25 Wahana Seru, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Jatim Park 1 Batu Malang Jawa Timur

0 2,494

Jatim Park 1 – Ingin tahu ada apa saja di dalam Jatim Park 1 Batu Malang Jawa Timur? Ini review lengkap mulai dari wahana seru, fasilitas, harga tiket masuk, lokasi / alamat, hingga rute jalan menuju ke sana. Di sini, Anda akan suguhi berbagai permainan keren atau pun ekstrim yang menyenangkan untuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Asyik banget, bukan?

Jawa Timur Park termasuk salah satu pionir berdirinya taman hiburan atraktif (Theme Park) yang ada di provinsi Jawa Timur. Meskipun terletak di Kota Batu, Jatim Park 1 sepertinya lebih populer sebagai tempat wisata di Malang dikalangan wisatawan. Pasalnya, dulu sebelum berdiri sendiri, kota ini merupakan bagian wilayah Kabupaten Malang.

Saat ini, ada 3 macam Jawa Timur Park (baca : Jatim Park), yaitu Jawa Timur Park 1, 2, dan 3. Jatim Park 1 berisi sekitar 53 wahana permainan seru dan menyenangkan, Jatim Park 2 mengkhususkan diri pada koleksi satwa, sedangkan Jatim Park 3 mengusung tema Dinosaurus, IPTEK, dan lingkungan. Ketiganya dikemas secara edutainment sehingga pengunjung bisa bermain sekaligus belajar.

Jatim-Park-1-Batu-Malang-Jawa-Timur
Jatim Park 1 Batu Malang Jawa Timur (Foto : instagram @jawatimurpark)

Daftar Wahana Seru, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Jatim Park 1 Batu Malang Jawa Timur

Pada awalnya, mungkin sebagian orang mengira bahwa di dalam Jawa Timur Park 1 hanya berisi arena permainan. Namun, setelah masuk ke sana, mereka akan tahu bahwa tempat wisata ini didesain sebagai sarana pendidikan / edukasi bagi anak-anak, remaja, atau pun orang dewasa.

Dengan slogan “Taman Belajar Dan Rekreasi”, Jatim Park 1 mengajak wisatawan untuk belajar terlebih dahulu tentang budaya Indonesia dan sains sebelum bermain. Pihak pengelola sengaja membuat rute kunjungan dimulai dari zona pembelajaran baru kemudian menuju ke area permainan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi / referensi wahana seru di Jawa Timur Park 1.

Wahana Seru Jatim Park 1 Batu Malang Jawa Timur

1. Galeri Etnik

Wahana Jatim Park 1 : Galeri Etnik (Foto : jtp.id)

Wahana pertama yang akan Anda jumpai saat berkunjung ke Jawa Timur Park Satu berupa diorama kehidupan masyarakat desa dan budaya Indonesia. Sesuai namanya, Geleri Etnik Nusantara ini menyajikan beragam informasi tentang suku-suku di negara Indonesia dari Suku Jawa, Batak, Manado, Madura, hingga Papua.

Anda juga bisa melihat alat musik, makanan khas, pakaian tradisional, dan rumah adat beberapa suku layaknya zona anjungan di TMII Jakarta. Asiknya lagi, di sini tersedia layar aplikasi interaktif untuk belajar pengetahuan lebih akurat, lengkap, mudah dipahami serta informatif.

2. Indonesia Heritage Museum

Indonesia Heritage Museum (Foto : jtp.id)

Masih senada dengan Galeri Etnik, wahana Indonesia Heritage Museum menyajikan koleksi topeng, senjata tradisional, dan alat-alat antik khas Indonesia. Anda bisa mengajak anak-anak ke sini untuk belajar mengenal warisan budaya nenek moyang.

3. Science Center

Wahana Pendidikan / Edukasi Jawa Timur Park 1 : Science Center (Foto : jtp.id)

Setelah puas belajar tentang kebudayaan Nusantara, maka selanjutnya Anda akan diajak ke Science Center. Di sini, Anda bisa mempelajari ilmu biologi, kimia, dan fisika secara menyenangkan karena memakai alat peraga yang dikemas secara edutainment, mirip seperti wahana Taman Pintar Jogja.

4. Children Playground

Wahana Bermain Anak Jawa Timur Park 1 : Children Playground (Foto : jtp.id)

Wahana Children Playground dikhususkan untuk anak-anak berusia di bawah 12 tahun. Di dalamnya terdapat berbagai sarana permainan seru bagi buah hati Anda dari mulai perosotan, perosotan coaster, hingga arena outbond.

5. Mini Train

Mini Train (Foto : jtp.id)

Jatim Park 1 memang sangat cocok dijadikan objek wisata anak di Malang Raya. Pasalnya, wahana di dalamnya banyak pilihan dan memberi nilai tambah berupa pengetahuan. Misalnya, wahana Mini Train dimana si kecil bisa merasakan sensasi naik kereta api mini sekaligus mengenalkan alat transportasi kereta api kepada mereka. Mini Train diperuntukkan bagi anak usia 3 – 10 tahun dengan berat badan maksimal 40 kg.

6. Happy Boat

Happy Boat (Foto : jtp.id)

Wahana Happy Boat terletak di zona Taman Bermain Anak Kesayangan. Dari namanya tentu Anda sudah bisa menebak, bukan? Happy Boat berupa perahu kecil dalam kolam air buatan untuk satu orang anak yang disertai kemudi. Anak-anak akan naik ke atas boat (perahu kecil), lalu menjadi nahkoda menjalankannya.

7. Convoy Car

Convoy Car (Foto : jtp.id)

Masih berada di zona Taman Bermain Anak Kesayangan, ada wahana Convoy Car yang menyuguhkan keseruan mengendarai mobil secara bersama-sama. Putra-putri Anda tentu akan merasa senang serta bisa belajar teratur dalam berkendara.

8. Gyroscope

Gyroscope (Foto : jtp.id)

Gyroscope bisa dijadikan sebagai pilihan melakukan pemanasan sebelum Anda naik wahana ekstrim. Di sini, Anda akan duduk dalam sebuah bola besi lalu diputar-putar, mungkin hingga 360 derajat. Jadi, bagi Anda yang tak tahan pusing, sebaiknya hindari wahana ini. Untuk mencoba Gyroscope, Anda harus memiliki tinggi badan minimal 150 cm dan berat badan maksimal 80 kg.

9. Enterprise Ride

Setelah mengulas wahana biasa, saatnya mereview wahana ekstrim yang dapat memacu adrenalin Anda. Wahana pertama yaitu Enterprise Ride, dimana saat menaikinya, Anda akan merasakan sensasi meluncur terbang ke udara layaknya berada di pusaran angin tornado dengan kecepatan maksimal 50 km / jam.

Wahana yang terbilang baru ini akan membawa Anda terbang mencapai sudut kemiringan hingga 80 derajat selama lebih kurang 3 menit. Syarat khusus bagi wisatawan jika akan naik Enterprise Ride, berupa tinggi badan minimal 120 cm dan berat badan maksimal 75 kg.

10. Superman Coaster

Tak kalah seru dengan Yamaha Racing Coaster Trans Studio Bandung Jawa Barat, Jatim Park 1 juga punya roller coaster menantang yang memacu adrenalin, yaitu Superman Coaster. Wahana ekstrim ini terdiri dari bermacam-macam liukan tajam serta lintasan memutar dengan arah melawan gravitasi bumi sehingga hampir dipastikan jantung Anda akan berdetak kencang.

Bukan hanya dapat memacu Adrenalin, Superman Coaster juga menawarkan keindahan pemandangan / panorama Jatim Park 1 dari ketinggian. Keren, bukan? Tapi, apabila Anda memiliki riwayat penyakit jantung atau pun fobia ketinggian, sebaiknya tidak mencoba wahana ini. Anda harus tetap mengutamakan keselamatan / kesehatan dalam liburan.

11. Dragon Coaster

Jika Anda ingin mencoba naik roller coaster yang tak terlalu ekstrim, maka Dragon Coaster bisa menjadi pilihan. Wahana ini punya desain seekor naga, dengan bagian depan berupa kepala naga dan bagian belakangnya teridiri dari kursi-kursi berdaya tampung 8 orang dewasa maupun anak-anak. Dragon Coaster berputar sebanyak 2 kali putaran.

12. Ulat Coaster

Wahana Ekstrim Jatim Park 1 Untuk Anak-Anak : Ulat Coaster (Foto : jtp.id)

Ulat Coaster diperuntukkan untuk anak-anak berusia dibawah 5 tahun. Daya tampungnya sebanyak 6 anak, dimana setiap anak menempati 1 gerbong. Wahana ini akan membawa mereka menyusuri tanjakan dan turunan yang mengasyikan layaknya ulat berjalan.

13. Spinning Coaster

Sesuai namanya, wahana Spinning Coaster bergerak secara tidak teratur. Jadi, saat naik kereta roller coaster ini, Anda akan diajak meluncur menyusuri tanjakan, turunan, dan tikungan dengan posisi kursi yang berputar. Oleh karena itu, Anda tidak akan pernah menyangka posisi duduknya.

Kereta yang berdaya tampung 4 orang ini mempunyai kecepatan luncur lumayan kencang. Saat berada di tikungan, Anda akan merasakan sensasi terdorong ke depan. Siap-siap deh berteriak kencang sambil menikmati adrenalin yang memuncak.

14. Volcano Coaster

Volcano Coaster menyuguhkan wahana roller coaster unik dengan lintasan mengelilingi sebuah gunung api buatan. Saat menaikinya, Anda akan dibawa meluncur dengan kecepatan tinggi naik ke puncak, lalu turun memutari pegunungan, menyusuri bebatuan, masuk ke dalam goa, hingga keluar dari goa.

Wahana ini akan memberikan pengalaman berbeda dari biasanya. Siapkan stamina untuk berteriak kencang dan menikmati detak jantung atau pun adrenalin yang meningkat. Seru dan asik banget deh!

15. Froggy

Froggy (Foto : jtp.id)

Wahana Froggy membuat pengunjung naik ke atas, lalu turun ke bawah sehingga akan merasakan sensasi seolah-olah jantung tertinggal di atas. Kapasitas Froggy mencapai 7 orang anak, semakin banyak yang naik maka akan terasa lebih seru bisa teriak bersama.

16. Pendulum 360

Pendulum 360 termasuk salah satu wahana paling ekstrim di Jatim Park 1. Pasalnya, Anda akan dibawa pada ketinggian tertentu lalu diputar-putar hingga 360 derajat. Bahkan, Anda akan diputar secara horizontal maupun vertikal sampai terbalik. Benar-benar menegangkan, tapi asyik dan seru banget! Kapasitas wahana ini sekitar 13 orang.

17. Flying Tornado

Tak kalah ekstrim dengan Pendulum 360, Flying Tornado menawarkan sensasi berputar tiap detik dengan posisi berbeda di ketinggian tertentu. Dengan kapasitas mencapai 30 orang, wahana ini akan memberikan pengalaman layaknya terbawa tornado.

18. Sky Ride

Sky Ride merupakan wahana berupa kereta berkapasitas 2 orang yang meluncur di atas ketinggian. Hanya saja, lintasannya cenderung datar dengan kecepatan sedang. Prinsip kerjanya mirip Sepeda Mabur / Flying Bicycle yang terdapat di Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta.

Saat naik Sky Ride, Anda akan bisa menikmati pemandangan alam di sekitar Jatim Park 1 dari Gunung Panderman, Gunung Arjuna, sampai Gunung Banyak. Anda pun bisa menyaksikan berbagai wahana lain seperti Volcano Coaster, Water Boom, dan lainnya. Untuk mengabadikan moment indah tersebut, pastikan Anda membawa kamera terbaik saat menaikinya.

19. Sky Swinger

Sky Swinger ini mirip wahana di Batu Night Spectacular yang bernama Flying Swinger. Keduanya sama-sama memberikan sensasi berayun dan berputar pada ketinggian. Bedanya, Sky Swinger memiliki ketinggian yang lebih dari pada Flying Swinger.

Dengan ketinggian mencapai sekitar 15 meter, saat naik Sky Swinger, Anda akan mendapatkan view panorama spektakuler berupa keindahan pegunungan di sekeliling Kota Batu. Bagi Anda yang takut ketinggian, sebaiknya tidak mencoba naik wahana ini.

20. Air Borne Shot

Masih satu tipe dengan Sky Swinger atau pun ontang anting, Air Borne Shot menyuguhkan sensasi berputar pada ketinggian. Anda akan dibawa naik pada ketinggian tertentu lalu diputar-putar dengan kecepatan cukup kencang sehingga akan membuat adrenalin Anda mengalir semakin deras.

21. Aero Test

Wahana ekstrim berikutnya adalah Aero Test. Saat menaikinya, Anda kemungkinan besar akan merasakan sensasi gabungan dari Pendulum 360 dan Flying Tornado. Pasalnya, selain dibawa berayun hingga ketinggian, Anda juga akan diputar-putar hingga jungkir balik.

Kursi teman yang sedikit, membuat wahana ini begitu menantang. Adrenalin Anda akan meningkat dan detak jantung pun semakin cepat.

22. Waterboom Dan Funtastic Swiming Pool

Buat Anda yang suka basah-basahan bermain air, wahana waterboom Jawa Timur Park bisa menjadi pilihan tepat. Walaupun tak semegah Jogja Bay di Yogyakarta, namun keseruan akan bisa Anda dapatkan di sini. Tersedia berbagai model water slide dan kolam air bagi anak-anak atau pun orang dewasa.

Anda juga bisa mencoba kolam arus hingga Water Bucket yang berisi puluhan liter air lalu ditumpahkan ke bawah. Kurang puas? Cobain saja Funtastic Swiming Pool, dimana di dalamnya penuh fasilitas permainan air dari kolam arus, banana boat, sampai area ketangkasan di atas air. Keren banget deh!

23. Gokart

Wahana Gokart menawarkan kesempatan bagi para pengunjung untuk mengendarai mobil gokart pada sebuah lintasan layaknya trek balapan. Saat menaikinya, Anda akan dilengkapi dengan helm sebagai pengaman kepala. Hati-hatilah dalam mengendarainya, tak perlu terlalu kencang karena bukan balapan.

24. Tour Bus

Wahana Tour Bus memberikan sensasi naik bus lalu diputar-putar ke atas dengan arah bergantian. Meskipun tampak sederhana, namun wahana ini cukup membuat jantung berdetak kencang.

25. Museum Tubuh / The Bagong Adventure Museum Tubuh

Berada satu kawasan dengan Jatim Park 1, The Bagong Adventure Museum Tubuh patut Anda kunjungi. Sesuai namanya, museum tubuh pertama di Indonesia ini menyuguhkan pengetahuan tentang anatomi tubuh manusia, dari mulai gigi, telinga, mata, hidung, otak, pembuluh darah, jantung, hati, usus, ginjal, hingga tulang.

Museum ini sangat cocok dijadikan sarana edukasi kepada anak-anak untuk mengenal dan menambah pengetahuan tentang organ-organ tubuh manusia. Apalagi didukung oleh fasilitas multimedia modern yang membuat belajar jadi lebih menyenangkan.

Asyiknya lagi, di dalam museum tersedia fasilitas check up gratis bagi pengunjung. Chek up tersebut berupa pemeriksaan mata, cek lemak tubuh, cek osteoporosis, cek kolesterol, cek asam urat, dan cek gula darah. Lumayan lho, menghemat biaya periksa ke dokter / klinik laboratorium.

Baca Juga :

Fasilitas Yang Tersedia Di Jatim Park 1 Batu Malang Jawa Timur

Fasilitas Jatim Park 1 (Foto : jtp.id)

Selain memiliki wahana permainan super lengkap dan menarik, Jawa Timur Park 1 juga punya fasilitas penunjang memadai yang bakal membuat pengunjung betah. Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

  • Angkutan Gratis Jatim Park Group. Ada 2 rute untuk angkutan gratis ini, yaitu Rute 1 : Jatim Park 3 – Jatim Park 1 & Museum Tubuh – Museum Angkut dan Rute 2 : Jatim Park 3 – Predator Fun Park – Batu Night Spectacular.
  • Shuttle Car & Dotto Train. Mengingat Jawa Timur Park 1 memiliki area yang luas, maka agar tidak kelelahan, pengunjung bisa naik alat transportasi gratis ini.
  • Food Court. Jika Anda lapar atau pun haus, tak perlu keluar area wisata. Pasalnya di dalam Jatim Park 1 terdapat food court yang menyajikan beragam makanan enak khas Jawa Timur.
  • Pasar Wisata. Di dalam pasar ini tersedia aneka produk fashion, cinderamata, dan aksesoris yang bagus untuk dijadikan oleh-oleh khas Malang atau pun Kota Batu. Dengan berbelanja produk lokal di sini, Anda berarti ikut serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal.
  • Pasar Bunga. Di dalam Pasar Bunga tersedia beragam bunga, bibit buah, dan sayuran.
  • Pasar Buah. Sesuai namanya, Pasar Buah menyediakan buah-buahan terutama apel yang identik dengan Kota Batu.
  • Charging Station. Jika sewaktu-waktu HP atau smartphone Anda habis baterainya, Anda bisa mengechargenya di Charging Stasion. Tersedia beberapa colokan listrik yang bisa digunakan. Tapi, Anda jangan lupa bawa chargernya ya!
  • Mushola / Tempat Ibadah.
  • Klinik. Ruangan klinik ini digunakan untuk menampung pengunjung yang kelelahan atau sakit. Di dalamnya tersedia fasilitas 2 tempat tidur, tabung oksigen, kursi roda, dan beberapa instrumen medis awal.
  • Medical Care. Di dalam Jawa Timur Park 1 tersedia ambulans gratis yang siap membawa pengunjung ke klinik terdekat jika membutuhkan penanganan medis secara segera.
  • Rumah Ibu dan Anak. Bagi Anda yang membawa bayi, tersedia fasilitas berupa ruangan khusus untuk menyusui.
  • Loker. Repot karena banyak membawa barang bawaan? Titipkan saja di Loker, barang-barang bawaan akan aman dan Anda bisa bebas mengeksplore setiap wahana di sini.
  • Pusat Informasi.
  • Toilet Umum.
  • Toilet Difabel.
  • Tempat Parkir Luas.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Jatim Park 1 Batu Malang Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Jatim Park 1 (Foto : jtp.id)

Harga tiket masuk ke Jatim Park 1 dibagi menjadi beberapa macam, ada yang tiket reguler dan ada pula tiket paketan / terusan bersama dengan objek wisata Jawa Timur Park Group lainnya. Berikut rincian harga tiket masuk ke Jawa Timur Park 1.

  • Jatim Park 1 : Rp.75.000,- (Senin – Kamis / Weekday)
  • Museum Tubuh : Rp.55.000,- (Senin – Kamis / Weekday)
  • Jatim Park 1 + Museum Tubuh : Rp.91.000,- (Senin – Kamis / Weekday)
  • Jatim Park 1 + Museum Tubuh : Rp.120.000,- (Jumat – Minggu / Weekend)
  • Museum Tubuh + Predator Fun Park + Eco Green Park : Rp.80.000,- (Senin – Kamis / Weekday)

Syarat dan ketentuan harga tiket di sini yaitu anak-anak tinggi di atas 85 cm dikenakan tiket penuh, sedangkan anak dibawah 85 cm gratis masuk (free tiket). Pembelian tiket sebanyak 30 buah, maka akan dapat 1 tiket gratis, begitu juga kelipatannya. Jam buka Jatim Park 1 sekitar pukul 08.30 – 16.30 WIB.

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Ke Jatim Park 1 Batu Malang Jawa Timur

Lokasi / Alamat Jatim Park 1 terletak di Jl. Dewi Sartika Atas, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Jika Anda dari Malang dan ingin menggunakan angkutan umum, berikut rute jalan menuju ke sana :

  • Dari Bandara Abdulrachman Saleh : Naik Taksi Ke Terminal Arjosari – Naik Angkot AL (Arjosari – Landungsari) / Angkot ADL (Arjosari – Dinoyo – Landungsari) – Turun Di Terminal Landungsari – Naik Angkot BJL (Batu – Junrejo – Landungsari) – Turun Di Jawa Timur Park 1.
  • Dari Stasiun Malang : Naik Angkot AL (Arjosari – Landungsari) / Angkot ADL (Arjosari – Dinoyo – Landungsari) – Turun Di Terminal Landungsari – Naik Angkot BJL (Batu – Junrejo – Landungsari) – Turun Di Jawa Timur Park 1.
  • Dari Terminal Arjosari : Naik Angkot AL (Arjosari – Landungsari) / Angkot ADL (Arjosari – Dinoyo – Landungsari) – Turun Di Terminal Landungsari – Naik Angkot BJL (Batu – Junrejo – Landungsari) – Turun Di Jawa Timur Park 1.

Jam operasional angkot biasanya hanya sampai pukul 17.00 WIB. Jadi, pastikan Anda tidak kemalaman apabila ingin memakai kendaraan tersebut. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa memesan angkutan online atau jasa travel guide sehingga bisa langsung menuju ke lokasi. Nah, buat Anda yang kebetulan memakai kendaraan pribadi, bisa memakai gambar peta lokasi dari Google Map berikut.

Tips Berkunjung Ke Jatim Park 1 Batu Malang Jawa Timur

Taman Hiburan (Theme Park) biasanya menjadi incaran wisatawan untuk menghabiskan waktu saat libur panjang atau pun akhir pekan, tak kecuali Jawa Timur Park 1. Selain wahananya asik dan seru, fasilitas pendukungnya juga lengkap banget.

Berkunjung ke Jatim Park memang menyenangkan, apalagi bersama keluarga tercinta. Tapi, sebelum ke sana, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips liburan sederhana berikut agar aktivitas rekreasi berjalan dengan lancar dan nyaman.

Gunakan Pakaian Yang Mudah Menyerap Keringat

Bermain di taman hiburan seperti Jatim Park, tentu akan membuat tubuh Anda mudah berkeringat. Agar nyaman, gunakanlah pakaian casual yang menyerap keringat dan memudahkan dalam bergerak. Pakaian berbahan katun mungkin bisa menjadi pilihan tepat karena mudah kering saat terkena keringat.

Hindari Hari Libur Dan Akhir Pekan

Saat hari libur atau akhir pekan, biasanya banyak wisatawan yang datang ke Jawa Timur Park untuk berekreasi. Setiap wahana di sana, tentu akan banyak antrian karena ramainya pengunjung. Malahan, bisa jadi Anda tidak punya kesempatan untuk mencoba wahana favorit.

Datanglah saat hari kerja, dimana pengunjung cenderung lebih sepi sehingga Anda bebas naik wahana tanpa harus antri panjang. Anda pun akan merasa lebih nyaman, tidak pusing karena melihat banyak orang.

Berkunjung Saat Cuaca Cerah

Mengingat sebagian area Jatim Park termasuk outdoor (ruang terbuka), maka sebaiknya Anda berkunjung saat cuaca cerah. Hindari datang saat hujan karena kemungkinan beberapa wahana pun akan berhenti beroperasi jika cuaca ekstrim.

Datang Pagi Ketika Baru Buka

Jawa Timur Park memiliki wahana yang sangat banyak, mencapai sekitar 53 buah. Oleh karena itu, Anda sebaiknya datang sepagi mungkin agar memiliki waktu lebih untuk mencoba setiap permainan di sana. Anda pun tak perlu antri / rebutan mengingat pengunjung lain belum datang.

Datang Secara Rombongan

Menaiki sebuah wahana permainan tentu akan lebih seru jika bersama-sama dengan orang lain. Ajaklah anggota keluarga atau pun teman-teman datang ke Jatim Park. Dengan mengajak mereka, liburan akan semakin seru dan nyaman. Anda bisa berteriak bersama-sama saat menaiki wahana ekstrim, bahkan mereka bisa membantu mengambilkan gambar / foto.

Incar Wahana Favorit Terlebih Dahulu

Dari sekian banyak wahana, tentu Anda punya satu atau lebih wahana kesukaan yang menjadi favorit. Incarlah wahana favorit terlebih dahulu sebelum mencoba wahana lain.

Siapkan Nyali

Bagi Anda yang ingin mencoba wahana ekstrim, maka sebaiknya siapkan nyali sebelum menaikinya. Jika Anda masih ragu-ragu, sebaiknya tidak usah mencoba wahana yang menegangkan. Pilihlah wahana lain yang lebih santai dan nyaman sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Jangan Melanggar Peraturan

Setiap wahana permainan di Jatim Park punya aturan yang wajib dipenuhi oleh pengunjung agar selamat saat menaikinya. Misalnya, pemakaian sabuk pengaman, penggunaan helm, dan aturan tinggi / berat badan. Patuhi peraturan tersebut agar Anda selamat saat mencoba wahana permainan.

Perhatikan Jadwal Pertunjukkan

Selain menyajikan aneka wahana permainan, Jatim Park 1 juga punya sejumlah pertunjukkan yang tak kalah seru untuk ditonton. Agar bisa menikmati semuanya, pastikan Anda tahu kapan jadwal showtimenya. Berikut saya sampaikan beberapa contoh jadwal pertunjukkan menarik :

  • MEIMamogu Show : Gedung Theater Mamogu Show, setiap hari jam 13.00, 14.00, dan 15.00 WIB.
  • Science Show : Science Stadium, setiap hari sekitar pukul 10.30 – 12.30 WIB.
  • Lolipop Dance : Pintu Masuk (Entrance), setiap hari pukul 09.30 WIB.
  • Entertain Crew Dance & Fun Games : Summer Stage, pukul 11.00 WIB.
  • Amphytheater Live Music : Amphytheater, hari Sabtu, Minggu, dan hari libur pukul 12.00 – 16.00 WIB.

Jangan Memaksakan Diri Untuk Terus Bermain

Wahana permainan di Jatim Park memang menyenangkan. Namun, jika Anda sudah merasa lelah, jangan memaksakan diri untuk terus bermain. Segera beristirahatlah di tempat teduh seperti foodcourt untuk mengisi energi / tenaga.

Perhatikan Riwayat Penyakit

Jatim Park menawarkan sejumlah wahana ekstrim yang bakal membuat jantung berdetak kencang dan memacu adrenalin. Sebelum mencoba naik wahana tersebut, pastikan Anda tak takut ketinggian dan bebas dari riwayat sakit jantung. Jika fobia ketinggian dan jantung Anda kurang sehat, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri. Ingat, keselamatan dan kesehatan adalah nomor satu selama liburan.

Bawa Stroller

Bagi Anda yang membawa bayi, sebaiknya membawa stroller agar meringankan beban. Anda akan merasa kecapaian jika terus menerus menggendong bayi. Apalagi, Jatim Park punya area yang luas. Bawalah stroller yang bisa dilipat sehingga memudahkan dalam bergerak.

Bawa Baju Ganti

Jatim Park punya wahana permainan air yang akan memanjakan pengunjung. Jika Anda akan mencoba wahana air tersebut, maka wajib membawa baju ganti agar tak masuk angin selepas bermain air.

Awasi Anak-Anak Dan Anggota Keluarga Saat Bermain

Pengunjung Jatim Park biasanya mencapai ratusan, bahkan mungkin ribuan saat libur tiba. Mengingat padatnya pengunjung, awasilah anak-anak atau pun anggota keluarga lainnya agar tidak terpisah dengan rombongan. Jika, rombongan anak sekolah, pastikan ada pendamping guru yang menemani dan mengawasi.

Bawa Uang Tunai

Bawalah uang tunai yang cukup untuk persediaan membeli makanan / minuman karena di dalam Jatim Park sepertinya tak ada mesin ATM. Jangan lupa menyiapkan uang pecahan agar mudah dalam berbelanja, kebetulan di dalam Jatim Park ada pasar buah, pasar bunga, dan pasar wisata yang menawarkan aneka produk lokal.

Bawa Kemera

Meskipun kebanyakan berupa wahana bermain, namun bukan berarti Jatim Park 1 tak bagus buat berfoto. Bawalah kamera terbaik Anda untuk mengabadikan moment liburan di sini. Berfoto saat naik wahana atau dengan latar wahana juga bagus lho buat pengisi feed instagram Anda.

Bawa Bekal Makanan Dan Minuman

Luasnya area dan banyaknya jumlah wahana yang ada di dalam Jawa Timur Park, tentu akan membuat Anda merasa kelelahan selama mengeksplornya. Oleh karena itu, bawalah makanan ringan dan minuman di dalam tas agar bisa dinikmati saat lapar atau pun haus. Agar lebih hemat, Anda bisa membawa bekal tersebut dari rumah.

Persiapkan Kendaraan Dengan Baik

Bagi Anda yang berasal dari luar Kota Batu dan akan datang memakai kendaraan pribadi, sebaiknya persiapkan kendaraannya dengan baik. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima layak jalan.

Demikianlah review tentang berbagai wahana permainan seru yang ada di Jawa Timur Park 1 Kota Batu. Bagaimana sobat traveler? Keren dan seru banget bukan? Dengan wahana dan fasilitas penunjang super lengkap, nampaknya destinasi ini wajib Anda kunjungi. Bagi Anda yang sudah pernah ke sana, jangan lupa berbagi pengalaman melalui kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.