10 Spot Foto Kece Dan Wahana Jembatan Surga Di Pule Payung Kulon Progo Jogja

Pule Payung Jogja – Sobat traveler, inilah daftar spot foto kece nan instagramable dan wahana jembatan surga yang lagi hits di Bukit Pule Payung Wisata Alam Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Lengkap dengan harga tiket masuk-nya dan gambar terbaru dari mulai spot angkasa, lolipop, wolu, sky bike, sky swing, hingga kursi langit ada semua di sini.

Kota Yogyakarta dan sekitarnya seakan tak ada habisnya memunculkan tempat-tempat indah kekinian untuk memanjakan para wisatawan. Salah satu destinasi wisata Jogja terbaru yang saat ini lagi hits adalah Pule Payung Wisata Alam. Nah, kira-kira ada apa saja ya di sini? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pule-Payung-Jogja
Ilustrasi Pule Payung Wisata Alam Kulon Progo Jogja (Foto : via pesonapulepayung.com)

Daftar Spot Foto Kece Dan Wahana Jembatan Surga Di Pule Payung Kulon Progo Jogja

Tak kalah indah dengan kawasan hutan pinus Jogja yang berada di Dlingo, Kabupaten Bantul, wilayah Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh juga layak dikembangkan sebagai objek wisata. Perpaduan bukit hijau, danau, dan langit biru membentuk sebuah panorama alam nan eksotis. Pas banget buat latar berfoto kekinian ala anak-anak IG (baca : instagram).

Melihat potensi alam tersebut, akhirnya didirikan sebuah tempat wisata bagus bernama Pule Payung Wisata Alam. Tema yang diambil berupa spot foto kekinian dengan memadukan lingkungan sekitar. Berikut review singkatnya.

1. Spot Angkasa

Spot Angkasa
Spot Angkasa (Foto : via pesonapulepayung.com)

Spot Angkasa memiliki luas 8 x 21 meter persegi, bisa dibilang termasuk spot terluas di Pule Payung. Bahkan bisa menampung 100 orang sekaligus. Spot ini lumayan tinggi sehingga pesisir selatan pun konon bisa terlihat dari sini.

Spot Angkasa memiliki sejumlah properti tambahan untuk berfoto yaitu kursi dan meja. Jadi, Anda dapat melakukan pose selfie seolah-olah sedang duduk menikmati secangkir teh hangat dari ketinggian. Panorama Perbukitan Menoreh, Waduk Sermo, dan langit biru akan semakin menambah cantik hasil bidikan kamera Anda.

2. Spot Lolipop

Spot Lolipop
Spot Lolipop (Foto : via pesonapulepayung.com)

Spot foto yang satu ini terbilang unik lantaran berbentuk mirip permen lolipop. Ketinggiannya juga sejajar dengan tanah sehingga cukup aman buat anak-anak tanpa harus naik tangga. Viewnya bagaimana? Tentu saja sama indahnya bila dibandingkan dengan spot lain. Hamparan pepohonan hijau dan Waduk Sermo bisa Anda lihat dari spot ini.

3. Spot Wolu

Spot Wolu
Spot Wolu (Foto : via pesonapulepayung.com)

Spot Wolu ini mirip dengan Spot Bundar yang ada di wisata alam Kalibiru Kulon Progo, perbedaannya terletak pada bentuk pijakannya. Bentuk pijakan spot ini berupa segi banyak beraturan, bukan lingkaran. Ketinggiannya mencapai meter jika diukur dari pondasi bagian bawah.

Dari atas Spot Wolu, Anda dapat berfoto dengan latar Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo. Kapasitas pijakannya bisa menampung sekitar 7 orang, tapi dengan berat badan standar ya gaes, hehe. Harga tiket untuk berfoto di sini sebesar 15 ribu rupiah per orang.

4. Spot Jembatan Surga

Spot Jembatan Surga
Spot Jembatan Surga (Foto : via pesonapulepayung.com)

Sesuai dengan namanya, spot ini berupa jembatan yang lumayan panjang dengan daya tampung 50 orang. Dinamakan Jembatan Surga tentu saja karena pemandangan alam di tempat ini sangatlah indah. Lukisan alam berupa Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo dari ketinggian bisa Anda nikmati saat naik ke jembatan.

Tersedia juga properti sepeda motor DKW yang dapat dijadikan pelengkap dalam berfoto. Keren deh pokoknya, belum kekinian namanya kalau Anda tak menyempatkan foto disini. Berkat viralnya Jembatan Syurga dikalangan netizen, Pule Payung kini menjadi destinasi wisata Kulon Progo yang ramai dikunjungi wisatawan.

5. Flying Fox

Flying Fox
Flying Fox (Foto : via pesonapulepayung.com)

Wahana permainan Flying Fox tentu sudah tak asing lagi ditelinga Anda bukan? Dengan menaiki wahana ini, Anda akan meluncur ke bawah melalui sebuah tali dari ketinggian. Tak usah kuatir tentang keselamatan karena Anda akan dibekali tali pengaman.

Selain dapat memacu adrenalin, meluncur deras sejauh 100 meter sambil menyaksikan kecantikan Bukit Menoreh dan Waduk Sermo tentu akan menjadi pengalaman menyenangkan. Harga tiket Flying Fox dibanderol sebesar 30 ribu rupiah per orang.

Baca Juga :

6. Spot Sepeda Langit / Sky Bike / Zip Bike

Spot Sepeda Langit
Spot Sepeda Langit (Foto : via pesonapulepayung.com)

Pada awalnya, Sepeda Langit atau Sky Bike dikenal sebagai salah satu wahana di Dago Dream Park dan The Lodge Maribaya Bandung. Namun, kini wahana tersebut telah hadir di Pule Payung Kulon Progo sehingga buat warga Yogyakarta dan sekitarnya, tak usah lagi jauh-jauh datang ke sana. Cukup mampir ke Pule Payung, Anda akan mendapatkan foto kekinian yang sama bagusnya.

Sesuai dengan namanya, spot Sepeda Langit memberikan kesempatan pengunjung untuk mengayuh sepeda di ketinggian. Tak usah kuatir soal keselamatan, Anda akan dibekali alat pengaman saat mengayuhnya. Dengan naik ke atas Sepeda Langit, Anda bisa mendapatkan spot foto terbaik dengan background Waduk Sermo nan eksotis..

7. Ayunan Langit / Sky Swing

A post shared by @yoandano on

Ayunan ini sebenarnya tidak terlau tinggi, hanya saja lokasinya berada pada area ketinggian sehingga bisa melihat landscape Bukit Hijau Menoreh dan Waduk Sermo. Meskipun tak terlalu ekstrim seperti halnya Zen Hideaway Ubud Swing di Bali, Anda tetap dapat berfoto seolah-olah sedang berayun di udara pada ketinggian tertentu.

8. Kursi Langit / Kursi Gantung

A post shared by MODAL RANSEL (@haidar.effendi) on

Sesuai namanya, spot foto Kursi Langit ini berupa sebuah kursi mirip ayunan yang digantung pada sebuah tiang. Latar bagian belakangnya sangat cantik! Perpaduan angkasa biru, bukit hijau, dan danau buatan menjadikan Anda seakan-akan sedang menaiki kursi melayang di udara.

9. Gazebo

Gazebo
Gazebo (Foto : via pesonapulepayung.com)

Bukan hanya sebagai tempat beristirahat sejenak, gazebo Pule Payung juga bagus lho buat berfoto. Terbuat dari kayu dengan cat berwarna cokelat membuat penampilan gazebo tampak fotogenik. Anda bisa berfoto bersama keluarga atau sahabat sambil duduk-duduk santai di sini.

10. Tempat Bersantai

Tempat duduk bersantai
Tempat duduk bersantai (Foto : via pesonapulepayung.com)

Mirip sengan gazebo, Tempat Bersantai ini juga lumayan bagus buat foto. Tapi, daya tampungnya sekitar 2 orang saja. Cocok buat tempat selfie berdua dengan istri tercinta.

Baca Juga :

Lokasi Dan Alamat Pule Payung Wisata Alam

Alamat Bukit Wisata Pule Payung terletak di Dusun Suropati, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi D.I. Yogyakarta. Lokasinya berada pada ketinggian sekitar 500 mdpl sehingga memungkinkan melihat panorama alam indah di bawahnya yang penuh dengan pepohonan hijau. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat peta lokasi Google Map berikut.

Rute Jalan Menuju Ke Pule Payung Wisata Alam

Bukit Wisata Alam Pule Payung letaknya tak begitu jauh dari kawasan Kalibiru, sekitar 1 km ke arah Waduk Sermo. Jadi, jika Anda ingin berkunjung ke Pule Payung, bisa menggunakan rute jalan yang sama menuju ke arah Kalibiru.

Rute 1 :

  • Dari Kota Yogyakarta, Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan ke arah Barat menuju Jl. Jogja – Wates. Ikuti jalan ini hingga perempatan Sentolo.
  • Setelah sampai dii perempatan Sentolo, Anda belok kanan lalu lurus terus hingga lampu merah Pengasih. Dari lampu merah, jalan lurus sekitar 500 meter lalu belok ke kanan menuju Pasar Celereng.
  • Setelah sampai di Pasar Celereng, Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan ke arah Pule Payung. Dari pasar ini, Anda akan melalui jalan berkelok dan tanjakan curam sehingga harus memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Jika kuatir tak kuat menanjak, Anda bisa menyewa mobil jeep atau sepeda motor menuju ke lokasi.

Rute 2 :

  • Rute kedua ini sama seperti rute pertama tadi, perbedaan jalurnya dimulai ketika sampau perempatan lampu merah Pengasih. Dari lampu merah Pengasih, Anda lurus terus hingga bertemu perempatan Waduk Sermo.
  • Setelah sampai di perempatan Waduk Sermo, Anda belok kanan memasuki kawasan wisata Waduk Sermo. Jika ada waktu, Anda bisa berhenti sejenak menikmati keindahan danau buatan ini.
  • Di dalam area Waduk Sermo biasanya sudah ada petugas atau pun papan petunjuk jalan ke Pule Payung. Jika tak ketemu, Anda bisa bertanya ke warga setempat tentang rute jalan menuju Pule Payung Wisata Alam.

Harga Tiket Masuk Pule Payung Wisata Alam

Untuk memasuki objek wisata Pule Payung Wisata Alam, Anda akan dikenakan tarif sebesar 5 ribu rupiah per orang. Lumayan murah meriah bukan? Namun, Anda masih harus membayar lagi saat memakai spot di sini. Berikut daftar harga tiket masuk spot foto dan wahana Pule Payung.

  • Spot Angkasa : Rp.15.000,-
  • Spot Lolipop : Rp.10.000,-
  • Spot Wolu : Rp.15.000,-
  • Spot Jembatan Surga : Rp.10.000,-
  • Flying Fox : Rp.30.000,-
  • Spot Sepeda Langit : Rp.25.000,-

Fasilitas Yang Tersedia Di Pule Payung Wisata Alam

Fasilitas di Pule Payung
Ilustrasi Fasilitas Pendopo di Pule Payung (Foto : via pesonapulepayung.com)

Selain spot foto, Pule Payung memiliki sejumlah fasilitas umum lainnya yang terbilang lengkap seperti area parkir, warung makanan dan minuman, mushola, gazebo, pendopo, homestay, toilet, dan area outbond / kemah (camping).

Tips Berkunjung Ke Pule Payung Wisata Alam

Sebelum berkunjung ke Pule Payung, ada baiknya Anda membaca beberapa tips wisata berikut agar perjalanan dan aktivitas Anda di sana berjalan dengan lancar.

  • Pastikan hafal rute jalan agar bisa sampai tepat waktu di lokasi. Lama perjalanan dari Kota Yogyakarta sekitar 1,5 – 2 jam. Anda bisa membawa smartphone dan buka Google Map untuk membantu dalam menentukan jalan. Jangan malu bertanya jika Anda tersesat ya gaes!
  • Pilih waktu kunjungan saat cuaca cerah. Daya tarik utama Pule Payung adalah spot foto outdoor kekinian dengan latar pemandangan alam eksotik. Untuk menghasilkan foto bagus dan keren, tentu membutuhkan pencahayaan yang bagus bukan? Apabila matahari bersinar terang, Anda akan lebih mudah menghasilkan gambar bagus.
  • Pakailah pakaian kasual yang modis. Kawasan wisata Pule Payung Jogja ini berupa perbukitan. Dengan memakai pakaian kasual, Anda akan lebih mudah bergerak tanpa terjatuh dan tetap bisa tampil bagus di depan kamera.
  • Pastikan kondisi motor / mobil Anda dalam keadaan prima layak jalan. Rute jalan menuju Pule Payung berbelok-belok dan menanjak. Oleh karena itu, Anda harus memakai kendaraan yang kuat jalan di tanjakan serta tidak kelebihan muatan.
  • Bawalah topi dan kacamata untuk melindungi tubuh dari sinar matahari.
  • Bawalah kamera / handphone terbaik Anda untuk mengambil gambar saat selfie.

Demikianlah review singkat tentang spot foto kekinian yang lagi ngehits di Pule Payung Wisata Alam Kulon Progo. Apabila Anda punya informasi tambahan lain, bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungan Anda di blog wisata ini, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.