17 Wahana Seru, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Yogyakarta

0 3,030

Kebun Binatang Gembira Loka – Ingin tahu ada apa saja isi di dalam Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Jogja? Ini review lengkap daftar wahana, fasilitas, atraksi, dan harga tiket masuk ke sana, disertai gambar penjelas. Berbagai kegiatan seru dapat Anda nikmati di sini, dari mulai naik onta, gajah, perahu kayuh, speedboat, skuter air, berinteraksi dengan reptil, terapi ikan, hingga menyaksikan pertunjukan burung.

Selain Keraton, Candi Prambanan, dan Malioboro, Gembira Loka Zoo juga menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang cukup banyak dikunjungi wisatawan. Tak hanya bisa melihat aneka koleksi satwa, kebun binatang ini kini telah dilengkapi dengan wahana menarik untuk anak-anak atau pun keluarga.

Kawasan Gembira Loka memiliki sekitar 400 jenis hewan dan 500 jenis tanaman. Jadi, selain liburan, Anda juga bisa mengenalkan kepada anak-anak tentang berbagai macam satwa dan tanaman yang belum pernah dilihat. Nah, kira-kira seperti apa ya gambaran di dalam Gembira Loka Zoo? Yuk, simak review lengkapnya berikut.

Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Jogja
Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Jogja (Foto : instagram @glzoojogja)

Daftar Wahana, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Dari tahun ke tahun, Gembira Loka Zoo selalu berbenah menambah berbagai wahana dan fasilitas untuk memanjakan pengunjung. Salah satunya adalah spot foto selfie yang digandrungi kaum milenial. Ada juga atraksi satwa sebagai hiburan bagi wisatawan.

Koleksi satwanya pun bertambah, tak hanya berasal dari dalam negeri, melainkan juga dari luar negeri seperti kangguru dari Australia, dan penguin dari Afrika. Bila melihat foto-foto Gembira Loka Zoo yang bertebaran di instagram saat ini, nampak semakin kekinian bila dibandingkan saat Aneka Wisata berkunjung beberapa tahun lalu.

Wahana Dan Atraksi Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Yogyakarta

1. Petting Zoo

Wahana Petting Zoo memberi kesempatan kepada wisatawan untuk berinteraksi dengan satwa-satwa seperti kambing Etawa, Keledai, domba Batur, kuda Poni, kelinci Jawa, kelinci German Giant (kelinci raksasa dengan panjang mencapai sekitar 50 cm), marmut, ayam Brahma (ayam raksasa dengan tinggi mencapai sekitar 70 cm), kura-kura Sulcata serta kura-kura Emys.

Seperti halnya Petting Zoo di Farm House Lembang dan Happy Farm Taman Kelinci Ciwidey, hewan-hewan di dalam wahana ini termasuk jenis pet animal atau hewan peliharaan sehingga jinak dan aman. Tak hanya itu, hewan tersebut juga bebas dari penyakit karena dirawat secara hygienis, steril, dan tidak termasuk satwa yang dilindungi.

Oleh karena itu, Petting Zoo sangat cocok dijadikan destinasi wisata anak di Jogja saat liburan tiba. Anda dapat mengenalkan aneka satwa kepada putra-putri Anda melalui interaksi langsung dengan mereka. Asyik dan seru deh pokoknya!

2. Onta Tunggang

Gak perlu jauh-jauh ke negara Arab Timur Tengah untuk menaiki onta, Anda cukup datang ke Kebun Binatang Gembira Loka, di sini ada wahana Onta Tunggang. Lokasinya berada di area utara dekat dengan kandang kudanil.

Kandang Onta Tunggang sengaja didesain bertema Timur Tengah, terdapat bangunan piramid seluas 1.103 m2 dan dihuni sebanyak 8 (delapan) ekor unta. Anda dapat berfoto saat naik onta dengan latar piramid layaknya di negara aslinya.

3. Gajah Tunggang

Tak kalah keren dengan Kebun Binatang Bandung, Gembira Loka juga punya wahana Gajah Tunggang. Anda dapat merasakan sensasi menaiki mamalia terbesar di daratan, berjalan pelan mengelilingi arena hanya dengan membayar sekitar 35 ribu rupiah.

4. Zoo Express

Wahana Zoo Express berupa kereta mini yang terdiri dari 2 (dua) gerbong penumpang dimana masing-masing gerbong bisa mengangkut 12 orang anak-anak atau 8-10 orang dewasa. Zoo Express melintasi rel kereta api dengan tikungan, tanjakan, serta terowongan.

Zoo Express menempati lahan seluas 2.663 m2 dengan panjang lintasan sepanjang 300 m. Lokasinya tepat berada di tengah area taman bermain.

5. Ninebot

Bukan hanya Sindu Kusuma Edupark dan Taman Pintar Jogja saja yang punya wahana seru, Kebun Binatang Gembira Loka juga punya lho. Salah satunya adalah Ninebot atau Smart Wheels. Wahana ini berupa Self Balancing Electric Scooter dengan dua roda di kanan kiri, dapat berdiri seimbang pada saat posisi mesin hidup dan bisa dikendalikan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Ninebot hanya digunakan untuk 1 (satu) orang dan dijalankan dengan gerakan kaki. Wahana Ninebot terletak di area seluas 1.792 m2 dengan panjang lintasan mencapai 280 m dan lebar sekitar 1,5 m. Sebelum mulai menaikinya, pengunjung akan diberikan pengarahan singkat tentang cara dan aturan penggunaan Ninebot tersebut.

6. Kolam Sentuh

Anak-anak tentu akan senang sekali bila diajak untuk menyentuh hewan bukan? Nah, di Kolam Sentuh, mereka akan bisa menyentuh beragam jenis ikan dan aneka satwa aquatik lainnya yang menjadi koleksi Gembira Loka Zoo. Asyiknya lagi, wahana ini tidak dikenakan biaya alias gratis bagi seluruh pengunjung.

7. Kolam Tangkap

Sesuai dengan namanya, wahana Kolam Tangkap berisi ikan-ikan kecil untuk ditangkap. Kolam ini dikhususkan bagi anak-anak usia balita sampai dengan 10 tahun dengan kedalaman sekitar 30 cm. Ikan-ikan yang berhasil ditangkap, boleh dibawa pulang untuk dipelihara di rumah.

Baca Juga :

8. Terapi Ikan

Terapi Ikan saat ini sedang hits dibeberapa negara termasuk Indonesia. Nah, Gembira Loka Zoo ingin memanjakan pengunjung dengan menyediakan kolam Terapi Ikan. Anda dapat mencelupkan kaki ke dalam kolam yang dipenuhi ikan-ikan kecil.

Ikan tersebut akan menggigiti sel-sel kulit mati pada kaki. Selama 15 menit, Anda akan merasakan sensasi menggelitik dan menimbulkan rasa senang hingga menghilangkan stres. Asyik banget bukan?

9. Perahu Kayuh

Wahana Perahu Kayuh sangat cocok digunakan untuk keluarga dan anak-anak. Satu buah perahu bisa menampung sebanyak 2 orang dewasa beserta 1 anak kecil. Anda dapat mengajak “Si Buah Hati” berkeliling danau buatan dengan manaiki perahu kayuh berbentuk angsa.

10. Skuter Air

Skuter Air sekilas mirip Jet Sky, tapi untuk tingkat kecepatannya sengaja dibuat tak terlalu kencang agar aman untuk anak-anak. Saat menaikinya, Anda harus memakai baju pelampung untuk mengantisipasi apabila jatuh ke air sehingga tetap aman.

11. Perahu KATAMARAN

Perahu KATAMARAN menjadi salah satu primadona wahana di Kebun Binatang Gembira Loka, pasalnya perahu berkapasitas 40 orang penumpang ini bisa membawa pengunjung berkeliling danau buatan. Pas banget buat rombongan keluarga.

12. Speed Boat

Meskipun hanya punya danau buatan, Gembira Loka ternyata juga punya wahana Speed Boat. Jadi, Anda tak usah jauh-jauh ke laut untuk merasakan sensasi naik speed boat.

13. Bumper Boat

Satu lagi wahana air yang seru, yaitu Bumper Boat. Dengan menaikinya, Anda dapat berkeliling kolam sambil bertabrakan satu sama lain dengan Bumper Boat teman Anda. Kapasitas Bumper Boat hanya bisa dinaiki untuk 2 orang.

14. ATV

Gembira Loka Zoo memang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Pasalnya, ada banyak wahana seru yang bisa dicoba, salah satunya adalah wahana ATV. Anda bisa bersenang-senang bersama anggota keluarga atau pun teman-teman dengan mengendarai ATV mengelilingi sirkuit berkelok-kelok.

15. TARING (Transportasi Keliling)

Mengingat area Gembira Loka yang sangat luas, maka untuk membantu para wisatawan dalam berkeliling disediakan sarana TARING (Transportasi Keliling).

16. Bird Show

Bukan hanya sekedar melihat berbagai bentuk jenis burung, di kebun binatang ini, wisatawan juga bisa menyaksikan atraksi / perilaku burung-burung saat terbang. Beberapa jenis burung yang ditampilkan dalam atraksi antara lain elang jawa, elang laut, burung kangkareng, burung hantu dan kakatua jambul kuning.

Untuk melihat atraksi burung tersebut, pastikan Anda tak salah jadwal ya! Waktu penyelenggaraan Bird Show biasanya hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu dan Libur Nasional pukul 10.30 WIB dan 13.30 WIB.
Sedangkan hari Jumat pukul 10.30 WIB.

17. Interaksi Reptile

Interaksi Reptile terletak di dalam zona RAP (Reptiles & Amphibians Park). Di wahana ini, pengunjung tidak hanya bisa melihat berbagai macam satwa melainkan bisa juga berinteraksi, bercengkrama, bahkan bersentuhan langsung dengan beberapa satwa seperti Ular Python, Iguana, dan Kura-Kura. Tak usah kuatir soal keamanan karena hewan-hewan tersebut dijaga oleh petugas.

Presentasi dan Edukasi Satwa

Presentasi dan Edukasi Satwa (PES) adalah wahana pertunjukan satwa yang ada di Gembira Loka Zoo seperti burung Linsang, Beruang Madu, Burung Merak dan Orang Utan. Jadwal pertunjukannya pada Sabtu, Minggu / Libur pukul 10.00, 11.00, 13,00, dan 14.00 WIB. Hari Senin – Jumat pada pukup 11.00 dan 13.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Bila dibandingkan dengan kebun binatang modern diberbagai kota lain, harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka Zoo terbilang murah, yaitu dibanderol sekitar 30 ribu rupiah per orang khusus hari Senin s/d Jumat. Sedangkan hari Sabtu, Minggu, atau libur nasional harganya 35 ribu per orang.

Untuk rombongan minimal 25 orang, ada diskon tiket masuk dengan membawa surat pengantar dari instansi terkait. Jam buka Gembira Loka setiap hari mulai pukul 07.30 – 17.30 WIB.

Lokasi / Alamat Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Alamat Kebun Binatang Gembira Loka Zoo terletak di Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya cukup strategis karena berada di pusat kota sehingga mudah menjangkaunya.

Untuk menuju lokasi, Anda bisa memakai kendaraan pribadi, Trans Jogja, atau pun ojek online. Berikut gambar peta lokasi Kebun Binatang Gembira Loka Zoo dari Google Map :

Fasilitas Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Fasilitas di dalam Kebun Binatang Gembira Loka Zoo sangatlah lengkap, tersedia berbagai sarana prasarana yang menunjang wisatawan selama kunjungan, dari mulai mushola, food court, uang laktasi, toko souvenir oleh-oleh, layanan Stroller Bayi dan Kursi Roda, jaringan internet / wifi, kamar mandi, toilet, hingga area parkir.

Tips Berkunjung Ke Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Dengan luas mencapai sekitar 20 hektare, maka untuk menjelajahi setiap wahana yang ada diperlukan tips wisata khusus agar nyaman dan lancar. Yuk, simak tips singkat berikut sebelum berkunjung ke sana.

  • Datanglah lebih awal agar Anda punya banyak waktu untuk mencoba setiap wahana yang tersedia disana.
  • Mengingat tempat wisata ini berupa outdoor, maka berkunjunglah ketika cuaca sedang cerah, hindari saat hujan. Jika sedang musim hujan, bawalah payung atau jas hujan sebagai persiapan apabila tiba-tiba turun hujan.
  • Gunakan pakaian casual yang menyerap keringat dan nyaman sehingga memudahkan Anda dalam bergerak.
  • Jika Anda membawa anak-anak, wajib mendampingi dan mengawasinya secara terus-menerus, jangan sampai melepasnya sendirian.
  • Bawalah pakaian ganti bila putra-putri Anda akan bermain air di Kolam Tangkap.
  • Bawalah kamera terbaik untuk mengabadikan momen liburan Anda di Kebun Binatang Gembira Loka Zoo.
  • Tanyalah kepada petugas / pemandu tentang rute jalan di dalam kebun binatang dari awal hingga keluar sehingga Anda tak tersesat.
  • Pilihlah wahana yang aman bagi putra-putri Anda.
  • Berdoa, sarapan, dan cek kendaraan sebelum berangkat.

Demikianlah review singkat tentang berbagai wahana, fasilitas, dan harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Yogyakarta. Apabila sobat traveler sudah pernah ke sana, bisa menuliskan pengalamannya melalui kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.