10 Foto Keren Dan Cara Menuju Ke Lokasi Angel’s Billabong Beach Nusa Penida Bali

0 790

Angel’s Billabong – Sobat traveler, inilah foto keren dan cara menuju ke lokasi Angel’s Billabong Beach di Pulau Nusa Penida Bali. Kolam renang infinity alami ini sungguh sangat cantik, airnya bening bergradasi hijau terperangkap di sela-sela batuan karang dengan view lautan biru nan luas.

Kawasan Nusa Penida beberapa bulan belakangan ini sedang naik daun sebagai tujuan wisata di Bali favorit wisatawan. Bukan tanpa alasan, pulau kecil ini memang mempunyai sejumlah pesona alam yang indah mengagumkan. Salah satunya adalah Angel’s Billabong. Kira-kira seperti apa seh keelokannya? Yuk, simak review lengkapnya berikut ini.

Foto Keren Dan Cara Menuju Ke Lokasi Angel’s Billabong Beach Nusa Penida Bali

Menurut prediksi saya, sejarah awal mula terbentuknya Angel’s Billabong berasal dari pengikisan batuan karang oleh deburan ombak air laut (baca : abrasi). Proses abrasi ini berlangsung lama, dan akhirnya membentuk sebuah cekungan kolam berisi air. Batuan-batuan karang yang berlubang di sekitarnya semakin menguatkan bukti akan proses abrasi ini.

Angels-Billabong-Nusa-Penida-Bali
Angel’s Billabong Beach Nusa Penida Bali (Foto : Haryanti)

Lalu mengapa air di dalam Angel’s Billabong bisa jernih? Tak seperti air laut yang berwarna biru? Air yang terperangkan di dalam kolam alami tersebut berasal dari air laut saat pasang. Kotoran berupa pasir atau sejenisnya dalam air laut yang tertinggal di cekungan lama-kelamaan akan mengalami pengendapan sehingga air tampak jernih.

Selain sebagai ikon baru destinasi wisata Nusa Penida Bali, Angel’s Billabong kabarnya masih sering digunakan untuk kegiatan acara adat istiadat warga setempat, misalnya acara Melasti. Melasti merupakan upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu di Bali.

Oleh karena itu, Anda wajib menjaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan atau pun corat coret di batuan karang. Agar lebih jelas tentang bagaimana bentuk Angel’s Billabong Beach atau dikenal juga dengan nama lokal “Umahtran”, berikut foto-foto kecenya yang diambil dari media sosial instagram.

Foto Keren Angel’s Billabong Beach Nusa Penida Bali

    • Air di dalam Angel’s Billabong sangat jernih layaknya infinity pool alami dengan latar lautan luas.

    • Berada diantara bebatuan karang.

    • Cocok buat latar berfoto / selfie instagramable.

A post shared by Samuel Woo 🐻仔 (@khwoo87) on

    • Alga hijau pada batuan karang membuat warna air Angel’s Billabong tampak kehijau-hijauan. Ditambah lagi pantulan cahaya matahari, semakin membuat epic penampakannya. Pantas rasanya memasukkannya ke dalam list tempat wisata terindah di Bali yang wajib dikunjungi. Suasananya juga masih alami, belum terjamah oleh banyak orang.

    • Bagian dasar Angel’s Billabong berupa batuan karang bercampur pasir. Nah, jika Anda ingin berenang atau pun berendam di dalamnya, wajib berhati-hati jangan sampai kaki Anda terluka akibat tergores karang yang cukup tajam.

    • Saat air laut pasang, kecantikan Angel’s Billabong hilang sesaat terhempas oleh ombak. Air laut akan memenuhi cekungan alami tersebut sehingga tak tampak lagi kejernihan airnya. Setelah surut, beberapa lama kemudian akan kembali indah seperti semula.

    • Bisa untuk berenang saat air laut sedang surut, tapi Anda harus berhati-hati terhadap gelombang ombak yang datang secara tiba-tiba. Berenanglah di cekungan yang dekat dengan daratan sehingga jika ada arus air laut datang, Anda bisa segera menepi.

Baca Juga :

 

    • Batuan karang di sekitar Angel’s Billabong memiliki bentuk formasi unik seperti lubang-lubang hasil pahatan.

    • Berbatasan langsung dengan lautan lepas sehingga tampak seperti infinity pool.

A post shared by soripivo (@soripivo) on

    • Saat musim hujan, air Angel’s Billabong berubah menjadi kecoklatan. Keindahannya akan sirna sejenak lantaran penuh dengan endapan tanah, lumpur, atau pasir dari daratan yang mengalir ke sana.

A post shared by Robin T 🏃 (@robintuck1) on

Alamat Dan Lokasi Angel’s Billabong Beach Nusa Penida Bali

Alamat Angel’s Billabong terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Tapi, kalau di Google Map tertulis berada di daerah sakti, Nusa Penida. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat peta lokasi melalui gambar Google Map di bawah ini.

Lokasinya masih satu kawasan dengan Pasih Uug (Broken Beach), sekitar 5 -7 menit perjalanan sehingga Anda bisa mengunjungi 2 destinasi sekaligus. Selain Angel’s Billabong dan Pasih Uug, Anda juga sebaiknya menjelajahi tempat wisata lainnya seperti Pantai Kelingking dan Pantai Suwehan yang tak kalah indah bila dibandingkan dengan Pantai Kuta Bali.

Rute Jalan Dan Cara Menuju Ke Lokasi Angel’s Billabong Beach Nusa Penida Bali

Rute jalan dan cara menuju ke lokasi Angel’s Billabong sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, membutuhkan waktu yang lumayan lama dan juga biaya yang tak sedikit. Perlu Anda ketahui, Nusa Penida adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali.

Jika Anda akan berkunjung ke Angel’s Billabong, maka harus menyeberang terlebih dahulu ke pulau Nusa Penida dengan kapal penyeberangan. Setelah sampai di Nusa Penida, barulah Anda melanjutkan perjalanan memakai kendaraan menuju lokasi.

Ada beberapa cara menyeberang ke Pulau Nusa Penida Bali, diantaranya adalah melalui Pelabuhan Sanur. Anda bisa menggunakan speedboat / kapal cepat dari pelabuhan ini. Jadwal pemberangkatan biasanya setiap pagi dan sore hari. Sebaiknya Anda melakukan pemesanan tiket beberapa hari sebelum berangkat agar tidak ketinggalan kapal.

Setelah sampai di Nusa Penida, Anda bisa menyewa kendaraan untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Angel’s Billabong. Apabila Anda memakai jasa travel wisata, tentu akan lebih praktis karena pada umumnya sudah tersedia kendaraan dari agen travel tersebut.

Baca Juga :

Harga Tiket Masuk Angel’s Billabong Beach Nusa Penida Bali

Untuk memasuki objek wisata Angel’s Billabong, Anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Namun, tidak menutup kemungkinan dikemudian hari akan ada tarif retribusi untuk pengembangan fasilitas di sekitarnya.

Fasilitas Yang Tersedia Di Angel’s Billabong Beach Nusa Penida Bali

Mengingat destinasi wisata ini masih baru, maka belum ada fasilitas penunjang. Tak ada toilet atau pun warung penjual makanan / minuman. Hanya ada batuan karang yang berpadu dengan lautan biru nan luas. Jadi, jika Anda akan berkunjung ke sini, siap-siap bawa bekal ya gaes!

Tips Berkunjung / Liburan Ke Angel’s Billabong Beach Nusa Penida Bali

Sebelum Anda mengunjungi Angel’s Billabong, ada baiknya membaca terlebih dahulu beberapa tips wisata praktis dari saya berikut. Dengan menyimak aneka tips tersebut, diharapkan perjalanan Anda bisa lancar dan mendapatkan spot foto terbaik.

  • Datanglah saat cuaca cerah, hindari musim hujan. Mengapa? Hal ini karena kondisi air Angel’s Billabong Beach cenderung akan keruh setelah hujan berhari-hari. Anda tak ingin kecewa bukan? Sudah jauh-jauh datang, ternyata tidak bisa mendapatkan spot foto bagus.
  • Berkunjunlah ketika air laut sedang surut agar Anda bisa berenang atau pun berendam merasakan kesegaran air infinity pool alami.
  • Jika Anda akan berenang, wajib waspada karena gulungan ombak besar kadang datang tak terduga dari arah lautan lepas.
  • Jika Anda akan datang sendiri tanpa pemandu atau tour guide, pastikan Anda sudah mengetahui rute jalan dan alat transportasi yang akan digunakan. Sebaiknya sebelum berangkat, Anda Instal Google Map offline untuk antisipasi jika tak dapat koneksi internet alias sinyalnya sedang kurang bagus. Pesanlah tiket penyebrangan ke Nusa Penida jauh-jauh hari sebelum berangkat.
  • Hati-hatilah saat berkendara karena kabarnya kondisi jalan menuju lokasi Angel’s Billabong kurang baik. Alangkah lebih bagusnya jika Anda memakai jasa travel. Meskipun harus mengeluarkan uang lebih, tapi Anda bisa nyaman dalam perjalanan.
  • Jika Anda ingin mendapatkan suasana yang lebih privasi, maka hindari berkunjung saat hari libur atau weekend. Datanglah ketika hari biasa sehingga tidak begitu ramai wisatawan.
  • Gunakan pakaian kasual dan sepatu ket agar mudah bergerak dan nyaman. Bawalah topi, kacamata, dan sunblock untuk melindungi tubuh dari sengatan sinar / panas matahari.
  • Siapkan kamera / smartphone terbaik Anda untuk mengabadikan keindahan Angel’s Billabong.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya karena di sekitar lokasi wisata belum ada warung.
  • Alangkah baiknya menginap beberapa hari di Nusa Penida untuk mengeksplore destinas wisata indah lainnya yang ada di pulau ini. Sayang banget kan, sudah jauh-jauh datang tapi hanya mengunjungi satu tempat saja.

Demikianlah ulasan singkat dari saya tentang fakta unik, foto keren dan cara ke Angel’s Billabong Bali. Buat sobat traveler yang punya informasi tambahan lainnya bisa menuliskan melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.