Review Lengkap Keindahan Pantai Batu Bengkung Malang (Foto Keren, Rute Jalan, Harga Tiket Masuk, Fasilitas Dan Tips Berkunjung)

0 2,051

Pantai Batu Bengkung – Sobat traveler, inilah review lengkap tentang keindahan Pantai Batu Bengkung di Malang yang cantiknya kebangetan. Mulai dari foto-foto kerennya, rute jalan, harga tiket masuk, fasilitas, hingga tips berkunjung, dibahas secara tuntas.

Pantai Batu Bengkung termasuk salah satu tempat wisata di Malang yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Padahal, kecantikannya sungguh sangat luar biasa, mulai dari hamparan pasir putih, deburan ombak, hingga tebing karang tinggi nan eksotik.

Pantai Batu Bengkung Malang
Pantai Batu Bengkung Malang (Foto : instagram @desi_nurchasanah)

Review Lengkap Keindahan Pantai Batu Bengkung Malang

Malang bagian selatan memang dianugerahi deretan pantai indah, bahkan diantaranya memiliki pemandangan sunset cantik layaknya pantai yang ada di Bali. Gak percaya? Coba datang saja ke Batu Bengkung, sebuah pantai dengan sejuta keindahan dikala senja tiba.

1. Foto Keren Bukti Keindahan Pantai Batu Bengkung Malang

A post shared by apriliafauziyah (@ziziaprilyia) on

Sesuai dengan namanya, Pantai Batu Bengkung tampak melengkung dikelilingi batu karang raksasa, sekilas mirip Pantai Suwehan dan Pantai Atuh di Nusa Penida Bali. Ombaknya tampak begitu besar karena langsung berhadapan dengan Samudera Hindia.

Akan tetapi, Batu Bengkung punya balikade karang yang kuat sehingga ombak bisa pecah sebelum sampai daratan. Yang unik disini adalah adanya kolam alami berair asin di pinggir pantai. Jadi, saat air laut surut, pengunjung bisa berenang dan berendam mendinginkan badan. Tapi, Anda wajib melihat kondisi ombak dan tetap menjaga jarak aman bila ingin berenang di kolam alami.

Meskipun punya banyak karang, Batu Bengkung tetap memiliki hamparan pasir putih kecokelatan. Anda bisa berjalan dan bermain pasir disini sambil berfoto-foto. Pemandangan pantai ini akan semakin cantik saat sore hari tiba, Anda bisa menyaksikan sang surya kembali ke peraduannya dengan tenang.

2. Aktivitas Wisata Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Batu Bengkung Malang

Ada banyak aktivitas / kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Batu Bengkung, mulai dari menyaksikan panorama indah, selfie, berenang di kolam alami hingga menyaksikan matahari terbenam di ujung barat. Berikut ulasan lengkapnya :

    • Menikmati hamparan pasir putih, deburan ombak, dan panorama cantik. Sebagai salah satu pantai terindah di Malang Jawa Timur, Batu Bengkung memang memiliki pesona keindahan alam yang sungguh mempesona. Formasi batuan karang berpadu dengan deburan ombak laut menyajikan keelokan tersendiri. Apalagi ditambah hamparan pasir putih nan bersih, membuat siapapun akan betah berlama-lama disini.

    A post shared by ˗ˏˋ alo ˎˊ˗ (@linafahri) on

    • Berfoto dengan latar tebing karang tinggi dan lautan. Salah satu kegiatan favorit wisatawan yang sering dilakukan adalah berfoto dari atas tebing / bukit dengan latar Pantai Batu Bengkung atau pun gugusan karang tinggi. Spot foto ini menjadikan hasil jepretan kamera Anda akan semakin tampak keren dan bagus. Instagramable banget deh!

    • Berenang dan berendam di kolam alami air asin. Pantai Batu Bengkung memiliki formasi batu karang sepanjang garis pantai layaknya sebuah benteng untuk memecah deburan ombak kuat dari lautan Samudera Hindia. Nah, di sisi yang dekat dengan daratan, ternyata membentuk sebuah kolam alami air asin saat air laut surut. Sebagian traveler biasanya berenang dan berendam di kolam, tapi saat kondisi ombak tak besar.

    • Menikmati sunset indah saat senja. Pantai Batu Bengkung menghadap ke arah barat sehingga dikenal sebagai tempat melihat sunset di Malang yang paling indah, tak kalah keren dengan Pantai Kuta Bali. Cahaya matahari terbenam disini menyuguhkan suasana romantis, diiringi suara angin pantai dan hempasan ombak.

    A post shared by @firramdn on

    • Camping (Berkemah). Dengan adanya formasi karang yang menghadang dan memecah ombak, Pantai Batu Bengkung sepertinya lumayan aman untuk berkemah. Hamparan pasir putihnya lumayan luas, cukup buat mendirikan tenda. Namun, sebelum berkemah / camping, sebaiknya Anda meminta ijin terlebih dahulu kepada pengelola dan tanyakan berapa biaya retribusi per malamnya.

    3. Alamat Dan Lokasi Pantai Batu Bengkung Malang

    Pantai Batu Bengkung terletak di Jalan Jalur Lintas Selatan, RT.42/RW.05, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Malang, mungkin sekitar 64 km dengan estimasi waktu tempuh 2 – 3 jam. Jadi, bila akan berkunjung ke sini, siapkan kendaraan layak jalan ya! Untuk peta lokasi bisa lihat gambar Google Map berikut :

    4. Rute Jalan Menuju Pantai Batu Bengkung Malang

    Perjalanan menuju ke Pantai Batu Bengkung membutuhkan waktu sekitar 2 – 3 jam dari pusat Kota Malang. Ada 2 rute jalan yang bisa ditempuh atau dilalui oleh wisatawan, yaitu :

    • Rute 1 : Kota Malang – Turen – Sumbermanjing Wetan – Pantai Sendangbiru – Pantai Goa Cina – Pantai Bajulmati – Pantai Batu Bengkung. Bila melalui rute pertama ini, Anda akan disuguhi jalan aspal berkelok-kelok karena melewati pegunungan.
    • Rute 2 : Kota Malang – Kepanjen – Pagak – Bantur atau Kota Malang – Gondanglegi – Bantur. Nah, dari Bantur lanjutkan perjalanan Anda ke Pantai Balekambang – Pantai Batu Bengkung. Rute kedua ini sepertinya lebih mudah diakses dengan waktu tempuh lebih cepat.

    5. Harga Tiket Masuk Ke Pantai Batu Bengkung Malang

    Berbeda dengan Pantai 3 Warna yang harus booking terlebih dahulu, untuk memasuki Pantai Batu Bengkung, Anda bisa langsung mengaksesnya asalkan membayar biaya retribusinya. Harga tiket masuk dibanderol sekitar Rp.7.500,-, parkir kendaraan Rp.5.000,-, dan bila akan menginap biaya parkir sebesar Rp.10.000,-. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

    6. Fasilitas Yang Tersedia Di Pantai Batu Bengkung Malang

    Fasilitas penunjang di tempat wisata ini sudah lumayan memadai, terdapat toilet, area parkir, dan warung penjual makanan. Akan tetapi, alangkah baiknya bila Anda membawa bekal camilan, makanan berat, dan minuman dari rumah agar lebih berhemat. Saran bagi pengelola, sebaiknya dibangun juga fasilitas lain seperti mushola (tempat ibadah), kamar ganti, gazebo, dan lainnya.

    7. Tips Berkunjung Ke Pantai Batu Bengkung Malang

    tips berkunjung ke pantai
    Ilustrasi tips berkunjung ke pantai membawa topi (Foto : instagram @nadhifaazyma)

    Liburan ke destinasi wisata alam yang berupa pantai, tentu memerlukan tips khusus agar aman dan nyaman. Anda tak mau kan, jika aktivitas rekreasinya menjadi berantakan? Oleh karena itu, sebelum pergi ke Pantai Batu Bengkung, alangkah baiknya baca terlebih dahulu tips dari saya berikut :

    • Ajaklah teman atau keluarga. Mengajak teman atau keluarga akan menambah liburan Anda menjadi lebih seru dan asyik. Anda dapat ngobrol, bercanda, hingga foto-foto bareng. Gak enak kan, kalau mau foto harus selalu meminta bantuan pengunjung lain?
    • Gunakan pakaian yang ringan dan menyerap keringat. Anda tentu tahu, cuaca pantai mesti panas bukan? Nah, oleh karena itu, memakai kaos casual yang menyerap keringat bisa menjadi solusi. Anda dapat leluasa bergerak nyaman untuk menyusuri setiap sudut pantai tanpa harus takut robek bajunya. Bukan hanya itu, menggunakan pakaian berbahan ringan juga memudahkan Anda dalam bermain air / basah-basahan karena cepat kering.
    • Pilih waktu tepat untuk berkunjung. Agar bisa menyaksikan semua keindahan Pantai Batu Bengkung, sebaiknya Anda memilih berkunjung saat musim kemarau. Gak asik banget kan kalau lagi berfoto-foto terus hujan? Apalagi jika mau melihat sunset cantik, cuaca cerah tentu menjadi syarat yang tak boleh tawar-tawar lagi. Datanglah ke sini saat pagi atau sore hari, hindari siang hari karena panas matahari sangat menyengat.
    cuaca cerah di pantai
    Ilustrasi cuaca cerah di pantai (Foto : instagram @andik.uyee)
    • Bawalah alat pelindung matahari. Beberapa alat / aksesoris pakaian yang bisa Anda bawa antara lain kacamata hitam, topi, atau payung untuk melindungi tubuh Anda agar tidak bersentuhan langsung dengan cahaya matahari. Kacamata hitam akan melindungi mata, sedangkan topi / payung sebagai pelindung kepala dari teriknya mentari.
    • Gunakanlah sunblock secara berkala. Bermain di tempat panas seperti pantai tentu akan membuat kulit Anda terbakar atau menghitam. Untuk mengurangi efek panas matahari, gunakanlah sunblock setiap 4 jam sekali. Panas daerah pantai biasanya tidak terasa karena sejuk oleh angin laut. Tapi, efeknya akan terlihat ketika Anda pulang, kulit menjadi hitam. Pemakaian sunblock tentu diharapkan dapat mencegah terbakarnya kulit.
    • Lihat kondisi ombak jika ingin berenang di kolam alami. Pantai Batu Bengkung memiliki kolam alami yang asik untuk berenang atau pun berendam. Anda dapat mencobanya, tapi saat ombak tidak besar atau air laut sedang surut. Bila pasang, sebaiknya Anda urungkan niat tersebut. Mengapa? Hal ini tentu saja karena ombaknya sangat besar dan wisatawan pun sebenarnya tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai, demi keselamatan.
    • Bawalah pakaian ganti dan segera bilas setelah berenang di kolam alami. Bagi Anda yang akan mencoba basah-basahan di kolam alami, bawalah pakaian ganti agar tidak masuk angin. Setelah berenang, Anda harus segera bilas dengan air bersih. Hindari berlama-lama dengan kaos basah, kandungan garamnya bisa membuat kulit Anda menjadi kering.
    • Siapkan kendaraan yang baik. Mengingat lokasi objek wisata yang lumayan jauh, sekitar 2 – 3 jam perjalanan, maka kondisi kendaraan wajib Anda periksa terlebih dahulu. Pastikan kendaraan Anda layak jalan, cek rem, ban, lampu, bahan bakar, dan lainnya.
    • Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya, jangan lupa siapkan kamera terbaik. Untuk jaga-jaga saat lapar / haus, Anda sebaiknya membawa bekal camilan, makanan berat, dan air putih. Jika ingin camping, sesuaikan bekal yang dibawa dengan kebutuhan Anda selama berkemah. Memang seh, ada warung di sekitar tempat wisata, tapi alangkah baiknya membawa persedian sendiri termasuk obat-obatan. Satu lagi, jangan sampai kamera Anda tertinggal ya!

    Bagaimana sobat traveler? Benar-benar indah dan cantik bukan pantainya? Rugi deh, liburan ke Kota Apel tanpa mampir ke deretan pantainya di sebelah selatan. Nah, buat Anda yang punya informasi tambahan tentang Pantai Batu Bengkung Malang ini, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.