77 Tempat Wisata Hits Di Surabaya Terbaru Yang Paling Bagus Dan Indah

0 1,164

Tempat Wisata Di Surabaya – Mau liburan ke Surabaya? Ini daftar rekomendasi tempat wisata hits di Surabaya Jawa Timur terbaru yang paling bagus dan indah. Lengkap dengan foto / gambar dari mulai destinasi alam, pantai, taman kota, budaya, sejarah, pendidikan, kuliner, hingga spot foto kekinian nan instagramable yang wajib dikunjungi.

Surabaya bukan hanya terkenal sebagai Kota Pahlawan, namun juga punya sederet objek wisata menarik untuk menghabiskan libur panjang atau pun akhir pekan. Nah, untuk membantu Anda dalam menentukan destinasi agar sesuai selera, Aneka Wisata telah menyiapkan review tempat wisata recommended bagi wisatawan. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Tempat Wisata Di Surabaya
Tempat Wisata Di Surabaya (Foto : Ilham Ageng)

Daftar Tempat Wisata Hits Di Surabaya Terbaru Yang Paling Bagus Dan Indah

1. Kenjeran Park (KenPark)

Kenjeran Park (KenPark) termasuk tempat wisata anak dan keluarga di Surabaya yang baru saja dibuka. Taman bermain ini menyuguhkan waterboom, kelenteng, hingga bangunan unik yang asyik buat foto-foto. Misalnya, replika Temple of Heaven Beijing China, Kelenteng Sanggar Agung, Patung Buddha Empat Wajah Bangkok, serta patung Dewi Kuan Im.

Puas berkeliling dan selfie, Anda bisa melanjutkan berwisata kuliner saat sore hari sambil menikmati sunset di tepi pantai. Ada banyak pilihan makanan enak yang bisa dicoba, antara lain lontong balap, lontong kupang, sate kerang, dan berbagai macam seafood. Bila tak begitu lapar, Anda bisa mencicipi jagung bakar atau minuman ringan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ribut Bagus (@ribut_bagus) on

Kenjeran Park ini memiliki beragam spot wisata, berbeda dengan Kenjeran Lama yang hanya menawarkan pantai. Di ujung pantai KenPark, Anda juga bisa menikmati kemegahan Jembatan Suramadu. Setiap malam minggu pukul 20.00 WIB, disini akan ada pertunjukkan air mancur menari dengan kerlap-kerlip lampu nan cantik.

Lokasi Kenjeran Park berada di Jl. Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur. Tempat ini buka selama 24 jam non stop, jadi Anda bisa datang ke sini kapan pun saat ada waktu longgar. Harga tiket masuk KenPark sangatlah murah meriah, sekitar 5 ribu rupiah per orang, parkir kendaraan 8 – 10 ribu rupiah, sedangkan untuk Waterpark Kenjeran dibanderol seharga 20 – 25 ribu rupiah.

2. Atlantis Land Surabaya

Atlantis Land merupakan tempat rekreasi kekinian terbaru di Kota Surabaya yang mengusung konsep seperti Universal Studio Singapura. Taman hiburan seluas 15 hektare memiliki berbagai wahana menarik dari mulai waterpark, museum, pusat kuliner, pertunjukkan menarik, dan juga spot foto instagenic kesukaan anak jaman now (baca : generasi milenial).

Theme Park ini digadang-gadang akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara lho! Keren banget bukan? Saat ini sudah ada tambahan fasilitas Futsal Indoor, Kia-Kia, Sanggar Agung, Fitness Center, air mancur menari, serta Kolam Bandeng. Mungkin nantinya Atlantis Land akan menyamai tempat wisata di Singapura yang bernama Resort World Sentosa.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Atlantis Land Surabaya (@atlantislandofficial) on

Untuk memasuki arena obyek wisata, Anda akan dikenakan tiket masuk seharga Rp.125.000,- (tinggi di atas 85 cm) dan Rp.100.000,- (tinggi di bawah 85 cm). Balita dengan usia dibawah dua tahun masih tidak dikenakan biaya. Harga tersebut akan terasa murah karena setiap pengunjung Atlantis Land akan memperoleh tiket masuk gratis ke KenPark dan voucher makan senilai Rp.25.000,-.

Lokasi Atlantis Land Surabaya masih satu kawasan dengan KenPark, yaitu Jl. Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB. Datanglah ke sini bersama keluarga atau pun teman-teman dekat agar lebih seru dan asik.

3. Ciputra Waterpark

Bisa dibilang, Surabaya termasuk salah satu ikonnya tempat wisata di Jawa Timur selain Malang dan Banyuwangi yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Pasalnya, kota ini memiliki sejumlah tempat hiburan menarik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Salah satunya adalah Ciputra Waterpark.

Dengan luas mencapai 5 hektar dan wahana permainan air lengkap, pantas rasanya memasukkan destinasi ini ke dalam daftar waterpark terbesar di Indonesia. Saat berkunjung ke sini, Anda bisa mencoba wahana favorit bernama Roc Tower. Yaitu sebuah seluncuran setinggi kurang lebih 15 meter, dimana saat berseluncur Anda akan bisa berteriak kencang dengan gembira.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Abu Ghaidan (@bagusrully) on

Wahana lain yang tak kalah seru antara lain Syracuse Beach atau kolam ombak dan Sirens River, berupa sungai buatan untuk diarungi memakai ban. Ada juga play ground bermain anak serta cinema 5 D. Surabaya memang tak punya air terjun eksotis, tapi bermain air di Ciputra Waterpark tak kalah seru dan asyik bila dibandingkan dengan air terjun sungguhan.

Ciputra Waterpark terletak di Kawasan Waterpark Boulevard Citraland, Sambikerep, Made, Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 13.00 – 19.00 WIB (Selasa – Jumat), pukul 10.00 – 19.00 WIB (Sabtu – Minggu), dan hari Senin tutup. Harga tiket dibanderol sebesar Rp.55.000,- (weekdays) dan Rp.75.000,- (weekend).

4. Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by sergio_dji (@sergio_dji) on

Surabaya tidak hanya melulu menyajikan hiruk pikuk perkotaan, kota ini juga punya tempat wisata tersembunyi yang masih jarang dikunjungi orang, namanya Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo. Disini, Anda akan menemukan suasana sepi alami dan tenang, pas banget buat melarikan diri dari rutinitas sehari-hari.

Hutan Mangrove Wonorejo mempunyai jembatan bagus untuk berfoto atau pun pre-wedding. Ada juga fasilitas perahu dan boat untuk menuju lokasi jogging track dan gazebo yang langsung bermuara di Laut Jawa.

Hanya dengan membayar 25 ribu rupiah, Anda sudah bisa berkeliling menyaksikan keindahan hutan mangrove menggunakan perahu. Tak kalah keren bila dibandingkan dengan Mangrove Bedul Ecotourism yang lagi naik daun sebagai destinasi wisata hits di Banyuwangi akhir-akhir ini.

Bila Anda penasaran, langsung saja datang ke alamat Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo di Jalan Raya Wonorejo No. 1, Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Jam buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Untuk harga tiket masuk ke trek jogging dibanderol seharga 2 ribu rupiah, tiket naik perahu anak-anak 15 ribu rupiah, dewasa 25 ribu rupiah, dan biaya parkir sekitar 3 – 5 ribu rupiah.

5. Hutan Bambu Keputih

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yuyung Abdi (@yuyungabdi) on

Hutan Bambu Keputih termasuk tempat wisata terindah di Surabaya yang lagi hits banget di kalangan netizen. Pasalnya, deretan bambu nan rapi disini menyuguhkan pesona nan epik untuk dijadikan latar berfoto. Apalagi dengan sedikit sentuhan editing fotografi, maka hasil fotonya pun sangat bagus dan keren.

Jika dilihat dari foto / gambar yang beredar di media sosial seperti instagram, banyak orang mengira kalau deretan bambu ini merupakan destinasi wisata Jepang, yaitu Hutan Bambu Arashiyama. Padahal, hutan bambu ini asli Kota Pahlawan lho ya!

Rimbunnya pohon bambu membuat suasana di sini terasa sejuk dan nyaman. Pohon bambu yang ditanam secara rapi menimbulkan kesan instagenic sehingga menarik banyak wisatawan khususnya anak muda untuk hunting foto. Recommended juga sebagai tempat prewedding di Surabaya.

Lokasi Hutan Bambu Keputih terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. Rute jalan yang bisa ditempuh melalui Jalan Arief Rahman Hakim lurus ke arah Jalan Keputih. Dari RS Bersalin Putri, Anda jalan lurus sekitar 2,2 Km hingga bertemu pertigaan ke kanan yang mengarah ke Terminal Keputih.

Sebelum Terminal Keputih, Anda belok kiri, nanti di sebelah kiri ada hutan bambu, dan sebelah kanan berupa Taman Harmoni. Harga tiket masuk ke hutan bambu sementara masih gratis, paling hanya membayar parkir sekitar 2 – 5 ribu rupiah.

6. Taman Harmoni / Taman Sakura

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Wahyu Lailatul Qhoriah (@wahyu_rizn) on

Tak jauh dari Hutan Bambu Keputih, terdapat sebuah taman cantik bernama Taman Harmoni. Lokasi tepatnya terletak di Jl. Keputih Tegal Timur II No.249, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Taman Harmoni memiliki area yang cukup luas dengan dihiasi berbagai jenis bunga, seperti bunga jakaranda, pagoda, Tabebaya, bungur dan lain-lain. Aneka bunga tersebut disusun berdasarkan warnanya, sehingga tampak begitu indah, layaknya Taman Sakura di Jepang. Tak ayal, taman ini pun masuk dalam list tempat wisata terbagus di Surabaya yang wajib dikunjungi.

Fasilitas yang tersedia di sini meliputi musholla, tempat parkir, bangku sebagai tempat duduk pengunjung, area bermain anak, dan toilet. Letaknya cukup strategis, warga pun selalu ramai berkunjung ke sini saat pagi atau pun sore hari.

7. Surabaya North Quay

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yuyu (@riaayuokt) on

Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Indonesia favorit wisatawan, Surabaya selalu menyuguhkan sesuatu yang baru. Misalnya saja Surabaya North Quay di lantai 3 Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak. Di sini, Anda akan dapat menyaksikan panorama cantik lautan lepas, Jembatan Suramadu, hingga sunset.

Selain itu, tempat wisata menarik anti mainstream yang lagi ngehits ini juga sering digunakan sebagai lokasi bersandarnya kapal pesiar (cruise) international. Jika beruntung, Anda dapat berfoto dengan latar kapal pesiar tersebut. Keren banget deh buat mengisi instagram, jarang-jarang kan bisa ketemu kapal pesiar besar?

Buat Anda yang bingung mencari tempat ngabuburit di Surabaya yang asyik, datang saja ke Surabaya North Quay. Ada atraksi seni, pameran produk komunitas lokal, dan pasar kuliner. Harga tiket masuknya gratis, buka dari pukul 11.00 – 20.00 WIB (Senin tutup). Anda bisa bersantai menunggu waktu buka sambil menikmati sunset indah mempesona.

8. Kampung Warna-Warni

 

View this post on Instagram

 

A post shared by M.Muizz Shodiqin (@muizz31) on

Gak mau kalah dengan Kampung Warna-Warni Jodipan di kawasan wisata Malang Raya, Surabaya juga punya kampung serupa. Nama-nya Kampung Bulak, Kenjeran. Daerah yang dulunya kumuh, kini disulap menjadi penuh warna dan tampak instagramable untuk berfoto.

Lokasinya lumayan strategis gaes, jika dari Kenjeran Park, maka langsung saja menuju ke Kenjeran Lama hingga Jembatan Suroboyo. Nah, dari jembatan ini sudah bisa terlihat Kampung Warna Warni tersebut. Harga tiket masuknya sekitar 2 ribu rupiah.

9. Hutan Mangrove Gunung Anyar

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nanda P. Sudiro (@nanda_rahmawati) on

Selain Mangrove Wonorejo, Kota Surabaya juga memiliki tempat wisata bagus serupa yaitu Hutan Mangrove Gunung Anyar. Lokasinya sekitar 2 km dari arah timur kampus UPN Veteran Surabaya. Suasananya masih sangat alami, Anda bisa melihat monyet ekor panjang dan aneka burung liar.

Keindahan hutan mangrove ini tak kalah keren bila dibandingkan dengan salah satu ikon wisata Jogja bernama Pantai Pasir Kadilangu. Terdapat jembatan panjang yang menembus hutan mangrove, rumah makan, dan tempat istirahat. Anda juga bisa menaiki perahu dengan biaya 50 ribu rupiah untuk berkeliling hutan mangrove. Naik perahu dengan latar hutan mangrove tentu bisa juga menjadi spot foto instagenic bukan?

10. Hotel Majapahit

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lutfi Rachman (@lutfi__man) on

Hotel Majapahit termasuk salah satu hotel terbaik di Surabaya yang paling populer dikalangan wisatawan. Penginapan ini, dulunya bernama Hotel Oranje atau Hotel Yamato dan merupakan saksi bisu sejarah perobekan bendera Belanda oleh arek-arek Suroboyo saat perang kemerdekaan.

Mengingat sebagai bangunan bersejarah, Hotel Majapahit tidak pernah berubah sedikit pun sejak berdiri pada tahun 1910 hingga sekarang. Catnya berwarna putih, seperti halnya dengan Gereja Blenduk di kawasan Kota Lama Semarang. Jika Anda tertarik ingin menginap sekaligus berwisata sejarah, langsung saja meluncur ke lokasinya di Jl. Tunjungan No.65, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

11. Masjid Muhammad Cheng Hoo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nur Jannati Na’iim (@nurjannatinaim) on

Masjid Muhammad Cheng Hoo memiliki arsitektur bangunan unik bergaya campuran Arab, China dan Jawa. Bentuknya mirip kelenteng, dibangun dengan tujuan untuk mengenang jasa Laksamana Muslim dari China bernama Cheng Hoo.

Dengan luas mencapai 321 meter persegi, masjid ini bisa menampung jamaah hingga 200-an orang. Lokasinya berada di dalam kompleks Gedung Serba Guna Pembina Imam Tauhid Islam Jawa Timur, Jl Gading No 2, Surabaya.

12. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria (Gereja Kepanjen)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Travel Time (@dhaniutari) on

Ingin merasakan kemegahan bangunan ala Eropa? Datang saja ke Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria atau yang biasa disebut Gereja Kepanjen. Di sini, Anda akan menemukan bangunan dengan susunan batu bata klasik Eropa dengan pilar menjulang tinggi.

Ditambah lagi desain jendela Rose Window dan Kaca Mozaik, semakin membuat gereja ini tampak cantik instagramable. Penasaran? Langsung saja sambangi lokasinya di Jl. Kepanjen No.4-6, Krembangan Sel., Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

13. Klenteng Sanggar Agung

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yudi Trisdiantoro (@yudi_trist) on

Tak hanya menyuguhkan bangunan bersejarah, Surabaya juga nampaknya sangat pas buat wisata religi. Pasalnya, kota ini mempunyai sejumlah bangunan ibadah unik setiap agama, dari mulai masjid, gereja, hingga Kelenteng.

Nah, salah satu kelenteng terkenal yang bisa Anda kunjungi sebagai destinasi wisata adalah Kelenteng Sanggar Agung atau Klenteng Hong San Tang. Lokasinya terletak di Jalan Sukolilo Nomor 100, Pantai Ria Kenjeran, Surabaya. Mampirlah saat imlek tiba, di sini suasananya akan lebih ramai karena banyak etnis Tionghoa yang merayakannya.

Daya tarik utama Kelenteng Sanggar Agung berupa patung Dewi Kwam Im nan ikonik. Letaknya yang berada di pinggir pantai, membuat suasana di sini sedikit berbeda bila dibandingkan kelenteng pada umumnya. Desain bangunannya juga jauh dari kesan Tiongkok, justru nuansa Jawa Bali begitu terasa saat Anda memasuki ke dalam kelenteng.

14. Pagoda Tian Ti / Pagoda Kenjeran

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GUST INDRA (@gustindra) on

Masih berada satu kawasan dengan Klenteng Sanggar Agung, ada Pagoda Tian Ti / Pagoda Kenjeran yang tak kalah fotogenik untuk latar berfoto. Bentuk bangunannya bundar dengan diameter 60 m dan tinggi 58 m
, menyerupai Pagoda Tian Tan Beijing, Cina. Lokasi / alamatnya berada di Jl. Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur.

15. Citilites Skyclub & Bistro

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Citilites Skyclub & Bistro (@citilitesjavaparagon) on

Ingin menyaksikan panorama paling indah Kota Surabaya dari ketinggian? Datang saja ke Citilites Skyclub & Bistro, Anda bisa menikmati makan malam romantis sambil ditemani kerlap kerlip lampu Kota Pahlawan.
Sangat pas buat tempat melamar atau pun merayakan ulang tahun (baca : ultah) bersama sang kekasih halal. Lokasinya berada di lantai 21 Hotel Java Paragon, Dukuh Pakis, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jam buka : mulai pukul 16.00 – 00.00 WIB.

16. Sky 36 Restaurant

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SKY36 Restaurant (@sky36restaurant) on

Satu lagi tempat makan romantis di Surabaya yang menyuguhkan pemandangan kota dari ketinggian sekitar 50 meter, yaitu Sky 36 Restaurant. Saat senja / malam tiba, Anda bisa menyaksikan gagahnya jembatan Suramadu, gedung pencakar langit, gemerlap lampu kota, hingga kilauan Sungai Kalimas. Keren bukan?

Mengingat keberadaannya di atas rooftop, maka jam buka restoran ini pun mulai saat sore hari sampe malam untuk menghindari panas matahari, tepatnya mulai pukul 16.00 – 21.30 WIB. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Sumatera No.36, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Harga paket dinner di sini lumayan mahal, namun sebanding dengan kepuasan yang akan Anda dapatkan.

17. Palacio Chapel View

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nginden Semolo 42W Surabaya (@palacioweddingchapel) on

Palacio Chapel View merupakan salah satu tempat nongkrong di Surabaya favorit anak muda dari pelajar hingga mahasiswa. Pasalnya, selain menyuguhkan suasana romantis dan unik, harga makanan di sini juga lumayan murah nyaman di kantong.

Misalnya saja, seporsi nasi bakar kemangi dibanderol dengan harga 17 ribu rupiah, sedangkan untuk menu western seperti spaghetty sekitar 39 ribuan. Gak sampe ratusan ribu deh pokoknya! Lokasinya terletak di Jl. Nginden Semolo, Ngenden Jangkungan, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 15.00 – 23.00 WIB.

18. One Pose Cafe

 

View this post on Instagram

 

A post shared by One Pose Cafe and Studio (@oneposecafe) on

Bukan hanya aneka wisata Bandung yang punya beragam cafe unik, Kota Surabaya pun memiliki sejumlah cafe instagenic buat kongkow / hangout. Salah satunya adalah One Pose Cafe. Desain interiornya sangat cantik elegan, memadukan bunga-bunga dan boneka beruang. Pas banget buat nongkrong kaum hawa yang hoby berfoto narsis / selfie.

Rasa makanannya juga enak gaes dengan harga masih dibawah 50 ribu rupiah. Pelayannya ramah murah senyum, asyik banget deh bakalan membuat Anda betah berlama-lama di sini. Lokasi / alamatnya terletak di Jalan Puncak Permai III no 23 A, Tanjungsari, Suko Manunggal, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

19. Food Junction Grand Pakuwon

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @ganiabdilah on

Food Junction Grand Pakuwon termasuk tempat wisata anak dan keluarga di Surabaya yang recommended. Destinasi one stop ini memadukan kuliner enak, taman bermain, dan danau buatan nan indah beserta sepeda air. Lokasinya terletak di Jl. Grand Banjar Boulevard, Banjar Sugihan, Tandes, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 11.00 – 21.30 WIB.

20. Mama Noi Restaurant

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Daniel Candra (@daniel_candra) on

Buat Anda yang sedang mencari restoran unik dan instagramable di Surabaya, maka Mama Noi bisa menjadi alternatif pilihan. Desain interiornya begitu cantik, Anda bakalan bingung deh mencari spot foto lantaran saking banyaknya. Untuk makanan, Mama Noi menyajikan menu khas Thailand nan lezat.

Buat Anda yang muslim, pilih menu halal ya! Alamat Mama Noi berada di K2 No.1 Citraland, Jl. Puri Widya Kencana, Lidah Kulon, Lakarsantri, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB.

21. Kebun Binatang Surabaya

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @ganiabdilah on

Bingung mencari tempat wisata lebaran di Surabaya? Datang saja ke Kebun Binatang Surabaya (KBS), Anda dapat mengajak anak-anak serta anggota keluarga lainnya untuk melihat aneka satwa dari berbagai daerah. Pas banget buat sarana edukasi pengenalan hewan kepada anak-anak Fasilitas KBS saat ini juga semakin lengkap lho!

Ada banyak aktivitas seru menarik yang bisa Anda lakukan di sini, dari mulai memberi makan binatang, berfoto dengan binatang, naik perahu, dan lain sebagainya. Harga tiket masuknya lumayan murah, sekitar 15 ribu rupiah. Destinasi wisata ini terletak di Jalan Setail No. 1, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

22. Suroboyo Carnival Park

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Suroboyo Carnival Park (@suroboyocarnival) on

Suroboyo Carnival Park termasuk salah satu tempat liburan yang wajib Anda kunjungi saat berakhir pekan di Kota Surabaya. Berbagai wahana permainan seru siap memanjakan Anda, dari mulai Mini Jet, Baby Wheel, Uber-uberan, Gondal-gandul, Tambang Mas Coaster, hingga Galeri Angkut.

Lengkap banget, gak kalah keren dengan aneka wahana Trans Studio Bandung Jawa Barat. Anda tinggal pilih sesuai usia, buat anak-anak, remaja, atau orang dewasa. Harga tiket masuk dibanderol sebesar 60 ribu rupiah (weekdays) dan 80 ribu rupiah (weekend).

Lokasinya terletak di Jalan Frontage Ahmad Yani Siwalankerto No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Kota Surabaya. Jam buka mulai pukul 16.30 – 23.00 WIB, hari Senin tutup.

23. House of Sampoerna

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ina safria (@inasafria) on

House of Sampoerna bisa menjadi alternatif pilihan objek wisata terbaik di Kota Surabaya. Di sini, Anda dapat menyaksikan berbagai benda karya seni dan sekaligus melihat proses pembuatan rokok secara langasung memakai peralatan tradisional.

Harga tiket masuknya gratis, jam buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB. Fasilitas di Museum House of Sampoerna termasuk lengkap, terdapat cafe dan toko souvenir yang menjual batik, buku, kaos, dan serta kerajinan khas Jawa Timur. Penasaran? Langsung saja datang ke lokasinya di Jl. Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota Surabaya.

24. Monumen Kapal Selam

 

View this post on Instagram

 

A post shared by kanjengpuji (@puji_kk) on

Monumen Kapal Selam (Monkasel) bisa menjadi destinasi wisata edukasi di Surabaya bagi anak-anak. Monumen ini berupa kapal selam asli bernama KRI Pasopati 410 buatan tahun tahun 1952 dengan panjang 76,6 meter dan lebar 6,30 meter. Anda dapat masuk ke dalamnya untuk menyaksikan peralatan kapal selam.

Monkasel terletak di Jalan Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Genteng, Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Harga tiket masuknya sangatlah murah meriah, sekitar 10 ribu rupiah, mungkin sekarang sudah naik ya gaes!

25. IT’S KAVA

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 🌵Silvy 🌵 (@silvysuwindro) on

Buat para traveler muda yang sedang mencari cafe hits di Surabaya untuk hangout, bisa mampir ke IT’S KAVA. Tempatnya kece banget gaes, ada kayak sarang burung gitu, instagramable buat latar berfoto. Tapi sayangnya, berdasarkan info beberapa traveler, di sini belum ada wifi padahal suasananya asyik, adem, dan cozy buat bersantai.

Semoga saja kedepannya ada tambahan fasilitas wifi. Lokasi cafe ini berada di dalam perumahan Dian Regency, dari pos satpam Anda bisa belok kiri, nanti kelihatan cafenya. Alamat lengkapnya terletak di Jalan Sukolilo Mulia I, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.

26. Taman Bungkul

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KenniWeatherly_ (@kenniweatherly_) on

Taman Bungkul merupakan tempat wisata bagus di Surabaya yang terkenal murah meriah dan buka selama 24 jam. Meskipun cuaca panas, suasana di dalam taman terasa tetap adem sejuk karena banyak pepohonan hijau. Jika lapar, Anda tak usah jauh-jauh mencari makanan, di sekitar taman banyak pedagang kuliner yang siap memanjakan perut.

Oya, di taman wisata ini juga terdapat wifi gratis lho. Saat Ramadhan tiba, Taman Bungkul menjadi alternatif tempat ngabuburit di Surabaya untuk menunggu buka puasa. Jika Anda tertarik, bisa langsung menuju ke lokasinya di Jl. Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

27. G Walk

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GWalk CitraLand (@gwalkcitraland) on

Jenis Wisata : Kuliner
Lokasi : Ruko Taman Gapura, Jl. Niaga Gapura No.14, Lontar, Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : 24 jam

28. LOOP Surabaya

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ResepNyonya (@resep.nyonya) on

Jenis Wisata : Kuliner
Lokasi : Jl. Lingkar Dalam, Pradahkalikendal, Dukuh Pakis, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : 08.00 – 00.00 WIB

29. Jembatan Suromadu

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PRiyonoUnyil (@priyonounyil) on

Jika Palembang punya Jembatan Ampera, maka Surabaya punya Jembatan Suramadu dengan panjang 5.438 meter dan lebar sekitar 30 meter. Keren bukan? Suramadu berfungsi menghubungkan Kota Surabaya dan Pulau Madura.

Harga tarif masuk bila akan melalui jembatan ini sebesar 30 ribu rupiah untuk mobil, sedangkan motor 3 ribu rupiah (NB. harga bisa berubah-ubah). Datanglah saat malam hari, Anda akan bisa melihat kerlap-kerlip lampu Jembatan Suramadu yang membentang di atas selat Madura.

30. Taman Remaja Surabaya / Surabaya Youth Park

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ajeng R. Yukhei (@ajengrchmwt) on

Salah satu unggulan pariwisata Surabaya adalah Taman Remaja Surabaya / Surabaya Youth Park di Jalan Kusuma Bangsa No. 112 – 114, Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur. Di sini, Anda bakal dimanjakan dengan berbagai wahana hiburan dari mulai kolam mandi bola, rumah hantu, bom bom car, twin dragon, lainnya.

Taman hiburan ini buka mulai pukul 14.00 – 22.00 WIB, kecuali Senin tutup. Harga tiket masuk dibanderol sebesar 15 ribu rupiah dan tarif tiap wahana sekitar 10 ribu rupiah. Jika Anda menghendaki tiket terusan, harganya 50 ribu rupiah per orang. Jika ingin murah, datanglah secara rombongan lebih dari 25 orang, biasanya ada diskon dari pengelola.

31. Taman Skate & BMX

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yuyung Abdi (@yuyungabdi) on

Lokasi : Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : 24 jam

32. Tugu Pahlawan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by onez_liano (@onezliano) on

Tugu Pahlawan merupakan monumen perjuangan untuk memperingati pertempuran 10 November 1945. Monumen ini memiliki tinggi mencapai 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Bagian badan tugu berbentuk lengkungan-lengkungan berjumlah 10 lengkungan serta terbagi atas 11 ruas.

Lokasi : Jl. Bubutan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB, kecuali Sabtu – Minggu mulai pukul 07.00 – 15.00 WIB

33. Museum Sepuluh Nopember

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Furryco Upik Hermawan (@furryco_upik) on

Selain Tugu Pahlawan, untuk mengenang peristiwa pertempuran 10 November 1945 juga didirikan Museum Sepuluh Nopember. Lokasinya berada di Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, kecuali Sabtu – Minggu buka mulai pukul 07.00 – 15.00 WIB.

Tak kalah lengkap dengan Museum Fatahillah Jakarta, berbagai koleksi benda-benda sejarah bisa Anda temukan di sini. Misalnya senjata, radio Bung Tomo, bendera organisasi dan foto pertempuran 10 November. Dilengkapi pula dengan ruang auditorium hingga audiovisual. Harga tiket masuknya murah meriah sekitar 2 ribu rupiah.

34. Kebun Bibit Wonorejo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Surabaya Patata (@surabayapatata) on

Kebun Bibit Wonorejo termasuk salah satu tempat wisata di Surabaya yang belum banyak diketahui orang. Sesuai dengan namanya, kebun ini memiliki koleksi berbagai tanaman hias, pelindung, dan obat-obatan. Fasilitas di kebun seluas 5.9 hektar ini terbilang lengkap, terdapat sarana jogging track, danau buatan, arena bermain anak, toilet, dan food terrace.

Lokasi : Jl. Raya Kendalsari Blok RK No.70, Wonorejo, Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB

35. Taman Pelangi

 

View this post on Instagram

 

A post shared by iid karinaa (@iid.karinaa09) on

Bagi Anda yang suka banget dengan wisata malam, Taman Pelangi nampaknya bisa menjadi pilihan yang asik buat menikmati Kota Surabaya. Di sini, Anda bakal menemukan 31 buah bangunan mirip ruas daun. Saat malam tiba, cahaya lampu berwarna-warni akan menyinari ruas bangunan tersebut sehingga tampak seperti sebuah pelangi.

Lokasi : Jl. Ahmad Yani No.138, Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur

36. Taman Prestasi Surabaya

 

View this post on Instagram

 

A post shared by kanjengpuji (@puji_kk) on

Lokasi : Jl. Ketabang Kali No.6, Ketabang, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur

37. Taman Apsari

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Briyan Dede Imam P (@briyan_d2) on

Ada banyak sekali taman kota yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata di Surabaya, salah satunya adalah Taman Apsari. Area taman ini letaknya memang dipusat kota, namun karena relatif kecil sehingga belum banyak terjamah oleh wisatawan.

Kira-kira ada apa saja ya di Taman Apsari? Saat berkunjung ke sini, Anda akan menemukan beberapa spot menarik dari mulai aneka jenis bunga, pepohonan hijau, Arca Joko Dolog, Karya Seni Instalasi, dan lapangan futsal. Lokasi Taman Apsari terletak di Jl Taman Apsari no 63, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya.

38. Taman Hiburan Rakyat (THR)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by viperaddicted Indonesia (@jemmy_dwipa) on

Bingung mencari tempat wisata asyik di Surabaya yang menyenangkan? Datang saja ke Taman Hiburan Rakyat (THR). Di sini, sering diadakan pertunjukkan kesenian seperti ludruk, wayang orang dan ketoprak. Lokasinya berada di Jl. Kusuma Bangsa No.116-118, Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur. Tepatnya di belakang Taman Remaja Surabaya (TRS) dan juga ada di belakang Hi-Tech Mall.

39. Taman Mundu

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Eko.kurniawan (@eko.kurniawan5413) on

Lokasi : Jl. Juwet, Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur
Jam buka : 24 jam

40. Taman Persahabatan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ririn Suryani (@ririn_suryanii) on

Taman Persahabatan bisa menjadi pilihan alternatif tempat wisata bagus di Surabaya selain pantai. Taman seluas 2.259 meter persegi cukup asri karena dipenuhi pepohonan hijau nan rimbun, lengkap dengan beragam beragam bunga warna-warni. Kabarnya, ada sekitar 50 jenis tanaman dan bunga di taman ini.

Fasilitasnya pun lumayan memadai, sudah tersedia jogging track, arena bermain anak, panggung terbuka, dan sebuah miniatur air terjun / sungai. Keren bukan? Nah, bila Anda tertarik, langsung saja datang ke Taman Persahabatan di Jl. Sulawesi, Kota Surabaya.

41. Taman Korea

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Hendri prayogi (@prayogi_hendri) on

Lokasi : Jl. Dr. Soetomo No.67, DR. Soetomo, Tegalsari, Kota Surabaya, Jawa Timur
Jam buka : 24 Jam

42. Taman Mayangkara

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ahmad Nafik Mundzir (@mumun96) on

Lokasi : Di depan Rumah Sakit Islam (RSI) Surabaya, Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo, Kota Surabaya

43. Taman Flora

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dyah_Fier (@dyah.pasha) on

Tak sulit mencari tempat wisata menarik dan murah meriah di Surabaya untuk keluarga. Pasalnya, ada banyak taman kota gratis yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Taman Flora. Sesuai dengan namanya, taman ini penuh dengan aneka flora dari mulai tanaman teh-tehan, umbi-umbian, kana, pandanus, erva merah, zig-zag, ada eva, spider lili, gandarusa, dan lain sebagainya.

Suasana alam di Taman Flora terasa sejuk sehingga nyaman untuk duduk-duduk bersantai sambil ngobrol. Apalagi, kabarnya di sini tersedia saluran WiFi, pas banget deh buat ngerjain tugas bagi para pelajar atau pun mahasiswa. Tak hanya tumbuhan, Anda juga bisa menemukan berbagai fauna / hewan di sini lho, seperti kijang, kerang, burung onta, burung merak, dan lainnya.

Lokasi : Raya Manyar No.80A, Baratajaya, Gubeng, Kota Surabaya Jawa Timur
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB

44. Jembatan Merah

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ali Muchson (@muchson_ali) on

Seperti halnya kawasan wisata Kota Tua Jakarta, Surabaya pun penuh dengan berbagai bangunan saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Salah satu diantaranya yaitu Jembatan Merah yang menghubungkan Jalan Rajawali dan Kembang Jepun.

Konon, Jembatan Merah dibangun berdasarkan kesepakatan antara Sultan Pakubuwono II dengan VOC pada tahun 1743. Pada awalnya, pembatas jembatan ini terbuat dari kayu. Namun, pada tahun 1890, pembatas tersebut diganti menjadi besi dan bertahan sampai sekarang. Di sekitar Jembatan Merah, masih bisa ditemukan bangunan / gedung peninggalan Belanda.

45. Kampung Ilmu

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AHMAD KHUSAINI (@sen_ahmad) on

Lokasi : Jl. Semarang No.55, Tembok Dukuh, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur
Jam buka : 08.00 – 18.00 WIB

46. Pantai Kenjeran

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mar Denny Saputra (@mar_denny_saputra) on

Anda pecinta pantai? Jika iya, wajib deh datang ke Pantai Kenjeran. Tempat wisata terkenal di Surabaya ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan atau libur panjang. Pantai ini memiliki 2 lokasi yaitu Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru (dikenal dengan Kenpark atau Pantai Ria Kenjeran).

Pantai Kenjeran Lama terletak di Jalan Raya Pantai Lama No. 12 Kenjeran, Bulak, Surabaya dan Pantai Kenjeran Baru berada di Jalan Sukolilo No. 100, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya. Keduanya sebenarnya masih satu lokasi berdekatan, namun aktivitas yang ditawarkan masing-masing berbeda.

Aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di Pantai Kenjeran Lama antara lain menikmati keindahan pantai, naik perahu, memancing, atau pun kuliner tepi pantai. Sedangkan Pantai Kenjeran Baru menyajikan waterpark, spot selfie, dan kuliner.

47. Artama Harbour Cruise

 

View this post on Instagram

 

A post shared by yui (@yuyun1224) on

Ingin melakukan aktivitas wisata anti mainstream di Surabaya yang jarang diketahui orang? Coba deh, berlayar naik Kapal Wisata Artama Harbour Cruise. Kapal ini melayani perjalanan wisata bahari di sekitar selat Madura dan Suramadu.

Ada 2 buah layanan pelayaran yaitu Sailing Reguler setiap hari Minggu pukul 09.00 – 11.00 WIB dan Sailing By Request / Private dengan fasilitas dinner, fun fishing, serta sunset cruise. Untuk memesan tiket atau pun tanya jawab, Anda bisa langsung ke lokasi di Jl. Prapat Kurung Selatan No.58, Perak Utara, Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur.

48. Surabaya Museum (Gedung Siola)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by sanihalim (@sanihalim) on

Lokasi : Jl. Tunjungan No.1, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur
Jam buka : 09.00 – 21.00 WIB, kecuali hari Senin tutup.

49. Taman Gantung Tunjungan Surabaya

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dyah Wahyu Utami (@utamidyah) on

Gak cuma taman kota biasa, Surabaya juga punya taman eksotik dan unik, namanya Taman Gantung Tunjungan. Taman berupa jembatan ini dilengkapi dengan tanaman dan bangku sehingga pengunjung bisa menikmati panorama ‘Kota Tua’ Tunjungan.

Lokasi : Jl. Tunjungan No.1, RW.9, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : 06.00 – 18.00 WIB

50. Monumen Bambu Runcing

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Stanley Andrew (@foxandrew32) on

Lokasi : Jl. Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : 24 jam

51. Monumen Jalesveva Jayamahe

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kang Yayat (YAT) (@yayat_ruhayat) on

Lokasi : Armada Timur Ujung, Ujung, Semampir, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : pukul 07.00 – 15.00 WIB (Sabtu dan Minggu tutup)

52. Museum Kesehatan Dr. Adhyatma

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ali Muchson (@muchson_ali) on

Lokasi : Jl. Indrapura No.17, Kemayoran, Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : pukul 08.00 – 15.00 WIB kecuali Sabtu – Minggu buka pukul 09.00 – 14.00 WIB.

53. Museum Bank Indonesia (De Javasche Bank)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ༺ྀ༑࿅ྃ༼乇刀ロワ丂ム’ノ༽ྃ༑࿅ི༻ (@inodsai) on

Lokasi : Jl. Garuda No.1, Krembangan Sel., Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : pukul 08.00 – 16.00 WIB

54. Perpustakaan Bank Indonesia

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Osa / mas O (@otago_osaafredo) on

Lokasi : Jl. Taman Mayangkara No.6, Darmo, Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : pukul 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu 08.00 – 15.00 WIB, Minggu tutup

55. Masjid Ampel

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Muhammad Yusuf (@yusufampelpart) on

Lokasi : Jalan Pertukangan I, Ampel, Semampir, Ampel, Semampir, Kota SBY, Jawa Timur

56. Jalan Kembang Jepun

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Anton Gunarto (@antongunarto2) on

Jalan Kembang Jepun termasuk salah satu pusat perdagangan teramai di Kota Surabaya. Saat siang hari, kawasan Kota Lama sepanjang 750 m dan lebar 20 m ini penuh dengan aktivitas jual beli / bisnis seperti alat tulis kantor dan tekstil / fashion. Saat malam tiba, Anda bisa menemukan banyak pedagang makanan / kuliner di sini.

57. Monumen Patung Gubernur Suryo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ivan lesmana (@ivan_lesmana) on

Lokasi : Jl. Gubernur Suryo, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : 24 jam

58. Arca Joko Dolog

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Vincentius Kuori (@vincentius_kuori) on

Lokasi : Jl. Taman Apsari, Embong Kaliasin, Genteng, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur

59. Museum WR Soepratman

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dian Pratiwi (@deeduniaku) on

Museum biasanya identik dengan tempat wisata di Bali, Jakarta, dan Yogyakarta. Namun, Kota Surabaya ternyata kaya akan berbagai museum, salah satu diantaranya adalah Museum WR Soepratman. Lokasinya berada di Jl. Mangga No.21, Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB, Senin tutup.

Di sini, Anda bisa menemukan tulisan asli WR Soepratman saat beliau membuat lagu Indonesia Raya pertama kali dan terdapat juga biola historis yang menemaninya saat menciptakan lagu kebangsaan.

60. Pasar Turi

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pasar Turi Baru Official IG (@pasarturibarusurabaya) on

Kuliner dan belanja merupakan aktivitas favorit wisatawan saat mengunjungi sebuah kota atau daerah. Nah, bila Anda kebetulan sedang liburan di Kota Pahlawan Surabaya, Pasar Turi bisa menjadi alternatif tempat untuk menyalurkan hasrat untuk shopping serta ngemil.

Di pasar ini, ada berbagai toko yang menjual barang dengan harga grosir alias murah meriah. Pas banget buat berburu oleh-oleh khas Surabaya sambil mencicipi aneka kuliner enak seperti rujak atau jajanan tradisional. Lokasi Pasar Turi bisa Anda tempuh dengan naik kendaraan umum berupa mikrolet dari Pangkalan Angkutan Kota berkode BP, C, D atau RT.

61. Citra Raya Surabaya / CitraLand Surabaya

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Beryl (@berylhellfire) on

Ingin merasakan liburan ala Singapura di Kota Surabaya? Datang saja ke Citra Raya Surabaya, di sini Anda bisa menemukan patung pancuran berbentuk singa yang merupakan ikon khas Singapura. Fasilitasnya lumayan lengkap, tersedia padang golf, supermarket, sport hall, arena bermain, waterpark, dan tempat ibadah. Lokasi Citra Raya terletak di Jl. Kusuma Bangsa No.116-118, Kecamatan Tambaksari, Surabaya.

62. Monumen Suro dan Boyo (Monumen Suroboyo)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @ganiabdilah on

Monumen Suroboyo termasuk salah satu bangunan epik dan unik yang menjadi ikon Kota Surabaya. Patung ini terdiri dari 2 buah hewan yaitu ikan Sura dan Buaya. Lokasinya berada di depan Kebun Binatang Surabaya.

63. Rumah Batik

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Family Friendly Hotel (@premierplacehotels) on

Buat Anda yang sedang berburu oleh-oleh khas Surabaya, Rumah Batik Jawa Timur bisa menjadi pilihan tepat. Pada mulanya, alamat Rumah Batik terletak di Jl. Dukuh Bulak Banteng Tim. No.94, Bulak Banteng, Kota Surabaya. Namun, menurut info terbaru sudah pindah ke Jalan Margorejo No. 143 Surabaya. Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB.

Di sini, Anda akan menemukan berbagai motif batik dari daerah-daerah di Jawa Timur, seperti Bangkalan, Sumenep, Surabaya, Sidoarjo, Ponorogo, Mojokerto, Bojonegoro, Tuban, dan Jombang. Tinggal pilih saja, batik mana yang menjadi kesukaan Anda untuk dijadikan buah tangan bagi sanak saudara di rumah.

64. Jalan Gula, Kota Tua Surabaya

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mochammad Fathur Imron, ST. (@feathure02) on

Saat mengunjungi Jalan Gula, Anda akan disuguhi berbagai gedung tua kuno / klasik jadul yang sengaja dibiarkan begitu saja. Anda akan merasakan suasana masa lalu di sini, layaknya jaman penjajahan Belanda dulu kala. Bisa dibilang kondisi jalan ini mirip dengan Kota Tua yang menjadi ikon wisata Jakarta.

65. Delta Plaza

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ryan Pratama (@tigakaki) on

Lokasi : Jl. Pemuda No. 33-37 Surabaya
Jam buka : pukul 10.00 – 22.00 WIB

66. Tunjungan Plaza

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 🇲🇨 Social Media Manager (@jimmy.kristianto) on

Lokasi : Jl. Basuki Rahmat No.107, Kedungdoro, Tegalsari, Surabaya
Jam buka : pukul 10.00 – 22.00 WIB

67. Grand City Mall

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Grand City Mall Surabaya (@grandcitymall) on

Lokasi : Jl. Walikota Mustajab No.1, Ketabang, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : pukul 10.00 – 22.00 WIB

68. Plaza Marina

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Plasa Marina Surabaya (@plasamarinasby) on

Lokasi : Jl. Margorejo Indah No.99, Sidosermo, Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : pukul 10.00 – 22.00 WIB

69. Pasar Atom

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kuliner Surabaya (@amazingindonesiafood) on

Pasar Atom dan Pasar Atom Mall adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya yang berdiri sejak tahun 1972. Di pasar ini, Anda bisa menemukan berbagai barang dengan harga murah dan kualitas bagus. Bisa dibilang Pasar Atom ini mirip Pasar Baru Bandung.

Anda juga bisa mencicipi aneka makanan enak khas Surabaya dan sekitarnya di sini, misalnya Bakwan Kapasari, Bolen, Lontong Mie, Bubur Madura, Gorengan, Cincau Station, Cakue Peneleh, Kue, maupun Manisan. Pasar Atom terletak di Jalan Bunguran 45 dan Jalan Stasiun Kota, Surabaya. Jam buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB.

70. Hi-Tech Mall Surabaya

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Martin Hendrawan (@martinhendrawan) on

Lokasi : Jl. Kusuma Bangsa No.116-118, Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : Pukul 09.30 – 18.00 WIB

71. Pakuwon Mall

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SESPakuwonMall Level2 no.35-36 (@ses_pakuwonmall) on

Lokasi : Jalan Puncak Indah Lontar No.2, Babatan, Wiyung, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka : Pukul 10.00 – 22.00 WIB

72. Es Krim Zangrandi

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Agus Chiawono (@chiawono) on

Es Krim Zangrandi merupakan salah satu es krim terenak di Indonesia legendaris yang tak lekang oleh waktu. Berdiri sejak tahun 1930, kedai es krim ini memiliki rasa khas hingga sekarang. Teksturnya memang agak kasar, tapi es krimnya dibuat dengan bahan-bahan alami dan tanpa pengawet. Homemade banget deh!

Anda bisa menikmati beragam menu es krim di sini, dari mulai Tutti Frutti, Macedonia, es krim Soda, Noodle Ice Cream, Love Deal, hingga Banana Split. Untuk pilihan rasa diantaranya berupa coklat, vanila, stroberi dan moka. Sebagai pelengkap, Anda bisa memesan risoles, pastel tutup, kentang goreng, atau kroket. Harga es krim di gerai Zangrandi dibanderol dengan harga sekitar 50 – 100 ribu rupiah,

Lokasi : Jl. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur
Jam buka : Pukul 10.00 22.00 WIB

73. Depot Bu Rudy

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Horizon Homan Kuliner Surabaya (@horizonhoman) on

Siapa seh yang tak kenal dengan rumah makan bernama Depot Bu Rudy? Ikon kuliner Surabaya ini hampir selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Menu makanan di warung ini berupa masakan Jawa khususnya dari Madiun seperti pecel usus, aneka pepes, rawon, nasi campur, rujak cingur, dan sayur lodeh.

Menu andalan Depot Bu Rudy yang paling terkenal adalah aneka sambal dari mulai Sambal Udang, Sambal Peda Hijau, Sambal Bajak Terasi, hingga Sambal Lombok. Anda bisa membeli sambal tersebut untuk dibawa pulang sebagai buah tangan bagi tetangga, saudara, atau pun teman.
.
Lokasi : Jl Dharmahusada no. 140 Surabaya, Jawa Timur
Jam buka : Pukul 07.00 – 17.00 WIB
Harga per porsi : masih dibawah 50 ribu rupiah

74. Rawon Setan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @liensiang on

Selain Depot Bu Rudy, ada satu lagi tempat makan enak di Surabaya yang wajib dicoba, yaitu Rawon Setan. Konon, dinamakan Rawon Setan karena jam buka warung ini mulai pukul 10 malam hingga dini hari. Selain itu, potongan dagingnya yang besar-besar dan empuk, membuat sebagian warga memberikan julukan sebagai Rawon Setan.

Lokasi : Jalan Embong Malang, nomor 78/II, Genteng, Kota Surabaya
Jam buka : pukul 22.00 – dini hari WIB

75. Kelenteng Hong Tiek Hian

 

View this post on Instagram

 

A post shared by fadilah kurnia (@pvrmenkaret) on

Lokasi : JL. Dukuh Gg. II & Gg. 1, No. 2, Nyamplungan, Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur

76. Masjid Al-Akbar Surabaya

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yudi Trisdiantoro (@yudi_trist) on

Bagi Anda yang ingin wisata religi, bisa mampir ke Masjid Al-Akbar Surabaya di Jl. Masjid Al-Akbar Utara No.1, Pagesangan, Jambangan, Kota SBY, Jawa Timur. Masjid dengan kubah berwarna biru ini kabarnya bisa menampung sekitar 59.000 jamaah. Tak ayal, Masjid Al-Akbar pun dinobatkan sebagai masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Istiqlal Jakarta.

77. Kawasan Ampel Surabaya

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Erlina Dwi Salim (@limerlina) on

Kawasan Ampel Surabaya identik nuansa Timur Tengah, begitu memasukinya Anda akan merasakan suasana akulturasi budaya Jawa dan Timur Tengah. Daerah ini cocok dijadikan alternatif tempat buka puasa di Surabaya dengan menu makanan khas Timur Tengah seperti sambosa, nasi jagung, dan nasi kebuli.

Bagaimana sobat traveler? Cukup banyak dan menarik bukan, sejumlah destinasi wisata Surabaya yang berhasil saya himpun? Semoga bisa menjadi referensi peta wisata saat menyusun list itinerary Anda di Kota Pahlawan. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.