27 Tempat Wisata Kuliner Enak Di Malioboro Jogja Dan Sekitarnya Yang Murah Meriah Wajib Dicoba

0 382

Kuliner Malioboro – Bingung mencari tempat makan di Malioboro? Ini daftar rekomendasi tempat wisata kuliner enak di Kawasan Jalan Malioboro Jogja dan sekitarnya yang murah meriah wajib dicoba. Mulai dari makanan khas tradisional, rumah makan legendaris, jajanan street food, hingga restoran kekinian bisa Anda temukan di sepanjang jalan tersebut hingga kawasan titik nol km.

Siapa seh yang tak kenal jalan Malioboro? Kawasan wisata ini dikenal sebagai surganya wisata belanja murah di Yogyakarta. Di sepanjang trotoar jalan, Anda dapat menemukan deretan pedagang kaki lima menjajakan berbagai kaos, baju, batik, blangkon, souvenir / pernak-pernik, tas, sandal, dan lain sebagainya. Hampir setiap hari, Malioboro selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Bukan hanya sebagai pusat belanja, Malioboro juga dikenal sebagai salah satu spot kuliner Jogja yang enak menggoyang lidah. Memang seh, kadang kala ada oknum pedagang nakal yang menaikkan harganya sembarangan. Namun, masih banyak kok tempat wisata kuliner murah lainnya di sekitar Malioboro dengan cita rasa lezat. Kira-kira dimana saja ya? Berikut ini ulasan lengkapnya!

Kuliner-Malioboro-Jogja
Kuliner Malioboro Jogja (Foto : instagram @gadogadobuhadi)

Daftar Tempat Wisata Kuliner Enak Di Malioboro Jogja Dan Sekitarnya Yang Murah Meriah Wajib Dicoba

1. Lumpia Samijaya

Selama ini, lumpia memang dikenal sebagai kuliner khas Semarang yang sudah melegenda. Bahkan, sebutan Kota Lumpia sudah begitu melekat pada Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah tersebut. Namun, Kota Yogyakarta sendiri ternyata punya lumpia legendaris sejak tahun 1970-an, namanya Lumpia Samijaya.

Meskipun jualan hanya memakai gerobak kaki lima, namun cita rasa lumpianya sungguh enak menggoyang lidah. Berbeda dengan lumpia Semarang yang menggunakan bahan utama rebung, isian Lumpia Samijaya berupa bengkoang, tauge, wortel, daging ayam, dan telur puyuh.

Kulit lumpianya begitu krispi (crispy) dan renyah, berpadu lezat bersama isian lumpianya. Apalagi ditambah saus putih dari bengkoang dan bawang putih, semakin menambah kenikmatan. Tak heran, kedai lumpia street food ini selalu ramai pembeli. Harga per buahnya sekitar 5 ribu rupiah. Cukup murah meriah banget, bukan?

Lokasi / Alamat Lumpia Samijaya terletak di Jl. Malioboro No.18, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta (Depan Hotel Mutiara). Jam buka mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB.

2. Pecel Madiun Berkat

Bingung mencari sarapan pagi di Jogja yang enak dan murah? Datang saja ke Pecel Madiun Berkat di Jl. Malioboro, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta (Depan Pintu Parkir Mall Malioboro Paling Selatan). Jualannya memang hanya memakai gerobak kaki lima, tapi cita rasa pecelnya sungguh lezat buat makan pagi hari.

Seporsi Pecel Madiun Berkat berisi nasi, sayuran rebus seperti bayam / kangkung, kacang panjang, dan tauge / kecambah, peyek, serta siraman kuah sambal kacang. Untuk pilihan lauk, tersedia tempe goreng, telur dadar, telur ceplok, dan lumpia. Harga seporsinya sekitar 10 – 15 ribu rupiah, tergantung lauk. Jam buka mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB.

3. Rumah Makan Soto Ayam 61

Review kuliner Malioboro berikutnya adalah Soto Ayam 61. Rumah makan legendaris yang konon kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1976 ini punya racikan soto ayam begitu lezat. Isian sotonya berisi bihun / soun, nasi, suwiran daging ayam, irisan daun seledri, bawang goreng, dan siraman kuah bening hangat nan segar.

Cita rasanya terbilang gurih ringan, tanpa ditambah kecap dan sambal pun terbilang sudah enak. Sebagai lauk pendamping, tersedia sate ayam, telur, dan perkedel kentang. Satu porsi Soto Ayam 61 dibanderol seharga 14 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya di Jl. Margo Mulyo No.61, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB (Minggu tutup pukul 16.00 WIB).

4. Gudeg Mbah Lindu

Liburan ke Jogja tentu belum lengkap tanpa mencicipi gudeg, bukan? Gudeg merupakan salah satu makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda (baca : gori) dengan cita rasa manis. Makanan ini mudah sekali ditemukan di setiap penjuru Kota Yogyakarta, baik saat pagi, siang, atau pun malam hari.

Nah, apabila Anda kebetulan sedang berada di kawasan Malioboro, sempatkanlah mampir ke Gudeg Mbah Lindu. Lokasinya berada di Jl. Sosrowijayan No.30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Jam buka sekitar pukul 06.00 – 10.00 WIB.

Gudeg Mbah Lindu termasuk legendaris karena kabarnya sudah berjualan sejak tahun 1940. Rasa gudegnya begitu autentik, masih ada aroma sangit di dalamnya. Saat ini, Mbah Lindu sudah terlalu tua sehingga usaha gudegnya dilanjutkan oleh anaknya. Harga seporsinya (nasi, gudeg, krecek, kuah areh, dan lauk) sekitar 20 – 30 ribu rupiah, tergantung lauk.

5. Lesehan Terang Bulan

Lesehan Terang Bulan termasuk spot kuliner malam Malioboro yang sudah cukup terkenal. Bahkan, artis dan pejabat pernah makan di sana lho. Menu makanan yang disajikan berupa penyetan seperti burung dara, ayam, ati ampela, bebek goreng, sambal, kol goreng, terong goreng, dan ada juga nasi gudeg.

Menu unggulan di sana yaitu burung dara dan bebek goreng. Cita rasanya begitu enak dan gurih. Harga makanan / minuman Lesehan Terang Bulan terbilang nyaman dikantong, sekitar 10 – 33 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta (depan Toko Batik Sinar Bulan). Jam buka sekitar pukul 21.00 – 00.30 WIB.

6. Gudeg Lesehan Bu Sastro

Selain Gudeg Mbah Lindu, di kawasan Malioboro juga masih ada penjual gudeg Jogja enak lainnya yang wajib dicoba, yaitu Gudeg Lesehan Bu Sastro. Lokasinya berada di Jl. Margo Mulyo (Dulu bernama Jalan Jendral Ahmad Yani), Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, (sebelah utara Toko Arloji Gunung Mas). Jam buka mulai Pukul 22.30 – 03.00 WIB (Kecuali Minggu tutup jam 00.00 WIB).

Seporsi gudeg Bu Sastro berisi nasi, gudeg, sayur, kuah opor, dan sambal. Sebagai lauk pendamping, tersedia ceker, daging ayam paha, sayap, dada, telur, dan sayur krecek tempe tahu. Cita rasa gudegnya tak terlalu manis sehingga cocok buat wisatawan pendatang. Sambalnya mantap juga! Range harga kuliner Malioboro ini sekitar 10 – 20 ribu rupiah (tergantung lauk).

7. Wedang Ronde Lek Dhie

Menikmati malam di kawasan Malioboro nampaknya belum begitu lengkap tanpa semangkok wedang ronde. Sebenarnya ada cukup banyak penjual wedang ronde di sana, tapi bila Anda ingin yang recommended, bisa jalan kaki sebentar ke Jl. Dagen No.7-12, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Di sana ada wedang ronde Lek Dhie Milenial.

Jualannya memang hanya memakai gerobak biasa, tapi Anda bisa sekaligus menikmati musik dangdut. Pasalnya, Lek Dhie membawa laptop lalu menyetelkan musik lewat saluran YouTube. Keren, bukan? Untuk wedang rondenya terbilang enak dan bikin hangat.

Satu porsi wedang ronde racikan Lek Dhie berisi kolang kaling, candil, irisan roti tawar, kacang tanah, dan kuah jahe panas. Harga satu porsi dibanderol 8 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 17.00 – 00.00 WIB (Hari Minggu Tutup).

8. Jenang Pasar Beringharjo Bu Darmini

Spot paling populer di kawasan Malioboro adalah Pasar Beringharjo. Di dalam pasar ini, biasanya para wisatawan mencari pakaian murah dengan kualitas lumayan bagus. Selain belanja baju, Anda pun bisa menikmati beberapa sajian kuliner Pasar Beringharjo yang enak untuk mengisi perut dikala lapar dan haus.

Satu diantara makanan tradisional yang wajib dicoba di Pasar Beringharjo adalah Jenang Bu Darmini. Jenang sendiri berupa bubur dengan cita rasa manis atau asin. Bu Darmini menjual 4 macam jenang, yaitu jenang bubur sumsum, jenang mutiara / monte, jenang biji salak, dan jenang wajik.

Satu porsi jenang Bu Darmini dibanderol seharga 8 ribu rupiah. Lokasinya berada di Pintu Masuk Sayap Selatan Pasar Beringharjo, Jl. Pabringan No.16, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.00 WIB – habis.

9. Sate Kere Pasar Beringharjo

Selain jenang, ada satu lagi jajanan murah di Pasar Beringharjo, yaitu sate kere. Berbeda dengan sate umumnya yang berisi daging, sate kere berisi koyor atau lemak sapi. Saat dibakar, kepulan asap tebal dan aroma khas menyertainya.

Sesuai namanya, sate ini dulunya diperuntukkan untuk masyarakat golongan menengah ke bawah (Kere artinya miskin atau tak punya uang). Jaman dulu, banyak orang tak bisa menyantap sate daging sehingga mereka menciptakan sate khas sendiri dengan harga lebih murah, yaitu sate kere.

Sate kere biasanya disajikan dalam pincukan daun pisang dengan irisan lontong dan bumbu kacang. Cita rasanya manis dan gurih. Harga satu porsi sekitar 10 ribu rupiah. Di area Pasar Beringharjo cukup banyak penjual sate kere yang bisa Anda temukan.

10. Pecel Senggol Pasar Beringharjo

Kuliner enak dan murah di sekitar Malioboro berikutnya adalah Pecel Senggol Pasar Beringharjo. Lokasinya terletak di depan pintu masuk pasar bagian barat. Di sana, berderet penjual pecel dengan aneka lauk yang begitu menggoda. Seporsi pecelnya berisi nasi, rebusan sayuran hijau seperti bayam, kol, kecambah, wortel, dan kacang panjang, lalu disiram dengan sambal kacang.

Sebagai lauk pendamping, tersedia sate usus, sate ati, sate telur puyuh, baceman, mendoan, bakwan jagung, dan lainnya. Range harga sekitar 10 – 15 ribu rupiah. Meskipun dikenal dengan nama pecel senggol, tapi lapak mereka secara umum memakai nama penjualnya masing-masing. Istilah pecel senggol konon kabarnya muncul karena para pembeli harus bersenggolan saat mengantri.

11. Es Dawet Mbah Hari Pasar Beringharjo

Terletak di pintu masuk sayap utara Pasar Beringharjo, Es Dawet Mbah Hari bisa menjadi pelepas dahaga di saat cuaca panas. Seporsi dawet legendaris sejak 1965 ini berisi dawet merah, dawet putih, cincau, santan, dan cairan gula jawa. Cita rasanya manis dan menyegarkan. Harga seporsinya sekitar 5 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB.

12. Soto Pak Muh Pasar Beringharjo

Meskipun tak sepopuler Soto Pak Soleh Al Barokah, namun cita rasa soto daging sapi racikan warung Pak Muh begitu lezat. Dagingnya begitu empuk dan gurih, berpadu enak dengan kuah segar kaya bumbu rempah dan isian soto seperti nasi, kol, kecambah, seledri, dan bawang goreng.

Seporsi soto daging sapi Pak Muh dibanderol dengan harga sekitar 15 ribu rupiah. Lokasi kuliner Malioboro ini berada di dalam Pasar Beringharjo, Jl. Pabringan No.60, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Soto ini cukup legendaris sejak tahun 1976.

13. Soto Pites Mbah Galak Pasar Beringharjo

Satu lagi soto legendaris Pasar Beringharjo yang wajib dicoba, yaitu Soto Pites Mbah Galak. Dinamakan soto pites karena penyajian sotonya ditambah cabe rawit yang dipites (baca : dipencet) pada mangkoknya. Nama galak sendiri berasal dari simbah penjual soto yang konon terkenal judes / galak.

Saat ini, warung sotonya sudah dikelola oleh penerusnya dengan cita rasa tetap enak. Untuk pilihan sotonya ada 2, yaitu soto ayam dan soto daging sapi. Selain soto, es kolang kalingnya juga kabarnya begitu lezat.

Lokasi soto Jogja terenak ini memang agak susah dicari, terletak di lantai 1 sisi timur Pasar Beringharjo. Harga seporsi sotonya sekitar 10 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 14.30 WIB (Jumat tutup).

14. Gado Gado Bu Hadi Pasar Beringharjo

Kuliner legend Pasar Beringharjo lainnya yaitu Gado Gado Bu Hadi. Seporsi gado-gado di sana berisi campuran ketupat, kentang, kecambah, kobis, selada, timun, tomat, tahu, telur, bumbu kacang, dan kerupuk udang. Perpaduan bahan-bahan tersebut memunculkan rasa enak saat di santap. Pas banget buat menu sarapan pagi atau pun makan siang.

Selain gado-gado, warung Bu Hadi juga punya lotek dan es kopyor nan segar. Harga seporsi gado-gado dibanderol sekitar 17 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Pasar Beringharjo lantai 2 sayap timur, Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 15.30 WIB.

Baca Juga :

15. Empal Bu Warno Pasar Beringharjo

Empal merupakan salah satu makanan khas Indonesia berbahan baku daging sapi yang diberi bumbu lalu dimasak hingga kering dan gurih. Empal biasanya disajikan bersama nasi putih hangat beserta sambal. Nah, apabila Anda kebetulan sedang berada di Pasar Beringharjo, bisa mampir ke warung Empal Bu Warno yang bercita rasa enak maknyus top markotop.

Seporsi Empal Bu Warno terdiri atas empal, nasi putih, lalapan, dan sambal korek. Ada juga sambal petis dengan rasa agak manis, gurih, dan asin. Tekstur dagingnya lembut, serat-seratnya pun mudah hancur. Selain empal, tersedia juga babat goreng, iso goreng, sayur asem, dan sayur lodeh.

Harga satu porsi nasi empal sekitar 22 ribu rupiah. Warung Bu Warno tidaklah luas, hanya berupa petakan lapak pasar tradisional. Tapi, kelezatan olahan empalnya begitu menggoda siapapun. Lokasinya terletak di Pasar Beringharjo Lantai 2 Los Timur PA 1 No 423, Ngupasan, Yogyakarta, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.15 – 16.00 WIB.

16. Bakmi Pentil / Mie Pentil Pasar Beringharjo

Bakmi Pentil / Mie Pentil termasuk makanan khas daerah Bantul Yogyakarta yang terbuat dari tepung tapioka. Dinamakan mie penthil / mie pentil karena teksturnya kenyal mirip pentil sepeda. Ukurannya pun lebih besar dari pada mie pada umumnya. Untuk menikmati mie jenis ini, Anda bisa mampir ke Pasar Beringharjo atau pasar tradisional di Bantul. Range harga sekitar 5 – 10 ribu rupiah.

17. Sop Kembang Waru Pasar Beringharjo

Sop Kembang Waru termasuk kuliner Malioboro yang sudah langka karena jarang ditemukan di Yogyakarta. Makanan ini berisi potongan kentang rebus, wortel rebus, rolade berbentuk bunga pohon waru, taburan seledri, bawang goreng, dan kuah kaldu sapi. Cita rasanya enak, gurih, dan segar. Harga satu porsi sekitar 10 ribu rupiah. Lokasinya terletak di lantai 2 Pasar Beringharjo pada area Kuliner Metro.

18. Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Belum lengkap rasanya saat mengeksplore kuliner Malioboro dan sekitarnya tanpa mampir ke rumah makan Gudeg Yu Djum Wijilan 167. Lokasinya berada di Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 06.00 – 22.00 WIB.

Sesuai namanya, Gudeg Yu Djum Wijilan menyajikan menu utama berupa gudeg kering. Seporsi nasi gudegnya berisi nasi putih, gudeg, krecek, kuah areh, cabai rawit rebus, dan lauk sesuai selera dari mulai tahu, tempe, telur, hingga ayam. Cita rasanya khas banget, cenderung manis dan gurih. Jika ingin ada rasa pedas, Anda bisa meminta tambahan cabe rawit rebus saat memesan.

Range harga sekitar 15 – 50 ribu rupiah, tergantung lauk. Rute jalan menuju lokasi Gudeg Yu Djum Wijilan 167 cukup mudah. Dari jalan Malioboro, Anda tinggal lurus ke Selatan menuju alun-alun utara, lalu belok kiri, kemudian belok kanan ke sentra makanan gudeg Wijilan. Di sana, Anda akan menemukan deretan warung gudeg, termasuk gudeg Yu Djum.

19. Special Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele

Bukan hanya gudeg, Kota Yogyakarta juga populer dengan sajian bakmi Jawanya. Satu diantara warung bakmi Jawa enak yang dekat Malioboro adalah Special Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele. Lokasi / alamatnya terletak di JL. Pojok Tenggara, Jl. Alun-Alun Utara, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta (depan SD Keputran). Jam buka mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB.

Menu yang disajikan oleh warung Pak Pele antara lain bakmi godog (rebus), bakmi goreng, bakmi nyemek (berkuah sedikit), nasi goreng, dan magelangan (nasi goreng dicampur mie). Harga satu porsinya terbilang agak mahal karena memakai ayam kampung dan telor bebek, sekitar 22 – 25 ribu rupiah.

20. Warung Brongkos Handayani

Berpindah agak ke selatan dari kawasan Malioboro, ada Warung Brongkos Handayani yang siap memanjakan perut Anda dikala lapar. Sesuai namanya, tempat makan di Jogja legendaris sejak 1975 ini menawarkan menu utama berupa Nasi Brongkos. Jam buka mulai dari pukul 08.00 – 19.00 WIB.

Brongkos merupakan semacam sayur mirip rawon namun diberi santan sehingga lebih kental dan gurih. Isian brongkos biasanya berupa potongan daging, koyor, telur, tahu, dan kacang tolo. Di Warung Handayani, ada 2 macam brongkos yaitu brongkos koyor dan brongkos telur.

Selain brongkos, Anda juga bisa menikmati menu lain seperti nasi rames, nasi pecel, es campur (kelapa dan tape), wedang uwuh, es teh / jeruk, kopi, dan sebagainya. Range harga makanan di sini sekitar 13 – 34 ribu rupiah. Lokasinya berada di sekitar Alun-Alun Kidul Yogyakarta. Tepatnya, Jl. Gading No.2, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

21. Es Buah Gerjen Keraton / Es Buah Pak Lantip

Meskipun hanya berjualan memakai gerobak tanpa kursi dan tikar, namun cita rasa Es Buah Gerjen Keraton / Es Buah Pak Lantip sungguh lezat. Isian buahnya yang cukup banyak dan cita rasa manis segar membuat lapaknya ramai pembeli dikala cuaca panas melanda.

Dari sekian banyak penjual es buah Jogja kaki lima, racikan es kedai Pak Lantip termasuk yang terenak. Seporsi es buahnya berisi cincau, kolang-kaling, kelapa muda, tape singkong, alpukat, nangka, sawo, dan melon. Kemudian isian tersebut ditutup dengan es gosrok / es serut, lalu disiram gula cair, dan susu cokelat. Ada 2 jenis gula, yaitu gula jawa cair dan gula putih cair. Anda bebas memilih sesuai selera.

Harga satu porsi Es Buah Gerjen Keraton (Pak Lantip) sekitar 8 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Nyai Ahmad Dahlan No.58-62, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Dari titik nol KM Jogja, ke arah barat lurus. Setelah melewati pertigaan Rumah Sakit PKU MUhammadiyah, belok kiri ke arah Jl. Nyai Ahmad Dahlan. Beberapa meter nanti akan terlihat gerobak es buah Pak Lantip disebelah sisi kanan jalan.

22. Roti Bakar Alfin

Roti bakar Alfin memiliki ukuran relatif kecil dari pada roti bakar Bandung pada umumnya. Hal ini karena pada awalnya, roti bakar Alfin hanya diperuntukkan bagi anak-anak SD. Harganya pun murah meriah sekitar 2 – 5 ribu rupiah. Namun, seiring berjalannya waktu, kelezatan roti bakar Alfin mulai viral di sosial media. Tak ayal, banyak orang berbondong-bondong ingin mencicipinya.

Tekstur rotinya lembut dengan aroma harum, kabarnya home made alias bikinan sendiri. Meskipun harganya murmer, tapi pilihan topingnya cukup bervariasi mulai dari nanas, cokelat, keju, green tea, blueberry, strawberry, susu, meses, sosis, atau pun kombinasi dari berbagai rasa tersebut. Bila ingin membeli, sebaiknya Anda datang pada waktu awal buka atau pesan dulu melalui WA agar tidak kehabisan.

Roti bakar Alfin / Alfins / Alvian dijajakan memakai gerobak motor. Biasanya mangkal di Samping SD N Keputran 2(Senin – Sabtu) Jl. Kadipaten Kidul No.17, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta dan Sisi Timur Alun-Alun Utara Yogyakarta (Minggu). Jam Buka : Pukul 09.00 WIB – Habis (Senin – Jumat), Pukul 08.00 WIB – Habis (Sabtu), dan Pukul 06.00 WIB – Habis (Minggu)

23. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Selain dikenal sebagai Kota Gudeg, Yogyakarta juga bisa dibilang sebagai Kota Angkringan. Pasalnya, berbagai penjual angkringan menjamur di setiap sudut kota. Salah satu angkringan Jogja paling terkenal adalah Angkringan Kopi Jos Lik Man. Lokasinya terletak di Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 14.00 – 03.00 WIB.

Menu yang ditawarkan di sana antara lain nasi kucing, gorengan, aneka sate, teh, kopi, jahe dan susu. Sesuai namanya, menu unggulannya tentu saja kopi joss, yaitu kopi hitam panas dimana di dalamnya dimasukkan bara api dari arang. Saat bara api arang dimasukkan ke dalam air kopi, maka akan timbul suara jossss. Oleh karena itu, kopi tersebut dinamakan kopi joss.

Angkringan Kopi Jos Lik Man sudah cukup lama menjadi ikon kuliner malam Yogyakarta yang asyik buat nongkrong bareng teman-teman. Hampir setiap malam, para anak-anak muda seperti mahasiswa bersantai duduk lesehan sambil ngobrol atau pun diskusi di angkringan Lik Man. Selain lapak Lik Man, di sana juga berderet angkringan lainnya. Range harga sekitar 5 – 15 ribu rupiah.

24. Soto Ayam Lenthok Pak Gareng

Soto merupakan hidangan Nusantara yang cukup banyak digemari oleh masyarakat. Hampir setiap daerah punya racikan soto tersendiri, termasuk Yogyakarta. Ciri khas soto Jogja pada umumnya bercita rasa manis gurih, berkuah bening, dan adanya tambahan lenthok (perkedel ketela).

Satu diantara banyaknya soto ayam lenthok terkenal di Jogja adalah Soto Ayam Lenthok Pak Gareng. Lokasinya berada di Jl. Margo Utomo (Ex. Jl. P. Mangkubumi), Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta (sebelah timur Stasiun Tugu, agak ke utara sedikit).

Satu porsi sotonya berisi nasi, bihun, irisan kubis, suwiran daging ayam, seledri, bawang goreng, lalu disiram dengan kuah bening. Rasa kuahnya lumayan gurih dan segar, apalagi bila ditambahkan dengan jeruk nipis, ada rasa asam-asamnya.

Sebagai lauk tambahan tersedia lenthok, tempe goreng, tahu bacem, sate daging ayam, sate uritan, sate hati, dan juga sate usus. Harga soto di spot kuliner Malioboro dan sekitarnya yang satu ini cukup murah meriah yaitu 12 – 15 ribu rupiah dengan porsi lumayan banyak sehingga bikin kenyang.

25. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Anda pecinta pedas? Jika iya, wajib deh mampir ke Oseng-Oseng Mercon Bu Narti di Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 17.00 – 00.00 WIB. Oseng mercon adalah makanan yang terbuat dari campuran tetelan daging sapi, kikil, gajih, dan kulit dengan cita rasa super pedas karena dimasak / ditumis memakai cabe rawit berjumlah sangat banyak.

Sebagai pendamping oseng mercon, warung Bu Narti menyediakan lauk lainnya seperti ayam, burung puyuh, lele, telur, tahu dan tempe. Harganya lumayan mahal, jadi sebaiknya Anda tanya dulu saat memesan lauk, nasi, dan oseng merconnya agar tak kaget saat membayarnya.

26. Terang Bulan Mas Agus

Terang Bulan Mas Agus merupakan penjual kaki lima martabak unik dan enak bertoping ketan hitam yang lumayan dekat dengan kawasan Malioboro. Dari titik 0 KM, Anda tinggal lurus ke barat sekitar 500 meter (setelah PKU Muhammadiyah seberang jalan). Tepatnya di Jl. KH. Ahmad Dahlan, Ngupasan, Ngampilan, Kota Yogyakarta.

Adonan martabaknya bertekstur empuk lembut dimulut dengan pilihan original, pandan, dan red velvet. Selain toping ketan hitam, spot kuliner Malioboro dan sekitarnya ini juga menyediakan toping keju, cokelat, kacang, pisang, kismis, serta kombinasi antara toping-toping tersebut. Untuk range harga sekitar 17 – 30 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 17.00 – 22.00 WIB.

27. Bakpia Khas Jogja

Liburan ke kawasan Malioboro, tentu belum lengkap tanpa membeli buah tangan, bukan? Tak hanya pernak-pernik dan pakaian, di sekitar Malioboro juga banyak pusat oleh oleh khas Jogja yang menjajakan aneka camilan, termasuk bakpia. Bakpia merupakan makanan berbentuk bulat pipih dari tepung dengan isian kacang hijau dan diolah dengan cara dipanggang atau dioven.

Seiring perkembangan jaman, isian bakpia pun mengalami inovasi. Tak hanya kacang hijau, kini tersedia berbagai toping / isian seperti cokelat, nanas, keju, durian, ubi ungu, dan lainnya. Pada jaman dulu, sentra bakpia Jogja berada di daerah Pathuk / Pathok, tak jauh dari Malioboro. Namun, saat ini sudah bermunculan industri bakpia lainnya di daerah lain.

Ada banyak sekali merek bakpia yang beredar dipasaran. Beberapa bakpia enak menurut saya, antara lain Bakpia 25, Bakpia 75, Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Kukus Tugu Jogja, Bakpia Mutiara, Bakpiaku, Bakpiapia, Bakpia Podjok, Bakpia Kencana, dan Bakpia Citra Premium.

Tak jauh dari Malioboro, Anda dapat berkunjung langsung ke pabrik pembuatan Bakpia 25 dan Bakpia 75. Sedangkan lokasi pabrik bakpia yang lain, sepertinya cukup jauh dari Malioboro. Membeli dengan cara datang langsung ke pabrik sendiri tanpa perantara biasanya akan diberi diskon harga.

Demikianlah review lengkap berbagai tempat makan di Malioboro Yogyakarta dan sekitarnya yang enak dan murah meriah. Jika Anda berencana untuk berkunjung ke sana, jangan lupa untuk mencatat referensi Kuliner Malioboro di atas buat persiapan pada saat perut kelaparan. Oya, bagi sobat traveler yang punya rekomendasi kuliner lezat lainnya bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Sekian dari saya, dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.