The Great Asia Africa : Wahana Seru, Spot Foto Keren, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk The Great Asia Africa Park Lembang Bandung

0 3,332

The Great Asia Africa – Ingin tahu ada apa saja di dalam The Great Asia Africa Park Lembang Bandung? Inilah review lengkap aneka wahana seru, spot foto keren, fasilitas, harga tiket masuk, jam buka, lokasi / alamat, dan rute jalan menuju ke sana. Sesuai namanya, di sana Anda dapat melihat berbagai bangunan instagramable yang unik khas negara-negara benua Asia dan Afrika.

Kawasan Lembang Bandung merupakan salah satu tujuan wisata favorit wisatawan. Hampir setiap akhir pekan, daerah ini selalu ramai pengunjung. Udaranya sejuk dan banyak spot menarik membuat banyak orang berkunjung ke sana. Nah, buat Anda yang kebetulan mau liburan di Lembang, jangan lupa mampir ke The Great Asia Africa. Tempat wisata baru di Bandung ini menawarkan sensasi negara-negara benua Asia dan Afrika.

Ada cukup banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sana, mulai dari berfoto selfie, kulineran, memberi makan kelinci, naik gondola, hingga menikmati pemandangan alam. Anda dapat pula menyewa baju khas dari negara lain agar hasil fotonya tampak instagenic. Agar lebih jelas, berikut saya uraikan sekilas gambaran wahana, spot foto, dan fasilitas yang ada di dalamnya.

The-Great-Asia-Africa-Lembang-Bandung
The Great Asia Africa Lembang Bandung (Foto : thegreatasiaafrica.destinasilembang.id)

Daftar Wahana Seru, Spot Foto Keren, Fasilitas, Dan Harga Tiket Masuk The Great Asia Africa Park Lembang Bandung

The Great Asia Africa memiliki sekitar 7 area wahana yaitu Indonesia, Korea, Thailand, India, Jepang, Afrika, dan Timur Tengah. Setiap wahana tersebut di desain sedemikian rupa sehingga terlihat mirip seperti negara aslinya. Di dalamnya terdapat bangunan landmark yang menjadi ikon / ciri khas berbagai negara sehingga Anda akan merasakan suasana Kampung Asia Afrika.

Wahana Seru Dan Spot Foto Keren Yang Terdapat Di The Great Asia Africa Park Lembang Bandung

1. Indonesia

Sesuai namanya, The Great Asia Africa mengusung konsep edukasi budaya yang akan memanjakan para wisatawan dengan sajian khas tiap negara pada masing-masing zona / paviliun, mulai dari bangunan rumah, landmark, barang kerajinan, kesenian, pakaian tradisional, hingga makanan. Lokasinya juga bersatu dengan alam sehingga membuat suasananya terasa benar-benar natural. Anda bisa merasakan sensasi keliling 7 negara di dunia dalam satu hari.

Tempat wisata di Lembang seluas sekitar 5 hektar ini nampaknya memang di desain menjadi “one stop destination” dimana pengunjung bisa sekaligus melakukan berbagai aktivitas menarik dalam satu area, seperti berfoto, kulineran, belanja, dan menikmati keindahan alam. Wahana Paviliun Indonesia sendiri terdapat bangunan gazebo perpaduan Jawa Bali yang bisa digunakan untuk bersantai.

Tak hanya itu, di sana juga banyak food court makanan khas Indonesia dari berbagai daerah, misalnya nasi liwet, ayam goreng/bakar, urab sayur, ikan asin jambal roti, tahu bacem, tempe bacem, sambal, teh kampung, gorengan, sate, tumis, serta kuliner Bandung surabi. Untuk range harga sekitar 15 – 250 ribu rupiah.

2. Korea

Dari namanya tentu saja Anda sudah tahu ada apa saja di dalam zona Paviliun Korea. Di sana, Anda akan menemukan bangunan miniatur desa tradisional Bukchon Hanok Village, Korea Selatan. Tersedia juga penyewaan pakaian tradisional Hanbok, oleh-oleh khas Korea, dan makanan khas Korea bernama kimchi. Untuk harga sewa Hanbok sekitar 50 ribu rupiah sedangkan event pembuatan kimchi biasanya setiap hari Sabtu dan Minggu.

Buat Anda penggemar K-Drama atau pun K-Pop sepertinya wajib mampir ke sini. Anda tak perlu terbang jauh-jauh atau pun mengeluarkan uang terlalu banyak untuk merasakan suasana ala Korea. Cukup datang ke Paviliun Korea di The Great Asia Afrika Lembang ini. Oya, selain di sini, Anda juga bisa berkunjung ke Little Seoul Bandung dan Kampung Korea Bandung untuk merasakan pesona “Negeri Ginseng”.

3. Thailand

Sama seperti zona / paviliun lainnya, area Thailand juga menawarkan miniatur bangunan khas yang menjadi ikon “Negeri Gajah Putih” tersebut, misalnya The Grand Palace.

4. India

Jika dilihat secara sepintas, mungkin The Great Asia Africa hampir mirip dengan The World Landmarks Merapi Park dimana di dalamnya terdapat miniatur bangunan (replika) ikon landmark dunia. Namun, tempat wisata bagus ini jauh lebih lengkap dalam menggambarkan ciri khas sebuah negara.

Bukan hanya bangunan instagramable yang bagus buat spot foto, di dalamnya juga dilengkapi rental pakaian tradisional, makanan khas, souvenir, dan dibuat sealami mungkin sehingga tak berbeda jauh dengan aslinya.

Wahana Paviliun India misalnya, di sana terdapat bangunan mirip di “Jaipur – India’s Pink City” yang merupakan ibu kota negara bagian Rajashtan, India. Selain itu, tersedia juga penyewaan pakaian tradisional khas India yaitu Lenhga Choli untuk wanita dan Kurti Salwar khusus pria.

Asyiknya lagi, ada restoran yang menyajikan makanan khas Jaipur seperti Nasi Biryani, Ayam Tandoori, Chicken Nugget, Samosa, Roti Naan, dan es krim khas India bernama Kulfi.

5. Jepang

Wahana Paviliun Jepang termasuk salah satu spot yang paling menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, zona Kampung Jepang ini memiliki fasilitas cukup lengkap, antara lain miniatur bangunan khas Jepang seperti kuil, rumah, dan torii, penyewaan baju kimono, workshop menanam sayur hidroponik, workshop suminagashi, Kimekomi, Origami, permainan Gyomo Kingyo Sukui, dan food court makanan khas Jepang (Japanese Food).

6. Afrika

Wahana Paviliun Afrika menyuguhkan bangunan unik miniatur rumah-rumah khas Afrika yang memakai semacam jerami. Ada juga Sate Afrika dengan pisang goreng sebagai menu makanan di sana. Untuk souvenir, tersedia barang kerajinan / pernak-pernik dari rotan seperti tas selempang, tas jinjing, keranjang baju, dan lainnya.

7. Timur Tengah

Spot Paviliun Timur Tengah menawarkan suasana khas negara-negara yang ada di kawasan Timur Tengah. Tak hanya bangunan miniaturnya yang bagus untuk latar berfoto, sajian makanan di sana juga terbilang lezat. Anda bisa mencoba Kopi Turki (Turkish Coffee) dari bubuk kopi halus, gula merah, dan air di dalam pot bernama Cezve (cangkir tembaga dengan gagang kayu).

8. Animal Park

Sebagai destinasi wisata anak di Bandung terbaru, The Great Asia Africa dilengkapi dengan wahana Animal Park. Di dalamnya terdapat berbagai hewan jinak nan lucu, misalnya kelinci, domba, iguana, laba-laba, dan burung. Seperti halnya Happy Farm Ciwidey, anak-anak bisa juga diajak berfoto bersama hewan-hewan tersebut maupun memberi makan kelinci. Tapi, orang tua wajib selalu mendampingi untuk menjaga keselamatan si buah hati.

9. Gondola

Ngomongin Gondola, tentu saja yang paling ekstrim adalah gondola Pantai Timang Jogja. Nah, sebelum Anda mencobanya, ada baiknya uji coba dulu dengan gondola sederhana di The Great Asia Afrika. Anda bisa mengendarai kereta khusus (gondola) untuk naik dan turun bukit tersebut.

Baca Juga :

Fasilitas Yang Tersedia Di The Great Asia Africa Park Lembang Bandung

Selain memiliki wahana dan spot foto kece, The Great Asia Africa dilengkapi dengan fasilitas lengkap yang akan memanjakan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain : food court, gazebo, mushola, pertunjukkan tari, workshop kerajinan, penyewaan pakaian adat / tradisional, jasa photographer, lift khusus untuk lansia, disabilitas, ibu hamil dan anak, vespa mini, tempat parkir, serta toilet

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka The Great Asia Africa Park Lembang Bandung

Harga tiket masuk ke dalam kawasan The Great Asia Africa terbilang lumayan mahal, yaitu sekitar Rp.50.000,- per orang (bisa ditukar dengan minuman). Jam buka operasionalnya mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB. Sementara itu, harga / tarif fasilitas lainnya yang ada di dalam setiap pavilun antara lain :

  • Jasa Photographer : mulai dari Rp.20.000,-
  • Sewa Pakaian Kimono Jepang : Rp.75.000,- s/d Rp.100.000,-
  • Sewa Pakaian Hanbok : Rp.50.000,-
  • Sewa Pakaian India (Bollywood Costume) : Rp.85.000,- s/d Rp.125.000,-
  • Permainan Gyomo Kingyo Sukui : mulai dari Rp.10.000,-
  • Vespa Mini : Rp.25.000,-

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Ke The Great Asia Africa Park Lembang Bandung

Lokasi / alamat The Great Asia Africa terletak di Jl. Raya Lembang – Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tepat di seberang Farm House Susu Lembang yang sudah hits terlebih dahulu dikalangan wisatawan. Nah, buat Anda yang akan berkunjung ke sana, berikut rute jalan menuju ke The Great Asia Afrika baik melalui kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

  • Kendaraan Pribadi : Dari Kota Bandung, Anda langsung menuju ke jalan utama Kota Bandung yang mengarah ke Lembang. Jika Anda melalui jalan tol, maka keluar di gerbang Pasteur, kemudian arahkan kendaraan ke Jalan Sukajadi. Teruskan perjalanan melewati Jalan Setiabudi hingga Ledeng. Anda juga bisa keluar gerbang tol Baros Cimahi, lalu lanjutkan perjalanan melalui jalan alternatif Cimahi lewat Parongpong hingga Lembang.
  • Angkot : Naiklah angkot jurusan Stasiun Hall menuju Lembang dari Stasiun Bandung, sekitar jalanan Setiabudi atas, atau Terminal Ledeng. Jika naik angkot, harap berhati-hati dengan barang bawaan Anda dan siapkan uang pas untuk membayar ongkosnya. Jangan lupa tanyakan terlebih dahulu tarif yang harus dibayar untuk perjalanan menuju Lembang.

Jika ingin lebih praktis, Anda bisa memakai transportasi online via aplikasi Gojek maupun Grab. Bisa juga memesan rental mobil di Bandung sekaligus sopir / driver agar lebih nyaman menuju ke sana. Bagi Anda yang memakai kendaraan pribadi, berikut gambar peta lokasi dari Google Map.

Tips Berkunjung Ke The Great Asia Africa Park Lembang Bandung

Liburan ke tempat wisata alam di Bandung seperti The Great Asia Afrika memang menyenangkan. Apalagi datang bersama keluarga, anak, sahabat, atau pun pasangan halal. Namun, sebelum berkunjung ke sana, ada baiknya Anda membaca beberapa tips wisata sederhana berikut ini agar aktivitas di sana menjadi lancar dan nyaman.

  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman dan memudahkan dalam bergerak. Objek wisata ini punya luas mencapai 5 hektar sehingga mengharuskan Anda lebih banyak bergerak dari satu spot ke spot lainnya.
  • Datanglah saat cuaca cerah. Sebagian besar area di sana merupakan tempat terbuka (outdoor) sehingga cuaca sangat berpengaruh untuk kelangsungan aktivitas wisata. Ketika cerah, Anda bisa bebas mengeksplore setiap sudutnya tanpa takut kehujanan.
  • Berkunjung pada hari biasa. Bagi Anda yang ingin memperoleh kenyamanan dalam liburan, ada baiknya datang ketika hari biasa. Pasalnya, pada hari libur atau pun weekend biasanya ramai pengunjung sehingga memungkinkan terjadinya antrian dalam mengambil foto sebuah objek atau pun menyewa pakaian tradisional.
  • Datang bersama teman atau pun keluarga. Datang secara rombongan bersama orang-orang tercinta akan membuat liburan menjadi lebih seru. Anda juga akan terbantu dalam proses pengambilan foto karen bisa meminta bantuan mereka.
  • Berkunjung lebih awal. Dengan datang lebih awal, Anda akan mempunyai banyak waktu untuk mengeksplore setiap sudut instagramable yang ada di sana.
  • Perhatikan jadwal workshop dan pertunjukkan. Tak hanya miniatur bangunan negara-negara Asia Afrika, di sana juga terdapat pertunjukan dan workshop kerajinan dengan jadwal tertentu. Nah, agar tak ketinggalan, sebaiknya Anda membaca jadwalnya terlebih dahulu melalui laman IG-nya di @thegreatasiaafrica.id.
  • Bawa kamera terbaik. Daya tarik utama tempat wisata bagus ini berupa spot foto keren nan instagramable layaknya di luar negeri. Oleh karena itu, kamera sepertinya menjadi barang yang wajib dibawa saat ke sana. Minimal kamera hp ya, buat mengabadikan moment. Rugi deh, sudah bayar mahal tanpa hunting foto kekinian.
  • Sarapan / makan yang cukup sebelum berangkat. Setiap pengunjung sepertinya tak diperbolehkan membawa makanan atau bekal dari luar. Nah, apabila Anda ingin irit budget, maka makan banyak sebelum berangkat bisa menjadi solusi karena makanan di dalam objek wisata biasanya punya range harga lumayan mahal.
  • Do’a sebelum berangkat, persiapkan fisik secara prima, dan pastikan kendaraan layak jalan.

Demikianlah sekilas informasi destinasi wisata The Great Asia Afrika yang ada di kawasan Lembang. Bagus dan keren banget, bukan? Jangan lupa masukkan destinasi ini ke dalam list liburan Anda selama di Bandung. Oya, apabila Anda sudah pernah ke sana, bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Sekian dulu dari saya, terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.