7 Tempat Wisata Hutan Pinus Di Jogja Yang Cantiknya Kebangetan

0 4,058

Hutan Pinus Jogja – Sobat traveler, inilah daftar rekomendasi tempat wisata hutan pinus di Jogja dan sekitarnya yang cantiknya kebangetan. Saat ini, spot selfie berlatar pepohonan pinus sedang digandrungi oleh wisatawan. Selain karena setiap sudutnya tampak instagramable, pohon berdaun jarum ini juga membuat suasana menjadi lebih nyaman dan sejuk.

Awal mula munculnya wisata Jogja yang berupa hutan pinus berasal dari viralnya foto-foto instagenic pepohonan pinus di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul melalui media sosial facebook atau instagram. Oleh karena foto tersebut tampak keren, akhirnya banyak orang penasaran lalu datang ke sana.

hutan-pinus-jogja
Hutan Pinus Jogja (Foto : instagram @gunawanjir)

Nah, seiring berjalannya waktu, dari pihak pengelola menambahkan beberapa spot unik seperti panggung pertunjukkan dan kursi dari kayu. Akhirnya, hutan pinus tersebut menjadi objek wisata hingga sekarang serta diikuti daerah lainnya. Kira-kira dimana saja ya lokasi hutan pinus bagus dan indah di Yogyakarta? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Hutan Pinus Di Jogja Yang Cantiknya Kebangetan

1. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan (Foto : instagram @laelahisyam)

Mari kita awali review pertama destinasi wisata hutan pinus di Yogyakarta dengan mengulas Hutan Pinus Mangunan atau Hutan Pinus Nganjir. Kawasan ini, dulunya termasuk tanah tandus tanpa pepohonan. Lalu, dilakukanlah penghijauan (baca : reboisasi) melalui penanaman pohon pinus, sampai pada akhirnya daerah ini menjadi hijau seperti sekarang.

Secara administratif, objek wisata alam Jogja ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, tapi banyak wisatawan menyebutnya sebagai Hutan Pinus Imogiri. Mungkin lantaran akses jalannya melalui jalan-jalan ke arah makam raja-raja di Imogiri, maka dinamakan demikian.

Ciri khas Hutan Pinus Mangunan yaitu adanya panggung pertunjukkan dan bangku-bangku penonton dari kayu membentuk setengah lingkaran. Bangku tersebut berupa pohon yang masih terlihat bentuk aslinya. Unik dan epic banget!

Panggung pertunjukkan Hutan Pinus Mangunan
Panggung pertunjukkan Hutan Pinus Mangunan (Foto : instagram @norel08)

Saat ini faslitasnya semakin lengkap, ada penambahan spot foto berupa gardu pandang / rumah pohon, taman bunga, toilet, dan tempat parkir. Harga tiket masuknya sepertinya gratis, hanya membayar parkir mobil 10 ribu rupah, sedangkan motor 3 ribu rupiah.

Oya, Hutan Pinus Mangunan juga recommended sebagai tempat prewedding di Jogja lho. Berfoto diantara deretan pohon pinus akan memberi kesan romantis. Namun, jika akan melakukan foto prewed, harus ijin terlebih dahulu pada pengelola, lalu membayar biaya sekitar 75 ribu rupiah.

2. Hutan Pinus Asri

Hutan Pinus Asri Karangasem
Hutan Pinus Asri Karangasem (Foto : instagram @rafsanjani1990)

Tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan, terdapat objek wisata serupa yang tak kalah bagus dan hits, yaitu Hutan Pinus Asri. Di sini, Anda akan disuguhi spot foto kekinian dari mulai gardu pandang berlatar perbukitan hijau, rumah Spongebob, rumah pohon, spot berbentuk bintang, patung elang, hingga taman bunga.

Anda juga bisa membawa hammock dari rumah untuk bersantai diantara deretan pohon pinus yang menjulang tinggi. Lokasi Hutan Pinus Asri terletak di Dusun Karangasem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, sekitar 1 km dari Hutan Pinus Mangunan ke arah timur.

Gardu Pandang Hutan Pinus Asri
Gardu Pandang Hutan Pinus Asri (Foto : instagram @onyone96)

Harga tiket masuknya gratis, Anda cukup membayar parkir kendaraan sekitar 3 – 10 ribu rupiah. Gardu pandang pinus Asri cukup terkenal sebagai salah satu spot sunrise cantik di Yogyakarta. Jika ingin melihat sang surya baru bangun dari peraduannya, Anda harus datang pagi setelah subuh.

3. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger
Hutan Pinus Pengger (Foto : instagram @alexa_jogja)

Bingung mencari tempat hunting foto di Jogja yang bagus? Datang saja ke Hutan Pinus Pengger. Hamparan pohon pinusnya tampak begitu indah dan punya banyak spot foto instagramable. Misalnya saja spot tangan raksasa, sarang burung, jembatan kayu, rumah pohon, dan lain sebagainya.

Spot Tangan Raksasa Hutan Pinus Pengger
Spot Tangan Raksasa Hutan Pinus Pengger (Foto : instagram @trisnoarybudi)

Alamat Hutan Pinus Pengger terletak di Jl. Dlingo-Patuk, Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jika Anda ingin mendapatkan suasana romantis nan syahdu, datanglah ketika malam hari. Spot foto yang berhias lampu saat malam terlihat lebih keren. Kerlap-kerlip lampu city light dari kejauhan tampak begitu epic.

Hutan Pinus Pengger Saat Malam Hari
Hutan Pinus Pengger Saat Malam Hari (Foto : instagram @norel08)

Pantas rasanya memasukkan Hutan Pinus Pengger ke dalam list destinasi wisata malam Jogja anti mainstream. Harga tiket masuknya sekitar Rp.2.500,-, parkir motor / mobil dibanderol seharga 2 – 5 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 06.30 – 23.00 WIB.

Baca juga :

4. Puncak Pinus Becici

Puncak Pinus Becici
Puncak Pinus Becici (Foto : instagram @ikke.yuliant4250)

Puncak Becici mempunyai hutan pinus lumayan luas, mencapai 4,4 hektar. Tak heran jika udaranya terasa sejuk. Dari atas puncak ini, Anda bisa menyaksikan sunset indah Jogja, megahnya Candi Prambanan, dan kecantikan pantai selatan.

Destinasi wisata Bantul yang sempat dikunjungi mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ini juga memiliki sejumlah spot foto keren seperti Gardu Pandang, Rumah Marsupilami, Rumah Jamur, dan Taman Cinta. Tersedia juga penyewaan hammock untuk bersantai dengan tarif 20 ribu rupiah.

Lokasi Puncak Becici berada di Gunungcilik RT. 07 / RW. 02, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, jaraknya sekitar 30 Km dari pusat kota Yogyakarta. Harga tiket masuknya murah meriah sekali, hanya 2 ribu rupiah per orang. Parkir kendaraan dibanderol 2 – 5 ribu rupiah.

5. Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit

Rumah Hobbit Seribu Batu Songgo Langit
Rumah Hobbit Seribu Batu Songgo Langit (Foto : instagram @onyone96)

Gak perlu jauh-jauh datang ke Farm House Susu Lembang untuk berfoto dengan latar Rumah Hobbit, Jogja juga punya lho. Datang saja ke Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit, Anda akan menemukan sebuah spot foto cantik berupa Rumah Hobbit / Kurcaci.

Setelah puas berfoto, Anda bisa melanjutkan aktivitas dengan flying fox. Tarifnya ukup murah kok, hanya membayar 15 ribu rupiah, Anda sudah bisa berseluncuran terbang layaknya kelelawar. Lumayan kan buat menguji adrenalin? Hehe. Tapi, jika Anda fobia ketinggian sebaiknya gak usah mencoba ya!

Seribu Batu Songgo Langit terletak di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Harga tiket masuknya sepertinya masih gratis, cukup membayar parkir kendaraan. Jam buka mulai pagi – sore hari.

6. Hutan Pinus Nglinggo

Hutan Pinus Nglinggo
Hutan Pinus Nglinggo (Foto : instagram @offroad.nglinggo)

Selain Wisata Alam Kalibiru, Kabupaten Kulon Progo ternyata memiliki sejumlah objek wisata bagus lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Desa Wisata Nglinggo di Pagerharjo, Samigaluh. Ada banyak aktivitas menarik di sini, dari mulai jelajah kebun teh, latihan menari kesenian Lengger Tapeng, hingga hutan pinus.

Hutan Pinus Nglinggo tak kalah eksotis untuk dieksplore. Anda bisa menyewa mobil jeep sambil offroad menyusuri deretan pepohonan pinus yang tumbuh tegak tinggi menjulang ke atas. Biaya sewa “Jeep Wisata” ini sekitar 600 – 700 ribu rupiah untuk tiga orang.

7. Hutan Pinus Kalilo

Hutan Pinus Kalilo
Hutan Pinus Kalilo (Foto : instagram @asmasyarief)

Secara administratif, Hutan Pinus Kalilo memang terletak di Tlogoguwo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Namun, secara geografis, lokasinya berada di perbatasan perbatasan Kulon Progo dan Purworejo sehingga saya masukkan ke dalam list ini.

Objek wisata alam yang baru di buka beberapa bulan ini menawarkan panorama alam indah dan udara sejuk. Tak ketinggalan, aneka spot foto pun tersedia di sini, gak kalah keren kok bila dibandingkan dengan Top Selfie Pinusan Kragilan Magelang.

Spot foto di Hutan Pinus Kalilo
Spot foto di Hutan Pinus Kalilo (Foto : instagram @hutanpinuskalilo)

Harga tiket masuk ke sini masih sebatas sukarela, sedangkan parkir motor sekitar 2 ribu rupiah. Rute jalan yang bisa ditempuh dari arah Kota Yogyakarta yaitu Anda langsung menuju jalan Godean, lurus terus ke barat arah Kulonprogo.

Setelah bertemu Perempatan Kenteng masih lurus terus, sampai ke Goa Kiskendo. Dari tempat tersebut, Anda lanjutkan perjalanan lurus ke arah barat kurang lebih 1,7 km. Ikuti papan petunjuk jalan menuju Hutan Pinus Kalilo. Jika bingung, Anda bisa menggunakan GPS dan bertanya ke warga sekitar.

Demikianlah uraian / ulasan singkat tentang destinasi wisata hutan pinus Jogja dengan panorama indah. Mengingat daun-daun dan ranting kering di area hutan sangat mudah terbakar, maka Anda sebaiknya tidak membuat perapian atau pun membuang puntung rokok sembarangan. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.