Taman Pintar Yogyakarta – Info Wahana, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk (Lengkap Dengan Video+Gambar)

0 245

Taman Pintar Jogja – Ingin tahu ada apa saja isi di dalam Taman Pintar Yogyakarta? Inilah info / review lengkap wahana keren, fasilitas, dan harga tiket masuk ke sana. Dari mulai gedung oval, gedung kotak, atau pun playground, disertai gambar hingga video.

Taman Pintar termasuk salah satu tempat wisata di Jogja yang sangat bagus dikunjungi oleh anak-anak bersama keluarga. Pasalnya, di dalam taman tersebut terdapat berbagai sarana edukasi berbagai bidang, khususnya ilmu sains yang dikemas secara “smart and fun”. Jadi, putra-putri Anda bisa bermain sekaligus belajar ilmu pengetahuan dan teknologi.

Nah, buat Anda yang penasaran dengan Taman Pintar Jogja, sebelum berkunjung sebaiknya membaca ulasan dari Aneka Wisata tentang wahana permainan seru dan fasilitas di sana. Dengan membaca review berikut, setidaknya Anda akan mempunyai gambaran singkat sehingga mempermudah dalam menentukan wahana apa saja yang akan dicoba saat berkunjung.

Taman-Pintar-Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta (Foto : tamanpintar.co.id)

Daftar Wahana, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Taman Pintar Yogyakarta

Secara garis besar, Taman Pintar mempunyai 9 wahana utama, antara lain Wahana Bahari, Playground, Kampung Kerajinan, Planetarium, Science Theater, Zona Perpustakaan Taman Pintar, Gedung Paud, Gedung Oval, dan Gedung Kotak.

Di dalam setiap wahana tersebut, khususnya Gedung Oval dan Gedung Kotak, berisi puluhan zona tentang ilmu pengetahuan, teknologi, sains, kesehatan, sosial politik, seni, hingga budaya.

Wahana Keren Dan Seru Taman Pintar Yogyakarta

1. Wahana Bahari

Wahana Bahari
Wahana Bahari (Foto : tamanpintar.co.id)

Wahana ini berupa kolam air yang berfungsi seperti sungai / danau dimana anak-anak dapat menaiki perahu kecil di atasnya. Sebaiknya Anda tetap mengawasi si kecil saat naik perahu dari luar pagar pembatas untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Playground

wahana di Playground
Ilustrasi wahana dinding berdendang di area Playground (Foto : tamanpintar.co.id)

Taman Pintar dikenal sebagai salah satu tempat wisata anak di Jogja yang bagus untuk dikunjungi. Di sini, Anda akan menemukan area playground berisi berbagai wahana permainan sains seru untuk anak-anak.

Wahana tersebut antara lain Pipa Bercerita, Dinding Berdendang, Katrol, Air Menari, Gong Perdamaian, Koridor Air, dan lainnya. Asiknya lagi, untuk bermain di playground, Anda tak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

3. Kampung Kerajinan

Kampung Kerajinan
Kampung Kerajinan (Foto : tamanpintar.co.id)

Sesuai namanya, Kampung Kerajinan menyuguhkan beberapa zona tentang proses pembuatan barang-barang kerajinan tradisional. Ada 4 buah zona, yaitu Kreasi Batik, Kreasi Gerabah, Lukis Gerabah, dan Lukis Kaos.

Dengan membayar tiket masuk sekitar 10 – 35 ribu rupiah, anak-anak bisa praktek membuat gerabah, membatik, atau pun melukis kaos. Asyik bukan?

4. Planetarium

Planetarium
Planetarium (Foto : tamanpintar.co.id)

Buat Anda penyuka ilmu perbintangan atau astronomi, wajib deh berkunjung ke wahana Planetarium Taman Pintar. Gak kalah keren dengan Planetarium Jakarta atau pun Observatorium Bosscha Bandung, di sini Anda bisa melihat simulasi benda-benda langit.

Hal unik di Planetarium Taman Pintar adalah pertunjukkan simulasi suasana langit kota Yogyakarta saat malam hari, lengkap dengan bermacam-macam benda angkasa dan susunan bintang. Ada juga pemutaran film tentang perjalanan manusia di Bulan.

Planetarium memiliki media kubah berbentuk setengah lingkaran dengan kursi penonton yang bisa direbahkan, sehingga Anda bisa menyaksikan seluruh pertunjukan dengan nyaman. Ajaklah buah hati Anda ke Planetarium untuk mengenal ilmu pengetahuan alam dan ciptaan Tuhan yang begitu mengagumkan.

5. Science Theater

Science Theater
Science Theater (Foto : tamanpintar.co.id)

Wahana Science Theater berupa gedung audiovisual dengan kapasitas 50 – 60 orang. Gedung ini biasanya digunakan untuk pemutaran film sains dan pertunjukan demo sains. Lokasi / letak Science Theater berada di sebelah Perpustakaan Taman Pintar atau area barat Taman Pintar.

6. Zona Perpustakaan Taman Pintar

Perpustakaan Taman Pintar
Perpustakaan Taman Pintar (Foto : tamanpintar.co.id)

Perpustakaan Taman Pintar Jogja memiliki desain unik, luas, dan nyaman. Koleksi buku perpustakaan ini cukup beragam dan tersedia beberapa komputer untuk mengakses Ensiklotepi pengetahuan sains berbentuk film animasi. Ada juga pertunjukan panggung boneka di sini yang diselenggarakan seminggu sekali.

7. Gedung Paud

Gedung Paud
Gedung Paud (Foto : tamanpintar.co.id)

Dalam Taman Pintar, terdapat 2 buah gedung PAUD yaitu PAUD Barat dan PAUD Timur. Kedua gedung tersebut menawarkan alat peraga pendidikan interaktif khusus untuk anak-anak usia 2 hingga 7 tahun. Pada zona ini anak-anak akan dikenalkan dengan pengetahuan sains dan teknologi tanpa meninggalkan konsep bermain.

Kabarnya, ada pemandunya juga lho di sini. Pemandunya merupakan orang pilihan yang memahami konsep perkembangan anak usia dini dan komunikatif serta peduli pada anak. Zona PAUD Barat terdiri atas alat peraga Sains, Teknologi, Religi, Budaya, Ruang Profesi, dan Perpustakaan. Sedangkan PAUD Timur berisi tentang Flora, Fauna, Komputer Kids, Puzzle, Pertunjukan, serta Petualangan.

Baca Juga :

8. Gedung Oval

Gedung Oval
Gedung Oval (Foto : tamanpintar.co.id)

Gedung Oval mempunyai banyak alat peraga yang berhubungan dengan sains. Di sini ada sekitar 8 zona, antara lain Aquarium Air Tawar, Kehidupan Purba, Terowongan Ilusi, Zona Generator Van De Graaf, Dome Area, Tata Surya, Generator Pedal, dan zona Cuaca, Iklim & Gempa Bumi.

Generator Van De Graaf
Generator Van De Graaf (Foto : tamanpintar.co.id)

9. Gedung Kotak

Gedung Kotak
Gedung Kotak (Foto : tamanpintar.co.id)

Gedung Kotak terletak di sebelah Gedung Oval. Untuk memasukinya, Anda harus melalui Gedung Oval dan tiket masuknya sudah menjadi satu untuk kedua gedung tersebut. Tak kalah bagus dengan Gedung Oval, Gedung Kotak juga punya banyak wahana pengetahuan yang kece badai.

Wahana dalam Gedung Kotak terdiri sekitar 17 zona, yaitu Teknologi Populer, Lorong Ilusi, Jejak Nutrisi, Sahabat Pemberani KPK, Indonesiaku, Olahraga, SNI, Menara Eiffel, Panas Bumi Geothermal, Air Untuk Kebaikan Hidup, TEPI TV, Dino Adventure dan Teater 4D, Memorabilia, Galeri Pusaka, Nuklir, Hand On Science, serta KPU.

Hand On Science
Hand On Science (Foto : tamanpintar.co.id)

Dengan sajian wahana pendidikan yang begitu beragam, tampaknya Taman Pintar bisa menjadi pilihan tepat sebagai tempat ngabuburit di Jogja saat Ramadhan tiba. Apalagi lokasinya tak terlalu jauh dengan Jalan Malioboro dan Masjid Gedhe Kauman. Sehabis dari sini, Anda bisa langsung mencari takjil di kedua tempat tersebut.

Fasilitas Taman Pintar Yogyakarta

Fasilitas yang tersedia di Taman Pintar Yogyakarta terbilang lengkap, selain memiliki wahana permainan edukatif, destinasi ini juga sudah terdapat Masjid / Mushola, Food Court, Tempat Parkir, dan Toilet. Jadi, Anda tak perlu lagi susah-susah keluar area untuk mencari tempat ibadah, makanan atau pun minuman. Berikut saya sajikan sebuah video tentang Taman Pintar.

Harga Tiket Masuk Wahana Taman Pintar Yogyakarta

Saat memasuki Taman Pintar, Anda tak akan dikenakan biaya / tarif masuk alias gratis. Namun, untuk menikmati sejumlah wahana di sini, Anda harus membayar tiket masuknya terlebih dahulu. Berikut ini daftar harga tiket masuk wahana Taman Pintar Yogyakarta (NB : Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya!).

  • Gedung Oval – Kotak : Rp.12.000,- (anak-anak) dan Rp.20.000,- (dewasa)
  • Planetarium : Rp.22.000,- (anak maupun dewasa)
  • Wahana Bahari : Rp.4.000,-
  • Teater 4D : Rp.15.000,- (anak-anak), dan Rp.20.000,- (dewasa)
  • Dino Adventure : Rp.20.000,- (anak-anak), dan Rp.25.000,-(dewasa)
  • Hand on Science : Rp.10.000,- (anak-anak maupun dewasa)
  • Broadcasting : Rp.15.000,- (anak-anak maupun dewasa)
  • Kreasi Batik : Rp.13.000,-
  • Kreasi Gerabah : Rp.10.000,-
  • Lukis Kaos : Rp.35.000,-
  • Lukis Gerabah : Rp.13.000,-
Harga Tiket Masuk Wahana Taman Pintar Yogyakarta
Harga Tiket Masuk Wahana Taman Pintar Yogyakarta (Foto : tamanpintar.co.id)

Lokasi / Alamat Dan Jam Buka Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar termasuk salah satu tempat wisata di Jogja yang dekat dengan Malioboro. Lokasinya juga tak begitu jauh dari Kawasan Titik Nol Kilometer, bisa ditempuh jalan kaki. Alamat lengkap Taman Pintar terletak di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122.

Oya, Anda jangan sampai keliru hari ya jika akan datang ke sini. Pasalnya, Taman Pintar buka mulai hari Selasa s/d Minggu. Setiap hari Senin, tempat ini tutup untuk perawatan berbagai alat peraga di dalamnya. Jam buka Taman Pintar mulai pukul 08.30 – 16.00 WIB. Agar lebih jelas tentang letaknya, silahkan lihat gambar peta lokasi dari Google Map berikut.

Tips Berkunjung Ke Taman Pintar Yogyakarta

Sebelum Anda datang mengunjungi Taman Pintar Jogja, alangkah baiknya membaca tips wisata dari saya berikut. Hal ini agar liburan Anda bersama keluarga, anak-anak, atau pun teman menjadi lebih lancar dan nyaman.

  • Mengingat ada banyak sekali wahana di Taman Pintar, maka sebaiknya Anda datang lebih awal agar bisa menjelajahi seluruh wahana permainan yang ada di dalamnya. Selain itu, saat pagi hari kondisi cuaca belum begitu panas sehingga anak-anak bisa main di area playground terbuka dengan nyaman.
  • Jika Anda datang dalam jumlah rombongan besar (minimal 20 orang) dari Sekolah atau pun Instasi tertentu, maka wajib melakukan pemberitahuan melalui surat resmi kepada Pengelola Taman Pintar.
  • Hindari datang saat siang hari yang panas, kecuali jika akan mengunjungi Gedung Oval dan Gedung Kotak.
  • Pakailah pakaian casual sehingga nyaman bergerak dari satu wahana ke wahana lainnya.
  • Jika datang berdua atau sendirian, sebaiknya pakai motor saja karena parkirnya lebih praktis dan mudah
  • Bawalah peralatan ibadah (mukena) bagi perempuan muslim
  • Buat Anda yang berkunjung bersama anak, bawalah kamera bagus untuk mengabadikan moment keceriaan buah hati Anda saat bermain di Taman Pintar
  • Berdoa sebelum berangkat agar selamat sampai tujuan dan lancar

Demikianlah sekilas info tentang wahana dan fasilitas Taman Pintar Yogyakarta yang keren banget. Rugi lho jika liburan ke Jogja tanpa mampir ke sini. Apalagi bagi anak-anak pelajar, nampaknya wajib deh berkunjung ke sini untuk menambah pengetahuan / wawasan. Jika sobat traveler ingin menambahkan ulasan mengenai destinasi ini, bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.