Pusat Info Wisata Terlengkap

47 Tempat Wisata Alam Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

0 5,067

Tempat Wisata Alam Di Jogja – Mau liburan ke Yogyakarta? Ini daftar rekomendasi tempat wisata alam terindah dan hits di Jogja yang wajib dikunjungi. Lengkap dengan foto / gambar terbaru dari mulai hutan pinus, pantai, air terjun, gunung, hingga goa cantik.

Sebagai kota pariwisata, Yogyakarta bukan hanya menawarkan destinasi budaya, kesenian, dan kuliner, namun juga mempunyai sejumlah keindahan alam yang sangat mengagumkan. Misalnya saja, “cahaya surga” Goa Jomblang, Gunung Api Purba Nglanggeran, dan Gumuk Pasir Parangkusumo yang tak akan Anda jumpai di provinsi lain.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi info tentang sederet tempat wisata bagus bertema alam yang ada di Jogja. Saya pilihkan destinasi terbaik special buat Anda. Kira-kira apa saja ya? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut.

Daftar Tempat Wisata Alam Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

1. Puncak Becici

Mari kita awali review objek wisata alam kali ini dengan Puncak Becici di Gunungcilik RT. 07 / RW. 02, Muntuk, Dlingo, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini semakin terkenal dikalangan wisatawan setelah dikunjungi mantan presiden Amerika Serikat yaitu Barack Obama.

Puncak Becici mempunyai area hutan pinus seluas 4,4 hektar dan gardu pandang yang menyuguhkan pemandangan alam nan eksotis. Dari sini, Anda dapat menyaksikan sunset, Candi Prambanan, hingga lautan biru pantai selatan. Keren bukan?

Untuk memasuki destinasi wisata Jogja ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.2.000,-, tarif parkir roda doa Rp.2.000,-, mobil Rp.5.000,-, dan bus Rp.20.000,-. Fasilitas yang tersedia lumayan lengkap, ada mushola, area outbond, penyewaan hammock, dan toilet.

2. Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu

A post shared by Isnawi M (@isnawi12) on

Mungkin belum banyak orang yang tahu, kalau Yogyakarta ternyata punya hutan mangrove yang asyik dikunjungi untuk liburan. Namanya Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu, berlokasi di Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Selain rimbunnya pohon bakau, tempat wisata alam terbagus ini juga menyuguhkan beberapa spot foto kece yang terbuat dari bambu, seperti replika Menara Eiffel, Jembatan Bambu, pintu doraemon, spot bentuk love / emoticon hati, dan lain sebagainya.

Puas berfoto-foto, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling hutan mangrove. Mungkin sebaiknya datang ketika pagi atau menjelang sore saat matahari tak begitu menyengat. Untuk harga tiket masuk ke area wisata ini dibanderol sekitar 5 ribu rupiah per orang.

3. Lava Tour Merapi

A post shared by Muhammad Idris (@idrissaelany) on

Salah satu aktivitas favorit saat menjelajahi aneka wisata Sleman Yogyakarta adalah Lava Tour Merapi. Di sini, Anda akan diajak naik mobil Jeep untuk menyusuri bekas aliran lahar pasca letusan Gunung Merapi. Ada beberapa rute paket tour yang bisa Anda ambil. Siapkan saja budget yang banyak ya, harganya lumayan mahal.

Harga Paket Jeep Lava Tour rute pendek sekitar Rp.350.000,-/Jeep, Rute menengah Rp.450.000,-/Jeep, Rute Panjang Rp.650.000,-/Jeep. Ada juga Paket Sunrise Merapi Lava Tour seharga Rp.450.000,-/Jeep dan Paket Merapi Amazing Trip Rp.450.000,-/Jeep. Satu mobil Jeep bisa untuk 4 orang dewasa.

4. Ekowisata Jatisari Seropan 3

Kecamatan Dlingo saat ini sedang menjadi primadona tempat liburan di provinsi Yogkakarta. Ada banyak objek wisata baru yang bermunculan, salah satunya adalah Ekowisata Jatisari Seropan 3, Desa Muntuk. Selain menyuguhkan spot foto, tempat ini juga memiliki pemandangan alam perbukitan yang sangat eksotis. Harga tiket masuk sekitar 2 ribu rupiah, harga bisa berubah sewaktu-waktu.

5. Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang sudah sangat populer dikalangan pecinta alam. Daya tarik utamanya berupa hutan purba dan seberkas “cahaya surga”. Karena pintu masuk goa ini berbentuk vertikal, maka untuk memasukinya Anda harus menggunakan tali dengan metode single rope technique (SRT).

Sesampainya di bawah, Anda akan langsung disuguhi hamparan hutan purba yang berada di perut bumi. Untuk melihat “cahaya surga”, Anda harus menyusuri lorong gelap sekitar 300 meteran menuju Luweng Grubug. Disinilah, seberkas cahaya matahari menerobos masuk menyinari dasar Luweng Grubug. Cantik banget, tak salah disebut sebagai “cahaya surga”.

Biaya caving Goa Jomblang sekitar 450 ribu rupiah, sudah lengkap dengan peralatan dan pengaman untuk turun ke dalam goa seperti SRT set, coverall, sepatu boot, helm, dan headlamp. Waktu terbaik untuk berkunjung mulai pukul 10.00 – 12.00 WIB saat cuaca cerah.

6. Kedung Pedut

A post shared by Fendy Sapto (@fendys7) on

Ada banyak tempat wisata air terjun di Jogja yang bagus untuk dikunjungi, diantaranya adalah Kedung Pedut. Airnya jernih, kalau dilihat dari foto-foto yang beredar di instagram tampak berwarna hijau toska atau kebiru-biruan. Cantik banget!

Konon kabarnya, suasana sekitar curug Kedung Pedut masih alami, banyak pepohonan rindang, udara sejuk, dan masih terdengar suara kicauan burung-burung. Selain berenang, pengunjung biasanya berfoto dengan latar air terjun. Lokasinya berada di Dusun Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Harga tiket masuk sekitar 6 ribu rupiah per orang.

7. Desa Wisata Kalibiru

A post shared by Schnecke (@danielcorebima) on

Nah, kalau destinasi yang satu ini tentu Anda sudah mengenalnya bukan? Namanya Desa Wisata Kalibiru, foto-fotonya sudah banyak sekali bertebaran di internet atau media sosial. Tempat wisata alam paling indah di Jogja ini menawarkan panorama keindahan waduk sermo dari ketinggian dan spot foto rumah pohon yang kekinian.

Sepintas, keberadaannya mirip dengan The Lodge Maribaya yang merupakan ikon baru wisata Lembang Bandung. Keduanya menawarkan sebuah gardu pandang di atas sebuah pohon dengan latar pepohonan hijau. Selain selfie, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru yang memacu adrenalin seperti Flying Fox dan High Rope.

Alamat lengkap objek wisata alam Kalibiru terletak di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Harga tiket masuk sebesar 10 ribu per orang, sedangkan untuk spot foto / wahana dibanderol antara 10 – 35 ribu rupiah.

8. Gunung Api Purba Nglanggeran

A post shared by Joko Warsito (@jokowarsito) on

Selain Gunung Merapi, Yogyakarta ternyata masih punya destinasi liburan bertema alam lainnya yang tak kalah indah. Coba deh, datang ke Gunung Api Purba Nglanggeran di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Pemandangan alamnya sangat eksotis!

Anda bisa menyaksikan sunrise dan sunset terbaik di Jogja melalui puncak gunung ini. Saat malam tiba, bulan dan jutaan bintang di langit tampak begitu mempesona. Buat Anda yang suka aktivitas menantang, bisa menjajal panjat tebing atau rock climbing. Harga tiket masuk sekitar 7 ribu (siang) dan 9 ribu rupiah (malam).

9. Embung Nglanggeran

A post shared by Sewa Drone Jogja (@arsyawildanp) on

Selepas dari Gunung Nglanggeran, Anda bisa menyempatkan diri mampir ke tempat rekreasi bagus lainnya yaitu Embung Nglanggeran. Lokasinya tak begitu jauh, berjarak 2 km dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Masih satu kawasan di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

Telaga buatan ini sebenarnya berfungsi untuk sarana irigasi perkebunan / persawahan warga. Tapi, karena pemandangannya sangat ciamik, maka banyak traveler yang datang ke sini untuk sekedar foto-foto sambil menyaksikan senja sore hari.

10. Cave Tubing Goa Pindul

Anda sedang mencari wisata Jogja yang paling menarik dan menyenangkan? Cave Tubing Goa Pindul bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda akan diajak menyusuri aliran sungai dalam goa dengan menggunakan ban sebagai pelampungnya. Tak usah takut, ada pemandu yang menyertai perjalanan Anda.

Selama kurang lebih 45 menit, Anda akan merasakan sensasi menegangkan di zona terang, remang, dan gelap. Dan tentu saja, Anda akan berkesempatan melihat stalaktit terbesar ke 4 di dunia dalam Goa Pindul. Keren bukan? Harga tiketnya sebesar 35 ribu rupiah per orang. Alamatnya berada di Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul.

11. Cave Tubing Kalisuci

Selain Goa Pindul, masih ada cave tubing terbaik dan seru lainnya di Gunung Kidul, yaitu Cave Tubing Kalisuci. Anda akan diajak mengarungi aliran sungai menggunakan ban pelampung. Setiap orang yang ikut hanya diberikan satu ban dalam mobil sebagai alat bantu untuk menyusuri sungai.

Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan tebing karst khas Gunung Kidul yang diselingi pepohonan yang meranggas saat kemarau. Anda juga akan dibawa ke dalam Goa Kalisuci, sungguh akan menjadi pengalaman yang sangat berharga.

Harga cave tubingnya sendiri dibanderol sekitar 70 ribu rupiah untuk 5 orang. Lokasi destinasi ini terletak di Jetisa Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sanyang banget, kalau liburan ke Jogja tanpa mampir ke sini. Kabarnya, hanya ada 3 lokasi cave tubing lho di dunia, yaitu Mexico, New Zealand, dan Gunungkidul.

12. Goa Kiskendo

A post shared by maspeot (@maspeot) on

Selain pantai, deretan goa di Yogyakarta juga asyik untuk dijadikan tempat liburan. Salah satunya adalah Goa Kiskendo di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulya, Kabupaten Kulon Progo. Di pelataran goa ini, terdapat relief wayang, kalau tak keliru tentang kisah Ramayana.

Goa ini tak sebesar Goa Jatijajar di Kebumen, namun keunikan kisah Ramayana yang melekat padanya menjadikan Goa Kiskendo layak dikunjungi. Di dalam goa terdapat sekitar 9 pertapaan, dari Tledek, Kusuman, Padasan, Santri Tani, hingga Sekandang.

Selepas menyusuri goa sepanjang 1 km ini, Anda bisa bermain di taman dengan ayunan, jungkat-jungkit, seluncuran dan panjat-panjatan. Suasananya masih alami, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Untuk harga tiket masuk sekitar 3 ribu rupiah serta parkir motor 2 ribu rupiah. Murah meriah bukan? Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya!

13. Kebun Buah Langka Sedayu

Nah, buat Anda yang sedang mencari tempat wisata alam yang pas untuk anak dan keluarga bisa berkunjung ke Kebun Buah Langka Sedayu. Dari namanya tentu sudah bisa ditebak, Anda akan disuguhi aneka tanaman buah langka seperti Buah Tin, Blackberry, Kacang Amazon, Anggur Brazil, Jeruk Nagami, dan lainnya.

Kebun ini sangat cocok digunakan sebagai sarana edukasi kepada putra putri Anda untuk lebih mengenal serta mencintai tanaman. Ketika musim berbuah, Anda bisa juga lho mencicipi buah yang ada di sini. Untuk harga tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah per orang. Alamat lengkap terletak di Jl. Wates Km 12, Dusun Sundi Kidul, Argorejo, Sedayu, Bantul.

14. Puncak Suroloyo

A post shared by ardha ragil (@ardharagil) on

Puncak Suroloyo masuk dalam daftar tempat wisata alam yang lagi hits di Jogja belakangan ini. Puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh Kulon Progo ini menyajikan pemandangan alam nan spektakuler berupa 3 gunung yaitu Merapi, Merbabu, dan Sumbing. Bahkan, Candi Borobudur pun tampak dari sini lho saat cuaca cerah.

Aktivitas paling menarik disini adalah berburu sunrise cantik, Ya, Puncak Suroloyo merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbit di Yogyakarta. Tak heran, jika banyak traveler muda yang rela bersusah payah menuju ke puncak sejak dini hari guna menyaksikan sang surya bangun dari peraduannya.

Mengingat penoramanya yang ciamik, Puncak Suroloyo juga pas banget buat hunting foto kece lho. Anda bisa mengabadikan landcape layaknya negeri di atas awan. Puncak ini terletak di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo dan dapat ditempuh sekitar 1 jam lebih dari pusat Kota Jogja dengan kendaraan pribadi.

15. Hutan Pinus Mangunan

A post shared by Paminto Aji (@pamintoaji) on

Berbicara tentang tempat wisata hutan pinus Jogja yang saat ini sedang booming, tentu tak bisa dilepaskan dari Hutan Pinus Mangunan. Objek wisata alam ini lah, pionir munculnya destinasi serupa di kawasan Dlingo, Bantul.

Suasana nyaman dan terkesan alami menjadi daya tarik utama Hutan Pinus Mangunan. Apalagi tersedia aneka spot foto kekinian yang sangat digemari anak muda. Tak heran, bila akhir pekan tiba, tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk mengabadikan moment disini, Anda bisa berfoto bergelantungan memakai hammock diantara 2 pohon pinus. Tapi, tetap hati-hati ya, jangan sampai cedera. Ada juga panggung pertunjukkan terbuka beserta kursi melingkar yang terbuat dari kayu. Sungguh sangat instagramable!

Harga tiket masuk sepertinya masih gratis. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk sepeda motor, mobil 10 ribu rupiah, dan bus 20 ribu rupiah. Namun, untuk prewedding harus membayar sekitar 50 ribu rupiah dan sewa hammock 10 ribu rupiah.

16. Kebun Buah Mangunan

Seiring dengan makin banyaknya para traveler yang berbagi foto tentang Kebun Buah Mangunan di instagram, maka objek wisata alam ini pun semakin terkenal dan menjadi incaran wisatawan saat liburan ke Jogja. Sebenarnya, apa seh keistimewaan Kebun Buah Mangunan?

Kebun ini berada di ketinggian 150 – 200 mdpl, sehingga udara disini terasa sejuk menyegarkan. Apalagi banyak pepohonan hijau yang menghasilkan oksigen. Dari atas puncaknya, Anda bisa melihat pemandangan indah Pantai Parangtritis, Kota Bantul, dan aliran Sunga Oyo yang berliuk-liuk membelah perbukitan.

Bukan hanya viewnya saja yang bagus, Anda juga bisa melihat beragam pohon buah seperti durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, matoa, jambu biji, cempedak, kelengkeng, manggis, dan lainnya. Ada juga proses pembibitan sapi yang menghasilkan pupuk kandang untuk tanaman buah-buahan.

Fasilitasnya pun terbilang lengkap, tersedia camping ground, homestay, gardu pandang, gazebo, play ground yang dilengkapi kandang rusa, dan tempat pembibitan tanaman. Harga tike masuk ke sini sangatlah murah meriah yaitu 5 ribu rupiah per orang.

17. Hutan Pinus Asri

A post shared by Onyone96 (@onyone96) on

Masih satu kawasan dengan Hutan Pinus Mangunan, ada destinasi baru lain yang tak kalah ngehits yaitu Hutan Pinus Asri Karangasem. Jaraknya sekitar 1 km ke arah timur dari Hutan Pinus Mangunan. Tepatnya berada di Dusun Karangasem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Selain menyuguhkan spot foto, Hutan Pinus Asri memiliki sebuah gardu pandang untuk melihat sunset saat pagi hari dengan view pepohonan hijau dan perbukitan indah dari ketinggian. Tak kalah keren dengan Kebun Buah Mangunan. Harga tiket masuk masih gratis, cukup bayar parkir saja sekitar 3 – 10 ribu rupiah.

18. Tlogo Putri Kaliurang

A post shared by HaroGraph (@haro_photography) on

Kawasan wisata Kaliurang sudah sejak lama menjadi langganan wisatawan untuk liburan selama di Kota Yogyakarta. Suasana sepi dengan udara sejuk dan banyaknya pepohonan hijau mungkin menjadi alasan utama banyak orang pergi ke tempat ini.

Nah, salah satu destinasi menarik yang wajib Anda kunjungi di sini adalah Tlogo Putri. Ada banyak pilihan aktivitas menyenangkan mulai dari berjalan kaki menghirup udara segar, bermain ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, wisata kuliner, hingga trekking menyusuri jalan setapak memasuki hutan. Oya, base camp lava tour Merapi juga ada disini lho!

Tlogo Putri memang pas untuk dijadikan tempat rekreasi bersama anak-anak dan keluarga. Harga tiket masuknya juga murah lho, hanya 5 ribu rupiah per orang. Oya, kalau Anda berkunjung ke sini, siap-siap bawa pakaian tebal ya! Udaranya begitu dingin seperti kawasan wisata Batu Malang.

19. Pantai Cemara Sewu

Cemara Sewu memang tak memiliki pasir putih layaknya tempat wisata pantai Jogja pada umumnya. Namun, keindahan pepohonan cemara di sini sangat sayang dilewatkan begitu saja. Pohon cemara berjejer rapi di sepanjang jalan menuju pantai membuat sebuah lorong jalan tampak begitu romantis.

Lokasi Pantai Cemara Sewu terletak di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul. Harga tiket masuknya gratis, Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 3 – 5 ribu rupiah. Selain berfoto-foto dengan latar pohon cemara yang instagramable, Anda juga bisa bermain di tepian pantai berpasir hitam.

20. Kebun Teh Nglinggo

A post shared by Amalia Jamil (@amalia_jamil) on

Berlokasi di Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Kebun Teh Nglinggo menyuguhkan liburan yang berbeda dari kebanyakan objek wisata alam Yogyakarta. Mengapa? Karena disini Anda akan disuguhi hamparan hijau tanaman teh yang biasanya hanya bisa ditemukan di pegunungan.

Kebun teh ini masih jarang dikunjungi wisatawan, sehingga suasana sepi dan alami akan benar-benar Anda dapatkan. Selain melakukan “Tea Walk” menyusuri kebun teh sambil narsis, Anda juga bisa trekking menuju Curug Watu Jonggol. Asyik bukan?

21. Air Terjun Sri Gethuk

A post shared by RIZHOLIDAY (@rizholiday_) on

Air Terjun Sri Gethuk merupakan air terjun terindah di Jogja yang paling populer. Dengan ketinggian sekitar 50 meter, jatuhan airnya tampak begitu eksotis mengalir diantara sela-sela tebing karst. Di bawahnya ada sungai Oyo yang siap menampung air.

Lokasi air terjun ini terletak Padukuhan Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Ada 3 sumber mata air yang mensuplai Air Terjun Sri Gethuk yaitu sumber mata air Dong Poh, Ngandong dan Ngumbul dengan debit rata-rata 30 hingga 60 liter per detik.

Untuk menuju air terjun, Anda bisa memilih menggunakan rakit melewati sungai Oyo atau trekking jalan kaki menyusuri jalan setapak. Harga sewa rakit sekitar 10 ribu rupiah. Begitu juga dengan harga tiket masuk, dibanderol sebesar 10 ribu rupiah per orang.

22. Gua Selarong

Tak hanya sekedar menikmati keindahan alam, saat Anda berkunjung ke Goa Selarong juga bisa sekalian belajar mengingat sejarah lho. Pasalnya, goa ini dulu pernah digunakan oleh Pangeran Diponegoro bersama pasukannya saat perang gerilya melawan penjajah Belanda.

Lingkungan sekitarnya masih alami dan begitu sepi, cocok untuk menyendiri dari keramaian kota. Bila Anda datang saat musim hujan tiba, bisa sekaligus menyaksikan keelokan air terjun yang ada disini. Harga tiket masuknya mungkin sekarang sekitar 3 – 5 ribu rupiah per orang.

23. Kebun Binatang Gembira Loka

Anda sedang mencari tempat wisata anak Jogja yang paling asyik? Datang saja ke Kebun Binatang Gembira Loka di Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta. Selain bisa mengenalkan berbagai satwa kepada buah hati Anda, mereka pun bisa diajak untuk menikmati wahana permainan seru dan menyenangkan. Harga tiket sekitar 25 – 30 ribu rupiah per orang.

24. Gumuk Pasir Parangkusumo

Ada banyak tempat wisata asik yang kekinian buat rekreasi di Yogyakarta, diantaranya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Hamparan pasir luas layaknya gurun pasir Timur Tengah akan Anda temui di sini. Oya, konon kabarnya gumuk pasir ini merupakan satu-satunya tempat sandboarding di Asia Tenggara.

Karena unik dan keren, gumuk pasir ini juga digunakan untuk shooting video klip dan tempat prewedding di Jogja lho. Jadi, kalau Anda berkunjung ke sini, jangan lupa untuk foto-foto ya! Ada spot ayunan yang bisa digunakan untuk narsis sepuasnya.

25. Green Village Gedangsari

A post shared by SuryoJdb (@suryojdb) on

Destinasi wisata Gunung Kidul nampaknya tak ada habisnya, selalu menyuguhkan tempat baru yang menarik dikunjungi. Salah satunya adalah Green Village Gedangsari di Mertelu, Gedang Sari, Gunung Kidul. Pemandangannya sangat cantik, Anda bisa melihat perbukitan hijau layaknya bukit-bukit negara Selandia Baru.

Green Village juga termasuk tempat terindah untuk melihat sunset di Yogyakarta. Anda dapat bersantai di Gazebo sambil menunggu matahari tenggelam ke dalam peraduannya di ufuk barat. Bagi Anda penyuka kegiatan ekstrem pemacu adrenalin, bisa mencoba fliying fox terpanjang di Asia Tenggara sepanjang 625 meter.

26. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger akhir-akhir ini sedang naik daun sebagai salah satu spot foto keren di Jogja yang kekinian. Tempat wisata alam terbaru ini menyuguhkan sejumlah area untuk narsis, seperti gardu pandang berbentuk tangan raksasa, rumah pohon, jembatan pohon, dan tangga cinta.

Suasananya masih alami, banyak pepohonan pinus sehingga udaranya pun relati sejuk. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, ada mushola, warung, gazebo serta tempat parkir. Lokasi Hutan Pinus Pengger terletak di Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja.

27. Karst Tubing Sedayu Bantul

Aktivitas wisata tubing yang satu ini masih jarang diketahui orang, padahal tidak kalah seru bila dibandingkan dengan cave tubing Goa Pindul atau Kalisuci. Namanya Karst Tubing Sedayu, terletak di Jl. Raya Wates – Jogjakarta Km. 9,5 RT. 3, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sungainya tak begitu luas dan kanan kirinya penuh dengan batu, jadi Anda harus ekstra hati-hati. Tapi, Anda juga tak perlu terlalu kuatir karena setiap peserta memakai helm pengaman dan life jacket. Harganya sekitar 30 ribu rupiah, jika ingin menyewa jasa foto maka harus bayar lagi sebesar 50 ribu rupiah.

28. Bukit Mojo Gumelem

A post shared by Dian Ardianti (@ardiantidian) on

Bukit Mojo menyuguhkan panorama alam dari ketinggian, dari atas puncaknya Anda akan bisa menikmati hamparan pepohonan hijau. Ada juga spot selfie kekinian yang menjadi favorit anak muda milenial, mulai dari sarang burung, tanda cinta, bunga matahari hingga jembatan kecil dari bambu.

Alamat bukit ini terletak di Gumelem, Mangunan, Dlingo, Bantul. Harga tiket masuknya dibanderol 2 ribu rupiah, parkir sepeda motor 2 ribu rupiah, dan mobil sebesar 5 ribu rupiah. Setiap spot foto juga kabarnya dikasih tarif sekitar 3 ribu rupiah. Jadi, sediakan saja uang lebih dari 10 ribu rupiah kalau mau ke sini.

29. Desa Wisata Kembang Arum

A post shared by @desawisatakembangarum on

Yogyakarta merupakan gudangnya desa wisata yang asri dan alami. Salah satunya adalah Desa Kembang Arum atau Desa Dewi Kembar di Donokerto, Turi, Kabupaten Sleman. Lingkungannya tampak begitu bersih dan rapi dengan udara sejuk.

Desa ini menyuguhkan wisata seni, budaya, serta outbond. Menurut info yang saya terima, tersedia sekitar 45 kendaraan offroad dan 65 motor trail yang bisa disewa pengunjung. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah ikut membajak sawah menggunakan kerbau, memancing ikan di kolam, atau menanam pohon.

Untuk menikmati suasana desa yang sesungguhnya, Anda bisa bermalam disini. Ada 55 homestay yang bisa disewa, ruang pertemuan dan ruang seni budaya. Harga menginap per malamnya tak terlalu mahal kok, mulai dari 330 ribu hingga 1,5 juta rupiah. Anda tinggal pilih saja sesuai budget yang tersedia.

30. Waduk Sermo

A post shared by Azis_sb (@azis_syairul_bahri) on

Selain Kalibiru, ada satu lagi tempat wisata alam di Kulon Progo yang sayang untuk dilewatkan begitu saja, yaitu Waduk Sermo. Lokasinya berada di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Selain sebagai sarana irigasi, waduk atau danau buatan ini juga asyik untuk refreshing menghilangkan penat.

Anda bisa berkeliling waduk menggunakan kendaraan atau lebih asyik lagi bila menyewa perahu. Datanglah ketika sore hari, suasana senja disini begitu menawan. Buat yang hobby mancing, bisa juga mencoba melemparkan kail disini.

31. Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit

A post shared by exploreindonesia (@densa_6) on

Bukan hanya Farm House Susu Lembang saja yang punya rumah hobbit, Jogja juga ada lho! Lokasinya berada di Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit, Mangunan, Dlingo, Bantul. Dengan dikelilingi pepohonan pinus menjulang tinggi, rumah ini tampak begitu epic layaknya cerita negeri dongeng.

Ada juga spot foto unik lain, misalnya jembatan kayu, kupu-kupu kayu raksasa, dan rumah seribu kayu. Kicauan burung-burung liar semakin menambah kesan alami tempat ini. Buat yang hobby kegiatan menantang, bisa mencoba flying fox dengan tarif 15 ribu rupiah. Sementara untuk harga tiket masuk dibanderol sebesar 4 ribu rupiah.

32. Telaga Biru Semin

Telaga atau danau yang berwarna biru atau hijau nampaknya selalu menarik perhatian wisatawan. Sebut saja Danau Kaolin Bangka Belitung, Telaga Warna Dieng, dan juga Telaga Biru Semin di Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul.

Telaga Biru Semin sebenarnya bukanlah tempat wisata alam resmi, awalnya hanya sebuah bekas tambang galian batu putih. Lama-kelamaan lubang bekas tambang terisi oleh air hujan dan airnya berubah menjadi berwarna hijau toska hingga kebiru-biruan.

Perubahan warna air telaga ini tampak begitu cantik. Keelokannya membuat banyak anak muda bernarsis ria dengan latar telaga dan mengunggahnya di instagram. Akhirnya, semakin terkenal lah Telaga Biru Semin dikalangan para treveler.

33. Taman Tebing Breksi

Dari sekian banyak destinasi wisata baru di Yogyakarta maka boleh dibilang Taman Tebing Breksi-lah yang paling banyak dikunjungi. Di area bekas pertambangan ini, Anda akan disuguhi beberapa spot foto keren yang berupa relief / pahatan wayang di dinding batu.

Dari atas tebing, Anda dapat melihat landscape kota Yogyakarta di sisi barat, sedangkan sebelah utara ada Gunung Merapi, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, dan Candi Barong. Tebing ini berlokasi di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebaiknya datang ketika pagi atau sore hari agar terhindar panas matahari. Kalau pun terpaksa datang siang, maka bawalah topi atau payung sebagai penangkal panas. Ya, namanya juga bebatuan, tentu mudah menyerap panas bukan? Untuk tarif masuk sepertinya masih sukarela, tapi kalau parkir sekitar 2 – 10 ribu rupiah.

34. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Objek wisata alam ini menyuguhkan daya tarik berupa pemandangan alam indah layaknya negeri di atas awan.

Seperti halnya kebanyakan destinasi wisata Dlingo, Bukit Panguk juga mempunyai beberapa spot untuk berfoto, misalnya saja spot berbentuk bunga, delman, perahu kayu, tanda cinta, dan lainnya. Untuk menikmati tempat foto yang ciamik tersebut, pengunjung diharuskan membayar 3 ribu rupiah.

35. Bukit Pengilon

Bukit Pengilon termasuk tempat wisata alam terindah di Jogja yang belum banyak diketahui orang. Suasananya begitu sepi dan alami, belum terjamah oleh wisatawan. Bukit ini ditumbuhi hamparan padang rumput hijau dengan panorama lautan biru yang luas. Sungguh eksotis!

Bukit ini terletak di Dusun Ngelo, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasinya tak jauh dari Pantai Siung dan Air Terjun Banyunibo. Jadi, sekali berkunjung Anda bisa menikmati 3 destinasi wisata sekaligus. Asyik bukan?

36. Puncak Kosakora

Selain Bukit Pengilon, ada Puncak Kosakora yang tak kalah bagus untuk melihat landscape pantai selatan Yogyakarta. Dari atas bukit ini, Anda dapat melihat deretan pantai-pantai cantik yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, mulai dari Pantai Drini, Ngrumput, Watu Kodok, Sepanjang, hingga Kukup.

Secara administratif, Puncak Kosakora berada di Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Aktivitas favorit di sini tentu saja berfoto dengan latar lautan biru. Bisa juga camping / berkemah bila akan menyaksikan sunrise atau sunset nan cantik.

37. Watu Tekek Samigaluh Kulonprogo

Saat ini, banyak destinasi wisata Kulon Progo yang menjadi incaran wisatawan, terutama yang berupa gardu pandang. Salah satunya adalah Watu Tekek di Gerbosari, Samigaluh. Konon kabarnya, tempat ini menjadi saingan terberat Kalibiru, pasalnya pemandangan yang disajikan tak kalah indah.

Dari atas sebuah pohon, Anda dapat menyaksikan keelokan perbukitan Menoreh. Anda juga bisa selfie di atas gardu pandang dari pohon ini. Hasilnya tentu saja sangat instagramable! Tersedia juga gazebo untuk bersantai sambil ngopi dan menikmati keindahan alam. Harga tiket masuk sekitar 3 ribu rupiah per orang.

38. Bukit Parang Endog

Kira-kira dimana ya tempat wisata romantis di Jogja yang asyik dikunjungi? Jawabannya tentu banyak, salah satunya adalah Bukit Parang Endog yang tersembunyi dibalik keindahan Pantai Parangtritis. Dari atas bukit ini, Anda dapat menyaksikan sunset indah dan landscape pantai nan eksotis.

Bukit ini sebenarnya difungsikan sebagai landasan paralayang. Namun, oleh karena viewnya sangat bagus, maka banyak juga wisatawan yang datang ke sini untuk sekedar duduk-duduk. Datanglah saat sore, siapkan kamera terbaik Anda untuk mengabadikan momen terindah di sini.

39. Candi Abang (Bukit Teletubbies)

A post shared by Deva 李 (@devinagnes) on

Tak seperti candi-candi pada umumnya yang berupa tumpukan batu, Candi Abang justru tampak terlihat seperti sebuah bukit. Mengapa? Hal ini tentunya karena bangunan candi sudah tertimbun oleh tanah dan rerumputan hijau. Lokasinya berada di Jogotirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sesuai dengan namanya, Candi Abang tersusun oleh batu bata merah (abang dalam bahasa jawa artinya merah). Banguan candi ini diperkirakan memiliki halaman yang berukuran panjang 65 meter dan lebar 64 meter. Cukup luas bukan?

Nah, saat musim penghujan tiba biasanya rerumputan di atas gundukan Candi Abang tampak tumbuh subur berwarna hijau. Kupu-kupu yang berseliweran semakin menambah kecantikan bukit ini. Mirip banget dengan bukit yang ada di film anak Teletubies. Oleh karena itu, banyak orang menyebut Candi Abang dengan nama Bukit Teletubbies Jogja.

40. Wanagama

A post shared by Wanagama (@wanagama) on

Hutan Wanagama di Playen, Kabupaten Gunung Kidul, nampaknya menjadi lokasi yang pas bagi Anda yang suka menjelajahi hutan. Di dalamnya terdapat berbagai jenis tanaman dari berbagai daerah, seperti akasia, kayu putih, eboni, cendana, murbei dan jati.

Buat Anda yang ingin menginap, tersedia wiswa yang lumayan nyaman lengkap dengan kamar mushola, tempat pertemuan, kamar mandi, dan toilet. Untuk makanan, Anda dapat memesan pada pengelola wisma. Udaranya sejuk dengan suasana sepi alami, sungguh sangat pas untuk menyendiri dari keramaian kota.

41. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan adalah salah satu destinasi wisata Bantul bertema alam yang sedang hits di instagram. Di sini terdapat sebuah gardu pandang dari bambu berbentuk kapal titanic. Dari atasnya, Anda bisa melihat perbukitan hijau dan aliran sungai berselimut kabut. Sungguh cantik, bagaikan negeri di atas awan.

Lokasi Jurang Tembelan berada di Kanigoro, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Untuk saat ini, belum ada tarif tiket masuk. Pengunjung hanya membayar parkir saja, lalu bebas berfoto di atas gardu pandang.

42. Air Terjun Pantai Jogan

A post shared by Vio (@alvionitacaprina) on

Pantai Jogan termasuk salah satu tempat wisata unik di Yogyakarta, pasalnya ada air terjun yang mengalir menuju laut. Untuk menyaksikan keindahannya, Anda harus datang ketika musim penghujan. Hal ini karena debit air akan tampak deras, sedangkan saat kemarau aliran airnya sangat kecil.

Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Harga tiket masuk dibanderol sekitar 3 ribu rupiah per orang. Bila berkunjung ke sini, siapkan fisik dan juga bawa bekal makanan dan minum yang cukup. Dari pusat kota Jogja, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam.

43. Laguna Pantai Wediombo

A post shared by @ubedsu__ on

Ingin berenang di kolam alami layaknya Angel’s Billabong Nusa Penida Bali? Coba aja datang ke Pantai Wediombo Gunung Kidul. Di tempat ini ada sebuah laguna yang asyik untuk berenang atau pun berendam. Ya, meskipun tak sejernih Angel’s Billabong, tapi lumayan asyik menyegarkan.

Puas bermain air, Anda dapat menikmati hamparan pasir putih Pantai Wediombo yang berpadu dengan lautan biru dan deburan ombak khas pantai selatan. Suasananya tenang, belum begitu ramai oleh wisatawan. Jadi, Anda bisa bebas bermain dan narsis disini tanpa terganggu lalu lalang orang lain.

44. Pantai Timang

A post shared by Anis SyaHira (@anisss_syahira) on

Tak lengkap rasanya mengexplore Jogja tanpa mengunjungi Pantai Timang di Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pasalnya, ada aktivitas menantang yang sangat memacu adrenalin di sini, yaitu naik gondola (kereta gantung) yang terbuat dari kayu dan tali sederhana.

Gondola ini sebenarnya digunakan untuk menyebrang ke pulau karang di seberang Pantai Timang oleh warga dalam mencari lobster. Namun, karena gondola tradisional ini rupanya menarik perhatian wisatawan untuk mencobanya. Berani naik? Bagi Anda yang phobia ketinggian sebaiknya jangan naik. Cukup memandanginya saja sambil membidikan lensa kamera Anda.

45. Air Terjun Jurang Pulosari

Bukan hanya terkenal akan perbukitan hijaunya yang indah, Kabupaten Bantul juga punya lho sederet air terjun cantik. Salah satunya adalah Air Terjun Jurang Pulosari di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Panjangan.

Air terjun ini tak begitu tinggi, hanya saja memiliki kolam air dibawah alirannya dengan warna kehijauan. Sungguh tampak epik dan eksotis dipandang mata. Dalamnya sekitar 1 – 1,5 meter, sehingga cukup aman untuk berenang. Datanglah saat musim penghujan agar bisa melihat kecantikan air terjun sesungguhnya yang alami.

46. Air Terjun Gedad

Meskipun terkenal sebagai daerah yang sering mengalamai kekeringan, Gunung Kidul ternyata memiliki sejumlah air terjun indah. Diantaranya yaitu Air Terjun Gedad di Dusun Gedad, Banyusoco, Playen. Air terjun ini tak begitu tinggi, namun aliran airnya lumayan deras sehingga ketika menghantam bebatuan langsung pecah layaknya kilauan cahaya.

Suasana lingkungan sekitarnya masih sangat alami, banyak pepohonan hijau yang tumbuh. Tak heran, bila udaranya pun sejuk dan segar. Harga tiket masuknya sekitar 5 ribu rupiah per orang. Lumayan murah terjangkau bukan? Siapkan pula kamera Anda saat ke sini, mengingat setiap sudutnya sangat instagramable.

47. Watu Giring

Objek wisata alam Watu Giring ini sebenarnya hanyalah sebuah area bekas tambang batu kapur. Namun, tanah sisa bekas galian yang sudah terbengkalai selama puluhan tahun ini membentuk sebuah garis-garis mirip candi kuno. Unik dan epik banget!

Nah, karena keindahannya itu, maka banyak traveler muda yang berkunjung ke sini untuk berfoto. Tak begitu lama, akhirnya Watu Giring pun langsung ngehits di kalangan penggemar IG (baca : instagram). Alamat lokasinya terletak di Dusun Pacarejo, Desa Jelok, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk tiket masuk sepertinya masih sukarela.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan tentang peta wisata di wilayah provinsi D.I. Yogyakarta. Bagus dan keren bukan? Buat sobat traveler yang ingin menambahkan destinasi wisata alam Jogja lainnya bisa menuliskannya melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.