 ini menawarkan aneka makanan, spot foto selfie, dan panorama cantik landscape Situ Patenggang dari ketinggian.

Sementara itu, Golesat merupakan wahana seluncuran memakai sepeda roda tiga yang cukup memacu adrenalin. Pengunjung akan diajak menaiki sepeda tersebut dan meluncur pada trek / lintasan sepanjang kurang lebih 550 meter. Lintasannya dibuat dengan tingkat kemiringan tertentu yang menantang uji nyali.

11. Dago Dream Park

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh roudhi as (@aufasanni_04) pada

Mengusung konsep fun in nature, Dago Dream Park sangat cocok dijadikan tujuan wisata anak dan keluarga di Bandung untuk menghabiskan waktu akhir pekan atau pun libur panjang akhir tahun. Di sana, Anda akan dimanjakan dengan pepohonan pinus hijau, spot foto selfie nan kece badai, dan aneka wahana permainan seru khusus anak beserta orang dewasa.

Beberapa contoh wahana Dago Dream Park antara lain Pirates Ship (kora-kora), Pine House, Geared Up, Row A Boat, ATV, Archery (memanah), Hook A Fish (memancing), Uncle’s Barn (peternakan), Flying Fox, Kampung Dayang Sumbi, Horse Arround (berkuda), dan Paint Ball. Sedangkan untuk spot selfie tersedia Aladdin Carpet, Sky Tree, Love Seat, Sky Bike, Paragliding, Flying Lounge, Bird Nest, serta Up House.

Fasilitas pendukungnya pun lengkap, tersedia cafe, food court, food store, resto, mushola, fitting room, aula keluarga, aula kelompok, toilet, bus wara-wiri, tempat parkir, dan tempat pertunjukan musik. Harga tiket masuk sekitar 25 – 35 ribu rupiah, dan tarif wahana 20 – 35 ribu rupiah.

Lokasi Dago Dream Park terletak di Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB.

12. Lembang Park and Zoo

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Lembang Park & Zoo (@lembang_parkzoo) pada

Lembang Park and Zoo atau Lembang Park and Mini Zoo merupakan tempat wisata di Lembang terbaru yang menawarkan konsep kebun binatang modern dan taman bermain. Di dalamnya, ada sekitar 350 ekor satwa mulai dari aneka jenis burung, reptil, rusa, kucing, dan lainnya. Anda juga bisa berinteraksi dengan mereka sambil berswafoto.

Puas melihat-lihat hewan nan lucu, Anda bisa melanjutkan bermain di water park / waterboom dan berkuda. Jika lapar, Anda tinggal mampir di resto yang tersedia di sana. Asyik banget, bukan? Lokasi Lembang Park and Zoo terletak di Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Harga tiket masuk sekitar 40 ribu rupiah per orang.

13. Nex Level XL PVJ

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh NEXT LEVEL XL PVJ (@nextlevelxl) pada

Pengen liburan bermain outbound tapi lagi musim hujan? Tak usah kuatir, kini di Kota Bandung telah hadir arena outbond indoor bernama Nex Level XL PVJ. Lokasinya berada di P7 (sekitar CGV Lt. 2), Paris Van Java Mall, Jl. Sukajadi No.131 – 139, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Nex Level XL PVJ mempunyai sekitar 15 permainan seru yang dapat dijadikan sebagai sarana melatih ketangkasan anak-anak sekaligus bermain seperti Walking On The Rope, Flying Fox, Steping Bar, Spyder Web, dan Steping Stone. Ada juga Wall Climbing yang dikhususkan bagi para pendaki profesional. Harga tiket masuknya dibanderol sekitar 140 – 155 ribu rupiah / 5 jam.

14. Rainbow Garden, Kyotoku, Dan Kota Mini Floating Market Lembang

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Adib Setyo (@adib_setyo) pada

Kawasan Floating Market Lembang kini punya spot wisata baru yang cocok dikunjungi para pecinta selfie, yaitu Rainbow Garden, Kyotoku, Dan Kota Mini. Rainbow Garden menyuguhkan sebuah taman bunga indah berisi aneka macam bunga warna-warni layaknya pelangi.

Kyotoku menawarkan sebuah perkampungan Jepang lengkap dengan pakaian khasnya yang bisa disewa. Sedangkan Kota Mini berisi miniatur bangunan unik seperti Eropa. Anda bisa menemukan Boks Telepon Merah khas Kota London Inggris dan berbagai bentuk bangunan instagramable.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kyotoku Kimono & Hanbok Rental (@kyotoku_floatingmarket) pada

Harga tiket masuk untuk Rainbow Garden sekitar Rp.10.000,-, Kyotoku Rp.20.000,-, dan Kota Mini (Mini Town) Rp.25.000,-. Namun sebelum masuk ke sana, Anda sepertinya harus bayar tiket masuk ke Floating Marketnya dulu sebesar Rp.25.000,-. Siapkan saja uang yang banyak kalau mau ke sana ya, hehe.

Lokasi ketiga wahana tersebut berada dalam area Floating Market Lembang di Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 19.00 WIB.

15. Rumah Belanda

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rumah Belanda (@rumahbelanda) pada

Satu lagi tempat wisata di Bandung yang mirip seperti Eropa yaitu Rumah Belanda. Lokasinya terletak di Jl. Raya Maribaya Sukamaju RW 03 / RT 04, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sesuai namanya, destinasi wisata selfie ini bertema Belanda, mulai dari bangunan rumah, ornamen, perabotan, kincir angin, menu makanan, hingga penyewaan pakaian tradisional khas “Negeri Kincir Angin.

Selain spot foto instagramable, Rumah Belanda juga dilengkapi dengan tempat makan, toko pernak-pernik khas Belanda, mushola, studio foto, tempat parkir, dan toilet. Harg tiket masuk ke sana dibanderol sebesar 20 ribu rupiah, dan tarif sewa kostum sekitar 50 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB.

16. Rabbit Town Bandung

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh 🇮🇩 Instagram || 👤 Rizal (@akang_bandung) pada

Kegiatan selfie nampaknya sedang ngetrend akhir-akhir belakangan ini dikalangan wisatawan. Tak ayal, hampir setiap destinasi wisata berlomba-lomba menyediakan spot foto instagramable untuk menarik minat pengunjung. Nah, buat Anda yang suka banget bernarsis ria, kini telah hadir tempat wisata baru di Bandung dengan latar foto keren seperti di luar negeri. Namanya Rabbit Town.

Beberapa spot foto kece di Rabbit Town Bandung antara lain lampu-lampu gantung khas Museum of Ice Cream AS, Love Light, Mobil Volkswagen, Pink Ice Cream Banana, dan ruangan penuh stiker warna warni seperti di The Obliteration Room, National Gallery Singapore. Epic banget deh pokoknya!

Selain befoto, Anda juga bisa melihat dan memberi makan kelinci-kelinci lucu dalam wahana Rabbit Villa. Bagi Anda penyuka burung, ada Dove Garden yang berisi burung-burung merpati. Harga tiket masuknya sekitar 35 ribu rupiah (weekday) dan 45 ribu rupiah (weekend).

Rabbit Town Bandung terletak di Jl. Rancabentang No.30-32, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.

17. Centrum Million Balls

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh KULIMIS BOIS (@adityasuryap33) pada

Apakah Anda ingin merasakan mandi bola dengan ratusan, ribuan, bahkan jutaan bola? Jika iya, maka Centrum Million Balls lah tempat yang cocok Anda kunjungi. Di sana, terdapat kolam bola raksasa bernama Big Ball Party (Kolam Sejuta Bola). Tersedia juga spot foto selfie seperti Avocado Shake, Boba Shop, Yello Bubble Shower, Butter Popcorn dan Disco Darling.

Harga tiket masuk Centrum Million Balls dibanderol seharga 50 ribu rupiah (weekdays) dan 65 ribu rupiah (weekend). Lokasinya terletak di Jl. Belitung No.10, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.

18. This Is Me Bandung

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dewi Ambar Sari ♌ (@sariambardewi) pada

Satu lagi tempat wisata selfie di Bandung terbaru yang wajib dikunjungi, yaitu This Is Me Bandung. Di sana, Anda akan dimanjakan dengan berbagai spot foto keren mulai dari Flamingo Beach, Sunday Mart, Pink Hotel, Pink Theater, Pink Ice Cream, Fly Me Unicorn, Kolam Bola, dan lainnya.

Lokasinya terletak di Jl. Cihampelas No.106, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB. Harga tiket masuk sekitar Rp.25.000,- (NB : harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu).

19. Dermaga Ponton Dan Skywalk Cantigi Kawah Putih

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kawah Putih Ecotourism (@kawahputih_official) pada

Siapa seh yang tak kenal dengan Kawah Putih? Meskipun terbilang spot lama, tetapi pesona ikon tempat wisata di Bandung paling terkenal ini seakan tak pernah pudar. Air danaunya yang berwarna putih kehijau-hijauan sungguh sangat eksotis. Tak heran, jika musim liburan tiba cukup banyak wisatawan yang berkunjung ke sana.

Saat ini, Kawah Putih Bandung punya wahana / fasilitas baru untuk menarik minat wisatawan, yaitu Dermaga Apung (Dermaga Ponton) dan Skywalk Cantigi. Dermaga Apung berupa jembatan ponton sepanjang 50 meter dan lebar 2 meter yang dibuat menjorok dari pinggir hingga ke pulau kecil di tengah danau.

Dari atas dermaga tersebut, Anda bisa melihat air danau lebih dekat sekaligus berswafoto. Untuk naik ke dermaga, Anda harus membayar tarif sebesar 10 ribu rupiah. Untuk keselamatan wisatawan, Dermaga Ponton hanya boleh dinaiki maksimal 30 orang dengan durasi maksimal 15 menit.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nauval Mega (@nauvalmega) pada

Sementara itu, Skywalk Cantigi juga tak kalah bagus untuk dijelajahi. Dari puncak skywalk, Anda akan bisa menyaksikan landscape Kawah Putih dari atas ketinggian. Skywalk Cantigi dibangun sepanjang 500 meter dengan bahan baku bambu kering mengelilingi hutan Cantigi. Harga tiket masuknya cukup murah meriah, hanya 10 ribu rupiah.

20. Indo Wisata Permata (IWP)

tempat wisata di Bandung terbaru
Ilustrasi salah satu tempat wisata di Bandung terbaru yaitu Indo Wisata Permata / IWP (Foto : travel.detik.com)

Bandung memang selalu menyajikan tempat wisata baru yang menarik dan asik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi terbaru di kota ini yang lagi hits adalah Indo Wisata Permata (IWP). Berlokasi di kawasan Komplek Citra Green Blok N No 1-10, kawasan Dago Atas, Kota Bandung, IWP menawarkan wisata edukasi bagi pecinta batu permata, khususnya berlian. IWP diklaim sebagai tempat wisata berlian pertama di Asia.

Di tempat ini wisatawan akan diajak melihat langsung proses pembuatan batu mulia menjadi berlian bernilai tinggi. Berlian berkilap yang bahannya dari Kalimantan ini dijamin berkualitas terbaik yakni excellent. Pengunjung tak lagi disajikan cara membentuk batu permata secara konvensional atau tradisional. Galeri IWP justru menyuguhkan mesin-mesin berteknologi terbaru yang dibantu kepiawaian para tenaga terlatih.

Selain objek wisata edukasi, IWP sekaligus tempat belanja di Bandung bagi penyuka berlian. Harga perhiasan berlian yang dibanderol di galeri IWP bervariasi mulai paling murah Rp 1 juta hingga termahal mencapai miliaran rupiah. Jam buka Galeri IWP yaitu setiap hari mulai pukul sepuluh pagi hingga pukul lima sore.

Galeri Indo Wisata Permata IWP
Galeri Indo Wisata Permata / IWP (Foto : travel.detik.com)

Harga tiket masuk area ini cukup membayar voucher senilai Rp 50 ribu perorang. Voucher ini dapat digunakan untuk potongan harga bagi pengunjung yang membeli berlian. Kalau tidak belanja berlian, vouchernya bisa ditukarkan dengan makanan dan minuman. Tempat ini ada kafe yang menyajikan aneka menu makanan.

Rute dan akses jalan menuju IWP sangatlah mudah. Patokannya yaitu Jalan Djuanda (Dago) yang menuju ke Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda. Jarak lokasi gedung IWP hanya sekitar satu kilometer dari Terminal Dago. Kendaaran pengunjung setelah melewati Terminal Dago belok kiri masuk kawasan perumahan. Sebelum tiba di galeri, pengunjung disambut kondisi jalan menurun curam dan tanjakan.

Lokasi Dan Alamat : Komplek Citra Green Blok N No 1-10, kawasan Dago Atas, Kota Bandung
Peta Lokasi : Klik Disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 50.000,-

21. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan
Sendang Geulis Kahuripan (Foto : instagram.com/singgihmardiana)

Inilah tempat wisata alam di Kabupaten Bandung Barat terbaru yang lagi naik daun alias ngehits. Namanya Sendang Geulis Kahuripan. Tak kalah dengan Umbul Pongok Klaten yang sudah tersohor, mata air alami yang satu ini benar-benar bersih dan jernih. Apalagi ditambah dengan suasana pedesaaan yang segar dan sejuk, membuat liburan disini menjadi sempurna.

Tempat wisata baru di Bandung ini memang masih jarang dikunjungi karena lokasinya yang tersembunyi dari hiruk pikuk keramaian kota. Namun, justru hal ini membuat Sendang Geulis Kahuripan terjaga keasriannya. Aktivitas utama yang harus Anda lakukan disini tentu saja berendam dan basah-basahan main air. Airnya yang segar akan dapat menghilangkan penat Anda dari kesibukan sehari-hari.

Sendang Geulis Kahuripan Bandung
Ilustrasi berendam di Sendang Geulis Kahuripan Bandung (Foto : instagram.com/amboreynaldi)

Mata air yang dikenal juga dengan nama Talaga Cikahuripan Padalarang ini dikenal sebagai salah satu tempat paling instagramable di Bandung. Tak heran jika banyak traveler yang mengunggahnya di jejaring sosial media. Airnya yang sangat jernih, membuat wisatawan bisa selfie dan narsis di dalam air. Ditambah lagi dengan background bebatuan alami dan pepohonan, akan menghasilkan gambar yang tiada duanya.

Fasilitas yang ada disini tergolong lumayan lengkap dengan tersedianya tempat bilas, tempat berganti pakaian, tempat parkir, saung untuk istirahat, dan warung-warung yang menyediakan makanan. Hanya saja rute dan akses jalan menuju ke lokasi mata air ini masih sempit, sulit dilalui mobil saat berpapasan. Bagi Anda yang mau kesini, disarankan menggunakan kendaraan roda dua.

Oya, selain Sendang Geulis Kahuripan, ada satu lagi wisata air yang tak kalah indah, namanya Curug Cibaliung. Curug atau air terjun Cibaliung saat ini sedang hits sebagai salah satu tempat wisata di Bogor terbaru yang paling bagus. Airnya sangat jernih dan pemandangannya indah mengagumkan. Sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Lokasi Dan Alamat : Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat
Peta Lokasi : Klik Disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-

22. Farm House Lembang

Farm House Lembang
Farm House Lembang (Foto : mixedupalready.com)

Farm House adalah salah satu tujuan wisata baru yang tengah naik daun di Lembang Bandung. Selama libur akhir pekan (weekend) dan libur panjang, wilayah yang memberikan atraksi menarik ini selalu ramai diserbu pengunjung. Dengan konsep suasana peternakan ala Eropa, area perkebunan, dan desa kurcaci (The Hobbit) menjadikan Farm House sebagai tempat liburan anak dan keluarga di Bandung favorit wisatawan.

Nuansa Eropa klasik yang kental, penyewaan kostum tradisional Eropa, jembatan gembok cinta layaknya di negara-negara Eropa, hingga ke properti yang ada, membuat tempat ini kaya akan spot untuk berfoto. Tak heran jika aktivitas terbaik disini adalah berfoto (selfie/narsis). Benar-benar tempat yang pas buat narsis dan selfie ala anak muda kekinian yang instagramable.

Rumah Hobbit Farm House Lembang
Rumah Hobbit Farm House Lembang (Foto : tribunnews.com)

Farm House Susu Lembang terletak di Jalan Raya Lembang 108, Cihideung, Bandung Barat. Harga tiket masuk Rp 20.000 per orang. Tiket dapat ditukar dengan susu murni. Tempat wisata terbaik di Bandung ini buka setiap hari dari pukul 09:00 – 21:00. Akhir pekan buka hingga pukul 23:00.

Fasilitas yang terdapat di Farm House Lembang ini terbilang lengkap. Mulai dari tempat penjualan oleh-oleh dan souvenir, alun-alun mini, rumah hobbit, penyewaan kostum, gedung serbaguna, cafe indoor, maupun outdoor, mushola, toilet, tempat parkir luas, hingga sungai gembok cinta. Rute dan akses jalan menuju kesini juga sangat mudah, karena terletak di jalan utama Lembang.

Lokasi Dan Alamat : Jalan Raya Lembang 108, Cihideung, Bandung Barat
Peta Lokasi : Klik Disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 20.000,-

Baca Juga : 50 Tempat Wisata Menarik Di Bandung Yang Paling Terkenal

23. Tebing Keraton

Wisata-Alam-Bandung-Tebing-Keraton
Ilustrasi Keindahan Alam Tebing Keraton yang keren (foto : detikTravel)

Nah, kalau tempat wisata baru di Bandung yang satu ini lagi hangat-hangatnya menjadi perbincangan wisatawan beberapa tahun belakangan ini. Namanya Tebing Keraton. Bahkan tempat ini sampai dijuluki ‘tebing Instagram’ karena seringnya traveler memposting foto Tebing Keraton di jejaring sosial Instagram. Bagi Anda yang suka fotografi, wajib rasanya melipir ke Tebing Keraton. Waktunya foto-foto narsis!

Menikmati sejuk dan indahnya alam tidak perlu mengocek isi dompet terlalu banyak dan tidak perlu jauh-jauh. Cukup ke Tebing Keraton, Anda sudah dapat menikmati panorama alam dengan sejuknya udara yang jauh dari polusi. Harga tiket masuknya cukup murah meriah hanya sekitar Rp. 11.000,- per orang.

Tebing Karaton ini berada di atas Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Oleh karena itu, dari atas tebing ini, Anda bisa menyaksikan hijaunya pemandangan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang menghampar luas sepanjang mata memandang. Pemandangan ini pun akan bertambah indah, jika Anda datang sebelum matahari terbit atau kira-kira jam 6 pagi.

Pada saat itu, anda bisa menikmati suasana kota Bandung yang masih berselimut kabut tebal. Ditambah dengan keindahan matahari terbit di balik bukit yang ada di sebelah timur. Semua keindahan panorama alamnya ini memang paling pas, jika anda abadikan dengan kamera Anda.

tebing-keraton-bandung
Ilustrasi Selfie Dan Narsis Di Tebing Keraton Bandung (Foto : instagram.com/putricbudiman)

Anda dapat menikmati Tebing Keraton dengan sekedar duduk-duduk, berfoto-foto dan menghirup sejuknya udara yang bersih. Mengunjungi objek wisata alam di Bandung ini dapat menghilangkan rasa penat yang ada dan pas banget sebagai rekreasi keluarga maupun teman-teman yang tidak punya waktu banyak untuk berpergian terlalu jauh.

Rute dan akses jalan menuju lokasi Tebing Keraton relatif mudah dijangkau. Bertolaklah ke arah Dago Pakar, dari Terminal Dago lurus ke arah Taman Ir H Juanda. Arahkan kendaraan Anda ke belokan kanan pertama setelah pintu gerbang Taman Ir H Juanda. Anda akan melewati rumah-rumah besar kemudian perkampungan, sampai ke warung dengan baliho besar bertuliskan ‘Warung Bandrek’ alias Warban.

Perjalanan belum selesai, pacu kendaraan Anda melewati tanjakan dan jalan berbatu sampai pos teratas, langsung di Tebing Keraton. Meski tak besar, Anda bisa memarkir motor dan mobil di sini. Untuk mencapai tebing tersebut, Anda hanya perlu trekking tak sampai 5 menit.

Lokasi Dan Alamat : Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat
Peta Lokasi :Klik Disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 11.000,-

24. Sanghyang Heuleut

tempat wisata baru di Bandung
Ilustrasi tempat wisata baru di Bandung Sanghyang Heuleut (Foto : instagram.com/bandungtropic)

Ini dia tempat wisata baru di Bandung yang belum terjamah, namanya Sanghyang Heuleut. Objek wisata alam ini merupakan sebuah danau kecil yang dikelilingi oleh kawasan berbatuan yang berbukit. Inilah yang menyebabkan kawasan wisata alam ini seakan tersembunyi dari masyarakat luar.

Lokasinya terletak di Kecamatan Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat. Di sini Anda bisa berenang, bersantai, foto-foto bahkan berkemah. Bagi Anda yang ingin ke Sanghyang Heuleut disarankan untuk tidak datang saat musim hujan, sebab rute jalannya akan sedikit licin dan danau akan meluap.

Patokan rute perjalanan menuju lokasi Sanghyang Heuleut adalah PLTA Saguling. Dari gapura utama PLTA Saguling menuju danau cantik tersebut berjarak sekitar 5 kilometer. Jika berangkat dari Kota Bandung, lokasi Sanghyang Heuleut ini bisa ditempuh melalui rute Kota Cimahi – Padalarang (hingga melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil dan pusat oleh-oleh khas Priangan di pinggir Jalan) – Raja Mandala – Pintu Gerbang PLTA Saguling.

Fasilitas yang tersedia disini memang masih minim, belum ada warung penjual makanan dan toilet. Namun, keindahan alamnya benar-benar eksotis dan memesona. Tak heran, banyak anak muda yang berlomba-lomba untuk hunting foto disini dan mengunggahnya di berbagai media sosial seperti instagram dan facebook.

Lokasi Dan Alamat : Kecamatan Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat
Peta Lokasi : Klik Disini
Harga Tiket Masuk : Gratis

25. Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung
Upside Down World Bandung (Foto : IG @upsidedownworldbandung)

Saat ini tren berfoto di ruangan terbalik sedang happening dikalangan wisatawan. Tak hanya di Indonesia, di beberapa negara Asia seperti Malaysia dan Taiwan pun sedang populer. Di Indonesia, destinasi wisata yang pertama kali mengusung konsep ini adalah Upside Down World Bali, yang kemudian disusul dengan dibukanya Upside Down World Jogja.

Setelah sukses menjadi tempat wisata baru di Bali favorit wisatawan, Upside Down World pun terus mengembangkan sayapnya. Saat ini telah hadir Upside Down World Bandung yang mengusung tema berupa tempat tinggal atau rumah lengkap dengan perabotannya yang ditata serba terbalik.

Jadi, bagi Anda warga Bandung dan sekitarnya, kini tak perlu jauh-jauh datang ke pulau dewata atau pun Jogja untuk merasakan sensasi berfoto di ruangan terbalik.

Upside Down World di Bandung
Upside Down World di Bandung (Foto : IG @upsidedownworldbandung)

Seperti halnya sebuah rumah, tempat wisata unik di Bandung terbaru ini menyajikan aneka ruangan dari mulai living room, master bed room, kids room, dapur, dining room, hingga bathroom. Tak hanya itu, ada juga beberapa ruangan yang identik dengan kota Bandung seperti ruang musik dan juga mural.

Semua perabotan atau furniture disini tentu saja menggunakan benda asli bukan imitasi. Pengaturan dekorasinya benar-benar cantik dan ciamik, membuat siapa saja yang datang kesini akan tergoda untuk berfoto atau pun narsis.

Anda tak perlu kuatir kehabisan gaya, karena setiap pengunjung akan didampingi seorang pemandu yang akan membantu Anda bergaya sekaligus menjadi juru fotonya. Yang perlu Anda perhatikan saat berfoto adalah angkatlah satu kaki agar terkesan melayang-layang seperti di ruang angkasa tanpa gravitasi. Jangan lupa bawa gel rambut untuk menegakkan rambut Anda.

Lokasi dan alamat Upside Down World Bandung terletak di Jl. H. Wasid No.31, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WB. Harga tiket masuknya memang cukup mahal, sekitar Rp.100.000,- untuk orang dewasa dan Rp.50.000,- untuk anak-anak dengan tinggi dibawah 120 cm.

Bagi sobat traveler yang akan berkunjung kesini sebaiknya datang lebih awal agar bisa menjelajahi setiap ruangan dengan enak dan nyaman. Anda pun akan dapat lebih leluasa berekspresi tanpa berdesak-desakkan atau antri dengan pengunjung lain. Jangan lupa melakukan pemanasan dulu agar tidak kaku saat narsis.

Lokasi dan Alamat : Jl. H. Wasid No.31, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp.100.000,- (dewasa), Rp.50.000,- (anak-anak dengan tinggi dibawah 120 cm)

Baca Juga : 37 Tempat Wisata Kuliner Enak Di Bandung Yang Lagi Hits

26. The Lodge Maribaya Lembang

Sky Tree The Lodge Maribaya Lembang
Sky Tree The Lodge Maribaya Lembang (Foto : IG @lanlannwulan)

Kalau Anda suka banget dengan tempat wisata alam terbuka yang keren dan ekssotis, maka wajib deh datang ke The Lodge Maribaya Lembang Bandung. Mengapa? Objek wisata alam yang satu ini menyajikan beberapa wahana unik dan pemandangan alam yang sangat indah.

Daya tarik utama The Lodge Maribaya Earthbound Adventure Park adalah spot foto yang sangat keren dengan latar hamparan hutan pinus yang begitu eksotis dan mengagumkan. Untuk mendapatkan foto yang bagus tersebut, Anda bisa mencoba 3 wahana atau atraksi yang ditawarkan disini, yaitu Sky Tree, Mountain Swing atau Sky Swing, dan Zip Bike.

Sky Tree adalah rumah pohon yang sangat fotogenik, mirip banget dengan tempat wisata di Yogyakarta yang bernama Kalibiru. Untuk naik ke atas plaform kayu yang telah terpasang di atas pohon, Anda harus melewati tangga. Namun, tak usah kuatir karena Anda akan diikatkan dengan tali pengaman.

Sky Swing The Lodge Maribaya
Sky Swing The Lodge Maribaya (Foto : IG @storeoflistya)

Begitu sampai di atas, Anda tinggal bergaya dan minta bantuan teman untuk mengambil gambarnya. Anda juga bisa membeli foto dari fotografer resmi yang ada disana. Harga tiket Sky Tree ini 15 ribu rupiah. Jangan lewatkan pula Mountain Swing yang akan memberikan gambar seolah-olah Anda sedang berayun di ketinggian, mirip di luar negeri. Harga tiketnya 20 ribu rupiah.

Satu lagi yang wajib Anda coba, yaitu Zip Bike yang berupa menaiki sepeda diatas ketinggian tebing dengan tali pengaman. Sepeda dipasang disebuah kabel yang membentang menyebrangi lembah. Namun bagi Anda yang phobia ketinggian, sebaiknya tak mencobanya. Untuk harga tiket Zip Bike sekitar 20 ribu rupiah.

Zip Bike The Lodge Maribaya Bandung
Zip Bike The Lodge Maribaya Bandung (Foto : IG @ikhsanmbrrk)

Tak hanya menyajikan 3 wahana unik tersebut, The Lodge Maribaya Lembang juga menawarkan fasilitas kemah (camping) dengan tenda permanen yang unik mirip bawang atau labu. Anda juga bisa memesan api unggun atau pun kambing guling untuk menyemarakkan malam kemah Anda.

Bila Anda lapar, tak usah kuatir karena The Lodge Maribaya juga punya restoran dan cafe. Aneka kuliner Bandung yang enak bisa Anda dapatkan disini. Bila ingin ngopi, datang saja ke The Pines Cafe yang asik buat nongkrong sambil menikmati panorama hutan pinus.

Dengan fasilitas yang lengkap dan menarik, saat ini The Lodge Maribaya menjadi ikon wisata baru di Lembang Bandung favorit keluarga. Lokasi dan alamatnya berada di Jl. Maribaya Timur Km. 6 Kampung, Kosambi, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Harga tiket masuk The Lodge Maribaya sekitar 20 ribu rupiah (weekdays), untuk weekend atau hari libur 25 – 35 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Lokasi dan Alamat : Jl. Maribaya Timur Km. 6 Kampung, Kosambi, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp.20.000,- (weekday), Rp.25.000,- (weekend), dan Rp.35.000,- (hari libur)

27. Amazing Art World

Amazing Art World Bandung
Amazing Art World Bandung (Foto : IG @titaliamaksum)

Kalau Jogja punya De Mata Trick Eye Museum dan Semarang punya Old City 3D Trick Art Museum, maka kota Kembang pun tak mau ketinggilan. Disini ada Amazing Art World yang merupakan museum 3D pertama di kawasan Bandung Utara.

Seperti halnya museum trick eye pada umumnya, destinasi wisata baru ini pun menyuguhkan sejumlah lukisan tipuan mata yang seolah-olah hendak keluar dari bingkainya. Keren bukan? Dengan luas sekitar 15.500 mater persegi, Amazing Art World diklaim sebagai museum 3 dimensi di Indonesia yang terbesar.

Ada 8 tema lukisan yang bisa Anda temui disini, yaitu History Zone, Aqua Zone, Dinosaurus, Zone, Animal Zone, Artistic Zone, Living Zone, Media Zone, Main Hall, Fantasy Zone, Love Zone dan Winter Zone. Anda bebas berekspresi dengan lukisan-lukisan ini untuk diabadikan menggunakan kamera.

Untuk alamat Amazing Art World terletak di Jl. Setiabudhi No.293, Isola, Sukasari, Kota Bandung. Harga tiket masuk dibanderol sebesar Rp.130.000,- untuk umum, Rp.100.000,- untuk pelajar dan Rp.80.000,- untuk anak-anak. Untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional biasanya harga tiket masuk lebih mahal. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Setiabudhi No.293, Isola, Sukasari, Kota Bandung
Peta Lokasi : Klik Klik Disini
Harga Tiket Masuk : Rp.130.000,- (umum), Rp.100.000,- (pelajar), dan Rp.80.000,- (anak-anak)

10 Comments
  1. pancep says

    serasa ingin muda lagi

  2. Shafwan Nizomi says

    good bro!! jadi pengen maen ke bandung mlu nih ,, liburan ntar jalan2 dah ngajak temen

  3. royanti says

    Really good

  4. acer guntara says

    apa atuh yang enggak ada di bandung…

    1. Aneka Wisata says

      Bandung memang top banget dan lengkap wisatanya dari alam, kuliner, hotel, hingga wahana bermain… tapi ada satu yang gak ada, yaitu pantai… 🙂

  5. Putra says

    Lembang & bandung punya banyak alternatif wisata yang murah sehingga cocok buat tempat liburan dan buat para anak muda tentunya cocok buat eksis di sosmed

  6. Gurun S says

    Satu lagi yang ketinggalan Min.. Dago Dreampark. Kalau Admin pernah kesana, saya jamin situ bakalan simpen Dago Dreampark di posisi teratas bro. Pemandangan dan desainnya,, beuh!!!

    1. Aneka Wisata says

      Ok, makasih atas tambahan referensinya… ntar klo pas ke Bandung semoga bisa mampir… 🙂

  7. Misbah ys says

    Kapan sy bisa wisata ke sini ya?

  8. Indoartistcake says

    Catat dulu deh tempat wisata bandungnya, keren keren

Leave A Reply

Your email address will not be published.