15 Fakta Unik Dan Cara Booking Tiket Masuk Pantai 3 Warna Malang Jawa Timur

0 10,067

Pantai 3 Warna – Sobat traveler, inilah fakta unik dan menarik tentang Pantai Tiga Warna di Malang Selatan Jawa Timur yang bakal bikin melongo. Wajib dibaca sebelum berkunjung, lengkap dengan foto / gambar terbaru.

Tak dapat dipungkiri, kawasan wisata Malang sebelah selatan memang kaya akan deretan pantai cantik. Salah satu diantaranya adalah Pantai 3 Warna yang lagi hits banget dikalangan wisatawan. Bukan hanya keindahan pasir putih dan degradasi warna air lautnya, kondisi alami yang masih terjaga juga menjadi alasan para traveler berkunjung ke sini.

Nah, sebelum Anda datang ke sini, ada baiknya menyimak terlebih dahulu ulasan dari Anekawisata tentang Pantai 3 Warna. Mengetahui kondisi terkekini akan suatu objek wisata tentu akan membantu Anda dalam mengeksplornya. Yuk, simak review lengkap-nya berikut!

Pantai-3-Warna-Malang
Pantai 3 Warna Malang (Foto : Apriliandri Pamungkas / instagram @apriliandri)

Daftar Fakta Unik Dan Menarik Tentang Pantai 3 Warna Malang Yang Bikin Melongo

1. Mempunyai 3 Warna Air Laut

A post shared by Suci Rachmawati (@rsucirachmaa) on

Sesuai dengan namanya, konon pantai ini mempunyai 3 buah warna air laut yang berbeda ketika dilihat dari ketinggian. Dari hasil pengamatan saya melalui foto drone menunjukkan warna biru, dari biru muda di daerah pinggir pantai hingga biru tua ke arah laut dalam. Sungguh sangat unik dan cantik, tak heran bila objek wisata alam ini dinobatkan sebagai salah satu pantai terindah di Malang Raya Jawa Timur.

2. Terumbu Karang dan Biota Lautnya Masih Asri Terjaga

A post shared by Restyo Mahendra (@cucupwawaw) on

Keistimewaan Pantai 3 Warna tak hanya terletak pada warna airnya, keberadaan terumbu karang dan biota laut di sini juga patut diacungi jempol. Pasalnya, keindahannya masih sangat terjaga dan alami. Hal ini tentu tak terlepas dari ketatnya penjagaan pantai oleh pihak pengelola agar terhindar dari kerusakan.

3. Asyik Buat Snorkeling

Dari sejumlah pantai yang berada di Malang Selatan, mungkin hanya Pantai Tiga Warna yang asyik buat snorkeling. Kondisi pantai yang langsung menghadap ke Pulau Sempu membuat air lautnya menjadi tenang dan cocok untuk snorkeling. Airnya yang jernih akan mempermudah Anda dalam menikmati berbagai terumbu karang dan jenis ikan disini. Harga sewa peralatan snorkeling sekitar 20 ribu rupiah.

4. Wajib Memakai Pelampung Saat Snorkeling

Tak seperti pantai pada umumnya yang bebas dalam melakukan snorkeling tanpa pelampung, Pantai 3 Warna memiliki aturan yang ketat. Anda diwajibkan memakai pelampung walaupun sudah mahir berenang. Hal ini dimaksudkan agar tubuh Anda tidak menyentuh atau pun merusak ekosistem terumbu karang.

5. Memiliki Pasir Putih Bersih

A post shared by H I P Z Į (@muhammadhipzillah) on

Tak kalah indah dengan deretan pantai yang ada di Bali dan Banyuwangi, Tiga Warna memiliki hamparan pasir putih yang sangat bersih. Bermain pasir atau pun duduk-duduk di tepi pantai sambil memandangi lautan bisa menjadi alternatif kegiatan di tempat ini.

6. Hanya Boleh Dikunjungi Maksimal 100 Orang Per Hari

Pantai 3 warna merupakan wilayah konservasi, jadi demi menjaga keutuhannya maka pihak pengelola membatasi jumlah kunjungan wisatawan ke sini. Dalam satu hari, hanya boleh dikunjungi maksimal sebanyak 100 orang. Benar-benar eksklusif bukan?

7. Harus Booking / Reservasi Dulu Sebelum Berkunjung

Mengingat adanya batasan pengunjung, maka bila Anda akan liburan atau jalan-jalan ke Pantai Tiga Warna wajib melakukan booking terlebih dahulu. Seperti hotel saja ya? Hehe. Anda bisa melakukan reservasi melalui pihak pengelola jauh-jauh hari sebelumnya.

8. Setiap Pengunjung Harus Ditemani Pemandu

Saat tiba di Pantai Tiga Warna, Anda tak bisa bebas leluasa langsung menjelajahi atau pun mengeksplore pantai ini. Setiap pengunjung wajib ditemani satu orang pemandu (guide). Harga sewa jasa guide dibanderol dengan harga Rp.100.000,- per 10 orang.

9. Tata Tertib Sampah Sangat Ketat

Anda ingin tahu mengapa Pantai 3 Warna sangat bersih? Hal ini karena adanya peraturan yang sangat ketat terhadap pengunjung berkaitan dengan sampah. Semua barang-barang milik wisatawan akan diperiksa terlebih dahulu di salah satu pos.

Semua benda yang berpotensi menjadi sampah akan ditulis oleh petugas. Saat Anda selesai kunjungan, petugas akan mengecek kembali. Jika Anda pulang tanpa benda-benda yang telah ditulis, maka Anda akan terkena denda Rp.100.000,- tiap barang yang ditinggalkan.

10. Waktu Kunjungan Maksimal Hanya 2 Jam

Dalam menikmati keindahan Pantai Tiga Warna, Anda tidak bisa leluasa berada di lokasi pantai dari pagi hingga sore. Mengapa? Hal ini tentu karena batas waktu maksimal kunjungan bagi wisatawan hanya 2 jam. Singkat sekali bukan? Jadi, sebelum berkunjung sebaiknya Anda membuat list kegiatan / aktivitas yang akan dilakukan di sini agar efektif memanfaatkan waktu.

Baca Juga : 10 Fakta Unik Dan Menarik Tentang Tebing Keraton Bandung

11. Hanya Bisa Ditempuh Dengan Jalan Kaki Dari Lokasi Parkir

Untuk mencapai lokasi bibir pantai, bermain air, hingga merasakan pasir putihnya, Anda harus treking jalan kaki dari lokasi parkir kendaraan sekitar 30 menit dengan medan jalan relatif sedang. Sementara itu, waktu tempuh dari pusat Kota Malang ke area parkir pantai ini dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

12. Tidak Boleh Berkemah

Dengan dibatasi waktu kunjungan hanya 2 jam, tentu Anda tidak akan bisa bermalam atau berkemah di pantai ini. Namun, Anda tak usah kuatir, masih ada Pantai Gatra yang bisa dijadikan lokasi camping. Lokasinya tak jauh dari Pantai 3 Warna, masih satu kawasan.

13. Dikelilingi Hutan

Fakta unik selanjutnya tentang Pantai Tiga Warna adalah adanya hutan hijau rimbun yang mengelilinginya. Dengan banyaknya pepohonan, tentu suplai oksigen akan semakin melimpah dan membuat udara sekitar terasa sejuk dan segar.

14. Tidak Ada Kendaraan Umum

Keberadaan Pantai Tiga Warna yang tersembunyi dibalik hutan membuat Anda harus memakai kendaraan pribadi. Pasalnya, tak ada kendaraan umum yang lewat melalui jalur pantai ini. Anda bisa menggunakan mobil atau pun motor untuk menuju lokasi.

15. Berada Dalam Satu Kawasan Dengan Pantai Lain

A post shared by Muhammad Fa’izin (@_faizin_) on

Salah satu keuntungan liburan ke Pantai 3 Warna adalah lokasinya berdekatan dengan pantai-pantai cantik lainnya di Malang Selatan. Misalnya : Pantai Gatra, Pantai Clungup, Pantai Savanna, Pantai Mini, dan Pantai Watu Pecah. Jadi, setelah menikmati ke keelokan Tiga Warna, Anda bisa menyempatkan jalan-jalan ke pantai lainnya.

Lokasi dan Alamat Pantai 3 Warna Malang

Alamat lengkap Pantai 3 Warna terletak di Rehabilitasi Dan Konservasi Mangrove, Terumbu Karang Serta Hutan Lindung. Tepatnya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat gambar peta berikut :


Rute Jalan Menuju Pantai 3 Warna Malang

Untuk memudahkan Anda menemukan Pantai 3 Warna Malang, berikut saya sampaikan ancer-ancer / petunjuk rute jalan menuju lokasi.

  • Dari Kota Malang, arahkan kendaraan Anda menuju ke wilayah Gadang Turen, ikuti petunjuk ke Pantai Sendang Biru.
  • Setelah perjalanan sekitar 2 jam-an, Anda akan menemukan persimpangan arah jalan, satu ke Pantai Sendang Biru dan satunya lagi ke Pantai Goa Cina. Ambil arah ke Pantai Goa Cina lurus terus sampai sekitar 2 km, akan ada persimpangan menuju ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan).
  • Arahkan kendaraan Anda menuju ke TPI tersebut, lalu masuk ke perkampungan Warna. Setelah itu, ambil arah ke Clungup Mangrove Conservation (sebelum BRI).
  • Untuk memasuki Pantai 3 Warna, Anda harus melewati Clungup Mangrove Conservation dan Pantai Clungup. Bagi Anda yang membawa kendaraan sepeda motor bisa langsung melanjutkan ke pintu gerbang Pantai 3 Warna. Namun, bila Anda membawa mobil maka harus parkir sekitar 1 km dari Clungup Mangrove Conservation, lalu melanjutkan perjalanan menuju pintu gerbang dengan jalan kaki.
  • Sampailah Anda di lokasi Pantai 3 Warna Malang Selatan. Sebaiknya jangan membawa barang-barang yang berpotensi menjadi sampah karena bila tertinggal dendanya lumayan mahal, sekitar 100 ribu rupiah per sampah.

Harga Tiket Masuk Pantai 3 Warna Malang

Tarif retribusi atau tiket masuk ke Pantai 3 Warna lumayan murah, hanya 5 – 10 ribu rupiah per orang. Hanya saja, setiap pengunjung wajib menyewa 1 guide / pemandu dengan harga 100 ribu rupiah. 1 orang guide bisa untuk 10 orang, jadi akan terasa murah meriah setiap orang patungan 10 ribu rupiah.

Cara Booking atau Reservasi Pantai 3 Warna Malang

Mengingat jumlah pengunjung yang dibatasi setiap harinya maksimal 100 orang, maka Anda wajib reservasi terlebih dahulu. Cara booking bisa dilakukan dengan menghubungi pengelola Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna melalui nomor 081233339889 (call) dan 082132677713 (sms). Jam kerja setiap hari pukul 07.00 – 18.00 WIB, kecuali hari Kamis tutup.

Fasilitas Dan Tips Berkunjung ke Pantai 3 Warna Malang

A post shared by Ichsan Haqiqi (@ichsanhaqiqi) on

Fasilitas yang tersedia di Pantai 3 Warna sudah lumayan lengkap, ada toilet, warung jajan, dan penyewaan alat snorkeling. Agar perjalanan dan aktivitas liburan Anda berjalan lancar dan nyaman, ada baiknya baca terlebih dahulu beberapa tips berikut :

  • Persiapkan kondisi fisik tubuh Anda agar prima sehingga bisa menjelajahi setiap sudut pantai.
  • Cek keadaan kendaraan termasuk BBM karena perjalanan dari pusat Kota Malang mencapai 2 jam lebih.
  • Bawa topi, sunblock, kamera, pakaian ganti, alat snorkeling (jika punya, bisa sewa ditempat), dan bekal makanan / minuman secukupnya.
  • Tidak membawa terlalu banyak barang-barang yang berpotensi menjadi sampah karena setiap sampah yang ditinggalkan di area Pantai 3 Warna akan di denda dengan tarif mahal sebesar 100 ribu rupiah.
  • Gunakan pakaian kasual menyerap keringat dan alas kaki yang nyaman untuk jalan kaki.
  • Datang saat cuaca cerah pagi hari agar terhindar dari sengatan panas matahari siang. Hindari berkunjung ketika hujan.
  • Sebaiknya datang secara rombongan untuk menghemat biaya sewa pemandu. Satu orang pemandu bertarif 100 ribu rupiah untuk 10 orang.

Demikianlah sekilas info wisata tentang Pantai Tiga Warna Malang yang lagi naik daun dikalangan para traveler. Bagus dan keren bukan pantainya? Rugi deh, jalan-jalan ke Malang tanpa mampir ke pantai cantik ini. Bila ada masukan atau pun informasi terbaru dari sobat traveler, bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.