Pusat Info Wisata Terlengkap

Top 36 Restoran Dan Tempat Makan Enak Di Semarang

0 7,388

Tempat Makan Di Semarang – Ini dia daftar restoran dan tempat makan enak di Semarang yang paling recommended. Dari mulai rumah makan yang murah meriah sampai super mahal harganya ada semua disini. Soal suasana tidak usah kuatir, Anda tinggal pilih saja mau tempat makan yang romantis atau viewnya bagus. Tak kalah deh dengan tempat makan di Bandung yang terkenal menggoyang lidah, cozy, dan asik.

Review rumah makan yang akan saya sajikan ini relatif lengkap karena meliputi wilayah Semarang dan sekitarnya yaitu wilayah kota, bawah, atas, barat, timur, dan ungaran. Tak lupa nama, alamat, lokasi, jam buka dan harga berusaha saya tampilkan yang terbaru dan terupdate. Inilah daftar dan rekomendasi tempat makan paling enak di kota Semarang yang wajib dikunjungi.

tempat-makan-enak-di-semarang
Ilustrasi tempat makan enak di Semarang (Foto : blog.reservasi.com)

Restoran Dan Tempat Makan Enak Di Semarang Yang Hits, Terkenal, Dan Murah Meriah

1. Toko Oen

Kita awali review tempat makan di Semarang yang enak dengan mengunjungi Toko Oen. Restoran legendaris bernuansa tempo dulu ini terkenal akan suguhan es krimnya yang homemade dan maknyus. Bahkan, masuk dalam daftar es krim paling enak di Indonesia. Suasana di Toko Oen ini sangat ‘homy’ cocok untuk santai bersama keluarga atau teman perjalanan.

Toko Oen sudah berdiri di kota Semarang sejak tahun 1936. Alamat dan lokasinya terletak di Jalan Pemuda No.52 Semarang. Sangat mudah untuk dijangkau karena berada di pinggir jalan utama. Tempat makan es krim enak di Semarang ini menyajikan berbagai varian es krim. Mulai dari es krim coklat, moka, vanilla, buah dan juga kopyor yang bisa didapatkan dengan harga Rp 14.000 – Rp 15.000.

Es Krim Toko Oen Semarang
Es Krim Toko Oen Semarang (Foto : hellosemarang.com)

Ada juga es krim yang ditaburi sukade dan disajikan dengan slagroom seperti nesselrode room dan vruchten sorbet dengan harga Rp 17.500 – Rp 20.000. Anda juga bisa mencicipi es krim potong tutti frutti dengan harga Rp 32.500. Salah satu es krim yang menjadi khas Toko Oen adalah Oen’s Symphony, 5 scoop es krim dengan rasa yang berbeda, disajikan dengan slagroom dan katetong.

Selain es krim, menu yang harus Anda cicipi adalah roti ganjel rel yang merupakan roti khas Semarang. Satu potong roti ganjel rel hanya dibanderol dengan harga Rp 6.000. Jika ingin menu yang mengenyangkan, Anda bisa pilih menu Italian food seperti spaghetti dan scallopin, European food seperti bestik dan wiener schnitzel atau menu makanan Indonesia seperti gado-gado dan tahu campur.

2. The Hills Dining Restaurant

The Hills Dining Restaurant
The Hills Dining Restaurant (Foto : facebook.com)

Nah, bagi Anda yang sedang kasmaran atau pengantin baru, wajib deh mengunjungi tempat makan romantis di Semarang yang satu ini. Namanya The Hills Dining Restaurant yang terletak di Jl. Bukit Baladewa 22 – 24, Royal Park – Bukit Sari, Semarang, Jawa Tengah.

Resto The Hills menyajikan sensasi makan dengan view lampu kota, pas banget buat Anda yang juga sedang mencari tempat makan di Semarang yang viewnya bagus. Konsep yang diusung adalah fine dining romantis dengan view menghadap Semarang dari ketinggian.

Berhubung The Hills buka mulai sore hingga malam, tidak sedikit traveler yang sengaja datang untuk makan malam. Keunggulan utama The Hills adalah lokasinya yang strategis dan menghadap kota Semarang. Saat malam hari, lampu kota akan menyala dan memanjakan pengunjung dengan suasana makan yang romantis. Penerangan pun sengaja dibuat minim untuk membuat kesan romantis dan hangat.

The Hills juga memiliki meja di area indoor dan outdoor. Jika ingin suasana yang romantis, maka makan di area outdoor dengan view terbuka lebih direkomendasikan. Suasana pun makin syahdu dengan sebuah lilin yang menerangi meja.

Tempat makan di Semarang yang romantis ini menyajikan menu Barat seperti steak, hingga sushi yang khas Jepang. Sedangkan dari segi harga, makanan di The Hills masih cukup terjangkau di kantong. Harganya berkisar dari belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

3. Grill On Resto

sate-kalak
Sate Kalak, salah satu menu andalan Grill On Resto Semarang (Foto : seputarsemarang.com)

Grill On Resto adalah salah satu rekomendasi tempat makan di Semarang yang enak bagi pecinta sate ayam. Anda wajib nyobain menu sate unik disini, yaitu sate kalak. Apa itu sate kalak? Sate kalak adalah sate ayam, tetapi mengunakan bumbu yang bernama Kalak. Kalak adalah bumbu sate olahan warisan dari bumbu Jawa dipadu dengan Santan, yang membuat sate menjadi lebih gurih dan legit.

Selain bumbu sate yang unik, design tempatnya ini juga unik sekali karena perpaduan antara industrial dan vintage retro. Restoran ini juga menawarkan bumbu lainnya seperti bumbu kacang ala Grill on, dll. Konsep ini sangat mengundang anak muda yang ingin nongkrong atau sebagai tempat hangout sambil menikmati berbagai varian menu sate dan makanan Indonesia lainnya.

Kisaran harga untuk perorang dimulai dari 20 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah, tergantung jenis makanan yang dipesan. Grill On ini juga termasuk salah satu resto keluarga di Semarang yang pas buat berkumpul bersama anggota keluarga maupun orang-orang kantor yang ingin melakukan gathering, atau sekedar arisan, pesta ulang tahun dan pesta lainnya dengan kapasitas daya tampung hingga 140 orang.

Tempat makan yang relatif baru di Semarang ini terletak di Susan Building 3rd Floor, Jalan Seroja Timur No. 2, Semarang. Jam buka mulai dari pukul 10.00 – 22.00 WIB. Penasaran? Datang aja langsung untuk nyobain, rugi deh kalau sampai melewatkan restoran enak di Semarang yang satu ini.

Baca Juga : 35 Tempat Wisata Di Semarang Yang Bagus Dan Terkenal

4. Soto Bangkong

Soto Bangkong
Soto Bangkong adalah salah satu tempat makan enak di Semarang dengan menu soto khas Semarang (Foto : klikhotel.com)

Ini dia tempat makan di Semarang yang enak dan murah khusus bagi penggemar soto. Ya, soto Bangkong namanya yang terletak di Jl. Brigjen Katamso dan di Jl. Setia Budi No. 229 Srondol Semarang. Satu porsinya hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp. 13.000,-. Murah meriah bukan?

Dulu, soto ayam paling enak di Semarang ini hanya dijajakan dengan cara dipikul berkeliling sebelum akhirnya mendiami satu tempat di Jalan Brigjen Katamso (dulu bernama Jalan Bangkong). Nah, karena itulah terkenal dengan sebutan Soto Bangkong sesuai dengan nama jalan tempatnya mangkal. Kalau nama yang terpampang di papan nama adalah Soto Ayam dan Ayam Goreng samping Kantor Pos Bangkong.

Rumah makan enak di Semarang ini tidak hanya menyajikan menu soto, tetapi juga ada menu yang lain seperti ayam goreng, garang asem, sate ayam, sate kerang, sate telor, tempe bergedel, rempelo ati goreng / semur, brutu goreng, sayap goreng menthok goreng dll. Namun yang paling jadi primadona memang soto ayamnya.

Sepintas Soto Bangkong terlihat sederhana dengan perpaduan kuah, ayam suwir, bihun, dan irisan bawang. Namun, perpaduan bahan-bahan ini justru menghasilkan rasa yang luar biasa. Soto Bangkong disinyalir memiliki ketepatan yang presisi soal rempah-rempah yang digunakan. Hasilnya adalah soto dengan kualitas prima dan memanjakan lidah Anda. Jam buka dari pukul 07.00 – 21.30 WIB.

5. Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Gulai-Kepala-Ikan-Pak-Untung
Gulai Kepala Ikan Pak Untung (Foto : hellosemarang.com)

Tempat makanan enak di Semarang selanjutnya adalah Gulai Kepala Ikan Pak Untung yang terletak di Jl. Siwalan No. 1 (belakang Bank Mayapada, Bangkong), Semarang. Sesuai dengan namanya, menu unggulan di warung ini adalah gulai kepala ikan. Makanan enak di Semarang ini dimasak dengan aneka campuran rempah sehingga rasanya menjadi lezat dan menyegarkan, tanpa ada aroma amis dari ikan.

Gulai ikannya disajikan dengan taburan daun kemangi, daun jeruk, cabai utuh, dan potongan daun bawang yang akan memuat cita rasanya semakin nikmat. Tersedia beberapa pilihan ikan, seperti kepala kakap, nila, dan salmon. Tersedia juga aneka olehan fillet (irisan daging utama tanpa duri) dan belly (bagian perut) ikan baik yang diolah menjadi gulai maupun yang dibakar.

Warung makan ini buka dari jam buka 10 pagi hingga jam 9 malam. Tidak hanya gulai dan sup kepala ikan saja, juga tersedia olahan makanan yang dimasak rica-rica, asam manis, dan tauco. Harga gulai ikannya bervariasi dari Rp.8.500,- sampai Rp. 40.000,-. Gulai Kepala Ikan Pak Untung ini termasuk tempat makan siang favorit di Semarang. Jadi, wajar kalau sampai antri ya.

6. Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum

Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum
Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum (Foto : arjunarentcar.blogspot.co.id)

Nah, bagi Anda yang sedang kelaparan saat malam hari, wajib datang ke tempat makan enak dan murah di Semarang yang satu ini. Namanya Gudeg & Opor Mbak Tum. Rumah makan favorit warga Semarang dan sekitarnya ini telah ada sejak puluhan tahun lalu.

Warung makan di Semarang yang murah meriah ini menyajikan menu nasi gudeg, ayam goreng, lontong opor, koyor, babat goreng dan sambal. Ada 3 menu yang wajib Anda cobain disini, yaitu nasi gudeg koyor, lontong opor, dan ayam goreng pete. Ketiga menu di atas mempunyai harga yang tidak jauh beda, kurang lebih antara Rp 15.000,- Rp 25.000,- per porsi sudah termasuk es teh/es jeruk untuk menyejukkan udara kota Semarang yang cenderung panas.

Jika Anda membayangkan gudeg khas Jogja yang cenderung manis, maka gudeg di warung Mbak Tum lebih gurih, sesuai dengan lidah orang Semarang. Koyor sebagai pelengkap gudeg sangat lembut dan empuk. Jika Anda suka yang pedas, bisa menambahkan sabal sesuai selera.

Kuah opor Mbak Tum lebih kental dan mempunyai rasa yang lebih nendang jika dibandingkan opor yang lain. Sedangkan untuk menu ayam goreng pete biasanya disajikan dengan nasi hangat, pete goreng dan sambal. Alamat dan lokasi tempat makan murah di Semarang ini terletak Jl MT Haryono / Mataram Semarang Jawa Tengah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.