Ranca Upas : Wahana Seru, Spot Foto Keren, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung

0 354

Ranca Upas – Ingin tahu ada apa saja di Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung? Inilah review lengkap aneka wahana seru, spot foto keren, fasilitas, harga tiket masuk, lokasi / alamat, dan rute jalan menuju ke sana. Berbagai aktivitas menarik dapat Anda lakukan di sana, mulai dari camping / kemah, berenang di kolam air panas, memberi makan rusa, outbound / fun games, berkuda, memanah, hingga selfie kekinian.

Kampung Cai Ranca Upas sebenarnya merupakan sebuah bumi perkemahan, namun punya fasilitas tambahan yang asyik buat liburan bersama anak-anak, keluarga, atau pun sahabat. Luasnya sekitar 215 hektare dan berada pada ketinggian 1700 mdpl sehingga memiliki suhu udara cukup dingin 17 – 20 derajat celcius.

Selain itu, kawasan camping ground ini juga menawarkan pemandangan alam nan cantik. Saat berkunjung ke sana, wisatawan akan dimanjakan dengan hamparan rumput, pepohonan hijau, hingga perbukitan indah di sekelilingnya. Suasananya begitu tenang dan nyaman, cocok sekali buat melepas penat dari hiruk pikuk keramaian kota. Tak ayal, Ranca Upas pun menjadi salah satu destinasi wisata Ciwidey favorit wisatawan saat weekend atau libur panjang.

Kampung-Cai-Ranca-Upas-Ciwidey-Bandung-Selatan
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung Selatan (Foto : Reizka Dwidianto)

Daftar Wahana Seru, Spot Foto Keren, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung

Jika Anda akan pergi rekreasi ke Kampung Cai Ranca Upas, ada baiknya membaca dulu ulasan dari saya berikut ini. Dengan mengetahui gambaran umumnya, Anda akan lebih mudah dalam menentukan kegiatan apa saja yang akan Anda pilih selama liburan di sana. Tentunya disesuaikan dengan budget dan waktu Anda.

Wahana Seru Dan Spot Foto Keren Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung

1. Camping Ground / Bumi Perkemahan

Wahana utama Kampung Cai Ranca Upas tentu saja area camping ground. Suasananya begitu tenang, penuh pepohonan hijau dengan udara sejuk. Apalagi saat pagi tiba, hamparan kabut tebal tampak begitu indah saat ditembus cahaya matahari. Kampung ini menjadi salah satu destinasi wisata Bandung yang recommended bagi para traveler pecinta alam.

Saat malam hari, Anda bisa menyaksikan gemerlap langit penuh cahaya bintang dan rembulan. Tak hanya itu, fasilitasnya pun lengkap, tersedia penyewaan peralatan kemah seperti, tenda, kayu bakar, sleeping bag, matras, sound system, dan lampu lampu petromak. Jadi, Anda tak usah repot-repot membawanya dari rumah.

Oya, di sini juga asik buat latihan survival bagi para pecinta alam. Pasalnya, kawasan ini memiliki hutan yang masih alami. Beberapa pepohonan penghuni hutan antara lain pohon Jamuju, Huru, Puspa, Kitambang dan lainnya. Sedangkan fauna atau hewan yang mungkin bisa Anda temui yaitu burung Tekukur, Elang, Monyet, dan sebagainya.

2. Penangkaran Rusa

Wahana Ranca Upas berikutnya yang seru untuk dikunjungi adalah penangkaran rusa. Di tempat ini, Anda bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa jinak lucu menggemaskan dari mulai memberi makan wortel hingga berfoto bersama mereka.

Sebelum memasuki area penangkaran rusa, sebaiknya Anda membawa wortel / sayuran sucukupnya untuk makanan rusa. Anda dapat membelinya di sana dengan harga sekitar 10 ribu rupiah dan sewa sepatu boots seharga 20 ribu rupiah. Pastikan juga, Anda membawa teman dan kamera untuk mengambil foto saat bermain bersama rusa. Spot foto di penangkaran ini terbilang keren, cocok buat pengisi feed instagram.

3. Outbound / Fun Games

Ranca Upas ternyata juga menyediakan wahana permainan di alam terbuka yang sering dikenal dengan nama outbound / fun games. Berbagai permainan menantang dan seru dapat Anda lakukan di sana, seperti flying fox, paint ball, sepeda gunung, team building, trekking hutan, jembatan goyang, elvis bridge, dan lainnya. Untuk wahana ini, sepertinya Anda harus reservasi dulu ke pihak pengelola jauh-jauh hari sebelumnya.

4. Kid Zone

Sebagai salah satu tempat wisata anak dan keluarga di Bandung yang bagus, tentu saja Kampung Cai Ranca Upas punya wahana khusus untuk anak-anak, yaitu Kid Zone. Di zona anak ini, putra-putri Anda dapat beraktivitas atau pun bermain di alam terbuka, misalnya mewarnai gambar. Anak-anak juga akan diajak banyak bergerak dengan di dampingi kakak-kakak pemandu sehingga terbilang aman.

5. Kolam Renang Dan Pemandian Air Panas

Bagi Anda yang suka berenang atau pun bermain air, ada wahana kolam renang (mini water boom) baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Tersedia juga seluncuran dan ember tumpah sehingga menambah keseruan dalam bermain air. Tak hanya itu, Anda pun bisa relaksasi sejenak di dalam pemandian air panas Ranca Upas.

6. Berkuda (Horse Riding)

Selama ini, wahana berkuda di Bandung identik dengan De Ranch Lembang. Namun, ternyata di kawasan Kampung Cai Ranca Upas juga punya trek berkuda yang tak kalah asyik. Anda dapat naik berkuda sambil menyaksikan pepohonan pinus serta menghirup udara segar.

7. Panahan / Memanah (Archery)

Wahana Panahan / Memanah (Archery) juga tak kalah seru. Di sini, Anda dapat melatih daya konsentrasi dalam membidik anak panah agar tepat sasaran. Perlu ketenangan pikiran dan latihan serius agar dapat memanah tepat sasaran.

8. Wisata Land Rover

Wahana ini menawarkan petualangan seru menjelajahi kawasan Ciwidey dengan menaiki mobil Land Rover. Trek atau jalur lintasannya cukup panjang dan menarik dengan panorama alam nan eksotis khas Bandung Selatan. Wisatawan akan memulai start dari Ranca Upas, lalu menuju Kawah Putih hingga Puncak Sunan Ibu.

Perjalanan akan dilanjutkan ke perkebunan teh Patuha, perkampungan pemetik teh, perkebunan teh Rancabali, lalu kembali ke Ranca Upas. Mengingat pemandangannya sungguh cantik, pastikan Anda membawa kamera bagus dengan full baterai beserta baterai cadangan atau power bank.

9. Spot Foto Keren

Tak kalah dengan pariwisata Lembang yang punya segudang spot foto keren bertema alam, kawasan Kampung Cai Ranca Upas juga menawarkan latar berfoto instagramable pada setiap sudutnya. Misalnya saja pada area coffee shop, penangkaran rusa, padang rumput bumi perkemahan, kabut pagi, hingga hutan. Pada umumnya, wisatawan suka berfoto sambil berinteraksi dengan rusa-rusa jinak.

10. Foto Prewedding

Dengan adanya spot-spot foto keren tersebut, Ranca Upas bisa dijadikan sebagai salah satu lokasi prewedding di Bandung bertema alam bagi para calon pengantin baru. Duduk berdua di hamparan rerumputan atau pun sambil bermain bersama rusa tentu akan menghasilkan foto romantis yang bagus mengesankan.

Baca Juga :

Fasilitas Yang Terdapat Di Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung

Ranca Upas merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung yang memiliki fasilitas lengkap. Bukan hanya camping ground dan wahana permainan, di sana juga sudah tersedia sara prasarana untuk memberi kenyamanan kepada pengunjung, mulai dari area parkir, toilet, kamar mandi, coffee shop, jasa foto prewedding, hingga penyewaan tenda kemah.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung

Harga tiket masuk ke kawasan wisata Kampung Cai Ranca Upas terbilang murah, sekitar 15 ribu rupiah per orang. Namun, untuk menikmati wahana di dalamnya, Anda masih harus bayar lagi. Mengingat tempat ini adalah bumi perkemahan (baca : bumper), maka jam bukanya selama 24 jam. Berikut tarif wahana dan penyewaan peralatan kemah di sana.

  • Tiket masuk wisatawan domestik : Rp.15.000,-
  • Tiket masuk wisatawan mancanegara : Rp.25.000,-
  • Camping : Rp.10.000,-
  • Kolam Renang : Rp.15.000,-
  • Sepeda Gunung : Rp.10.000,-
  • Makanan Rusa : Rp.10.000,-
  • Paintball : Rp.120.000,-
  • Fun Games : Rp.100.000,-
  • Jembatan Goyang : Rp.15.000,-
  • Flying Fox : Rp.15.000,-
  • Elvis Bridge : Rp.15.000,-
  • Team Building : Rp.150.000,-
  • Shooting : Rp.1.500.000,-
  • Prewedding : Rp.500.000,-
  • Parkir Motor : Rp.3.000,-
  • Parkir Mobil : Rp.10.000,-
  • Parkir Bus : Rp.25.000,-
  • Booking area untuk group : Rp.500.000,-
  • Petromaks : Rp.50.000,-
  • Sound System : Rp.1.000.000,- / 7 jam
  • Genset : Rp.800.000,-
  • Kayu Bakar : Rp.15.000,-
  • Sleeping Bag : Rp.20.000,-
  • Extra Bed : Rp.70.000,-
  • Matras : Rp.10.000,-
  • Tenda Panggung : Rp.700.000,-
  • Tenda Pesta : Rp.600.000,- per hari
  • Tenda Pleton : Rp.600.000,-
  • Tenda Charly : Rp.150.000,- s/d Rp.300.000,-
  • Tenda Vango : Rp.350.000,-
  • Tenda Rofi : Rp.350.000,-

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Ke Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung

Alamat Kampung Cai Ranca Upas terletak di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Lokasinya kebetulan tak begitu jauh dengan Situ Patenggang Ciwidey, hanya sekitar 6,7 km (17 menit waktu tempuh perjalanan) sehingga memungkinkan Anda bisa menjelajahi 2 objek wisata sekaligus dalam satu hari.

Rute jalan menuju ke sana terbilang mudah, Anda bisa memakai kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika ingin backpackeran naik kendaraan umum, Anda bisa langsung ke Terminal Leuwi Panjang lalu naik angkot menuju ke Terminal Ciwidey. Dari sana, kemudian Anda naik angkot warna kuning jurusan Ciwidey – Patengan / Patenggang / Rancabali menuju ke Ranca Upas.

Apabila Anda ingin lebih nyaman, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa melalui tol Tol Soreang–Pasirkoja, setelah keluar pintu tol, terus belok kanan menuju Ciwidey hingga pasar Ciwidey. Dari pasar tersebut Anda masih harus melanjutkan perjalanan ke atas lagi ke arah Rancabali atau Situ Patengan. Di sana nanti akan terlihat pintu gerbang Patuha Resort, Kawah Putih, dan Kampung Cai Ranca Upas. Agar lebih jelas, silahkan Anda melihat peta lokasi google map berikut.

Tips Berkunjung Ke Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung

Liburan ke destinasi wisata alam seperti Ranca Upas memang menyenangkan bisa membuat pikiran menjadi fresh kembali. Pasalnya, Anda akan merasakan suasana tenang jauh dari keramaian kota, menghirup udara segar, dan memanjakan mata dengan keindahan alam. Namun, untuk kelancaran kegiatan Anda di sana, ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut ini.

  • Datanglah saat musim panas / kemarau atau cuaca cerah. Sebagian besar area Ranca Upas berupa ruang terbuka, sehingga jika Anda datang ketika cuaca cerah maka akan bisa leluasa melakukan kegiatan di sana dari mulai berenang, outbound, berkuda, memanah, berinteraksi dengan rusa, hingga berkemah tanpa takut kehujanan. Pencahayaan yang bagus juga akan memudahkan dalam melakukan pengambilan foto / gambar.
  • Hindari datang saat musim miburan, datanglah saat weekday. Hampir bisa dipastikan, bahwa setiap objek wisata akan ramai pengunjung ketika weekend atau musim liburan tiba. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan ketenangan, ada baiknya berkunjung saat weekday dimana pengunjung relatif sepi. Suasananya lebih nyaman dan leluasa dalam mengeksplore setiap sudut di sana.
  • Persiapkan peralatan kemah seperti kompor, tenda, alas tidur, lampu petromaks, kayu bakar, bekal makanan, minuman, dan sebagainya sebelum berangkat. Anda bisa membawa peralatan tersebut dari rumah, atau pun menyewa sebagian kepada pihak pengelola.
  • Jika akan berkemah, bawalah jaket atau baju tebal dan selimut karena udara malam cukup dingin.
  • Bagi Anda yang akan bermain dengan rusa, jangan lupa untuk membawa makanan rusa berupa sayuran hijau atau wortel. Anda bisa membeli makanan tersebut pada pihak pengelola.
  • Bagi Anda yang akan melakukan kegiatan kemah secara rombongan, ada baiknya booking area terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelumnya.
  • Meskipun ada coffee shop, namun tak ada salahnya Anda membawa bekal makanan dan minuman dari rumah agar lebih hemat.
  • Bawalah kamera terbaik Anda agar bisa mendapatkan foto bagus.
  • Persiapkan baju ganti jika akan berenang di kolam renang / waterboom.
  • Gunakan pakaian yang menyerap keringat dan memudahkan bergerak.
  • Gunakan alas kaki ringan seperti sepatu kets sehingga memudahkan dalam berjalan atau berpindah tempat.
  • Sedia topi / penutup kepala untuk melindungi diri dari sengatan panas matahari saat siang hari.
  • Sedia payung jika datang saat musim hujan karena area di Kampung Cai berupa ruang terbuka (outdoor).
  • Bawalah obat-obatan yang Anda butuhkan.
  • Persiapkan fisik sebaik mungkin agar sehat saat waktu berkemah tiba.
  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima layak jalan.

Demikianlah ulasan lengkap tentang Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey, mulai dari wahana, spot foto, fasilitas, harga tiket masuk, lokasi / alamat, hingga rute jalan. Jangan lupa untuk memasukkan objek wisata ini ke dalam list liburan Anda di kawasan Bandung Selatan. Bagi sobat traveler yang kebetulan sudah pernah pergi ke sana, bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.