10 Foto Keren Instagramable Dan Harga Tiket Masuk Museum MACAN Jakarta

0 10,818

Museum Macan – Ingin tahu ada apa saja di dalam Museum MACAN Jakarta? Ini review lengkap dari mulai foto keren instagramable karya seniman yang dipamerkan, lokasi / alamat, jam buka hingga harga tiket masuk ke sana. Begitu memasukinya, Anda akan dibuat kagum dengan koleksi kontemporer di dalamnya.

Selama ini, Jakarta identik dengan macet, gedung-gedung bertingkat, dan banjir. Namun, siapa sangka kota ini memiliki sejumlah tempat wisata bagus untuk dikunjungi, salah satunya adalah Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara). Berbeda dengan museum pada umumnya, Museum MACAN menampilkan koleksi yang serba fresh dan modern.

Tak tanggung-tanggung, koleksi di dalamnya merupakan hasil karya seniman kelas dunia, baik dari Indonesia atau pun Asia seperti Haryanto Adikoesoemo, Yayoi Kusama (Jepang), Arahmaiani, Lee Mingwei (Taiwan / Amerika) dan On Kawara (Jepang). Tak ayal, museum ini pun hits banget, bahkan para artis pun banyak yang datang ke sini. Nah, agar lebih jelas, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Museum-MACAN-Jakarta
Museum MACAN Jakarta (Foto : instagram @museummacan)

Daftar Foto Keren Instagramable Dan Harga Tiket Masuk Museum MACAN Jakarta

Museum MACAN biasanya mengadakan pameran karya beberapa seniman ternama dalam waktu terbatas, sekitar 2 – 5 bulan sekali. Setelah itu, maka karya-karyanya pun berganti dengan seniman lainnya. Oleh karena itu, koleksi di dalamnya selalu berganti sesuai dengan tema saat pameran.

Untuk mengobati rasa kecewa bagi Anda karena belum sempat datang ke sana, Aneka Wisata memilihkan sejumlah foto kece koleksi yang pernah dipamerkan dalam Museum Macan. Setidaknya Anda bisa melihat karya fenomenal seniman kelas atas dunia meskipun hanya lewat gambar.

Foto Keren Instagramable Hasil Karya Seniman Dunia Di Museum MACAN Jakarta

1. Great Gigantic Pumpkin

Foto pertama ini bernama Great Gigantic Pumpkin karya Yayoi Kusama dari Jepang. Karya berbentuk labu berwarna kuning ini tampak begitu instagenik dengan dipenuhi polkadot hitam pada setiap sisinya. Konon, labu ini punya kesan tersendiri bagi sang seniman sebab saat usia SD, beliau pertama kalinya melihat buah labu di perkebunan kakeknya.

2. Dots Obsession

Di sekitar Great Gigantic Pumpkin, Anda akan melihat beberapa bola raksasa dengan warna kuning, senada dengannya. Bola-bola tersebut juga tak kalah fotogenik dengan polkadot hitam di semua sisinya. Uniknya, pada salah satu bola, Anda dapat melihat sebuah pantulan kaca dengan penuh bola-bola kecil dalamnya. Keren banget deh!

3. Narcissus Garden

Narcissus Garden terdiri dari bola-bola berwarna perak yang dapat memantulkan bayangan. Jumlah bolanya tampak begitu banyak sehingga saat Anda berdiri di depannya, bola-bola itu akan memantulkan bayangan. Karya ini terinspirasi dari sebuah mitologi Yunani dimana Narcissus sangat mengagumi pantulan dirinya hingga membuatnya tenggelam.

4. My Eternal Soul

Museum Macan memang pantas dinobatkan sebagai salah satu museum keren di Jakarta yang wajib dikunjungi. Pasalnya, benda-benda koleksi di sini mengandung nilai seni tinggi. Misalnya saja My Eternal Soul, sebuah karya seri monumental dari Yayoi Kusama yang sampai kini berjumlah sekitar 500 buah lukisan. Beragam corak gambar unik akan Anda temui saat melihat karya ini.

5. Infinity Mirrored Room

Infinity Mirrored Room berupa ruangan gelap dengan ukuran kecil yang dikelilingi oleh cermin dan dipenuhi dengan bola-bola warna-warni menyala. Karya ini termasuk salah satu favorit pengunjung saat pemeran berlangsung.

Untuk berfoto di dalamnya, pengunjung hanya diberi waktu sekitar 20 detik. Jadi, siapkan pose terbaik Anda sebelum antri untuk mengambil gambar karya instagramable yang satu ini.

6. Flower That Bloom at Midnight

Sesuai dengan namanya, karya Flower That Bloom at Midnight berbentuk bunga nan cantik. Bentuknya cukup unik, sekilas mirip hewan berkaki.

7. Obliteration Room

Obliteration Room berupa ruangan berdinding putih yang penuh tempelan stiker warna-warni mirip spot foto di Rabbit Town Bandung. Perpaduan warna dinding, stiker, dan cahaya lampu menghasilkan sebuah karya cantik menggagumkan nan instagramable.

8. Flag Project

Arahmaiani, seorang seniman Indonesia ternama juga ikut menyemarakkan pameran di Museum MACAN. Karya ikoniknya bernama “Flag Project” (2006-2010) menjadi salah satu yang dipamerkan. Perlu diketahui, bahwa Karya komunal ini telah dikembangkan dari Jogja hingga Jerman.

9. Burning Country

Karya Arahmaiani biasanya menitikberatkan pembahasan tentang isu politik, sosial, lingkungan, agama, dan perempuan. Hal ini bisa dilihat dari sebuah karyanya bernama “Burning Country”. Karya “Burning Country” secara visual tampak berupa pakaian putih tergantung di atas kumpulan korek api kayu berbentuk peta Indonesia.

10. The Letter Writing Project

Seniman dunia lainnya yang karyanya ikut dipamerkan dalam Museum MACAN adalah Lee Mingwei. Melalui karya berjudul The Letter Writing Project, pengunjung bisa menuliskan surat untuk seseorang. Surat tersebut bisa disegel dan dikasih alamat tujuan.

Nantinya, pihak museum kabarnya akan mengirimkannya ke alamat yang dituju. Bila tak berkenan di segel, Anda pun bisa meninggalkannya untuk dibaca oleh pengunjung lain.

Baca Juga :

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Museum MACAN Jakarta

Untuk memasuki museum ini, Anda akan dikenakan tiket masuk dengan harga Rp.100.000,- (dewasa), Rp.90.000,- (pelajar), dan Rp.80.000,- (anak-anak). Pembelian tiket bisa dilakukan secara online melalui website resminya.

Namun sebaiknya, Anda datang langsung ke museum beberapa hari sebelum kunjungan untuk memastikan ketersedian tiket. Jam buka kunjungan biasanya terbagi menjadi 2 sesi, yaitu pagi (10.00 – 14.00 WIB) dan siang (14.00 – 19.00 WIB).

Lokasi / Alamat Dan Transportasi Cara Menuju Ke Museum MACAN Jakarta

Alamat Museum MACAN terletak di AKR Tower Level MM, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Untuk menuju lokasi, Anda bisa memakai transportasi umum dengan cara naik TransJakarta atau pun Kereta Api.

Naiklah TransJakarta jurusan Harmoni – Lebak Bulus. Anda turun di Halte Busway Kebon Jeruk (Kompas Gramedia), lalu jalan sekitar 300 meter menuju AKR Tower (Museum MACAN). Jika naik kereta, Anda bisa turun di Stasiun Palmerah, kemudian naik ojek online. Buat Anda yang akan menggunakan kendaraan pribadi, silahkan lihat gambar peta lokasi dari Google Map berikut.

Fasilitas Yang Tersedia Di Museum MACAN Jakarta

Tak kalah bagus dengan aneka museum di Yogyakarta dan Bali, Museum MACAN Jakarta juga punya fasilitas lengkap, antara lain :

  • Museum ini ramah dikunjungi bagi siapapun termasuk bayi dan orang difabel karena dilengkapi akses untuk kursi roda dan kereta bayi. Jadi, Anda bisa mengajak anak-anak dan anggota keluarga sekaligus sebagai sarana edukasi mengenalkan kesenian kepada mereka.
  • Tak sekedar ruang pameran, Museum Macan juga punya cafe cozy bernama One Fifteenth Coffee dengan pilihan menu menarik dan enak. Tempatnya juga nyaman dan asyik buat nongkrong bareng teman, diskusi tentang seni, atau pun makan bareng keluarga di akhir pekan.
  • Nah, bagi Anda yang sering kebingungan dalam mencari hadiah atau oleh-oleh, bisa mampir ke Toko MACAN. Di sini, Anda akan menemukan berbagai barang-barang bagus dari mulai dari buku, aksesoris, hingga souvenir Artist Series.

Tips Berkunjung Ke Harga Tiket Masuk Museum MACAN Jakarta

Berkunjung ke Museum MACAN, tentu agak sedikit berbeda dengan mengunjungi museum lain. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kunjungan Anda bisa lancar dan nyaman, yaitu :

  • Pastikan jadwal pameran sebelum memutuskan datang ke museum. Anda bisa melihatnya melalui akun instagram @museummacan atau melalui website resminya.
  • Pesanlah tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Usahakan maksimal 2 hari sebelum kunjungan karena pemesanan online biasanya membutuhkan waktu 24 jam untuk verifikasi online. Saat booking tiket online, upayakan sebelum pukul 18.00 WIB.
  • Datanglah lebih awal, saat museum mulai di buka agar Anda punya waktu lebih banyak untuk menjelajahi setiap karya seni yang dipamerkan.
  • Hindari berkunjung saat weekend untuk mengindari keramaian. Usahakan datang saat weekdays agar Anda mendapatkan ruang untuk menikmati setiap karya seniman ternama di sana.
  • Bawalah smartphone dan kamera terbaik untuk mengabadikan moment sekaligus berselfie atau swafoto. Rugi kan dah jauh-jauh datang ke tempat kece tapi gak dapat gambar bagus? Oya, biasanya ada ruangan tertentu yang hanya boleh diabadikan menggunakan smartphone / hp saja, jadi usahakan Anda membawa 2 perlengkapan.
  • Gunakan alat transportasi yang menurut Anda paling praktis, bisa memakai kendaraan umum, online, atau pun pribadi.
  • Berdoa sebelum berangkat, gunakan pakain casual, modis, dan ringan agar mudah bergerak.

Bagaimana sobat traveler? Cukup jelas bukan uraian tentang koleksi, fasilitas, dan harga tiket masuk Museum MACAN Jakarta? Apabila Anda sudah pernah ke sana, bisa berbagai pengalamannya melalui kolom komentar guna menambah referensi bagi pengunjung lain. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.