17 Wahana Seru, Harga Tiket Masuk, Dan Jam Buka Sindu Kusuma Edupark (SKE) Jogja, Review Lengkap!

2 18,208

Sindu Kusuma Edupark – Ingin tahu ada apa saja isi di dalam Sindu Kusuma Edupark Jogja? Ini review lengkap wahana seru, fasilitas, harga tiket masuk, dan jam buka SKE. Dari mulai Ferris Wheel, Flying Chair, Segway, Flying Bicycle, Cinema 8D, House of Batik, hingga Light Festival beserta gambar / foto bagus terbaru.

Liburan ke Kota Yogyakarta memang menyenangkan dan selalu bikin kangen ingin kembali lagi. Bukan hanya sekedar wisata sejarah, budaya, alam, pantai atau pun kuliner, Anda juga bisa menikmati aneka wisata Jogja yang menyuguhkan permainan seru. Salah satunya adalah Sindu Kusuma Edupark (SKE).

Daftar Wahana Seru, Harga Tiket Masuk, Dan Jam Buka Sindu Kusuma Edupark (SKE) Jogja

Sindu Kusuma Edupark Jogja
Sindu Kusuma Edupark Jogja (Foto : instagram @skedupark)

Jika dilihat dari sejarah berdirinya, theme park ini termasuk unit usaha dari Kusuma Agrowisata Batu. Tak ayal, semua wahana di sini sama bagusnya dengan Batu Night Spectacular Malang. SKE mengusung konsep rekreasi edukatif sehingga cocok untuk anak-anak dan keluarga. Nama wahananya pun terbilang unik, memakai bahasa jawa.

Wahana Seru Dan Keren Yang Terdapat Di Sindu Kusuma Edupark (SKE) Jogja

1. Cakra Manggilingan

Cakra Manggilingan berupa Ferris Wheel / Bianglala dan menjadi ikon utama dari Sindu Kusuma Edupark. Dengan ketinggian 48 meter, wahana ini kabarnya menjadi bianglala tertinggi di Indonesia setelah JungleLand Sentul Bogor (45 meter).

Bianglala Cakra Manggilingan mempunyai 28 kabin dengan daya tampung 4 orang dewasa setiap kabinnya. Sekali berputar, bianglala ini membutuhkan waktu sekitar 7 menit. Saat berada di posisi tertinggi, Anda dapat menyaksikan pemandangan Kota Yogyakarta dan Gunung Merapi. Keren banget bukan?

2. Pit Egrang

Wahana Pit Egrang atau Segway merupakan sebuah kendaraan listrik unik beroda dua yang di impor dari Amerika Serikat. Anda dapat merasakan sensasi berkeliling area SKE dengan Segway. Belum mahir? Tak usah kuatir, karena sebelum Anda menaikinya, tim pemandu dari SKE akan memberikan training singkat kepada Anda tentang bagaimana cara mengendarainya dengan benar.

3. Kursi Mabur

Seperti halnya wahana Saloka Theme Park Jawa Tengah, SKE juga punya wahana Kursi Mabur atau Flying Chair. Prinsip kerja wahana ini mirip komidi putar, hanya saja tempat duduknya tergantung dengan ketinggian tertentu.

Saat menaikinya, Anda akan diputar melayang di udara sampai ketinggian 4 meter dengan kecepatan tertentu. Adrenalin Anda akan dibuat mengalir deras sambil menikmati landcape SKE. Pengunjung yang akan naik harus punya tinggi minimum 120 cm. Apabila Anda takut akan ketinggian, sebaiknya jangan mencoba wahana kursi terbang ini.

4. Montor Tumbur

Montor Tumbur berupa wahana Bumper Car atau Bombom Car di dalam arena seluas 250 meter persegi. Di sini, Anda dapat menaiki mobil sambil kejar-kejaran dengan teman atau pun anggota keluarga. Tersedia sebanyak 20 mobil dalam wahana ini.

5. Panggon Lunjak

Wahana kekinian trampolin saat ini sedang hits banget dikalangan wisatawan. Di SKE, pengunjung bisa bermain trampolin pada wahana Panggon Lunjak. Tersedia 4 mat trampolin yang bakal memanjakan pengunjung untuk lompat-lompat. Saat bermain, setiap pengunjung akan di dampingi pemandu dan juga diberi tali pengaman untuk lompatan ekstrim.

6. Sepur Kluthuk

Dengan luas mencapai sekitar 7 hektar, tentu akan membutuhkan tenaga ekstra bila akan mengelilingi Sindu Kusuma Edupark. Nah, buat Anda yang tak mau bercapai-capai jalan kaki, bisa naik wahana Sepur Kluthuk. Kereta rekreasi ini akan berkeliling SKE selama 10 menit.

7. Komidi Puter

Sebagai destinasi wisata anak di Jogja yang lengkap, tentu saja SKE punya wahana khusus buat putra-putri Anda. Namanya Komidi Puter. Tersedia tempat duduk berbentuk kuda-kudaan dan kereta kencana. Naik komidi putar termasuk aktivitas menyenangkan bagi anak-anak.

8. Sepeda Mabur

Sesuai dengan namanya, Sepeda Mabur (mabur = terbang) atau Flying Bicycle menawarkan wahana naik sepeda di atas udara. Anda akan menaiki sepeda melalui rel dengan sepanjang 100 meter pada ketinggian 3 meter. Untuk syarat naik sepeda ini, tinggi minimum harus 100 cm.

9. Roti Puter

Wahana Roti Putar sekilas mirip komidi putar, bedanya terletak pada tempat duduknya berbentuk cupcakes. Gerakannya berupa berputar, tapi Anda dapat mengatur tingkat kekencangan putaran sesuai keinginan. Jika terlalu kencang, Anda bisa menekan tombol yeng tersedia untuk menghentikan putaran.

10. Omah Batik (House of Batik), Omah Musik, Dan Omah Dolanan

Tak hanya Taman Pintar Yogyakarta yang punya wahana edukatif, SKE pun punya sejumlah wahana untuk sarana pendidikan kepada anak-anak. Wahana tersebut antara lain Omah Batik (House of Batik), Omah Musik, Dan Omah Dolanan.

Omah Batik bertujuan untuk mengenalkan batik sebagai salah satu warisan budaya nusantara. Omah Musik berisi berbagai barang elektronik jaman dulu seperti radio dan kamera. Sedangkan Omah Dolanan menyediakan mainan tradisional. Mainan anak-anak generasi 90-an pun bisa Anda temui, misalnya perahu otok-otok.

11. Sepur Cilik

Khusus anak-anak dengan tinggi maksimum 120 cm, tersedia wahana Sepur Cilik (Kereta Kecil). Kereta ini akan berputar-putar mengajak si kecil berkeliling.

12. Dino Park

Dino Park termasuk tempat asyik buat bermain buah hati Anda untuk mengenal hewan-hewan purba semacam Dinosaurus.

13. House of Terror (Rumah Hantu)

Tak kalah seram dengan wahana Dunia Lain di Trans Studio Bandung Jawa Barat, House of Terror SKE juga cukup membuat bulu kuduk merinding. Anda akan naik sebuah kereta lalu masuk menyusuri lorong gelap menyeramkan. Bagi Anda yang ingin menguji nyali, wahana ini bisa menjadi pilihan tepat.

14. Cinema 8D

Ingin merasakan film secara nyata? Cobain saja wahana Cinema 8D di SKE. Kabarnya, cinema ini didukung oleh teknologi dari Korea. Keren banget deh!

15. Cleret Gandul

Bagi Anda yang suka wahana ekstrim menantang untuk memacu adrenalin, wajib deh nyobain Cleret Gandul (Flying Fox). Anda akan meluncur melalu sebuah tali dari ketinggian sekitar 13 meter dengan panjang lintasan 80 meter. Yang fobia ketinggian, sebaiknya gak usah mencoba wahana ini.

16. Light Festival / Taman Lampu Sindu Kusuma Edupark Jogja

Light Festival atau Taman Lampu Sindu Kusuma Edupark kini menjadi salah satu ikon wisata malam Jogja terbaru yang kekinian. Wahana ini menyajikan warna-warni lampu unik dengan berbagai tema dari mulai couple, jembatan, hingga tema laut.

Dengan luas 1,3 hektar dan memakai teknologi dari Korea, Taman Lampu menjadi spot menarik untuk selfie. Saat memasukinya, Anda akan dibuat kagum dengan berbagai macam kreasi bentuk dari lampu LED dan efek cahaya. Kece banget, gak kalah cantik dengan lampion di Taman Pelangi Monjali. Oya, jam buka Light Festival biasanya mulai pukul 17.00 WIB.

17. Mobil Kuno

Meskipun bentuknya kuno alias klasik, tapi tenaga yang digunakan cukup modern yaitu energi listrik dari baterai. Bukan hanya untuk dikendarai, mobil ini biasanya juga bagus dijadikan latar berfoto.

Baca Juga :

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Sindu Kusuma Edupark Jogja

Sindu Kusuma Edupark termasuk salah satu tempat wisata bagus bagi anak-anak dan keluarga dengan harga tiket lumayan murah, yaitu Rp.15.000,- per orang. Jam buka setiap hari mulai pukul 09.30 – 23.00 WIB. Untuk kepastian buka atau tutup, Anda bisa langsung menghubungi admin instagramnya di @skedupark. Tarif tiap wahana selengkapnya dapat dilihat pada daftar di bawah ini.

  • Cakra Manggilingan : Rp.20.000,-
  • Pit Egrang : Rp.50.000,-
  • Kursi Mabur : Rp.25.000,-
  • Montor Tumbur : Rp.20.000,-
  • Panggon Lunjak : Rp.20.000,-
  • Sepur Kluthuk : Rp.10.000,-
  • Komidi Puter : Rp.15.000,-
  • Sepeda Mabur : Rp.10.000,-
  • Roti Puter : Rp.15.000,-
  • Omah Batik : Gratis
  • Sepur Cilik : Rp.10.000,-
  • Dino Park : Gratis
  • House of Terror : Rp.25.000,-
  • Cinema 8D : Rp.30.000,-
  • Cleret Gandul : Rp.15.000,-
  • Light Festival / Taman Lampu : Rp.45.000,-
  • Mobil Kuno : Rp.50.000,-

Lokasi / Alamat Sindu Kusuma Edupark Jogja

Alamat Sindu Kusuma Edupark (SKE) terletak di Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagaimana cara menuju ke sana? Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun ojek online.

Arahkan saja kendaraan Anda ke Jalan Magelang – Yogyakarta hingga sekitar KM 3, lalu belok ke arah Jalan Jambon lurus menuju SKE. Agar lebih jelas, silahkan lihat gambar peta lokasi dari Google Map berikut.

Fasilitas Yang Tersedia Di Sindu Kusuma Edupark Jogja

Sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Sleman Yogyakarta, Sindu Kusuma Edupark dilengkapi dengan fasilitas memadai yang bakal memanjakan pengunjung. Beberapa fasilitas tambahan selain wahana tersebut antara lain :

  • Kolam Terapi Ikan. Buat mengusir bosan karena nungguin anggota keluarga lain naik wahana, Anda bisa mencoba kolam terapi ikan di sini secara gratis. Manfaat terapi ikan yaitu melancarkan sirkulasi / peredaran darah, menjaga kesehatan kulit, serta membuat pikiran menjadi tenang.
  • Food Court. Jalan-jalan menjelahi berbagai wahana di SKE tentu akan membuat Anda merasa lapar dan haus bukan? Nah, untuk memulihkan tenaga, Anda tak usah pergi jauh-jauh keluar area objek wisata. Pasalnya, SKE menyediakan kedai minuman / makanan enak yang bisa mengobati rasa dahaga atau pun lapar.
  • Spot Foto Dan Penyewaan Hanbok. Tak hanya seru-seruan main di wahana, Anda juga bisa lho berselfie ria. SKE mempunyai beberapa spot foto instagramable seperti miniatur kuil / candi, mobil kuno, hingga background foto kece. Tersedia juga penyewaan Hanbok Korea aneka warna dari hijau, ungu, merah, pink, hingga putih.
  • Mini Waterpark. Meskipun tak seluas Jogja Bay, waterpark ini cukup bisa memanjakan anak-anak yang suka bermain air. Dengan kedalaman sekitar 50 cm, Anda bisa mengajak si buah hati basah-basahan tanpa takut tenggelam.
  • Tempat parkir Dan Toilet / Kamar Mandi.

Tips Berkunjung Ke Sindu Kusuma Edupark Jogja

Sebelum Anda berkunjung ke SKE, sebaiknya baca dulu beberapa tips wisata dari saya berikut agar liburan Anda menjadi nyaman dan lancar. Luangkanlah waktu beberapa menit untuk menyimaknya, terutama bagi Anda yang belum pernah ke sana.

  • Sebelum datang, pastikan kembali apakah SKE libur atau buka melalui akun instagramnya @skedupark. Anda gak mau kecewa kan, jauh-jauh datang ternyata tutup.
  • Datanglah lebih awal agar Anda punya banyak waktu untuk mencoba semua wahana yang ada di sana.
  • Bawalah baju ganti buat putra-putri Anda bila ingin bermain pada waterpark mini.
  • Dampingi dan awasi anak-anak saat bermain dalam wahana hingga selesai.
  • Gunakan pakaian casual, ringan, menyera[ keringat dan sepatu kets agar mudah bergerak.
  • Mengingat sebagian besar wahana arena SKE berupa outdoor, maka sebaiknya datang saat cuaca cerah. Bawalah topi, kacamata hitam, atau payung untuk melindungi tubuh dari panas matahari. Jangn lupa bawa kamera terbaik agar hasil selfie / foto bagus.
  • Bawalah uang yang cukup karena sebagian besar wahana harus bayar lagi.
  • Berdo’a sebelum berangkat, cek kondisi kendaraan, dan hafalkan rute jalan.

Sekian review singkat dari saya tentang wahana, fasilitas, harga tiket masuk, dan jam buka Sindu Kusuma Edupark Jogja yang bagus buat liburan keluarga. Apabila sobat traveler sudah pernah datang mengunjunginya, bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjunganya dan Semoga bermanfaat.

2 Comments
  1. Agus Sugianto says

    Mohon info untuk rombongan wisata keluarga besar sekolah kami, jika kami membiayai untuk tiket masuk nya saja untuk rombongan apakah bisa ? Terima kasih
    Kepala SMPN 1 Sekar, Bojonegoro
    Agus Sugianto, S.Pd

    1. Aneka Wisata says

      Untuk hal tersebut, bisa ditanyakan langsung ke pihak pengelola melalui nomor berikut :
      Telp. Kantor : (0274) 6429660, (0274) 6429661, (0274) 6429662, (0274) 6429663
      Line, Telegram, Whatsapp : 0888 3304 990

      Terima kasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.