31 Tempat Wisata Anak Dan Keluarga Di Jogja Yang Edukatif Murah Paling Seru Menyenangkan

0 28,996

Tempat Wisata Anak Di Jogja – Mau liburan ke Yogyakarta? Inilah daftar rekomendasi tempat wisata anak dan keluarga di Jogja yang edukatif murah paling seru menyenangkan. Dari mulai tema budaya, kerajinan, sains, teknologi, hingga alam ada semua di sini.

Siapa seh yang tak kenal dengan Kota Yogyakarta? Hampir setiap wisatawan mengenalnya dan selalu menjadi tujuan favorit wisatawan untuk menghabiskan liburan. Setiap sudut kotanya seakan tak pernah habis untuk dijelajahi.

Ada banyak sekali tempat wisata di Jogja yang bagus untuk dikunjungi. Namun, tak semuanya aman dan ramah terhadap anak-anak. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan list destinasi terbaik yang recommended Anda kunjungi bersama putra / putri atau pun anggota keluarga lainnya.

Daftar Tempat Wisata Anak Dan Keluarga Di Jogja Yang Edukatif Murah Paling Seru Menyenangkan

1. Taman Pintar

Taman Pintar adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak yang seru dan asyik untuk belajar sains (Foto : detakjogja.com)
Taman Pintar adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak yang seru dan asyik untuk belajar sains (Foto : detakjogja.com)

Tempat wisata di Jogja untuk anak yang pertama adalah Taman Pintar di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, tak jauh dari Malioboro. Taman edukasi untuk anak ini cocok dikunjungi anak-anak dan keluarga. Konsepnya sangat bagus dan tidak monoton. Sangat menarik untuk dikunjungi bersama buah hati dan keluarga.

Pengembang menamai nama nama wahana yang ada di dalam Taman Pintar dengan sebutan yang unik yang bisa membangkitkan keingintahuan anak anak yang datang berkunjung. Seperti Parabola Berbisik, Dinding Berdendang, Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Warna, Air Menari, Forum batu, Tapak pintar, Desaku Permai, Sistem Katrol, dan lainnya.

Selain itu ada juga rumah pohon, istana pasir, kolam air dan jembatan goyang, ada juga jungkat jungkit. Semuanya dirancang untuk membangkitkan keingintahuan anak anak. Mereka langsung bisa merasakan sendri fenomena sains seperti rambatan gelombang dan lainnya.

Taman Pintar Jogja mempunyai fasilitas seperti Gedung Oval untuk yang memaparkan bagaimana alam semesta itu terbentuk. Keluar dari gedung Oval, ada Gedung kotak yang memutar film 4D yang bisa dinikmati seluruh keluarga.

Tersedia playground yang dikhususkan untuk anak anak yaitu Paud yang didirikan untuk anak usia 2 sampai 7 tahun. Fasilitas di sinipun cukup lengkap seperti Ruang Tunggu, Ruang Sains dan Teknologi, Perpustakaan, Ruang Profesi, Ruang Budaya dan Religi.

Ada juga Ruang Tunggu, Ruang Komputer Kids, Ruang Puzzle Balok, Ruang Pertunjukan dan Karaoke, serta Ruang Petualangan. Benar benar lengkap.

2. Keraton Yogyakarta

View this post on Instagram

A post shared by Kraton Jogja (@kratonjogja) on

Tempat wisata di Jogja untuk anak yang kedua adalah Keraton Yogyakarta. Tempat wisata Keraton Yogyakarta dapat digunakan untuk sarana edukasi yang cocok untuk anak-anak.

Keraton Yogyakarta sampai saat ini sebenarnya masih digunakan, akan tetapi Anda bisa berkunjung ke tempat ini untuk melihat aktivitas di dalam keraton. Jangan kaget jika ketika Anda berkunjung kesini akan bertemu dengan turis-turis asing.

Disini para wisatawan bisa belajar secara langsung tentang budaya Jawa. Keraton Yogyakarta sendiri dibuka untuk obyek wisata dengan dua loket masuk yakni tepas keprajuritan dan tepas pariwisata.

Jika anda masuk di tepas keprajuritan yang berada di dekat alun-alun utara akan melihat beberapa koleksi kereta kraton. Sedangkan untuk tepas pariwisata para wisatawan akan memasuki kompleks sri manganti dan kedhaton. Lokasinya tak jauh dari taman pintar yakni tepat berada di sebelah selatan alun-alun utara Yogyakarta.

3. Pasar Malam Sekaten Yogyakarta

Berlokasi di Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta, Pasar Malam Sekaten bisa menjadi alternatif liburan anak. Di sini, Anda akan menemukan berbagai wahana seru untuk balita, remaja, atau pun dewasa seperti komidi putar, bianglala, bombom car, ombak banyu, trampolin, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, aneka stand kuliner dan fashion pun siap memanjakan pengunjung. Sekaten biasanya diadakan setiap tahun menjelang peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW. Jadi, pastikan Anda melihat jadwal pelaksanaan destinasi wisata malam Jogja ini agar tak terlewat.

4. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : yogyakarta.panduanwisata.id)
Kebun Binatang Gembira Loka adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : yogyakarta.panduanwisata.id)

Tempat wisata di Jogja untuk anak yang keempat adalah Kebun Binatang Gembira Loka (Gembira Loka Zoo). Kebun binatang ini memiliki koleksi hewan yang lengkap serta dirawat dengan baik. Pepohonanya yang ada cukup rindang sehingga para wisatawan bisa nyaman.

Disini anak Anda bisa melihat secara langsung beberapa hewan seperti kijang, singa, macan, jerapah, zebra, buaya, kuda nil dan lainnya. Ada juga kolam besar yang biasa digunaakn untuk naik perahu atau sepeda air. Udara yang sejuk dan tempat yang rindang sangat cocok untuk tempat berkumpul keluarga. Gembira Loka terletak di pusat Kota Yogyakarta.

Tak hanya menyaksikan saja, jika mau ajak anak Anda untuk naik gajah atau unta yang sudah disediakan tentu saja dengan membayar biaya tambahan. Jika sudah lelah berkeliling di Kebun Binatang Gembira Loka, para wisatawan bisa beristirahat di sebuah taman yang sejuk dengan beberapa fasilitas seperti jungkat-jungkit, ayunan, serta roda putar.

Lokasi kebun binatang ini berada di jalan Kebun Raya no 2, Yogyakarta. Dengan harga tiket yang terjangkau, kebun binatang ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

5. Museum Dirgantara

Museum Dirgantara adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : jalanjogja.com)
Museum Dirgantara adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : jalanjogja.com)

Tempat wisata di Jogja yang kelima adalah Museum Dirgantara. Museum Dirgantara adalah satu dari beberapa museum yang dapat Anda kunjungi di Yogyakarta. Dibandingkan dengan museum-museum lain, mungkin Museum Dirgantara jauh lebih menarik.

Di museum ini Anda dapat melihat benda-benda bersejarah dari TNI-AU, seperti foto, patung tokoh-tokoh TNI-AU, pakaian dinas TNI-AU, dan diorama. Di museum ini juga terdapat koleksi persenjataan, dan perlengkapan seperti radio pamancar, radar, dan sebagainya.

Letak Museum Dirgantara tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Museum ini terletak di sebelah timur jembatan layang Janti. Jika Anda ingin berkunjung kesana menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus Transjogja rute 1A atau 1B.

Kemudian, Anda turun di halte Janti yang letaknya dibawah jembatan layang. Dari halte bus Transjogja ini Anda dapat naik becak sampai ke Museum Dirgantara. Anda juga dapat berjalan kaki kesana, hanya saja mungkin cukup melelahkan, terutama jika Anda datang di siang hari, karena jaraknya sekitar 500 meter.

Museum Dirgantara adalah obyek wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak. Disana, mereka dapat melihat banyak hal yang menarik, dan belajar banyak hal, seperti sejarah perjuangan bangsa Indonesia, dan peranan TNI-AU dalam perjuangan tersebut.

Saat tiba di Museum Dirgantara, Anda akan melihat berbagai jenis pesawat yang dipajang di halaman museum ini. Selain pesawat tempur, ada juga pesawat angkut.

Tiket untuk masuk ke museum ini sangat murah. Anda harus membayar sebesar Rp. 3.000,- saja per orang. Saat Anda masuk ke dalam gedung museum, Anda akan menjumpai empat patung tokoh TNI-AU, yaitu Marsekal Muda Anumerta Abdul Halim Perdanakusuma, Mersekal Muda Anumerta Agustinus Adisutjipto, Marsekal Muda Anumerta Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, dan Marsekal Muda Anumerta Iswahjudi.

Keempat tokoh tersebut adalah pahlawan nasional, dan nama mereka telah diabadikan menjadi nama-nama bandar udara.

6. Museum Mainan Anak Kolong Tangga

Museum Mainan Anak Kolong Tangga adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : liburanjogja.co.id)
Museum Mainan Anak Kolong Tangga adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : liburanjogja.co.id)

Tempat wisata di Jogja untuk anak yang keenam adalah Museum Mainan Anak Kolong Tangga. Museum Mainan Anak ini diberi nama “Kolong Tangga” karena letaknya berada tepat di bawah tangga menuju concert hall Taman Budaya Yogyakarta.

Lokasi Museum Anak Kolong Tangga ini berada di antara Taman Pintar dan Pasar Buku Bekas Jogjakarta (kalau dari arah Malioboro & Pasar Ngasem bisa ditempuh dengan berjalan kaki).

Walaupun ukurannya kecil, museum ini memiliki 400 koleksi mainan dari seluruh Indonesia dengan interior berwarna-warni cerah dan penuh dengan cahaya. Museum ini diprakarsai oleh Rudy Corens seorang warga Belgia yang bekerjasama dengan Yayasan Dunia Damai pimpinan Poppy Dharsono.

Mengapa yang dipamerkan berupa koleksi mainan tradisional? Ini semua karena para pendiri Museum Anak Kolong Tangga menginginkan agar anak-anak Indonesia selalu mengenal tradisi dan budaya bangsa sendiri, yang salah satunya adalah melalui mainan dan permainan.

Mereka percaya bahwa mainan dan permainan tempo dulu sangat jelas sekali sarat muatan pesan moral –nya yang dapat dijadikan panutan dalam hidup dan bermasyarakat.

Selain itu, mainan anak tempo dulu juga merupakan media yang tepat untuk belajar, baik materi, proses dan bahkan fungsi dari mainan itu sendiri.

7. Kids Fun

Kids Fun adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : wisatajogja.co.id)
Kids Fun adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : wisatajogja.co.id)

Tempat wisata di Jogja untuk anak berikutnya adalah Kids Fun. Kids Fun Jogja (Kids Fun Jogjakarta) adalah salah satu arena bermain anak yang berada di Jogjakarta. Kids Fun Jogja termasuk salah satu wahana bermain anak yang terbesar juga di kota Jogja.

Dengan luas lahan sekitar 5 hektar, taman bermain anak ini memilih daerah pinggiran Jogjakarta sebagai tempatnya. Persisnya lokasi taman bermain Kids Fun Jogja berada di Jalan Wonosari km.10 Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Jogjakarta.

Dengan luas kurang lebih 5 hektar, Kids Fun Jogja dilengkapi dengan berbagai wahana permainan anak. Bagi para anak muda dan orang tua, mungkin Malioboro Jogjakarta adalah yang paling menarik dari Jogjakarta. Namun bagi anda yang mengajak si kecil bertamasya, mungkin Kids Fun adalah salah satu tempat yang paling direkomendasikan.

Kids Fun Jogja merupakan sebuah anak perusahaan franchise yang berpusat di Belanda yaitu KIDS FUN PARCS. Melihat pesatnya perkembangan dunia pariwisata di Jogjakarta, maka tidak aneh jika kemudian perusahaan ini memilih Jogja sebagai tempat dibangunnya taman bermain yang cukup besar dan lengkap ini.

8. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : Claudy Yusuf, wisata.kompasiana.com)
Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : Claudy Yusuf, wisata.kompasiana.com)

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak yang bertema sejarah, Candi Prambanan terletak di sebelah timur kota Yogyakarta, perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Tiket untuk masuk ke kawasan komplek Candi Prambanan yaitu 30.000 untuk dewasa dan 12.500 untuk anak usia di bawah 6 tahun. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Disekitar candi prambanan juga terdapat museum dan taman yang sangat luas, oleh karena itu Candi Prambanan sangat cocok sebagai tempat wisata di Jogja untuk anak yang wajib dikunjungi.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di Candi Prambanan, antara lain mengenal seni sastra dan cerita Hindu, Hunting Foto, berkeliling kompleks candi, dan berburu souvenir. Sama seperti Candi Borobudur, di tempat wisata ini juga terdapat relief bercerita.

Cara membaca relief ini pun sama, Anda harus masuk dari pintu sebelah timur kemudian berjalan mengitari Candi Trimurti searah putaran jarum jam. Relief di bagian dalam pagar ini memiliki dua kisah yaitu mengenai Ramayana dan Krishnayana.

Tak perlu bingung jika kesulitan membaca relief tersebut. Anda bisa menggunakan jasa pemandu di kompleks Candi Prambanan. Anda juga dapat pergi ke museum yang berada di bagian utara kompleks candi untuk mendapatkan informasi seputar tempat wisata ini.

Menariknya, untuk masuk ke museum ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi karena sudah termasuk dalam harga tiket masuk kompleks tempat wisata.

9. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : directorseminar.com)
Monumen Jogja Kembali adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : directorseminar.com)

Monumen Jogja Kembali adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak yang wajib dikunjungi. Monumen ini menjadi salah satu objek wisata menarik di Jogja bagi seluruh kalangan namun sangat baik untuk anak-anak dan para pelajar yang masih belajar tentang sejarah Indonesia.

Monumen ini dibuka setiap hari Selasa – Minggu pada jam 08.00- 16.00 WIB tetapi pada masa liburan sekolah monumen ini juga buka pada hari Senin dari jam 08.00- 14.00 WIB. Dengan biaya masuk Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 7.500 untuk wisatawan asing, tempat ini layak untuk dijadikan tempat kunjungan wisata Anda bersama anak dan keluarga. Harga tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu.

Monument ini berada di “Jl. Lingkar Utara, Yogyakarta 55581, Indonesia”. Monument ini terletak di Dusun Jongkang, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Museum MONJALI merupakan museum khusus dalam kategori museum sejarah perjuangan bangsa Indonesia, kurun waktu perang kemerdekaan tahun 1945 –1949. Museum ini berada di lantai pertama dan menggunakan empat ruang masing-masing berukuran 146 meter persegi.

Adapun koleksi museum ini adalah benda-benda visual, audiovisual, korporil, replika dan bagan-bagan struktur organisasi yang tata pamerannya disusun kronologis tematis, kronologis tipelogis sesuai alur sejarah perjuangan bangsa Indonesia selama perang kemerdekaan dengan maksud untuk memudahkan memahami perjalanan sejarah dimasa revolusi phisik.

Dalam penyajiannya dilengkapi dengan sarana tata pameran berupa panil di dinding, schutsel, boxsistim dan vitrin (tengah, sudut dan dinding).

10. Taman Pelangi

View this post on Instagram

A post shared by yuni (@yuniwicaksono) on

Berada di halaman depan / pelataran Museum Monumen Jogja Kembali, Taman Pelangi menjadi pilihan pas buat menghabiskan waktu bersama anak-anak dan keluarga. Di sini, Anda akan disuguhi aneka lampion berwarna-warni dengan bentuk macam-macam.

Tak hanya Lampion, Anda bisa mengajak putra-putri untuk bermain seru-seruan di wahana Taman Pelangi lainnya seperti Bola Air, Boom Boom Car, Perahu Dayung, Batery Car, Auro Bungee, Trampolin, Junior Jet, Puri Hantu, Speed Boat, Helicak, Tandem, Safari Train, dan Becak Mini.

Lokasi / Alamat : Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Depan Museum Monumen Jogja Kembali)
Jam Buka : Pukul 17.00 – 22.00 WIB
Harga Tiket Wahana : 10 – 20 ribu rupiah

11. Museum Merapi

Museum Merapi adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : dokumenunik.blogspot.com)
Museum Merapi adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : dokumenunik.blogspot.com)

Tempat wisata di Jogja untuk anak yang selanjutnya adalah Museum Merapi. Inilah salah satu tempat terbaik di Kaliurang Jogja untuk mendapatkan berbagai hal informasi yang berkaitan dengan letusan Gunung Merapi.

Di museum ini, Anda dapat mengetahui asal mula proses terjadinya letusan hingga saat letusan terjadi. Tidak hanya itu, Anda dapat mengetahui banyak hal tentang mitos yang berhubungan dengan Gunung Merapi tersebut. Museum Vulkanik Merapi ini terletak di Jl. Boyong Harjobinangun, Kec. Pakem, Sleman.

Museum ini didirkan bertujuan untuk wahana pendidikan, wahana konservasi berkelanjutan serta pengembangan ilmu tentang bencana gunung merapi, gempa bumi, dan bencana alam lainnya.

Museum ini terdiri dari dua lantai dan mempunyai fasilitas yang cukup lengkap sebagai media pembelajaran. Lantai pertama berisikan benda- benda koleksi museum yang dibagi menjadi beberapa ruangan dengan setiap ruangan mempunyai tema yang berbeda-beda.

Tema-tema tersebut antara lain Vulcano World, On the Merapi Vulcano Trail, Manusia dan Gunung Merapi, Bencana Gempa Bumi dan Tsunami, Bencana Pergerakan Tanah, Diorama, Peralatan Survei, dan Extra-Terestrial Vulcano. Dilantai dua terdapat Gedung Pemutaran film tentang gunung merapi.

12. The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta

View this post on Instagram

A post shared by Verani Maysaroh (@verani_22) on

Setelah puas menjelajahi Museum Merapi, Anda dapat mengajak anak-anak dan keluarga untuk menyambangi The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta. Lokasinya terletak di depan Museum Merapi, jadi satu kali melangkah, Anda akan mendapatkan dua objek wisata sekaligus.

Sesuai dengan namanya, The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta menyuguhkan aneka replika bangunan ikon / landmark negara-negara di dunia. Misalnya : kincir angin khas Belanda, Menara Pisa Italia, Menara Eiffel Paris, Patung Liberty USA, Big Ben London hingga Hotel Burj Dubai.

Bukan hanya sekedar untuk selfie / berfoto, bangunan instagramable tersebut bisa Anda jadikan sebagai sarana edukasi bagi “sang buah hati” dalam rangka mengenal warisan budaya dunia. Tersedia juga wahana lain seperti Cowboy Town / Indian Village, Kids Water Park, dan playground / taman bermain anak.

Lokasi / Alamat : Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Depan Museum Merapi)
Jam Buka : Pukul 09.00 – 16.30 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp.20.000,-

13. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : yogyes.com)
Cokelat Monggo adalah salah satu tempat wisata di Jogja untuk anak (Foto : yogyes.com)

Siapa seh yang gak ngiler kalau lihat cokelat? Apalagi anak-anak, tentu sebagian besar suka banget bukan? Nah, salah satu cokelat terkenal di Jogja adalah Cokelat Monggo. Cokelat khas Jogja ini pas banget dinikmati bersama anak-anak dan keluarga. Lokasi gerainya tak jauh kok dari pusat kota, terletak di Kecamatan Kotagede di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat produksi Cokelat Monggo dapat ditempuh kurang lebih 20 menit (8 km) dari pusat kota Yogyakarta. Rumah produksi Cokelat Monggo bisa dibilang berada pada daerah paling pojok dari kawasan Kotagede ini, karena posisi Cokelat Monggo dapat dicapai setelah kita melewati Pasar Tradisional Kotagede, terus menuju ke selatan melewati daerah peninggalan Kerajaan Islam Mataram dan berhenti di sekitar penyimpanan “Watu Gilang” yang juga merupakan benda peninggalan Kerajaan Mataram.

Tokonya tidak besar, agak nyempil di jalan dekat makam raja-raja. Ruangan di dalam juga tidak terlalu besar, tetapi homey. Di etalase kaca di-display berbagai produk Coklat Monggo. Juga disediakan tester potongan-potongan berbagai rasa coklat yang tidak pernah habis.

Kalau tester yang tersaji tinggal sedikit, mbak ramah yang melayani pembeli akan segera mengganti dengan nampan yang masih penuh. Si Mbak ini juga fasih sekali menjelaskan dan menjawab berbagai pertanyaan tentang produk Coklat Monggo.

Yang paling semangat coba-coba tentunya anak-anak dan petugas yang ramah dengan senang hati membiarkan anak-anak mencoba berbagai macam tester. Namun sampaikan pada anak-anak agar tidak melahap potongan coklat di mangkuk kertas warna merah karena potongan itu adalah Dark Chocolate dengan Cabai!Manis-manis Pedas!

Di bagian dalam toko ada pintu kecil menuju ruang pembuatan coklat. Tetapi pengunjung hanya bisa melihat dari balik kaca. Anak-anak pasti akan senang sekali melihat para pegawai Coklat Monggo di dalam sana yang sibuk menuang coklat ke cetakan dan juga di ruangan lainnya dimana para pegawai membungkus coklat-coklat. Saat pulang, jangan lupa beli cokelatnya ya sebagai oleh-oleh khas Jogja buat saudara, teman, atau pun tetangga di rumah.

14. Sindu Kusuma Edupark (SKE)

View this post on Instagram

A post shared by Sindu Kusuma Edupark – SKE (@skedupark) on

Gak kalah seru dengan wahana Trans Studio Bandung dan Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, Sindu Kusuma Edupark (SKE) juga punya wahana permainan asyik menyenangkan. Theme Park terbaik di Jogja ini mengedepankan sarana edukatif bagi keluarga.

Wahana yang ada di sini antara lain Cakra Manggilingan (Bianglala), Pit Egrang (Segway), Montor Tumbur (Bumper Car), Panggon Lunjak (Trampolin), Kursi Mabur (Flying Chair), Sepur Kluthuk, Sepeda Mabur (Flying Bicycle), Komidi Puter, Roti Puter, Sepur Cilik, Dino Park, Cinema 8D, House of Terror, Cleret Gandul, Mobil Kuno, House Of Batik, dan Taman Lampu (Light Festival).

Lokasi / Alamat : Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 09.30 – 23.00 WIB
Harga Tiket Wahana : 5 – 50 ribu rupiah

15. The Lost World Castle

View this post on Instagram

A post shared by Arfilia (@arfilialia) on

Mengenalkan kepada anak akan keindahan alam ciptaan Tuhan tentu menjadi hal penting di era gadget saat ini. Anak-anak jaman sekarang kebanyakan menghabiskan waktu hanya di depan layar smartphone. Oleh karena itu, mereka perlu melihat alam luar agar bisa lebih mencintai lingkungannya.

Sesekali coba deh, ajak buah hati Anda ke The Lost World Castle di lereng Gunung Merapi. Destinasi wisata Jogja terbaru ini menyuguhkan pemandangan alam Gunung Merapi dan spot selfie instagramable. Bangunannya mirip “Benteng Takeshi” atau “Tembok Besar China”.

Di sini juga terdapat spot foto lukisan 3D permadani terbang dan air terjun. Namun, jika akan berkunjung ke sini, sebaiknya Anda memantau status Gunung Merapi terlebih dahulu melalui BMKG. Hal ini karena lokasi The Lost World Castle berada dalam zona merah rawan letusan Gunung Merapi.

Lokasi / Alamat : Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 07.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp.25.000,-

16. Perpustakaan Grhatama Pustaka

View this post on Instagram

A post shared by Balai Layanan Perpustakaan (@grhatamapustaka) on

Bagi Anda yang berniat untuk menumbuhkan minat baca kepada buah hati sejak dini, ada baiknya mulai mengajaknya ke perpustakaan. Nah, salah satu perpustakaan bagus di Jogja ramah anak adalah Perpustakaan Grhatama Pustaka.

Berbeda dengan perpustakaan pada umumnya yang terkesan membosankan, Grhatama Pustaka justru mengusung konsep lebih kekinian. Fasilitas di sini lumayan lengkap, tersedia sebuah bioskop 6D di lantai dasar, ruang bermain anak, free wifi, mushola, auditorium, ruang audio visual, ruang musik, dan koleksi buku berbagai tema, hasil penelitian, hingga jurnal.

Lokasi / Alamat : Jl. Janti, Wonocatur, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 08.00 – 22.00 WIB (Kecuali Sabtu – Minggu, tutup pukul 16.00 WIB)

17. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

View this post on Instagram

A post shared by Official Account Jogja Bay (@jogjabay) on

Bermain air bisa menjadi pilihan tepat untuk bersenang-senang bareng keluarga atau pun anak-anak. Anda bisa berkunjung ke Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Waterboom bertema pirates ini memiliki wahana dan fasilitas super lengkap yang seru untuk putra-putri Anda seperti Ziggy Giant Barrel, Mimi Family, Hip Playground, dan lainnya.

Selain wahana permainan air, Jogja Bay juga punya program edukasi bernama Mimi Bermain. Di sini, anak-anak akan diajak bermain sambil belajar dan berkarya, istilahnya “Fun Game”. Kegiatannya berupa mengenal tanaman langka dan manfaatnya, membatik, dan kreasi membuat kue.

Lokasi / Alamat : Jalan Utara Stadion, Maguwoharjo, Depok, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Samping Utara Stadion Maguwoharjo)
Jam Buka : Pukul 09.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp.90.000,- per orang, untuk program Mimi Bermain Rp.150.000,- / peserta

18. CitraGrand Mutiara Waterpark

CitraGrand Mutiara Waterpark
CitraGrand Mutiara Waterpark (Foto : citragrandmutiarayogyakarta.com)

CitraGrand Mutiara Waterpark termasuk salah satu waterpark paling bagus di Jogja yang patut Anda kunjungi selain Jogja Bay. Mengusung tema Treasure Adventures, wahana yang tersedia di sini akan memberikan keceriaan bagi keluarga.

Terdapat sekitar tujuh macam perosotan dengan berbagai ketinggian dan bentuk, kolam anak, kolam renang olympic, dan area parkir luas. Suasananya cukup nyaman karena berada dalam satu kawasan dengan perumahan elit CitraGrand Mutiara.

Lokasi / Alamat : Perumahan Citra Grand Mutiara, Jl. Wates KM. 9, Balecatur, Gamping, Argomulyo, Plawonan, Argomulyo, Sedayu, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 14.00 – 18.00 WIB (Sabtu – Minggu buka pukul 08.00, Hari Senin Tutup)
Harga Tiket Masuk : 35 – 50 ribu rupiah

19. Grand Puri Water Park

View this post on Instagram

A post shared by Grand Puri Water Park (@grandpuri_waterpark) on

Bagi Anda yang berdomisili atau menginap di Bantul, Grand Puri Water Park bisa menjadi pilihan utama untuk bermain air bersama si kecil. Meskipun tak sebesar Jogja Bay, waterboom ini memiliki wahana lumayan lengkap, misalnya Kolam Balita, Kolam Arus, Kolam Penerima, dan Kolam Semi-Olympic.

Anda bisa mengajak si kecil bermain di Kolam Balita, dimana kolam ini memang diperuntukkan sebagai zona anak-anak dengan fasilitas ember tumpah, water playground, dan waterslide mini. Untuk menambah kenyamanan pengunjung, pihak pengelola sudah menyediakan foodcourt, musholla, ATM, wifi, gazebo, dan lifeguard.

Lokasi / Alamat : Jl. Parangtritis KM. 9,5, Gabusan, Sewon, Balong, Timbulharjo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 10.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket Masuk : 25 – 35 ribu rupiah

20. Balong Waterpark

View this post on Instagram

A post shared by anawidiyawTi (@anawi0908) on

Siapa seh anak yang gak suka bermain air? Hampir semua anak-anak selalu senang bila diajak bermain basah-basahan. Apalagi di Balong Waterpark dengan wahana perosotan / seluncurannya, mereka akan enggan pulang. Asyiknya lagi, biaya tarif masuk ke sini lumayan murah dan tersedia foodcourt.

Lokasi / Alamat : Jl. Pleret KM. 1,5, Potorono, Banjardadap, Potorono, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 10.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket Masuk : sekitar Rp.20.000,-

21. Galaxy Waterpark

View this post on Instagram

A post shared by Galaxy Waterpark Jogja (@galaxywaterpark) on

Satu lagi tempat wisata air di Bantul yang bisa Anda kunjungi bareng anak-anak, yaitu Galaxy Waterpark. Terdapat 4 kolam utama di sini, yaitu kolam balita, kolam remaja, kolam arus, dan kolam olympic. Setiap kolam dilengkapi fasilitas tambahan sesuai kebutuhan seperti ember tumpah, jembatan tali, perosotan / seluncuran atau water slide.

Fasilitas lain yang dimiliki Galaxy Waterpark berupa wahana flying fox, lapangan futsal standar internasional, mushola, food court, wifi gratis, serta tempat parkir. Lengkap banget bukan?

Lokasi / Alamat : Jalan Wonosari KM. 6, Potorono, Banguntapan, Baturetno, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 09.00 – 17.30 WIB
Harga Tiket Masuk : 30 – 35 ribu rupiah

22. Wahana Air Taman Bermain Toyariang

View this post on Instagram

A post shared by Enny_laras (@enny_laras) on

Buat Anda warga Gunung Kidul, tak usah berkecil hati karena saat ini sudah di buka Wahana Air Taman Bermain Toyariang. Jadi, Anda tak perlu jauh-jauh turun ke daerah Kota Yogyakarta bila ingin bermain air. Kolam renangnya memang tak seluas waterpark lainnya, tapi cukup asyik buat bermain anak-anak, ada spot selfienya juga lho!

Lokasi / Alamat : Jl. Ki Ageng Giring No.31, Bansari, Kepek, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket Masuk :

23. Desa Wisata Rumah Domes / Kampung Teletubbies

View this post on Instagram

A post shared by Jihan Sharif Budiman (@jihanbank) on

Selain water park dan candi, Yogyakarta juga punya sejumlah desa / kampung wisata yang bagus untuk dikunjungi bersama anak-anak. Salah satunya adalah Desa Wisata Rumah Domes. Di sini, Anda akan menemukan sejumlah bangunan rumah unik seperti rumah Igloo milik suku eskimo.

Rumah tersebut sebenarnya bantuan pihak luar untuk warga korban gempa Jogja 2006. Desainnya pun dirancang tahan gempa dan mampu menahan terpaan angin berkecepatan 450 km/jam. Seiring berjalannya waktu, desa ini akhirnya dijadikan sebagai desa wisata, mengingat cukup banyak wisatawan yang datang ke sini.

Oleh karena suasana alam dan bentuk rumah mirip karakter di dalam film boneka Teletubbies, maka desa ini pun dikenal dengan nama Kampung Teletubbies. Selain menikmati panorama indah, pengunjung juga bisa naik odong-odong dan sewa ATV.

Lokasi / Alamat : Dusun Sengir, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Jam Buka : 24 jam
Harga Tiket Masuk : Rp.5.000,- (outbond anak : 20 ribu rupiah dan menginap : 200 ribu rupiah per malam untuk satu rumah).

24. Desa Wisata Brayut

View this post on Instagram

A post shared by Desa Wisata Brayut (@desawisatabrayut) on

Buat Anda yang ingin mengajarkan si kecil tentang budaya Nusantara dan pertanian, maka Desa Wisata Brayut bisa menjadi pilihan terbaik. Di sini, anak-anak bisa belajar seni karawitan, jathilan, membatik, tari-tarian, permainan rakyat, dan aktivitas outdoor bercocok tanam (membajak, menanam padi, memanen, serta memetik jeruk).

Lokasi / Alamat : Brayut, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 08.00 – 21.00 WIB (Sabtu dan Minggu tutup)

25. Desa Wisata Kasongan

View this post on Instagram

A post shared by NANGSIB KERAMIK KASONGAN (@nangsib_keramik) on

Desa Wisata Kasongan terkenal sebagai pusat produksi kerajinan gerabah berkualitas. Begitu Anda memasuki desa ini, Anda akan menemukan deretan toko yang menawarkan barang-barang kerajinan dari gerabah atau bahan lainnya seperti guci, pot bunga, lampu hias, miniatur alat transportasi (becak, sepeda, mobil), aneka tas, patung, souvenir pengantin, dan hiasan rumah.

Di sini, Anda bisa mengajak anak-anak secara rombongan untuk melihat dan praktek membuat gerabah. Biasanya para pelajar SD melakukan kunjungan belajar ke sini sekaligus berkreasi membentuk aneka bentuk gerabah.

Lokasi / Alamat : Jl. Raya Kasongan No.3, Kajen, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 07.00 – 17.00 WIB

26. Kampung Dolanan Pandes

View this post on Instagram

A post shared by Dwi Setiawati (@fathisa) on

Sesuai dengan namanya, Kampung Dolanan Pandes menawarkan berbagai mainan (bahasa jawa = dolanan) tradisional Jawa seperti kitiran, klonthongan, othok – othok, payung kertas, wayang kertas, dan lainnya. Ajaklah sesekali “buah hati” Anda ke kampung ini, untuk mengenal sekaligus melestarikan mainan khas Indonesia agar tak tergerus oleh gadget.

Lokasi / Alamat : Dusun Pandes, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul

27. Pantai Kuwaru

View this post on Instagram

A post shared by Michael Gerrard De Arinda (@eniliaarinda) on

Pantai Kuwaru termasuk salah satu pantai di Jogja yang bagus dikunjungi bersama keluarga. Pasir pantainya memang hitam tapi lumayan lembut, udara sejuk, dan banyak pepohonan cemara di pinggir pantai sehingga asik buat duduk-duduk santai.

Fasilitas di Pantai Kuwaru terbilang lengkap, tersedia rumah makan seafood segar, mushola, penyewaan ATV, toilet / kamar mandi. Mengendarai ATV bersama si kecil atau pun anggota keluarga lainnya tentu menjadi moment berkesan yang menyenangkan bukan?

Lokasi / Alamat : Kawaru, Poncosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (sebelah timur Pantai Pandansimo)
Harga Tiket Masuk : Rp.5.000,- (sewa ATV 25 ribu rupiah per 15 menit)

28. Jogja Airport Resto

View this post on Instagram

A post shared by Christina Tasya Ellena (@mr.chickgeprekyogya1) on

Ingin mengenalkan kepada anak-anak bagaimana caranya naik pesawat terbang? Datang saja ke Jogja Airport Resto. Selain bisa menikmati makanan di dalam pesawat sungguhan, pengunjung juga akan dilayani seperti halnya akan naik pesawat dari bandara, mulai dari scan x-ray barang bawaan di pintu masuk, menunggu nomor penerbangan boarding dan landing.

Tapi, tidak terbang beneran ya gaes, boarding di sini artinya sudah boleh makan di pesawat dan landing diartikan sebagai waktu makan Anda telah habis. Fasilitasnya lengkap, tersedia 2 pesawat, lounge, playground, taman, spot selfi, live music, mushola dan lahan parkir luas.

Lokasi / Alamat : Kadirojo I, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 10.00 – 22.00 WIB
Harga : sekitar Rp.320.000,- (untuk 8 orang)

29. Upside Down World Jogja

View this post on Instagram

A post shared by Ryan (@rdp_inst) on

Wisata selfie nampaknya sedang trend saat ini dikalangan anak muda, termasuk anak-anak. Nah, untuk memberikan nuansa berbeda, Anda bisa mengajak si kecil ke Upside Down World Jogja. Konsep tempat ini termasuk baru di Indonesia, yaitu berupa rumah terbalik.

Memasuki setiap ruangan Upside Down World, Anda akan melihat suasana layaknya sebuah rumah pada umumnya, namun perabotan di dalamnya dalam kondisi terbalik. Jadi, jika Anda berfoto maka hasilnya akan mirip seperti sedang melayang-layang di angkasa tanpa gravitasi. Keren bukan?

Lokasi / Alamat : Jalan Ring Road Utara, Jl. Utama Pugeran, Puyeran, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 09.00 – 19.00 WIB
Harga Tiket Masuk : 40 ribu rupiah (anak-anak) dan 80 ribu rupiah (dewasa)

30. Ice Cream World Jogja

View this post on Instagram

A post shared by Eljevan Nevio Phowijaya 🚀 傅伟义 (@eljevannevio) on

Kalau destinasi wisata yang satu ini, sepertinya bakal menjadi favorit anak-anak. Pasalnya, Ice Cream World Jogja menyediakan aneka varian es krim dan gelato lezat. Siapa coba yang gak suka es krim? Orang dewasa saja suka, apalagi anak-anak bukan?

Selain es krim, cafe hits di Jogja ini juga menyediakan spot foto instagramable dengan tema es krim. Misalnya saja tema Ice Cream Singapura, Kit Kat, Oreo, Pool Time Marshmellow, Ginger, Poky, Banana, Gold, dan Alice In Wonderland.

Lokasi / Alamat : Jl. Solo km. 11 no. 31, Cupuwatu I, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 10.00 – 21.00 WIB
Harga Tiket Masuk : 40 ribu rupiah (anak-anak) dan 80 ribu rupiah (dewasa)

31. De Mata Trick Eye Museum Jogja

View this post on Instagram

A post shared by De MATA – De ARCA – D’WALIK (@de_mata_de_arca) on

Ingin mengabadikan moment bahagia dengan buah hati Anda? De Mata Trick Eye Museum Jogja nampaknya bisa menjadi pilihan tepat. Berpose dengan latar lukisan tiga dimensi (3D) tentu akan menghasilkan gambar super keren.

Museum keren di Jogja ini punya sekitar 120 lukisan / gambar 3D berbagai tema, mulai dari flora, fauna, fantasi, hingga kartun. Asyiknya lagi, ada fasilitas teknologi Augmented Reality yang dapat diunduh di playstore. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa membuat video lucu dan gokil dengan mengkombinasikan gambar 3D dan animasi interaktif.

Lokasi / Alamat : XT Square, Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 10.00 – 20.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp.50.000,-

32. Teddy Bear World Jogja

View this post on Instagram

A post shared by Josephine Elora Wonoadi (Lora) (@elora_wonoadi) on

Satu lagi destinasi wisata selfie indoor yang kece badai, namanya Teddy Bear World Jogja. Anak-anak tentu akan senang diajak ke sini, pasalnya ada sekitar 9 ruangan berisi boneka Teddy Bear dengan tema berbeda-beda.

Tak hanya itu, di tempat ini juga disediakan kostum gratis untuk berfoto sesuai tema, dari mulai safari, bajak laut, musim dingin, sakura, pantai, ruang makan, hallowen, taman hingga wisuda. Salah satu ruang favorit adalah spot sakura, dimana Anda bisa memakai baju kimono untuk berfoto dengan latar musim semi di Jepang.

Lokasi / Alamat : Jl. Ringroad Barat No.27 Bedog, Trihanggo, Baturan, Sumberadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : Pukul 10.00 – 19.00 WIB
Harga Tiket Masuk : 35 ribu rupiah (anak-anak) dan 60 ribu rupiah (Dewasa)

Demikian sekilas info tentang tempat wisata di Jogja untuk anak yang menarik dikunjungi. Seru dan asyik bukan? Apabila sobat traveler akan menambahkan destinasi lain, silahkan menuliskannya pada kolom komentar. Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.