10 Spot Foto Dan Wahana Keren Yang Lagi Hits Di Wisata Alam Kalibiru Jogja

0 5,370

Kalibiru Jogja – Ingin tahu ada apa saja di Wisata Alam Kalibiru Jogja? Simak daftar review lengkap tentang spot foto dan wahana keren yang lagi hits di sini. Dari mulai gardu pandang berlatar waduk (danau) Sermo, flying fox, high ropes games, hingga fasilitas baru untuk memacu adrenalin berupa sepeda langit (zib bike).

Siapa seh yang tak kenal dengan Desa Wisata Kalibiru? Destinasi wisata di Jogja ini menjadi magnet baru bagi para wisatawan sekaligus menginspirasi daerah lain untuk membuka objek serupa. Bukan hanya panorama alam nan cantik, Kalibiru juga menawarkan aktivitas seru lainnya dalam mengisi liburan. Penasaran bukan? Yuk, baca ulasannya berikut ini.

Kalibiru-Jogja
Kalibiru Jogja (Foto : instagram @maulida09rahmi)

Daftar Spot Foto Dan Wahana Keren Yang Lagi Hits Di Wisata Alam Kalibiru Jogja

1. Gardu Pandang / Rumah Pohon

Gardu Pandang Rumah Pohon
Gardu Pandang / Rumah Pohon (Foto : instagram @kalibirumemotret)

Gardu Pandang / Rumah Pohon Kalibiru bisa dibilang sebagai pioner spot foto kekinian dengan view pemandangan alam indah dari atas pohon. Pasalnya, berkat viralnya foto gardu pandang ini di media sosial seperti instagram dan facebook, pengelola wisata di daerah lain pun semakin gencar mencari lokasi untuk membuat spot serupa.

Dari atas gardu pandang, Anda dapat menyaksikan keindahan perbukitan hijau dan Waduk Sermo yang eksotis. Udara sejuk di sekitarnya semakin membuat Anda betah berlama-lama di sini. Bagus juga lho buat foto prewedding calon pengantin baru, tampak menyatu dengan alam.

2. Spot Flower

Spot Flower
Spot Flower (Foto : instagram @kalibirumemotret)

Saat ini, Kalibiru menjadi salah satu tempat wisata di Kulon Progo yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan atau pun libur panjang. Nah, untuk mengurangi antrian panjang saat berfoto, maka dari pihak pengelola membuat spot foto baru mirip dengan gardu pandang.

Hanya saja, bentuk pijakan rumah pohonnya seperti bunga (flower) bukan segi empat. View yang Anda dapatkan dari atas Spot Flower sama indahnya, yaitu perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo. Keren banget deh!

3. Spot Panggung

Spot Panggung
Spot Panggung (Foto : instagram @pujar_tree)

Selain Spot Flower, ada Spot Panggung yang tak kalah kece. Spot ini berupa papan lebar di pinggir tebing dengan view perbukitan hijau. Spot ini cukup luas sehingga bisa digunakan untuk berfoto beberapa orang secara bersamaan, berbeda dengan Gardu Pandang dan Spot Flower yang hanya muat sekitar 2 orang.

4. Spot Oval

Spot Oval
Spot Oval (Foto : instagram @kalibirumemotret)

Spot Oval pada intinya sama seperti Spot Panggung, bedanya bentuk pijakannya berupa oval. Lumayan luas juga dan bisa digunakan untuk berfoto lebih dari 2 orang. Ketika berfoto, Anda ambil bagian atasnya saja, sehingga akan tampak berada di ketinggian dengan latar perbukitan hijau dan waduk (danau buatan).

5. Spot Bundar

Spot Bundar
Spot Bundar (Foto : instagram @bimaguntaraa)

Keberadaan Spot Bundar semakin menasbihkan Kalibiru sebagai tempat wisata alam di Jogja yang paling indah dan instagramable. Berfoto di atas spot ini, akan membuat Anda seolah-olah sedang berada di puncak tower tinggi menjulang. Walaupun sebenarnya spot ini tidak begitu tinggi, hehe. Saat naik ke Spot Bundar, Anda akan diikat dengan tali pengaman demi keselamatan.

6. Kano Terbang

Kano Terbang
Kano Terbang (Foto : instagram @pujar_tree)

Jika dilihat dari postingan instagram Wisata Kalibiru, akan ada tambahan spot foto berupa Kano Terbang. Jadi, nantinya pengunjung akan menaiki sebuah kano yang digantung sambil mendayung. Hasil fotonya, seakan-akan sedang bermain kano di udara.

7. Sepeda Langit (Sky Bike)

Sepeda Langit Sky Bike
Sepeda Langit / Sky Bike (Foto : instagram @agungsuprayitno0)

Wahana baru sepeda langit / udara (sky bike) nampaknya semakin digemari wisatawan. Terbukti, saat ini hampir di setiap daerah menyediakan fasilitas sepeda terbang, termasuk Kalibiru. Di sini, Anda akan menaiki sebuah sepeda yang berjalan dan menggantung pada sebuah tali.

Oleh karena lokasinya berada di ketinggian dengan view perbukitan, maka ketika di foto akan tampak melayang di udara. Sky bike ini kemungkinan terinspirasi dari wahana di Dago Dream Park dan The Lodge Maribaya Bandung. Cobain deh, asyik banget lho! Gak usah takut jatuh, ada tali pengaitnya kok untuk jaga-jaga demi keselamatan Anda.

8. High Ropes Games

High Ropes Games
High Ropes Games (Foto : instagram @kalibirumemotret)

Bukan hanya melulu soal foto, Wisata Alam Kalibiru juga mempunyai wahana permainan outbound yang dapat memacu adrenalin. Salah satunya adalah High Ropes Games berupa menyusuri jembatan tali di ketinggian. Melangkahkan kaki satu demi satu menyusuri jembatan gantung ini membutuhkan keberanian dan tentu saja akan membuat jantung Anda berdetak kencang.

9. Flying Fox

Flying Fox
Flying Fox (Foto : instagram @kalibirumemotret)

Keadaan Kalibiru mirip dengan Batu Flower Garden Malang yang berupa perbukitan. Jadi, tak mengherankan jika keduanya memiliki wahana Flying Fox. Terbang menggantung layaknya kelelawar sambil meluncur ke bawah akan memberikan pengalaman liburan luar biasa.

10. MTB Downhill Track

MTB Downhill Track
Ilustrasi MTB Downhill Track

Buat Anda yang hoby melakukan olahraga mountain bike (MTB), bisa mencoba track downhill di Kalibiru. Perbukitan sekitar Kalibiru memiliki jalur naik turun yang seru buat memacu adrenalin di atas sepeda.

Baca Juga :

Lokasi Dan Alamat Wisata Alam Kalibiru Jogja

Objek wisata alam Kalibiru terletak di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta, Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 90 menit untuk mencapainya. Agar lebih jelas, bisa lihat peta google map berikut.

Rute Dan Akses Jalan Menuju Ke Wisata Alam Kalibiru Jogja

Untuk menuju Kalibiru sebenarnya cukup mudah, akses jalannya pun relatif bagus dan lancar. Patokan utamanya yaitu Waduk Sermo, dari sini Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan atau tanya ke warga sekitar. Secara garis besar, berikut rute jalan yang bisa Anda tempuh saat akan berkunjung ke Wisata Alam Kalibiru.

  • Rute 1 : Pusat Kota Jogja – arahkan kendaraan ke Barat – Jalan Wates – Sentolo – Belok Kanan melewati Pasar Sentolo – lurus sampai perempatan – belok kiri arah Alun-alun Wates – dari alun-alun, arahkan ke barat menuju jalan Wates – Sermo – setelah melewati RSUD Wates, ada pertigaan – belok kanan arah Waduk Sermo – masuk ke Waduk Sermo – ikuti petunjuk arah Kalibiru.
  • Rute 2 : Pusat Kota Jogja – arahkan kendaraan ke Barat – Jalan Wates – Sentolo – Pengasih – setelah perempatan Pengasih, ambil kanan – lurus terus ke pemandian Clereng – dari pemandian Clereng, ke utara 100 meteran melewati Pasar Clereng dan Jembatan – lalu belok kiri ikuti penunjuk jalan ke arah Kalibiru.
  • Rute 3 : Pusat Kota Jogja – arahkan kendaraan ke Barat – Jalan Wates – Terminal Wates – ikuti petunjuk arah ke Waduk Sermo – masuk ke Waduk Sermo – ikuti petunjuk jalan ke arah Kalibiru.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Wisata Alam Kalibiru Jogja

Setiap pengunjung yang akan memasuki Kalibiru akan dikenakan tiket masuk seharga Rp.5.000,- (Senin – Jumat) dan Rp.10.000,- (Sabtu – Minggu). Jika akan melakukan foto di atas spot foto, maka wisatawan harus membayar lagi sekitar Rp.15.000,- s/d Rp.30.000,- untuk setiap spot tersebut.

Sementara itu, harga outbound High Ropes Game dibenderol Rp.35.000,- per orang. Jika Anda ingin bermalam di Kalibiru, tersedia home stay sederhana bertarif 300 ribu rupiah per malam. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya gaes! Jam buka Kalibiru mulai pukul 06.30 – 17.00 WIB.

Fasilitas Yang Tersedia Di Wisata Alam Kalibiru Jogja

fasilitas kalibiru
Ilustrasi fasilitas ayunan gratis di Kalibiru (Foto : instagram @andrias_utama)

Destinasi wisata alam Kalibiru memilki fasilitas lumayan lengkap. Di sini sudah tersedia lahan parkir, mushola, warung kecil penjual makanan / minuman, toilet, hingga penginapan (home stay). Mengingat keadaan alam Kalibiru berupa perbukitan, maka bagi Anda yang males jalan, tersedia juga ojek motor dari parkir mobil ke lokasi dengan tarif sekitar 5 ribu rupiah per orang.

Tips Berkunjung Ke Wisata Alam Kalibiru Jogja

Sebelum Anda pergi liburan ke Desa Wisata Kalibiru, ada baiknya membaca terlebih dahulu beberapa tips wisata berikut, agar perjalanan dan kegiatan Anda berjalan dengan lancar, nyaman, serta menyenangkan.

  • Pastikan Anda hafal rute jalan, jika tidak tahu maka bisa menggunakan jasa travel atau pun meminta bantuan teman yang sudah pernah ke sana. Efektifitas waktu sangatlah penting dalam berwisata. Anda tak mau kan, waktunya terbuang sia-sia di jalan?
  • Tentukan hari kunjungan yang baik, misalnya saat cuaca cerah dan hindari musim liburan agar tidak antri dalam berfoto. Datanglah saat pagi atau menjelang sore guna menghindari terik panas matahari. Jika ingin leluasa, datang lebih pagi atau menginap di sini sehingga punya banyak waktu mencoba semua spot foto / wahana yang tersedia.
  • Periksa kendaraan Anda sebelum berangkat dan cek kondisinya. Pastikan kendaraan Anda layak jalan menaiki tanjakan perbukitan.
  • Pakailah pakaian casual dan sepatu ket sehingga mudah bergerak.
  • Bawalah kamera atau handphone untuk berfoto dengan kondisi baterai full.

Bagaimana sobat traveler? Menarik bukan aneka spot foto dan wahana di Wisata Alam Kalibiru Jogja? Rugi deh, kalau Anda rekreasi ke Yogyakarta tanpa mampir ke tempat ini. Panorama cantiknya sungguh sayang untuk dilewatkan begitu saja. Bila Anda punya update terbaru tentang Kalibiru, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.