25 Wahana Seru, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Rita Park Tegal Jawa Tengah

0 188

Rita Park Tegal – Ingin tahu ada apa saja di dalam Rita Park Tegal Jawa Tengah? Inilah review lengkap aneka wahana seru, spot foto keren, fasilitas, harga tiket masuk, lokasi / alamat, dan rute jalan menuju ke sana. Di sana terdapat permainan menarik seperti kincir-kincir, bombom car, undur-undur, ulang alik, super swing, mini coaster, sky drop, frog jump, sepeda terbang, dan sebagainya.

Selain dikenal akan warteg dan bahasa ngapaknya, Kota Tegal ternyata punya sejumlah tempat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Salah satu destinasi wisata di Tegal yang wajib dikunjungi adalah Rita Park. Taman Hiburan (Theme Park) seluas 2,4 hektar ini berada dalam satu kawasan dengan Rita SuperMall sehingga selain bermain, Anda juga bisa sekaligus berbelanja dan kulineran.

Daftar Wahana Seru, Spot Foto Keren, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Rita Park Tegal Jawa Tengah

Rita-Park-Tegal-Jawa-Tengah
Rita Park Tegal Jawa Tengah : Wahana Kincir-Kincir (Foto : facebook.com/ritaparkofficial)

Nama Rita Park sendiri merupakan singkatan dari Republik Indonesia Tercinta Park. Seperti taman hiburan pada umumnya, di dalamnya terdapat bermacam-macam wahana permainan untuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Di sana juga ada beberapa wahana ekstrim yang dapat memacu adrenalin. Berikut ulasan lengkapnya :

Wahana Seru Dan Spot Foto Keren Rita Park Tegal Jawa Tengah

1. Mini Coaster

Mini Coaster merupakan wahana roller coaster dalam ukuran kecil. Anda akan menaiki sebuah kereta mini lalu melintas di atas rel dengan kecepatan cukup kencang. Meskipun lintasannya tak se-ekstrim roller coaster di Trans Studio Bandung, namun cukup membuat jantung berdetak kencang.

2. Sky Drop

Bagi Anda penyuka tantangan, wajib rasanya mencoba wahana Sky Drop. Wahana ini terbilang ekstrim dan dapat memacu adrenalin. Pasalnya, Anda akan diajak duduk di atas kursi pengaman lalu diangkat ke atas hingga ketinggian tertentu sekitar 25 meter. Nah, saat mencapai ketinggian tersebut, Anda akan dijatuhkan ke bawah.

Saat jatuh ke bawah, sensasi jantung akan copot dan teriakan histeris biasanya akan menyertai pengunjung yang naik Sky Drop. Jika Anda takut ketinggian atau pun punya riwayat penyakit jantung, hindari naik wahana ini. Pilihlah wahana lain yang lebih aman untuk keselamatan Anda.

3. Frog Jump

Frog Jump merupakan wahana versi mini dari Sky Drop. Wahana ini tidak terlalu tinggi dan ditujukan untuk anak-anak. Gerakan ke bawah dan keatasnya pun relatif pelan sehingga tak terlalu membuat anak-anak kaget. Iringan musik yang menyertainya akan membuat mereka menjadi gembira.

4. Undur – Undur

Wahana ini menawarkan berputar dengan kecepatan berbeda-beda dan sambil berjalan secara mundur. Anda akan duduk pada sebuah kursi, lalu deretan kursi tersebut akan berputar kencang ke arah belakang (mundur) pada lintasan naik turun. Saya sendiri pernah mencobanya sekali, dan cukup membuat jantung berdetak kencang.

5. Bajak Laut / Pirate Ship (Kora-Kora)

Wahana Bajak Laut / Pirate Ship berupa kora-kora berbentuk perahu besar. Saat menaikinya, perahu tersebut akan diayun-ayunkan ke depan dan belakang. Pada awalnya, kecepatan ayunan hanya pela-pelan saja, namun lama kelamaan akan semakin kencang sehingga membuat adrenalin mengalir deras. Apalagi saat perahu turun dari ketinggian ke bawah, jantung seakan-akan terasa mau copot.

6. Kuda Putar

Kuda Putar berupa wahana komidi putar yang sering ditemukan dalam taman hiburan atau pasar malam pada umumnya. Wahana khusus untuk anak-anak ini akan mengajak buah hati Anda naik kuda-kudaan sambil berputar disertai iringan musik. Mereka tentu akan senang menaikinya bersama teman-temannya.

7. Super Swing

Super Swing atau yang lebih populer dengan nama ontang-anting cukup seru untuk memacu adrenalin. Wahana ini berisi kursi-kursi gantung sebagai tempat duduk. Saat duduk di atas kursi tersebut, pengunjung akan diputar mengelilingi poros utama.

Pada awalnya berputar secara pelan, namun lama-kelamaan akan semakin kencang sehingga membuat pengunjung terbang melayang di udara.

8. Ulang – Alik

Wahana Ulang-Alik berupa pesawat-pesawatan yang bergerak berputar sambil naik turun. Saat menaikinya, Anda akan merasakan sensasi sedang naik pesawat Ulang-Alik seperti di film-film perang antar galaksi.

9. Sepeda Terbang

Sesuai namanya, wahana Sepeda Terbang menawarkan sensasi naik sepeda di atas udara. Maksudnya, Anda akan menaiki sepeda pada jalur rel yang terletak pada ketinggian tertentu. Saat menaikinya, Anda akan bisa melihat berbagai wahana Rita Park Tegal dari atas ketinggian. Sekilas mirip dengan sepeda udara di Selecta Malang.

10. Pulau Hiu

Wanana Pulau Hiu menyajikan sensasi perang air melawan para biota laut. Pengunjung akan menaiki sebuah kursi berbentuk ikan hiu, lengkap dengan senjata berupa tembakan air. Kursi terebut akan berputar layaknya komidi putar lalu pengunjung akan menembakkan air kepada patung biota laut ditengah-tengahnya. Seru banget deh, anak-anak sepertinya bakalan suka mencobanya.

11. Kincir – Kincir

Kincir – Kincir merupakan wahana bianglala berukuran besar dengan ketinggian mencapai sekitar 35 meter. Saat menaikinya dan mencapai titik tertinggi, Anda akan bisa menyaksikan pemandangan Rita Park atau pun Kota Tegal dari ketinggian.

12. Circle 360

Circle 360 termasuk wahana super ekstrik yang ada di Rita Park. Pasalnya, Anda akan diajak berputar 360 derajat dari bawah ke atas. Posisi kepala pun bisa berada di bawah jungkir balik sehingga benar-benar memacu adrenalin. Bagi Anda yang tak punya nyali, hindari wahana ini. Lebih baik naik wahana seru lainnya.

13. Bombom Car

Bombom Car termasuk wahana populer yang tak lekang oleh waktu. Hampir semua taman hiburan punya wahana ini. Sesuai namanya, Bombom Car menyajikan sensasi naik mobil-mobilan sambil bertabrakan. Tak usah kuatir, meskipun saling bertabrakan tapi tetap aman karena mobilnya dilapisi karet bantalan untuk menahan goncangan.

14. Rumah Hantu

Tak kalah seram dengan wahana Adu Nyali Saloka Theme Park Semarang, Rumah Hantu Rita Park juga bikin merinding. Suasana di dalam ruangan cukup gelap dengan cahaya lampu remang-remang sehingga terasa horor. Apalagi ada beberapa replika menyeramkan seperti tengkorak dan lainnya. Apabila mengajak anak-anak masuk ke sana, pastikan mendampinginya hingga keluar ruangan.

15. Rodeo

Rodeo merupakan salah satu olah raga ketangkasan di dunia yang berupa mengendalikan kuda. Olahraga ini dikenal di kawasan Amerika Serikat dimana para cowboy berlomba untuk menaiki kuda liar atau banteng lalu berusaha selama mungkin berada di atasnya agar tidak terjatuh.

Nah, buat Anda yang ingin merasakan sensasi olahraga rodeo tersebut, bisa mencoba wahana Rodeo Rita Park. Di sini, Anda akan menaiki sebuah replika kuda / banteng liar dengan gerakan mirip aslinya. Anda tinggal naik di atas punggungnya lalu bertahan terhadap goncangan agar tidak terjatuh.

16. Kereta Sirkus

Wahana Kereta Sirkus berupa kereta-keretaan dengan beberapa gerbong yang bergerak di atas lintasan rel naik dan turun. Saat menaikinya, Anda akan merasakan keceriaan karena lintasannya tak monoton.

17. Macan Terbang

Susai namanya, wahana ini sepertinya akan mengajak pengunjung menaiki sebuah wahana yang bisa terbang seperti halnya wahana Ulang-Alik. Hanya saja, mungkin tak terlalu tinggi dalam terbang melayang. Saat mengunjungi Rita Park, kebetulan wahana ini sedang tidak berjalan sehingga saya belum tahu gerakannya. Mungkin lain kali akan saya update ketika sudah berkunjung lagi ke sana.

18. Roda – Roda

Wahana ini mirip seperti wahana pesawat ulang-alik, tapi berbeda bentuk kursinya. Kursinya bukan berbentuk pesawat, melainkan mirip kelopak bunga dengan 4 – 5 kursi. Saat menaikinya, Anda diajak berputar naik ke atas sambil kursinya berputar-putar. Asyik dan seru deh!

19. Cinema 5 D

Sesuai namanya, wahana ini menawarkan sebuah pertunjukkan memakai teknologi canggih. Anda akan merasakan sensasi seolah-olah film / cinema tersebut sedang terjadi di dunia nyata. Keren!

20. ATV Ride

Wahana ATV Ride ini menawarkan pengalaman mengendarai ATV (sepeda motor 4 roda) pada sebuah lintasan meliuk-liuk layaknya sirkuit balapan. Pembatas lintasan di sini berupa tumpukan ban. Ada 2 macam ATV, yaitu untuk orang dewasa dan anak-anak. Saat menaikinya, Anda akan dilengkapi dengan helm sebagai pelindung kepala.

21. Kereta Mini

Kereta Mini berupa wahana kereta-keretaan khusus anak-anak. Mereka akan diajak berkeliling area Rita Park memakai Kereta Mini oleh petugas operator. Jadi, anak-anak tinggal duduk tenang karena sudah ada yang menjadi supir.

22. Kidie Ride

Kidie Ride ini mirip dengan kereta mini, hanya saja gerakannya terbatas di dalam jalur rel buatan. Meskipun demikian, anak-anak biasanya akan senang karena bisa merasakan sensasi naik kereta meskipun ukuran kecil. Gerbongnya juga di desain mirip gerbong kereta sungguhan tapi bertema anak-anak.

23. Skuter

Wahana Skuter ini bisa digunakan untuk berkeliling area Rita Park tanpa jalan kaki sehingga tidak terlalu capai mengingat areanya cukup luas.

24. Play Ground

Play Ground merupakan wahana bermain anak yang berisi permainan seru menyenangkan. Saat berkunjung ke sana, setidaknya saya melihat ada 2 buah area bermain anak, yaitu outdoor dekat wahana Pulau Hiu berupa ayunan dan perosotan, serta indoor berupa perosotan penuh kolam bola.

25. Spot Foto Keren

Selain wahana permainan seru, Rita Park juga menyuguhkan beberapa spot foto kekinian yang instagramable sesuai trend wisatawan “milenial jaman now”. Beberapa latar berfoto keren diantaranya adalah spot robot transformer, background negara Singapura, background pemandangan alam / kebun binatang, taman dinosaurus, bunga sakura, dan replika Menara Eiffel.

Baca Juga :

Fasilitas Yang Tersedia Di Rita Park Tegal Jawa Tengah

Sebagai salah satu destinasi wisata anak dan keluarga di Tegal favorit wisatawan, Rita Park dilengkapi dengan fasilitas memadai yang membuat betah pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain :

  • Mushola
  • Panggung Hiburan
  • Food Court
  • Toko Merchandise / Pernak-Pernik
  • Toilet
  • Area Parkir Luas
  • Mall / Pusat Perbelanjaan

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Rita Park Tegal Jawa Tengah

Harga tiket masuk reguler ke Rita Park Tegal dibanderol sebesar Rp.15.000,- (belum tiket wahana), sedangkan tiket terusan sebesar Rp.80.000,- (weekday) dan Rp.100.000,- (weekend). Jam buka operasional setiap hari mulai pukul 11.00 – 20.00 WIB, kecuali hari Minggu buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Transaksi setiap wahana di sana memakai kartu E-Ticket. Jadi, Anda harus mengisi saldo terlebih dahulu sebelum naik wahana. Adapun tarif lengkap setiap wahana di sana sebagai berikut :

  • Mini Coaster : Rp.20.000,-
  • Sky Drop : Rp.20.000,-
  • Frog Jump : Rp.10.000,-
  • Undur-Undur : Rp.10.000,-
  • Bajak Laut / Pirate Ship (Kora-Kora) : Rp.10.000,-
  • Kuda Putar : Rp.10.000,-
  • Super Swing : Rp.10.000,-
  • Ulang-Aling : Rp.10.000,-
  • Sepeda Terbang : Rp.20.000,-
  • Pulai Hiu : Rp.10.000,-
  • Kincir-Kincir : Rp.20.000,-
  • Bombom Car : Rp.20.000,-
  • Circle 360 : Rp.20.000,-
  • Rumah Hantu : Rp.10.000,-
  • Rodeo : Rp.10.000,-
  • Kereta Circus : Rp.10.000,-
  • Macan Terbang : Rp.10.000,-
  • Roda-Roda : Rp.10.000,-
  • Cinema 5 D : Rp.20.000,-
  • ATV Ride : Rp.20.000,-
  • Kereta Mini : Rp.10.000,-
  • Kidie Ride : Rp.5.000,-
  • Spot Foto Keren : Gratis

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Ke Rita Park Tegal Jawa Tengah

Lokasi / alamat Rita Park terletak di Jl. Kolonel Sugiono No.155, Pesurungan Kidul, Kec. Tegal Bar., Kota Tegal, Jawa Tengah. Rute jalan menuju ke sana termasuk mudah karena keberadaan Rita Park sangatlah strategis, mudah diakses dari segala penjuru dan dalam satu kawasan dengan Rita SuperMall Tegal.

Jika Anda dari arah Terminal Bus Tegal, maka langsung saja menuju ke arah timur sekitar 2,3 km. Nanti putar balik / putar arah karena letak Rita Park berada di sisi selatan jalan. Patokannya adalah Rita SuperMall Tegal, Anda tinggal masuk ke area mall tersebut karena Rita Park berada di selatannya.

Jika dari Arah Stasiun Kereta Api Tegal, Anda langsung saja menuju ke arah barat sekitar 3,1 km menuju ke Pacific Mall Tegal. Dari sana, masih ke barat lagi hingga sampai di Rita SuperMall yang berada di selatan jalan raya. Anda bisa memakai kendaraan pribadi, kendaraan umum / angkot, atau pun transportasi online. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat gambar peta dari Google Map berikut.

Tips Berkunjung Ke Rita Park Tegal Jawa Tengah

Liburan ke theme park (taman hiburan) seperti Rita Park memang sangat menyenangkan. Berbagai wahana permainan seru di sana akan memanjakan Anda hingga mungkin lupa waktu. Namun, ada kalanya aktivitas Anda bisa terganggu oleh hal-hal sepele atau pun tak terduga. Nah, agar rekreasi Anda semakin nyaman dan asik, simak beberapa tips wisata sederhana berikut ini.

  • Datanglah saat cuaca cerah. Wahana permainan Rita Park berada di tempat terbuka (outdoor) sehingga apabila hujan, secara otomatis akan sangat mengganggu liburan Anda. Bahkan, mungkin beberapa wahana akan dihentikan karena hujan deras. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkunjung ketika kondisi cuaca cerah.
  • Berkunjunglah secara rombongan. Menikmati wahana Rita Park secara sendirian, tentu kurang asyik. Ajaklah anggota keluarga atau pun teman untuk seru-seruan bersama. Anda bisa menaiki wahana dengan riang gembiraa sambil berteriak kencang. Jika datang beramai-ramai, Anda bisa meminta tolong kepada yang lain mengambil gambar / foto saat naik wahana.
  • Sebaiknya datang saat weekend atau hari libur. Beberapa kali saya pernah datang ke Rita Park, namun saat hari biasa sepertinya tidak semua wahana berjalan. Berbeda ketika datang saat musim liburan seperti lebaran, banyak wahana beroperasi sehingga bisa menjajal berbagai wahana di sana.
  • Datanglah menjelang sore. Mengingat Rita Park berada di daerah Pantura yang terkenal panas dan berupa outdoor, maka ada baiknya Anda datang ke sana saat matahari mulai menggelincir ke barat. Hal ini tentunya agar Anda terhindar dari sengatan panas matahari sehingga bisa menikmati wahana dengan nyaman.
  • Pilihlah wahana favorit terlebih dahulu. Dalam mencoba wahana di Rita Park Tegal, biasanya Anda harus antri dengan pengunjung lain. Oleh karena itu, sebaiknya Anda langsung mengincar naik wahana favorit terlebih dahulu, setelah itu baru wahana lainnya.
  • Siapkan nyali. Bagi Anda yang akan naik wahana ekstrim, siapkan nyali keberanian Anda. Jika takut, sebaiknya jangan memaksakan diri. Pilih wahana lain saja yang lebih aman dan nyaman. Ingat, keselamatan adalah hal utama dalam liburan.
  • Taat peraturan. Setiap wahana permainan biasanya punya aturan / syarat tertentu seperti berat badan maksimal, tinggi badan minimal, tidak punya riwayat penyakit jantung, tidak takut ketinggian, harus memakai helm, dan lainnya. Patuhilah aturan-aturan tersebut demi keselamatan Anda.
  • Bawalah kamera terbaik Anda untuk mengabadikan moment liburan di Rita Park.
  • Isilah saldo kartu E-Ticket sesuai dengan wahana yang akan dicoba agar lebih hemat.

Demikianlah review singkat tentang aneka wahana, fasilitas, dan harga tiket masuk Rita Park Tegal Jawa Tengah. Seru dan asyik, bukan? Bagi sobat traveler yang kebetulan sudah pernah berkunjung ke sana, bisa menuliskan pengalamannya melalui kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.