11 Wahana Dan Spot Foto Keren Yang Lagi Hits Di Bukit Bulu Batu Flower Garden Coban Rais Malang

0 2,510

Batu Flower Garden – Ingin tahu ada apa saja di Bukit Bulu Batu Flower Garden Coban Rais Malang? Ini daftar wahana dan spot foto keren kekinian yang lagi hits banget dikalangan wisatawan muda. Dari mulai sky tree, sky swing, sky bike atau zip bike, rumah hobbit, hingga kebun bunga nan indah, ada semua disini. Seru dan asyik deh pokoknya!

Sebagai salah satu destinasi wisata Malang terbaru, Batu Flower Garden terbilang sukses mengambil hati para wisatawan. Hal ini bisa dilihat dari jumlah kunjungan saat akhir pekan atau libur panjang yang bisa mencapai angka seribuan pengunjung tiap harinya. Nah, untuk membantu Anda dalam menjelajahi setiap spot selfie di sini, yuk simak review / ulasan lengkap dari saya berikut ini.

Batu-Flower-Garden
Bukit Bulu Batu Flower Garden Coban Rais Malang (Foto : instagram @rimawardhani)

Daftar Wahana Dan Spot Foto Keren Yang Lagi Hits Di Bukit Bulu Batu Flower Garden Coban Rais Malang

Batu Flower Garden dikenal juga dengan nama Bukit Bulu karena konon dulu banyak tanaman berbulu tumbuh subur di bukit ini. Pada awalnya, hanya ada air terjun Coban Rais yang menjadi objek wisata utama Bukit Bulu.

Namun, seiring berjalannya waktu dan melihat potensi keindahan alam di sekitarnya, akhirnya dibangunlah Batu Flower Garden dengan sajian wahana untuk berfoto kekinian serta kebun bunga warna-warni. Tempat wisata hits di Batu ini memiliki udara lumayan sejuk lantaran terletak pada ketinggian 1.100 sampai 1.200 meter dari permukaan laut.

1. Sky Tree / Tree House

Sky Tree
Sky Tree (Foto : instagram @mbak_laylailiyulnurazizah)

Terinspirasi dari Kalibiru Jogja yang menjadi cikal bakal rumah pohon kekinian, Batu Flower Garden pun menyediakan spot foto Sky Tree. Dari atas rumah pohon pinus ini, Anda dapat menikmati pemandangan cantik Bukit Bulu dan Gunung Panderman. Hamparan pepohonan hijau terbentang luas sejauh mata memandang. Sungguh sangat eksotik!

Tree House Rumah Pohon
Tree House / Rumah Pohon (Foto : instagram @batuflowergarden_cobanrais)

2. Sky Swing

Sky Swing
Sky Swing (Foto : instagram @laila_olala)

Tak usah jauh-jauh datang ke Zen Hideaway di Ubud Bali untuk merasakan sensasi berfoto dengan ayunan super unik, di sini juga bisa. Ada Sky Swing yang akan memanjakan Anda dalam berselfie dimana seolah-olah sedang berayun pada ketinggian tebing.

Memang seh, ayunannya tidak sepanjang dan se-ekstrem Zen Hideaway Swing. Akan tetapi dengan sudut pengambilan gambar yang pas, Anda akan mendapatkan sebuah foto bagus seakan-akan Anda sedang berada di ketinggian tebing dengan hamparan pepohonan hijau.

3. Sky Bike atau Zip Bike

Sky Bike atau Zip Bike
Sky Bike atau Zip Bike (Foto : instagram @andrstydnd)

Bersepeda di jalanan darat itu sudah menjadi hal biasa. Bagaimana jadinya bila naik sepeda di atas tali yang terbentang pada ketinggian tertentu? Tentu akan menjadi pengalaman luar biasa bukan? Sky Bike (Zip Bike) atau sepeda udara merupakan wahana rekreasi bersepeda di atas sebuah tali kuat (rel) dengan panjang lintasan tertentu.

Pada awalnya, Sky Bike ini diperkenalkan oleh The Lodge Maribaya Lembang, Bandung. Namun, bagi Anda warga kawasan Malang dan sekitarnya, saat ini bisa mencoba sensasi Sky Bike di Batu Flower Garden. Menggowes sepeda di ketinggian sambil menikmati hijaunya Bukit Bulu akan menjadi pengalaman wisata mengesankan yang sulit terlupakan. Aman gak gaes? Tenang, sudah ada tali pengaman jadi Anda tak usah takut jatuh ya!

4. Spot Foto Berbentuk Love / Lambang Cinta

Spot Foto I Love U saat malam hari
Spot Foto I Love U saat malam hari (Foto : instagram @leohariyanto)

Tak kalah romantis dengan Dago Dream Park Bandung, Batu Flower Garden juga punya spot berbentuk love (lambang cinta). Di atas papan yang membentuk kata I Love You ini, pengunjung bisa melakukan foto romantis bersama pasangan halalnya. Recommended juga untuk foto pre wedding para calon pengantin baru.

Spot Foto Love
Spot Foto Love (sumber gambar : instagram @ratna.e.puspitasari)

5. Kebun Bunga Cantik (Flower Hill)

Spot Flower Taman Bunga
Spot Flower / Taman Bunga (Foto : instagram @batuflowergarden_cobanrais)

Sesuai namanya, spot foto ini berupa hamparan bunga cantik berwarna-warni yang begitu mempesona. Berfoto diantara bunga tentu akan memberikan kesan romantis dan bahagia bukan? Pas banget buat latar foto guna mengisi postingan instagram Anda.

Baca Juga :

6. Spot Hammock

Spot Hammock
Spot Hammock (Foto : instagram @irkaark)

Gak kalah instagenic, spot hammock menyuguhkan suasana berbeda berupa tidur bergelantungan di atas ayunan kain berwarna-warni dengan background perbukitan hijau. Ada 3 macam lokasi di sini yaitu spot hammock tower, hammock garden, dan flying hammock. Ketiganya sama-sama keren, favorit traveler muda.

Hammock Tower
Hammock Tower (Foto : instagram @batuflowergarden)

7. Rumah Hobbit

Rumah Hobbit
Rumah Hobbit (Foto : instagram @ariwidagdo)

Tak berbeda jauh dengan Rumah Hobbit di Farm House Susu Lembang Bandung, bentuk Rumah Hobbit Batu Flower Garden sama-sama instgramable untuk dijadikan latar berfoto. Tapi, ada yang unik pada rumah kurcaci disini, lokasinya berada di lereng tebing perbukitan hijau sehingga memberikan kesan benar-benar berada dalam alam dongeng layaknya film The Hobbit : An Unexpected Journey.

8. Eskimo

Eskimo
Eskimo (Foto : instagram @batuflowergarden_cobanrais)

Meskipun Indonesia termasuk negara tropis, bukan berarti tak memiliki spot foto salju lho. Buktinya di Batu Flower Garden ada Rumah Eskimo bernuansa salju. Dengan pengambilan sudut foto yang pas dan pemakaian aksesoris seperti jaket, syal, serta penutup kepala , Anda benar-benar akan mendapatkan gambar layaknya sedang di Kutub Utara.

9. Smurfy House

Smurfy House
Smurfy House (Foto : instagram @batuflowergarden_cobanrais)

Selain rumah hobbit, di sini terdapat spot baru berupa Smurfy House yang menyerupai jamur berwarna-warni. Cocok buat selfi bareng anak-anak dan anggota keluarga yang lain. Bisa juga Anda mengajak sahabat dekat untuk mengabadikan moment dengan latar Rumah Smurfy.

10. Spot Gantole

Spot Gantole
Spot Gantole (Foto : instagram @batuflowergarden_cobanrais)

Anda takut terbang tapi ingin berfoto layaknya para atlet gantole? Datang saja ke Batu Flower Garden, objek wisata ini menyediakan spot foto gantole. Anda tinggal bergaya di depan kamera layaknya orang sedang terbang melayang memakai gantole.

11. ATV Ride

ATV Ride
ATV Ride (Foto : instagram @batuflowergarden_cobanrais)

Batu Flower Garden memang layak direkomendasikan sebagai tempat wisata anak dan keluarga di Malang yang menyenangkan. Pasalnya, ada wahana ATV juga selain spot foto. Anak-anak dan anggota keluarga bisa diajak berkeliling hutan pinus sambil mengendarai ATV. Sungguh sangat mengasyikkan bukan?

Lokasi Dan Alamat Bukit Bulu Batu Flower Garden Coban Rais Malang

Lokasi Bukit Bulu Batu Flower Garden berada di antara loket masuk dan Air Terjun Coban Rais. Tepatnya
terletak di Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk mencapainya, wisatawan harus berjalan kaki (trekking) sekitar 750 meter. Agar lebih jelas, silahkan lihat peta lokasi dari Google Map berikut.

Rute Jalan Menuju Bukit Bulu Batu Flower Garden Coban Rais Malang

Akses dan rute jalan menuju lokasi objek wisata alam Batu Flower Garden dapat Anda tempuh melalui jalur wisata Coban Rais. Dari Kota Malang, langsung arahkan kendaraan Anda ke Kota Batu lalu ke Desa Oro-Oro Ombo. Setelah sampai di lokasi parkir, Anda masih harus berjalan kaki karena keberadaan objek wisata berlokasi di perbukitan.

perbukitan
Ilustrasi perbukitan (Foto : instagram @batuflowergarden_cobanrais)

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Bukit Bulu Batu Flower Garden Coban Rais Malang

Sebenarnya harga tiket masuk ke Batu Flower Garden terbilang murah yaitu sebesar Rp.7.500,-. Namun, setiap spot foto dan wahana dikenakan biaya sekitar 15 – 25 ribu rupiah. Jadi, saya sarankan pilihlah spot foto yang benar-benar bagus sesuai keinginan agar tak sia-sia.

Jika Anda membawa kamera DSLR dan Drone, maka akan dikenakan biaya tambahan sekitar 15 – 75 ribu rupiah. Lumayan mahal bukan? Siapkan saja uang lebih kalau akan berkunjung ke sini. Bila Anda ingin praktis, dari pihak pengelola menyediakan kamera untuk berfoto seharga 10 ribu rupiah per file.

Tempat liburan kekinian ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB (weekday) dan pukul 07.00 – 15.00 WIB (weekend). Bila Anda ingin melakukan foto pre wedding saat malam hari, silahkan hubungi langsung pihak pengelola.

Fasilitas Yang Tersedia Di Bukit Bulu Batu Flower Garden Coban Rais Malang

Menurut informasi yang saya terima, destinasi wisata alam di Malang ini sudah punya fasilitas memadai selain spot foto. Tersedia warung dan gazebo untuk berteduh. Meskipun demikian, disarankan untuk membawa bekal dari rumah berupa camilan, makanan berat, dan minuman. Ingat ya, medannya naik turun sehingga akan membuat Anda cepat kehausan / lelah.

Tips Berkunjung Ke Bukit Bulu Batu Flower Garden Coban Rais Malang

tips berkunjung
Ilustrasi tips berkunjung mamakai pakaian casual (Foto : instagram @iin_alvino)

Meskipun tempat wisata romantis di Malang ini terkesan aman dan nyaman, bukan berarti Anda bisa seenaknya sendiri lho ya! Anda tetap harus menjaga keselamatan dalam berwisata. Oleh karena itu, berikut saya sampaikan beberapa tips berkunjung ke Batu Flower Garden agar aman serta nyaman.

  • Pilih waktu tepat untuk berkunjung. Mengingat sebagian wahana di sini berupa spot foto, tentu waktu berkunjung terbaik adalah saat cuaca cerah agar mendapatkan pencahayaan bagus saat berfoto. Hindari saat hujan, karena jalan licin dan tentu Anda akan kesulitan dalam berfoto saat air bercucuran dari langit. Anda sebaiknya datang pagi atau menjelang sore ketika cuaca tak begitu terik.
  • Hindari datang saat weekend atau hari libur. Mengapa? Hal tersebut karena saat-saat itulah pengunjungnya super ramai. Anda harus antri untuk mendapatkan giliran berfoto. Bila ke sini saat sepi, Anda akan bebas mengeksplore setiap sudut Batu Flower Garden tanpa terganggu pengunjung lain.
  • Jangan memaksakan diri dalam berfoto. Ketika Anda ingin berfoto sebaiknya tetap dalam batas aman, periksalah kondisi sekitar yang masih berupa perbukitan. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk mengambil foto di tempat bersiko tinggi seperti di lereng bukit curam. Berfotolah dengan wajar dan utamakanlah keselamatan. Mintalah tali pengaman kepada pengelola saat memakai wahana ekstrm seperti sky bike atau hammock tower.
  • Ajaklah teman atau keluarga. Mengajak teman atau keluarga akan menambah liburan Anda menjadi lebih seru dan asyik. Anda dapat ngobrol, bercanda, hingga foto-foto bareng. Gak enak kan, kalau mau foto harus selalu meminta bantuan pengunjung lain?
  • Gunakan pakaian yang ringan dan menyerap keringat. Akses jalan menuju objek wisata berupa perbukitan, Anda harus treking jalan kaki untuk menuju lokasi. Oleh karena itu, memakai kaos casual yang menyerap keringat bisa menjadi solusi. Anda dapat leluasa bergerak nyaman untuk menyusuri setiap sudut bukit tanpa harus takut robek bajunya. Kesan modis dan elegan tetap ditampilkan ya, kan mau foto-foto?
  • Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya, jangan lupa siapkan kamera terbaik. Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya untuk jaga-jaga saat lapar / haus. Memang seh, menurut info yang beredar, sudah ada warung di sekitar tempat wisata. Tapi, alangkah baiknya membawa persediaan sendiri termasuk obat-obatan. Satu lagi, jangan sampai kamera Anda tertinggal ya!
  • Pakailah Kendaraan Roda 2 dan Siapkan Fisik Prima. Mengingat akses jalan yang terbatas, sebaiknya Anda datang menggunakan kendaraan sepeda motor. Lebih praktis dan mudah. Siapkan pula fisik yang prima karena Anda akan treking jalan kaki dengan jarak lumayan jauh. Dan terakhir, jangan lupa berdo’a dan senyum ya gaes!

Nah, itulah sekilas info tentang Bukit Bulu Batu Flower Garden yang berada di kawasan Coban Rais. Keren dan bagus bukan wahana dan spot foto di sana? Rugi deh, pergi ke Kota Apel tanpa mampir ke destinasi hits yang satu ini. Jika sobat traveler akan menambahkan update terbaru, bisa menuliskannya melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.