10 Wahana Seru, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Taman Rekreasi Selecta Batu Malang Jawa Timur

0 1,505

Selecta Malang – Ingin tahu ada apa saja di Taman Rekreasi Selecta Batu Malang Jawa Timur? Inilah review lengkap aneka wahana wisata seru, spot foto keren, fasilitas, harga tiket masuk, lokasi / alamat, dan rute jalan menuju ke sana. Di sini, wisatawan akan dimanjakan dengan Taman Bunga warna-warni nan cantik, kolam renang, dan permainan menarik dari mulai Sky Bike, Family Coaster, Sepeda Air, Kora-Kora, hingga Cinema 4D.

Menurut cerita sejarah, Selecta pertama kali dibangun pada tahun 1928 oleh seorang Belanda bernama Ruyter de Wildt. Luas lahannya mencapai sekitar 20 hektare dan digunakan untuk peristirahatan warga Belanda yang tinggal di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Selecta pun beralih fungsi sebagai salah satu ikon destinasi wisata di Malang Raya Jawa Timur.

Daftar Wahana Seru, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk Taman Rekreasi Selecta Batu Malang Jawa Timur

Taman-Rekreasi-Selecta-Batu-Malang-Jawa-Timur
Taman Rekreasi Selecta Batu Malang Jawa Timur (Foto : instagram @tamanrekreasiselecta)

Udaranya yang sejuk dengan panorama alam indah membuat Selecta Malang sangat cocok dijadikan lokasi liburan untuk menghilangkan penat. Apalagi fasilitasnya juga lengkap, tersedia berbagai wahana bagi anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Tak ayal, saat libur panjang atau pun akhir pekan (baca : weekend), banyak wisatawan yang berkunjung ke Selecta.

Saat pertama kali masuk , Anda akan disuguhi kolam dan akuarium berisi ikan-ikan berukuran besar. Tanaman hijau, bunga, tangga batu, dan air mancur berpadu indah menyempurnakan area depan Taman Wisata Selecta. Semakin masuk ke dalam, tentu akan ada banyak wahana seru yang bisa Anda coba. Kira-kira seperti apa ya? Yuk, simak ulasan lengkap dari Aneka Wisata berikut ini.

Wahana Seru Dan Spot Foto Keren Di Taman Rekreasi Selecta Batu Malang Jawa Timur

1. Taman Bunga

Daya tarik utama Taman Rekreasi Selecta adalah Taman Bunga. Di dalamnya terdapat aneka macam tanaman bunga berwarna-warni yang sangat indah seperti bunga kana, hortensia, krisan, lily, dandelion, honje kecombrang, dan sebagainya. Apalagi disekelilingnya dipenuhi pepohonan hijau sehingga menambah kesejukan.

Taman Bunga termasuk salah satu spot foto keren di Selecta favorit wisatawan. Pasalnya, Anda bisa menghasilkan foto romantis nan instagramable untuk mengisi feed instagram. Hamparan bunga berwarna merah, putih, kuning dan ungu berpadu cantik mirip pelangi.

Untuk menambah pengetahuan wisatawan, pihak pengelola menyediakan papan nama bunga beserta nama latinnya. Setelah puas berfoto, Anda dapat beristirahat sejenak dalam gazebo yang terdapat di sekitar Taman Bunga. Asyik banget, bukan?

2. Family Coaster

Selain keindahan Taman Bunga, Selecta Malang juga dilengkapi dengan berbagai permainan menarik. Satu diantaranya yaitu Family Coaster. Meskipun masih kalah ekstrim dibandingkan wahana di Batu Night Spectacular dan Jatim Park 1 Malang, namun roller coaster ini cukup membuat jantung berdetak kencang.

Lintasannya lumayan panjang, sekitar 500 meter di atas tanaman bunga. Kecepatannya termasuk sedang, sehingga pengunjung bisa menikmati hamparan bunga di sekelilingnya saat naik Family Coaster.

3. Kora-Kora / Perahu Ayun

Bagi Anda yang ingin memacu adrenalin di Taman Rekreasi Selecta Malang, wahana Kora-Kora atau Perahu Ayun bisa menjadi pilihan. Wahana ini berupa perahu berukuran cukup besar menggantung seperti sebuah ayunan.

Saat naik ke atas wahana, Anda akan diayun ke depan dan belakang dengan kecepatan semakin kencang. Saat turun ke bawah dari atas ketinggian, Anda akan merasakan sensasi jantung seolah-olah copot. Sebelum naik, pastikan Anda puna nyali keberanian. Naiklah bersama rombongan agar bisa seru-seruan sambil berteriak ramai-ramai.

4. Water Park / Kolam Renang

Berenang di kawasan ketinggian dengan udara sejuk tentu akan memberikan kesegaran tersendiri. Nah, buat Anda yang ingin merasakan dinginnya air layaknya kolam renang alami Umbul Sidomukti Semarang, bisa mencoba Water Park Selecta.

Disini, tersedia kolam renang bagi anak-anak dan orang dewasa dengan aneka seluncuran. Meskipun tak semegah Hawai Waterpark, namun lumayan bisa buat bersenang-senang bersama si kecil atau pun teman-teman. Kolam renangnya bersih nyaman sehingga kemungkinan akan membuat betah pengunjung bermain air.

5. Sepeda Air

Wahana Sepeda Air berupa perahu berbentuk bebek yang berjalan di atas air dengan cara dikayuh layaknya sebuah sepeda. Kolam buatan untuk Sepeda Air ini lumayan luas sehingga Anda bisa puas berkeliling. Ajaklah anggota keluarga atau pun anak-anak saat naik agar lebih seru. Kapasitas masing-masing sepeda air sekitar 2 orang dewasa.

6. Sky Bike

Selain Sepeda Air, Taman Wisata Selecta juga punya wahana Sepeda Udara (Sky Bike). Cara kerjanya mirip Family Coaster, hanya saja jalurnya landai tanpa naik turun. Sesuai namanya, wahana ini berjalan dengan cara dikayuh seperti sepeda. Lintasannya berada di atas Taman Bunga sehingga Anda bisa menikmati hamparan bunga nan cantik ketika menaiki Sky Bike.

7. Berkuda

Tak perlu jauh-jauh pergi ke De Ranch Lembang untuk merasakan sensasi berkuda di lingkungan asri penuh pepohonan hijau. Datang saja ke Selecta Malang, Anda bisa berkeliling naik kuda sambil menghirup udara segar dan menikmati panorama alam indah. Tarifnya pun cukup murah meriah, hanya sekitar 15 ribu rupiah.

8. Cinema 4D

Meskipun bertema alam, Selecta ternyata punya wahana berteknologi canggih. Namanya Cinema 4D, dimana Anda bakal menyaksikan tayangan film yang seolah nyata.

9. Flying Fox

Satu lagi wahana ekstrim untuk memacu adrenalin di Selecta, yaitu Flying Fox. Dari atas ketinggian, Anda akan meluncur ke bawah dengan cara bergelantungan pada tali. Saat melakukan Flying Fox, Anda akan dibekali sebuah helm dan tentu saja tali pengaman.

10. Outbond Kids

Tak salah jika Selecta dijadikan pilihan sebagai tempat wisata anak dan keluarga di Malang yang wajib dikunjungi. Pasalnya, di sini tersedia sarana outbond di alam terbuka bagi anak-anak. Selain bisa menghirup udara sejuk, mereka juga bisa sekaligus olah raga melatih motoriknya.

Baca Juga :

Fasilitas Yang Tersedia Di Taman Rekreasi Selecta Batu Malang Jawa Timur

Sebagai destinasi keluarga, Selecta mempunyai fasilitas lengkap dalam rangka memanjakan wisatawan. Beberapa fasilitas yang terdapat di Taman Rekreasi Selecta antara lain :

  • Mushola
  • Restoran / Food Court. Udara dingin biasanya membuat perut menjadi cepat lapar. Apalagi setelah seharian berkeliling menikmati keindahan dan keseruan wahana di Selecta. Nah, untuk memulihkan tenaga, Anda bisa mampir ke restoran / food court dengan menu makanan enak.
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Hotel Selecta. Bagi Anda yang ingin lebih lama menikmati kesejukan udara di kawasan Selecta, bisa menginap di Hotel Selecta. Kabarnya, jika menginap di sini, Anda bisa masuk ke Taman Rekreasi Selecta secara gratis. Asyik, bukan?
  • Putri Bunga Selecta (Flower Princess). Untuk menarik perhatian wisatawan, pihak pengelola menyediakan ikon Putri Bunga (Flower Princess), yaitu beberapa wanita yang mengenakan pakain bertema bunga. Para pengunjung bisa berfoto bersama mereka.
  • Pasar Selecta. Sepertinya pihak pengelola Selecta mendesain objek wisata alam ini sebagai one stop destination. Oleh karena itu, di sini disediakan pasar untuk berbelanja aneka oleh-oleh khas Malang dari mulai buah apel, aneka kripik, sayuran, hingga souvenir.
  • Pasar Bunga. Selain makanan dan pernak-pernik, Selecta juga punya Pasar Bunga yang menyediakan beragam tanaman hias seperti kaktus untuk dibeli buat buah tangan.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Taman Rekreasi Selecta Batu Malang Jawa Timur

Harga tiket masuk ke Taman Rekreasi Selecta dibanderol sekitar Rp.35.000,- per orang baik weekday maupun weekend dan Jam buka mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB. Sedangkan untuk tarif wahana yaitu :

  • Family Coaster : Rp.15.000,-
  • Sky Bike : Rp.20.000,-
  • Flying Fox : Rp.25.000,-
  • Kuda Tunggang : Rp.15.000,-
  • Sepeda Air / Perahu Bebek : Rp.20.000,-
  • Kora-Kora : Rp.10.000,-
  • Cinema 4D : Rp.10.000,-
  • Kiddie Ride : Rp.5.000,-
  • Photo Digital : Rp.15.000,-
  • Mandi Air Panas : Rp.5.000,-

Lokasi / Alamat Taman Rekreasi Selecta Batu Malang Jawa Timur

Lokasi / Alamat Taman Rekreasi Selecta terletak di Jl. Raya Selecta No.1, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Bagi Anda yang ingin backpackeran memakai kendaraan umum, bisa mengikuti rute jalan sebagai berikut :

  • Rute 1 : Stasiun Malang – naik angkot ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) atau AL (Arjosari-Landungsari) – Terminal Landungsari – naik angkot ungu – Terminal Batu – naik ngkot BSS (Batu-Selecta-Sumber Brantas-Jurangkuali) – Selecta.
  • Rute 2 : Bandara Abdulrachman Saleh – naik taksi ke Terminal Arjosari – naik angkot ke Terminal Landungsari – naik angkot ke Terminal Batu – naik ngkot BSS (Batu-Selecta-Sumber Brantas-Jurangkuali) – Selecta.
  • Rute 3 : Terminal Arjosari – naik angkot ke Terminal Landungsari – naik angkot ke Terminal Batu – naik ngkot BSS (Batu-Selecta-Sumber Brantas-Jurangkuali) – Selecta.

Tarif angkot sekitar 4 – 5 ribu rupiah (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Anda sebaiknya tanya terlebih dahulu kepada supir atau petugas terminal tentang tujuan angkot yang akan dinaiki. Jangan sampai salah jurusan ya. Siapkan uang pas dan jaga baik-baik barang bawaan Anda.

Jika Anda ingin lebih praktis, bisa memakai ojek online tapi tentu saja biayanya sedikit agak mahal. Buat Anda yang kebetulan memakai kendaraan pribadi, bisa melihat gambar peta lokasi dari Google Map berikut.

Tips Berkunjung Ke Taman Rekreasi Selecta Batu Malang Jawa Timur

Selecta merupakan tempat wisata alam di Malang Raya yang berupa area terbuka. Berkunjung ke sana, tentu akan sangat menyenangkan karena udaranya sejuk, suasananya nyaman, dan pemandangannya indah. Nah, agar liburan Anda di Taman Wisata Selecta berjalan lancar, ada baiknya perhatikan beberapa tips sederhana di bawah ini :

  • Hindari hari libur / weekend. Sebagai salah satu tempat rekreasi favorit keluarga, biasanya Selecta akan ramai pengunjung saat hari libur nasional atau weekend. Oleh karena itu, sebaiknya Anda datang ketika weekday agar lebih sepi sehingga tak harus antri saat main wahana.
  • Datang lebih awal. Mengingat luas Selecta lebih dari 10 hektar, ada baiknya Anda datang lebih awal sehingga bisa punya banyak waktu untuk menikmati setiap sudutnya.
  • Datang secara rombongan. Ajaklah teman, anak-anak, atau pun anggota keluarga saat Anda berkunjung ke Selecta. Hal ini akan menjadikan liburan semakin seru dan memberi banyak keuntungan, misalnya sebagai teman ngobrol, partner naik wahana, atau pun pengambil gambar / foto.
  • Berkunjunglah saat cuaca cerah. Hampir semua area Selecta berupa ruang terbuka (outdoor) sehingga akan lebih baik berkunjung ke sana ketika cuaca cerah. Jika hujan datang, tentu Anda akan kesulitan mengeksplore semua wahana di sana.
  • Gunakan pakaian casual dan sepatu kets yang memudahkan bergerak.
  • Bawalah baju renang dan pakaian ganti bila akan berenang.
  • Bawalah kamera terbaik untuk mengabadikan momen liburan Anda.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman. Selecta termasuk objek wisata yang membolehkan pengunjungnya untuk membawa bekal makanan dari luar. Setelah berkeliling, selfie, dan main wahana, tentu Anda akan lelah. Agar energi Anda pulih kembali, Anda bisa menikmati bekal sambil menghirup udara segar. Jangan lupa, tetaplah jaga kebersihan ya.
  • Awasi dan dampingi anak-anak saat bermain wahana.
  • Sediakan uang yang cukup karena Anda harus membayar lagi bila akan naik wahana di dalam Selecta.
  • Bawalah payung atau jas hujan jika Anda datang saat musim penghujan.
  • Sediakan jaket bila Anda tak tahan dingin mengingat udara di Selecta lumayan dingin karena berada pada ketinggian sekitar 1.150 meter di atas permukaan laut (mdpl).
  • Siapkan fisik dalam kondisi prima.
  • Pastikan kondisi kendaraan layak kalan.

Demikianlah review singkat tentang Taman Rekreasi Selecta Batu Malang Jawa Timur. Tempatnya sungguh asik, cocok banget buat menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Wajib deh memasukkan destinasi ini ke dalam list liburan Anda. Buat sobat traveler yang kebetulan sudah pernah ke sana, bisa berbagi pengalaman dengan menuliskan kesan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.