Pusat Info Wisata Terlengkap

30 Tempat Wisata Alam Di Malang Dan Sekitarnya Yang Hits

0 9,086

Tempat Wisata Alam Di Malang – Pesona tempat wisata alam di Malang dan sekitarnya telah berhasil menaklukan hati banyak wisatawan. Banyak objek wisata alam di Malang Jawa Timur yang keren, eksotis, seru, asyik, dan indah mempesona.

Aksesnya mudah dan memiliki banyak tempat wisata alam, itulah sedikit gambaran tentang Malang. Selain itu, beberapa kawasan wisata alam di Malang juga dikenal dengan kesejukannya. Makinlah Kota Apel ini salah satu destinasi yang digemari banyak wisatawan.

Bagi Anda yang akan liburan ke Malang atau long weekend, nampaknya harus bisa memilih destinasi wisata yang sesuai dengan keinginan Anda dan tentu saja budget. Mungkin Anda akan butuh waktu berminggu-minggu untuk mejelajahi semua pesona tempat wisata alam di Malang dan sekitarnya.

Nah, untuk mempermudah Anda dalam memilih objek wisata di Malang, Aneka Wisata telah menyiapkan daftar tempat wisata alam di Malang dan sekitarnya yang wajib dikunjungi. Yuk, simak apa aja destinasi wisata alam-nya.

1. Gunung Panderman

Gunung-Panderman
Gunung Panderman (Foto : sijatijalanjalan.wordpress.com)

Gunung Panderman merupakan tempat wisata alam di Malang dan sekitarnya yang cocok bagi Anda pecinta pendakian dan cocok juga untuk para pendaki pemula. Gunung ini biasanya di gunakan untuk media pemanasan dan latihan untuk para pencinta alam.

Gunung Panderman Batu ini tepatnya terletak di Dusun Toyomerto Kelurahan Songgokerto Desa Pesanggrahan, Batu. Gunung dengan ketinggian 2000 mdpl ini puncaknya memiliki nama Basundara.

Gunung Panderman Batu cocok untuk para pendaki yang tidak mempunyai banyak waktu, karena bisa di capai 1 hari untuk sampai ke puncak sekaligus turun. Untuk pendakian minimal 2-3 jam untuk sampai ke puncak. Untuk sampai ke basecamp panderman Anda membutuhkan waktu 30 sampai 1 jam dari arah kota Malang.

Basecamp panderman berada di rumah paling ujung dari gapura Panderman, di sana kita mendaftarkan siapa saja yang akan mendaki gunung Panderman Batu ini, dan juga menitipkan kendaraan kita.

2. Wisata Tubing Wringinanom

Wisata Tubing Sungai Amprong, Wringinanom
Wisata Tubing Sungai Amprong, Wringinanom (Foto : surabaya.panduanwisata.id)

Wisata tubing sungai akhir-akhir ini sedang naik daun di beberapa daerah, seperti Bali dan Yogyakarta. Jika Anda sedang berada di kawasan lereng Gunung Semeru, tak ada salahnya mencoba Tubing atau Body Rafting. Olahraga semi ekstrem ini jadi destinasi wisata alam terbaru di Kabupaten Malang dan wajib untuk dicoba.

Berada di Dusun Besuki, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo. Kawasan ini menawarkan liburan dengan sensasi baru yakni tubing dengan memanfaatkan aliran sungai. Anda hanya menggunakan tub (ban) untuk menaklukkan derasnya arus Sungai Amprong yang berbatu. Selain itu, di hulu sungai juga terdapat Coban Pelangi yang mengalir dari lereng Gunung Semeru.

Tempat wisata alam di Malang ini bisa dinikmati cukup dengan Rp 15 ribu saja. Di tempat ini juga tersedia tracking motor trail dan camping ground. Dengan menggunakan peralatan keamanan dan tub. Pemandu membawa wisatawan menyusuri perbukitan menuju titik awal meluncur. Adrenalin Anda bakal terpacu disaat mulai meluncur di aliran sungai yang deras.

Baca Juga : 35 Tempat Wisata Di Malang Terbaru Yang Bagus Dan Hits

3. Air Terjun Banyu Anjlok

Air-Terjun-Banyu-Anjlok
Air Terjun Banyu Anjlok (Foto : nirmalaryt.wordpress.com)

Ini dia air terjun keren yang berada di Malang. Namanya Banyu Anjlok, air terjun ini istimewa karena langsung menghadap ke pantai! Segar dan beningnya akan membuat Anda betah bermain air di sini. Tempat wisata alam di Malang ini terletak di daerah Dampit, desa Tirtoyudo, Malang.

Jadi, selain Anda bisa menikmati air terjunnya, Anda juga bisa langsung menikmati pantainya, karena itu jangan heran jika banyak wisatawan yang betah berlama-lama bermain air di sini. Seru dan asyik! Beningnya air yang ada di Banyu Anjlok akan membuat para Anda tidak bisa menahan diri untuk tidak berenang di Banyu Anjlok. Jangan khawatir, aman kok tempatnya!

Untuk mencapai tempat wisata alam ini dari Kota Malang, Anda butuh waktu sekitar 3 jam menuju desa Tirtoyudo. Dari desa Tirtoyudo ke Banyu Anjlok bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau pun memakai sepeda motor. Kalau dengan jalan kaki butuh waktu sekitar 30 menit, sedangkan jika naik sepeda motor butuh waktu sekitar 10 menit.

Oya, bagi sobat traveler yang tertarik akan keindahan air terjun atau coban di kawasan Malang Raya, jangan lupa membaca daftar air terjun terindah di Malang yang bagus dan hits. Dalam list tersebut sudah saya pilihkan coban-coban yang indah dan cantik di Malang dan sekitarnya.

4. Pulau Sempu

Pulau Sempu
Pulau Sempu (Foto : up2det.net)

Nama Pulau Sempu beberapa waktu terakhir ini memang lagi “naik daun”. Ada banyak wisatawan yang datang ke sana untuk bisa melihat pesona Pulau Sempu yang banyak dibicarakan tersebut.

Memang sih keindahan Pulau Sempu luar biasa, namun bagi Anda yang tidak terbiasa trekking ada baiknya memikirkan ulang untuk datang ke sana. Kecuali Anda memang sudah mempersiapkan fisik alias makan yang banyak dan berlatih jalan jauh sebelum memutuskan ke Pulau Sempu.

Banyak wisatawan yang datang ke sana untuk camping di pantai yang bernama Segara Anakan. Segara Anakan adalah pantai tersembunyi yang terletak di tengah pulau yang dikelilingi dengan tebing. Kalau dilihat sekilas sih mirip dengan Pantai Phuket. Benar-benar tempat wisata di Malang yang indah dan eksotik.

Satu yang perlu Anda ingat jika berkunjung ke sini. Pulau Sempu pada hakikatnya adalah Cagar Alam yang wajib dijaga kelestariannya. Jika toh akhirnya Anda melancong ke Sempu, tolong tetap jaga kebersihan dan kelestarian tempat ini.

5. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo adalah salah satu tempat wisata di Malang dan sekitarnya yang paling terkenal di Malang (Foto : yoenoestour.wordpress.com)
Air Terjun Coban Rondo adalah salah satu tempat wisata alam di Malang dan sekitarnya yang paling terkenal di Malang (Foto : yoenoestour.wordpress.com)

Mungkin bagi Anda yang sudah pernah jalan-jalan di Malang nama Coban Rondo bukanlah nama yang asing lagi. Ya Coban Rondo merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata alam di Malang. Coban Rondo sendiri memiliki arti tersendiri dalam bahasa Jawa. Coban dalam bahasa Jawa memiliki arti air terjun dan Rondo berarti Janda. Kalau menurut sejarahnya sih goa ini ada karena kisah percintaan antara Dewi Anjarwati dengan suaminya Raden Baron Kusuma.

Suaminya tersebut konon tewas dalam pertempuran dengan Joko Lelono yang naksir berat sama Dewi Anjarwati dan berniat merebut Dewi Anjarwati dari tangan Raden Baron Kusuma. Namun sang suami menyembunyikan si istri dari Joko Lelono dan sejak saat itu pula diduga air terjun tersebut mulai ada. Bagi Anda yang tertarik untuk datang ke air terjun cantik ini silahkan datang ke Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, sekitar 12 KM dari Kota Batu.

Baca Juga : 21 Pantai Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

6. Omah Kayu

Omah Kayu adalah salah satu tempat wisata di Malang dan sekitarnya untuk menikmati pemandangan alam dari ketinggian (Foto : )twitter.com
Omah Kayu adalah salah satu tempat wisata alam di Malang dan sekitarnya untuk menikmati pemandangan alam dari ketinggian (Foto : )twitter.com

Omah kayu sebenarnya adalah penginapan dengan konsep mirip rumah pohon. Menurut info yang beredar harga menginap di sini per malamnya sekitar Rp.250.000-Rp.300.000, tapi bagi Anda yang cuma ingin merasakan sensasi duduk-duduk santai bisa kok dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000. Terus apa yang menarik dari Omah Kayu ini?

Di sini pengunjung bisa melihat pemandangan area persawahan dari ketinggian. Semilir angin khas Kota Malang menambah nilai kenikmatan nongkrong di rumah kayu tersebut. Rumah kayu ini berada di Kota Batu Malang. Jadi bagi Anda yang sedang atau berencana berlibur di Malang jangan lupa masukkin tempat wisata alam di Malang ini ke dalam objek wisata yang harus Anda datangi ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.