Wisata Guci Tegal : Wahana Seru, Spot Foto Keren, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

0 544

Guci Tegal – Ingin tahu ada apa saja di Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal? Inilah review lengkap aneka wahana seru, spot foto keren, fasilitas, harga tiket masuk, lokasi / alamat, dan rute jalan menuju ke sana. Tak hanya kolam air panas, objek wisata Guci juga menyuguhkan beberapa atraksi menarik seperti menunggang kuda, sepeda terbang / sepeda udara, water park / kolam renang, spot selfie, kereta gantung, hingga pasar sayuran dan buah segar.

Siapa seh yang tak kenal dengan Pemandian Air Panas Guci? Hampir semua warga Kabupaten dan Kota Tegal tentu mengenalnya. Berada pada ketinggian sekitar 1.050 mdpl di kaki Gunung Slamet, Guci memiliki daya tarik berupa sumber air panas alami, air terjun, udara sejuk, dan panorama alam indah. Tak heran, ikon tempat wisata di Tegal ini selalu ramai penuh sesak dikunjungi wisatawan saat hari libur tiba. Bahkan, cukup banyak wisatawan luar daerah yang rela jauh-jauh datang ke sana.

Daftar Wahana Seru, Spot Foto Keren, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Taman-Wisata-Pemandian-Air-Panas-Guci-Tegal
Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal (Foto : owgs-pesonaguci.com)

Seiring dengan berjalannya waktu, Guci Tegal kini telah berkembang menjadi lebih baik. Berbagai fasilitas menarik untuk memberi kenyamanan pengunjung telah ditambahkan. Akses jalannya pun semakin mulus, meskipun tetap harus ekstra hati-hati karena kontur jalan yang berkelok-kelok dan naik turun. Nah, kira-kira seperti apa ya gambaran Guci sekarang? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Wahana Seru Dan Spot Foto Keren Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

1. Guciku Water Boom / Hot Water Boom Guciku

Kabarnya, wahana Guciku Water Boom merupakan waterboom / waterpark air panas pertama provinsi di Jawa Tengah. Lokasinya berada di Jalan Lingkar Barat menuju parkiran II objek wisata Guci. Meskipun tak seluas Jogja Bay, namun fasilitas Guciku Water Boom atau Hot Water Boom Guciku cukup lengkap.

Di sana tersedia gazebo, loker, ban pelampung, kolam rendam, ember tumpah, seluncuran, ruang bilas, flying fox, kolam renang khusus anak, hotel / villa, food court / restoran, mushola, dan ruang meeting / aula. Berendam di air panas dipegunungan dengan udara dingin tentu menjadi suatu hal yang menyenangkan, bukan?

2. Guci Ashafana – Wana Wisata Guci (WAGU)

Guci Ashafana – Wana Wisata Guci (WAGU) bisa menjadi pilihan tepat bagi keluarga yang sedang liburan di Guci. Pasalnya, tempat ini punya fasilitas lengkap mulai villa, kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, out bound, play ground, rumah pohon, resto, bumi perkemahan (camping ground), hingga Air Tejun Jedor / Curug Jedor.

Selain itu, suasananya juga nyaman dan sejuk banget. Deretan pohon pinus menjulang tinggi berpadu indah dengan kesegaran udara. Cocok banget buat menghilangkan penat akibat rutinitas sehari-hari.

3. Graha Tirta Ayu (GTA)

Wahana kolam renang Graha Tirta Ayu terletak di parkiran II objek wisata Guci. Anda dapat mengakses kolam renang ini melalui jalan setapak di sebelah pancuran 5. Di sana, tersedia satu kolam renang dewasa dan satu kolam renang untuk anak-anak.

4. Kolam Renang Duta Wisata Guci

Wahana kolam renang ini sebenarnya termasuk fasilitas dari Hotel Duta Wisata Guci. Namun, para pengunjung umum juga bisa menikmati air panas alami di kolam renang tersebut. Kolam renang Duta Wisata Guci terdiri dari satu kolam renang dewasa dan satu kolam renang untuk anak-anak.

5. Kolam Renang Barokah

Kolam renang Barokah terletak di sebelah barat Pancuran 13. Di sana, tersedia fasilitas berupa 1 kolam renang utama, 1 kolam renang anak, mushala, kamar ganti, dan kamar bilas.

6. Kolam Renang Guci Gung

Kolam renang Guci Gung berada sekitar 1 km dari jalan lingkar barat objek wisata Guci. Kolam renangnya lumayan bersih dan nyaman dengan fasilitas kolam renang untuk dewasa, kolam renang untuk anak-anak, toilet, ban pelampung, perosotan / seluncuran, gazebo, dan kursi dipinggir kolam.

7. Guci Mu

Untuk memasuki kolam renang Guci Mu, Anda akan di kenakan biaya sekitar 15 ribu rupiah. Kolamnya sendiri cukup bagus, ditengah-tengahnya ada ember tumpah dan perosotan.

8. Pemandian Tertutup

Sesuai namanya, wahana Pemandian Air Panas Tertutup berupa pemandian dengan fasilitas Bathub dalam satu kamar untuk satu orang. Di sini, pengunjung bisa berelaksasi melalui berendam di air panas alami rendah belerang. Tersedia 20 kamar dan 1 kolam renang anak. Lokasinya bersebelahan dengan Pancuran 5.

9. Sendang Kali Gung (Pancuran 13)

Sendang Kali Gung (Pancuran 13) termasuk salah satu kolam pemandian air panas utama di kawasan objek wisata Guci Tegal. Di sini, terdapat 3 kolam besar, 1 kolam kecil, dan 13 pancuran air dengan tingkat kepanasan (suhu) yang berbeda-beda. Asyiknya lagi, tak jauh dari kolam terdapat air terjun sungai Gung dengan air bersuhu dingin.

10. Sendang Pancuran 5 Pandan Sari

Sesuai namanya, kolam pemandian Sendang Pancuran 5 Pandan Sari memiliki 5 pancuran air. Kabarnya, pada musim tertentu, suhu air di dalam kolam bisa mencapai suhu sekitar 42 derajat celcius. Bukan hanya sekedar untuk relaksasi, air di sini juga katanya bisa untuk terapi pengobatan karena mengandung belerang dengan kadar aman tidak berbau menyengat.

11. The Geong

Selain kolam pemandian air panas, objek wisata Guci juga punya sejumlah wahana menarik lainnya, satu diantaranya adalah The Geong. Wahana ini berupa sepeda gantung / sepeda udara dimana pengunjung akan menaiki sebuah sepeda di atas seutas tali yang menggantung pada ketinggian tertentu. Oleh karena itu, ada yang menyebutnya sebagai sky cycling, sky bike, dan zip bike

Saat menaikinya, Anda akan melihat panorama hutan pinus dan pengunungan nan indah. Anda pun dapat bergaya untuk berfoto di atas sepeda tersebut. Soal keamanan, tak usah kuatir karena setiap pengunjung yang naik The Geong akan dibekali peralatan keselamatan memadai. Oya, wahana sepeda udara ini juga bisa Anda jumpai pada The Lodge Maribaya, Dago Dream Park, dan Batu Flower Garden.

12. The Baron Hill of Guci

Untuk mengakomodir trend kekinian para wisatawan yang suka berfoto, maka objek wisata Guci menambah satu lagi wahana khusus bernama The Baron Hill of Guci. Di tempat ini, Anda akan menemukan berbagai spot foto keren yang bagus sebagai latar selfie. Misalnya : balon udara, rumah pohon, sky swing (ayunan udara / ayunan langit), spot bunga, spot love, dan lain sebagainya.

13. Kuda Wisata

Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci memiliki area yang cukup luas dengan kontur jalan naik turun. Nah, buat Anda yang tak ingin terlalu capai saat mengelilinginya, maka bisa naik kuda wisata. Biasanya, wisatawan akan diajak berkeliling menyusuri Wana Wisata Guci hingga Desa Guci. Menikmati udara segar pegunungan sambil naik kuda tentu akan cukup mengasyikkan, bukan?

14. Jeep Wisata Adventure

Wahana seru berikutnya adalah Jeep Wisata Adventure. Anda akan diajak berkeliling memakai mobil jeep menyusuri kawasan hutan dan medan yang menantang sejauh sekitar 10 km dalam waktu kurang lebih 1,5 jam.

Sepanjang perjalanan, Anda akan bisa menikmati pemandangan alam indah sekaligus memacu adrenalin pada saat melewati rintangan. Anda juga akan dibekali dengan fasilitas pemandu wisata, helm / safety riding, dan asuransi.

15. River Tubing

Satu lagi wahana seru di kawasan objek wisata Guci yang lumayan ekstrim dapat memacu adrenalin, yaitu River Tubing. Di sini, Anda akan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan ban karet sebagai pelampung. Ada sekitar 12 jeram untuk kategori sedang. Hanyut di sungai dengan perantara ban tentu akan memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan dan berkesan.

Baca Juga :

Fasilitas Yang Tersedia Di Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Bukan hanya mempunyai wahana yang asyik buat liburan, objek wisata Guci Tegal juga punya fasilitas lengkap untuk kenyamanan pengunjung. Di sana, tersedia villa / hotel, camping ground, mushola, food court / restoran, tempat parkir, toilet, ATM center, pos kesehatan, pos informasi, dan pasar oleh-oleh dari makanan, buah, sayuran, baju, atau pun pernak-pernik kerajinan.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Harga tiket masuk ke objek wisata pemandian air panas Guci Tegal dibanderol sekitar 5 – 7 ribu rupiah per orang, cukup murah, bukan? Namun, untuk menikmati wahana di dalamnya, Anda harus mengeluarkan uang lagi. Jam buka Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB, sedangkan daftar tarif wahananya yaitu :

  • Guciku Water Boom / Hot Water Boom Guciku : Rp.35.000,- saat weekday (Senin – Jumat) dan Rp.40.000,- ketika weekend / hari libur (Sabtu – Minggu).
  • Guci Ashafana – Wana Wisata Guci (WAGU) : Rp.15.000,- (Kolam Renang).
  • Kolam Renang Graha Tirta Ayu (GTA) : Rp.15.000,- (orang dewasa) dan Rp.10.000,- (anak-anak).
  • Kolam Renang Duta Wisata Guci : Rp.25.000,- (weekday) dan Rp.35.000,- (weekend).
  • Kolam Renang Barokah : Rp.15.000 (orang dewasa) dan Rp.10.000 (anak-anak).
  • Kolam Renang Guci Gung : Rp.15.000,- (weekday) dan Rp.20.000,- (weekend).
  • Kolam Renang Guci Mu : Rp.15.000,-.
  • Pemandian Tertutup : Rp.5.000,-.
  • Sendang Kali Gung (Pancuran 13) : Rp.5.000,- (weekday) dan Rp.7.000,- (weekend / hari libur).
  • The Geong : Rp.20.000,-.
  • The Baron Hill of Guci : Rp.10.000,-.
  • Kuda Wisata : Rp.20.000 (keliling obyek wisata), Rp.50.000 (keliling objek wisata melewati Wana Wisata Guci), dan Rp 150.000 (keliling melewati Desa Guci).
  • Jeep Wisata Adventure : Rp.300.000,- / Jeep (1 Jeep 4 penumpang).

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Lokasi / Alamat objek wisata Guci terletak di sekitar kawasan Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Untuk rute jalan menuju ke sana sebenarnya cukup mudah, dari Kota Tegal, Anda lurus ke arah selatan menuju ke Slawi, lalu lurus ke selatan lagi menuju Lebaksiu hingga Pertigaan Yomani. Dari pertigaan Yomani, Anda belok kiri ke arah selatan menuju ke Bojong lalu Guci.

Sebenarnya ada beberapa rute jalan lainnya, namun rute melalui pertigaan Yomani ini bisa dibilang paling aman karena jalannya lumayan lebar dan bagus. Oleh karena kontur jalannya berkelok-kelok naik turun, sebaiknya Anda ekstra hati-hati. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima dengan rem yang berfungsi baik. Berikut ini gambar peta lokasi Desa Guci dari Google Map.

Tips Berkunjung Ke Taman Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Saat ini, objek wisata Guci (OW GUCI) memang sudah punya sejumlah wahana dan fasilitas memadai. Namun, untuk mendapatkan kenyamanan dan kelancaran saat liburan di sana, ada baiknya Anda meluangkan waktu sebentar membaca tips wisata sederhana berikut ini.

  • Datanglah saat weekday, hindari hari libur atau weekend. Pemandian air panas Guci biasanya ramai pengunjung saat hari libur panjang, seperti libur anak sekolah atau libur lebaran. Jika terlalu ramai pengunjung, tentu Anda akan membuat Anda tak nyaman, apalagi harus antri bergantian saat akan mencoba wahana.
  • Berkunjunglah pada saat cuaca cerah, hindari musim hujan karena jalanan pada umumnya licin ketika terkena air hujan.
  • Bawalah jaket atau pakaian hangat karena udara di kawasan tempat wisata Guci terbilang dingin.
  • Siapkan baju ganti dan peralatan mandi apabila Anda ingin berendam di kolam air panas.
  • Jika ingin menikmati Guci dengan tenang tanpa tergesa-gesa dikejar waktu, Anda dapat menyewa villa atau pun hotel untuk menginap beberapa hari.
  • Pastikan kondisi kendaraan Anda prima layak jalan dengan rem berfungsi dengan baik. Hal ini demi keselamatan saat berkendara, mengingat kontur jalan menuju ke objek wisata Guci berkelok-kelok dan naik turun.
  • Pakailah alas kaki yang ringan dan mudah untuk bergerak, misalnya sepatu kets.
  • Sedia payung atau jas hujan karena pada umumnya daerah pegunungan kadang sering terjadi hujan secara tiba-tiba.
  • Bawalah bekal makanan / minuman dari rumah apabila ingin lebih hemat.
  • Bawalah kamera terbaik guna mengabadikan momen liburan Anda bersama keluarga, anak-anak, sahabat / teman, saudara, maupun pasangan halal.

Demikianlah sekilas informasi tentang destinasi wisata Guci Tegal yang menyuguhkan kolam pemandian air panas, atraksi menarik, dan spot foto kekinian. Apabila sobat traveler sudah pernah datang ke sana, jangan lupa untuk berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.