10 Tempat Makan Enak Dan Murah Dekat Stasiun Lempuyangan Jogja Yang Wajib Dicoba

0 245

Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan – Bingung mencari tempat wisata kuliner enak dekat Stasiun Lempuyangan Jogja? Inilah daftar rekomendasi tempat makan enak dan murah di sekitar Stasiun Lempuyangan Yogyakarta yang wajib dicoba. Mulai dari makanan street food kaki lima pinggir jalan hingga restoran legendaris ada semua di sini.

Stasiun Lempuyangan merupakan salah satu stasiun kereta api tertua di Yogyakarta. Kabarnya, stasiun ini telah beroperasi sejak tahun 1872 dan sekarang menjadi stasiun kedua setelah Stasiun Tugu. Meskipun bukan sebagai stasiun utama, namun peranannya cukup strategis karena semua kereta api jalur selatan dari atau menuju ke Jawa Timur akan melawati stasiun ini.

Saat ini, Stasiun Lempuyangan melayani kereta api kelas ekonomi dan lokal Prameks (Prambanan Ekspress). Hampir setiap hari, kesibukan terlihat di stasiun ini. Seperti stasiun pada umumnya, di dalam atau pun di sekitar stasiun cukup banyak para pedagang makanan dan minuman. Nah, buat Anda yang kebetulan sedang kelaparan saat singgah di sini, berikut rekomendasi tempat wisata kuliner Jogja yang enak dan murah di sekitar Stasiun Lempuyangan.

tempat-makan-dekat-Stasiun-Lempuyangan-Jogja
Ilustrasi tempat makan dekat Stasiun Lempuyangan Jogja

Daftar Tempat Makan Enak Dan Murah Dekat Stasiun Lempuyangan Jogja Yang Wajib Dicoba

1. Lotek Dan Gado-Gado Teteg

Tempat makan dekat Stasiun Lempuyangan pertama yang bisa Anda datangi adalah Lotek Dan Gado-Gado Teteg. Lokasinya sekitar 500 meter sebelah timur stasiun, tepatnya di Jalan Argolubang No. 184, Baciro, Gondokusuman, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Lotek Teteg cukup terkenal di kalangan warga Jogja sebagai tempat sarapan pagi atau pun makan siang. Warung ini biasanya ramai menjelang jam istiahat kantor (pertengahan hari). Ada 2 menu utama yang disajikan di sini, yaitu lotek dan gado-gado.

Ciri khas lotek ini berupa pemakaian cobek ukuran jumbo yang kabarnya mampu membuat 80 porsi sekaligus. Tak hanya itu, lotek Teteg juga memiliki cita rasa enak dengan porsi banyak sehingga mungkin akan membuat perut kenyang sepanjang hari. Harga seporsinya sekitar 15 – 16 ribu rupiah.

Lotek sendiri sebenarnya dikenal sebagai makanan khas Bandung Jawa Barat. Biasanya seporsi lotek berisi rebusan sayuran hijau segar seperti bayam, kecambah, dan kacang panjang, ketupat, tomat, lalu dicampur dengan bumbu kacang kemudian di beri toping kerupuk, serta taburan bawang goreng.

2. Warung Ijo

Masih berada satu lokasi dengan Lotek Teteg yaitu sebelah timurnya, ada Warung Ijo yang siap memanjakan lidah Anda dengan menu masakan rumahan khas Jawa. Di sana, tersedia berbagai sayuran hingga lauk mulai dari brongkos, mangut, trancam, telur bacem, lodeh, oseng tempe lombok ijo, sayur bayam, sop, semur telur, pindang, pepes, ayam bacem, tahu-tempe bacem, peyek teri, jengkol, serta buntel.

Pilihan nasinya ada 2 macam, yaitu nasi putih dan masih merah. Untuk harganya cukup murah meriah sekitar 10 – 20 ribu rupiah, tergantung lauk. Alamat lengkap Warung Ijo Lempuyangan terletak di Depan Pom Bensin, Jl. Argolubang, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 06.00 – 15.00 WIB (Sabtu & Minggu tutup).

3. Warung Makan Cak Koting

Bagi Anda penggemar menu penyetan, Warung Makan Cak Koting bisa menjadi pilihan saat kulineran sekitar Stasiun Lempuyangan dengan harga murah terjangkau. Alamatnya terletak di Jl. Doktor Sutomo No.57, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 23.00 WIB.

Mirip dengan warung penyetan pada umumnya, di sini tersedia olahan lauk goreng atau pun bakar, seperti bebek, burung dara, ayam, lele, nila, gurameh, dan daging sapi. Sebagai pelengkap, ada juga cah kangkung, tempe, tahu, terong, pete, lalapan, serta sambal. Untuk menu unggulan berupa olahan bebek goreng yang konon kabarnya begitu gurih bertekstur empuk tanpa bau amis.

4. Rumah Makan Es Murni 83 Tukangan

Rumah Makan Murni 83 atau Es Murni 83 Tukangan termasuk salah satu tempat makan enak di Jogja yang legendaris sejak tahun 1978. Menu unggulannya berupa aneka es segar, lontong opor, dan bistik. Ruangannya memang sederhana, tapi sajian makanan di sini terbilang lezat. Berani deh diadu dengan restoran mewah kekinian yang kini sedang menjamur.

Menu lengkap RM Murni 83 antara lain bistik, tempura, pempek, bakso kuah, gado-gado, nasi pecel, bakmoy, bubur ayam, nasi garang asem ayam, nasi goreng ayam, nasi goreng special, nasi goreng sapi, es teler, es campur, es roti, es burjo, es klamud susu, es buah, es sup buah, es dawet, es tape, es milo, es jeruk, dan es teh.

Range harga makanan / minuman dibanderol sekitar 5 – 17 ribu rupiah. Lokasi RM Murni 83 berada di Jl. Tukangan No.45, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. Dari Stasiun Lempuyangan, Anda tinggal lurus mentok ke barat hingga perlintasan kereta api. Dari sana, Anda tinggal berjalan ke arah selatan beberapa meter. Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.30 WIB.

5. Sate Ayam Tukangan

Tak jauh dari RM Murni 83 (sekitar 25 meter ke arah selatan), terdapat penjual sate ayam legendaris kaki lima yang enak dan murah. Namanya, Sate Ayam Tukangan. Lapak penjual sate ayam ini sangatlah sederhana, hanya berupa pikulan pinggir jalan, tak ada tikar untuk pembeli, kursi pun hanya beberapa saja.

Tapi, cita rasanya sungguh lezat menggoyang lidah. Terbukti, menurut info beberapa food blogger, dalam hitungan jam dagangannya langsung ludes. Seporsi satenya berisi sate ayam, lontong, irisan bawang merah, sambal, dan siraman bumbu kacang. Bumbu kacangnya pekat, berpadu gurih manis dengan empuknya daging ayam.

Lokasi / alamat Sate Ayam Tukangan terletak di Jl. Tukangan, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 17.00 – 21.00 WIB. Agar tidak kehabisan dan tanpa antri lama, sebaiknya Anda datang lebih awal sebelum buka. Harga satu porsinya dibanderol sekitar 17 ribu rupiah.

Baca Juga : Kuliner Malioboro Yang Enak Dan Murah Meriah

6. Soto Ayam Pak Gareng

Soto merupakan hidangan Nusantara yang begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hampir setiap daerah punya racikan soto masing-masing dengan cita rasa dan bahan berbeda-beda. Selain gurih dan manis, ciri utama soto khas Yogyakarta adalah adanya penambahan lenthok. Apa seh lenthok itu?

Lenthok termasuk salah satu makanan khas Yogyakarta berupa perkedel dari ketela yang sering ditambahkan dalam soto. Nah, bila Anda ingin menikmati soto lenthok, langsung mampir saja ke warung Soto Ayam Pak Gareng. Lokasinya hanya sekitar 400 meter sebelah selatan Stasiun Lempuyangan atau sebelah utara seberang Pasar Lempuyangan.

Seporsi Soto Ayam Pak Gareng berisi nasi, bihun, kecambah, lenthok, suwiran daging ayam, irisan daun seledri, taburan bawang goreng, dan kuah gurih nan segar. Sebagai lauk pendamping, tersedia sate ati ampela telur, gorengan, irisan jeruk nipis, kecap, serta sambal.

Harga seporsinya sekitar 12 – 15 ribu rupiah, tergantung lauk tambahan yang dimakan. Alamat lengkap Soto Ayam Pak Gareng terletak di Jl. Hayam Wuruk, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 06.00 – 12.00 WIB. Selain di Lempuyangan, Anda juga bisa menemukan Soto Pak Gareng di sebelah timur Stasiun Tugu Yogyakarta.

7. Soto Ayam Lenthok Pak Yono

Tempat makan dekat Stasiun Lempuyangan berikutnya adalah Soto Ayam Lenthok Pak Yono. Lokasinya berada di dalam Pasar Lempuyangan sebelah utara paling timur, tepatnya Jl. Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. Hampir sama seperti Soto Ayam Pak Gareng, racikan soto di sini juga memakai tambahan lenthok.

Seporsi sotonya berisi nasi, suwiran ayam, bihun putih, kecambah / tauge, seledri, tahu, lenthok, dan kuah gurih. Cocok banget buat menu sarapan pagi sebelum beraktivitas. Harganya juga murah meriah, hanya sekitar 12 ribu rupiah per porsi. Jam buka mulai pukul 06.00 WIB – habis.

8. Tongseng Pak Tumijo / Pak Tumiyo

Tak terlalu sulit mencari kuliner pagi Jogja di sekitar Stasiun Lempuyangan. Anda tinggal berjalan saja ke arah barat lalu ke selatan menuju Pasar Lempuyangan. Di pasar tradisional ini, ada banyak sekali penjual makanan yang menggelar lapaknya saat pagi hari. Satu diantaranya adalah Tongseng Pak Tumijo / Pak Tumiyo.

Pak Tumijo berjualan memakai gerobak berwarna biru dan mangkal di samping pintu masuk bagian selatan Pasar Lempuyangan. Menu yang disajikan berupa olahan kambing, seperti tongseng, sate kambing, gule kambing, dan nasi goreng kambing. Meskipun hanya memakai gerobak kaki lima, namun cita rasa masakannya terbilang enak.

Seporsi tongseng kambing Pak Tumijo berisi potongan daging kambing, irisan tomat, irisan kol, dan kuah manis gurih. Bila ingin pedas, Anda tinggal bilang ke bapaknya saat pesan, mau pedas sedang atau pedas banget. Satu porsi tongseng kambing dan sepiring nasi dibanderol seharga Rp.25.000,-. Oya, karena tak jualan minuman, sebaiknya Anda siap-siap bawa minum sendiri saat makan di sini.

9. Sate Kambing Pak Parno – Awan Setiawan

Satu lagi tempat makan di Pasar Lempuyangan yang menyediakan olahan daging kambing, yaitu Sate Kambing Pak Parno – Awan Setiawan. Lokasinya berada di halaman depan (area parkir) pasar, tepatnya Jalan Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Danurejan, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 18.00 – 00.00 WIB.

Warung Sate Kambing Pak Parno – Awan Setiawan ini termasuk spot kuliner malam di Jogja yang recommended. Pasalnya, cita rasanya satenya begitu enak dengan ukuran lumayan besar, tekstur daging empuk, dan tidak bau prengus. Kabarnya, warung ini pernah di datangi oleh Pak Bondan Winarno, seorang host acara kulineran di TV. Range harga sekitar 25 – 40 ribu rupiah.

10. Special Sambal Mentah Bu Saring

Kota Yogyakarta memang dikenal memiliki sajian makanan bercita rasa manis. Namun, bukan berarti Anda tak bisa menyantap hidangan dengan rasa asin atau pun pedas. Ada cukup banyak rumah makan di sana yang menyajikan makanan pedas, satu diantaranya adalah Special Sambal Mentah Bu Saring.

Sesuai namanya, menu unggulan warung makan ini berupa sambalnya, yaitu sambal mentah, matang, dan bawang. Sambal di sini akan disajikan bersama lalapan kacang panjang, mentimun, kol, dan lauk yang Anda pesan. Untuk lauk, tersedia tahu, tempe, ayam, bebek, ati, lele, ayam, bandeng, puyuh, ikan, iso babat, dan telur. Anda bisa memesan goreng atau pun bakar.

Sebagai warung makan penyetan, Spesial Sambal Mentah Bu Saring ini cukup nyaman untuk bersantap. Tersedia fasilitas mushola, area parkir, dan toilet. Harganya pun ramah dikantong, standar penyetan pada umumnya tapi dengan rasa enak maknyus, top markotop deh!

Lokasi / alamat Special Sambal Mentah Bu Saring terletak di Jl. Hayam Wuruk No.39 B, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.30 WIB.

Demikianlah aneka kuliner sekitar Stasiun Lempuyangan Yogyakarta yang enak dan murah meriah. Jangan lupa catat referensi di atas, siapa tahu sewaktu-waktu Anda membutuhkannya untuk sekedar sarapan, makan siang, atau pun santap malam dikala melakukan perjalanan melalui stasiun tersebut. Apabila sobat traveler punya rekomendasi lain, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.