Pusat Info Wisata Terlengkap

41 Spot Foto Paling Keren Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Segera Kamu Explore

0 10,409

Spot Foto Di Jogja – Mau liburan ke Yogyakarta? Ini daftar spot foto paling keren dan hits di Jogja yang wajib kamu explore mulai dari pantai, air terjun, gunung, bangunan tua, hingga hutan pinus. Semua tempat tersebut sangat instagramable, akan membuat harimu jadi lebih istimewa.

Saat ini, seni fotografi nampaknya sedang menjadi tren dikalangan wisatawan, khususnya traveler muda. Banyak diantara mereka yang berlomba-lomba mengunggah gambar kekinian yang unik dan eksotis pada instagram atau pun facebook.

Nah, buat kamu yang ingin akun instagramnya semakin ngehits, harus deh berkunjung ke Kota Gudeg. Pasalnya, ada banyak tempat wisata Jogja yang bagus untuk hunting foto dengan berbagai tema, seperti vintage, alam, atau pun modern. Gak percaya? Simak ulasan berikut ini!

Daftar Spot Foto Paling Keren Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Segera Kamu Explore

1. Merapi Park Yogyakarta – The World Landmarks

Merapi Park Yogyakarta
Merapi Park Yogyakarta – The World Landmarks (Foto : instagram @elykusumawd)

Rekomendasi pertama tempat foto di Yogyakarta adalah Merapi Park – The World Landmarks. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan miniatur bangunan ikonik dunia. Misalnya, Menara Eiffel Paris, Menara Pisa Italia, Patung Liberty New York, dan Kincir Angin khas Belanda.

Walaupun cuma tiruan, hasil fotonya gak malu-maluin amat kok. Malah tampak lebih kece dari aslinya, asalkan kamu bisa mengambil sudut yang pas. Untuk memasuki detinasi wisata Kaliurang terbaru ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar 20 ribu rupiah. Alamatnya di Jalan Kaliurang KM. 22, Hargobinangun, Pakem, Sleman (depan Museum Merapi).

2. Pedestrian Malioboro

Pedestrian Malioboro
Pedestrian Malioboro (Foto : instagram @rizkaedmanda)

Jalan jalan ke Jogja tentu belum lengkap tanpa mampir ke Jalan Malioboro. Mungkin bila kamu sudah lama banget gak kesini, akan kaget karena kawasan ini telah berubah menjadi pedestrian ala Eropa. Di sepanjang trotoar, terpasang kursi-kursi kayu yang tak hanya asyik buat duduk, tapi juga instagenic buat berfoto.

Saya sarankan datang pagi hari saat cuaca cerah untuk bisa bebas begaya nasris di kursi tersebut, karena jika malam tiba kebanyakan sudah ditempati oleh orang lain. Selepas itu, kamu bisa melanjutkan liburanmu ke tempat wisata di Jogja yang dekat dengan Malioboro seperti Taman Pintar, Benteng Vredeburg, dan Keraton.

3. Nanggulan, Kulon Progo

Nanggulan, Kulon Progo
Nanggulan, Kulon Progo (Foto : instagram @dodiefdi)

Mungkin inilah spot foto terbaik yang ada di Jogja lantaran jika kamu ambil gambarnya menggunakan drone bisa menghasilkan foto yang keren banget. Jalannya tampak naik sekali hingga mendekati 90 derajat sehingga bisa jadi background. Lokasinya kalau tak keliru terletak di Nanggulan, Kulon Progo.

4. Ayunan Langit Watu Jaran, Purwosari, Kulon Progo

Ayunan Langit Watu Jaran
Ayunan Langit Watu Jaran (Foto : instagram @valentiney)

Tak mau kalah dengan The Lodge Maribaya Bandung dan Zen Hideaway Ubud Swing, kini ada tempat serupa di Jogja yaitu Ayunan Langit Watu Jaran. Buat kamu yang takut ketinggian, sebaiknya jangan mencoba wahana ini.

Ayunan Langit Watu Jaran berada di atas tebing setinggi 800 meter dan tiangnya memiliki tinggi 10 meter. Bayangkan, bagaimana rasanya ketika kamu berayun di atas ketinggian ekstrem ini. Tentu adrenalin kamu akan langsung terpacu bukan?

Tapi kamu tak usah kuatir tentang keselamatan, pengelola Ayunan Langit Watu Jaran sudah memperoleh pembinaan dari SAR. Jadi, sebelum naik ayunan, pengunjung akan dipasangkan tali pengaman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tempat wisata baru di Kulon Progo ini menyuguhkan pemandangan alam yang masih hijau dan Perbukitan Menoreh. Tersedia juga beberapa spot selfie lain yang patut kamu coba. Untuk harga tiket masuknya sekitar 30 ribu rupiah. Lokasi lengkap ayunan ini terletak di Sabrangkidul, RT.10/RW.05, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Jam buka pukul 08.00 – 17.00 WIB.

5. Kaliadem, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Kaliadem
Kaliadem (Foto : instagram @shantie_syifa)

Siapa seh yang tak kenal dengan Gunung Merapi? Tak hanya berstatus sebagai gunung api teraktif di Pulau Jawa, Merapi juga punya panorama indah yang sangat mengagumkan. Nah, salah satu spot foto bagus untuk melihat pesona gunung ini adalah melalui Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Dari tempat ini, tampak Gunung Merapi berdiri dengan gagahnya. Hijaunya perbukitan dan kabut tipis yang menyelimuti semakin menambah keelokannya. Udaranya sejuk banget, sangat pas buat melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Kamu juga bisa mencoba kegiatan seru tour lava Merapi menggunakan mobil Jeep.

6. Chapel Queen of the South Resort Bantul

Chapel Queen of the South Resort
Chapel Queen of the South Resort (Foto : instagram @ogikigik)

Buat kamu yang ingin melihat sisi lain keindahan Pantai Parangtritis, bisa menginap di Queen of The South Hotel. Disini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pesisir pantai selatan yang mirip dengan wisata di Bali. Selain itu, ada satu spot baru yang instagramable untuk berfoto yaitu bangunan Chapel berwarna putih.

Atap dan dindingnya transparan, jadi kamu bisa melihat hamparan lautan biru dari dalamnya. Lokasinya lumayan sulit dijangkau, dulu kalau tak keliru jalannya turun naik dan masih berbatu. Mungkin sekarang sudah diperbaiki. Alamat lengkapnya di Parangtritis, Tromd Pas 001, Kretek, Bantul, Yogyakarta.

7. Tugu Jogja

Tugu Jogja
Tugu Jogja (Foto : instagram @ryansaf99)

Tugu merupakan ikon kota Jogja paling populer yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Ada yang kurang rasanya bila rekreasi ke Yogyakarta tapi belum berfoto dengan latar Tugu Jogja. Mengingat lokasinya berada di perempatan jalan, kamu harus datang ke sini tengah malam ketika jalanan sepi atau pagi-pagi sekali.

8. Sumur Gumuling Taman Sari

Sumur Gumuling Tamansari
Sumur Gumuling Tamansari (Foto : instagram @pandameoow)

Taman Sari termasuk salah satu lokasi prewedding bagus di Jogja yang cukup populer dikalangan warga. Komplek pemandian Sultan ini memiliki kebun hijau, kolam pemandian, jembatan gantung hingga danau buatan dan lorong bawah air. Gedung atau bangunannya masih berarsitektur jaman dulu, sehingga cocok untuk hunting foto bernuansa urbex atau vintage.

Nah, di sini ternyata ada satu spot foto keren yang jarang diketahui orang, yaitu sebuah masjid tersembunyi bernama Sumur Gumuling. Untuk mencapainya, kamu harus melewati lorong bawah tanah bernama Tajug, bentuknya seperti labirin.

Tepat di ujung lorong, kamu akan menemukan sebuah area melingkar dengan satu titik di tengah yang dihubungkan oleh lima tangga di sekitarnya. Konon kabarnya, dulu titik tengah ini digunakan sebagai mimbar oleh para pemuka agama untuk berdakwah. Tiket masuk Taman Sari murah meriah, sediakan saja uang 5 – 10 ribu rupiah.

9. Jurang Tembelan, Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul

spot-foto-di-jogja
Spot foto di Jogja : Jurang Tembelan (Foto : instagram @roh_kyt)

Referensi spot foto terbagus di Jogja berikutnya adalah Jurang Tembelan, Kanigoro, Dlingo, Bantul. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini menawarkan sebuah gardu pandang di tepi jurang. Landscape panorama perbukitan hijau nan eksotis berselimut kabut akan dapat disaksikan dari atas gardu pandang.

10. Watu Tekek Kulon Progo

Watu Tekek Kulon Progo
Watu Tekek Kulon Progo (Foto : instagram @st.rinaresw)

Selain Kalibiru, sebenarnya ada spot foto rumah pohon lain di Kabupaten Kulon Progo yang tak kalah indah, namanya Watu Tekek. Tempatnya sangat asik dan masih terbilang sepi karena masih jarang dikunjungi wisatawan.

Dari atas rumah pohon, kamu dapat menyaksikan keindahan alam perbukitan Menoreh. Harga tiket masuk sekitar 3 ribu rupiah per orang dan parkir 2 ribu rupiah. Alamatnya terletak di Gerbosari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

11. Hutan Pinus Asri Karangasem, Muntuk, Dlingo, Bantul

Hutan Pinus Asri
Hutan Pinus Asri (Foto : instagram @onyone96)

Saat ini, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul menjadi primadona baru pariwisata Yogyakarta. pasalnya ada banyak spot foto keren yang disukai para traveler muda. Pemandangan alam perbukitan hijau dan pohon pinus yang menjulang tinggi menjadi daya tarik utama kawasan Dlingo.

Nah, tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan yang sudah tersohor, ada sebuah lokasi wisata baru yang menyuguhkan sebuah gardu pandang nan eksotis. Tepatnya terletak di Dusun Karangasem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo.

Selain gardu pandang, masih ada spot lain yang cukup unik seperti rumah Spongebob, tempat foto berbentuk bintang, taman bunga, rumah kayu, patung elang, dan rumah pohon. Harga tiketnya sepertinya masih gratis, hanya parkir kendaraan sebesar 3 – 10 ribuan.

12. Candi Abang, Berbah, Sleman

tempat hunting foto di jogja
Tempat hunting foto di Jogja : Candi Abang (Foto : instagram @devinagnes)

Objek wisata Candi Abang terletak di Dusun Sentonoreji, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman. Kamu mungkin akan bingung dan heran, ketika sampai disini, tak akan kamu jumpai tumpukan batu candi layaknya Prambanan atau Ratu Boko. Mengapa?

Penjelasannya seperti ini, Candi Abang ini memang berbeda, batu yang menyusunnya berupa batu bata merah bukan batu hitam pada kebanyakan candi. Oleh karena itulah candi ini dinamakan Candi Abang (Abang dalam bahasa Jawa berarti Merah).

Bentuk candi ini sendiri sebenarnya menyerupai piramida. Namun, setelah sekian lama, kini bentuk candi abang menyerupai sebuah bukit dan ditumbuhi oleh rerumputan hijau. Mirip banget seperti perbukitan pada serial Film Anak Telletubies. Tak ayal, candi ini pun akhirnya terkenal dengan sebutan Bukit Teletubbies.

Foto-foto disini sangatlah instagenic, karena lingkungan sekitar candi merupakan padang rumput luas dan dipenuhi kupu-kupu cantik berterbangan di atasnya. Datanglah ketika musim hujan mulai datang, saat rumput-rumput hijau mulai tumbuh.

13. Bukit Panguk Kediwung, Dlingo, Bantul

Bukit Panguk Kediwung
Bukit Panguk Kediwung (Foto : instagram @tooheer)

Siapa bilang di Jogja gak bisa berburu sunrise? Coba deh, sekali-kali datang ke Bukit Panguk Kediwung Mangunan, Dlingo. Kamu akan bisa melihat indahnya mentari pagi melalui sebuah gardu pandang yang terbuat dari bambu.

Pemandangan akan semakin eksotis dengan hamparan kabut yang menyelimuti perbukitan dan sungai Oyo. Sungguh layaknya negeri di atas awan. Tak heran, jika destinasi baru wisata Bantul ini menjadi incaran anak muda untuk hunting foto.

14. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo (Foto : instagram @lulukman)

Spot foto favorit wisatawan di Jogja selanjutnya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Konon kabarnya, gumuk pasir ini hanya ada segelintir jumlahnya di seluruh dunia lho. Makanya, kita patut bangga memilikinya dan tentu saja harus tetap menjaga keasriannya.

Mengingat pemandangannya yang unik, maka selain digunakan untuk sandboarding, Gumuk Pasir Parangkusumo juga menjadi tempat prewedding dan pembuatan beberapa klip video. Di sini kalau tak keliru, sudah ditambahkan beberapa spot untuk berfoto seperti ayunan.

15. Hutan Pinus Mangunan / Imogiri

Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan (Foto : instagram @andian.aw / @tooheer)

Nah, kalau hutan pinus Jogja yang satu ini sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan bahkan mendunia. Namanya Hutan Pinus Mangunan atau ada juga yang menyebutnya Hutan Pinus Imogiri / Nganjir. Selain spot foto berupa pepohonan pinus yang menjulang tinggi, disini terdapat sebuah panggung pertunjukkan yang unik.

Panggung ini dikelilingi oleh kursi-kursi dari dari kayu pohon yang masih terlihat bentuk aslinya. Fungsi panggung terbuka tersebut sendiri digunakan untuk ruang teater, sastra, hingga ruang pertunjukan musik di area yang sejuk. Karena bentuknya yang instagramable, sering juga digunakan untuk foto atau prewedding.

16. Pantai Cemara Sewu Bantul

Pantai Cemara Sewu
Pantai Cemara Sewu (Foto : instagram @feriyudianto97 / @auliasuharto)

Ada banyak pantai bagus di Jogja yang cocok untuk dijadikan lokasi hunting foto. Salah satunya adalah Pantai Cemara Sewu Bantul. Spot epic favorit wisatawan tentu saja berupa jalan yang dikanan kirinya terdapat deretan pohon cemara. Sungguh sangat romantis, pas banget deh buat prewed kamu.

17. Jembatan Kali Boyong, Sleman

Jembatan Kali Boyong
Jembatan Kali Boyong (Foto : instagram @putratrak)

Meskipun hanya sebuah jembatan, bukan berarti Jembatan Kali Boyong tak memiliki sisi estetis. Justru, jembatan gantung di Dusun Boyong, Pakem, Kabupaten Sleman ini sangat keren bila dijadikan latar berfoto. Tak heran, banyak traveler muda yang mengincar spot foto disini untuk postingan instagramnya.

18. Hutan Pinus Pengger, Bantul

Hutan Pinus Pengger
Hutan Pinus Pengger (Foto : instagram @trisnoarybudi)

Bila kamu menengok instagram yang bertema explore Jogja, maka akan banyak dijumpai foto-foto keren berupa tangan raksasa. Nah, lokasinya ternyata berada di Hutan Pinus Pengger, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keberadaannya yang terletak di ketinggian menjadikan Hutan Pinus Pengger sebagai tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam dan kerlap kerlip city light saat malam tiba. Di sekitar sini juga terdapat objek menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi, misalnya Goa Macan, Goa Lampeng dan Watu Ngadeg.

19. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark
Sindu Kusuma Edupark (Foto : instagram @heydiparamitha)

Berlokasi di Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sindu Kusuma Edupark menyuguhkan aneka wahana seru yang menyenangkan. Sebut saja Dino Park, Cinema 8D, Sepeda Mabur, Komidi Puter, Bianglala, dan lainnya.

Selain sebagai tempat wisata anak dan keluarga di Jogja yang kekinian, Sindu Kusuma Edupark (SKE) ternyata bagus juga untuk hunting foto. Kamu bisa berfoto dengan background Bianglala atau sambil naik permainan Sepeda Mabur.

Light Festival Sindu Kusuma Edupark
Light Festival Sindu Kusuma Edupark (Foto : instagram @wahyu_senja)

Ada juga wahana baru yang tak kalah keren bila dibandingkan dengan Taman Pelangi Monjali, yaitu Light Festival dimana kamu akan dimanjakan dengan lampion atau lampu berwarna-warna. Romantis banget gaes, cocok buat lokasi wisata malam Jogja saat liburan.

20. Titik Nol KM Jogja

Titik Nol KM Jogja
Titik Nol KM Jogja (Foto : instagram @yosiadrian)

Buat kamu yang ingin mencari tempat hunting foto bagus yang murah meriah, maka sebaiknya datang ke kawasan Titik Nol KM Jogja. Mengapa? Karena ada banyak bangunan tua yang bisa kamu abadikan dengan lensa kameramu. Misalnya saja gedung Kantor Pos Besar, Bank Indonesia, dan Bank BNI.

Tak hanya itu, titik nol merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi anak muda. Jadi, kamu bisa sekalian nongkrong menikmati keindahan malam kota Yogyakarta. Biasanya, ada juga spot foto dadakan seperti replika Robot Transformer atau Prajurit Kraton.

21. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Goa Jomblang (Foto : instagram @afkarizky)

Selain pantai, ada banyak pilihan wisata alam Jogja yang cocok untuk hunting foto. Salah satunya adalah Goa Jomblang di Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Di tempat ini, kamu akan menjumpai spot foto terindah berupa “cahaya surga”. Special banget bukan? Di dunia sudah keteme surga.

Untuk berjumpa dengan “cahaya surga” tersebut, kamu harus berjuang ekstra keras. Hal ini tentu karena lokasinya berada jauh di perut bumi. Goa Jomblang sendiri termasuk jenis goa vertikal, sehingga untuk memasukinya diperlukan kemampuan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT).

Harga paket caving Goa Jomblang sekitar Rp 450.000, sudah termasuk guide, peralatan SRT set, makan siang, asuransi IAG (tidak termasuk transport). Setelah kamu turun melewati mulut goa, kamu masih harus menyusuri lorong gelap sepanjang 300 meteran menuju Luweng Grubug.

Di luweng inilah, kamu akan bisa melihat berkas cahaya matahari yang menerobos masuk ke dasar goa setinggi kurang lebih 90 meter. Sungguh sangat eksotik, tak heran jika disebut “cahaya surga”, cantiknya kebangetan! Waktu terbaik melihat cahaya tersebut pada pukul 10.00 – 12.00 WIB saat cuaca cerah.

22. Kebun Bunga Matahari, Kawasan Pantai Samas Bantul

Kebun Bunga Matahari
Kebun Bunga Matahari (Foto : instagram @fandiryan)

Tempat hunfot ini memang belum begitu terkenal, namun keindahannya layak disejajarkan dengan Taman Bunga Selecta atau pun Kebun Bunga Begonia. Namanya Kebun Bunga Matahari Bantul. Lokasinya berada di sisi utara Pantai Samas, Dusun Tegalsari, Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebenarnya, kebun bunga ini bukanlah destinasi wisata resmi. Tanaman Bunga Matahari yang ada awalnya bertujuan untuk melindungi tanaman cabai dari terpaan angin. Tapi, melihat banyaknya bunga yang bermekaran cukup menarik warga untuk berselfie. Akhirnya, jadilah kebun cabai ini menjadi lokasi wisata dadakan.

Foto-fotonya yang semakin banyak bertebaran di internet, semakin membuat banyak orang penasaran untuk mengunjunginya. Pasalnya, hasil jepretan lensa kamera akan tampak seperti destinasi ala luar negeri. Penasaran? Datang saja langsung, mumpung masih gratis dan bunganya masih mekar.

23. The Lost World Castle, Cangkringan, Sleman

The Lost World Castle
The Lost World Castle (Foto : instagram @fery.permana)

Gak usah jauh-jauh ke inggris untuk berfoto di situs Stonehenge, datang saja ke destinasi terbaru Jogja yang bernama The Lost World Castle. Di sini, kamu akan menemukan miniatur batu Stonehenge yang tak kalah epik.

Spot foto yang lagi hits ini juga memiliki benteng tiruan ala kastil, sekilas mirip Tembok Besar China. Lokasinya di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan. Untuk harga tiket masuknya sekitar 15 ribu rupiah, masih terjangkau dikantong mahasiswa atau pelajar kan?

24. Desa Wisata Kalibiru, Kulon Progo

Kalibiru
Kalibiru (Foto : instagram @baas_saputra)

Rekomendasi spot foto keren dari Aneka Wisata berikutnya adalah Desa Wisata Kalibiru di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Destinasi alam ini menawarkan sejumlah permainan dan tempat berfoto yang instagenic dengan latar panorama alam.

Ada sekitar 5 spot foto disini, mulai dari rumah pohon yang menjadi ikon Kalibiru, spot foto bundar, dan lainnya. Suasananya asik banget buat memanjakan mata dengan landscape Waduk Sermo. Kamu juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya yang menantang seperti high rope atau flying fox.

25. Pantai Pasir Kadilangu, Kulon Progo

Pantai Pasir Kadilangu
Pantai Pasir Kadilangu (Foto : instagram @dediq_27)

Pantai Pasir Kadilangu terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo. Berbeda dengan pantai berpasir pada umumnya, daya tarik pantai ini justru berupa spot foto dari bambu. Yang paling menarik tentu saja berupa replika Menara Eiffel di atas air. Cantik! Apalagi disekelilingnya terdapat hutan mangrove yang rimbun kehijau-hijauan.

26. Cafe Brick, Sleman

Cafe Brick
Cafe Brick (Foto : instagram @vian_prasetyaa)

Bukan alamnya saja yang asyik untuk hunting foto, beberapa tempat nongkrong hits di Jogja juga memiliki spot berfoto keren. Salah satunya adalah Cafe Brick dengan nuansa vintage ala British. Mulai dari bangunan cafe yang di desain lengkap dengan jalanan, motor dan mobil ala London hingga interiornya.

Kamu tinggal pilih, mau narsis dimana? Atau mau mencoba semuanya juga bisa. Selepas bergaya, kamu bisa langsung pesen makanan dan minuman disini untuk penghilang lelah. Asyik bukan? Lokasinya berada di Jl. Damai No.6, Sinduharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

27. Puncak Kosakora, Gunung Kidul

Puncak Kosakora
Puncak Kosakora (Foto : instagram @norix666)

Puncak Kosakora menawarkan spot foto yang berbeda dari biasanya, di sini kamu akan dimanjakan dengan panorama lautan biru dari atas ketinggian. Tak hanya itu, bukit ini juga ditumbuhi rerumputan sehingga sangat asyik dan menyenangkan untuk camping atau pun bersantai.

28. Baron Techno Park Dan Mercusuar Pantai Baron

Baron Techno Park
Baron Techno Park : Jam Matahari (Foto : instagram @m_fatkhun)

Pantai Baron Gunung Kidul nampaknya tak akan usang digilas jaman. Pasalnya, selalu ada spot baru yang bikin pengunjung penasaran. Selain pasir putihnya, kamu bisa berkunjung ke Baron Techno Park. Lokasinya terletak di Kanigoro, Sapto Sari.

Ikon Baron Techno Park yang paling hits saat ini berupa jam matahari berukuran besar. Foto-fotonya pun sudah bertebaran dikalangan netizen. Kamu bisa sekalian wisata edukasi di tempat ini, karena Baron Techno Park merupakan pusat teknologi energi baru terbarukan di Gunung Kidul.

Mercusuar Pantai Baron
Mercusuar Pantai Baron (Foto : instagram @fandiryan)

Buat kamu yang tak phobia ketinggian, bisa menjajal naik ke menara Mercusuar Pantai Baron. Dari atas puncak menara setinggi 40 meter ini, kamu dapat melihat indahnya lautan biru khas pesisir selatan, perbukitan, hingga deretan pantai lain di Gunung Kidul. Sangat mengagumkan!

29. Air Terjun Kedung Pedut, Kulon Progo

Air Terjun Kedung Pedut
Air Terjun Kedung Pedut (Foto : IG @priyohers)

Sebagai salah satu air terjun indah di Jogja yang lagi ngehits, Kedung Pedut memang mempunyai keelokan yang tiada duanya. Airnya sangat jernih dan menyegarkan, apalagi disekelilingnya penuh dengan pepohonan hijau. Sungguh cantik!

Selain sekedar selfie atau pun berfoto, kamu juga bisa mencoba untuk berenang disini. Ada juga wahana flying fox yang tak kalah seru. Melihat pesona Kedung Pedut sambil seluncuran di atas tali tentu akan terasa special banget. Alamat air terjun ini terletak di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

30. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat
Pantai Kesirat (Foto : instagram @yogyes)

Pantai Kesirat merupakan tipe pantai karang yang tak memiliki pasir putih. Tak ada buih ombak yang bisa kamu mainkan disini. Tapi, keindahan panoramanya sangat keren untuk hunting foto. Spot utama berupa sebuah pohon di tepi pantai dan hamparan rumput hijau disekitarnya. Cantik!

Suasana pantainya pun relatif sepi, mungkin karena belum banyak diketahui orang sehingga masih sedikit yang berkunjung. Jika kamu tertarik, langsung saja ke lokasinya di Girikarto, Panggang, Gunungkidul. Harga tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. Murmer banget bukan? Tapi, kalau belum naik harganya lho!

31. Rumah Bambu, Sleman

Rumah Bambu
Rumah Bambu (Foto : instagram @arra_akimoto)

Jogaj memang gak ada habisnya gaes, selalu menyuguhkan spot foto baru yang kece abiz. Nih, satu lagi tempat hunting kekinian berupa rumah bambu unik, lokasinya berada di Jl. Boyong Hargobinangun Pakem Sleman.

Bentuk desain rumah bambu ini sangatlah etnik, mengerucut dibagian atasnya. Biasanya pengunjung berfoto sambil duduk-duduk atau berdiri di teras. Kamu bisa membawa gitar atau alat lainnya untuk mempercantik hasil jepretan kamera. Untuk berfoto disini, kamu akan dikenakan biaya 3 ribu rupiah.

32. Pintu Langit Dahromo

Pintu Langit Dahromo
Pintu Langit Dahromo (Foto : instagram @fandiryan)

Jogja memang surganya tempat hunting foto gaes. Setelah booming “cahaya surga” Goa Jomblang, kini hadir tempat romantis baru yang bernama Pintu Langit Dahromo. Sesuai dengan namanya, spot foto ini berupa sebuah pintu di perbukitan, sehingga ketika kamu berfoto di sini akan tampak seolah-olah akan masuk ke langit.

Apalagi saat pagi cerah, kilauan cahaya matahari semakin mempercantiknya, sungguh sangat epik layaknya pintu surga di film-film. Malam pun tak kalah keren, kerlap kerlip city light dan bintang di langit tampak begitu indah. Harga tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah. Lokasi berada di Bukit Dahromo, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul.

33. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Ilustrasi Candi Prambanan dari spot Bu Ani (Foto : IG @rommydhano)

Walaupun sudah berusia puluhan tahun, Candi Prambanan tetap tak pernah pudar pesonannya. Ikon unggulan wisata Sleman ini tetap menjadi tujuan utama para wisatawan selama liburan, termasuk untuk hunting foto.

Setidaknya ada 5 spot bagus untuk memotret Candi Prambanan, yaitu Spot Bu Ani, Spot Candi Nandi, Spot Reruntuhan Candi Perwara, Spot Syiwa Mandala, dan Spot Riyadi. Spot Bu Ani terletak dekat jalan dan pintu masuk utama, cirinya berupa sebuah pohon mahoni. Dari sudut ini, kamu bisa mengambil gambar seluruh candi.

Candi Nandi merupakan candi pengiring, dari sini kamu bisa mengabadikan Candi Prambanan dengan candi-candi pengiring lainnya. Yang tak kalah keren tentu saja spot reruntuhan Candi Perwara. Reruntuhan tersebut bisa kamu jadikan latar depan berfoto dengan background berupa candi utama dan pengiring yang masih utuh.

Saat keluar candi, tepat di pintu keluar pelataran candi utama, kamu akan menemukan sebuah lapangan bernama Syiwa Mandala. Dari sini, kamu bisa menikmati pemandangan senja di Candi Prambanan. Spot Riyadi berada di Desa Sambirejo, sekitar 2 kilometer dari Candi Prambanan. Dari atas tempat ini, kamu bisa memotret Candi Prambanan beserta bentang alam di sekitarnya.

34. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko (Foto : IG @tooheer)

Kawasan Candi Ratu Boko terkenal sebagai salah satu tempat melihat sunset terindah di Jogja. Dari atas komplek candi, kamu juga bisa melihat sebagian wilayah Kota Yogyakarta. Keren bukan? Abadikan moment indah disini dengan lensa kamera terbaikmu. Harga tiket masuk sekitar 25 ribu rupiah.

35. Masjid Kampus UGM

Masjid Kampus UGM
Masjid Kampus UGM (Foto : instagram @tooheer)

Masjid Kampus UGM atau yang akrab disapa dengan sebutan Maskam ini merupakan tempat ibadah yang berada di kompleks Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Desain arsitekturnya yang megah membuat banyak orang yang tertarik untuk hunting foto disini.

Di depan pintu masuk terdapat sebuah gapura melengkung yang sangat epik dengan anak tangga yang lumayan banyak. Mamasuiki gerbang, kamu akan disambut sebuah kolam berisi pohon teratai. Oya, sekarang sudah ada menaranya lho, dari atas menara kamu bisa melihat bangunan masjid secara keseluruhan.

36. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran
Gunung Nglanggeran (Foto : instagram @matkli_sang_petualang)

Bukan hanya pantai, destinasi wisata Gunung Kidul juga punya gunung lho! Namanya Gunung Nglanggeran. Meskipun termasuk gunung purba dan sudah tak aktif lagi, namun kecantikannya tetap begitu mengagumkan. Di atas puncaknya, kamu bisa mengabadikan sunrise atau pun sunset dengan lensa kamera favoritmu.

Untuk menuju puncak, kamu harus trekking sekitar 1 – 2 jam. Tergantung tenaga dan kecepatan pendaki, tapi sebaiknya santai saja karena pemandangan selama perjalanan sangat indah. Sayang kalau dilewatkan begitu saja tanpa foto-foto. Lokasi gunung ini berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

37. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran
Embung Nglanggeran (Foto : instagram @dedetisno)

Berjarak sekitar 2 km dari basecamp Gunung Api Purpa Nglanggeran, terdapat sebuah waduk / danau buatan yang sangat eksotis, namanya Embung Nglanggeran. Datanglah ketika sore hari ke sini, kamu akan mendapatkan sebuah moment cantik untuk mengabadikan pemandangan sekitar embung dengan lensa kameramu.

38. Puncak Becici

Puncak Becici
Puncak Becici saat menjelang malam hari (Foto : instagram @suryojdb)

Kedatangan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama ke Puncak Becici beberapa bulan yang lalu semakin menambah ketenaran pariwisata Jogja. Puncak Becici sendiri terdiri dari hutan pinus seluas 4,4 hektar dengan udara yang sejuk.

Dari atas Puncak Becici, kamu akan bisa melihat sebuah panorama alam yang sangat cantik, sebelah utara ada Candi Prambanan dan sebelah selatan terdapat lautan biru. Tak hanya itu, menjelang sore tiba, kamu juga bisa menyaksikan sunset yang indah.

Puncak Becici Jogja
Puncak Becici Jogja saat siang hari (Foto : instagram @icchank.ryuu)

Lokasi destinasi ini berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Harga tiket masuknya murmer banget, 2 ribu rupiah per orang. Fasilitas yang tersedia lumayan lengkap, dari mulai mushola, area outbond, dan toilet.

39. Bukit Pengilon Pantai Siung

Bukit Pengilon Pantai Siung
Bukit Pengilon Pantai Siung (Foto : instagram @arraykk)

Bukit Pengilon termasuk salah satu spot foto bagus tersembunyi di Jogja yang jarang diketahui orang. Padahal lokasinya dekat dengan Pantai Siung. Suasananya masih sangat alami dan sepi sehingga kamu akan benar-benar merasakan layaknya bukit pribadi yang belum terjamah oleh siapapun.

Daya tarik utama bukit ini berupa hamparan padang rumput luas nan hijau dan landscape lautan biru pesisir selatan Pulau Jawa. Dari puncak bukit, bila kamu melihat ke arah timur, akan tampak dari kejauhan Pantai Wediombo, Pantai Nampu, serta Pantai Watu Lumbung.

40. Rumah Paris Bed & Breakfast

Rumah Paris Jogja
Rumah Paris Jogja (Foto : instagram @rumahparis)

Bosan dengan spot foto outdoor? Tak usah kuatir, Jogja juga punya tempat hunting foto indoor yang keren banget. Coba deh kamu berkunjung ke Rumah Paris Bed & Breakfast di Jl. Parangtritis Km. 8,4, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Kamu akan dibikin terkagum-kagum dengan interior desainnya, cantik banget!

Rumah Paris Jogja memiliki dekorasi vintage yang akan membuat kamu merasa seolah-olah sedang berada di rumah-rumah Eropa. Pernak-pernik perabotan di dalamnya sangatlah epic dan lucu, seperti Rumah Barbie. Sangat pas untuk hunting foto prewedding romantis bersama pasangan atau pun keluarga.

Interior Rumah Paris Jogja
Interior Rumah Paris Jogja (Foto : instagram @rumahparis)

Untuk mendapatkan kebebasan yang lebih dalam mengeksplor setiap sudut rumah ini, sebaiknya kamu sempatkan menginap semalam atau dua malam. Tarif sewa hotel unik di Jogja ini gak mahal-mahal amat kok, hanya 400 ribu per malamnya untuk satu kamar. Kalau booking satu rumah, harganya sekitar 1,3 jutaan.

41. Spot Riyadi

Spot Riyadi
Ilustrasi panorama Candi Prambanan dilihat dari Spot Riyadi (Foto : instagram @fandiryan)

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa Spot Riyadi ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk mengabadikan gambar Candi Prambanan beserta lingkungan alam di sekitarnya. Dari tempat ini, saat cuaca cerah, kamu juga bisa melihat hamparan sawah dan gagahnya Gunung Merapi.

Tempat hunting foto favorit para penyuka aktivitas fotografi ini terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebanyakan para pengunjung datang ke sini saat pagi dan sore hari dimana pemandangan alamnya sangat eksotis.

Demikianlah sekilas info wisata tentang beberapa tempat hunting foto di Jogja yang lagi hits. Bagus dan keren bukan? Nah, buat kamu yang punya referensi lain, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.