Wahana, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Saloka Theme Park Tuntang Semarang

0 41,422

Saloka Theme Park – Ingin tahu ada apa saja di dalam Saloka Theme Park Tuntang Semarang? Ini review lengkap wahana seru, fasilitas, harga tiket masuk beserta gambar / foto. Dari mulai Cakrawala, Jejogetan, Pakubumi, Bengak-Bengok, Lika-Liku, Adu Nyali, Ecowisata Angon-Angon, Agrowisata Ijo Royo-royo, Lumbung Ilmu Galileo, Polah Bocah, Tata-Titi, Obat-Abit hingga Gonjang-Ganjing.

Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang dan sekitarnya sering kali dikunjungi oleh wisatawan untuk menghabiskan waktu selama liburan. Tak hanya dikenal akan sajian kuliner enaknya, Semarang juga punya banyak destinasi bagus dan akomodasi lengkap. Salah satu tempat wisata di Semarang terbaru yang lagi hits akhir-akhir ini adalah Saloka Theme Park.

Dengan mengusung tema berupa taman rekreasi anak dan keluarga, Saloka Fun Park bisa menjadi alternatif pilihan dalam mengisi waktu akhir pekan. Kini, warga Jateng gak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Jakarta, Malang, atau pun Bandung untuk menikmati permainan seru. Nah, kira-kira ada wahana apa saja ya di Saloka Theme Park? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut.

Saloka Theme Park
Saloka Theme Park (Foto : instagram @saloka.info)

Daftar Wahana, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Saloka Theme Park Tuntang Semarang

Secara garis besar, wahana permainan yang terdapat di dalam Saloka Theme Park terbagi menjadi 4 zona, yaitu Zona Pesisir, Zona Balalantar, Zona Segara Prada dan Zona Ararya. Masing-masing zona tersebut dilengkapi dengan wahana dan fasilitas permainan menarik.

Kabarnya, saat ini ada sekitar 25 wahana rekreasi, tapi tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti akan terus ditambah. Pada kesempatan kali ini, saya hanya mengulas 11 wahana terbaik paling seru yang wajib dicoba.

Wahana Permainan Seru Di Saloka Theme Park Tuntang Semarang

1. Cakrawala

Wahana Cakrawala berupa bianglala besar setinggi 33 meter yang berputar dari bawah ke atas lalu ke bawah lagi. Saat menaikinya sampai puncak, Anda akan dapat melihat keindahan Rawa Pening dan hamparan perbukitan / pegunungan hijau.

2. Lumbung Ilmu Galileo

Bukan hanya berisi wahana permainan saja, Saloka Park juga punya sarana edukasi yang cocok dikunjungi anak-anak. Namanya Lumbung Ilmu Galileo. Di sini, pengunjung bisa menambah pengetahuan tentang benda-benda langit. Ada spot foto buat selfie juga dengan latar belakang gambar planet-planet. Keren deh, gak kalah bagus dengan Taman Pintar Yogyakarta.

3. Semprat-Semprot

Meskipun bukan objek wisata khusus air atau water park, Saloka tetap menyediakan wahana permainan air berupa Semprat-Semprot. Sesuai dengan namanya, pengunjung akan diajak bermain basah-basahan memakai semprotan air.

4. Komidi Putar

Wahana asyik selanjutnya adalah Komidi Putar. Saat menaikinya Anda akan diputar dengan kecepatan kencang. Siap-siap deh, adrenalin Anda akan naik. Bagi yang tak terbiasa mungkin akan pusing. Bila Anda tajut ketinggian sebaiknya urungkan niat untuk menaikinya. Cukup menonton saja di pinggir arena.

5. Roller Coaster Mini

Tak kalah seru dengan aneka wahana Trans Studio Bandung Jawa Barat, Saloka Park juga punya Roller Coaster meskipun ukurannya mini. Saat menaikinya, Anda akan diajak menyusuri trek naik turun sambil berputar. Untuk bentuknya menyerupai rangkaian kereta barang dan sepertinya diperuntukkan untuk anak-anak.

6. Bengak-Bengok / Disco

Wahana ini termasuk ekstrim, pengunjung akan diminta duduk diatas kursi yang ditempatkan pada pondasi menyerupai piringan kaset. Setelah duduk dan memakai sabuk pengaman, lalu piringan tersebut akan diputar layaknya memutar kaset disco.

Gerakan awalnya naik turun seperti kora-kora, tapi setelah itu akan diputar sambil naik turun. Tak ayal, setiap orang yang menaikinya akan berteriak kencang. Teriak-teriak dalam bahasa Jawa diartikan “bengak-bengok”, sehingga wahana ini dikenal juga dengan nama Bengak-Bengok.

7. Adu Nyali / Rumah Hantu

Di lihat dari luar, desain bangunan wahana Adu Nyali ini mirip rumah hantu yang biasanya terdapat di taman hiburan atau pasar malam. Ada patung raksasa (monster) berwarna hijau sedang memegang seorang peri kecil. Jika Anda berani dan punya nyali, cobain deh masuk ke dalam wahana ini.

8. Kupu-Kupu

Wahana Kupu-Kupu berupa sepeda gantung berwarna-warni, berbentuk kupu-kupu yang dapat berputar dan melayang maksimal 4 meter. Semakin Anda kayuh pedalnya, maka akan semakin melayang lebih tinggi. Wahana ini memiliki kapasitas 12 orang dengan 6 sepeda gantung yang tersedia. Permainan ini akan berputar selama 2 menit.

9. Gonjang-Ganjing

Ingin ikut rafting atau arung jeram tapi belum terlalu berani? Cobain aja wahana Gonjang-Ganjing sebagai sarana untuk latihan. Di sini, Anda akan naik kano yang berputar melewati aliran air sepanjang 360 meter. Alirannya lumayan deras, jadi setidaknya Anda bisa merasakan sensasi rafting / arung jeram. Satu buah kano dapat berisi maksimal 8 orang.

10. Kumbang Layang

Wahana Kumbang Layang berupa sepeda udara yang bisa berputar 360 derajat. Lintasannya berada di atas dengan panjang sekitar 500 meter. Saat menaikinya, Anda bisa melihat zona Pesisir, Balalantar, dan panorama pegunungan Jawa Tengah dari kejauhan. Selain di sini, Anda bisa juga mencoba wahana sejenis di kawasan wisata Jatim Park 1 Kota Batu.

11. Obat Abit

Wahana ini mirip dengan Flying Swinger yang ada di BNS Malang Jawa Timur. Di sini, Anda akan merasakan sensasi duduk berayun dan melayang selama 3 menitan. Kapasitas wahana Obat Abit sekitar 32 orang dengan syarat memiliki tinggi minimum 120 meter.

Fasilitas Yang Tersedia Di Saloka Theme Park Tuntang Semarang

Diklaim sebagai Taman Rekreasi terbesar di Jawa Tengah, Saloka Theme Park memiliki fasilitas lengkap yang akan memanjakan pengunjung. Dengan total luas area mencapai 18 hektar, tempat wisata anak dan keluarga di Semarang ini menyediakan area parkir luas yang mampu menampung sekitar 78 bus dan 600 kendaraan.

Selain kaya akan wahana bermain, Saloka juga dilengkapi kedai kuliner dengan aneka pilihan makanan dan minuman, mulai dari hidangan ringan hingga berat. Misalnya : es krim, wafel, kentang goreng, burger, dan ayam geprek. Tersedia juga shuttle bus yang akan mengantarkan wisatawan dari tempat parkir menuju ke theme park.

Baca Juga :

Lokasi / Alamat Saloka Theme Park Tuntang Semarang

Alamat Saloka Theme Park terletak di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya tak jauh dari danau Rawa Pening dan cukup dekat dengan Kota Salatiga, sekitar 20 menit waktu tempuh. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat peta lokasi Google Map berikut.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Saloka Theme Park Tuntang Semarang

Untuk memasuki area Saloka Theme Park, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp.120.000,- (weekdays) dan Rp.150.000,- (weekend). Jam buka mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB (weekdays), sedangkan saat weekend buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.

Tips Berkunjung Ke Saloka Theme Park Tuntang Semarang

Jika Anda belum pernah pergi ke Saloka Fun Park, ada baiknya membaca terlebih dahulu tips liburan dari saya berikut ini. Hal ini tentu akan membantu kenyamanan Anda saat menikmati berbagai wahana hiburan di sana.

  • Datanglah ke lokasi lebih awal sehingga Anda punya waktu cukup banyak dalam menjelajahi berbagai wahana permainan dan fasilitas seru yang tersedia.
  • Bawalah pakain ganti jika Anda akan bermain air di wahana Semprat Semprot.
  • Gunakan pakaian casual, ringan, dan mudah menyerap keringat. Dengan demikian, Anda akan mudah bergerak leluasa menyusuri area tempat wisata seluas 18 hektar.
  • Mengingat areanya berupa outdoor, datanglah saat cuaca cerah. Persiapkan diri membawa topi dari rumah sebagai pelindung kepala dari sengatan panas matahari. Apabila datang saat musim hujan, Anda sebaiknya membawa payung / jas hujan.
  • Datanglah secara rombongan bersama keluarga atau pun teman agar suasana rekreasi Anda semakin seru.
  • Naiklah wahana sesuai dengan kemampuan / kondisi kesehatan tubuh. Jangan memaksakan diri bila tak berani atau takut (fobia) ketinggian.
  • Persiapkan kendaraan sebaik mungkin, cek rem, ban, oli, bensin, dan jangan lupa di servis terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Berdoa sebelum berangkat.

Demikian uraian singkat tentang wahana dan harga tiket masuk Saloka Theme Park Tuntang Semarang. Bagaimana sobat traveler? Seru dan keren bukan? Apabila Anda punya pengalaman menarik saat berkunjung ke sana, jangan lupa untuk berbagi melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.