17 Es Buah Dan Es Campur Paling Enak Di Jogja, Terkenal Segar Banget!!!

0 367

Bingung mencari kedai es di Yogyakarta? Ini daftar rekomendasi tempat makan es buah dan es campur paling enak di Jogja, terkenal segar banget! Cocok buat meredakan haus saat cuaca panas, harganya pun bersahabat alias murah meriah.

Menyusuri berbagai destinasi wisata di Jogja tentu akan membuat Anda kelelahan. Apalagi saat siang hari yang terik tentu akan membuat kerongkongan kering. Nah, untuk meredakan dahaga sekaligus mengembalikan tenaga, ada baiknya Anda mampir ke warung es berikut.

Es-Buah-Paling-Enak-Di-Jogja
Ilustrasi Es Buah Paling Enak Di Jogja

Daftar Tempat Makan Es Buah Dan Es Campur Paling Enak Di Jogja Yang Terkenal Recommended

1. Es Murni Magelang

Kedai es enak pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Es Murni Magelang di kawasan Sagan, tepatnya Jl. Prof. Herman Yohanes No.1060, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Dari Galeria Mall, arahkan kendaraan Anda ke Utara sekitar 300 meter. Di sebelah barat jalan, Anda akan menemukan tempat tersebut bersama deretan Martabak Kumkum dan Mie Bangka.

Menu yang ditawarkan Es Murni Magelang sangatlah beragam, Anda bisa menikmati aneka es segar dari mulai es cincau, es dawet, es campur, es buah, es teller, es doger, es durian, sop buah, es burjo, wedang bajigur, wedang angsle, es roti campur, es roti campur, es lidah buaya, hingga es plered.

Tak hanya es segar, berbagai makanan enak pun tersedia di sini seperti mie ayam, bakso, nasi timlo, pempek kapal selam, batagor, siomay, gado-gado, nasi rawon, nasi pecel, dan roti panggang. Pas banget deh buat mengobati rasa haus dan lapar dikala siang atau pun malam hari.

Alamat / Lokasi : Jl. Prof. Herman Yohanes No.1060, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 09.30 – 21.30 WIB
Harga : 13 – 21 ribu rupiah

2. Es Buah PK

Meskipun hanya berupa tenda kaki lima sederhana, kesegaran Es Buah PK patut Anda coba. Pasalnya, warung legendaris yang konon berdiri sejak tahun 1973 ini selalu ramai pembeli. Bahkan bisa dibilang menjadi salah satu ikon kuliner Jogja khusus untuk kategori jajanan street food.

Semangkok Es Buah PK berisi nangka, nanas, cincau hitam, sawo, kelapa muda, susu coklat, serutan es, dan sirup manis. Rasa segar dari berbagai macam buah berpadu dengan dinginnya es serut dan sirup yang tak terlalu manis. Maknyus banget gaes! Oya, jangan lupa cobain juga bakso daging sapi khas Es Buah PK, rasanya enak menggoyang lidah.

Alamat / Lokasi : Jl. Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 09.00 – 18.00 WIB
Harga : Rp.10.000,- per porsi

3. Es Cepot

 

View this post on Instagram

 

A post shared by maem mimik (@maemmimik) on

Es Cepot termasuk salah satu tempat makan es paling enak di Jogja yang cukup populer. Meskipun hanya sebatas kedai es pinggir jalan alias kaki lima, namun bisa dibilang rasa esnya “bintang lima”. Di sini, Anda bisa menikmati aneka es seperti es teller, es campur, es buah, es alpukat, dan es kelamud (kelapa muda).

Seporsi es buah di warung Es Cepot berisi alpukat, kolang-kaling, cincau, kelapa muda, susu putih dan sirup strawberry. Rasanya sungguh menyegarkan dengan komposisi pas, tak terlalu manis. Salah satu menu paling favorit berupa Es Cepot Sirup Frambozen, terdiri dari campuran alpukat, jelly, cincau hingga kelapa muda.

Alamat / Lokasi : Jl. Cocakrowo, Demangan Baru, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 09.00 – 18.00 WIB
Harga : sekitar 10 ribu rupiah per porsi

4. Es Buah Pak Lantip / Es Buah Gerjen Keraton Yogyakarta


Seperti halnya Es Buah PK, warung Es Buah Pak Lantip juga cukup melegenda di kalangan warga Yogyakarta. Rasanya yang khas menyegarkan, membuat kedai ini selalu ramai didatangi pembeli. Seporsinya terdiri dari cincau, kolang-kaling, kelapa muda, tape singkong, alpukat, nangka, sawo, melon, es gosrok / serut, susu cokelat, dan pemanis dari gula jawa / putih.

Es Buah Pak Lantip dikenal juga dengan nama Es Buah Gerjen Keraton Yogyakarta. Kedai ini berdiri sejak tahun 1985, lama banget bukan? Dengan porsi lumayan banyak, Anda bakal merasa kenyang setelah melahap semangkok es buah segar buatan Pak Lantip.

Alamat / Lokasi : Jl. Nyai Ahmad Dahlan No.58-62, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 10.00 – 17.00 WIB
Harga : Rp.8.000,-

5. Es Teler Soekonandi

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Es Teler & Brongkos Soekonandi (@es_teler_brongkos_soekonandi) on

Bingung mencari kedai es teler Jogja yang enak dan segar? Datang saja ke Es Teler Soekonandi di Jl. Sukonendi No.21, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Dulu, warung ini terkenal dengan nama Es Teler Kridosono, lalu pindah ke lokasi baru di kawasan Soekonandi.

Suasana kedai ini lumayan asik buat nongkrong atau pun santai, recommended juga buat tempat buka puasa di Jogja karena buka hingga malam hari. Menikmati seporsi es teler berisi nangka, alupkat, dan kelapa untuk berbuka puasa tentu sangat menyegarkan. Apalagi setelah seharian menahan haus dan lapar.

Alamat / Lokasi : Jl. Sukonendi No.21, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 09.00 – 22.00 WIB
Harga : sekitar Rp.11.500,- per porsi

Baca Juga :

6. Es Doger Balai Yasa

 

View this post on Instagram

 

A post shared by JOGJA 📍|| THOMAS W (@streetfoodstories) on

Kesegaran Es Doger Balai Yasa cukup terkenal dikalangan anak muda, terutama pelajar / mahasiswa. Meskipun hanya berjualan memakai gerobak, namun kelezatan racikan es doger di sini benar-benar top markotop.

Segelas Es Doger Balai Yasa berisi agar-agar hijau, jenang mutiara, ketan hitam, buah alpukat, potongan roti tawar, es serut, sirup merah, dan susu cokelat. Rasa manis, segar, dan kenyang akan Anda dapatkan setelah menyantap segelas es doger. Tak hanya es doger, Anda juga bisa menikmati es campur dan es dawet.

Alamat / Lokasi : Jl. Kusbini, Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 08.00 – 17.00 WIB
Harga : Rp.10.000,- per porsi

7. Rujak Es Krim Pak Nardi Pakualaman

 

View this post on Instagram

 

A post shared by DOYAN MAKAN || FOODIES I.D 🇮🇩 (@hobbykulinerr) on

Rujak es krim beberapa tahun belakangan ini sedang hits di Yogyakarta. Rasa segar, asam, manis, pedas, dan dingin berpadu menjadi satu, menjadikan rujak es krim ini lezat maksimal. Nah, salah satu penjual rujak es krim yang populer adalah Pak Nardi.

Satu porsi rujak es krim di sini berisi berbagai buah yang telah dipotong, bumbu rujak manis pedas, dan es krim. Pak Nardi menjajakan dagangannya memakai gerobak biasa di sekitar Pakualaman. Harga satu porsi dibanderol sekitar 6 ribu rupiah. Namun, kini kabarnya Pak Nardi sudah digantikan oleh anaknya dalam berjualan karena beliau sudah tua.

Alamat / Lokasi : Jl. Harjowinatan No.2, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
Harga : Rp.6.000,-

8. Es Jaipong Mang Rasta

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KULINER JOGJA | YOGYAKARTA (@eatventure.inc) on

Gak kalah segar dengan es lainnya, Es Jaipong Mang Rasta juga layak Anda cobain untuk menghilangkan dahaga saat siang hari. Dalam satu porsinya terdapat mutiara, agar-agar, cincau, nangka, roti, candil, kuah santan, dan gula cair sebagai pemanisnya. Rasa dingin dan manis Es Jaipong bakal membuat Anda fresh kembali.

Alamat / Lokasi : Jl. KH. Ali Maksum, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
Harga : Rp.3.000,-

9. Es Gosrok Jadul

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Indonesia Food | Kuliner Jogja (@gembulfoodie) on

Buat Anda yang kangen akan jajanan tradisional, bisa mampir ke kedai Es Gosrok Jadul Jalan Abu Bakar Ali, Kotabaru, Yogyakarta. Segelas es gosrok manis dengan bahan campuran santan, kelapa, dan tape akan dapat menyegarkan kerongkongan Anda saat cuaca panas terik. Harganya murah meriah banget, satu porsi hanya sekitar 3 – 5 ribu rupiah. Bisa juga Anda tambahkan roti saat menyantapnya, maknyus gaes!

Alamat / Lokasi : Jalan Abu Bakar Ali, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 10.00 – 15.00 WIB
Harga : sekitar 3 – 5 ribu rupiah

10. Es Degan Tape / Es Campur Warung Handayani

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KULINER JOGJA (@kulinerjogja) on

Warung Handayani termasuk salah satu tempat makan enak di Jogja dengan menu utama brongkos. Selain terkenal akan kelezatan brongkosnya, warung ini juga punya sajian Es Degan Tape (Es Campur) yang patut dicoba. Perpaduan antara kelapa muda, tape, sirup, susu, dan es batu menyuguhkan sensasi rasa manis dan segar. Gak percaya? Cobain saja sendiri, sekali minum kemungkinan Anda akan pengen lagi dan lagi, bikin nagih!

Alamat / Lokasi : Jl. Gading No. 2, Patehan, Kraton, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 08.00 – 19.00 WIB
Harga : Rp.7.000,-

11. Kedai Es Pak Ndut

 

View this post on Instagram

 

A post shared by octarini mayyasari (@rinnimayyasari) on

Seperti halnya warung Es Murni Magelang, Kedai Es Pak Ndut juga menawarkan aneka es enak dan segar seperti es durian, es teler, es campur, es alpukat, jus buah, serta sop buah. Lokasinya di daerah Nologaten dekat Outlet Biru.

Alamat / Lokasi : Jalan Wahid Hasyim #113, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 09.00 – 23.00 WIB
Harga :

12. Dapur Mpok Duren

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #dolandanjajan 📍 JKT – YK (@dolandanjajan) on

Buat Anda penyuka buah durian, Dapur Mpok Duren bisa menjadi pilihan tepat untuk dikunjungi. Di sini, Anda bakal disuguhi aneka es durian seperti Mpok Original, Mpok Pandan, Mpok Berry, Mpok Oreo, Mpok Choco White, Mpok Camcao, Mpok Choco, Mpok Brownies, Mpok Avocado, Mpok Chesse, Mpok Cokkies, Mpok Bronchesse, Mpok Chessepan, dan Mpok Puding.

Perpaduan buah durian manis, es batu, dan bahan-bahan lainnya sangat enak di mulut, benar-benar segar bikin fresh saat siang hari yang panas. Cabang Dapur Mpok Duren juga sudah lumayan banyak, jadi Anda bisa memilih outlet sesuai lokasi paling dekat. Harganya gak mahal-mahal banget kok, masih terjangkau di kantong mahasiswa.

Alamat / Lokasi Dan Jam Buka Dapur Mpok Duren :

  • Jl. KH Wahid Hasyim No.25, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta (10.45 – 18.00 WIB)
  • Jl. Pandega Marta No.78, Pogung Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta (12.30 – 21.00 WIB)
  • Jl. Selokan Mataram, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta (12.30 – 21.00 WIB)
  • Jl. Glagahsari No.98, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta (11.15 – 20.00 WIB)

13. Mendem Duren

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kuliner Jogja | #JogjaCulinary (@jogjaculinary) on

Satu lagi kedai es khusus menu buah durian, yaitu Mendem Duren. Anda bisa merasakan berbagai toping duren dan campuran bahan lainnya seperti kacang merah, roti, topping kacang, degan (kelapa), milo cereal, mutiara, dan kacang hijau. Tersedia juga jus duren yang enak dan segar. Harganya bervariasi tergantung isi duriannya, sekitar 16 – 21 ribu rupiah per porsi.

Alamat / Lokasi Dan Jam Buka Kedai Mendem Duren :

  • Jalan Nangka 2 No.199, Karangnongko, Maguwoharjo Depok, Jam Buka : Pukul 10.00 – 16.00 WIB
  • Jalan Gejayan (Halaman Movie Box), Jam Buka : Pukul 09.00 – 22.00 WIB
  • Jalan Kaliurang (Halaman Putera Kampus), Jam Buka : Pukul 13.00 – 21.00 WIB
  • Jalan Laksda Adisutjipto (400m Timur AMPLAZ), Jam Buka : Pukul 10.00 – 23.00 WIB
  • Jalan Godean (Depan GIANT), Jam Buka : Pukul 08.00 – 21.00 WIB

14. Mangkok Kelapa Cream And Fruit

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MANGKOK KELAPA JOGJAKARTA (@mangkok_kelapa) on

Anda penggemar es krim? Kalau iya, wajib deh mampir ke kedai Mangkok Kelapa Cream And Fruit. Di sini, Anda akan menemukan menu unik berupa es krim dalam batok kelapa. Varian es krimnya pun banyak pilihan dari mulai green tea, buble gum, vanilla, cokelat, stroberi hingga durian.

Tak hanya itu, toping es krimnya benar-benar top markotop, ada 30 kombinasi yang terdiri dari kit kat, pudding, marshmallow, mochi, almond, alpukat, kiwi, anggur, dan rambutan. Bikin ngiler bukan? Dengan rasa lezat dan harga relatif murah, pantas rasanya memasukkan kedai ini ke dalam daftar tempat makan es krim paling enak di Jogja yang recommended.

Alamat / Lokasi : Jl. Seturan Raya No.189, Ngropoh, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta (Pintu Timur UPN Jogja)
Jam Buka : Pukul 10.00 – 24.00 WIB
Harga : 14 – 18 ribu rupiah

15. Es Murni 83 Tukangan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rumah Makan Murni83 Yogyakarta (@rm_murni83) on

Warung Es Murni 83 Tukangan nampaknya perlu Anda kunjungi saat cuaca panas. Pasalnya, rumah makan legendaris yang berdiri sejak tahun 1978 ini menyediakan aneka menu es segar seperti es campur, es teler, es roti, es burjo, sop buah, es klamud (kelapa muda), dan es dawet.

Perpaduan alpukat, nangka, tape ketan hijau, kelapa muda, kolang kaling, cingcau, dan santan begitu pas, sehingga membuat es campurnya terasa enak di lidah. Pas banget buat melegakan kerongkongan kering akibat kehausan saat siang hari. Selain es, menu andalan warung ini adalah beef steak.

Alamat / Lokasi : Jl. Tukangan No.45, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 09.00 – 20.30 WIB
Harga : 7 – 15 ribu rupiah

16. Rumah Makan Es Eny

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Shafira Rizqyta AP (@_rlashafira) on

Tempat makan es enak di Jogja selanjutnya adalah Rumah Makan Es Eny. Menu es di sini memiliki nama cukup romantis, dari mulai Es Jatuh Cinta, Es Pasir Putih, Es Mesra, hingga Es Lautan Hati. Tak hanya es, makanan enak lain pun bisa Anda jumpai, misalnya steak ayam, bakso kangen, siomay, dan lain sebagainya.

Alamat / Lokasi : Jl. AM. Sangaji No.23, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 09.00 – 21.00 WIB
Harga :

17. Es Oyen Madona Bandung

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ᴋᴜʟɪɴᴇʀ ᴊᴏɢᴊᴀᴋᴀʀᴛᴀ (@jogjabikinlaper) on

Es Oyen termasuk salah satu kuliner Bandung yang cukup populer di Yogyakarta. Seperti halnya es teler, es oyen terdiri dari berbagai macam campuran seperti buah alpukat, kelapa, nangka, mutiara, dan durian. Rasa manis dan segar akan segera Anda rasakan begitu mencicipinya. Cocok banget disantap ketika siang hari yang panas.

Alamat / Lokasi : Jl. Babarsari No.1, Tambak Bayan, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 10.00 – 19.00 WIB
Harga : sekitar 5 – 10 ribu rupiah

Bagaimana sobat traveler? Segar dan menggugah selera bukan? Pas banget buat mengobati rasa haus saat cuaca panas dan terik. Nah, buat Anda yang punya info kedai es enak di Jogja lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.